Saturday, March 07, 2020

Ketika Hamil Sebelum Nikah Terasa BIASA Saja

Nabila Faisal hamil sebelum nikah

Sharing By Rey - Hamil sebelum nikah sudah BIASA banget.
Iya, saya lagi membahas tentang Nabila Faisal yang terang-terangan membahas tentang kehamilannya di luar pernikahan.

Iya...Ampuuunn.. maafkan, tulisan saya dua hari berturut-turut kok ya terinspirasi dari semacam gosip melulu.


Tapi saya rasa, saya harus menuliskan hal ini, bukan untuk fokus membicarakan masalah orang lain, dalam hal ini si Nabila Faisal tersebut.


Eh bentar, mungkin ada yang tanya,
"Mbak Rey, emang Nabila Faisal itu siapa?"
Sama, saya juga nggak kenal, hanya saja namanya sempat nyangkut di google trending tanggal 5 Maret kemaren, yang mana pas saya telusuri, ternyata dia barusan menikah sama aktor Marcell Darwin.
"Lah emang Marcell Darwin siapa, Mbak Rey? "
Udehh.. googling aja sendiri, lol.


Pergaulan Bebas Yang Semakin Kebablasan


Iya, saya membicarakan hal ini, semata bukan karena saya terlalu suci.
Saya juga pernah pacaran, meski dulunya pacaran nggak sebebas sekarang.

Setidaknya saya pernah merasakan, kasmaran dan bete ama ibu kos yang marah karena saya ketemu pacar mulu.


Saya juga pernah berpikir pengen check in di hotel kayak orang-orang (iya, aslinya pacaran itu serem, dekat banget ama neraka, hiks), tapi pas liat Indosiar dulu, tiap harinya ada gebrekan, yang mana pasangan mesum pada digebrek dan wajahnya terpampang nyata di TV.

Saya jadi nggak bisa bayangin, kalau saya ikutan check in di hotel, terus baru aja masuk, tiba-tiba pintu di ketuk dan pas dibuka, puluhan kamera udah menyoroti kami, lalu polisi menggebrek kami, dan orang tua saya beserta keluarga saya di Buton menonton kami di Indosiar, duh lupa deh apa namanya ya acara berita tersebut?

Iya, saya kadang bersyukur, hidup dan menjalani masa muda di zaman setengah baheula.
Di mana check in di hotel masih sangat tabu.
Entah kaminya yang merasa tabu, atau memang dulunya memang masih tabu, hahaha.

Jadi ingat pertama kali kami baru nikah dan ke Jogja bareng, di perjalanan saya wanti-wanti lagi, jangan sampai kami lupa bawa surat nikah, terus nggak bisa nginap di hotel, hahaha.
Iya, sekatrok itu, tapi sungguh bikin saya bersyukur.

Zaman sekarang, selain kamar hotel gila-gilaan murahnya, tersebar di mana saja, dengan beragam jenis hotel.
Meski hotel atau penginapan syariah bertebaran, hotel yang bebas juga nggak kalah banyak.

Bukan hanya hotel, tapi juga kos-kosan (mungkin, karena saya nggak pernah lihat langsung ada indekost yang bebas banget).

Selama saya kuliah sampai kerja, saya ngekost di tempat yang sangat ketat peraturannya soal membawa teman cowok.

Ah kenapa jadi bahas hotel dan indekost ya? hahaha.

Intinya, karena nama Nabila Faisal itu muncul di trending, saya jadi sampai ke channel youtube mereka, dan disitu saya sungguh miris, melihat keduanya klarifikasi dengan penuh senyuman.

Iya, saya tidak punya hak sama sekali untuk menghakimi mereka, siapa saya? siapa mereka? kenal aja enggak!

Tapi saya sedang bersedih karena saya seorang ibu.


Ketakutan Seorang Ibu Akan Fenomena Hamil Di Luar Menikah Yang Terasa Biasa


Iya, saya seorang ibu.
Saya punya dua anak lelaki.

Mungkin sebagian orang mengatakan, kalau anak lelaki mah gampang, nggak sedramatis punya anak perempuan.


Ih kata siapa?
Justru karena anak saya lelaki, saya jadi merasa ketakutan dengan dunia ini.

Takut tidak bisa mendidik mereka dengan baik.
Sehingga pengaruh saya tentang kebaikan untuk mereka, kalah dengan pengaruh dunia luar yang semakin edan ini.

I mean.
Zaman sekarang, yang benar dan yang salah semakin terasa abu-abu.
Saking abu-abunya, banyak yang mulai malu melafazkan nama Allah.
Dan menggantinya dengan Tuhan, dengan alasan agar lebih verbal.

Tapi santai aja manggil 'yang', 'beb' dan segalah macam yang nggak verbal itu (nyinyir terooossss! lol)

Oke fokus!
Maksud saya gini loh.

Kalau lihat dari komen yang masuk ke youtube channel si artis tersebut, banyak yang memujinya, mengatakan kalau mereka hebat, mereka sadari itu salah, dan mereka nggak malu untuk mengakui.

Oh maii..
Iya, bener sih, tapi..
Bukannya itu sangat bisa menginspirasi pasangan lain untuk ikutan kayak gitu?
Berhubungan di luar nikah, kalau hamil ya kan bisa nikah.

Astagfirullah..
Bagaimana saya nggak akan merasa sedih mikirin anak-anak saya?
Karena pola pandangan orang-orang zaman sekarang udah 'serem banget'.

Atas nama 'MAU MENGAKUI', semua terasa dibenarkan, meski tahu itu salah.

Mau dia jantan mengakui, dan bertanggung jawab, bukan itu poinnya woiii!
Poinnya itu adalah...

Itu anak di luar nikah, kalau dia perempuan, kasian banget tauk, karena meski orang tuanya menikah, tapi belum bisa dikatakan dia adalah anak yang punya ayah secara hukum Islam.

Ah tapi sudahlah.
Saya nggak mau mengurusin urusan orang.
Terserah mereka mau ngapain.

Yang penting adalah, bagaimana saya ingin mengajak para ibu atau orang tua, yang masih punya pemikiran 'baheula' kayak saya.

Iya, pemikiran 'katrok' yang beranggapan, ada batas antara benar dan salah.
Dan batas itu diatur dengan jelas oleh agama kita, khususnya Islam.


Mari kita bersama-sama mendidik anak-anak kita, untuk selalu tumbuh menjadi manusia yang berada di jalan Allah.
Yang tahu jelas mana salah dan benar bagai melihat hitam dan putih.

Kalau kita tetap semangat menjaga fitrahnya anak-anak kita, insha Allah lingkaran pemikiran positif yang benar menurut agama, akan terus hidup dan melindungi pemikiran anak-anak kita.

Tak mengapa dibilang ketinggalan zaman, daripada kemajuan zaman untuk lebih dekat ke hal yang salah tapi dibenarkan sehingga jadi abu-abu?

Semoga Allah melindungi anak-anak kita, aamiin.

Sidoarjo, 7 Maret 2020

@reyneraea

27 comments:

  1. Duh ?ngeri deh denger berita kayak gitu, ya memang sih mak rey ? gadis remaja sekarang tidak kayak dulu, dulu gadis remaja kalau di kenal lawan jenisnya selalu takut dan langsung menghindar sedangkan kalau sekarang langsung iya aja tanpatahu bagaimana karakter si lawan jenisnya tersebut. tapi selama si gadis remajanya tersebut mendekatkan dirinya pada sang halik dan dekat dengan keluarga khususnya bundanya dan kakaknya hal tersebut tak akan terjadi.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya memang sekarang hamil di luar nikah itu sudah dianggap biasa, padahal itu menyalahi aturan agama. Itu yang salah orang tuanya, anaknya yang ngga bener, apa lingkungan nya ya. Ah ngga usah pusing, pasti ini salahnya setan. (Kan paling gampang mengkambinghitamkan setan.πŸ˜‚)

    Kalo jaman aku dulu pacaran, istri saya mah jangan digituin, dipegang tangan nya saja dia ngga mau, katanya bukan muhrim, kan edan. Tiap jalan-jalan ya beriringan tapi ngga gandengan. Kadang saya mbatin, kok ya bisa kalah sama truk ya, truk saja bisa gandengan kok saya ngga bisa.πŸ˜‚

    Eh pernah ding saya pegang tangannya dia sebelum nikah, saat itu sedang rame rame gitu dan aku memang sudah menunggu momen seperti ini, aku ulurkan tangan, dia sepertinya agak ragu sampai pakdhe nya bilang."udah ngga apa-apa, ini kan lebaran." Akhirnya jadi deh saya salaman merasakan tangannya. 😊

    Ok deh, mari kita jaga anak-anak kita (cie kita, loe aja kaliπŸ˜‚) agar selalu menjadi anak yang baik dan mematuhi agama dan juga norma di masyarakat.

    Ingat pesan bang jali."kehamilan bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aahh Teory luh Gus,πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Bukannya enteh nyeruduk langsung kaya banteng apa lagi jalan beriringan.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    2. Ya iyalah, kalo udah nikah mah langsung nyeruduk.🀣

      Delete
    3. qiqiqiqiqqiqi, etapi bener loh, kadang pola pikir orang tua juga yang bikin anak jadinya bablas gitu.

      Kayak si cewek tersebut, ortunya malah senang (katanya) *sigh

      Delete
  3. dikampung saya yang seperti itu ada istilahnya mbak namanya "cempedak masak", kalau ada yang menyebutkan hal itu maka bisa dipastikan ada yang masuk angin tanpa pompa yang ngak jelas alias hamil diluar nikah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kadang hal-hal yang tabu gitu bikin anak-anak juga bisa lebih terjaga ya :)

      Delete
  4. Sekarang kalo kita bicara nilai2 agama seperti menghindari hamil sebelum nikah, bahaya pornografi malah bakal dibuli sebagai radikal radikul lo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Bang, alhasil banyak yang malu ketika hidup dalam koridor agama, hiks

      Delete
  5. duh ga update untung dijelasin nabila itu siapa, eh tetep aja ga kenal:V:V udah ga banyak ngikutin gosip2 selebrutus indonesia, skrg sih emang ngeri, mlipir di twitter aja udah banyak kelakukan abg2 yang entah apa niatnya, ikutan tagar yg trending tp ga nyambung konteksnya cuma selfie2 minta di like,mau yg jilbaban atau engga, mereka sendiri yg ngundang buat digodain,belum bahasanya jg ampun. ngeri emang pergaulan anak skrg, dulu jg sih tp krn skrg ditunjang kemudahan teknologi, pengaruh negatif lbh mudah nyebar,idol2 mereka jg hidupnya ga jauh2 dr seks bebas, kalo idolnya menikah krn MBA ya dianggap biasa, krn emang ngeidolain orang tersebuti pola pikir gini jg nyampe ke otak mereka.benerw ya perjuangan kita skrg jd orangtua---lbh berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sumpah, menjijikan tahu kalau kita ngikutin trendnya twitter itu, banyak foto nggak bener ckckckcck, makanya saya lebih betah di facebook sih, dengan segala ke absurd an nya hahahaha

      Bener, kalau idolnya bangga dengan hal itu, siapa yang nggak bakal ngikutin atau minimal makin berani, hiks

      Delete
  6. Euh judulnya ngeri Kaka :(...

    Kasian orangtua sih.
    Kaga kebayang kecewa mereka seperti apa? πŸ˜–

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, semoga generasi mendatang bisa tetap berada di koridor agama yang benar ya :)

      Delete
  7. yaampoonn.. makin banyak aja ya yg kayak gini. sebelum si marcell darwin ini, beberapa bulan lalu si younglex kan juga bikin konten yutub yg isinya pengakuan bahwa istrinya yg skrg itu hamil diluar nikah, sampai masuk trending 1 cobaa.

    ku nonton cuma bisa geleng-geleng kepala. tapi dalam hati gemes, geraamm. makin gila dunia ini ya Alloh.

    Mba, semoga kita bisa jd orang tua yg bisa mendidik anak2 dg baik ya mbaa. Taat sama Allah, punya iman yang kuat. Amiinn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banget ya, sedih karena ingat anak-anak kita nanti, kalaus ekarang aja udah kayak gitu, gimana nantinya? :(

      Delete
  8. Sepertinya di tahun-tahun mendatang, kebebasan dan keterbukaan seperti cerita di atas akan semakin lebar mba. Karena informasi tersebar dengan mudahnya, dan nggak ada yang bisa filter apa yang ada di pikiran anak-anak di masa depan ~

    That's why, itu akan menjadi tugas berat untuk para orang tua masa sekarang dalam mendidik anak-anak ke depannya agar bisa tetap dalam jalur yang benar. Ditambah sekarang, edukasi soal sex dan hal-hal sejenis sudah bertebaran di mana-mana dan dapat diakses dengan mudah. Semoga doa dan harapan mba Rey untuk anak-anak kelak bisa terkabul ya mbaaa, semangat terus dalam memberikan pendidikan terbaik untuk mereka :D<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, aamiin.
      Betul banget nih, secara hidup bebas itu udah benar0benar tanpa batas :(

      Jadinya tugas sebagai ortu juga semakin besar ya

      Delete
  9. Menanggapi hal ini menurut saya sederhana kurangnya dogma dari orang tuanya. Atau persepsi yang bersebrangan antara anak dan orang tua.

    Terlebih pengaruh trend zaman yang seba canggih apapun dibuat sensasi yang berlebih agar beda dengan yang lainnya walaupun harus hamil diluar nikah. Urusan klarifikasi bisa nomor 10.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Karena apa sebelum kasus yang seperti ini viral. Zaman zebot juga sudah ada, Bahkan ada gadis berjilbab yang boleh dikatakan cukup iman bisa hamil diluar nikah.

    Yaa mungkin ini contoh juga buat kita sebagai para orang tua agar selalu memberikan didikan serta pemahaman tentang pergaulan, Baik dilingkungan rumah maupun diluar lingkungan rumah.

    Yang bikin gw aneh ada kasus kaya begini malah ramai menghujat sang pelaku dengan berbagai dali. Apakah kita sudah bersih dan suci..😱😱 Yaa lebih baik jadikan pelajaran untuk tidak dicontoh.

    Ada pepatah mengatakan buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Klakuan kita adalah cerminan anak2 kita nantinya. Karena zaman sekarang kalau kita tidak pandai sulit membedakan mana hal baik dan buruk. Buruk belum tentu kotor, Bersih belum tentu suci.😊😊


    Ngomong apaan gw yee..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Oohh yang acara Indosiar itu Patroli mungkin mbak Rey...Sepertinya berimajinasi mau chek-in nih..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Nggak perlu chek-in Hotellah orang yang mojok dikebun juga bisa hamil padahal dikebun banyak nyamuk yaa...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Jadi inget dulu gw bahwa calon istri kerumah pribadi. Langsung digosipin...😱😱 Wah jangan2 anu2... Soalnya sering banget tuh didalam rumah berduaan....Kata tetangga. Tapi alhamdullilah iman gw kuat. Dan kebal gosip juga lagi.πŸ˜‚πŸ˜‚ Beda sama anak pak Haji yang tahu2 udah menggelembung dengan alasan salin cinta dan khilap..Lhaa bujug..😱😱😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. sebenarnya udah banyak buangeeett sih kejadian kayak gini, cuman bersyukurnya dulu hamil di luar nikah itu aib banget.

      Lah sekarang, hamil di luar nikah kayak biasa banget hahahaha.

      Bener tuh, sejak zaman STM, banyak banget teman-teman yang cantik terpaksa nggak bisa sekolah lagi karena menikah disebabkan hamil duluan.

      Padahal ya zaman dulu, susah banget cari tempat begituan, heran saya kok ya bisa juga kejadian hahahaha.

      Eh bentar, di kebun? nggak takut digigit ular apa? :D

      Delete
    2. eh bentar, iya deh kayaknya, kalau ga salah acara Patroli ya? dulu tayangnya tiap pukul 12 siang kalau nggak salah, sering banget ada berita penginapan di gebrek gitu banyak pasangan mesum hahahaha.

      Kalau sekarang kayaknya udah jarang loh

      Delete
  10. Saya takut banget sama jaman yang penuh dengan segala ujian ini. Mungkin karena saya perempuan satu-satunya dari saudara saya yang semuanya lelaki, banyak dikontrol ini itu sama orang tua.

    Duhh jadi ingat dulu pernah pengen kuliah merantau jauh ke pulau jawa, sedangkan saya aslinya dari sumatera. Ya gak dibolehin heuh sedihh sih.

    Semoga saya bisa terhindar dari yang namanya aib keluarga ini. Ya Allah lindungilah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin bener, banyak ortu yang akhirnya waswas sama anaknya, apalagi kalau anaknya perempuan ya

      Delete
  11. Makin serem pergaulan anak jaman now ya Mbak. Kita sebagai orang tua makin was - was gimana anak kita nantinya.

    Bener banget hal seperti ini sekarang udah dianggap biasa. Saya juga sering banget baca di quora kasus beginian Mbak. Dan lebih hebatnya lagi, kalau dulu di quora yang seperti ini paling di jawab dengan anonim.

    Eh sekarang jadi lebih berani bahkan merasa bangga dengan pengakuannya, dan dikagumi oleh banyak pembacanya juga. Hadeuh, pusing pala berbie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, makin dengan bangga muncul di permukaan, padahal kan aib itu diciptakan jadi aib sebagai penolong kita dari dosa :(

      Delete
  12. Mba Rey, saya juga punya ketakutan yg sama sebagai orangtua di zaman now. Sekarang batas2 antara norma, agama, dan kebebasan individu sangat tipis. Ngeri melihat pergaulan anak sekarang.

    Semoga kita bisa mendidik anak2 dengan baik ya mba. Tahu batasan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu banget Mba, sekarang aja anak-anak saya masih kecil, entah gimana kalau mereka dewasa nanti, batasnya makin hilang kayaknya :(

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)