Tuesday, March 24, 2020

6 Hal Penyebab Artikel Di Blog Tidak Dibaca Pengunjung A La Rey

penyebab artikel tidak dibaca pengunjung

Sharing By Rey - Apa sih penyebab artikel di kita tidak dibaca oleh pengunjung blog kita?
Dan itu terlihat jelas dari komentar yang sama sekali tidak relevan?

Kesal banget kan, udahlah kita nulis sebaik mungkin, riset sana sini, kumpulin data selengkap mungkin.



Akan tetapi, terlihat jelas bagaimana pengunjung yang masuk, segera kabur lagi sebelum sempat membaca keseluruhan isi artikel yang kita tulis.
Hal ini dapat kita lihat dari melonjaknya nilai bounce rate dari laporan google analytics blog kita.

Karena meskipun tidak selalu, namun penyebab dari tingginya bounce rate blog adalah, saat pengunjung tidak betah berlama-lama membuka blog kita, langsung ditutup kembali.

Atau yang lebih menggemaskan adalah saat membaca komentar yang masuk sangat tidak nyambung dengan isi artikel kita, atau bahkan menanyakan hal yang jelas-jelas sudah tertulis di dalam artikel.

Ketahuan banget kan nggak dibaca, langsung komen aja buat ninggalin jejak.
Apalagi kalau performa blog kita lumayan dan kolom komentarnya kita buka dengan banyak pilihan akun, alias cuman numpang perbaiki performa blognya, hahahaha.

Etapi, jangan marah dan bete dulu deh, siapa tahu memang kesalahan bukan hanya ada di pengunjung, tapi memang semua itu dikarenakan kekurangan artikel kita, seperti ini.


1. Artikel tidak menarik


Ya kali, kita maksa orang baca artikel kita yang tidak menarik dan membosankan, yang ada bisa migren pembacanya, lol.
Beneran loh, saya juga sering nggak baca semuanya soalnya *terlalu jujurrrrrr!
Terlebih kalau lagi blog walking pakai list, hadehh...

artikel tidak dibaca pengunjung

Etapi, artikel yang tidak menarik itu juga bukan semata karena kesalahan tulisan kita kok, karena menurut Rey eh saya, artikel yang tidak menarik itu seperti ini :

  • Tidak sesuai tema/selera yang disukai pengunjung.

Mau kita nulisnya heboh jungkir balik kek, pakai story telling yang sekeren mungkin, kalau memang tema blogpost-nya tidak sesuai dengan selera pengunjung, ya nggak bisa juga dipaksain kali.
Seperti yang pernah saya tuliskan di artikel 'Cara Blog Walking Dengan Bahagia Meski Artikelnya Kurang Diminati'.
Misal nih, kita nulis masalah coding, lalu pengunjungnya pecinta drakor, malas mikir yang berat-berat, apa nggak migren tuh dia kalau dipaksa baca hal tersebut?
Atau blogger laki pecinta alam, tapi kecantol di blog yang isinya drakor menye-menye, atau lebih parah lagi tentang beauty, kesehatan reproduksi? dijamin blogger lakinya mimisan langsung kalau dipaksa baca, lololololol
Masih enak mah kalau isi blog kita beragam, misal ada yang agak sesuai dengan tema kesukaannya, pengunjung bisa memilih artikel lain buat dibaca, tapi kalau niche-nya sama? pingsan dah, lol

  • Terlalu panjang dan membosankan

Ini juga selalu yang ingin saya terapkan ke blog saya sebenarnya, tapi biasanya saya jadi lepas kendali, kalau nulis udah deh, nyerocooosss kek pembalap, tahu-tahu udah nyaris 2000 kata, lol.
Sudahlah panjang, gaya penulisan kita membosankan, temanya bikin mimisan, sekarang dah pengunjungnya, langsung auto scroll dan nulis 'thanks for sharing', lol
Ini juga berlaku pada artikel yang sebenarnya bermanfaat tapi panjang, tapi kalau temanya nggak disukai pengunjung ya, jadinya tim scroll berlaku. 

  • Isinya nggak jelas / tidak nyambung dengan judul

Ini sering loh saya temukan, judulnya apaaaa, isinya apaaaa.
Kalau klikbait tapi masih relevan meski ngiklan sih, biarpun bikin bete, tapi masih bisa diterimalah. Ye kan, itu mah udah jadi strategi marketing, meski sedikit berbahaya juga buat reputasi blog kita, karena berikutnya orang malas ketipu klikbait.
Tapi, ada juga loh, yang judulnya fantastis, semacam tema yang dicari banyak orang, tapi isinya nggak nyambung sama sekali, hahaha.
Kalau saya sih, selama itu curhat, masih bisa mengerti, i like tulisan curhat, soalnya otak saya udah terlalu penuh memuat tema yang berat. 
Tapi kalau pengunjung yang benar-benar datang untuk mencari jawaban, udah pasti bakal klik tanda x and say babayyyy, hahaha.  

  • Tidak punya ciri khas, sementara topiknya sudah biasa

Iya, saya sangat mengerti, ada banyaaakkk banget blog di dunia ini, gimana enggak? para blogger pemburu adsense, sukaaa banget berternak blog, udah gitu kebanyakan isinya copas-an pula.
Saking banyaknya, rasanya semua ide tulisan, sudah pernah dibahas di blog lain, bahkan tema ini saja, saya rasa banyak ditulis orang lain pula.
Nah kalau kita nggak punya ciri khas ngeblog sama sekali, nulisnya kaku kek wartawan, sementara artikel dengan nulis kaku gitu udah banyak di blog dummy, poinnya sama, nggak ada bedanya, ya saya yakin orang malas baca, alias sudah pernah baca kan.  

  • Terlalu banyak promosi berlebihan

Di sosial media saja, status promosi diskip sama orang-orang loh, even statusnya soft selling, yang sudah tahu teorinya pasti bakalan skip. Apalagi di blog.
Jadi sebisa mungkin, buatlah postingan yang meskipun itu promosi atau placement article, setidaknya ada sentuhan ciri khas kita atau pengalaman kita sendiri.
Jadi, masih ada yang bisa dinikmati pembaca, meskipun iklan, hahaha.


2. Judul artikel tidak menarik

Ini sebenarnya masih PR banget buat saya.
Saya lupa baca di mana, tapi pernah baca kalau judul artikel yang SEO friendly itu nggak boleh terlalu panjang melebihi 65 karakter (CMIIW).

alasan artikel tidak dibaca pengunjung

Kebayang nggak sih, kita disuruh bikin judul yang menarik, sementara kudu ada keyword yang kita bidik di dalam judul tersebut, di mana keyword yang persaingannya dikit itu biasanya lumayan panjang, dan kita dibatasi oleh 65 karakter saja?

Jadi, jangan gembira dulu suka bikin judul klikbait temans, kebanyakan judul gitu nggak SEO friendly hehehe.
Tapi, bukan berarti kita nulis judul juga terlalu biasa, soalnya orang juga tertariknya dari judul yang menarik dan bikin kepo.

Kecualiiii, kita blogger femes, kayak Grace Melia, dia mah nulis judul 1 kata juga banyak yang mau baca, karena orang udah familier ama tulisannya, lol.


3. Loading blog lambat



Orang zaman now itu saya rasa selalu dikejar waktu, makanya hampir semua nggak suka sesuatu yang lemot, termasuk loading blog.

artikel blog tidak dibaca pengunjung

Hal itu biasanya dipengaruhi oleh :

  • Terlalu banyak widget yang nggak penting

Mentang-mentang biar blognya menarik, segala macam widget dimasukin deh, bahkan yang nggak ada faedahnya sama sekali.
Misal, widget jam yang kayak flash warna warni, buat apa coba, semua orang kan bisa liat jam di gadget atau laptopnya hahaha. 

  • Terlalu banyak iklan

Iyaaa, saya tahu kalau banyak blog yang penghasilannya dari adsense, tapi nggak juga dipasang secara membabi buta kali, bikin blog lelah kayak qudah kehausan, hahaha.


4. Tampilan blog tidak eye comfort


Ini nih alasan utama saya jadi tim scroll di blog orang.
Ampun deh, kadang pengen nangis deh kalau ketemu blog dengan tampilan yang tidak eye comfort.

tulisan blog tidak dibaca pengunjung

Menurut saya, nggak perlu deh eye catching, asal eye comfort, i mean nyaman di mata aja deh, meski minimalis udah cukup.

Saya rasa banyak juga orang yang kayak saya, mata saya minus, dan saya tuh suka berlama-lama di hadapan blog, kalau ketemu blog dengan tampilan di bawah ini, berlinang air mata dah saya, alias mata saya sakit beneran hahaha.

  • Huruf / font kecil 

Ya ampunnnn, ada banyak loh blog yang saya temukan dengan huruf yang minimalis gini, udahlah minimalis, hurufnya super langsing kayak model internasional hahaha.
Template-nya sih kece, tapi hurufnya nggak di ubah dulu jadi normal atau besarin dikit kek, dan liatnya buat kedua tampilan, mobile maupun web version. Air mata saya langsung auto berderai dah kalau nemu blog kayak gini. 

  • Warna background dan font tidak pas sehingga bikin sakit mata

Ada juga yang baik background maupun warna tulisannya tuh kayak kembar siam, hampir mirip, misal background ungu terang, tulisan putih, huhuhu matakoohhhh!!!

  • Tidak ada heading atau sub heading

Ini juga faktor yang penting, tulisannya sih bagus, tapi hurufnya lempeng aja dari atas ke bawah, nggak ada heading atau sub heading
Atau minimal, poin-poinnya di-bold deh, jadi kan mata nggak lelah bacanya.  

  • Ketutupan iklan

Sama dengan poin yang saya bahas di atas, selain bikin blog lemot, kebanyakan iklan juga bikin nggak nyaman buat dibaca tauk.
Apalagi iklan yang numpuk di dalam artikel, warna background-nya sama pula, sampai nggak bisa bedain mana isi artikel, mana iklan.
Alhasil saya install adblok dan amaaannn, hahaha. Palingan beberapa aja yang butuh saya buka 1 page gitu. 


5. Tidak ada widget archive blog


Saya nggak tahu ya kalau pembaca yang lain, tapi kalau menurut saya pribadi, widget archive blog itu penting loh.
Ada yang belum tahu widget archive blog? itu tuh yang kayak daftar isi blog berdasarkan waktu tayangnya.

tulisan blog tidak dibaca pengunjung

Saya termasuk blogger yang kurang suka baca postingan sudah kadaluarsa alias postingan lama, terlebih isinya bukan konten evergreen misal, kayak berita terkini gitu, udah basi kan kalau udah lama hahaha.

Kebanyakan sekarang, para blogger pasang template yang tampilannya per label, jadinya bahkan kita nggak tahu kalau ada postingan baru.

Alhasil, saat pengunjung datang dan tidak bisa melihat ada postingan baru, langsung deh dia kabur lagi. Padahal mungkin ada cuman letaknya nggak karuan karena berdasarkan label.

Dengan adanya widget archive kita bisa cari sendiri dari tampilannya yang berdasarkan waktu tayang.


6. Pengunjung cuman numpang tanam backlink, lol


Kalau ini mah memang yang eror pengunjungnya sendiri hahaha.
Zaman sekarang banyak loh blogger kayak gini, mereka tahu manfaat komen di blog orang, bukan sekadar silaturahmi tapi memang buat tanam backlink di komentar.
Apalagi kalau blog tersebut terlihat ramai, performanya bagus means spam score kecil, DA lumayan.

tulisan blog tidak dibaca pengunjung

Nggak peduli apa isinya, baca aja judulnya, scroll langsung komen,
"Nice post"
"Thanks for sharing!"
Atau lebih parah lagi,
"mantap, tfs" (padahal kita nulisnya yang sedih-sedih, hahaha) 
Jangan keseringan ya, nggak baik juga buat nama baik kita.
Mending komen nggak nyambung deh, misal numpang curhat, minimal keliatan ada usaha dikit kan.

Lagian, komen demikian jarang ditanggapi ama orang-orang.
Bahkan bisa-bisa ditendang ke kotak spam dan mengakibatkan akun kita terbaca spam, lama-lama ngaruh deh ke spam score.

Atau bisa juga kayak saya, biasanya saya nggak mau klik langsung backlink yang ditanam di komentar itu, tapi saya copy, lalu paste-kan di browser.

Jadinya, oleh google kebaca sebagai trafik direct, dan blognya sama sekali nggak menerima sedikitpun feedback dari performa blog saya, lololol.
Maaf saya memang kadang iseng, abisnya gemes berkali-kali kayak gitu :D


Sudah ah, kayaknya udah kepanjangan banget nih, udah 1500an kata, ckckck.
Heran deh saya kalau nulis suka kelepasan, lololol.

Demikianlah 6 hal penyebab artikel di blog kita tidak dibaca oleh pengunjung A La Rey atau saya, hal tersebut belum mutlak benar ya, hanya berdasarkan pengalaman saya, temans boleh banget nambahin atau diskusi koreksi, i laaafffff diskusi.

Semoga bermanfaat, mari kita saling blog walking dengan sama-sama memberikan simbiosis mutualisme :)


Sidoarjo, 24 Maret 2020

@reyneraea untuk #TuesdayTechno

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

72 comments:

  1. Jujur apa yang Mak Rey tulis ini benar adanya, mengalami blog yang sepi pengunjung sama aja kayak makan ayam tanpa bumbu rasanya jadi hambar, hal itulah yang terjadi di blogku sekarang ini blog ku sepi pengunjung tak ada yang mahu baca ataupun ninggalin jejaknya di blog aku, jujur aku tak mahu paksa mereka kok untuk baca artikel di blogku ataupun comen di blogku tidak sama sekali. Karena ku tahu teman Maya itu ya hanya teman Maya, tak akan jadi teman nyata biro - biro mahu komen di blog buat bisa kopdar aja susahnya minta ampun. 🤭🤫🤫🙏🙏

    ReplyDelete
  2. Bener banget mbak Rey, saya kadang suka bingung kalo BW ke blog yang tema nya kurang sy suka... bacanya bener2 harus perlahan biar paham heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaaha, kalau saya udah puyeng, dibaca pelan malah bikin ngantuk :D

      Delete
  3. baiklah, ini adalah tamparan untuk blog aku haha... aku masih newbie sih dan blognya masih niche gado2. aku juga gak maksa orang untuk baca dan komen, tapi aku sangat mengharapkan itu haha... supaya hidup blognya, kalo cuma nulis doang gak ada yg baca ya mending aku nulis di buku diary gak sih hehe.

    tapi aku ngerasa kunjungan blog semakin turun itu baru2 ini deh, aku gak ngerti karena ada perubahan algoritma atau ada apa ya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya memang algoritma google ini berubah mulu, biar nggak bisa dengan mudah dipelajari orang sehingga konten yang bagus malah ketutup :)

      Delete
  4. hiya.. hiya.. hiyaa..
    daku juga pernah beberapa kali dapet komen nda nyambung. Sedih sih ya.. atuhlah mendingan ga usah komen atau memang kalau mau tanam backlink ya minimal judulnya dibaca gitu loh..
    masa postingan review produk dikomen "wah, fitur nya bagus banget" ett dahh, fitur apaan. Pernah lagi curcol sedih, dikomen "keren kak, nice info". hiya, hiya.. keren gundulmu.. wakakak..

    Tapi iya sih, kalo artikel gak sesuai sama selera kita, terkadang bingung juga mau komen. kalo aku mending kabur aja deh daripada maksa komen dan ga nyambung.. hihi..

    btw, iseng banget yaa copas backlink ke browser dulu.. wakakak.. bolee juga ditiru 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, setahu saya kebanyakan template bawaan itu pakai komen dengan backlink nofollow.
      Nofollow itu akan bekerja saat kita klik dari komentar tersebut, tapi kalau kita copy url trus taruh langsung di browser, kehitungnya kayak direct bukan dari backlink wakakakakaka.

      Delete
  5. mantap mba, jadi bisa buat instropeksi blog masing-masing biar tampilan dan isinya bisa lebih cakep ke depannya wkkw..
    thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget nih postinganya kak rey hahahaha.BW kadang suka membosankan apalagi kalau nggak bisa dimasukin ke otak kita (saya sih), temanya jauh dari kehidupan saya haha

      Pantes, artikel saya ada yang dikit amat pengunjung, kali nggak menarik isinya hahaha.tengkyuuuu kak sharingnya

      Delete
    2. hihihi semangaatt branding, dan share tulisan hingga menemukan pembacanya :)

      Delete
  6. Nice post mbak.
    Thanks for sharing.

    Udah gitu aja mau komentar itu aja.😁









































































    Cie ngambek. Biasanya yang komentar seperti itu blogger baru yang ingin banyak pengunjung tapi tak mau usaha yang giat. Kemarin kalo tidak salah juga ada kan satu.

    Kalo aku biasanya kalo komentar kurang nyambung itu kalo artikel tentang produk kecantikan, soalnya ngga terlalu paham apa itu lipstik, bedak, handbody dll, maafkeun ya.🙏

    Kalo blog aku pakai template bawaan blogger mungkin loadingnya jadi cepat biarpun mungkin tidak secepat template premium.

    Makasih sharing nya mbak Rey.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen begini ini yang minta dibuang ke kotak spam, mba :)))

      soalnya kebanyakan pakai enter sampai buat orang susah karena harus terus-terusan scroll ke bawah EHEHEHEHE ~

      Delete
    2. ehh serius lho aku pikir mas agus cuman komen segitu aja hahaha, sampe mikir "tumben nih mas agus,ooo mungkin terinsipirasi dari beberapa tulisan mb rey diatas tadi, jadi dipraktekin". ternyata scroll kebawahh hahahaha

      Delete
    3. hahahaha biasaaaa, si mas Agus mah kebanyakan mikirin cerpen, jadinya ya gitu, terlalu mendalami sekrolnyaahhh hahahahaha.

      Nah bener kan, kadang juga saya gitu kalau main ke blog yang isinya bukan saya banget, akhirnya saya milih curhat aja deh, meski nggk nyambung setidaknya saya usaha hahahahaha.

      Memang akan lebih bagus kalau temanya beragam sih ya, jadi bisa milih baca yang kita sukai :D

      Delete
    4. Ampun mbak Eno, jangan dimasukkan ke spam dong.😂

      Ini emang sengaja mbak Ainun.😁

      Itu sebenarnya skrolnya masih kurang banyak mbak, harusnya 10x lebih banyak lagi.🤣

      Tul mbak, ngga semua artikel kita paham, bahkan kadang yang puisi juga kurang paham, tapi aku paksa paham-pahamin aja biar nyambung.

      Ok, untuk tema nanti aku ganti android lagi biar ngga bosan baca cerpen.😂

      Delete
    5. Aku kira blognya mbak Rey lagi error, kok tampilannya kosong gitu. Eh ternyata ulahnya mas Agus.😂

      Delete
    6. Hahaha, kalau puisi saya sebenarnya suka (dulunya) cuman sekarang memang kurang sesuka dulu lagi, mungkin karena saya udah tuwah kali yak, dulu kan suka bikin puisi pas jatuh cinta gitu hahaha

      Delete
    7. Kenapa aku lagi yang disalahkan mbak Roem.😂

      Delete
    8. Kan lelaki selalu salah, hahahaha

      Delete
    9. Sedih akutu kalo digituin mbak.😂

      Delete
    10. Nggak apa-apa lah ngalah kan untuk menang :D

      Delete
  7. mantap, tfs #eh

    baca dari nomor 1 sampe terakhir kok kayak disindir gitu yah wkwkwkw.
    Nasib blog saya yang sepi pengunjung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, masa sepi, rame gitu loh Bang, masih kurang sepi? abis ini kita mau main ke sana bawa panci deh, entar kita pukul-pukul panci di sana biar rame hahahaha

      Delete
  8. Wahhhh ternyata archive blog penting juga ya hha, saya kira cukup diberikan menu sitemap yang ada di menu blog.. Wahhh buru buru pasang deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu menurut saya kok, belum tentu menurut orang lain.
      Saya paling suka ubek-ubek blog yang ada archive-nya, ketimbang klak klik next next ngabisin waktu hihihi.

      Delete
  9. Memang yang suka komen nggak 'nyambung' ada baiknya ditendang saja ke spam :))) itu yang sering saya lakukan mba, daripada merusak mata saya setiap kali buka kolom komentar ehehehehe. Apalagi blog saya settingnya dofollow, jadi memang ada banyak yang komen hanya untuk titip link saja :"""""D

    Nggak heran, ujung-ujungnya komentar yang saya accept hanya teman-teman itu saja, yang memang niat atau sudah ikrib dengan saya alias sering berkunjung bolak-balik seperti mba :))) tapi saya better nggak punya banyak komentar tapi semua yang komen niat, daripada punya ratusan komen tapi pada nggak niat. Soalnya, teman-teman saya atau keluarga saya juga sangat menikmati isi dari komentar-komentar di blog saya, jadilah saya berusaha untuk accept komentar yang memang menurut saya berbobot saja <3

    Curcoool kan, hahahaha :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, memang sebaiknya gitu ya, daripada bikin sakit mata.

      ketahuan banget kan maksudnyaaahhh :D

      Tapi bener loh, komentar yang selaras memang benar-benar sangat bermanfaat dan berarti loh buat kita para blogger :)

      Delete
  10. Hahahahah, yg komen kliatan ga nyambung, itu biasanya aku tendang lgs ke spam Rey :D. Tp ada sih bbrp blogger yg walo komen cm 'nice post, tx for sharing', aku ttp biarin komennya, tapiiiiii jgn harap aku bakal bw :D. Kalo dia post tulisannya di grub, itu aku jg males ngeklik.

    Aku sendiri seringnya jg slalu baca full tulisan temen2, walo kdg berbeda jauh Ama Niche blog ku. Itu supaya aku bisa mempelajari tulisannya, juga bisa dpt info yg berguna. Tapiiii kalo tulisannya terlalu berat bangetttt, dan ga connect ke aku, ya mon maaap, terpaksa aku baca paragraf penting aja, trus komen yg itu :D.

    Eh font juga ptg sih buatku. Kalo terlalu keciiiil, udahlaaah, nyeraaaah :D. Ga jd baca aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, betul Mba, saya menikmati blog walking itu yang menghibur, kalau yang berat bikin makin pusing.
      kecuali memang artikel berat yang saya butuhkan, mungkin nggak masalah sih.

      Dan sama sih, kalaupun terpaksa baca, biasanya baca paragraf penting, atau sub heading aja hahaha

      Delete
  11. tema blog yang nyaman itu juga bener sih mba, nyaman di mata haha. sama saat ku melihatnya nyamaaann sekali wkwk.
    tapi terkadang kita ga bsa maksa sih utk orang suka dgn tulisan kita, yang penting terus nulis dan terus memperbaiki tulisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, biar mata nggak sakit kan :D
      Betul banget, makanya saya paling suka kalau main di blog yang isinya beragam, bisa milih topik yang menarik buat saya :D

      Delete
  12. aku banget nih Tidak ada heading atau sub heading, masukannya sudah ta terapkan dipostinganku yang baru lho mba...


    kalau saya nyambung ga nyambung saya positif saja, dia sedang menjaga interaksi jaga silahturahmi antar blogger didunia maya, mungkin saat komentar lagi lelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya kadang faktor lelah bikin nggak nyambung sih :D
      Nah bener, heading itu penting, apalagi kalau saya lihat tema postingan di blognya bagus-bagus loh, sayang kalau nggak ada sub headingnya :)

      Delete
  13. Huwaaaaa mba Rey ini makin banyaaakkk ilmunya. Jadi senang mampir deh. Eh aku jadi ingat kalau ada pembaca yang bilang kalau ukuran font huruf di blog aku hitungannya agak imut. Apa itu salah satu faktor ya? Tadinya aku mau bandel aja, biarin berlalu. Tapi setelah baca tulisan Mba, lha kok aku jadi kepikiran juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe minimal yang mobile viewsnya tetap nyaman dibaca, karena sekarang lebih banyak yang akses di mobile.

      Kalau saya memang seringnya melalui laptop sih, dan lihat betapa banyak yang font nya bikin sakit mata hahaha

      Delete
  14. Saya jadi banyak belajar nih dari tulisan ini Mbak.
    Jadi bahan pikiran juga, apa ciri khas tulisan-tulisan saya nih. Jangan-jangan ga ada ciri khas-nya padahal tema nya hal-hal umum. Ah celaka deh...

    Terakhir, ini beneran gak bohong, terima kasih atas sharingnya.

    Salam dari saya di Sukabumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sebenarnya meski umum, asal konsisten, malah jadi semacam ciri khas kita kok Kang, secara sebenarnya tidak ada orang yang bisa menulis dengan sama persis, kecuali copas :)

      Delete
  15. nah blog yang warna warnanya bikin sakit mata memang pernah aku temuin, jadi bacanya sambil "mikir keras" hahaha

    ReplyDelete
  16. Artikel berkualitas penting cuma bukan jaminan orang membaca semuanya.😊

    Yaa masalah artikel berkualitas apa nggaknya mah, Kalau orang niat berkomentar benar nggak akan seperti itu.....atau bilang Nice post.

    Karena yang saya tahu orang indonesia malas baca. Itu sudah dari zaman kompeni, Bahkan era tahun 2008 yang lalu waktu saya dan istri masih ngeblog bareng kata2 Nice post dan kroco2nya sudah ada. Bahkan kala itu banyak juga blogger2 ternama yang berkomentar dengan asal atau Nice post..🤣🤣

    Sampai terus ke tahun 2009 malah semakin parah. Dan kala itu saya dan istri berhenti ngeblog selamanya. Sampai akhirnya saya kangen juga sama yang namanya blog dan 2011 masuk blogger MWB...Disana saya memilih jadi blogger silent. Dan terus ke Wordpress & Blogspot.

    Bahkan sampai sekarang malah seperti sudah jadi hal turun temurun..Bahkan saya pernah mengujungi blog gado2 yang katanya punya DA & PA luar biasa... Bahkan sang admin berpendidikan S2 menurut profilnya.🤣🤣

    Sayapun berkomentar panjang lebar sesuai dengan isi postnya...Iapun sangat senang dan membalas komentar saya dengan panjang lebar pula.

    Dan akhirnya ia blog saya dengan hanya berkomentar....Nice post gan salam kenal.🤪🤪🤪

    Makanya aku buat blog hanya sekedar iseng, Yaa intinya cuma biar bisa berkumpul dengan para blogger kan bisa tambah wawasan juga + hiburan deh..🤣🤣

    Lhaa malah curhat gw nih.🤣🤣

    Sekarang lebih para malah seorang blogger berpendidikan blognya lumayan ramai dan bagus. Giliran dia BW keblog orang, Komentarnya cuma asal goblek...Saya suka tertawa terkadang melihat seperti itu.🤣🤣

    Ada juga blog yang pingin dikometarin sesuai artikel...Bahkan disaring dulu seperti teh tubruk.🤣🤣🤣. Giliran ia BW cuma bilang wah selamat malam atau wah bagus lam kenal yaa...🤣🤣

    Intinya blogger indonesia 80% Ogah baca...Mau artikel bermutu atau tidak tetap Nice post..🤣🤣

    Coba kalau gw niat ngeblog dan mengutamakan SEO...Gw najiiss! Pake kolom komentar..🤣🤣🤣

    Tapi kalau hobi nulis berkualitas yaa bagus. Terlebih itu yang dicari mbak Google.. Syukur2 ada orang waras yang berkomentar benar, Yee nggak mak Rey..🤣🤣

    Yaa dunia blogger memang aneh2 terlebih blogger yang baru satu tahun ngeblog...Begini,Begitu, Ini, Anu...Padahal mah cendol..🤣🤣🤣🤣

    Kalau blog berat atau nggak saya nggak berani komentar banyak karena blog saya juga aneh dan warna-warni...Yee emang ...Tahu deh iye kali...Menurut gw mah enteng2 saja.🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disaring dulu seperti teh tubruk hahahahahahahahahaha.

      Etapi iya juga sih, makanya saya bersyukur bisa ketemu sama teman-teman blogger yang memang ngeblog itu passion, bahkan belum menghasilkanpun tetep ngeblog, blog walking dan menghargai empunya blog dengan komentar yang sopan lah.

      Dan setuju banget, kalau udah wah banget di SEO, buat apa pakai kolom komentar ya, kan udah bagus tuh trafik hahahaha

      Delete
  17. Aku kesindir mbak, hehehe, tapi jujur, setiap aku BW, aku nggak begitu maksa minta BW balik ke bkogku. Yang penting aku baca isi blognya buat nambah wawasanku. Intine ki seng penting aku nulis, setiap tulisan akan menemukan pembacanya sendiri. Hehehe ... ndablek yo iki namanya. Makasih yo mbak, jadi nambah dan semangat bikin artikel menarik agar pembaca blog senang membacanya sampek selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi semangaatt, tetap menulis itu yang paling penting, karena blog ya seharusnya ditulis :D

      Delete
  18. Aku yang rada males baca artikel itu kalo blognya review drakor. Kalo pas ngelist bw, bingung banget mo komen min 10 kata. Mana aku ga bisa bedain tampang oppa² itu.
    Sammma...males baca artikel yang engga ada H1-H2-dst...
    Yg mampir ke blogku, komen ekomen engga nyambung, jarang sih. Biasanya blogger baru...��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakakakakak, sayapun sebenarnya, cuman bukan karena nggak suka, takut malah teracuni, kalau saya nonton drakor, bisa nggak punya waktu buat ngeblog hahahaha :D

      Delete
  19. Saya sering ngeshare ke grup socmed , grup komunitas blogger misalnya. Tapi yg baca blog saya awalnya viewers nya dikit lama lama jadi banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik tuh, share di grup memang mendatangkan viewer juga :)

      Delete
  20. Mungkin karena judul juga, tulisan saya berasa sepoi-sepoi aja, eh sepi-sepi aja. Hehehe. Sulit banget buat bikin judul yang bisa menarik. Sambil belajar bisa bisa bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judul memang salah satu faktor penentu, agak repot bikinnya, apalagi kalau kita berpedoman dengan teori SEO :D

      Delete
  21. Nice. Mantap!
    --
    Duh, aku baca sambil berkaca, oh kayaknya gini deh, kenapa blogku jarang ada yang baca dan sepi. Seperti font terlalu kecil, enggak ada archive, nichenya cuman cerpen doang, judulnya singkat, jelas aku ga terkenal namanya, dll.
    Mbak yang minus cek ke blog saya, apa benar2 fontnya kecil? Hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cerpen jujur memang agak kurang peminatnya jika di blog, kecuali memang ada ciri khasnya.
      Itu bisa diakalin dengan branding kok :)

      Delete
  22. Ini mungkin alasan kenapa blog aku bounce rate nya guede banget (terutama judul dan artikel yang gak berkualitas). Apalagi belakangan ini blog tambah sepi lagi. Hehehe. Tapi aku bakal tetap semangat ngeblog, Mbak, walaupun satu Minggu cuma bisa post satu artikel. Sekalian buat belajar menulis. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan di blogmu kereenn kok, lengkap pula.
      Tinggal bagaimana membawa pembaca dengan favorit tema tersebut datang ke blog kok :)

      Semangaatt mari kita terus menuliiisss :D

      Delete
  23. Kadang yang ngebuat saya betah berlama-lama di blog seseorang adalah gaya bahasa dan penyampaiannya. Ringan, mudah dibaca dan dimengerti.

    Kalau yang sering buat saya keluar adalah kebanyakan iklan di blognya dan tidak cukup clear.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya ya, kadang iklan mengganggu pemandangan, saya bahkan sampai pakai adblock :D

      Delete
  24. Memang betul sih kita nggak bisa memaksakan apa yang kita post untuk dibaca semua orang, karena selera readers kan beda-beda yaa. Itu kenapa kalau lagi BW aku cari blog yang emang membahas topik yang kusuka, jadi aktifitas BW lebih produktif aja nggak buang-buang waktu hihi

    Soal kebanyakan iklan adsense, huhuhu sepemikiran sama saya banget ^^; terus sama ini, Mbak, kalo tulisannya minim spasi paragraf... mata saya siweurrrr hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha, iya.. bikin mata berair dah :D

      Betul banget, saya tuh gembira banget kalau main ke blog teman yang topiknya banyak, jadi saya bebas milih mana yang menarik untuk saya baca :D

      Delete
  25. Terimakasih sudah berkunjung teh/mba dan memberi komentar di blog saya. Seneng banget.

    ReplyDelete
  26. sayaaa
    ketemu pengunjung yang kayak gituu?
    ahahahaha
    auto ngamuk...

    ReplyDelete
  27. Setuju mba, banyak saat ini blogger2 yang mementingkan panjang konten dibandingkan dengan isi kontennya... btw, salam kenal ya mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, kadang panjang juga nggak dibaca semua, udah keburu ngantuk :D

      Delete
  28. Nice info. Thanks for sharing.
    *sengaja menyulut api emosi, haha..
    Tapi emang bener sih, Mbak Rey. Semua alasan itu juga berlaku buat saya. Terutama yang soal tema.
    Eh tapi jujur walaupun aku pun kalau blogwalking juga berharap dikunjungi balik, tak pernah ku skip jauh2. Apalagi pake komen gak nyambung.
    Jadi ini adalah "komen tfs" pertamaku, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqiqiqiqqi, bener kaaann, saya kadang mau nangis kalau baca tema yang saya kurang mengerti hahaha

      Delete
  29. *brb bikin widget di blog sendiri*, tambahan nih kak, kalo saya sendiri misalnya lagi santai, kadang ngedit lagi tulisan yang udah lama. dan tersadar akhirnya tulisan semakin ke sini semakin berkembang hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iyaaa... kalau saya biasanya nggak terlalu mengubah banyak hal dari tulisan lama, paling melengkapi agar sedikit ada SEOnya :D

      Delete
  30. sebagai blogger pemula tulisannya sangat bermanfaat untuk saya. salam kenal mbak :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)