Tuesday, March 17, 2020

Pentingkah Alexa Rank? Mengapa Masih Ada Yang Memakainya?

pentingkah alexa rank pada blog

Sharing By Rey - Pentingkah Alexa Rank bagi sebuah blog? Mengapa masih tetap ada yang memakai pedoman ranking tersebut untuk menilai ke'populer'an sebuah blog?

Jadi, tulisan ini saya bikin lagi, karena lagi happy setelah membaca tulisan pak Anton di blog beliau, yang mana, meskipun nggak disebutkan, beliau terinspirasi dari postingan saya minggu lalu.

Iya kan Pak? iya aja deh!
.
.
.
.
*kaboooorrrr sebelum dikeplak!

Tapi serius, bapak Anton itu adalah salah satu komentator yang paling saya nantikan di setiap tulisan saya di blog ini, karena beliau selalu benar-benar memberikan value yang berarti buat tulisan saya.

Daann, bikin saya punya teman diskusi yang dari senior blogger.
Iya, bapak Anton memang sudah lama malang melintang dalam dunia blogger dan kalau saya perhatikan memang beliau lebih fokus di adsense, just like para blogger laki kebanyakan.

Karenanya, off course saya jadi banyak masukan tentang dunia blog, meskipun kadang saya pancing dulu baru mau dibahas, hahahaha.

Oh ya, karena pak Anton memang fokus di dunia adsense, jadi kebanyakan blogger demikian selalu berpegang pada SEO atau apa saja yang disukai google.

Namun hebatnya, pak Anton tidak melulu terpaku pada SEO, kadang juga dia asal nulis saja, eh ujung-ujungnya masuk page one google.
Dan karena memang fokus di adsense, jadinya jarang berhubungan dengan pihak lain, selain google.

Berbeda dengan kebanyakan blogger wanita dan sedikit lelaki, yang bete belajar SEO nggak mudeng-mudeng dan kalah melulu sama para mastah SEO, hahaha.
Alhasil kami (iya saya juga masuk dalam golongan blogger bete ama SEO, lol) memilih cara lain untuk pemasukan blog, yaitu kerja sama dengan pihak ketiga.

Dan oleh karenanya, mau nggak mau, suka nggak suka, kami harus mengikuti syarat dari pihak ketiga tersebut, yang mana pihak ketiga juga nggak bakal asal kasih syarat, kalau memang mereka nggak tahu itu buat apa?

Sejak awal saya ngeh dengan kerja sama blog di tahun 2018 lalu, pihak ketiga atau pihak brand tersebut selalu menetapkan patokan nilai DA/PA atau Domain Autorithy / Page Autorithy yang berasal dari Moz.

Namun sejak akhir tahun lalu dan awal tahun ini, saya amati, para pihak brand, sudah mulai melirik alexa rank lagi.
Iya,  si tool yang konon mengukur ke'populer'an sebuah blog itu, yang sebelumnya ditinggalkan banyak orang, karena dirasa kurang akurat dan mudah di manipulasi.


Pentingkah Alexa Rank Itu?


Kalau ditanya penting nggak sih Alexa Rank itu?
Pasti saya jawab, off course penting banget! Kalau nggak penting, mengapa coba tetap dilirik para brand?

manfaat alexa rank pada blog


Para brand-nya nggak tahu kali?
Mustahil sih, karena saya rasa mereka juga nggak asal meng-hire seorang IT atau apalah namanya, tanpa punya ilmu di bidangnya.

Akan tetapi, masih ada pertanyaan yang menggelitik,
"Kalau sudah tahu Alexa itu bisa mudah dimanipulasi, mengapa masih dipakai? manfaatnya terhadap brand itu apa?"
Nah itulah yang ingin saya bahas, eh salah saya ajak temans semua, untuk diskusi di sini.
Tentu saja dimulai dari saya memberikan beberapa kesimpulan, dari yang saya pelajari di website Alexa, berbanding dengan pengalaman saya di blog ini, dan juga dari tulisan pak Anton dan beberapa yang saya browsing di google.

Oh ya sebelumnya, saya mau tekankan.
Di postingan yang saya tulis minggu kemarin itu, saya hanya sharing apa saja yang saya lakukan setiap saat, bukan apa yang saya lakukan untuk menaikan alexa rank ya.

Sama saja dengan sharing saya tentang pengalaman menaikan DA/PA dalam 8 bulan mencapai 30 dulu, sama sekali saya cuman menceritakan kegiatan saya ngeblog.

Bukan karena saya ngeblog buat naikin DA/PA atau Alexa, alias saya sudah males banget mengejar rangking, bikin mood jelek aja kalau nggak naik-naik bahkan malah turun, hahaha.

Jujur, apa yang saya lakukan sekarang dalam ngeblog adalah menjadikannya sebagai rutinitas saja, targetnya sih one day one post, itupun mengalir saja, biar nggak rontok rambut gegara stres, hahaha.

Jadi kalau seandainya mungkin performa blog saya naik, ya itu naik secara natural, bukan manipulasi.
Well, i don't have a time for ituh temans.

Nulis setiap hari itu sumpah bikin kepala puyeng, i am a mom temans, ada 2 anak ayam eh maksudnya anak saya yang masih di bawah 10 tahun yang bergantung sepenuhnya sama saya, saya bisa ngeblog tiap hari itu karena saya ngorbanin waktu tidur dong, kagak ada pembokat, pak suami di luar kota, kagak ada keluarga, kagak ada siapa-siapa yang bantuin *oke stop Rey, hahahaha.

Terus, saya mau pakai ngabisin waktu lagi buat manipulasi performa blog? duhhh pengsan sayah, hahaha.

Nanti deh kalau anak-anak udah gede dan mandiri, baru saya manipulasi blog ini biar alexanya masuk 100 besar di lokal (hahahaha, you wish, Rey!)


Mengapa Alexa Rank Penting?


Kalau menurut saya, karena meskipun datanya tidak akurat sama dengan data yang ada di Google Analytics, akan tetapi, data yang dia kumpulkan merupakan data yang lebih 'berpengaruh' dibandingkan dengan data total yang masuk ke sebuah blog yang dirangkum oleh google.

Apa ya bahasa populernya? trafik dari akun yang aktif, dan biasanya juga adalah seorang blogger.

Oh tahan dulu, itu saya simpulkan dari apa yang terjadi di blog saya ini, di mana apa yang terjadi adalah natural saja, bukan percobaan, bukan pula manipulasi.

Saya juga mengingat teori meningkatkan alexa rank, Alexa Rank dihitung dengan mengkombinasikan jumlah visitor setiap harinya dengan jumlah pageview yang ada pada sebuah website/blog dalam tiga bulan terakhir.

Lalu komen pak Anton di bawah ini,



Ini yang dimaksud oleh pak Anton,

pentingnya alexa rank


Dan ini sumber trafik asli saya berdasarkan google analytics,

sumber trafik blog berdasarkan google analytic
Justru organic search yang paling besar,
trafik dari backlink itu referal, justru jauh lebih kecil cuman 1,4%
Dari situ saya jadi menyimpulkan, kalau si Alexa ini nggak bisa menghitung semua data trafik yang masuk ke blog, hanya dari akun yang memang sudah di-dettect oleh Alexa itu sendiri.

Namun sekali lagi, ini hanyalah kesimpulan seorang toddler blogger, yang ilmunya kebanyakan otodidak ye, jadi jangan percaya 100%, tapi mari kita diskusikan dan bandingkan dengan pengetahuan maupun pengalaman temans.

Jadi mengapa Alexa Rank penting?
Karena trafiknya adalah trafik 'pilihan'.


Lalu, apa hubungannya dengan pentingnya Alexa Rank?


Tentu saja berhubungan, salah satunya dengan yang namanya exposure

mengapa alexa rank penting


Ibaratnya gini.
Kita pasang iklan produk skincare dengan jangkauan 100,000 orang yang terdiri dari umum atau macam-macam.

Bandingkan dengan kita pasang iklan dengan jangkauan 10,000 orang, pecinta atau pakar skincare.
Kira-kira mana yang lebih bagus?

Off course lebih baik yang jangkauan 10,000 orang, tapi lebih spesifik kan?
Secara otomatis, kita akan lebih tertarik pada sesuatu yang kita suka, meskipun hanya dalam sekali tatapan kan, ketimbang apa yang bahkan kita nggak tahu, atau cuman sekadar tahu aja.

Kalau blogger yang kunjungi, seandainya si blogger itu memang suka dengan tulisan kita, akan ada peluang dia bakal mencoba apa yang kita tulis, lalu dituliskan kembali di blognya.

Exposure akan meluas secara efisien.
Dan itu kaitannya dengan yang namanya marketing.


Mengapa Masih Ada Yang Memakai Alexa Rank?


Dari penjabaran di atas, bisa terjawab bahwa, Alexa Rank masih dipakai para pihak brand, ya karena berpengaruh terhadap marketing juga.

Di mana kalau saya lihat, beberapa pihak brand itu memang punya maksud beragam dalam mengajak blogger untuk kerja sama dengan mereka.

Ada yang memang hanya ingin titip link aja melalui backlink, untuk menaikan performa blog/website mereka, biasanya melalui placement article.  

Ada juga yang ingin titip link tapi tetep nebeng dari ciri khas si blogger dan blog itu sendiri, untuk menaikan performa blog/websitenya, biasanya melalui content placement.

Atau bahkan sponsored post, yang mana biasanya berbentuk tulisan review atau ulasan mendalam terhadap sebuah produk/brand

Yang mana kalau ditarik 'benang lurus'nya, kesemuanya ya demi untuk memperkenalkan website sekaligus produk/brand-nya.
So yang namanya marketing ya tentu saja lebih diperhatikan.

Lalu, mengapa tidak melihat dari sisi banyaknya trafik saja?
Mengapa harus memilih trafiknya si Alexa?

Ya karena yang punya banyak trafik juga kadang nggak semua trafik berkualitas, kadang ada yang cuman nyangkut sejenak, terus merasa kurang tertarik dan kabur secepatnya.

Itu bisa dilihat dari nilai bounce rate sebuah blog, semakin tinggi nilainya, semakin banyak yang datang sejenak langsung kabur.

Akan tetapi, kalau tulisannya menarik, bukan hanya bermanfaat, dan diberi panduan ke tulisan lainnya, melalui widget atau artikel related
Di jamin pembaca betah, bahkan sering datang melalui sumber trafik direct, karena sudah familier sama blog tersebut.

Itu sih pemahaman saya ya temans.
Sekali lagi saya katakan, i am not mastah!
Saya hanya seorang mom blogger yang suka menulis dan melakukan hal-hal ngeblog setiap harinya.
Jadi kalau memang ada yang kurang atau keliru, diskusi yuk :)

Dan siapa sangka? ternyata ada bonusnya, ya si Alexa itu, dan dulunya si Moz yang sekarang butuh perjuangan tingkat mastah buat merebutnya kembali, hahaha.  

Oh ya, tentang data alexa rank yang bisa dimanipulasi? sebenarnya bukan dimanipulasi sih, tapi di-boost secara tidak natural.
Kalau manipulasi kan harusnya kita mengubah datanya si Alexa, tapi yang dilakukan orang kan hanya melakukan sesuatu yang tidak melanggar Alexa, tapi secara manual, alias nggak natural.
Begitu kira-kira.

Itupun hanya bisa sampai di ranking tertentu kok, setahu saya untuk nasional rank sendiri, jika sudah mendekati angka 3 digit, udah makin sulit perjuangannya.
Makin sulit di-boost, karena saingan yang natural lebih banyak yang bagus-bagus.

Dan satu hal yang saya masih belum mengerti dari teori banyak blogger mastah kalau nilai alexa rank bisa di-boost secara manual yaitu backlink.

Setahu saya, backlink itu berpengaruh dengan DA dari Moz.
Seharusnya kan kalau Alexa karena backlink, DAnya juga tinggi kan ye?
Iya nggak?
Yuk diskusi :)

Sidoarjo, 17 Maret 2020

@ReyneRaea untuk #TuesdayTechno

Sumber :
  • Pengalaman pribadi
  • http://www.maniakmenulis.com/2020/03/perkembangan-semu-sebuah-blog-terlihat.html diakses Maret 2020
  • https://blog.alexa.com/improving-your-alexa-rank/ diakses Maret 2020
Gambar : Canva edit by Rey

54 comments:

  1. Bagi saya sih Alexa rank ngga terlalu penting karena memang ngeblog Hannya untuk menulis saja.

    Kalo memang ingin dapat pengunjung banyak dari blogger maka aku bisa cari topik lain yang banyak pencariannya seperti tutorial android dulu.

    Dulu waktu nulis tutorial android lumayan pengunjung bisa lebih dari 1000 perhari, padahal ngga blog walking sama sekali, tapi sejak nulis cerpen maka terjun sehari cuma 300an aja. Karena memang jarang orang cari cerpen kan, kalaupun cari di google maka blog aku jelas kalah dengan website besar lain seperti Wattpad atau ceritamu.com yang lebih SEO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya juga gitu om Agus, saya juga tak begitu memperhatikan Alexa blog, lagian saya ngeblog juga hobi dan jurhat saja. Toh jika saya memperhatikan Alexa, pasti blog saya juga tetap kalah dengan blog yang sudah berpengalaman.

      Delete
    2. @Agus : Jujur iya banget deh, kalau cerpen di blog itu jarang penggemarnya, karena ada banyak aplikasi lain yang lebih mudah diakses seperti grup facebook, atau lainnya.

      Saya juga dulu pengen bikin cerpen sebagai tema salah satu hari di blog ini, tapi urung karena selain saya kurang pandai menulis fiksi, pun juga saya maunya nulis cerita yang bisa saya baca ulang dan saya ingat, ooohh ini pernah saya alami, gitu :D

      @Tari : ngeblog memang adalah salah satu cara untuk melepaskan uneg-uneg ya :)

      Delete
    3. Saya juga kurang pandai menulis mbak, asal bikin cerpen saja, kalo yang pinter bikin cerpen itu kang satria, bahkan bentar lagi mau launching novel barunya. "Janda kembang di tanah Depok."😱

      Ayo buruan beli mbak.😃

      Delete
    4. hahahaha, kok kayak si manis jembatan ancol dengernya hahaha

      Delete
  2. Waahh pak Anton jadi Trending minggu ini..😂😂😂


    Pentinglah kalau untuk pebisnis..ibarat orang pacaran itu disayang2...dielus2...Kosmetiknya diperhatikan. "Jangan terlalu tebal lipstik say"...😱😱 Seperti itu diibarakan.😊😊


    Blog toko aku malah pake jasa, Jadi DA,PA dll selalu terkontrol. Itu juga kakak saya yang pegang. Karena dia kan nggak punya anak jadi masih bisa ke pegang.


    Kalau gw urus anak 3 aja sudah puyeng...apa lagi ngurusin DA, PA. Ntar yang ada malah Pea beneran lagi.😱😱😱😂😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya emang sudah PA beneran kang.😱

      Delete
    2. What? Kakak, ku kira om satria itu anak tunggal ternyata masih punya kakak laki - laki yang masih sendiri tha?baru tahu tari. 🤭🤭🤭🙏🙏

      Delete
    3. Kakak gw cewek sudah nikah belum punya anak bukan kakak laki2 Tari Sayang..


      @Agus Suueee loh..😡

      Delete
    4. Oh? Kirain, kakaknya laki - laki.😤😤😤

      Delete
    5. Nah kan, nggak mungkin banget nggak ada manfaatnya, kalau enggak, kenapa coba masih dilirik brand, dan brand itu rata-rata mempekerjakan beberapa IT yang berpengalaman dan pastinya tahu lah kalau itu bermanfaat, apalagi kalau dikolaborasikan dengan pihak marketingnya :)

      Delete
  3. one day one post ruar biasa tuh. saya malah one month one post skrg.
    Apalagi blog yang catatan kuliah, karena ada tanggung jawab moral soal referensi jadi bener2 harus valid referensi bukan berdasar opini saya semata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang blog cuaca itu ya Bang? sumpah itu bikin kepala fanassss hahaha, tapi beneran manfaat tuh bagi yang butuh, dan seharusnya kudu yang bener-bener ya Bang, jangan opini, setidaknya opini yang sudah terbukti dan diakui oleh ilmu pengetahuan :D

      Delete
  4. Penting nggak yaaa? Menurut saya penting karena saya suka lihat angka yang ramping ahihihi :))))) sebenarnya, kepentingannya, nggak jauh-jauh dari kepuasan pribadi :D tapi kalau soal manipulasi, saya juga nggak tau caranya manipulasi angka tsb :))

    Soalnya selama ini saya cuma rajin menulis saja, tau-tau jadi ramping ehehe. Mungkin memang nggak natural, tapi saya selama ini fokus menulis dan dapat alexa ramping itu saya anggap bonus. Jadi saya menulis cerita bukan karena ingin dapat alexa ramping, meski buat saya, alexa ramping itu penting :"""D

    Ruwet nggak tuuuh mba, bahasanya? :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, sebenarnya bukan manipulasi ya, tapi nge-boost pakai cara yang nggak natural sih menurut saya, akan tetapi itu butuh waktu yang banyak sih, daripada gitu, mending kita nulis dan nulis :D

      Lagian, menulis itu amat sangat bikin kita jadi semacam stress release :D

      Bahahahaha, paling tidak Alexa mewakili keinginan kita untuk sedikit ramping lagi yak? hahahahaha

      Delete
  5. Nunggu pencerahan dari Pak ANton dulu akumah klo urusan ilmu perblogingan ini hihihi
    Kemaren uda baca yang part 1 nya terus paling kesorot memang koment pak anton
    Sekarang aku nunggu part 2nya jawaban dari pak anton hahahai

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....sama dong dengan saya, saya menunggu respon dari Pak Anton. :)

      Delete
    2. Hahaha, Pak Anton lagi sibuk kayaknya, apalagi sekarang lagi heboh dengan corona ya, semoga kita semua selalu dilindungiNya :)

      Delete
  6. Keren banget ini Mbak Rey selalu konsisten one day one post dan tulisannya panjang serta nggak ngebosenin waktu dibaca. Kalau one day one post ngeblog ini harus kreatif mencari ide tulisan ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awww makasih, ayo kita semangat terus menulis :)

      Delete
  7. Selama ini saya tidak pernah mengikuti Alexa. Kalau ada jobyng minta DA/PA blok, saya cuma ngasih link blog diminta kos yg ngasih job utk periksa berapa DA/PA blog saya hahaha...

    Pernah juga pelatihan SEO, tapi ribet. Sudah saya coba ilmunya, tapi gak ngintip lagi apakah ngaruh kepada blog saya setelah pakai ilmu tadi hehe...

    Itu saja. Terima kasih mbak Rey sdh berbagi. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, iya sebenarnya SEO itu ribet juga, udah gitu kalau kita jago, siap-siap deh diserang sama hacker yang nakal.
      Repot memang, kadang sebaiknya kita yang biasa-biasa aja, mending kita branding biar popularitas bukan hanya karena blog, tapi karena diri kita juga :)

      Delete
  8. Wah penting banget buat evaluasi diri, reach blog kita nyampe mana. Cuma skr ngeblog jadi sekenanya hehe...lagi gak tertarget mbak

    ReplyDelete
  9. Mantap banget ini postingannya Mba Rey. Wawasanku jadi terbuka soal ngeblog ini terutama untuk Alexa Rank. Mba Rey keren banget sih, bisa nulis blog sehari sekali. Saya juga pengennya kayak gitu. Tapi sekarang lagi nyoba seminggu 3 artikel. Doain ya mba, semoga bisa sekonsisten Mba Rey. Aamiin :) Salam kenal Mba Rey :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakit yang sama :(....

      Aku juga ngetarget sehari satu tulisan. Tapi tetap gak bisa.

      Pdhl gak sesibuk Kak Rey. Yang punya 2 anak..

      Delete
    2. Ayooo semangaattt, saya juga aslinya awal-awal kesulitan, lama-lama jadi kebiasaan dan terasa lebih sedikit mudah :)

      Delete
  10. sayaa sih ga mentingin banget mba, asal DA PA oke aja deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sebenarnya Alexa itu bisa berkaitan juga dengan DA/PA sih :D
      Kan ada kaitan dengan trafik dari backlink :D

      Delete
  11. Kebanyakan orang pakai alexa rank buat ngejual domainnya. Kalau bagus entar dapat harga tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah? biasanya para blogger laki ya suka jual blognya :)
      Eh ada juga sih blogger perempuan, tapi jarang :)

      Delete
  12. Pentingkah Alexa Rank? Tergantung kebutuhan kalau menurut saya,

    kalau untuk Pak Anton kayaknya ngak butuh, soalnya fokus sumber penghasilan blog dari Adsense, mana ada penghasilan adsense bergantung dari Alexa Rank. :)

    Namun kalau untuk Mbak Rey, kayaknya butuh alexa rank ramping, karena penghasilan blognya untuk saat ini masih bergantung pada Job yang mana pemberi Job lebih mengutamakan performa blog.

    Nah , kalau ditanya : Mengapa Masih Ada Yang Memakainya? ....

    Sejujurnya Brand mana yang memakai Alexa untuk memutuskan memberi Job ? saya yakin ada,namun Brand mana yah kalau boleh Kepoh..? :)

    dugaan sementara, brand yang menggunakan alexa untuk memutuskan memberi Job kepada blogger adalah bagian SEO Spesialis yang baru masuk kerja, karena umumnya mereka tidak memakai alexa rank, melainkan acuan dari " ahrefs ".

    # eee serius banget yah koment saya, maafkan uyy,efek dari Ekonomi global,hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha betul Kang, tergantung kebutuhan, kalau adsense kan yang penting trafik dan kalau bsia trafiknya mengeklik adsnya :D

      Ada Kang, cuman nggak sebanayak DA/PA sih, kemaren sempat liat 2 job menerapkan Alexa selain DA/PA, tapi saya nggak daftar sih, jadi lupa brand apa hahahaha.

      Asref itu bagus sih, tapi sebenarnya sama aja, kan juga website pihak ketiga, kalau menurut saya yang paling bagus ya laporan google analytic, tapi jarang yang mau buka hahaha

      Delete
  13. Ohy, koment kami : Mas Agus Warteg,Satria, Tari...termasuk koement yang paling dinantikan ngak yah, hahah....

    #Cemburu Buta.hahaha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha dirimu ke mana aja Kang, duuhh yang sibuk urus istri *eh kabooorrrrr

      Delete
    2. wkwkwkwk....ngak kemana mana....seperti biasanya ajah.hahaha.

      # kok kaboooeeerr...

      Delete
    3. Tapi diam-diam produktif nih :D

      Delete
  14. Ohy, kalau menurut saya, Pak Anton itu ngak asal nulis loh, tapi pandai membidik tulisan yang bakal Viral dimasa depan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunyaaa Kanggg, udah pengalaman bangeettt, saya suka semua tulisannya di Maniak Menulis :D

      Delete
  15. hahahah...Interupsi, interupsi : ....

    Ada yang tidak saya mengerti.

    Di dalam tulisan diatas ada kata " Yang maman " ... itu maksudnya gimana yah..? mohon pencerahannya, selamat mencari kalimat yg saya maksudkan. :)

    Kalau ngak ketemu mohon angkat tangan ke kamera yah.hahahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, tengkiuuuu Kang, selalu membaca dengan seksama, udah nggak ada dong :D

      Delete
  16. Tulisan yang menarik Kak Rey. Meski Saya sebagai nubi sangatbsukit memahaminya.

    Tapi karena penasaran apa itu DA PA maka Saya cek lah punya Kak Rey. Hasilnya 20.

    Sebenarnya Saya dari duku gak paham deng SEO, Moz, Alexa dll tapi setiap Saya nyoba beberapa Platform CP eh malah standarnya pake itu semua.

    Sebelumnya DA Saya kenal. Saya ngeblog hanya nulis doang Kak Rey. DA Saya malah cukup lumayan.

    Pas update everyday malah turun 😑. Apes...

    Jadi bener juga sih nurut Kak Rey. Nulis ya Nulis aja. Jangan terlalu peduli dengan Rank Rank an.

    Kalo Rank rank an mulu brasa kaya main ML, bikin stres.

    Saya barusan juga cek jumlah viewer, untuk organik jauh lebih besar dr yang lain. Itu senangnya luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya, sebenarnya saya sangat yakin, performa blog kita itu akan meningkat seiring konsistennya kita, meski mungkin kita belum terlalu menerapkan SEO yang benar-benar handal, tapi jangan lupa, algoritma google selalu berubah, dan siapa tahu besok-besok algoritmanya berpihak kepada kita yang konsisten.

      Kalau masalah DA turun, itu biasanya mungkin kurang backlink, terlalu fokus menulis jadinya lupa menyebar link di komen mungkin :)

      Delete
    2. Brarti blogwalking itu sangat penting ya Kak Rey.

      Mgkin karena terlalu sibuk nulis jd lupa silaturahmi 😑.

      Makasi Kak Rey pencerahan nya

      Delete
    3. Kalau menurut saya penting, terlebih kalau memang kita masih merintis blog :)

      Delete
  17. Aku seneng banget deh setiap kali Mbak Rey bahas tentang ilmu blogging di sini. Berasa dapat ilmu baru. Hehehe.

    Kalau ngomongin Alexa rank, sebelumnya aku sempat peringkat satu juta sekian, sekarang anjlok jadi enam juta sekian gara-gara beli domain. Sepertinya harus lebih rajin ngeblog supaya agak langsing ya, Mbak. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, biasa tuh kalau beli domain kan jadinya kayak baru lagi, semangaatt, menulisnya pakai jadwal aja, misal tiap hari Senin kek, atau hari apa gitu, kayaknya itu juga ngaruh :)

      Delete
    2. Wah, oke, Mbak. Aku coba tipsnya. 😆

      Delete
  18. Hai Mbak, salam kenal.
    Baca postingan ini relate banget buat saya sebagai newbie. Baru banget belajar SEO dan lagi cari tau banyak soal Alexa. Semaleman saya ngulik Alexa, ternyata gak bisa gratis ya untuk dapetin analisisnya. Mesti daftar plan dulu. Pas dapat blognya Mbak Rey ini, Jadi makin penasaran ngulik lagi. Saya masih penasaran pengen tau peringkat Alexa blog saya soalnya hehehe..
    Apakah iya semua blog yang ingin dapat peringkat Alexa harus mendaftar untuk pembelian plan dulu?
    Terima kasih sebelumnya mbak��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, kalau mau lebih tahu performa blog melalui alexa memang kudu bayar, tapi tanpa bayar bisa kok, asal udah pernah ngecek pakai alexa, tunggui aja datanya udah masuk, sebaiknya juga instal alexa bar :)

      Kalau mau ngulik mendalam, mending pakai yang gratis aja, misal, utak atik sata di google analytic, itu bahkan data paling akurat :)

      Delete
    2. sip mbak, makasih infonya :)

      Delete
  19. Wahh.. saya ketinggalan bahasan yah.. baru nemu yang satu ini. Soalnya awal pandemi mah lagi ruwet banget jadi jarang blogwalking..

    Yawda.. komentarnya cukup sekian sajah.. wakakakakak soalnya dah terlalu lama tuk ikutan komentar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakakaka, saya pun baru liat komentar si Bapak, wakakak

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)