Selasa, November 20, 2018

5 Alasan Mengapa Blog Jadi Tempat Asyik Buat Menulis


#BPN_D1 - Alasan Menulis Di Blog


Assalamu'alaikum :)

Hai-hai..
Mulai hari ini, hingga insha Allah 30 hari ke depan, tema di blog saya bakalan agak beda dari biasanya.
Well, tetap masih masuk dalam hal-hal yang sering saya bahas sih, tapi tema hariannya tidak mengikuti seperti biasanya.

Mengapa Rey?



Karena saya insha Allah mengikuti challenge kece dari komunitas Blogger Perempuan Network, yang mana mulai hari ini BPN menantang para blogger yang sudah merupakan member dari BPN untuk bisa ODOP alias One Day One Postingan selama 30 hari lamanya.

Sebuah cetusan yang penuh manfaat banget ya, mengingat konsisten bagi para blogger itu lumayan berat, karena blogger adalah sebuah profesi lepas bukan terikat jadwal ngantor.
Bahkan sebagian orang menganggap blog hanya sekadar pelepas lelah saja, dan sudah pasti lebih sulit lagi untuk konsisten menulis di blog.
Baca : Blogger, Profesi Atau Pelepas Lelah (?)
Jadi, setiap harinya, kami ditantang menulis dengan tema yang sudah ditentukan oleh BPN, dan tema hari ini adalah 'Alasan Menulis Di Blog'.

Kalau ditanya, apa sih alasan saya menulis di blog?
Jawabannya sih simple dan mainstream banget, yaitu : "Karena saya suka menulis"

Tapi jawaban panjangnya adalah karena :


♡ 1. Agar tulisan saya tersimpan selalu dan bisa dibaca oleh anak cucu saya.

Hampir semua tulisan di blog ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, meskipun ada beberapa yang masih dalam tahap impian, namun semuanya mencerminkan saya banget, sesuai dengan nama domain saya, reyneraea.com *narsisisme terdeteksi, lol.

Oleh karenanya, suatu saat nanti saat saya sudah pikun, saya bisa membaca kembali semua kisah hidup saya di sini, eh jangankan nunggu pikun ya, di waktu sekarang-sekarang saja, saya kadang iseng membaca-baca postingan lama dan takjub sendiri dengan pengalaman saya, dan tak jarang saya berucap sendiri, "seriously? saya pernah ngelakuin ini?".
Ah saya tidak sabar menanti saat sudah tua nanti, insha Allah jika Allah izinkan saya panjang umur, lalu blog ini semoga gak hilang, dan saya bisa kembali membaca kisah saya di sini.

Selain itu, anak dan cucu saya juga bisa mencari tahu kisah hidup pendahulu mereka, seorang wanita manja yang introvert dan cengeng ini,   hanya dengan membaca semua kisah-kisah yang saya tulis di sini, insha Allah, aamiin.


♡ 2. Agar bisa curhat terselubung.

Hah curhat? hehehe iyaaa.
Saya rasa semua setuju, kalau isi blog ini mayoritas curhat, namun Alhamdulillah selalu saya sempatkan untuk menuliskan pula makna dan solusi yang bisa didapatkan, jadi curhatnya jadi terselubung, lol.

Curhat di blog, bagi seorang introvert seperti saya itu PENTING banget loh, secaraaaa... seorang introvert itu sangat tertutup, tapi butuh sesuatu untuk menyalurkan perasaannya.
Dengan menulis di blog, semua uneg-uneg yang sulit dikeluarkan secara langsung, bisa dituangkan.


♡ 3. Agar bisa berbagi pengalaman.

Saya dan Google itu, sudah bagaikan sahabat akrab sejak dulu, apa-apaaaa... Googling, anak sakit... Googling, saya sakit... Googling, cari nama si pelakor... Googling *eh.

Dan saya kesal banget, kalau saat googling hal penting tapi gak menemukan apa yang saya cari, padahal dalam kenyataannya hal tersebut bukan hal yang langka, hanya saja orang-orang enggan berbagi.
Padahal, setitik informasi dan testimoni dari orang, amat sangat membantu orang yang butuh

Seperti kisah saya yang mencari dokter gigi anak di Surabaya, ampun sulitnya mencari rata-rata biaya yang harus disiapkan untuk ke dokter gigi anak.

Alhasil setelah saya alami sendiri, langsung saya tuangkan di blog ini secara lengkap dan detail, dan Alhamdulillah, selalu menjadi popular post di blog ini, dan menjadi penyumbang trafict yang lumayan banyak setiap harinya.
Baca : Pengalaman dan Biaya Konsultasi Ke Dokter Spesialis Gigi Anak Di Surabaya



♡ 4. Agar bisa menambah isi rekening.

Memilih jadi IRT setelah bertahun kerja kantoran itu GAK ENAK!.
Serius!
Gak enaknya itu, saat melihat isi rekening yang kosong, gak ada lagi aliran dana bulanan seperti dulu. Paling banter hanya ada aliran dana uang belanja dari suami.
Hiks saya kan juga pengen jajan sesuatu yang agak pricey, tanpa harus membebankan suami.

Dan menulis di blog yang awalnya cuman buat curhat dan berbagi pengalaman saja, siapa sangka ternyata malah ikutan mendatangkan pundi-pundi dalam rekening.
Meskipuuunn, pundi-pundinya belum bisa menyamai penghasilan saat kerja kantoran, karena rate card saya juga masih terhitung rendah, karena masih berasa blogger newbie (*kode buat pihak agency yang mau kerjasama, sebelum rate card si Rey naik tahun depan, uhuk hahaha)

Kabar baiknya lagi, menulis adalah hal yang sangat menyenangkan buat saya, dan dibayar karena saya melakukan hal yang menyenangkan ituuuuu... bagaikan liburan atau me time tapi dibayar.
Asyik banget kan.

♡ 5. Agar nama Reyne Raea terindex Google.

Oke baiklah...
Di poin ini kadar level narsis si Rey kayaknya meluap-luap, lol.

Tapi serius loh, saya sejak dulu pengen banget agar nama saya bisa keindex Google, agar anak cucu saya mudah menemukan saya di Google, terlebih nama saya kan unik *uhuk.
Jadi bukanlah hal sulit menemukan saya.

Demikian pula, saat ini kalau ada yang kangen pada saya, dan bilang, "Rey, kamu ke mana saja? kok gak ada kabar?"
Saya bisa jawab dengan pede, "saya mah gak ke mana-mana, kabar saya malah update setiap harinya, gak percaya? coba deh Googling nama saya, niscaya bakal ketemu blog saya yang update tiap hari"
*uhukkkk uhukkk hahaha.

See, ada 10 halaman di Google tentang Reyne Raea, lol

Nah, itulah 5 alasan panjang saya, mengapa blog jadi tempat yang asyik buat menulis.
Karena, selain saya amat sangat suka menulis, saya juga bisa mendapatkan 5 hal tersebut di atas.

Kalau teman-teman, apa nih alasannya menulis di blog, share di komen yuk.

Semoga manfaat :)

Sidoarjo, 20 November 2018

Wassalam



*Artikel ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge  (Day 1)
 #BloggerPerempuan 
#BPN30dayChallenge2018



20 komentar:

  1. Alasannya lengkap dan menyeluruh, Mba hehe...

    BalasHapus
  2. Mbak Reyy.. Alesan no 1 - 4 nya mirip mirip sama alesankuu hehe. Tapi aku sih ga kepikiran yang no 5 nya siih haha. Btw ngakunya Introvert tapi kalo dari tulisannya terlihat blak blakan yaa hahaa.. Mungkin kalo ketemu live lebih pemalu kali yaa hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw, itu dia deh, banyak yang ga percaya saya introvert hahaha

      Hapus
  3. Blog emang asik jadi tempat nulis... gak ada batasan karakter (kayaknya sih). Mau panjang kayak apa ya bablas wae lah. Haha. Terus bisa nambah temen dari berbagai daerah.

    Nomor 1 iya banget tuh, bikin memori. Aku belum kepikiran utk yg nulis dibayar itu sih, tapi asik juga ya kalo bisa dapat penghasilan dari menulis. Mengerjakan apa yg kita suka dan kita dibayar. Huwaaa... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iya....
      Dibayar buat hobi ituuuu ibarat liburan mulu :D

      Hapus
  4. Point nomor 2 saya banget ini.. hahhaa... 80% tulisan adalah Curhat terselubung. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkw... asyiknya nulis itu, saking ekpresifnya, orang bingung mana curhat mana menginspirasi hahaha

      Hapus
  5. Nomor 5 saya sukaaa

    Kapan waktu pas Googling dan nama saya terindeks Google rasanya tuh bahagiaaa hahaha
    Receh memang tapi biarin saja:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakaka bener mba, apalagi kalau gemar BW, nama kita semakin banyak di Google, meskipun jadinya di klik nongol di blog orang hahaha

      Hapus
  6. kereen mbakk...
    semoga blognya semakin berkah dan bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  7. Kalau aku menulis itu memang sudah suka sejak dari SMP bikin cerpen di setiap buku tulis. Cuma sekarang entah kemana semua cerpen aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kaann, ga enaknya nulis di buku tuh kayak gitu, kalau hilang.. sedihnyaaaa

      Hapus
  8. gimana sih caranya biar blog kita terindex google?
    aku coba searching namaku dewe eeeh kok yang muncul pertama malah profil Linkdin yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, linkedIn juga seo banget. tapi bisa jadi karena nama banyak saingannya, terpaksa yang muncul di awal yang blognya SEO friendly.

      Banyak sih, caranya biar SEO, saya belum utak atik lagi, cuman bisa di akalin dengan mengurangi asesoris blog biar gak terlalu berat :)

      Hapus
  9. Julukan saya untuk Mbak rey: Reyne Raea Ratu Curhat nan Kocak. Iya, baca postimngan di blog ini emang curhatnya dominan namun cara penyampaiannnya kocak dan kadang bikin saya ketawa spontan atau senyum-senyum. Plus meski curhat, ada saja pengalaman yang bermanfaat dan layak diketahui masyarakat, he he.
    Pengalaman personal itu pada dasarnya tak semua orang alami, namun ada contoh kasus nyarisserupa dan bisa jadi bahan pembanding bagi yang suka studi banding agar lebih tahan banting.
    Mikir, deh, bukan saya saja yang rempong sebagai perempuan, ada banyaaak. Dan Mbak Rey mewakili sampelnya. jadinya saya tak merasa sendiri, gitu. Biar curhat massal asal bikin plong yang baca dan bisa saling curhat juga di kolom komentar, ha ha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasihhhh banyaaakkk mbaaa :*

      Baru mba deh kayaknya yang bener-bener nangkap poin saya di blog ini hahaha

      Memang blog ini dibuat berdasarkan kebutuhan saya, yang suka browsing saat lagi down.

      Saat sedih kecapekan urus anak, saya browsing kisah serupa, harapannya satu, pengen meyakinkan diri, kalau sebenarnya saya gak sendiri di dunia ini, bahkan yang lebih repot dari saya banyaaakkkk banget.

      Sayangnya, hanya sedikit orang yang mau menulis jujur tentang itu, yang mereka tampilkan cuman yang baik-baik saja.

      alasannya, tulisan yang baik itu demi menularkan hal positif pada orang lain, dan saya bahkan pernah menulis tentang ini, karena mengeluh itu menular.

      Tapi, saya rasa, mengeluh dengan tulisan berbagi kisah itu beda.

      Makanya di setiap tulisan curhat saya, jadi kayak cerpen aja, ada pembuka, ada puncak masalah, ada solusi yang biasa saya lakukan.

      Sayangnya amat sangat jarang yang membaca semuanya, habisnya tulisan saya panjang kek kereta api dan belum bisa menulis dengan bahasa yang menarik (mungkin) wkwkwkw

      sekali lagi makasih banyak ya mbaaa, sudah menghabiskan banyak waktu membaca kisah-kisah curhat hore saya ini hahaha

      Hapus
    2. Apa gunanya blogwalking jika tak baca sampai tuntas. Usia bertambah bikin pengalaman hidup saya bertambah pula berkat banyak baca di mana-mana. Saya lebih suka sisi jujur dan apa adanya, karena hal yang ditampilkan baik melulu apakah akan membuat dunia lebih baik? Ada yang ingin beroleh banyak pelajaran dari kisah seseorang. Hal buruk yang dialaminya pun bisa menjadi contoh, bukan untuk dikecam atau bahan rumpian melainkan pengingat bahwa langkah setiap orang tak mudah.
      Saya tak berpikir bahwa pembaca blog saya cuma baca sebagian, ha ha. Karena tak punya pemikiran untuk gitu. Pernah juga saya lewatkan info yang tak terlalu penting karena tulisan di layar netbook kecil dan paparan kering, namun bagian selanjutnya saya baca sampai habis ke bawah.
      Teruslah berbagi secara positif ala Mbak Rey. Hidup memang harus diurai mana awal, tengah, akhir, berikut penyelesaiannya atau masih menggantung.
      BTW, sudah dari dulu saya biasa komen panjang, dari tahun 2014 jadi merupakan kebiasaan, ha ha. Semoga betah baca komen panjang saya.

      Hapus
    3. wkwkwkw, semangat selalu dong mbaaa :D

      Kalau saya kadang melewatkan bacaan yang temanya sama mba, kadang ikut ngelist blog walking, trus ketemu 3-4 blog bahas masalah sama, ampun bosannya hahaha

      Jadi semacam bahagia banget kalau temanya sama tapi mereka bisa tampilin hal yang beda :)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown akan langsung dihapus :)