Manfaat Rajin Komen Di Blog Orang

manfaat blogwalking

Sharing By Rey - Manfaat komen saat blog walking di blog orang ada banyak banget, so pastikan selalu meninggalkan jejak di kolom komentar ya.

Siapa nih yang suka rajin berkunjung ke blog lain, terus meninggalkan jejak di komen?



Sayaaaaa..!
Lah nanya sendiri, jawab sendiri kamu, Rey, lol.

Tapi serius, saya kadang heran aja gitu, ada beberapa orang yang ngaku pengen dapat duit dari blog, tapi males ninggalin jejak berupa komen, padahal ya, jejak komen itu manfaatnya banyaaaak banget, terutama bagi kita-kita yang mengharapkan duit dari ngeblog.

Sering terjadi, banyak yang ngeluh akan masalah komen mengomen (itu kata 'mengomen' ada gak ya dalam KBBI? lol).
Apalagi kalau ikutan list blogwalking, itu tuh yang sering diadakan di beberapa grup komunitas, yang mana kita ikutan setor link, terus teman-teman yang ikutan bakal komen ke link tersebut, dan sebagai balasannya saya harus komen di list postingan teman juga.

Lah, gak organik dong, Rey?
Iya sih, tapi worth it sih menurut saya untuk saling support, khususnya bagi blogger yang masih terseok dalam hal SEO, kayak saya ini, *pukpuk Rey.

Tapi, efek samping dari list bewe itu adalah, kita jadi tersiksa jika terpaksa membaca postingan orang yang gak sesuai keinginan kita, terlebih lagi kita dituntut untuk komen dengan selaras, dan panjang.
Ah untuk lebih detailnya, selanjutnya saya bakal tulis tentang hal ini deh.

Sekarang saya mau bahas tentang manfaat yang saya dapetin dari rajin komen di postingan orang.


Manfaat Rajin Komen Di Blog Orang


Tahu gak sih, rajin komen di blog orang lain itu manfaatnya banyak. Bahkan, bagi saya, blogwalking dan komen itu jadi semacam jobdesc yang harus saya lakukan setiap hari sebagai komitmen saya memilih blogger sebagai profesi saya.
Baca : Tentang Blogwalking Dalam Ngeblog, Etika Dan Manfaatnya

Dan menurut saya, blogwalking yang baik itu adalah dengan meninggalkan jejak berupa komen, bukan hanya sebatas baca dan like (jika ada tombol like-nya).

Sebenarnya, awalnya saya termasuk orang yang suka blogwalking sesuka hati, mencari tulisan yang asyik untuk dibaca, lalu meninggalkan komen dengan baik, lalu baper saat gak dikunjungi balik (((DULUNYA SIH!!))), lol.

Namun seiring waktu, ternyata saya belum berani ambil ART (takut gak bisa bayar cuy, ART zaman now mihil, masa iya cuman cuci setrika nyapu ngepel minta 750ribu, cuman 3 jam doang dan rumah tempat tinggal kami mungil banget), sementara anak-anak makin tumbuh besar, makin banyak kebutuhannya yang harus saya bantuin, dan pak suami malah kerja di luar kota.

Jadinya, waktu untuk saya ngeblog makin sedikit, sementara saya inginnya selalu rajin update.
Maklum ye, saya belum sepandai blogger lainnya yang pintar nulis jadi sekali nulis udah bisa dapetin konten yang keren.

Saya mah mau ditulis seminggu sekali juga ya jadinya konten yang gitu-gitu doang, jadi mending memperkaya postingan aja hahaha.

Dan jadilah, sekarang saya lebih memprioritaskan blogwalking ke :
  • Blog teman-teman yang saya ikuti list blogwalking, ini wajib banget, paling saya utamakan, karena emang udah komitmen sih.
  • Blog teman-teman yang meninggalkan jejak di blog saya, ini juga komitmen yang selalu saya tuntaskan setelah komitmen nomor 1 selesai, bagi saya berkunjung balik ke blog teman yang ninggalin jejak di blog saya adalah sebuah keharusan. Bahkan kadang jika teman yang ninggalin jejak, tapi pakai akun blogger, sedang blog utamanya wordpress, saya googling dengan namanya untuk nemuin blognya (((SENIAT ITUH, hahaha))), meskipun juga ada beberapa yang gagal saya kunjungi balik, karenaaaaa... pas saya kunbal eh blognya eror, entah sedang servernya sedang down atau gimana, lalu setelahnya saya lupa, huhuhu.
  • Blog dengan postingan yang menarik hati, sejujurnya, saya paling suka membaca, terlebih baca postingan temen-temen yang menceritakan kisah pribadinya, mungkin yang biasa disebut konten organik kali ya, tapi sebenarnya bukan masalah organik atau enggak sih, konten iklan pun bakal suka saya baca, asal ada implementasinya dalam kehidupannya, gak melulu berisi info (meskipun penting, kadang saya bosan baca info yang tidak sedang saya butuhkan hahaha)

Beberapa manfaat yang saya dapatkan dari komen di blog orang, yaitu :


1. Jadi Cepat Terkenal Sekaligus Semacam Personal Branding


Muahahahahaha..
Ge eR!
Narsis!
Lebay!

Baiqlah! sebut aja semuanya, tapi saya merasa takjub saja dengan apa yang saya dapatkan selama setahun eksis jadi blogger belakangan ini.
Bagaimana tidak?

Saya bisa dengan cepat dikenal teman sesama blogger, meskipun gak seterkenal blogger kondang, tapi bagi saya yang masih unyu (uhuk, i mean masih blogger baby, baby kan unyu, lol), belum ada apa-apanya dibanding temen-temen blogger yang udah 3-4 tahun atau lebih ngeblog.

Tapi bisa dikenal oleh blogger lainnya.

Satu hal yang bikin saya jadi mencuri perhatian temen-temen adalah, karena saya selalu berusaha komen dengan unik. Bukan komen basa-basi yang kadang terbaca kebasian hahaha.

Karena komen tersebut, saya juga semacam numpang branding secara gratis dan halus di blog orang hahaha.

Salah satu hal yang bikin saya merasa bahwa branding saya berhasil adalah, banyaknya orang yang memanggil saya dengan sebutan 'REY'

Ini jarang banget terjadi sebelumnya, kebanyakan teman-teman baru dunia maya, memanggil saya dengan nama Reyna atau Rayne atau Reyni atau Rene huhuhu, untung bukan Reino wkwkwkkw


2. DA cepat naik, lalu turun banyak hahahaha


Beberapa teman mungkin pernah baca postingan pengalaman saya mengejar DA 30 dengan cepat.
Baca : 8 Bulan Domain Mencapai DA 30, Begini Caranya
Saya rasa salah satu penyebab DA saya naik cepat ya karena rajin komen itu.
TAPI!!!

Yang perlu digaris bawahi adalah, DA NAIK BUKAN KARENA RAJIN KOMENNYA AJA, TAPI KARENA SAYA KOMENNYA UNIK SEHINGGA MEMBUAT ORANG KEPO DAN MENGEKLIK JEJAK SAYA UNTUK MASUK KE BLOG SAYA!

Saya rasa, banyak banget teman-teman yang salah sangka dengan naiknya DA ini, karena emang beberapa orang ada yang merasakan rajin komen, berakibat DA naik.

Padahal cara kerja DA itu bisa diintip di website Moz, dan cara kerjanya bukan cuman titip link aja, tapi berguna saat link itu di klik.

Jadi, pastikan jangan cuman komen basa basi ya, orang gak bakal kepo, malahan udah malas duluan liatnya, hahaha.

Sisi negatifnya adalah (belum dipastikan hanya dugaan sementara) saat ada badai DA turun kayak kemaren, DA saya ikutan merosot tajam, karena banyaknya link yang saya sebar di berbagai blog orang, saat blog orang turun banyak, blog saya ikutan terseret.

Thats way, beberapa blog yang komennya dikit, empunya jarang komen, tapi DAnya hanya turun beberapa poin


3. Memperluas Lingkar Pertemanan


Gimana saya gak happy dan semangat ngeblog, selama saya menjalankan profesi ini, masha Allah.. saya mendapatkan banyak banget sahabat yang perhatian.
Baca : Ketika Allah Mengirimkan Sahabat Maya Berhati Malaikat
Saya sudah beberapa tahun berkecimpung dalam bisnis jaringan, yang mana bikin saya mendapatkan banyak kenalan dari Sabang sampai Merauke, namun saya belumpernah merasakan ada yang benar-benar seperhatian teman blogger.

Mungkin karena pertemanan sebelumnya semacam ada pamrih kali ya, jadi bakalan disayang-sayang kalau menguntungkan, kalau enggak ya babay hahahaha *ops
Baca : Rahasia Yang Jarang Terungkap Dari kerugian Bisnis Oriflame Berdasarkan Pengalaman Pribadi
Sejak ngeblog dan saya rasa sejak rajin komen pastinya, saya jadi punya banyak teman, di hampir setiap kota.
Bahkan teman yang sebenarnya saya belum terlalu ngeh apalagi akrab, akhirnya jadi kayak udah pernah kenal lama, masha Allah.


Bukan hanya blogger, bahkan teman-teman non blogger yang suka baca kisah saya, ya meskipuuunn bisa dihitung dengan jari sih hahaha


4. Memperlihatkan Kualitas Kita


Well, ini sebenarnya gak bisa dijadikan patokan mutlak sih, tapi menurut saya, tulisan kita di kolom komen blog orang bisa sedikit menunjukan kualitas diri kita sebagai blogger.

Apakah kita hanya sebagai blogger pemburu backlink di komen, atau bener-bener blogger yang menganggap blogwalking sekaligus komen itu adalah bagian dari profesi sebagai blogger.

Thats way, se bosan apapun saya dengan postingan orang, saya selalu berusaha untuk tetap profesional dengan berbagai car.


5. Traffic Blog Bertambah


Selaras dengan DA cepat naik, rajin komen dengan baik di blog orang juga sudah pasti mendulang banyak traffic yang menuju blog kita.
Jadinya, blog kita juga diuntungkan dong.


6.  Membuka Ide Buat Menulis


Meskipun sebenarnya di saya, hal ini jarang terjadi, tapi pernah juga sekali dua kali saya menulis karena terinspirasi dari postingan teman.

Kalau belum puas numpang curhat di blog orang, ya saya buat lagi tulisannya biar bisa posting lebih panjang hahaha.


Setidaknya itu dia 6 manfaat yang saya rasakan langsung efeknya saat rajin komen dengan baik di blog orang lain.

Jadi, bagi teman-teman yang rajin blogwalking, jangan pelit ninggalin jejak dengan niat ya.
Jangan cuman basa basi yang kebasian.
Percuma kalau gitu, gak bakal bikin orang lain ikutan ngeklik, palingan saya aja yang ngeklik hahaha.

Ada yang suka rajin komen di blog orang juga?
Share yuk :)

Semoga bermanfaat :)

Sidoarjo, 12 Maret 2019

Reyne Raea

95 komentar :

  1. Serius ni mbak....sebanyak dan segede itu manfaatnya...???
    Kebeneran banget, saya itu hobby banget baca2 postingan, ada aja yang menarik...cuma ga selalu kasih komen...udah tahu manfaatnya begini, ntar saya setiap baca saya komentari deh....Thanks banget mbak...jadi pede ni ninggalin komen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mba, mba mah rajin banget komen di mana-mana :D
      Sampai mudah mengenalinya :)

      Hapus
  2. Ah, dirimu mah selalu keren mak. Kadang aku suka malu, udahlah ada ART di rumah tapi males buat blog walking, males bikin tulisan, males ini dan males itu. Padahal keinginan banyak banget, hiks.

    Enggak heran dirimu cepet banget dapet personal brandingnya yah, juga DA/Pa yang luar biasa. Panutankuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk dirimu juga mudah dikenal karena brandingnya madamsayy :D

      Hapus
  3. Paling suka berkunjung dan baca postingan mbak Rey karena tulisannya ngalir dan isinya curcol, ya saya pribadi juga lebih suka baca tulisan curcol tapi curcol yang berfaedah kyk postingan2nnya mbak Rey ya meski nggak tiap kali ninggalin jejak sih, hehe

    Oh jadi turunnya DA kemarin ada hubungannya dengan komentar kita di blog orang ya mbak. Saya turunnya juga banyak banget hiks tp gak papa.semoga bisa naik lagi nanti.

    Dan salah satu cara naiknya itu ya seperti yang mbak Rey ulas di postingan ini so thanks for sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sama kok mba, saya juga turunnya seabrek hahaha.
      Ya tetap disemangatin aja, nanti juga bakal naik lagi :D

      Hapus
  4. Dulu sering blogwalking mbak .Sekarang jarang banget karena blog sendiri udah jarang disentuh. hiksss :(

    BalasHapus
  5. saya kagum dengan ibu-ibu blogger yang juga sangat care dengan masalah DA PA SEO dan juga personal branding , saya yang laki saja nggak pernh perhatin masalah itu Rey, eh ikutan manggil Rey juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe the power of emak-emak :)

      Hapus
    2. nah sekarang apalagi yang nggak bisa dilakuin emak-emak

      Hapus
    3. Waktuuuuuu, memintal waktu deh kayaknya yang ga bisa dilakukan emak2, rasanya kok waktunya abis buat urus anak, suami dan rumah huhuhu

      Hapus
  6. Kalau boleh saya tambahin.....

    Blogwalking itu biasanya dikerjakan oleh orang - orang yang kurang kerjaan, KAYAK saya contohnya, hahahah....

    Tapi dengan Blogwalking kita sudah menjalankan kewajiban sebagai mahkluk sosial.

    sekaligus BW, membuat kita tahu bahwa ternyata diluar blog kita, masih banyak NARABLOG lainya yang bernasib sama, yaitu sama - sama menjadi Karyawan Suka Rela Google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haahahahhaa, ooo jadi kang Nata ini ternyata orang yang kurang kerjaan ya wkwkwk.
      Semakin banyak BW semakin banyak ide buat nulis juga mbak Rey hehehe

      Hapus
    2. Upsss.... si Nyonya Muda, datenggg.... kaburrr ahhh...ntar dilempat pakai Lipstik second. hkhkhkhk.....

      Hapus
    3. wakakakaka, iya juga sih, saya kadang mau ngakak sambil nangis, pas ada yang bilang gak sempat bewe karena sibuk, dan katanya saya enak gak ada kerjaan makanya rajib bewe, huhuhu

      Itu anak 2 orang, cucian, masakan emang sapa yang kerjakan ya?hahahahha



      Meta : Biarin aja kang Nata kurang kerjaan, biar ide menulis saya banyak :D

      Hapus
    4. kalau diperhatikan Mbak orangnya memang super sibuk, koment di blog saya saja biasanya START Di atas JAM 10 malam. Salut dech buat Embak karena bisa memanajemen waktu.

      Yang mengerjakannya adalah " KEMBARAN Mbak Reyne, yaitu si Reyni " hahahah....

      Saya banyak kok kerjaannya Mbak, malahan numpuk, salah satunya adalah memperhatikan orang yang kurang kerjaan. hahahah....

      Hapus
    5. wakakkakaka, mengamati orang kurang kerjaan juga keren wakakaka.
      Untung bukan Reino ya :D

      Hapus
  7. Salam kenal ya mbak, saya dari medan. Horas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon ngisi buku tamu dulu Mas kalau mau kenalan... setelah itu Makan ES Krim, :)

      Hapus
    2. Horas! salam kenal juga ya hehehe

      Wah kang Nata ini boleh juga jadi admin tukang jaga buku tamu hahaha

      Hapus
    3. hahahah.... maklum hanya itu SKILL saya Mbak, hahahah...

      Hapus
    4. wakakakakka, skill yang keren tuh kang hahahhahah

      Hapus
    5. Kang Nata jaga buku tamu pluuuus .. nyedian dan bagi-bagi souvenir juga dari kantong pribadi buat blognya kak Rey .. ;)



      Hapus
    6. Mas Hima > nanggung Mas, sekalian nyuci piring, bongkar tenda, ngepel, benarin dapur, dan pijitin tuan rumah, biar PAHALAnya GEde, Hahahahah.....

      Hapus
    7. waduhhh tenda di mana tuh yang dibongkar? wkwkwkw

      Hapus
  8. betul banget mbak rey,blogwalking itu paling ampuh untuk meningkatkan silaturahmi antar blogger di indonesia,dengan adanya blokwalking kita juga bisa memperkenalkan tulisan kita ke orang lain yang sebelumnya tidak kita kenal selain itu sebuah tulisan juga bisa memberikan manfaat untuk sesama,jadi enggak ada ruginya kita melakukan blokwalking ke blog teman-teman lainnya,oh,iya mbak salam kenal dari saya,kuanyu,seorang anak yang hobi blogging,he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, namanya Kuanyu? unik hehehe.
      Bener banget, komen-komen kita juga bakalan bermanfaat untuk kita sendiri kok :)

      Hapus
  9. kuy mampir ke blog saya. siapa tau postingan blog saya bisa menarik hati...
    baca satu postingan belum cukup, coba baca minimal dua...
    nice post nih.

    BalasHapus
  10. Manfaatnya banyak juga ya mbak, saya juga baru dan ini baru mulai lihat2 artikel yang bagus trus ikut nimbrung komen jadi baca sampe selesai dulu. Eh DA itu apa sih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya mba, ayo rajin komen di manapun berada, biar cepat terkenal hahaha
      DA itu domain authority :D

      Hapus
  11. Aku tuh paling suka komentar Mbak Rey di blogku karena komentarnya unik dan panjang banget biasanya. Aku sedih bulan ini karena DA blogku juga turun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awww makasih ya, sama kok, saya juga turun banyak hehehe

      Hapus
  12. yah trafic blog sy masih ga banyak perubahan...

    BalasHapus
  13. Saya punya/bikin blog list, sudah pernah saya tulis di blog juga. Tentang manfaat blogwalking dan kenapa saya bikin blog list dan save ke email sendiri (karena kemudahannya). Ya, mendapat inspirasi atau ide menulis blog pun kadang saya peroleh dari blog teman lain sehabis blogwalking. Betul, kalau mau serius ngeblog, terutama menjadikan blog tempat mencari Rupiah, blogwalking itu wajib hehehe 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, iya ya, list blog itu penting.
      Banyak ide yang kita dapatkan saat blog walking :)

      Hapus
  14. saya baru tau mbak, maklum masih belajar ngeblog ini,
    makasih infonya.....

    BalasHapus
  15. Awalnya, aku malah ngga ngerti fungsinya bewe itu bisa ningkatin grafik kak Reyno, eh# kak Rey ...
    Tadinya kukirain cuma sekedar saling silaturahmi antar blogger :)

    Makin kesini makin jadi tau kalo ninggalin jejak itu gede manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkw, Reyno lagi hanimun hahaha :D
      Bener banget, banyak banget manfaatnya :D

      Hapus
  16. Heemm... kalau soal urusan mendapatkan duit, tanpa rajin komentar di blog orang lain juga bisa kok Rey. Cuma caranya berbeda.

    Seperti iklan, sebenarnya kalau hasil pengamatan saya justru tidak ngefek kalau pengunjungnya berasal dari sesama blogger. Padahal kalau sesama blogger biasanya berkunjung ke blog lain karena membalas komentar/kunjungan.

    Buat saya sendiri komen mengomen saya lakukan bukan karena tujuan demi dapet duit atau branding atau promosi blog (walau terkadang, seperti sekarang mau tidak mau harus meninggalkan jejak berupa URL karena Google Plus mau dihapus). Saya biasanya melakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap sang blogger, kalau memang tulisannya"bagus" atau enak dibaca atau memberikan pemikiran lain.

    Jadi, bukan karena duit.

    Soal duit sendiri, saya pikir justru datang dari blog-blog dimana saya jarang meninggalkan jejak atau komen. Duit iklan Adsense kebanyakan datang dari pengunjung organik, dan karena kebetulan saya pakai itu, mau melakukan komen mengomen, uang tetap hadir kok.

    Itu pengalaman saya yah.. yang mungkin mengatakan bahwa komen mengomen tidak ada kaitan langsung dengan urusan mendatangkan duit.

    Entah kalau pengalaman Rey berbeda karena sepertinya Rey mengandalkan sponsored post atau content placement. Yang tekniknya berbeda pastinya dengan iklan Adsense.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh, nantinya saya juga pengen ikutan para mastah yang mendapatkan duit dari adsense, tapi kayaknya entar deh, kalau anak-anak udah pada mandiri, dan emaknya ini punya waktu sedikit luang buat fokus mengelola blog hehehe.

      Di ads saya belum terlalu menghasilkan sih, belum jago utak atik blog, masih belajar meningkatkan PV, dan sekarang sih saya hanya mengerjakan apa yang bisa saya kerjakan di sela-sela sedikiiitttt banget waktu yang tersisa huhuhu.

      Btw makasih banyak idenya, emang paling asyik tuh dapat duit dari ads, udah auto gitu tanpa harus ngoyo kayak sekarang hehehe :D

      Hapus
    2. Ini juga tidak benar juga Rey... bahwa untuk bisa menghasilkan dari Adsense perlu jago mengutak atik blog dan butuh waktu khusus.

      Justru inti utamanya sama saja, yaitu meningkatkan PV. Bedanya adalah kalau Rey meningkatkan PV dari kalangan blogger, saya berusaha meningkatkan trafik dari mesin pencari.

      Itupun dengan cara yang biasa saja, yaitu menulis sebanyak mungkin. Saya tidak begitu peduli dengan urusan backlink atau SEO dan sebisanya berfokus pada menulis dan menulis saja.

      Itu pengalaman saya ya Rey...

      Hapus
    3. Waaahhh suka banget baca pengalamannya, semacam ada temennya hahaha.
      Saya dulu eh bahkan sekarang sih, suka menulis sebanyak mungkin.
      Dan agak sedikit sedih saat membaca tulisan orang yang semacam meremehkan tulisan banyak tapi gak SEO hahaha

      Padahal saya menulis ya bukan cuman kejar PV sih, karena emang hobi saya tuh nulis :D

      Btw juga nih, saya sebenarnya tidak benar2 mengharapkan PV hanya dari blogger, saya sadar betul, jaraaaaaaanggg banget ada blogger aktif yang mau baca dengan seksama tulisan kita, karena mereka sendiri juga punya banyak kerjaan lain hahaha.

      Justru saya komen di postingan mereka tuh, bukan semata berharap empunya blog komen balik.
      Saya justru berharap, orang2 yang masuk ke postingan mereka, membaca komen saya dan kepo dengan saya, lalu datang ke sini.

      emang sih, kalau mau mendapatkan hasil, target terbaik itu bukan para blogger, tapi orang awam.
      Nah untuk mendapatkan orang awam inilah yang bikin saya rajin tebar backlink di komen postingan orang hehehehe

      Btw, makasih banyak atas sharingnya yaaaa, jadi nambah ide dan ilmu nih :)

      Hapus
  17. kalo urusan bewe memang mba rey ini juara nya deh.. keren banget.
    kuh bingung gimana sih ngatur waktu nya? bewe itu memakan waktu yang amat lama.

    Aku yang jobless di kantor aja gak bisa bewe banyak mba. Kadang malah ku baca-baca doang tanpa komen karena bingung mau komen apa. Apalgi kalo topiknya yang gak aku mengerti. duh, syusah deh otakku langsung kaku. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, juara apanyaaaa huhuhu.
      Ini disempat-sempatin kok :D
      Aslinya ya lumayan ngos-ngosan juga, tapi balik lagi ke komitmen :D

      Hapus
  18. Ha ha, komen-mengomen adalah kerjaan wajib bagi kita yang narablog meski pada mulanya kecewa berat kala tak balik dikomeni, yah, itu kala kita belum bikin semacam personal branding. Butuh jalan panjang untuk membangun personal branding.
    Kang Nata misalnya, komen lucu dan unik bikin saya tertarik untuk klik dan kunjung balik. Lalu kala tak balas dikunjungi, saya mesti sabar tunggu lalu komeni blognya lagi. Harusd punya inisiatif, memang. Karena bisa jadi narablognya lupa saking banyaknya blog yang harus dikunjungi.
    Saya juga termasuk insan rajin komen di blog orang. Bikin jaeingan pertemana, eh, tahu-tahu malah meluas. Kayak masuk ke dalam WAG blogwalking kita ini.
    Ikut saja untuk menjalin relasi dan meningkatkan trafik kunjungan juga semacam personal branding. Meski akibatnya pekan ini saya tak sempat menulis untuk blog. Mati listrik, lelah, anak dan suami pengen pakai komputer, saya sibuk, lalu hal lainnya yang jadi alasan untuk tak menulis di blog.
    Intinya, jelajah blog tetap penting namun jangan lupa rajin posting.
    Oh ya, soal DA yang merosot, saya belum cek dan belum tahu imbasnya apa demikian karena rajin komen di blog yang juga turun DA secara drastis. Dalam bulan Februari sampai awal Maret DA saya naiknya 4. Tak tahu turun berapa. Malas cek, ha ha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya ada caranya mba biar ga lupa.
      Jadi, saya balas dulu komennya, trus saya kunjungi blognya.
      Jadi ketahuan, mana yang sudah saya reply, berarti suah saya kunjungi balik.
      Meskipun kadang juga ada yang kelewat, karena saya banyakan bewe malam2 sih, dan ternyata beberapa teman malah server blognya down di malam hari.
      Akhirnya, saya ga bisa kunbal dan besoknya lupa deh huhuhu.

      Iya mba, mending ga usah ngecek DA terus, bikin ga semangat aja hahahah

      Hapus
  19. Wah baru ngeh ada badai DA turun, barusan pas ngecek bener donk turun 😅 btw makasii mba rey sharingnya, klo buat aku blog walking point terakhir itu bgd sih. Buat ide isi blog, karena kan blog aku khusus buku, ternyata pas blog walkin jd banyak dpt ide posting buku lain selain review 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mbaaa, kalau blognya ada niche khusus, kudu banyak2 berselancar biar dapat banyak ide ya hehehe :D

      Hapus
  20. aku jugaaaaaa hahahaha. tau dirilah, blogku ga kayak blog almarhum mas cumilebay yg selalu rame walo dia ga promosi :p. jd mau ga mau, aku hrs rajin BW setiap hari. minimal 15 blog. trus wajib bales semua komen yg masuk ke blogku jg.

    aku ga sembarangan juga sih milih BW balik ke blog org lain. ada tuh 1 pembaca yg seriiiing banget komen, tapi isinya selalu sama dan ga niat. 'trimakasih infonya'. maleeeees banget mau balik. ga aku sentuh blog begituan. :p.

    tulisanmu termasuk yg aku suka baca. Walopun sponsor, tp isinya ttp bagus, ga bosenin dan sellingnya halus :). aku suka yg begitu. hrs banyak belajar dr kamu malah kalo suatu saat aku mau monetize blog ku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awwww.... makasih mba Fanny syantiekkk.

      Iya ya, saya juga rajin Bewe karena blog belum tenar wakakakak, bahkan sekarang loh, banyak blogger yang udah tenar, bakalan turun juga PVblognya kalau malas interaksi, apalagi kalau isi blognya kurang informatif dan kurang dibutuhkan orang :)

      Hapus
  21. Aku juga merasakan manfaatnya mbakkk, trafic pengunjung jadi naik, alhamdullah.

    BalasHapus
  22. Aku suka baca blog Mbak Rey. Ringan dan gampang dicerna. Btw bisa nulis cepat gitu caranya gimana, ya mbak? Selain memang model gaya bercerita ala mbak. Tapi seolah ngedraft banget. Ihh ajarin dong.
    Oh ya, makasih juga pernah be we balik ke blog saya.
    Love you banget pokoknya Mb Rey ini. ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh makasih mba, sebenarnya saya juga gak nulis cepet banget kok mba, biasanya kepotong ama time bandit, alias teralihkan oleh berbagai hal, misal pas nulis, pas ada bunyi notif hape, trus baca deh apa yang ada di hape, sampai2 lupa waktu padahal mau nulis hahahaha

      Hapus
  23. Sedang mulai nge blog lagi. dan masih belajar. tiba tiba liat Blog mba ini. Wohiyaaa, serasa dikasih ide brilian mba hahahahaha

    BalasHapus
  24. Aku belum sampe 1 tahun nge blog, jadi masih pemula banget hihi. dan jujur baru 3 hari ini mulai membiasakan blogwalking dan ninggalin komentar di blog post yang menurutku memang menarik. semoga bisa serajin mba rey, thank you for sharing mba :)

    BalasHapus
  25. aku suka BW tapi jarang comment, hanya comment yang menurutku mmng bagus untuk diberikan comment,tpi mulai skr harus rajin comment .
    dan ternyata itu alasan mbak rey juga udah comment di blogku matur nuwun ye mba udah mampir di blogku

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyaa,lumayan kan, bukan hanya membantu performa blog teman, tapi juga menguntungkan blog kita juga :)

      Hapus
  26. dengan BW jadi punya banyak temen blogger dimana-mana, meskipun blm pernah ketemu langsung tp sudah kayak yg kenal lama, mungkin krn passion nya sama kali ya.
    ikut grup/komunitas blogger juga penting, selain nambah temen juga nambah pengetahuan ttg blog2, sayangnya di Jember aku slalu kelewatan ikutan sharing blogger, ilmu nge-blogku masih terbatas.
    dulu cuek ttg apa itu DA PA aja nggak ngerti, baca2 blog temen2 "oooo gini toh maksudnya", ya jadi ngerti dikit dikit akhirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, saya juga jadi kayak punya banyak temen deket,padahal sama sekali belum pernah ketemu, kayak udah akrab banget, padahal hanya ketemu di komen blog hahaha

      Hapus
  27. Setuju untuk DA turun banyak, soalnya DA blogku juga turun banget
    eh tapi, emang ini gara-gara blogwalking yah, ahahaha
    aku rasa ini akibat update mozrank..
    tapi memang, dengan blogwalking sering-sering, dengan kata lain kita meninggalkan jejak di banyak blog yang nantinya bikin blog kita terkenal dg sendirinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan juga mba, emang moz lagi ada penyesuaian aja.
      Sedih ya

      Hapus
  28. saya udah lama tidak BW, Blog saya juga tidak terurus akhir-akhir ini,
    dan DA blog saya juga turun drastis, apakah ini karen jarang BW yah mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mba, emang moz nya yang lagi ada penyesuaian :)

      Hapus
  29. Wuhuuu nggak heran kolom komentarnya Mba Rey selalu rameee, tuan rumahnya friendly banget suka menyapa balik :D

    Aku nggak rajin tapi suka komentar juga di blog orang lain, biasanya sih di blog yang memang rutin aku kunjungi. Kalo aku masih agak milih postingan mana yang bisa aku tinggalkan komentar, kadang kita nggak bisa komen di semua postingan kan, lah kalo nggak relate mau ngomong apa juga hahaha. Jadi aku biasanya komen yang memang (1) aku suka isi artikelnya, (2) nyambung sama kehidupanku sehari-hari dan (3) bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru.

    Nice share, Mba Rey!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya juga tuh, saya pernah kunjungan balik ke blog yang isinya sama sekali bukan hal yang saya sukai.
      Jadinya komennya cuman curcol hihihi

      Hapus
  30. Saya suka komen saat bw tp jarang yg Bw balik kecuali mba rey yg sering mampir ke postinganku. Apa krn aku pakai wordpress.org yg mau komentar aja ribet ulala ya padahal saya juga komen d blogspot kadang ada effort ada kode captcha lalala.... saya bahkan hampir nyerah sm ngeblog ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep semangaatt mba, saya juga dulu pernah baper ga dikomenin balik, tapi sekarang mah saya lebih belajar legowo, dengan menganggap komen di postingan orang adalah sarana menanamkan backlink gratis, asal pastikan komen unik, biar ada yang ngeklik, jadi meski ga dikunbal temen, tapi tetep dapat klik masuk dari orang lain yang baca komen tersebut :)

      Hapus
  31. Aku juga mbak lagi rajin banget blogwalking, baca-baca tentang artikel blogger pemula. Soalnya kebetulan aku baru banget nulis di blog lumayan banget buat cari inspirasi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu manfaat bewe ya mba, ya dapat banyak ide dari bewe tsb :)

      Hapus
  32. Wah, makasih atas sharingnya mba :D
    Jadi ada tambahan ilmu nih, hehehe...

    BalasHapus
  33. Baca tulisan Mbak Reyne seketika memantapkan niat belajar manajemen waktu untuk BW dan meninggalkan jejak. Semoga niatnya nggak sekadar niat sih, karena sibuk urus kerjaan rumah (tuh kan belum apa-apa udah ngeles ha ha). Tengkyuuu Mbak.

    Vita
    akupunmenulis.wordpress.com

    BalasHapus
  34. I went over this site and I believe you have a lot of excellent
    information, bookmarked (:.

    BalasHapus
  35. Ini mba reyne kenapa keren banget ternyata isi blognya yaampunnnnn.. sampe ke balesan komen nya pun seru hahaha, baru sempet blogwalking terus bener2 tulisannya ngajarin blogger baru kaya aku. Sering2 ya mba hehehe

    BalasHapus
  36. Poin empat. Memperlihatkan kualitas kita. Uhu! Macam ada yang menjentik saya. Hehe.
    Saya juga merasakan apa yg dialami mbak Rey, tapi baru ngertinya masalah memperluas kenalan dan meningkatkan traffic (yang baru saya sadari satu bulan terakhir ini). Kalau dapat ide menulis juga masih sangat jarang. Hahaha. Karena isi pikiran yang emang random sekali.
    Satu lagi manfaat yg saya dapat dari blogwalking, sebuah hiburan dari tulisan-tulisan dg pembawaan kocak juga pengetahuan baru yang tak disangka-sangka karna kita gak tau postingan apa yang akan kita baca di blog orang lain.
    Rasa yang berbeda dari kalau kita mencari info itu dengan mengetikkan keyword di search engines.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bangeettt, jadi tahu hal2 yang sebelumnya bahkan gak pernah kita pikirkan ya, dan emang kalau bacanya sambil bewe lebih mengena, karena sedikit banyak kita familier ama penulisnya :D

      Hapus
  37. Kalau melihat blog orang sudah sering, namun untuk meninggalkan komentar atau like bisa dibilang tidak pernah kecuali kenal. Setelah membaca blognya mba, aku jadi mulai berpikir lagi, wah komen ini mmeberikan dampak ternyata ya. jadilah saya ikutan komentar juga, berharap selain saya tim yang cuma baca tanpa komen ini mau memberikan saran pada setiap postingan blog kita. Terima kasih mba post atas postingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HIhihi, iya, sebenarnya kalau kita punya blog juga, meninggalkan komentar di postingan orang itu, sama aja dengan kita silaturahmi dan berkenalan, meski nggak perlu kenalan secara resmi :)

      Hapus
  38. Blogwalking itu sekilas keliatan sepele tapi banyak manfaatnya... apalagi kalau konten yang kita sajikan berkualitas, visitor makin betah deh seluncuran sambil baca baca tulisan di blog kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, apalagi kalau kita konsisten, jadinya pengunjung itu bakal selalu balik ke blog kita, karena mereka tahu, saat ke sini selalu ada yang baru :)

      Hapus
  39. gaya bahasa artikelnya easy going dan enak dibaca...sy sebagai bloger dgn DA unyu2 mmg merasakaan manfaat dari info sperti BW...selama ini saya mmg msh asal2an pasang link dikolom komentar web ato blog org..asal DA gede lgsg sy post aja..ee ternyata mlh DA web sy jd mrosot....wkwkwk...trims infonya Mbak..salam...

    BalasHapus
  40. Baru Komen 2021
    Angkat ✋

    Salam Kenal

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)