Featured post

Sleek Baby Telon Oil, Bersama Melindungi Si Kecil Dari Kembung Dan Masuk Angin

Sharing By Rey - Masalah kembung dan masuk angin pada si kecil itu, saya rasa sudah merupakan masalah sejuta orang tua di dunia. Seja...

Monday, March 23, 2020

Strategi Marketing Online Dengan Sosial Media Walking, Yay / Nay?

strategi marketing online

Sharing By Rey - Strategi marketing online sangat gencar diadakan oleh hampir semua pebisnis zaman now, terlebih jika pebisnis yang lebih banyak bergerak melalui online.

Dengan menggunakan sosial media, kemudahan memasarkan produknya dan mendapatkan keuntungan jadi lebih bisa tercapai.




Akan tetapi, dengan banyaknya saingan yang ikut dalam kancah dunia bisnis online, membuat masing-masing pebisnis kudu memutar otak untuk mencari strategi marketing yang bisa mereka terapkan untuk bersaing dengan sehat.

Dan salah satunya adalah dengan booster sosial media, untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan menjual produknya ke banyak konsumen.

Ada dua cara yang bisa dilakukan dengan booster sosial media sebagai strategi marketing online, yaitu dengan menggunakan modal uang jika memang dananya tersedia, seperti : memasang iklan / ads, atau menggunakan jasa buzzer ataupun influencer.

Lalu bagaimana dengan pebisnis pemula yang modalnya amat sangat terbatas, bahkan mengelola bisnisnya secara single fight?
Jawabannya adalah dengan sosial media walking.


Apa Itu Sosial Media Walking?


Okeh baiklah, tahan jawaban kalian, khususnya bagi temans yang belum pernah sama sekali dengar istilah ini.
Bukan kok, bukan berarti kita walking sambil lihat sosial media, yang ada kita bisa nabrak dong.

Sosial media walking ini sebenarnya adalah istilah yang diciptakan oleh para blogger di komunitas-komunitas blogger itu sendiri.

Yang mana, sosial media walking adalah, sebuah kegiatan mengunjungi akun sosial media teman lainnya, untuk memberikan interaksi seperti komentar dan like, dan sebagai gantinya teman tersebut akan ganti berkunjung ke akun sosial media kita untuk melakukan interaksi yang salam.

Iyes! sosial media walking ini terinspirasi oleh istilah blog walking yang biasa dilakukan oleh para blogger.


Manfaat Sosial Media Walking


Hampir sama dengan blog walking pastinya, sosial media walking pun mempunyai beberapa manfaat, yaitu :

sosial media walking

  • Meningkatkan engangement rate (ER) akun sosial media.

Khususnya akun instagram yang sangat bergantung dari interaksi like dan komen pada 12 konten terbaru, aktifitas tersebut amat sangat bermanfaat untuk menaikan ER akun kita, yang tentunya akan berpengaruh pada seberapa luas jangkauan konten yang kita posting.

  • Menambah follower akun sosial media


Karena syarat dari sosial media walking tersebut adalah termasuk meng-follow akunnya juga, maka follower akun sosial media kita otomatis akan bertambah.

  • 'Memaksa' orang untuk lebih mengenali isi konten.

Ini bagian terpentingnya, dengan banyaknya saingan, kadang keterbatasan dana dan ide, membuat konten bisnis yang kita posting, sama sekali tidak berhasil membuat orang-orang untuk 'menoleh' kepada isi konten kita.
Tidak heran sih, jangankan pebisnis kecil single fight misalnya, akun sosial media brand besarpun, yang jelas saja mempekerjakan seorang yang tentunya berkompeten untuk mengelola akun tersebut, pun tidak jarang harus menggunakan jasa buzzer untuk mem-boost akunnya. 
Di dalam sosial media walking, biasanya dilengkapi dengan syarat-syarat tertentu, misalnya, harus komen dengan komentar yang relevan dan terkesan natural serta positif. Hal ini mau nggak mau memaksa teman yang datang ke postingan kita akan lebih memperhatikan apa isi postingan kita, agar tidak salah dalam memberikan komentar.
Dan iyes! kita mendapatkan perhatian mereka, yang bisa jadi berpeluang orang lain akan menceritakaan produk yang kita posting kepada lainnya.

  • Menarik perhatian orang dengan komentar yang banyak.

Siapa yang lebih suka baca komenan orang ketimbang isi konten? sayaaaa!!! lol.
Iya, kadang konten dengan komen yang banyak tuh bikin orang jadi kepo dan bacain komen-komennya, that's why sosial media walking itu amat sangat berfaedah.


Strategi Marketing Online Dengan Sosial Media Walking, Yay Or Nay?



Sayangnya, beberapa orang, bahkan yang bergerak di bidang bisnis atau usaha kecil-kecilan, masih ada yang beranggapan bahwa sosial media walking itu adalah sebuah usaha yang desperate.

Sia-sia, tidak natural, memaksakan.
Dan lebih memilih untuk terus memperbaiki konten (((saja))).

Konten memang adalah raja dan ratu, namun saya rasa, strategi untuk membawa konten tersebut kepada target market adalah juga wajib, jika memang ingin bersaing dan maju.

Perputaran inovasi bisnis itu cepat banget, jika kita hanya mengandalkan exposure natural, kapan dong bisa sampai ke tujuan atau meluas?

So menurut saya, melihat dari banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari strategi marketing online dengan sosial media walking, menurut saya hal itu adalah YAY BANGET!.

Karena ada banyak jalan menuju Roma, eh salah, menuju sukses, males banget ya ke Roma di tengah merebaknya virus corona ini, lol.

I mean, banyak jalan untuk sukses, meski kita belum sehebat pakar konten kreator maupun influencer famous ataupun punya dana seabrek.
Salah satunya ya dengan sosial media walking.

So, bagaimana menurut temans?
Strategi marketing online dengan sosial media walking, yay or nay?


Sidoarjo, 23 Maret 2020

@reyneraea untuk #MondayBusiness


23 comments:

  1. Kalo yang jualan online lewat sosial media memang penting sosial media walking, tapi karena saingannya makin banyak maka harus ada strategi khusus.

    Sekarang jualan online memang susah, dari jualan hape, buku, tas, sampai baju semua ada saingannya.

    Saran saya sih, ikut grup jual beli lokal saja, jadinya kalo mau cod atau bayar di tempat enak karena masih wilayah lokal, misalnya jual beli daerah Sidoarjo dan sekitarnya, forum jual beli Surabaya Sidoarjo public group dsb. Jadinya sasaran kita lebih kena.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa yang nama orang jualan,Bisnis, atau sejenisnya selalu ada pesaingnya.😊😊😊


      Ngerebutin Janda sebelah saja pesaingnya banyak kang.🀣🀣🀣🀣


      Ntar balik lagi deh komennya soalnya lagi ngurusin sianu dulu.😊😊

      Delete
    2. Eh iya juga ya, dan kalau lokal lebih tertarget :D

      Si Kang Satria mah, rebutan jandaaa mulu nih bisnisnya hahahaha

      Delete
  2. Aku dataaangg!!...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Yaa Manfaat Sosial Media Walking dalam bisnis online yaa boleh dikatakan cukup menjanjikan menurut saya ...Meski kita jga harus giat mengepakkan sayap atas produk2 yang ingin kita pasarkan karena dalam hal ini kita akan dihadapkan dengan para pesaing yang bervariatif.


    Meski terkadang ada juga orang yang enggan bermain dengan Strategi marketing online. Karena alasannya buang2 waktu bisa, Atau produk barang yang ia punya lebih terbiasa ke Ofline.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, kebanyakan orang kadang malas ya, akhirnya usahanya gitu-gitu aja, dan akhirnya ketelan zaman.
      Butuh inovasi buat bersaing mah :)

      Delete
  3. Kalau memang ingin ikut social media walking, sudah sepatutnya juga memperhatikan standard kualitas konten yang kita buat.
    Sehingga tidak hanya mengikuti trem tersebut, tapi kita juga bisa terus meningkatkan kemampuan kita dalam menghasilkan sebuah konten.

    Konten yang menarik akan membuat seseorang berkunjung ke akun kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja, sosial media walking cuman strategi untuk mendatangkan pengunjung, tapi tertarik atau enggaknya pengunjung ya balik lagi ke konten :)

      Delete
  4. Akupun juga loncat-loncat sambil teriak ... Yeaaaaaay 🀸🀹☝️πŸ˜†

    Sudah terbukti kok kalau dari akun sosmed bisa mendongkrak grafik kunjungan blog, atau juga membantu sarana promosi lainnya.

    ReplyDelete
  5. strategi yang bagus, tapi kadang menyerah karena tidak bisa konsisten dan dalam prosesnya belum bisa menikmatinya seperti saya, kadang alau lagi sibuk beberapa hari tidak melakukan sosial media walking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu tiap hari kok, asal diusahain seminggu sekali kek, rutin :)

      Delete
  6. saya sih yey aja mba hehe. karna ya diambil positifnya juga utk tempat pribadi kita karna dikunjungi orang juga hehe

    ReplyDelete
  7. aku belum pernah mba socmed walking.. apakah efektif? kalo blogwalking kan 90% pasti di BW balik.. tapi kalo socmed aku blm pernah coba sih? apa perilaku orang2 di socmed sama kayak blogger? mereka mau gitu saling mengunjungi?

    btw, infografisnya makin kece nih.. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi terinspirasi dari dirimu say :D

      Iya, ayo gabung di beberapa grup, saya punya beberapa grup sosmed walking, ada yang tiap hari, ada yang 2 kali seminggu, seminggu sekali :D

      Delete
  8. Saya belum pernah coba social media walking mba, karena saya pun jarang update akun IG saya sebagai satu-satunya akun sosmed yang saya punya :))) hehehe, tapi menurut saya, nggak ada salahnya untuk melakukan sosial media walking apalagi kalau dilakukan ke akun-akun lain yang juga punya prinsip sama. Biar ada timbal baliknya :D

    Tapi menurut saya, nggak beda dengan blogwalking, sebelum kita berharap ada akun lain yang melakukan social media walking ke akun sosmed kita, sudah sebaiknya kita check apakah konten kita memang menarik untuk dilike oleh mereka atau bahkan sampai ditinggalkan pesan. Biar pada akhirnya, meski tujuan kita ingin dapat like dan komentar, tapi kita tetap memberikan manfaat pada apa yang kita upload di social media kita :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya, kalau sosmed memang lebih baik ikut list sih, beda sama blog, karena bisa jadi notif kita ketindih, apalagi kalau kita walkingnya cuman 1 konten aja hahahah

      Delete
  9. kalau aku punya bisnis kecil kecilan dan berusaha untuk memikat orang untuk main kesosmed, bisa jadi pilihan cara ini juga akan kulakukan. paling nggak bisa membuat orang lain ngeh dengan keberadaan brand / toko yang aku buat. bikin kontennya pun yang menarik sehingga bikin orang betah buat kepo kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, exactly Mba, itu yang saya maksud hahaha.
      Prinsipnya mirip blog walking sih, kalau kita konsisten jadi lebih banyak yang ngeh sama kita :)

      Delete
  10. Ngomong-ngomong masalah usaha atau bisnis di sosial media, lumayan banyak temanku yang jualan produk melalui sosial media terutama ig. Tapi mereka hanya memperlakukan akun ig nya untuk pajang foto doang. Jadi tuh akun ig bagaikan katalog online doang.

    Sebenarnya gakpapa juga sih seperti itu. Tapi kalau menurutku kan lebih baik kalau ada interaksi dengan akun lain gitu lho. Supaya orang lain juga tertarik untuk beli. Kalau follower banyak, like banyak, ada yang komen pula, kan jadi terlihat lebih terpercaya gitu lho. Nah, jadi malah ghibah kan. Aaaaaah, dasar aku.😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget, terutama komen itu bikin orang jadi lebih yakin, apalagi sekarang orang lebih suka baca komen biasanya hahaha

      Delete
  11. Wah baru denger istilah ini, tapi selintas ngira-ngira bakal mirip kayak blogwalking. Eh bener hehehe

    Bener banget. Kalo di Instagram, terutama yang pasang akun bisnis, jadi keliatan di insight semuanya. Profile visit, impression, dll. Jadi keliatan rame akunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mirip blog walking, cuman memang sebaiknya ikut yang pakai list, karena kalau sosial media walking kadang jarang di balas :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)