Sunday, May 31, 2020

Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala Setelah Ganti Tabung Gas Elpiji

Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala Setelah Ganti Tabung Gas Elpiji
 
Sharing By Rey - Bisa masang gas sendiri ternyata bukanlah satu-satunya keajaiban yang bisa saya lakukan sejak harus mengurus anak-anak seorang diri.

Tapi mengatasi masalah-masalah lainnya yang timbul dari kegiatan pasang memasang gas juga wajib bisa saya atasi sendiri.

Salah satunya adalah mengatasi masalah gas elpiji yang tidak nyala setelah ganti tabung refill-nya.


Akhirnya Bisa Pasang Gas Sendiri.


Sudah setahunan rasanya, saya bisa pasang gas sendiri.
Sebelumnya mah boro-boro.

Jangankan pasang gas, buka gas kosong aja, takut.
Angkat gas yang ada isinya juga takut.
Takut meledak.

cara aman ibu-ibu pasang gas elpiji

Waktu awal-awal LDM an ama papinya anak-anak, sungguh saya kalut bukan main.
Dan berkali-kali papinya anak-anak terpaksa maksain pulang meski jaraknya puluhan KM hanya demi pasang gas hahaha.

Kadang juga minta tolong pak Satpam.
Lama-lama saya nggak nyaman dengan keadaan seperti itu, bergantung ke orang lain.
Dan dengan penuh deg-degan saya maksain diri masang tabung gas.

Dan ternyata..
Astagaaaaa... gampang banget bahahaha.

Saya ngakak nggak berhenti saat pertama kali bisa pasang tabung gas elpiji sendiri.
Menertawai semua ketakutan tak beralasan saya selama ini.
Bagaimana bisa saya takut sendiri, ternyata masang gas itu, sama dengan masang selang mesin cuci di kran air hahaha.

Yang penting berbekalkan Bismillah, sebelumnya cek dulu apa ada kebocoran pada tabung, jauhkan dari sumber api, dan pasang, klek, selesai.
Nyalain kompor, api nyala, dan it's done!
Sesimple itu.

Kadang juga ada masalah, di mana gasnya masih mendesis karena pemasangannya nggak bisa rapat.
Saya bingung lalu memperhatikan kondisi mulut tabung gas elpiji dan teringat dengan karet gelang.
Saya ambil karet gelang, saya lingkarin di mulut tabung, lalu dipasang, selesai.
Masalah terselesaikan dengan baik.

Begitulah, pasang gas sebenarnya nggak semenakutkan itu.
Meskipun memang faktor kondisi yang mendorong kita bisa pasang gas.

Jadi kalau ada mamak-mamak yang bilang, takut pasang gas, saya maklum sih.
Itu karena masih ada yang dimintain tolong.
Coba kalau enggak, dijamin semua bisa pasang gas elpiji hahaha.


Mengatasi Kompor Gas Tidak Nyala Setelah Ganti Tabung Gas Elpiji


Mengatasi rasa takut pasang gas sendiri, udah.
Mengatasi masalah mulut tabung gas elpiji yang longgar, juga sudah.

kompor tidak nyala setelah ganti tabung gas elpiji

Saya pikir, masalah pasang memasang gas elpiji sudah selesai.
Sampai beberapa waktu lalu, saat ramadan, gas di dapur habis.
Saya telpon toko yang jualan gas, beberapa sata kemudian diantar.

Saya bawa ke dapur dan masang, semua serba mudah.
Lalu saya nyalakan kompornya.
Ceklek, daaann tidak ada gas sama sekali dong yang masuk.

Saya angkat tabungnya, berat.
Khas kalau tabung ada isinya.
Pas ditancapin selangnya juga terdengar bunyi mendesis dan bau gas.

Tapi entah mengapa kok ya nggak masuk ke kompor sama sekali?
Pusing dong saya.
Langsung teringat sahabat baik saya, yaitu si google hahaha.
Googling-googling dan nemu, ternyata masalahnya ada di mulut selang yang menuju kompor.

Jadi di bagian mulut selang atau regulator gas itu ada semacam benda bulat kecil macam kelereng mungil, yang sepertinya berguna untuk menutup aliran api dari kompor menuju tabung gas.
Jadi fungsi benda kecil itu sangatlah penting, kalau nggak ada bisa mengakibatkan api masuk ke tabung gas.

Saya googling dan tahu kalau namanya pentilator.
Jika ada ketidak seimbangan udara atau gas di antara pentilator tersebut, maka benda bulat tersebut atau namanya gotri akan menutup secara otomatis.

Dugaan saya, hal tersebut terjadi karena kelebay-an saya melepaskan selang gas elpiji di saat kondisinya belum stabil atau baru saja habis saat sedang memasak.

Sehingga jadilah si gotri imut itu menutup lubang pentilator secara otomatis.

Solusi dari masalah kompor gas yang tidak bisa nyala setelah ganti tabung Gas Elpiji sangat mudah, yaitu :
  • Lepas kembali selang yang sudah terpasang di tabung gas.
  • Ketuk-ketuk perlahan dengan benda keras tepat di pentilator atau mulut selang.
  • Goyangkan perlahan selang regulator tersebut, jika sudah terdengar bunyi semacam benda bulat di dalam pentilator, maka pasang kembali regulator pada tabung gas.
  • Setelah terpasang rapat dan sempurna, nyalakan kompor, dan insha Allah bisa menyala seperti biasanya.
Mudah kan...

mengatasi kompor gas tidak mau nyala setelah ganti tabung gas elpiji

Iya mudah karena udah teratasi, hahaha.
Kemaren dong pas belum bisa saya stres sendiri, karena nggak ada orang yang bisa dimintain tolong, hahaha.

Intinya, jangan dulu mengutak atik regulator dan pentilatornya, apalagi sampai membongkarnya.
Cukup di ketuk perlahan sampai terdengar gotrinya bergerak-gerak di dalamnya.
Jika sudah demikian, insha Allah masalah teratasi dengan baik.

Demikianlah.
Mamak Rey manja yang keren banget bisa bersahabat dengan tabung gas elpiji lengkap dengan drama seputar pasang memasang tabung gas.

Kalau temans, ada yang masih takut pasang gas nggak?
Ah dinikmati saja, itu berarti temans masih punya orang yang bisa dimintain tolong hahaha.


Sidoarjo, 31 Mei 2020

Reyne Raea

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Dokpri dan Canva edit by Rey

28 comments:

  1. Sampe sekarang dari sekeluarga cuma si papah yang berani masang LPG. Jadi, kalau LPG abis pas di papah nda di rumah, udah, auto kaga makan mba WKWKWKWKWKWKWKWK.

    Dulu pernah si mamah cerita, dipasangin orang mungkin, aga lupa w. Begitu dinyalain apinya langsung smpe plafon :vvv. Ngeri mba mbayanginnya. Amit-amit dah :vvv.

    ReplyDelete
  2. Pas Baca Kalimat " Mbak teringat dengan Sahabat Baik ". Saya jadi Ge'er Dong. Kirain Mbak Teringat dng Saya, Teringat Dng Agus Warteg, atau teringat dng Herman Gitu.

    Ternyata Mbak teringat dengan " Om Google " hahahah.....#Ibu yg Cerdas.👍👍👍

    ReplyDelete
  3. Dari pengalaman saya seputar tabung gas,ada beberapa trik yg blm ada ditulisan Mbak. Apa itu ? Kayaknya saya tulis saja deh di Asikpedia.Biar sama sama dapat Trafik Gitu..hahaha😅😆😃🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang, tulis aja siapa tahu nanti banyak yang nyari

      Delete
  4. wah, mantap kali sudah berani pasang tabung gas sendiri mba wkwk
    saya sih belum berani, ternyata keliatannya gampang.. mungkin bisa kali yaa suatu saat praktik biar bisa ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya awalnya takut, tapi terpaksa, alias kepepet :D

      Delete
  5. Kalo ketuk ketuk selang tabung gas mah udah biasa mbak, apalagi kalo sampai gasnya habis, biasanya memang rewel, harus digoyang juga.

    Eh, yang digoyang tabungnya ya bukan orangnya.😂

    Btw, saya pernah mengalami yang lebih drama lagi mbak. Jadi ceritanya saya lagi masak didapur, masukkin minyak goreng sama bumbu gitu. Eh tiba-tiba ada orang beli, terpaksa depan, apinya lalu aku kecilkan dulu.

    Eh ternyata orangnya yang beli itu agak bawel, beli ini itu aja lama sekali tapi terpaksa dilayani juga. Bukankah pembeli adalah raja. Eh ternyata sudah dilayani ternyata mintanya ngutang dulu, tanggal 1 baru bayar.😂

    Nah, pas balik ke dapur itu ada api di wajar setinggi satu meter, kayaknya itu bumbu gosong lalu kena Sambaran api dan jadi kebakaran. Lalu aku buru buru matikan gas di kompor.

    Api di wajan sih emang mati, tapi dibelakang kompor gas malah apinya belum mati dan tambah gede, kayaknya ada selang gas yang bocor. Tambah paniklah, soalnya aku siram air tetap menyala saja tambah gede malah.😂

    Untung ada pahlawan bertopeng, eh ibu saya buru buru nyabut selang dari tabung gas nya. Alhamdulillah api langsung padam.

    Jadi pesan moral dari komentar ini, jika ada orang beli atau ada tamu di rumah dan kebetulan lagi masak sebaiknya matikan saja kompornya, takut kebakaran apalagi kalo ada tamu yang juga hobi ngerumpi, takutnya begitu kebelakang wajannya sudah bolong.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha, lucuk banget sih ini ceritanya :)))))

      Delete
    2. wahahahhaha, ini mah mertua saya banget.
      Sering banget dia lagi masak, telpon bunyi, kompornya dikecilin doang dong, trus dia terima telpon, trus rumpi-rumpi, sadar-sadar udah bau gosong hahahaha

      Delete
  6. bagi pengalaman jga mba, saya dulu ga berani.. tapi lama kelamaan berani ganti tabung gas sendiri

    ReplyDelete
  7. saya juga baru dua tahunan mbak
    dulu nekat si masak laki ga bisa pasang gas hehe
    emang kudu diketuk atau digoyang biar bisa klik

    tapi sekarang aku beli regulator yg dari pertamina yg merah itu jadi langsung klik
    sebelume sulitnya minta ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, banyak yang saranin ganti, tapi belum sempat-sempat diganti :D

      Delete
  8. hahahha dan itu aku mbak, ya karena memang nggak pernah utek utek sampe ngganti gasnya, kalo abis ya bapak atau memes yg nggantiin, aku terima ceklak ceklek aja kalo butuh kompor
    malah kalo misal dirumah lagi keluar semua dan tiba tiba gas abis, aku biarin dulu hahaha, daripada salah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi, biasanya memang para ciwi-ciwi bisa pasang gas karena kepepet :D

      Delete
  9. Saya seumur hidup belum pernah pasangan gas mba, dan nggak paham persoalan gas >,< ehehehe. Ibu juga nggak pernah mengajarkan saya bagaimana pasang gas. Jadi saya buta deh kalau sudah menyangkut gas. Cuma saya waktu kecil tau kalau ada bau-bau gas itu artinya sudah mau habis gasnya (kata ibu saya) :DDDD terus di rumah sekarang pakainya kompor listrik, jadi semakin nggak paham sama gas-gasan :""D

    By the way, mba Rey hebat euy bisa pasang gas, berani bangetttts :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa, pokoknya kalau bau gas itu tanda kudu beli gas lagi :D
      Ini bisa karena kepepet kok hahhaa

      Delete
  10. Dulu ngalamin seperti itu dari gas 12 KG sampai Gas 3Kg...Tetapi setelah pakai Gas Alam sudah lupa dengan goyang2 selang gas atau ketuk2 selang gas.😂😂😂

    Karena Gas Alam on terus tinggal klik nyala deh. Kecuali meterannya di off baru nggak nyala atau lupa bayar Gas bulanan...😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya enak tuh, di tempat saya belom ada.
      Di rumah mertua tuh udah pakai, jadi blio bebas masak kehabisan gas hahaha

      Delete
  11. Memang pasangnya mudah kok. Kadang, karena takut duluan sehingga tidak dipasang-pasang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, kebanyakan cuman takut aja, padahal gampil :D

      Delete
  12. saya sering dihubungi suruh pulang, hanya untuk masang gas habis

    ReplyDelete
  13. paling sebel kalau bocor , dan pas gak ada suami itu rasanya jengkel banget. tapi setelah pakai penekan bisa gak bocor lagi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)