Friday, May 08, 2020

Camilan Praktis Untuk Berbuka Puasa

camilan buka puasa

Sharing By Rey - Camilan praktis untuk buka puasa? jujur saya bingung jawabnya.
Bingung membedakan, mana camilan, mana takjil hahaha.

Menurut saya, camilan itu ya takjil, dan takjil itu ya masuk kategori camilan.
Dan saya udah bahas mengenai takjil di beberapa hari kemarin.



Tapi secara arti yang sebenarnya mungkin beda.
Menurut Wikipedia, camilan biasa disebut dengan makanan ringan atau kudapan adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama.

Makanan yang dianggap makanan ringan atau camilan, merupakan makanan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya.

Nah kan, apa bedanya coba sama takjil dalam artian sekarang yang merupakan makanan pembuka puasa.

Tapi karena temanya begitu, mari kita bahas dalam segi camilan yang tentunya saya bedakan dengan menu takjil yang biasa mama bikin waktu kecil.

Dan camilan praktis untuk berbuka puasa ala saya adalah..


Jajanan pasar yang beli di depan kompleks


Hahaha.
Iya, kan praktis banget.
Tinggal datang, milih, bayar, dan camilan praktis buka puasa tersaji di meja, hahaha.

jajanan di surabaya untuk  buka puasa
Jajanan pasar, source : surabaya.go.id

Iya, di depan kompleks kami ada penjual aneka jajanan pasar yang sebenarnya mangkal tiap hari dengan beragam menu camilan.

Kalau di hari biasa dia jualan pagi hari, sekarang berubah mulai jualan sejak pukul 1 siang.
That's why meskipun sedang parno dengan masa pandemi covid-19 begini, saya masih berani beli jajanan tersebut, asalkan saya datang di jam-jam masih sepi karena baru buka tersebut.

Ada beragam jajanan pasar, dan saya bete berkali-kali niat mau foto jajanannya kok ya lupa.
Padahal mau direview di blog, hahaha.

Camilan atau jajanan yang sering saya beli di penjual tersebut terbilang monoton.
Hanya ... aduh saya nggak tahu namanya huhuhu.

Pokoknya, biasanya ada bolu kukus kesukaan si kakak, brownies panggang, bolu iris (ini suer namanya saya karang, hahaha).

Sementara saya dan si adik pecinta jajanan yang lembut-lembut, kayak kue lumpur (yang ini beneran namanya, soalnya biasanya ada tulisannya :D), putu ayu, kue lapis dan semacamnya itu loh, kagak tahu apa namanya, pokoknya yang jenis-jenis lembut kayak gitu.

Biasanya jajanan yang lembut gitu saya masukin kulkas, dan saat buka puasa disantap, yummie banget.

Oh ya, harga jajanan ini terbilang murah sih (menurut saya), karena biasanya kami bertiga makan sampai puas, hanya habis belasan ribu saja.
Maksimal 18 ribuan.

Praktis dan terjangkau kan.


Pisang goreng a la Rey


Menu camilan untuk berbuka puasa atau kayaknya ini masuk kategori takjilnya kebanyakan orang Surabaya dan sekitarnya, eh atau orang Jawa ya?
Adalaaaahh.. pisang goreng!

pisang goreng untuk camilan buka puasa
pisang goreng, source : indozone

Kalau biasanya saya bikin takjil a la mama waktu kecil berupa kolak dan semacamnya.
Pak suami hanya akan menyentuhnya di saat selepas makan malam.
Nah kalau bikin pisang goreng mah, bakalan ludes dalam sekejap.

Pertama, gorengan adalah jenis takjil favorit pak suami yang besar di Surabaya.
Dan kedua pisang goreng buatan mami Rey, meski kadang tampilannya hitam hahaha, tapi enak.

Ya iyalah, gimana enggak enak.
Pisang gorengnya pakai adonan yang lengkap dengan margarin, telur, keju, vanila, hehehe.

Pisang goreng sebenarnya bukan camilan buka puasa aja, tapi camilan kebangsaan kami, eh bahkan saya sejak kecil.

Dulu, mama sering banget goreng pisang.
meskipun sederhana sih, kadang pisang doang di iris dan digoreng, nggak pakai adonan sama sekali.
Tapi tetap nikmat karena makannya dicocol sambal yang pedas, yum!

Makanya pas ke Jawa saya sedikit ngenes, di sini pisang sedikit mihil dong, eh kok sedikit, mihil bingit dong!
Ya iya kan, secara kalau di Buton, pisangnya gratis tinggal metik atau dikasih orang, hahaha.

Makanya, pisang goreng selalu ada di setiap waktu, termasuk saat berbuka puasa seperti sekarang.
Dan kalau pak suami ada sih, soalnya kalau saya yang beli pisangnya, dikasih mahal sama ibu penjualnya, mentang-mentang saya nggak bisa bahasa Jawa, huhuhu.


Gorengan beli di luar


Kalau ini biasanya sih yang beli pak suami.
Yup sebagai orang yang besar di Surabaya, pak suami sungguh nggak bisa skip makan gorengan saat buka puasa.

gorengan untuk  buka puasa
gorengan, source : pergikuliner

Biasanya dia beli gorengan semacam tahu isi, ote-ote dan semacamnya.
Saya kadang-kadang aja cicipinnya.
Bukannya nggak suka, tapi memang nggak terbiasa makan gorengan pas buka puasa.
Karena biasanya makan yang manis-manis dulu.

Dan biasanya, anak-anak pun saya batasi banget makan gorengan buat buka puasa.
Ya kale, kalau ingat minyaknya yang serem itu, udah berwarna hitam masih dipakai hahaha.

Meskipun sebenarnya makan gorengan itu enak, tapi saya masih pengen puasa dengan sehat, nggak enak banget kalau sakit tenggorokan pas puasa, menyiksa euyy...


Begitulah camilan praktis yang biasanya kami konsumsi pas buka puasa.
Sungguh soooo mainstream yak, hahaha.
Ya begitulah si Rey, anti ribet-ribet club.

Kalau temans, camilan apa nih yang sering dikonsumsi saat buka puasa?
Share yuk :)


Sidoarjo, 8 Mei 2020

Reyne Raea untuk #BPNRamadan2020 day 19

Sumber : Pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

28 comments:

  1. Wuidih, enak banget ada jajanan pasar yang deket rumah kayak gitu mba. 😂 Disini mah susah, karena jauh dari pasar. buat yang jarang masak sarapan, pasti terbantu banget ituh 😁

    Saya mba, dari dulu pecinta gorengan, tapi sejak nikah ga segetol dulu kalo nyemil yang satu itu, karena sepertinya saya sendiri yg paling doyan sampe menggebu gebu 😂

    Jadi suka males kalo masak banyak, jarang dimakan soalnya. Kalo dimakan sendiri, ntar bisa kebablasan kan gawat 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, di depan kompleks tuh kalau sore dan pagi di hari biasa, rameeee banget.
      Semua makanan ada.
      termasuk jajanan pasar macem-macem.

      Cuman di masa sekarang saya parno beli-beli di luar juga parno desak-desakan :D

      Delete
  2. Selama bulan Ramadhan ini aku udah sering banget masak gorengan seperti pisang goreng, tempe goreng, bakwan udang goreng, martabak telur, dan martabak mie. Kapan-kapan pengen beli gorengan aja deh di warung tetangga biar lebih praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh lengkap hahaha :D
      Iya sesekali beli cuman ya parno juga ya :D

      Delete
  3. Saya seringnya kalo buka puasa itu pakai teh manis sama buras mbak. Buras itu semacam makanan dari beras lalu tengahnya dikasih oncom gitu, kadang kalo untung isinya bukan oncom tapi daging ayam gitu, enak bukan.

    Tapi kalo yang daging ayam beda harganya, buras biasa harganya seribu, kalo itu empat ribu, makanya jarang beli yang isinya daging ayam, mihil.😂

    Kalo sebelum puasa aku suka makan pisang goreng, kebetulan ibu suka bikin, kalo sekarang malah malas, soalnya takut panas dalam, ngga enak puasa kalo panas dalam.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kalau di Sulawesi Buras itu semacam lontong tanpa isi hihihi
      Betul, saya kalau makan gorengan apalagi sama es, langsung auto sakit tenggorokan :(

      Delete
  4. Kalau camilan favoritku gorengan endhog gludug. Enak banget gitu buat temen ngopi atau ngeteh.
    Cuma gegara ada epidemi begini jadi punya ketakutan nyelonong bentaran ke pasar buat beli jajanan atau gorengan.
    Penggantinya, ngemil biskuit kemasan 😁

    ReplyDelete
  5. Pas Baca : Pisang goreng a la Rey, saya jadi melirik gambar pisang gorengnya, saya pikir itu hasil bikinan Mbak sendiri, pas baca keterangan dibawah gambar........hahahah.Pisang Goreng ala Indozone. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa, saya kalau masak jarang difoto, males, kecuali memang untuk job :D

      Delete
  6. Kalau saya malah buka puasa nggak pakai tajil. Jadinya suka bingung sama keluarga besar ibu yang terbiasa dengan tajil minimal empat macam.

    Setelah menikah, suami pakai tajil tapi nggak yang heboh-heboh banget deh. alhamdulillah, jadi saya ngga repot-repot amat. bukan apa-apa, nanti nggak ada yang makan!

    Satu hal yang paling saya nggak bisa tuh buka puasa pake gorengan. Sama kayak mbak rey: takut sakit tenggorokan! udah gitu rasanya aneh banget, seharian kerongkongan nggak ada isi langsung dikasih minyak. emang dasarnya nggak suka gorengan juga siiih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaooo 4 macam? hahaha.
      Iya Mba, mungkin nggak terbiasa juga, tapi kalau gorengan sendiri suka-suka aja sih, mungkin juga kualitas minyaknya kali ya :)

      Delete
  7. kebiasaan beli jajanan sama takjil di sekitar rumah. Sekalian jalan jalan sekalian juga menyapa tetangga :D

    ReplyDelete
  8. saya paling sering makan pisang goreng..karena bahanya mudah didapat di sekitar wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Mba Rey, saya kok jadi kangen sama penjual jajanan pasar yg buka tiap pagi ya. Hehe.

    Iya mba, orang Jawa suka buka puasa ama gorengan dulu. Saya sama kayak Mba Rey, kalau bisa mengurangi gorengan.

    Kalau di Depok (dan mungkin juga Jabotabek) takjil yang sering dijual yaitu lontong isi. Kalau di Jawa namanya arem2. Cuma di sini kebanyakan isinya oncom pake sambal kacang. Dan saya suka banget sama lontong isi oncom. Murah, enak, bikin wareg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh itu mengenyangkan Mba, abis itu nggak makan nasi hihihihi

      Delete
  10. Aku nggak menjalani ibadah puasa tapi karena Mbak di rumah puasa jadinya aku ikutan hobi ngemilin tajil 😂 kemarin ini malah suami ngerikues bikin kolak pisang di hari pertama si Mbak puasa. Yang puasa siapa yang minta menu bebuka siapa wkwkw

    Gorengan sih nggak pernah salah ya, Mba. Sayangnya sejak PSBB diberlakukan udah nggak ada lagi yang jualan gorengan dekat sekolah si anak, padahal kangen banget sama bakwan tahu hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, jadinya bikin takjil juga ya :D
      Btw banyak yang tutup ya penjual di pinggir jalan, kalau di sini masih banyak sih, tapi memang kalau di jalan-jalan besar selalu ada razia PSBB

      Delete
  11. Yaa apapun makanannya intinya dalam berbuka puasa jangan terlalu berlebih. Karena pola kesehatan tubuh kita tentunya berbeda-beda.😊😊


    Jadi kesehatan tetap diutamakan terutama pola makan.😊😊

    Jangan semua dimakan Kolek,Es buah,Gorengan,Nasi sebakul + Laukpauknya..Pas kekenyangan aja ogah luh sholat taraweh alesannya nggak biasa sholat taraweh dirumah.😂😂😂 Terus milih Tidur dah.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, biasanya kalau bukber di rumah mertua bawaannya gitu.
      Banyak banget kan takjilnya, semua pengen dimakan :D

      Delete
  12. kalau yang bernuansa tradisional, kue putu ayu karena ini langka nyarinya, dadar gulung suka, pisang goreng apalagi, molen pisang. kalo saking ngidamnya sama molen, pulang kantor mampir dulu ke gerobak langganan

    kalo cemilan yang kekikian alias agak ga sehat gitu, snack macam twistko hahaha, potato kentang yang begini begini mba, ga sehat kan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh iyaaa molen pisang biasanya banyak di ramadan gini ya :D
      Hahaha, saya jarang jajan makanan ber msg gitu, bukan bergaya hidup sehat, tapi anak-anak udah gede dan udah suka minta, terpaksa ngalah jangan beli huhuhu

      Delete
  13. Camilan favorit dan praktis buat saya adalah goreng-gorengan dan cendol-cendolan mbaaa :)))) pokoknya kalau dikasih gorengan, macam pastel, risoles, bakwan, tahu sayur, tempe mendoan dan lainnya pasti syukaaa <3 hehehehe.

    Oh yang manis-manis juga saya doyan, seperti Klepon, Kue Putu, Dadar Gulung, Lapis Legit, dan bolu-boluan. Haduuuuh jam segini komen bahas camilan langsung auto lapar :"""""DDDD

    Eniho, pisang yang di foto menggugah selera banget mba warnanya >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. I laaaff cendoolll terlebih kalau cendol sagu :D

      Eh iyaaaa, saya jadi lapar, apalagi baru ke blog si Mbul dan isinya makanan semua huhuhu

      Delete
  14. Kalau menurutku sih takjil sama camilan sama aja. Bedanya takjil itu camilan buat berbuka puasa. Gitu aja. Hehehe.

    Sepertinya, selera camilan berbuka puasaku dengan suaminya mbak Rey sama. Iya, aku suka banget sama gorengan. Apalagi tahu bulat yang digoreng tanpa perencanaan sama sekali itu. Duh jadi ngiler, aku.🤤

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, pokoknya sama-sama di makan saat buka puasa ya :D
      Duuh kok ya lafar yaaa hahahah

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Assalamu'alaikum :)

Selamat datang di blog personal Reyne Raea