Friday, November 23, 2018

Keuntungan Bergabung Di Komunitas Blogger Perempuan Network


#BPN_D4 - Kenapa Bergabung Di Blogger Perempuan Network


Assalamu'alaikum :)

Menurut saya, dalam dunia apapun, bergabung dalam sebuah komunitas itu sangat penting.
Terutama dalam dunia blogging yang mana memonetisasi blog adalah impian dan tujuan kita.
Sehebat apapun kita, ternyata dukungan dalam komunitas itu amat sangat membantu banget.
Terlebih kalau kita masih dalam status newbie, dalam dunia blogging misalnya, kayak saya si blogger nyubih (bacaan dari newbie)

Saya sendiri, sejak awal memutuskan menekuni dunia blogger sebagai profesi, bergabung di banyak komunitas blogger adalah langkah pertama yang saya lakukan.
Salah satunya adalah bergabung dengan komunitas Blogger Perempuan Network.
Baca : 4 Tips Berbaur Dalam Sebuah Komunitas Bagi Seorang Introvert Ala Rey

Apa Itu Komunitas Blogger Perempuan Network?


Komunitas Blogger Perempuan Network atau yang biasa disingkat BPN adalah sebuah komunitas blogger khusus buat perempuan yang digawangin oleh beberapa blogger fenomenal seperti, Shintaries, Almazia Pratita dan Dyane Dorothy sebagai co founder, Alaika Abdullah sebagai Community Relation, Desy Yusnita, Nunik Utami, Kartika Putri, Rani Novariany, Aprijanti, Astari Ratnadya dan Mia Kamila.

Blogger Perempuan Network juga biasa disebut dengan situs jaringan blogger khusus perempuan, yang mana tercipta oleh 3 perempuan hebat yang jatuh cinta terhadap dunia online dan berkeinginan memajukan kedudukan para blogger perempuan Indonesia.

Berdiri sejak awal tahun 2015, hingga kini sudah sudah memiliki member sebanyak kurang lebih 4000 blogger perempuan yang tersebar di segala penjuru dunia.

Demi menunjang semua visi dan misinya, Blogger Perempuan Network mempunya beberapa wadah yang bertujuan agar para member blogger bisa berkembang dengan baik.
Di antara :
  • Website utama yang menampung beragam info, ilmu dan kemudahan bagi membernya yaitu https://bloggerperempuan.co.id/ . Dalam website tersebut ada banyak informasi penting, salah satunya job atau lomba yang biasanya diadakan untuk member BPN yang ingin monetisasi blognya
  • Website khusus komunitas, sebagai tempat berkreasi para member blogger, yaitu https://komunitas.bloggerperempuan.co.id/. Melalui  website ini para member bisa melakukan banyak hal demi meningkatkan performa blognya, seperti submit blogpost terbaru untuk blogwalking, juga bisa meningkatkan blog secara profesional berdasarkan ilmu-ilmu yang ada di member area website tersebut.
  • Grup Facebook khusus untuk member BPN, ada beberapa grup FB seperti grup untuk blogwalking, serta blog untuk share job buat para member.
  • Dan masih banyak lagi, seperti akun twitter BPN yang sering membantu membernya untuk menyebarkan link postingan melalui retweetnya, dan semacamnya.

Apa keuntungan bisa bergabung di komunitas Blogger Perempuan Network?


Saya sendiri sudah lumayan lama bergabung di komunitas ini, mulai dari daftar jadi member di websitenya, hingga akhirnya bisa bergabung di grup facebook maupun grup Telegram untuk kepentingan blog walking.

Dan selama itu, sudah banyak banget keuntungan yang sangat berarti buat saya, di antaranya :
  • Bisa kenal banyak blogger baik senior maupun newbie dan berkunjung ke banyak blog melalui thread yang diadakan setiap hari dalam tema yang berbeda-beda pada grup facebooknya. Setiap hari, admin di grup tersebut yaitu mba Alaika Abdullah bakal membuka sebuah thread dengan tema yang berbeda-beda. Dan kami para member bebas share postingan terbaru sesuai tema di komen thread tersebut. Dan dari list komen tersebutlah kita bisa blog walking, yang pastinya bakal menaikan performa blog kita dalam segi pageview maupun DA/PA
Baca : 8 Bulan Domain Mencapai DA 30, Begini Caranya
  • Bisa dapat job blogger. Selain memberikan ilmu dan keuntungan bagi blog para blogger member, BPN juga sering banget menampung para blogger untuk bekerja sama dalam berbagai campagn dari pihak lain. Dan semua informasinya di share pada grup facebook, bahkan terkadang di share langsung melalui email yang telah terdaftar di database BPN.
  • Bisa menambah performa blog melalui submit postingan di member area website komunitas BPN. Well, hal ini sih baru saya saya lakukan 2 mingguan ini, kok bisa? Iyaaa... sayanya kudet dan kurang jeli membaca email.
Jadi, tiap minggu BPN bakal mengirimi semua membernya email yang berisi beberapa postingan terbaru yang di submit para member melalui member area. Awalnya saya bertanya-tanya, kok bisa ya teman-teman punya postingan yang keren sampai di highlight melulu dan dikirimin ke semua member melalui email, dan pertanyaan saya baru terjawab 2 mingguan yang lalu, ternyata semua member bisa banget submit postingan terbarunya di member area tersebut.
Nantinya, postingan tersebut akan ditampilkan di halaman utama website dan jika di klik akan di antar langsung ke blog kita. Kebayang kan, member BPN itu ribuan, dengan tampilnya postingan kita di halaman utamanya, bakalan membuat banyak traffic ke blog kita.

Masih banyak lagi keuntungan yang saya dapatkan karena bergabung di komunitas Blogger Perempuan Network.
Dan yang pasti, bagi teman-teman blogger yang belum juga menjadi member BPN, buruan deh daftarin diri di websitenya, setelah terdaftar, jangan lupa pasang banner BPN di widget blog masing-masing yaaa..

Kalau teman-teman, udah pada gabung di Blogger Perempuan Network gak? apa sih alasan dan keuntungan yang sudah didapatkan?
Share di komen dong :)


Semoga manfaat :)


Sidoarjo, 23 November 2018

Wassalam



*Artikel ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge  (Day 4)
 #BloggerPerempuan 
#BPN30dayChallenge2018


28 comments:

  1. Eh kayaknya aku belum daftar jadi member deh di website komunitas. Tapi udah pasang banner hihi. Di BP aku sih masih BW di grup telegram aja. Semoga bs dapat ilmu baru dunia bloging di BP setelah gabung member, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gabung jadi member, bisa setor postingan di member area, lumayan menguntungkan blog :)

      Delete
  2. Sudah dong cuma faiz belum bisa login, seneng setelah gabung kita dapat kiriman email nengenai info terbaru BP baik lomba maupun 10 blog post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengapa belum login mba, di member area banyak ilmu2 yang bermanfaat banget :D

      Delete
  3. DA/PA ku naik lho dalam 3 hari. luar biasa banget. hahhaa
    PV apa lagi. seneng deh

    ReplyDelete
  4. Point nomor 2 menggiurkan mbak Reyne.. hahha. Pingin banget suatu hari ikutan campaign. Tp sejauh ini, temanya belum sesuai sama Niche saya. Hahhaa. (Dilema)

    ReplyDelete
  5. Saaaamaaaaaa... Akupun bergabung dengan alasan itu hehehe

    ReplyDelete
  6. Sama, aku pun bergabung dengan BPN dan merasakan banyak sekali manfaatnya

    ReplyDelete
  7. udah gabung dong mbak, tapi job blog belum pernah dapet hehehe minder duluan nih kayaknya sayaaa

    ReplyDelete
  8. Biasanya di email mba, kadang di share melalui grup :)

    ReplyDelete
  9. wah jadi pengen gabung nih...hehehe
    terima kasih banget infonya…..

    ReplyDelete
  10. Saya juga bersyukur dan merasa betah gabung di Blogger Perempuan, Mba.

    ReplyDelete
  11. Setuju sama postingannya, happy banget bisa join jadi member BPN. Anw, semoga kita sukses ya mba ODOPnya, berasa ketar ketir nih, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, ODOPnya keren ya mba, temanya ada alurnya banget, bukan sekadar ngajarin konsisten, semangat mbaa :)

      Delete
  12. kemaren daftar baru setengah jalan, harus dilanjutkan nih..salam kenal ya Mbak saya Eka Ulia dari https://disineyland.blogspot.com, newbie yang masih butuh bimbingan

    ReplyDelete
  13. Mantap, semoga semakin banyak blogger-blogger keren bermunculan ya, Teh :)

    ReplyDelete
  14. Baru tahu. Makasih infonya, pengen gabung juga dan semoga diterima. Baru isi paket data jadi bisa BW, he he.
    Cuma, sedang sedih karena tampilan gmail malah menghapus semua kiriman lama di inbox dan yang sudah dikirim. Ada tautan info yang masih saya butuhkan, plus naskah lomba lama yang di komputer saya sudah terhapus. Apa ada pembaruan di gmail?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa ya mba? Gmail saya tetep2 aja tuh penampilannya :)

      Delete
  15. Maaf, ralat, Mbak Rey. Rupanya saya linglung. Buka akun gmail baru di peramban Firefoc, lupa bahwa akun lama di peramban Chrome. Saya juga tak lihat judul akun. Efek 13 hari tak ngenet di rumah bikin gitu, seakan amnesia digital kumat. Mana saya lagi fokus untuk kirim tulisan ke media. Berikut gangguana kala komputer mulai menurun kinerjanya, kerap memutuskan hubungan cinta dengan hotspot di ponsel kalau ponselnya kewalahan mengakses data karena pernah jatuh jadi alami semacam gegar otak. Dan komputer saya alami serangan malware yang belum sepenuhnya sembuh jadi ada perangkat lunak yang terinfeksi serta membuatnya kerap galat.
    Saya malah belum daftar ke BPN. Tunggu situasi dulu. Kerja sama komputer dan ponsel yang harmonis, he he, karena keduanya kerap harus di-restar melulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, iya mba, sebenarnya saya juga kasusnya sama, maklum lapy saya udah uzur huhuhu.
      Jadinya sering leleeet koneksi bahkan sering hang.
      Untungnya sih belum pernah kehilangan file, emang gak asyik mba kalau lagi serius-seriusnya dan semangat tapi gak didukung ama perangkat yang bersahabat ya :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...