Thursday, May 28, 2020

Pertolongan Pertama Bagi Anak Yang Menghirup Anti Nyamuk Semprot

 Pertolongan Pertama Bagi Anak Yang Menghirup Anti Nyamuk Semprot

Sharing By Rey - Hati-hati dengan pemakaian anti nyamuk jenis apapun di rumah, terlebih bagi yang masih mempunyai anak kecil.

Perhatikan tempat penyimpanan benda-benda berbahaya tersebut, seperti anti nyamuk spray, atau jenis lainnya seperti anti nyamuk bakar.

Sebijaknya untuk menyimpan benda-benda tersebut di tempat yang aman, dan tidak terjangkau oleh anak, pun juga jangan abaikan untuk sounding berulang pada anak, kalau dia tidak boleh memainkan bahkan menyentuh benda tersebut karena berbahaya.

Meskipun anak mungkin belum seberapa ngeh, namun the power of sounding kadang work buat anak-anak.


Ketika Si Adik Tidak Sengaja Menghirup Anti Nyamuk Semprot


Jadi tulisan ini didasari kejadian yang bikin saya pucat pasi tengah malam di beberapa waktu lalu.
Si adik muntah-muntah dong karena nggak sengaja menghirup anti nyamuk spray yang saya gunakan untuk menyemprot kecoa.

Jadi, di dalam rumah banyak banget kecoa berkeliaran, karena risih saya lalu membeli anti nyamuk spray yang tagline-nya "yang lebih mahal, banyak" itu.

Saya memang sudah sering menyemprot kecoa dengan anti nyamuk merk tersebut, dan memang cuman merk itu yang ampuh dibanding merk lainnya.

Lalu, di malam ramadan dulu, saya rela begadang demi menyemprot saluran air tempat yang banyak keluar masuknya kecoa.
Si adik saat itu sedang di kamar, si kakak sudah tidur.

Pertolongan Pertama Bagi Anak Yang Menghirup Anti Nyamuk Semprot

Karena merasa aman, saya lalu menyemprot dengan agak banyak di mulut saluran air, nggak menunggu waktu lama, puluhan kecoa dan bahkan kaki seribu yang lumayan gede-gede keluar dan menggelepar.

Saya segera bersiap ingin menutup pintu dapur agar kecoanya nggak lari ke depan.
Namun tiba-tiba si adik nangis dan byoorrr... dia muntah banyak banget saudara.

Astaga...
Saya nggak sadar, ternyata suara mendesis spray tersebut bikin dia kepo dan keluar kamar melihat saya semprot-semprot, alhasil dia ikut menghirup semprotan tersebut.

Karuan saja saya panik, segera lari ke kamar mandi lainnya, buka baju dan basuh badan, lalu buru-buru mengambil si adik, membersihkan mulutnya, kasih air minum hangat dan syukurlah dia mau minum banyak.

Karena panik dan bingung, saya sempat ngasih ASI lagi, padahal udah disapih beberapa hari hahaha.

Alhamdulillah sih, setelahnya dia tenang.
Bahkan kembali ceria.
Meskipun demikian, saya terus observasi sampai pagi, dan ternyata dia nggak kenapa-kenapa lagi.

Alhamdulillah.


Pertolongan Pertama Bagi Anak Yang Menghirup Anti Nyamuk Semprot


Pengalaman adalah guru terbaik.
That's why, setelahnya saya lalu membekali diri saya dengan berbagai cara penanganan anak yang menghirup anti nyamuk spray, atau pertolongan pertama bagi anak yang tidak sengaja menghirup anti nyamuk semprot, yaitu :


1. Segera pindahkan anak ke tempat yang udaranya segar.


Bawa anak menjauh dari tempat yang penuh dengan semprotan anti nyamuk agar anak bisa menghirup udara segar.

2. Pastikan diri kita siap memberikan pertolongan


Sebisa mungkin pastikan diri kita sudah dalam keadaan aman dan bersih, jangan sampai kita menolong anak sementara tangan, tubuh dan baju kita penuh partikel spray yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Karenanya, pastikan kita sudah membersihkan diri terlebih dahulu, sebelum menolong anak.

3. Perhatikan efek yang terjadi 


Jika anak hanya muntah, setelahnya bersihkan anak, ganti pakaiannya.
Lalu beri air putih atau susu, namun jangan dipaksa.

Namun, jika anak sampai sesak napas, segera cari bantuan yang profesional.


Selain 3 hal utama tersebut sebagai pertolongan pertama bagi anak yang tidak sengaja menghirup anti nya, secara garis besar kita sebijaknya melakukan beberapa hal penting mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu, yaitu:


Jangan panik, dan siapkan diri untuk memberikan pertolongan pertama dengan tepat.


Sendirian di rumah sebagai orang dewasa, anak mengalami hal yang kritis, sungguh bikin panik dan deg-degan.

Pertolongan Pertama Bagi Anak Yang Menghirup Anti Nyamuk Semprot

Tapi, sebisa mungkin menguasai diri, agar bisa berpikir jernih dan tepat dalam memberikan pertolongan pertama.


Usahakan punya 1 tetangga yang bisa dimintain tolong


Kalau punya background malas keluar rumah kayak saya memang kadang dilema, jadinya dimusuhin banyak tetangga, dibilang sombong, etc.

Meskipun demikian, setidaknya punyailah 1 tetangga yang bisa kita mintain tolong di saat urgent seperti itu.

Karenanya, meski males kumpul-kumpul, perbaiki hubungan dengan sering berbagi sesuatu kek atau gimana kek, intinya ada tetangga yang bisa dimintain tolong.


Selalu siapkan nomor klinik atau RS yang buka 24 jam.


Kalau bisa RS atau klinik terdekat yang punya ambulance sih.
Di Surabaya sih asyik, ada layanan 112 yang bisa dipanggil saat emergency.


Punya akses nomor seseorang yang diharapkan bisa membantu


Selalu setting di panggilan cepat, nomor orang penting yang harus kita hubungi saat urgent. Entah itu suami, atau keluarga atau siapapun yang memang benar-benar peduli.


Perbanyak ilmu tentang pertolongan pertama mengatasi anak-anak yang kecelakaan di rumah


Jangan skip tulisan-tulisan penting tentang ilmu memberikan pertolongan pertama untuk kecelakaan di rumah, kalaupun belum bermanfaat, siapa tahu bisa kita terapkan untuk menolong diri sendiri, who knows kan, kapan kita bakal celaka?


Demikianlah, mungkin temans ada yang mau nambahin? Atau pernah punya pengalaman serupa?
Share yuk :)


Sidoarjo, 28 Mei 2020

Reyne Raea untuk #Healthy

Sumber : 

  • https://lifestyle.okezone.com/read/2019/05/28/481/2061207/anak-keracunan-obat-nyamuk-semprot-simak-dan-pelajari-pertolongan-pertamanya diakses Mei 2020
  • Pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey


21 comments:

  1. Aku juga pernah ngalami sesak nafas gegara menghirup asap obat nyamuk.

    Sebenarnya tanpa sengaja karena ruangan kerjaku disemprot obat nyamuk yang kebetulan brandnya sama seperti tagline yang disebutin diatas oleh salah satu teman kerjaku.
    Kan ngeselin ya, udah tau ruangan ber ac kok disemprot obat nyamuk.
    Jadilah aku sesak nafas disertai puyeng.
    Solusinya aku cepat keluar ruangan ke taman buat nyari udara segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah di taman banyak rongdo lewat, jadinya nafas makin segar ya mas him.🤣

      Delete
    2. Nah kan, sayapun kalau semprot-semprot pakai merk itu selalu pusing kalau terhirup dikit.
      memang beneran keras loh, bahkan saya pakai merk yang udah terkenal, yang sering dijadikan merk buat bunuh diri minum B***** hahaha, itu nggak mempan loh kalau bersihin kecoa.

      Giliran pakai merk itu, pada sekarat semua, termasuk manusia hahahah

      Delete
  2. Anak saya belum pernah mengalami kejadian keracunan seperti itu sih, cuma memang kadang baca di berita ada beberapa anak balita yang kadang meninggal karena keracunan dan orang tuanya tidak mengetahui cara memberikan pertolongan pertama.

    Untung anak mbak Rey selamat ya, itu berkat mbak Rey yang tangkas memberikan pertolongan.

    Soal sesak nafas, saya pernah sih mengalaminya, tapi bukan karena keracunan obat nyamuk spray tapi karena mantan memberikan surat undangan.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kadang juga udah terlampau panik, jadinya bingung hahahaha.
      Etdaaahh, awas istrinya baca loh ya hahahaha

      Delete
  3. Semoga istrinya mas agus gak baca komen ini 😂

    ReplyDelete
  4. Oalahhhh......Mbak, untung saja ngak kenapa - napa. :)

    Ohy, perihal kecoa atau kelabang yg masuk ke saluran air ke dalam rumah itu ada tiga solusi dari saya :

    1. Tutup saluran airnya dng kawat jaring halus

    2. Bersihkan sisa makanan, karena binatang tsb masuk sebab mereka sedang mengintai makanan sisa di dapur.

    3. Pelihara ayam, suara ayam akan membuat takut kecoa dan kelabang. Sekaligus siapa tahu ntar bisa jadi pengusaha ayam sukses, hehehe.....

    NB : Ayam yang saya maksud, adalah ayam benaran yah, bukan AYAM CELENGAN yah Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. etdah, udah tulis jawaban panjang malah nggak ke post hahaha.
      Saluran airnya udah tuwah Kang, makanya jadi tempat kecoa dan banyak serangga lainnya huhuhu

      Delete
    2. Bikin ulang aja Mbak jawabannya, biar afdol, saya tunggu yah...hehehe.

      Delete
  5. Saya punya cerita nih , bahwa ibu sodara jauh saya pernah ter-minum Minyak Urut GPU secara tidak sengaja.

    Minyak Urut GPU itu kalau di gosokan di kulit,rasanya panas, dan kalau terminum rasanya sudah pasti bikin perut ngak enak......mungkin rasanya keq minum JUS CABE RAWIT gitu, Puanasss rekkk...!

    Untung di kulkas mereka ada " SUSU ENCER " Sehingga sang Ibu tsb bisa dikasih minum susu tsb dan akhirnya selamat.Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuuunnn, pedes nggak karuan itu mah.
      Tapi kalau orang dewasa memang lebih mudah sih, minimal bisa disuruh minum susu atau apa gitu, kalau anak kecil kadang nggak mau disuruh gitu

      Delete
  6. Harus sigap dan trampil P3K, tetangga yang paling bisa bantu ngantar ngantar biasa nya

    ReplyDelete
  7. Waah bahaya tuh uni Rey...Memang menyemprot serangga atau nyamuk harusnya butuh waktu 1 jam untuk membuat kondisi ruangan yang kita semprot menjadi normal kembali agar anak2 tidak mudah menghirup gas atau bahan kimia yang ada pada alat tersebut.😲😲

    Dan tips diatas bisa jadi panduan nih buat ibu2 yang hobi semprot menyenprot...Terlebih kalau lihat kecoak.🤣🤣🤣


    Eehh lupa mau ngucapin lebaran dulu sambil berpantun.🤣🤣🤣 Meski sudah telat.😊😊



    Hari Lebaran Makan Ketupat.

    Siang-Siang Makan Semangka

    Walau Rumah Ditutup Rapat

    Pintu Maaf Selalu Terbuka.😊😊🙏🙏

    Mohon Maaf Lahir Batin Uni Rey Kalau Ade Saleh-Saleh Kate...Dalam Berkomentar..😊😊🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, makanya saya semprot pas udah mau tidur, anak-anak udah nggak ke dapur, eh nggak taunya si kunyil satu itu muncul tanpa suara hahaha

      Maaf lahir batin juga yaaa :)

      Delete
  8. alhamdulilah adek udah baikan
    orang rumah aku suka masang obat nyamuk bakar, padahal aku nggak kuat sama asapnya, ya itu tadi semacam sesak, padahal bukan sesak napas karena nggak punya asma.
    khusus buat aku pribadi, aku beli alat elektrik dan wangi matnya sekarang udah macem macem, kayak floral, greentea, jadi masih mending

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pasang obat nyamuk bakar sih, tapi di tempat yang banyak nyamuk aja sih, Alhamdulillah nggak bikin anak-anak sesak napas hahaha.

      Kalau elektrik juga sering, biasanya di dalam kamar, tapi kadang wanginya bikin saya sakit kepala hahaha

      Delete
  9. Mba, saya juga pernah sampai pusinggggg banget gara-gara menghirup obat nyamuk, uhuhu. Tapi itu karena kesalahan saya sendiri yang menyemprotnya kebanyakan terus akhirnya saya pusing dan mual. Langsung buru-buru ke luar rumah buat hirup udara segar, habis itu minum air putih sebanyak-banyaknya, karena sempat merasa seperti otak nggak dapat oksigen entah kenapa sakit parah nyut-nyutan :")

    Semenjak itu jadi lebih hati-hati buat semprot nyamuk dan nggak asal-asalan ~ thankfully adik nggak kenapa-napa ya mba <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, saya biasanya pakai masker atau setidaknya tutupin kain ke mulut dan hidung sih, emang bikin sesak nafas

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)