Featured post

Menganggur Karena Efek Pandemi? Jangan Menyerah, Begini Cara Mendapatkan Pekerjaan

Sharing By Rey - Cara mendapatkan pekerjaan sesungguhnya merupakan hal yang banyak dilakukan orang di zaman sekarang. Karena bu...

Friday, May 22, 2020

Romansa Terlupakan Yang Terkuak Dari Email Jadul

membobol email lama

Sharing By Rey - Sungguh postingan hari ini sangat random banget, bermula dari hasil rumpi-rumpi berjamaah antara saya dengan si Diahalsa, blogger asal Kendari yang humble dan menusantara itu.

Bermula ketika si Diah curhat mengenai notif email yahoo-nya yang jarang keluar, dan akhirnya dia kelewatan beberapa penawaran job.

Entah kenapa, tiba-tiba saja kami membahas tentang email jadoel, dan saya teringat akan email yang pertama kalinya saya buat di tahun 2002 lalu, di mana itu pertama kalinya saya kenal email.

Dan dari rumpi-rumpi mengenang masa lalu kami yang penuh keganjenan eh ke-gaje-an ding, terbersitlah di pikiran untuk menuangkan ke dalam blogpost di tema hari ini yaitu #FridayRelationship , karena bosan bahas #FridayMarriage, hahaha.


Pertama Kalinya Mengenal Email


Tahun 2002.
Kala itu saya sedang kuliah (iyaaaa, nggak usah kaget, saya kan mamak blogger tuw eh senior usianya hahahaha).
Saya sudah punya pacar dong saat itu, tapi lupa kayaknya sih waktu itu kami jarang ketemuan.

Lalu saya kesepian di kos, terutama di weekend.
Kebetulan saya ngekos dengan golongan orang Jawa semua, rata-rata dari Jawa Timur, dan akhirnya setiap weekend mereka pulang ke rumah ortu masing-masing, tinggallah saya di kos.

Suatu hari, teman STM yang dulunya naksir saya, mengirim surat pada saya (harap maklum deh, dulu sih sudah ada telepon di kos, tapi interlokal itu mihil bookkk!).

Dia menanyakan, apakah saya punya email? kalau belum saya disuruh bikin, dan dia dengan senang hati mengajari saya caranya.

Saya lupa, entah saya membalas surat itu, atau mungkin dia akhirnya menelpon, dia lalu memberitahukan poin-poin cara bikin email tersebut.

Diajarin cara kirim email

Oh ya, yang lebih lucu adalah, dulu komputer adalah barang yang sangat mewah, saya jarang ketemu komputer, bahkan 1 kos nggak ada yang punya komputer, hahaha.

Dan thanks to warnet yang dekat ITS Surabaya, saya lupa namanya.
Karena sudah memahami saat komputer di warnetnya sering mati, gegara saya kepo gimana cara matiin dan hidupinnya, lolol.

Iya, kalau nggak salah sekitar bulan Desember 2002, saat itulah saya pertama kalinya tahu cara nyalain dan matiin koputer, termasuk tahu cara bikin email, masuk ke chatingan mIRC, kenalan dengan stranger, lalu berlanjut dengan email-emailan, hahaha.

Email pertama saya adalah yeyin_****@yahoo.com
4L4Y ya? lol.

Yeyin itu adalah nama samaran saya sejak SMP, dulu saya pecinta film China, sampai-sampai nama saya dibuat alay gitu, hahaha.
Sementara '****' saya pilih, karena saya merasa diri saya '****', astagaaaa... sooo narsis bin 4l4y! hahaha.

(**** itu apa? lahaciaahh, hahahaha)


Email Terlupakan Bertahun-Tahun


Karena dulu biaya sewa komputer di warnet itu lumayan mahal untuk dompet mahasiswi yang amat sangat pas-pasan kayak saya.

Jadinya saya jarang-jarang juga ke warnet.
Meskipun demikian, kalau melihat dari email yang masih tersimpan di kotak inbox email tersebut, saya ternyata bahkan hampir setiap bulan ke warnet untuk email-email-an dengan banyak orang yang berbeda.

Email tersebut terus terpakai sampai tahun 2007, lalu kemudian terhenti dan aktif kembali saat tahun 2014.
Di tahun tersebut saya memang berbisnis Oriflame dan selalu menghabiskan waktu lebih banyak di depan laptop, sehingga email lama ini kembali bisa saya akses..

Setelah itu, email kembali tidak aktif, dan baru bisa saya akses kembali di tahun 2018 lalu, tahun di mana saya pertama kalinya serius ngeblog.

Banyak yang bilang, email tak pernah dibuka selama berbulan-bulan akan mati dengan sendirinya, kenyataannya email tak akan mati, hanya saja terhenti dan tidak dapat menerima email masuk, sebelum kita membukanya lagi.

Dan begitulah, saya ingat banget 2 tahun lalu, bagaimana saya dengan penuh penasaran mencari tahu apa sih password dari email saya tersebut, dan dengan berbekalkan klak klik, kemudian...
Taraaaa... email kembali terbuka dan diaktifkan kembali.


Romansa Terlupakan Yang Terkuak Dari Email Jadul


Tahu nggak sih, saya itu pelupa.
Saya menyadari hal tersebut sejak tahun 2007 atau 2006 ya?
Saya ingat pernah menuliskan curhatan tentang betapa pelupanya saya ini bahkan saya curiga apakah saya terkena alzheimer? (okeh, maafkeun! mamak agak lebay kebanyakan nonton film drama holywood, lol)

Sayang curhatan tersebut saya tulis di Multiply, dan hilang bersama dengan menghilangnya platform tersebut.
That's why saya suka menulis, karena saya takut banyak hal yang akhirnya saya lupakan dalam hidup saya, dan itu memang terjawab, setelah saya berhasil membuka email jadul saya tersebut dan membaca isinya, ya ampoooonnnn... saya nggak berhenti ngakak.


Dan melalui tulisan ini saya harus membongkar 'aib' masa lalu saya, yang mana bukan karena kisahnya, tapi karena mengingatkan karena ternyata saya ini benar-benar pelupa.

You know? saya selalu bilang kalau papinya anak-anak adalah satu-satunya lelaki yang pernah hadir di hidup saya? setidaknya seingat saya begitu.
Sumpah dong, sedikitpun saya nggak mengingat, ternyata saya pernah ganjen juga sama cowok lain, di saat saya sudah punya pacar, hahaha.

Sungguh ya, email jadul saya itu ibarat diary online yang aman.
Karena tidak ada yang bisa baca selain saya.

Di mulai dari tahun 2002 saat bikin email lalu saya malah sibuk email-email-an dengan teman STM saya tersebut. Yang isinya bikin saya merinding, khas anak AbeGeh yang sedang jatuh cinta.
Astagaaahhh bahkan sampai saya menuliskan ini, saya masih nggak berhenti ngakak!

Ah semoga saja, teman saya itu juga sama kayak saya, sama-sama pelupa bin pikun bin alzheimer hahaha.
Saya berteman dengan dia di facebook baidewei, di mana saya sering menulis kalau saya nggak punya mantan lain selain papinya anak-anak, bahahaha.

Untung aja dia nggak komen,
"Rey, kamu lupa ya sama kisah kita"
Terus dilampirin email-email tersebut, bahahaha.

Meskipun saya bergenit-genit di email, pakai jadian segala padahal saya sudah punya pacar (atau dulu saya lagi putus ya sama si pacar, karena awal-awal jadian memang kami sering putus nyambung gegara si pacar masih terpikirkan mantannya mulu, melasnya dirimu Rey!), akan tetapi saya tidak pernah benar-benar pacaran dengan teman saya tersebut, karena kami berjauhan dounggg...

Saya di Surabaya, dia di Makassar.


Romansa Lain Yang Tersisa Dari Email Jadul


Bukan hanya menguak tentang keganjenan eh kelakuan gaje saya dengan si teman saya tersebut.
Tapi ternyata saya juga dulu sungguh agresif syekaleeehh hahahaha.

Saya hanya berhubungan dengan teman STM tersebut selama sebulanan.
Di Januari 2003 saya tidak pernah lagi membalas emailnya, setelah dia mengirimkan email panjang yang berisi curhatan perasaannya, hahaha.

Email terakhirnya hahaha

Berikutnya ayo tebak apa yang saya lakukan?
Saya banyak balas berbalas email dengan para stranger di seantero Indonesia hahaha.
Bermula dari mIRC, lalu saling tukar email, lalu email-emailan.

Dan beberapa orang ada yang kasih nama dan foto asli, pas saya cari di google, ketemu dong akun di facebook yang matching dengan nama dan fotonya, dan ngakak melihat perubahan wujudnya.
dari yang jadul dan imut, jadi bapak-bapak bangeett hahaha.

Hah? Mas Arie selingkuhannya Rey? kebetulankah? hahaha

Beruntung, saya tidak pernah lagi memakai nama jadul saya itu di manapun, jadi mereka tidak akan pernah bisa menemukan saya (GR banget ada yang mau sekurang kerjaan saya, ngecekin email lama, hahaha).

Selain email-emailan dengan banyak orang, saya juga mendaftar di situs jodoh dong, astagaaaa sungguh saya se putus asa itu ya mencari pasangan, hahaha.

Salah satu situs yang masih ada notifnya di email tersebut adalah duahati.com
Akan tetapi sepertinya situs tersebut sudah lama mati.

Di situs tersebut saya mendapat banyak banget kenalan, di seantero Indonesia.
Dan nama saya berganti, bukan Yeyin lagi, akan tetapi jadi Rere.

catatan di email lama
Cieehhh Rere, hahaha

Dan lucunya, teman-teman tersebut, rata-rata ngasih nama asli.
Saya cari di google, nemu juga dong beberapa yang matching di instagram, twitter maupun facebook, hahaha.

Sungguh lucu banget, pernah rutin email-emailan, nggak pernah ketemu, nggak pernah tahu foto, lalu belasan tahun kemudian baru ketahuan di media sosial hahaha.

Pelajaran penting buat kalian wahai para abegeh, bahkan jejak digital di email juga bisa jadi bukti ke gaje an kita di masa muda hahaha.


Selain tingkah laku yang bikin tutup muka saya, yang terekam email jadul tersebut, ada pula yang bikin ngakak guling-guling, yaitu bahasa alay jadoelnya.

Mulai dari 'akoe kamoe' sampai pakai tanda pentung yang banyak. !!! hahaha

Akoe !!! hahahaha

Sudah ah bahasnya, sungguh postingan kali ini sama sekali kagak ada faedahnya, pure curhat banget.
Abisnya lagi malas bahas yang berat-berat.
Nanti berat badan makin berat, *eh :D

Sidoarjo, 22 Mei 2020

Reyne Raea untuk #FridayRelationship

27 comments:

  1. OMAYGAD hahahahahah :))))) apa itu Akoe Kamoe :""D jadi ingat jaman dulu kalau tulis harus besar kecil biar dianggap keran. Terus diselipkan angka juga di sana sini hahaha. k4mo3 n4ck4L!!! Hihihhi ~ by the way seru memang mba kalau buka hal-hal jadoel di hidup kita. Saya pun kadang kalau lagi bengong, suka buka buku journal terus ketawa-ketawa sendiri baca curhatan saya :))))

    Ps: mba Rey kuliah tahun 2002? Nggak tua donggg kalau umur segitu :> stay young and stay fab, ya mba <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, iyaaa... dulu saya jadi jarang nulis di diary sejak kenal email-emailan, apalagi ketemu multiply, friendster hahaha.

      Jadi malas nulis tangan deh :)

      Delete
  2. Oh ada email Yahoo ya. Kalo aku ingatnya bikin email Ovi dari Nokia Java. Saat itu emang keren banget rasanya punya email, maklum orang ndeso. Kalo ngga salah bikinnya tahun 2012 sebelum android booming.

    Sekarang pakainya Gmail terus soalnya tiap android harus punya Gmail.

    Tahun 2002, lama amat ya, waktu itu aku masih mainan layangan, belum mikir kuliah apalagi bikin email.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumben, udah malam kok belum ada yang balas komentar ku ya, biasanya ada.🤔

      Delete
    2. Waahhh saya kok nggak tahu ya email Ovi ini :D

      Delete
    3. Maklum email khusus hape Nokia java, hp kelas lowend atau murah meriah. Tapi sayangnya sudah tutup layanannya, ngga bisa diakses sama sekali sejak 2015 sejak Nokia bangkrut. Kirain aku sejak Nokia diambil HMD global email Ovi akan ada lagi, ternyata tetap koit.😂

      Delete
  3. email pertama aku juga yahoo. seneng bgt dl punya email itu, mainnya di warnet.kebetulan temen karyawan warnet hahaha

    mengingat masa lalu, lucu2 gmn gt ya..ternyata hidup berproses dan prosesnya ternyata udah panjang bgt sampai ke titik sekarang euy. alhamdulillah.mari banyak2 berbuat kebaikan aja deh, agar jejak kebaikan yang kelak terlihat huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah enak dong main di warnet gratis, saya dulu bayar dong, meski kadang dibayarin sih hahahahah

      Iya ya bener, semoga di usia sekarang, semakin banyak hal-hal baik yang kita torehkan, agar nanti saat kita tuwah banget, kita nggak malu-malu banget melihat jejak hidup kita sendri hahaha

      Delete
  4. jangan2 pernh nyantol mb Rey jg nih di mirc. cmn karna saya pake nama samaran jg jadi sama2 gak ngeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahaha, coba tanya istrinya dulu Bang, jangan-jangan lupa Bang day pernah chat di mIRC sama istrinya dulu :D

      Delete
  5. Pasti dulu ngerasanya alamat email nya keren deh, ga alay. Hahahha. Aku soalnya gitu, email alay banget tp dulu ngerasa keren banget bisa bikin email gt 🤣 dan email pertama aku dulu juga yahoo.
    Jejak digital selain di email juga dulu ada di friendster, sempet punya jg ga mba rey? Sayang skrng friendster udah ga ada yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya friendster wkwkw T.T gmana kabarnya ya mereka

      Delete
    2. Oohh tentu sajaahh, bangeett kerennya baahahahahahahahaha

      Friendster punya dong, dulu banyak tulisan saya di note friendster, sayang belom sempat saya pindahkan, udah ditutup duluan si FS itu :D

      Sama dengan multiply :D

      Delete
    3. Wah saya jg dulu eksis di Multiply ^_^

      Kalo fs sebentar aja

      Delete
    4. Sempat di back up nggak tulisannya Bang? :D

      Delete
  6. Wkwkwk,,,pas baca ini jadi ingat juga platform platform yang pernah menemani saya pas masa masa alay,,,tapi saya gk ikut alay,,,jadi ingat gmana pake email yahoo, pake multiply(saya pikir ini dulu adalah sejenis platform yang bisa buat bikin website kyk blogger) terus MIRC chattingan pake ini udah serasa hacker,,,soalnya tampilannya unik kyk gtulah wkwkw,,,akhirnya inget juga mxit, mig33, nimbuzz wkwkwk,,,masa masa jaya aplikasi java sebelum fb dan kawan kawan menyerang,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya bener, saya dulu awal-awal bisa chat di mIRC serasa takjub, kok bisa gitu ngobrol lewat tulisan dari komputer, antara katrok sama lebay bersatu hahaha

      Delete
    2. Ingat masa-masa lalu, jadi muda lagi :)

      Delete
  7. dulu waktu SMA kayaknya aku udah kenal mirc, rasanya wowww canggih bener bisa chat chat beginian sama stranger.
    kalo chat chat cinta cintaan lewat email kayaknya nggak pernah, karna waktu itu hampir sebagian anak abege udah punya hape, jadi lewat sms
    multiply ini aku sempet punya, trus ilang ditelan waktu juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, waaahh nggak kenal asyiknya surat-suratan nih qiqiqiqi

      Delete
  8. Curiga nih aku sama ****. Apa jangan-jangan "imut" ya, Mbak Rey. Hehehe. Soalnya dulu banyak banget yang pake kata itu buat jadi nama di akun sosial media. 😂😂😂

    Kalau aku dulu sih gak aktif email-email an, Mbak Rey. Cuma Facebook an doang. Itu juga sepertinya pernah melalui masa-masa alay seperti pakai akoe kamoe.,.,., dan lain sebagainya. Cuma sampai sekarang belum berani buka akun Facebook lama. Soalnya dulu alasan gak pakai Facebook cukup lama ya gara-gara tau kalau gebetan masih gak bisa move on dari mantan, padahal aku suka banget sama gebetanku itu. Tahu fakta itu aku jadi merasa nothing, gebetan aku ternyata gak anggap aku sama sekali padahal aku sudah berusaha keras deketin doi. Jadi buka akun Facebook lama bisa jadi malah membuka luka lama juga. Soalnya gebetanku itu ya suamiku ini.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahaa, bukaaaannn...
      Tapi iya juga, dulu sering pakai imut kalau bikin nick name chat gitu hahahaha

      Cieehhh cieehhh, CLBK lagi dong ama paksu :D

      Delete
  9. Hahaha... jadi ingat lagi waktu bolak balik warnet, ngantri lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahaha, iya Mbaaa, nggak warnet, nggak wartel, semua antri :D

      Delete
  10. Mbak Reyyyy, lu alay banget sumpah ! Ya ampun gw ngakak


    HAHAHAHAHAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, ye kaaan... mamak Rey juga pernah alay hahahaha

      Delete
  11. Aku lgs pgn amnesia kalo inget semua email2 jadulku, atopun tulisan yg pernah aku tulis duluuuu di multiply dan Friendster hahahahaha. Ya Allah terimakasih mereka sudah mati. Tp kalo email jadul jujur aja, jgnkan pasword, username ya aja aku lupaaaaa hahahahaha

    Ga usah diinget. Udh yakin isinya jg pasti malu2in :p

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Assalamu'alaikum :)

Selamat datang di blog personal Reyne Raea