Tips Menentukan Nama Blog Yang Bagus

tips menentukan nama blog

Sharing By Rey - Tips menentukan nama blog yang bagus tentu saja berkaitan dengan seberapa penting memilih nama blog kita?

Bagi saya sangat penting, karena nantinya nama tersebut yang bakal sering kita perkenalkan pada khalayak dunia maya bahkan nyata.




Nama blog juga bakal mencerminkan seperti apa kita sang empunya blog, dan pastinya sebagai blogger yang ingin tampil profesional, semua itu sangatlah penting.


Untuk nama blog ini sendiri, www.reyneraea.com , sebenarnya gak ada sesuatu yang istimewa dibalik pemilihan namanya.
Saya menamainya demikian dengan alasan agar semua hal dalam dunia maya baik media sosial maupun blog haruslah sama adanya.

Tujuannya, agar orang bisa dengan mudah menemukan saya, dan lucky me, nama pemberian tetangga kami itu (beneran loh, itu yang ngasih nama Reyne adalah tetangga kami saat mama melahirkan saya dulu, lol) sangatlah unik.

Jadi, meskipun sulit, saya rasa akan lebih familier ketimbang saya pakai banyak nama yang meskipun easy listening tapi sulit melekat dipikiran pembaca *tsah.

Dan nama tersebut juga saya pilih agar terlihat profesional, karena semua akun media sosial saya juga diberi nama yang sama, demikian pula nama yang tertera di rekening saya untuk menerima fee blog, *uhuk...jadi ingat transferan, lol.

Meskipun demikian, ada beberapa tips yang bisa saya share dalam memilih nama sebuah blog berdasarkan pengalaman saya tentunya, yaitu :


🌐 Pilihlah Nama Blog Yang Unik


 Zaman sekarang, ada jutaan blog di dunia ini. Dan untuk bersaing mengambil hati para pembaca adalah, salah satunya dengan memberikan sesuatu nama yang unik, sehingga mudah melekat di ingatan pembaca.

Nama tersebut, bisa diambil dari nama diri sendiri, misal saya memakai nama saya www.reyneraea.com

Sekilas memang nama tersebut akan menjadi boomerang bagi saya, karena tentu saja dengan huruf vokal yang berurutan di akhir nama saya membuat orang bakalan sulit menulis nama blog saya.

Tapi, berdasarkan pengalaman saya, justru yang sulit seperti itu bakalan melekat di ingatan orang dan secara tidak langsung orang bakal lebih sering mencari nama blog saya.


🌐 Pilihlah Nama Blog Yang Easy Listening


Selain unik, memilih nama yang easy listening juga lebih baik dilakukan.
Misal mawarmerah, adikkakak, bayilucu, bukanbintangbiasa, dan semacamnya.
Nama tersebut lebih familier di telinga pembaca dan pastinya bakal lebih mudah pula membuat mereka mengingat nama tersebut.


🌐 Pilihlah Nama Blog Yang Sesuai Nama Kita


Menurut saya, memilih nama yang sesuai nama asli kita juga baik dan menguntungkan.
Mengapa? agar pembaca lebih mudah mengenali kita di manapun.

Misal, si pembaca kebetulan nyasar dari Google dan membaca postingan kita di blog dan puas serta terinspirasi. Karena namanya sama, setelahnya saat menemukan kita di media sosial, si pembaca akan lebih mudah mengajak kita tetap terhubung, dan pastinya bakalan menambah follower media sosial kita.

Selain itu, nama blog yang sesuai dengan nama asli kita mencerminkan sisi keprofesionalisme kita serta terpercaya, bukan blog bodongan.


🌐 Pilihlah Nama Blog Yang Relevan Dengan Tema Blog


Yang terakhir adalah, memilih nama blog yang relevan dengan tema atau niche blog kita.
Yang ini penting banget, jangan sampai pemilihan nama blog yang aneh malah membuat blog kita terkesan alay dan abal-abal.

Misal, tema blog kita adalah parenting, tapi kita menamakan blog dengan www.akoegalauselaloe.com.
Aneh bukan, harusnya kan memakai nama yang ada kata anak, ibu, parenting dan semacamnya. Bukannya nama yang alay kayak ABG labil gitu hahaha.

Jika nama yang profesional dan relevan dengan tema blog tidak tersedia, bisa dengan memakai nama kita sendiri. Itu jauh lebih terlihat profesional ketimbang nama alay gak jelas.

Kalau teman-teman, apa nih alasan memilih nama blog yang dipakai sekarang? share di komen yuk


Semoga manfaat :)


Sidoarjo, 22 November 2018

@reyneraea

*Artikel ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge  (Day 3)
 #BloggerPerempuan 
#BPN30dayChallenge2018

16 komentar :

  1. Ikutan BPN 30 Day Blog Challenge juga mbak? Tos! Iya bener nama itu harus unik dan menarik. Aku juga taro beberapa tools buat bikin nama blog di postingan ku. Mampir-mampir ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa ihihi.. semangat sampai garis finish yaaa :D

      Bener banget, harus unik biar beda ya :)

      Hapus
  2. iya mbak. nama itu buat branding kan. jadi memang perlu dipikir juga mau nama apa. hehehe

    BalasHapus
  3. jangan sampai nama blognya 'qucintaqamuclalu' hihihi dininget pun susah hahaha
    pemilihan nama blog ini memang agak tricky yaah

    BalasHapus
  4. Hahaha.. kenapa tiap kali baca disini itu selalu dibarengi dengan ketawa. Mbak Reyne pinter banget bikin contohnya 😁😁😁😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, yang muncul di otak ide 4la47 juga sih wkwkwk.
      Btw tulisan ini saya tulis beberapa hari lalu, di baca lagi baru ngeh kalau iya ya, kenapa kepikiran contohnya pas yang alay? hahaha

      Hapus
  5. aku emang sempet galau dalam pemberian nama blog wkwkwk.. mau pake nama asli aja kok rasanya kepanjangan.. apa lagi kalau udah TLD gitu, gak bisa diganti namanya kan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiihi.. orang-orang biasanya disingkat namanya mba, kalau domain meskipun bisa diganti malah bikin down blognya mba.
      Sebenarnya nama apapun bisa kita pakai, asal gencar branding.

      Kalau saya emang pilih nama sendiri, selain alasan biar mudah, juga saya ga kreatif cari nama lain hahaha

      Hapus
  6. Aku juga dulu spt Mbak, bikin nama senada dengan akun2 medsos yang aku punya supaya keliatan profesional. Belakangan namanya aku ganti, soalnya blog aku dikasih nama begitu jadi kayak nggak cocok sama isinya hehe, secara gaya menulisku juga bukannya yang formal dan macem profesional gitu.

    Tapi enak sih, nama Mbak unik jadi asik-asik aja dijadiin nama blog (namaku soalnya kurang catchy buat jadi nama blog hihi). Thank you for sharing Mbak!

    BalasHapus
  7. Orang-orang bisa disingkat mba, jadi lebih catchy tapi tetep nama sendiri.
    Kalau saya sebenarnya lebih ke enggak kreatif kayak orang2, hahaha.
    Jadinya pakai nama sendiri lah, lagian isi blognya juga semua tulisan saya :D

    BalasHapus
  8. Iya aku awalnya butuh agak lama mengeja nama blognya mbak rey. Hahahaha tpi karena penasaran makanya belain diingat minimal di klik beberapa kali. Semua next time gak salah ketik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw, gak enaknya kalau nama gak biasa, jadi sulit juga dieja ya mbak :D
      Makasih udah mampir mbak :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)