Thursday, March 19, 2020

Letak Jerawat Di Wajah Bisa Jadi Tanda Kesehatan Bermasalah

Letak jerawat mempengaruhi kesehatan

Sharing By Rey - Letak jerawat di wajah kadang tidak muncul seenaknya saja.
Entah karena lupa cuci wajah dengan bersih, kayak si Rey. Atau bahkan karena hormon yang disebabkan oleh menstruasi pada wanita.

Tapi tahukah temans, letak jerawat bisa jadi menandakan bahwa kesehatan kita sedang terganggu.

Hal ini saya ketahui, saat beberapa tahun lalu, saya pernah mengalami jerawat berkesinambungan di bagian rahang dan dagu.

Sungguh menyebalkan, kering satu, eh muncul lagi satunya.
Selain bekasnya yang menghitam, pun juga sungguh nggak nyaman ketika saya memegang area rahang dan dagu saya, semacam ada pasir di dalam kulit wajah saya.

Kebayang kan?
Jadi kangen kulit wajah semasa kuliah kan ye.
Dulu tuh meski sering jerawatan, tapi ada masa ketika sehabis cuci muka dan saya memegang pipi saya, bagaikan pantat bayi *eaaa...

Masalah ini jadi teringat kembali, saat beberapa hari lalu saya menulis review sebuah obat jerawat ampuh, You Need Me.

Dan dari artikel tersebut ada beberapa orang yang DM dan bertanya apakah obat jerawat tersebut bisa menyembuhkan jerawat yang sedang dia alami, yaitu jerawat pada sekitar pipi dan rahang serta dagu, yang mana infeksinya sambung menyambung.

Persis kayak saya dulu.
Karenanya, saya jadi tergoda lagi untuk mencari tahu, sebenarnya apa sih penyebab jerawat yang muncul di tempat-tempat tertentu pada wajah?

Terlebih munculnya sambung menyambung gitu, yang satu mengering, eh yang lainnya muncul lagi.
Dan rangkumannya seperti ini.


1. Letak jerawat di dagu dan rahang


3 tahun lalu, tepatnya sebelum hamil si adik, saya pernah hingga berbulan-bulan mengalami hal ini.
Sewaktu saya diskusi dengan teman-teman di grup bisnis kecantikan, banyak yang mengatakan penyebabnya bisa jadi jadi jilbab yang kotor.

letak jerawat di wajah

Etapi gimana bisa jadi jilbab penyebabnya sih? Sementara waktu itu saya udah nggak kerja lagi dan di rumah amat sangat jarang memakai jilbab.

Pun juga sebelumnya saya kerja kantoran dan berjilbab sepanjang hari, tapi juga nggak mengalami hal tersebut.

Karena bete sendiri, udah pakai beragam produk tapi nggak hilang, akhirnya saya googling, dan ketemulah beberapa jawaban dari website yang terpercaya, bahwa, ternyata letak jerawat yang timbul di dagu dan rahang itu, bisa jadi disebabkan oleh masalah ketidakseimbangan hormon

Memang sih, masalah ketidakseimbangan hormon tidak bisa dihindari, akan tetapi kita bisa mencegahnya dengan membiasakan hidup sehat, seperti istrahat yang cukup, banyak konsumsi air putih, konsumsi buah dan sayuran serta menjaga kebersihan kulit,


2. Letak jerawat di pipi


Saya rasa ini adalah masalah sejuta orang, berjerawat di pipi, termasuk saya, meskipun nggak sesering itu.

Untuk letak jerawat di pipi, selain disebabkan oleh kurang bersih membasuh wajah, atau juga karena benda kotor lainnya mengenai pipi kita, seperti ponsel.

Di sisi lain, letak jerawat di pipi juga menandakan bahwa ada masalah dengan sistem pernapasan kita, karenanya menghindari rokok maupun asapnya itu wajib.


3. Letak jerawat di hidung


Paling nggak nyaman jika jerawat muncul di daerah hidung, sakitnya minta ampun.
Selain bisa disebabkan oleh riasan yang menempel pada pori-pori hidung, hal ini bisa jadi menandakan bahwa ada masalah yang terjadi dengan organ jantung kita.

Atau bisa juga disebabkan oleh hobi kita mengkonsumsi daging dan makanan pedas yang berlebihan.


4. Letak jerawat di dahi


Saya tuh selalu heran, mengapa ya kalau saya jerawatan di dahi, jadinya bentol besar banget, mungkin karena nakalnya tangan yang nggak tahan untuk mencet-mencet kali ya, lol.

Selain disebabkan karena kurang bersihnya membasuh wajah dan meninggalkan sisa debu atau riasan di pori-pori dahi, bisa juga karena shampo maupun conditioner yang tidak cocok untuk kulit kita.

Selain itu letak jerawat di dahi bisa jadi karena stres, yang memang menjadi pemicu utama hampir semua masalah kesehatan. 

Untuk kesehatan, jerawat di bagian dahi biasanya berkaitan dengan saluran pencernaan. karenanya, untuk menghindarinya sebaiknya kurangi makanan berlemak dan perbanyak asupan air putih.


5. Letak jerawat di antara alis


Untuk jerawat yang muncul di antara kedua alis, biasanya merupakan tanda bahwa zona alergi makanan muncul.

Intoleransi laktosa adalah faktor pemicu utama karena diet kaya makanan yang sulit dicerna, salah satunya karena makanan cepat saji. 

Selain itu, bisa juga dihindari dengan memberikan perawatan di bagian tengah alis dengan asam salisilat untuk menghindari rambut yang tumbuh ke dalam dan menyebabkan jerawat.


6. Letak jerawat di telinga


Duh baru nulis aja udah kerasa banget tuh sakitnya, jujur saya sering banget nih jerawat di telinga kayak gini, seringnya muncul di area dalam tulang telinga, yang mana kalau saya lagi mandi dan bersihin telinga, ampuunnn sakitnya.

letak jerawat di wajah

Dan saya agak-agak serem juga pas tahu ilmunya, bahwa jerawat yang muncul di telinga berhubungan dengan ginjal.

Karenanya, jika muncul jerawat di area telinga, bisa jadi asupan cairan tubuh kita belum terpenuhi. Atau juga karena sering minum kopi atau konsumsi minuman bersoda. 
Hiks iya sih, saya sering minum kopi akhir-akhir ini :(


Demikianlah, kadang sesuatu yang sepele seperti letak jerawat itu kita abaikan, dengan anggapan bahwa jerawat bisa terjadi di bagian kulit kita mana saja.

Akan tetapi, ternyata hal remeh seperti letak jerawatpun, ternyata menyiratkan tanda-tanda kesehatan tubuh kita bermasalah.

Kalau temans, seringnya bermasalah di bagian mana yang sering muncul jerawat?


Sidoarjo, 19 Maret 2020

@reyneraea untuk #KamisCantik

Sumber :
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.halodoc.com/letak-jerawat-di-wajah-menunjukkan-kondisi-kesehatan diakses Maret 2020
Gambar : Canva edit by Rey

26 comments:

  1. Massa sih mak..仁仁 Katanya orang yang usia 30 tahun keatas kalau jerawatan itu tandanya memendam cinta mak benar nggak..??不不不

    Yaa kalau dibilang kesehatan bermasalah udah pastilah..Terlebih kalau masalahnya menumpuk. Tambah gede aja tuh jerawat.不不

    Mending memendam uang yaa mbak bisa kaya...Lhaaa mendem jerawat.不不


    Eehh tapi saya suka kalau jerawatan dihidung jadi seksi dan mancung gitu deh..莞莞莞

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkw, benar juga ya? liat tuh abege selalu jerawatan banyak, karena jatuh cintanya meledak-ledak.

      Okeh, baiqlah hahaha

      Btw jerawat bikin mancung? enggak mau ah, biarin deh mancung minimalis, daripada jerawatan, sakit uiii :D

      Delete
  2. Aku lg sering jerawatan di pipi :( smpe berasa nyerah aja gt.. Hhh
    Tp bener sih aku punya riwayat sakit bronchitis, jd kl kena asap2 kaya asap rokok atau kendaraan besoknya langsung batuk2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah? memang penyakit itu selalu berdampak di mana-mana ya, termasuk jerawat

      Delete
  3. Waduh,,, Aku sering di kening Kak? Kening apakah sama dengan dahi? lalu apa hubungannya dengan Daki? Saudaraan apa sepupuan Kak?

    emang bener sih aku ada gangguan di pencernaan. Makasi kak informasinya.. Mudah-mudahan ke depannya makin nerapin cara hidup sehat yang baik dan benar.

    -uncchu-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, daki sodaraan dengan bolot, etapi bukan bang Bolot ya hahaha.
      Betul banget tuh, salah satu cara mendapatkan kulit sehat adalah dengan menjaga pola makan sehat :)

      Delete
  4. Aku dong kak rey pernah bgt jerawat di dalem telinga, itu senud2nya kyk berasa dientup tawon hoho, mana sebenernya gatel tapi nyebelin karena ga bisa digaruk haha..
    Tapi sempet parno, ini telinga ada benjolan kek jerawatan beneran jerewi apa bukan, ga taunya beberapa hari kmudian langsung ilang

    Trus yg sering tuh di antara alis, nyampe bentol gede merah, gatel juga hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikuping mah melenting kali namanya bukan jerawat.不不

      Kalau dialis bentol gede gatel itu efek keringat jadi gatal karena kita garuk jadi membesar. Itu kuman dari jari tangan bisa juga..

      Delete
    2. Hahaha, eh tapi iya loh, jerawat di telinga itu sakit banget, mungkin karena di tulang rawan gitu ya, sama kayak di dalam hidung, ampuunnn, sampai sakit kepala gara-gara cenat cenut :D

      Delete
  5. Kemaren ke dokter mau berobat masalah jerawat. Kata dokternya lebih kepada psikologis karena banyak pikiran. Trs dokternya nanya emg mikiran apa pak?
    Kata saya ya mikirin jerawat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk kok bisa gitu ya, jadi pikiran apa jerawat yang lebih dulu muncul bang??

      Delete
    2. ya ampoonnn ngakakkkk! ini mah sama kayak ayam atau telor duluan :D

      Delete
  6. Alhamdulillah aku jarang jerawatan sih, karena memang jarang sekali ngaca, jadi tidak tahu apakah berjerawat atau ngga.

    Bisa jadi berjerawat itu karena faktor hormonal ya mbak, bisa juga karena banyak pikiran mikirin cicilan motor yang belum lunas lunas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampooonn, bener-bener yak, kayaknya kalau Mas Agus berhenti ngeblog, kami semua bakalan amat merindukan komentar yang bikin ngakak begini :D

      Etapi betul sih, pikiran itu kayak pusatnya penyakit deh :D

      Delete
  7. biasanya kalau kata cewe itu.. karna mau "dapet" mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya ya. Biasanya kalau mau dapet langsung pada muncul :D

      Delete
  8. Kalau Jerawat dipunggung, kira - kira gimana yah...? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dipunggung ada 2 penyebab katanya, kalau enggak masalah kesehatan, kalau enggak ya alergi hahahaha

      Delete
  9. Kalau aku dulu pernah jerawatan di dagu, rahang, dagu, hidung, dahi dalam waktu yang sama. Berasa panen jerawat deh. Yang bikin sebel, dulu suami suka gemes sama jerawatku, jadi semua jerawatku yang semuka itu dipenceti satu-satu. Alhasil muncul bekas jerawat. Dan bekas jerawatnya bandel banget. Sampe sekarang pun gak ilang-ilang. 唐唐

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha, bisa aja suaminya, padahal kan sakit ya.
      kalau saya ngamuk gitu disentuh, soalnya takut infeksi dan makin sakit :D

      Bekas jerawat tuh bikin bete, saya juga ada, cuman Alhamdulillah memudar seiring waktu :D

      Delete
  10. aku seringnya di hidung, dahi, kadang dulu awal muncul di alis ngomel ngomel sendiri "kok bisa ada jerawat di alis". lama lama ya aku biarin dan tetep diolesi obat jerawat
    paling sebel kalo pas di dahi, karena kadang suka lupa kalo pas tangan dimuka ehh kena kuku, wasalam bekasnya susah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya Mba, di alis itu sakit loh, apalagi kalau mau pergi-pergi terus harus ngalis hahaha :D

      Delete
  11. Saya nggak begitu sering jerawatan mba, sepertinya karena faktor genetik juga. Tapi bukan berarti nggak pernah :))) sesekali kadang muncul mbaaa, meski setahun mungkin sekali dua kali saja *nggak mau ingat-ingat hahaha*, itu biasanya di sudut alis area pelipis (bukan di tengah-tengah) jadi masuknya ke mana itu mba? Dahi ya sepertinya? Hihihi~

    Tapi kalau dilihat dari alasan di atas makesense juga, mungkin jerawat muncul pas saya stres, soalnya kalau lagi stres jadi berefek ke pencernaan :3 karena kalau stres, kadang jadi nervous dan deg-degan, terus akhirnya perut berasa nggak enak, dan bisa jadi kalau stresnya kebanyakan maka akan timbul jerawat *analisa asal* hahaha. Thanks for sharing, mbaaaa. Kok bisa ketemu saja topik beginian :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh masuk akal loh, stres itu gudangnya penyakit juga soalnya, juga kebanyakan orang bilang kalau jerawat bisa muncul karena stres hahahaha.

      Ini gara-gara ada teman nanya tentang obat jerawat buat yang sering muncul di satu tempat gitu dan bertahan lama, kayak dagu dan rahang.

      Saya jadi ingat, pernah juga kayak gitu, dan sebel rasanya, kalau diraba tuh kulit kayak ada pasirnya gitu :D

      Delete
  12. Skerang ini niih, aku LG sebel bangetttt Ama jerawat di dahi. Hilang muncul muluuuu. Tp jd kepikiran apa ga cocok di shampoo yaaa. Krn shampooku ada kandungan minyak jarak, yg mana itu penyebab fungal acne Rey. Hrs ganti shampoo dooong hahahahahah..

    Paling benci kalo jerawat udh nongol. Krn kulitku termasuk sendiri byanget. Salah produk dikit, lgs breakout. Makanya aku ga bisa ganti2 produk seenaknya. Hrs dicek banget kandungannya apa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi shamponya gimana Mba? bikin jerawat di kepala juga nggak? saya kadang kalau nggak cocok, kepala penuh jerawat juga hahaha.

      kalau punya kulit sensitif memang kudu lebih perhatian lagi ya :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)