Featured post

Sleek Baby Telon Oil, Bersama Melindungi Si Kecil Dari Kembung Dan Masuk Angin

Sharing By Rey - Masalah kembung dan masuk angin pada si kecil itu, saya rasa sudah merupakan masalah sejuta orang tua di dunia. Seja...

Sunday, March 22, 2020

Kisah Inpirasi - The Power Of 'Tidak Menyerah'

kisah inspirasi

Sharing By Rey - Kisah inspirasi tentang the power of 'tidak menyerah' ini saya tuliskan, saat saya merasa sangat down, sedih dan tidak tahu apa yang harus saya lakukan.

Kisah ini adalah kisah nyata, dari orang yang saya kenal.



Kisah Seorang Wanita Cantik


Perjalanan cinta yang tidak selalu berpihak padanya

Tersebutlah, ada seorang wanita yang sangat cantik, meski masa kecilnya agak complicated, karena ibunya yang juga sama cantiknya harus membesarkannya seorang diri, karena lelaki yang menghamilinya tidak mau bertanggung jawab.

kisah seorang wanita cantik

Waktu berlalu, si wanita tersebut akhirnya jatuh cinta dengan seorang polisi.
Meski ibunya sudah memperingatinya, tapi si wanita tetap menjalin hubungan hingga akhirnya dia hamil.

Kisah ibunya terulang kembali, sang polisi tidak mau bertanggung jawab, karena perbedaan keyakinan.
Dan begitulah, sang wanita tersebut terpaksa harus berjuang bersama ibunya membesarkan bayi kecil yang cantiknya tidak kalah dengan ibu dan neneknya itu.

Allah memang Maha Pengasih.
Dia selalu memberikan pengampunan dan kesempatan kepada hambaNya.
Entah karena kekuatan doa ibu dan neneknya, sang bayi cantik itu tumbuh jadi anak yang sholeha, rajin dan selalu patuh serta sayang kepada ibu dan neneknya.

Hari berlalu, si bayi cantik kini menjadi anak remaja yang sungguh cantik jelita.
Ibunya?
Tetap membuka hati kepada cinta laki-laki.

Berganti-ganti lelaki yang menikahinya, lalu kemudian berpisah.
Mulai dari yang terpaksa menikahinya karena sudah hamil, lalu kemudian ditinggalkan karena ternyata anak yang dilahirkan adalah anak special needs.

Iya, Allah sepertinya memberikan teguranNya melalui anak tersebut.

Tapi, mungkin karena melihat keadaan, mereka tinggal di sebuah gubuk yang sudah usang, hanya ber-4.
Si nenek, si wanita tersebut, si anak remajanya yang cantik, serta bayi yang berkebutuhan khusus tersebut.

Lalu si wanita masih juga memberikan pintu hatinya kepada seorang lelaki dari pulau yang jauh.
Mereka menikah cukup lama, dan dikaruniai 1 anak lelaki yang sehat.

Meskipun pernikahannya sulit, karena sang lelaki tidak punya kerjaan tetap, tapi sang wanita tetap setia mendampinginya.

Hingga suatu waktu, si suaminya tersebut pamit akan pulang menengok keluarganya dahulu di pulaunya.
Dan begitulah, si suami tersebut pergi dan tak pernah kembali lagi.

Tinggallah mereka ber-5, 3 wanita cantik, 2 anak lelaki tampan, meski seorang terlahir jadi anak special needs.

Sejak saat itu, sepertinya sang wanita mulai berhenti mempercayai lelaki, dia ubah pola pikirnya, kalau dia memang tidak bisa menggantungkan hidupnya kepada lelaki.

Mulailah dia aktif di beberapa kegiatan yang melibatkan wanita, entah karena kekuatan doa anak gadisnya yang sudah tumbuh semakin dewasa dan sholeha luar biasa, si wanita tersebut akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan meskipun hanya magang.
Lumayan sebagai nambahin biaya hidup yang biasanya mereka peroleh dari jualan kue saja.

Kehidupan memang bagaikan roda yang selalu berputar.

Yup, kehidupan memang seperti itu, selalu berputar.
Itulah yang terjadi pada kehidupan semua orang, termasuk si wanita cantik tersebut.

Waktu berlalu, sang wanita tersebut memutuskan untuk fokus mencari uang demi keluarganya.
Tak lagi mau dia percaya dengan rayuan manis mulut lelaki.

roda kehidupan itu berputar

Alhamdulillah, kehidupan akhirnya berpihak padanya.
Anak gadisnya yang cantik tersebut bisa sekolah tinggi dibiayain ayah kandungnya.
Yup, beruntung lelaki yang menghamilinya dulu mau bertanggung jawab menyekolahkan anak cantik tersebut.

Setelah lulus, si anak cantik tersebut bekerja keras, dan hampir semua hasil kerjanya dikirimkan untuk biaya hidup ibu, nenek dan adik-adiknya.

Sementara si wanita?
Allah ternyata tak membiarkannya seumur hidup merasakan kepedihan cinta.

Demikianlah.
Allah mengirimkannya seorang lelaki idaman.
Well, seorang duda sih, tapi duda yang memang baik dan bertanggung jawab.
Duda tersebut adalah seorang ASN yang memang penghasilannya sudah amat sangat lumayan.

Setelah menikah dengan sang duda.
Suami baru dan insha Allah suami terakhirnya itu akhirnya pindah ke rumahnya, dan merenovasi semua bagian rumah tersebut.

Mereka jadi lebih berbahagia.

Terharu rasanya, saat melihat sang wanita sibuk bikin kue untuk dimakan sendiri, sementara dulu mereka harus bersusah payah bikin kue untuk dijual yang kadang tidak habis.

Lalu melihat wajahnya yang diusianya di atas 50 tahunan, namun masih terlihat awet muda, jauh lebih muda dibandingkan beberapa tahun lalu, saat hidupnya penuh dengan masalah.

Anak gadisnya yang semula dikira trauma dengan kisah cinta ibunya, dan memutuskan tidak mau menikah, akhirnya menikah dan sudah memiliki anak serta suami yang baik dan bertanggung jawab.

Sungguh, kisah ini akan terbaca bagaikan dongeng, jika memang saya tidak melihat sendiri perjalanan hidup sang wanita.

Jika anak dari sang wanita tersebut membaca ini dan mengerti kalau kisah ini adalah kisah ibunya, mohon dimaafkan.
Saya tahu, mungkin saya hanya melihat dari luar, mungkin penderitaan dan perjuangannya jauh lebih dramatis dari kisah yang saya tulis ini.
Mungkin juga terbaca kurang ajar karena saya sotoy menulis kisah orang.

Tapi percayalah dek, saya salut akan perjuangan kalian sejak dulu, 3 generasi wanita yang hebat.
Bahkan lebih hebat dari film-film yang pernah beredar.


Hikmah Dan Pelajaran Sebagai The Power Of Jangan Menyerah 


Setidaknya ada beberapa pelajaran dan hikmah yang saya petik dari kisah yang terlihat di mata saya akan mereka, yaitu :

1. Jangan pernah menyerah, seberat apapun masalah hidup kita!


Saya kadang berandai-andai, jika saya yang berada di posisi si wanita, apa yang akan saya lakukan ya?
Hati yang kecewa, rasa malu yang amat sangat, rasa bersalah berulang pada ibunya dan juga anak perempuannya.

Kalau saya kayaknya memilih menyerah saja, pergi jauh membawa semua kesalahan yang saya perbuat.

Tapi si wanita bertahan, karena dia tahu Allah maha pengampun, dan tidak pernah membebani hambaNya melewati kemampuannya.
DiberiNya dia support family yang luar biasa, selalu menemaninya dan tetap mencintainya.

hikmah dan pelajaran

Tentang bagaimana kecantikan sebenarnya merupakan ujian bagi seorang wanita.
Jika wanita cantik tak pandai berpikir bijak, maka berkali akan tenggelam dalam hal yang sama.

Karenanya, dia tidak pernah memilih untuk menyerah dan melakukan kesalahan lain yang akan dia sesali.


2. Kecantikan wanita sesungguhnya adalah cobaan


Siapa sih yang nggak ingin punya wajah cantik jelita?
Saya rasa, semua wanita di dunia ini amat sangat mendambakan diberikan wajah sempurna cantiknya.

Tapi sadarkah kita? bahwa sebenarnya kecantikan adalah sebuah ujian buat kita, termasuk orang tua kita.

Saya sering banget melihat teman-teman saya sejak SMP udah nikah karena hamil.
STM? lebih banyak lagi.
Mirisnya, yang hamil itu kebanyakan yang cantik-cantik dan seksi-seksi.

Iya, kalau berjodoh dengan lelaki yang baik dan pengertian, tapi kalau sebaliknya? kebayang masa depan yang hancur karena hal yang bermula dari wajah yang rupawan.


3. Orang yang bisa kita andalkan adalah diri kita sendiri.


Kalau saya lihat, si wanita tersebut memilih selalu membuka hatinya untuk cinta yang baru, karena memang di rumahnya, tak ada seorang lelaki.
Mungkin itu yang membuat dia berpikir bahwa akan lebih baik kalau ada lelaki yang bisa diandalkan.

Akan tetapi dia salah,  karena seharusnya, satu-satunya orang yang bisa dia andalkan adalah, dirinya sendiri.

Itu terbukti, setelah dia memutuskan untuk berjuang sendiri, berbekalkan doa ibu dan anaknya, Alhamdulillah perlahan semua membaik.

Being independent woman is a must! sometimes..


4. Hidup selalu berputar, bertahanlah..


Saya rasa ada banyak kehidupan yang kita lihat, bahkan yang kita alami sendiri, di mana kehidupan itu berputar.

Coba deh renungkan, bagaimana kehidupan kita di masa kecil, hitung seberapa banyak waktu yang sudah kita habiskan di dunia ini dan seberapa banyak situasi yang kita alami.

Ada banyak susah mungkin, tapi saya yakin sukanya pun jauh lebih banyak.
Ada tangis, tapi tawapun lebih sering terdengar.
Iya nggak sih?

Kehidupan selalu berputar.
Hal itu mengingatkan kita untuk selalu semangat dan mengingat bahwa tidak ada yang kekal di dunia ini.

Jangan down saat terjatuh.
Jangan lengah saat di atas.

Teruslah bergerak, karena hidup akan terus berjalan, dan setiap pagi adalah sebuah kesempatan bagi kita untuk hidup lebih baik lagi.

Bertahanlah, saat hidup terasa begitu berat.
Yakinlah, bahwa Allah tidak akan pernah salah membagikan kebahagiaan yang sesuai dengan porsinya kepada setiap hambaNya di dunia ini.


Sudah ah, begitu saja, janji ingin menulis maksimal 800 kata nggak ditepati lagi, nih udah lebih 1000an lagi, hahaha

Semoga manfaat.

Sidoarjo, 22 Maret 2020

Reyne Raea

19 comments:

  1. Kalo melihat dari ulasannya itu kisah nyata ya mbak Rey. Salut juga dengan mereka karena tidak menyerah dan terus berjuang untuk menjadi lebih baik. Padahal perjuangan itu berat dan tidak semua orang bisa melakukannya, ada juga yang mengambil jalan pintas, misalnya bunuh diri untuk mengakhiri derita hidupnya.

    Bener juga ya, kadang wanita yang cantik itu yang malah nasibnya agak buruk, ya seperti itu, jadi bintang kelas lalu kecantol sama cowok brengsek, hamil dan akhirnya putus sekolah. Apakah ada disini? Ada mbak, ntah kalo di Sidoarjo.😃

    Makasih petuahnya mbak,Teruslah bergerak, karena hidup akan terus berjalan, dan setiap pagi adalah sebuah kesempatan bagi kita untuk hidup lebih baik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, betul banget, kadang kecantikan malah jadi sebuah cobaan loh, sejak kecil malah.
      Banyak anak-anak yang dilecehkan bahkan karena dia cantik, setelah remaja digodain banyak cowok, menikahpun demikian.

      Delete
  2. Kisah yang sama banyak terjadi diluaran. Sayangnya beberapa pihak malah mengambil dari sisi buruknya saja. Tak pernah mau belajar hikmahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ya, padahal kisahnya menarik, selalu ada hikmah, meski dari kisah yang terlihat kurang baik

      Delete
  3. Inspiratif. Dari sekian banyak blog yang saya kunjungi, ini mungkin blog pertama yang mengkhususkan pada kisah nyata inspiratif dan memotivasi. Mengkombinasi kisah nyata oranglain dan juga pribadi penulis. Cocok lah bu jadi motivator, diawali dari motivator blog, berlanjut jadi motivator ulung di kehidupan nyata hehe.. Siapa tahu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, saya follow blog ini ya. Thx

      Delete
    2. Yaa2 pak Vicky, Nanti Follbeck balik segera meluncur.🤣🤣🤣

      Jadi inget ngeblog Di MWB gw...Nggak Follback di Unfollow..Pertanyaannya siapa suruh Follow.🤣🤣🤣

      Delete
    3. Lho kok begitu kang satria?

      Delete
    4. Gpp. Bukan masalah follback atau ngganya, tapi sikap respek satu sama lain...

      Delete
    5. Ok deh Pak Vicky Lanjuuutt!!..😊😊👍👍👍

      Delete
    6. Hahahaha, terimakasih banyak Pak Vicky :)

      Delete
  4. Tadi pagi sudah baca ini...Berhubung masih ngantuk nggak sempet komen...Jadi milih Tidur lagi.😋🤣🤣🤣




    Sebuah kisah nyata, yang cukup dramatis, Yang dihadapi seorang wanita dan anaknya. Dalam artian buah jatuh tak jauh dari pohonnya.😊


    Karena apa yang dialami si ibu, Dialami si anak juga. Dan hasilnya sama menderitanya.

    Kejadian seperti ini yaa memang hampir dikota serta desa juga ada. Tetapi terkadang orang banyak menilainya dengan kata negatif bahkan memojohkan serta membullynya.


    Padahal kalau kita mau apa yang dialami kisah nyata diatas adalah sebuah pelajaran hidup untuk bagaimana bertahan dari waktu-kewaktu dengan beban hidup yang cukup berat. Meski awalnya berkesan negatif. Tetapi tuhan lebih tahu perasaan atau apa yang dirasakan oleh siwanita tersebut.


    Namun semuanya itu tidak semudah dan semulus kecantikan yang ia miliki. Karena dengan ada perjalanan hidup yang berliku disitulah tuhan memberi kekuatan untuk dirinya serta iapun berpikir atas perbuatan yang telah ia lakukan tetap ada karma serta balasannya.


    Menanggapi hal ini saya setuju sama mak Rey...Dari 4 diatas.😊😊

    Terlebih nomor 3 kekuatan yang sesungguhnya memang ada pada diri kita. Jadi apapun masalah kita, Atau keinginan kita yaa diri kitalah yang tahu dan harus mewujudkannya.


    Kecantikan cobaan benar...Tetapi orang tidak cantik juga punya cobaan. Lalu tinggal bagaimana kita menjalankannya dan siap menanggung semua resiko hidup. Meski kebanyakan orang selalu menyesal kalau sudah terjadi yang tak mengenakan.



    Terakhir 4 dan 1 memang berbeda tetapi tetap ada kesinambungannya karena buah dari upaya dan kerja keras itulah yang akan menjadikan pertahanan hidup kita nanti. Karena kita tak pernah akan tahu seperti apa hari esok nanti atau berikutnya dan tahun berikutnya.😊😊🙏🙏🙏



    Kisah yang menarik meski kebanyakan orang mengambil garis besarnya saja dan mungkin mengecap negatif.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, betul banget Kang, pertama memang kebanyakan apa yang ibu lakukan, menurun ke anak ya, beruntung tidak menurun ke cucunya, justru cucu perempuannya juga nggak kalah cantik, tapi sholeha minta ampun.

      Selalu ada sisi positif serta pelajaran yang bisa kita ambil meski dari kisah yang terlihat kurang baik :)

      Delete
  5. dari ibunya muda, punya anak, lalu anaknya mengalami hal yang sama. perjuangan untuk tetap bertahan hidup. Dan terlihat berat sekali hidupnya dulu tapi sekarang mereka sudah bisa mengatasinya.
    mungkin kalo di sini, ada yang nyinyir nyinyir kalau tahu "sejarah"nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sebenarnya sampai sekarang masih sering ada nyinyiran di belakangnya, tapi mungkin karena udah terlalu kebal dengan kejamnya dunia si wanita itu memilih cuek :D

      Delete
  6. Bahagia itu kita sendiri yang buat yah mba, Kita jg gak perlu mengharapkan kebahagiaan dari orang lain (yang ternyata dia sendiri juga gak bahagia) :D

    ReplyDelete
  7. Makasih ceritanya kak

    yah begitulah kehidupan, yang katanya hanya mampir minum ini. Ada roda yang berputar. satu2nya cara ya tetap bertahan dan nggak mudah menyerah. kalaupun lagi down..ya wajar, tapi jangan kelamaan
    Tidak ada yang bisa kita andalkan selain diri kita sendiri, so, jangan menyerahhh...

    hahaha, maap ini petuah buat diri aku sendiri juga aslinya wkwk

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)

Assalamu'alaikum :)

Selamat datang di blog personal Reyne Raea