Friday, May 01, 2020

Benda Penting Saat Di Rumah Aja Selama Pandemi Covid-19

benda penting selama di rumah aja

Sharing By Rey - Sudah lebih 10 hari bahas pandemi covid-19, semoga pembaca nggak bosan-bosan banget ya :)

Kali ini saya ingin membahas mengenai benda penting, setidaknya buat saya, selama di rumah aja di masa pandemi covid-19 ini.



Karena memang sekarang, di rumah aja itu bukan hanya kemauan saya, akan tetapi anjuran dan bahkan kewajiban khususnya buat saya yang nggak punya kegiatan urgent di luar rumah, dan hingga saat ini, sudah memasuki bulan ke-3 saya di rumah aja.

Tentu saja selama itu, ada beberapa benda penting yang bikin saya semacam ketergantungan dengan keberadaannya di rumah untuk menemani saya, khususnya di masa pandemi covid-19 ini.

Adapun beberapa benda tersebut, adalah:


Sabun cuci tangan


Bahkan di masa sebelum covid-19 ini menyerang negara api, eh salah, maksudnya bahkan sebelum kejadian masa pandemi seperti sekarang, cuci tangan itu adalah hal yang wajib buat saya dan saya wajibkan serta biasakan pada anak-anak.

So, bukan hanya sekadar cuci tangan di air mengalir saja, tapi juga wajib memakai sabun cuci tangan, dengan tujuan agar si kakak khususnya, nggak asal cuci tangan semacam basahin tangan doang, akan tetapi kudu benar-benar bersih.

cuci tangan selama di rumah aja

Dan di masa pandemi covid-19 seperti sekarang, yang namanya kebutuhan cuci tangan pakai sabun itu sangat penting.
Dan karenanya saya semacam bergantung penuh dengan sabun cuci tangan.

Sabun cuci tangan di sini, bukan harus sabun cuci tangan anti bakterial, pokoknya sabun aja yang mengandung detergen, bahkan kadang kalau lagi habis, saya pakai sabun cuci piring, lol.
Ye kan, daripada tangan penuh kuman, mending kan jadi kek piring hahaha.

Biar tangan nggak jadi kasar, setelahnya saya lakukan beberapa hal penting untuk meminimalisir tangan jadi kasar dan kering.


Cairan disinfektan / alkohol


Meskipun di rumah aja terus, akan tetapi tidak menutup kemungkinan saya tidak butuh hal-hal dari luar atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Setidaknya seminggu sekali saya kudu keluar ke depan kompleks guna membeli beberapa keperluan, seperti keperluan urgent di minimarket terdekat, hingga membeli bahan makanan seperti sayuran dan lauk di pasar dadakan depan kompleks.

Setelah kembali dari bepergian itulah kerempongan terjadi, mulai dari saya memastikan agar semua barang yang saya beli kudu dibersihkan dulu di luar rumah, tentunya dengan menyemprot barang-baran yang bisa disemprot seperti plastiknya disemprot alkohol (kebetulan masih punya stock alkohol) hingga terakhir kudu ngepel lantai dengan cairan disinfektan takut ada virus yang berceceran masuk (iya saya selebay itu, lol).

Hal tersebut juga berlaku saat ada paket datang.
Yang saya lakukan adalah, memastikan kemasan luar paket tersebut bebas virus, dengan menyemprotnya pakai cairan disinfektan atau alkohol.

Saking semangatnya nyemprot-nyemprot, beberapa hari yang lalu saya terima paket, belum juga baca nama pengirimnya dengan baik, udah saya semprot dong, lalu tulisannya hilang dan saya kehilangan petunjuk, tuh paket dari siapa? :D

Beruntung setelah tanya di medsos, saya akhirnya menemukan siapa pengirimnya yang ternyata dari sahabat blogger yang baik hati, Alhamdulillah.

So, yes banget! selama masa pandemi covid-19 ini, saya amat berketergantungan terhadap cairan disinfektan ataupun alkohol.


Gadget dan koneksi internet


Kalau ini mah sebenarnya bukan di masa pandemi aja udah sangat dibutuhkan, apalagi sekarang.
Iyup, saya nggak bisa membayangkan jika saya di rumah aja, tapi nggak ada gadget dan koneksi internetnya.

gadget selama di rumah aja

Banyak hal yang saya butuhkan dari gadget dan koneksi internet, terlebih di masa pandemi ini saya LDM-an means saya kudu mandiri dalam segala hal.

So, selain gadget membantu saya menemukan jawaban dari semua masalah saya dengan cara 'googling' aja.
Pun juga gadget sangat bermanfaat buatu membantu saya memesan beberapa kebutuhan secara online, agar saya nggak keluar rumah melulu buat beli kebutuhan.

Selain itu, gadget dan koneksi internetnya membantu saya dalam mencari duit, serta sebagai sarana koneksi si kakak dalam mengerjakan learn from home-nya.


Laptop


Selain gadget, laptop juga amat sangat saya butuhkan, khususnya buat bekerja, ngeblog dengan cepat.
Saya agak sedikit tersendat jika ngeblog dan semacamnya melalui gadget.
Mungkin karena mata saya minus, dan jari saya agak 'jempol' semua sehingga kagok mengetik cepat di gadget.

Selain itu, kebanyakan learn from home si kakak melalui laptop, saya sengaja memakai website google classroom dan zoom di laptop, agar tidak perlu menginstall aplikasinya di gadget dan membuat memori gadget saya penuh.

laptop selama di rumah aja

So, laptop pun menjadi benda penting yang saya butuhkan selama masa pandemi covid-19 ini.


Vitamin / madu


Vitamin dan madu juga merupakan benda yang amat saya butuhkan selama di rumah aja ini, beruntungnya, di saat beberapa daerah mengeluhkan langkanya vitamin khususnya buat anak semacam stimuno atau merk lainnya, di minimarket dekat rumah malah selalu ada terus stock-nya dan bahkan diskon harganya.

Ye kan, sebagai mamak LDM yang mengurus anak-anak seorang diri, saya tentu saja nggak mau kalau anak-anak sampai sakit terlebih di masa sekarang.
Selain bakal bikin saya makin terkuras tenaganya mengurus anak sakit, pun juga adalah hal yang lumayan menyeramkan untuk mengunjungi dokter atau pusat kesehatan di masa kayak sekarang.

So, menjaga anak-anak tetap sehat dengan ikhtiar minum madu atau vitamin itu perlu banget, tentunya di samping kudu mengkonsumsi makanan sehat dan istrahat yang cukup.


Perlengkapan prakarya si kakak


Meskipun bete karena hampir tiap hari, materi pelajaran secara online-nya si kakak itu lebih ke sesuatu berbentuk interaksi menimbulkan kreatifitas, jarang tugasnya cuman membaca materi lalu dikasih soal.

Kebanyakan sih mengimplementasikan materi yang ada ke bentuk kreasi prakarya.
So, buat mamak kurang kreatif kayak saya sebenarnya itu sedikit menyebalkan, tapi harus dilakukan, karenanya saya selalu memastikan  agar semua kebutuhan prakarya si kakak itu harus ada.
Baik lem, gunting, kertas, tali, dan segala macam yang dibutuhkan.


Demikianlah beberapa barang penting yang harus ada buat saya, selama di rumah aja karena masa pandemi covid-19 ini.
Terdengar sepele sih, tapi sungguh benda-benda tersebut jadi idola saya di 2 bulan belakangan ini.

Kalau temans, apa nih benda penting yang sangat dibutuhkan saat pandemi covid-19 ini dan temans kudu di rumah aja?
Share yuk :)


Sidoarjo, 1 Mei 2020

Reyne Raea untuk #BPNRamadan2020 day 12

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

22 comments:

  1. Sabun cuci tangan wajib itu.
    Fasilitas olah raga juga perlu lapangan tenis atau alat gym, biar badan gerak jaga kebugaran he.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya nomor satu laptop mba Rey, soalnya semua urusan pekerjaan, urusan blog, urusan ini itu ada di laptop semua jadi laptop merupakan benda terpenting untuk saya :D baru yang ke dua ponsel, ehehe bisa dibilang saya lebih sering buka laptop daripada ponsel soalnya jadi si ponsel ada diurutan ke dua :)) baru ke tiga wifi, kalau nggak ada wifi masih ada data sebenarnya, tapi tetap menurut saya wifi itu important alhasil kalau wifi bermasalah kadang mengganggu mood bekerja :DD

    Selain tiga itu, benda lainnya masih dilevel biasa karena nggak setiap detik, menit, jam saya gunakan :)) termasuk sabun cuci tangan yang sepertinya hanya saya gunakan setelah bangun tidur, sebelum dan setelah makan serta sebelum tidur saja :"D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, sebenarnya enakan laptop ya, semua ada di sana dan lebih cepat ngerjainnya :D

      Nah itu dia, kalau wifi lemot kadang bikin bete :D

      Delete
  3. Jadi teringat dengan laptopku yang rusak setelah baca postingan ini. Jadi sekarang aku hanya mengandalkan handphone aja kalau mau buka sosial media. Sabun cuci tangan juga penting. Dan aku juga sering konsumsi madu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh saya pernah tuh, laptop rusak beberapa hari ngeblog melalui HP, butuh kesabaran tingkat dewa banget :D

      Delete
  4. Sepertinya kita nggak jauh beda nih, Mba Rey. Selama internet di rumah aman, aktifitas hiburan di rumah juga pasti aman hihi

    Selain daftar di atas, yang harus ada di rumah untuk menemani masa karantina ini adalah kopi dan cemilan. Kopi sih harus selalu ada biar badan tetap segar, sementara cemilan buat teman nonton kdrama 😂 Oh ya, sama buku bacaan yang seruuu dibaca di waktu luang (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aslinya saya juga lumayan ketergantungan dengan kopi, untungnya selama puasa ini bisa menghindari kopi :D

      Delete
  5. Kalo aku selama pandemi ini maupun sebelum pandemi benda yang penting itu adalah sepeda motor, karena kalo ngga ada motor aku ngga bisa berangkat ke tempat kerja atau belanja.

    Yang kedua mungkin ponsel dan internet, soalnya kalo ngga ada nanti ngga bisa ngeblog atau stalking akun mantan.😂

    Kalo laptop bagiku ngga penting, semua yang bisa dilakukan laptop sekarang lewat smartphone sekarang. 😊 (Aslinya sih ngga ada duit buat beli laptop.🤣)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya ya, kendaraan itu rasanya kayak kaki ya zaman now :D

      Delete
  6. Perlengkapan prakarya bener banget 🤣🤣 Selain buat tugas sekolah, juga biar anak2 punya kesibukan buat main di rumah..biar anak nya sibuk n ga nagih2 keluar 😅

    Hp buat aku yg paling penting, selain buat komunikasi jg perlu buat pesen ini itu online biar bisa seminimal mungkin keluar2 rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, anak saya perlu banget perlengkapan prakarya, karena pelajarannya selalu diimplementasikan ke prakarya :D

      Delete
  7. Gadget, laptop dan koneksi internet...ini penting banget Mbak. Benar-benar benda itu menjadi teman setia. Di laptop itu saya simpan file koleksi album-album musik yang saya sukai. Entah bagaimana saya mendengarkan musik kalau gak ada laptop, karena walau saya pencinta musik, saya tidak suka mendengarkan musik lewat gadget pakai head set.

    Madu dan vitamin, iya juga Mbak.

    Sehat selalu Mbak dan keluarga ya.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik ya Pak, apalagi dihubungkan ke speaker, jadinya dengerin lagu favorit jadi lebih asyik :D

      Delete
  8. Kebersihan perlu diutamakan setiap masa. hand wash tu salah satu benda wajib ada dalam rumah. Gadget juga harus ada, kalau tidak bosan amat duduk rumah saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi yang penting dinikmati ya, biar nggak bosan di rumah aja dulu :)

      Delete
  9. udah 3 bulan di rumah aja rasanya kayak mati rasa barangkali ya, tapi ini demi keselamatan
    kalo aku seandainya harus stay at home tanpa keluar rumah, yang perlu internet plus laptop, vitamin. kerjaan kalo nggak ada internet, nggak bisa nge-remote komputer kantor

    dan jaga kebersihan tangan tiap habis keluar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kebayang banget, secara Mba Ainun senang mobile sebelumnya :D

      Delete
  10. Selama masa covid yg paling ptg buatku itu hp dulu, Krn tugas kantorku jg g akan bisa diakses melalui laptop pribadi, secara aksesnya ga bisa sembarangan. Kedua baru WiFi, trus barulah printilan kecil seperti sabun, vitamin dan lotion. Soalnya tiap kali cuci tangan ato pake sanitizer aku ga pgn tanganku jd kering dan kasar mba. Jd ttp hrs ada lotion yg dioles setelah cuci tangan.

    Temen ku di kantor, tangannya jd pecah2 saking seringnya pake sanitizer dan cuci tangqn, tp ga diolesin lotion setelahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya Mba, perbankan WFH nya agak lumayan serem juga ya secure nya.
      Btw, ngeri juga tuh Mba kalau HP Mba ilang hahahaha

      Nah itu deh, beruntung sih kami di rumah terus, jarang pakai sanitizer, palingan cuci tangan dengan air mengalir tanpa sabun.

      Karena memang nggak ada yang keluar masuk sekarang.
      Saya keluar maksimal seminggu sekali aja, itupun langsung bersih-bersih :D

      Delete
  11. Gadget dan koneksi internet ditambah makanan buat buka puasa,,,ini yg paling penting hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, Alhamdulillah selalu ada rezeki ya buat buka puasa :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)