Selasa, Maret 05, 2019

Pengalaman Menghasilkan Uang Dari Blog Bagi Blogger Pemula Ala Rey


Assalamu'alaikum :)

#TuesdayTechno - Blogging

Bagaimana sih cara menghasilkan uang dari blog?

Pertanyaan tersebut pastinya selalu ada di hampir semua blogger pemula, demikian juga saya dulunya.
Sayangnya, dulu saya tidak sedemikian serius mencari tahu hal tersebut.
Sampai saya diajak ke sebuah event blogger oleh mba Yuniarti Nukti, seorang blogger dari Surabaya.
Lalu sesudahnya, saya diminta menulis tentang event tersebut dan lalu ditransfer uang.
Uwowwww....

Siapa sih yang gak mau uang, semua pasti mau, bahkan yang terlihat kaya sekalipun, pasti mau uang.
Kalau saya sih gak mau uang, TAPI BUTUH UANG! hahaha.

Thats way beragam cara saya coba untuk tetap menghasilkan uang, meski gak ngantor seperti dulu.

Dan setelah menyerah karena tepar bikin bisnis kue sendiri, lalu berbulan-bulan serius menekuni bisnis Oriflame.
Lalu akhirnya, waktu membawa saya ke kondisi yang tidak memungkinkan lagi bisa menekuni bisnis-bisnis tersebut, dan di sinilah saya sekarang.
Mencuri sedetik dua detik waktu untuk menulis, berlomba menekan keyboard laptop yang sudah lumayan uzur dengan si bayi.

Ya, saya memutuskan untuk mencari uang dalam dunia blogger, dunia yang dulunya saya lakukan hanya untuk menyimpan kenangan secara online.
Siapa sangka?
Ternyata bisa jadi pintu rezeki juga.


Cara Saya Sebagai Blogger Pemula Menghasilkan Uang Dari Blog


Agar mengobati rasa penasaran teman-teman yang mungkin masih awam tentang monetisasi blog atau menghasilkan uang dari blog.
Maka kali ini, saya ingin berbagi pengalaman saya selama setahun serius ngeblog dan Alhamdulillah sudah merasakan pundi-pundi transferan, meskipun tentu saja belum se uwow para blogger kondang yang sekali posting berbunyi 'jut jut' itu hehehe.
Baca : Pemasaran Bisnis Di Google Melalui Blogger
Tapi, minimal..
Rekening BCA saya gak kosong melompong deh, secara.. biaya admin BCA lumayan mahal memangkas semua saldo seiprit yang ada di dalamnya huhuhu

Nasib emang, jadi IRT tapi punya beberapa rekening, atuh mah mau diisiin apa coba Rey? hahaha

Setidaknya ini beberapa cara saya menghasilkan transferan di rekening saya lagi :


1. Mengikuti Event Blogger
Seperti yang sering saya kisahkan, event blogger itu semacam pembuka mata saya akan pundi rezeki di dunia blogger.
Karena mengikuti event blogger, diundang tanpa harus menangin kuis terlebih bayar, mengikuti seminar yang materinya super manfaat, secara saya emang seorang busui berbayi (ya iyalah Rey, masa iya busui ga ada bayinya lol)

Terus ditraktir makan siang di kafe-kafe, yang serius, kalau bukan event, mikir 99 kali saya mampir ke situ hahaha.
Iyaaa... saya emang mamak irit, alias irit dan pelit beda tipis, lol.
Pulangnya dikasih goodybag pula yang isinya beragam.

Waktu awal saya mengikuti event blogger di Surabaya, saya masih sangat awam dengan teman-teman blogger lainnya, alhasil saya memilih menyendiri dan memutuskan ngobrol dengan seorang yang juga terlihat menyendiri, dan ternyata dia bukan dari kalangan blogger, tapi kuter (kuis hunter) yang memenangkan kuis sehingga bisa diundang menghadiri event seminar tersebut.
Baca : Tips Berbaur Dalam Sebuah Komunitas Bagi Seorang Introvert Ala Rey
Dari situ saya mulai merasa, betapa blogger itu adalah sebuah profesi yang keren juga ya, bayangin..
Jika yang lain kudu ikutan kuis dulu agar bisa diundang hadir dengan gratis, saya malah diundang tanpa harus ikutan kuis dulu, terlebih bayar dulu.

Pas pulang, saya diminta menulis tentang event tersebut dan tentunya saya sambut dengan gembira, karena I LOVE MENULIS! hahaha.

Setelah tulisan tayang, saya diminta laporan postingan berupa link postingan lengkap bersama nomor rekening, lalu beberapa hari kemudian, fee nya senilai ratusan ribu cair di rekening saya.
Masha Allah, bahagiaaa banget rasanya hehehe.

Teman-teman blogger pemula yang masih awam tentang hal event blogger pasti nanya, GIMANA CARANYA SIH AGAR DIUNDANG KE EVENT BLOGGER DAN DIBAYAR?

Well, ada beberapa cara sih :
  • Berteman meskipun hanya di dunia maya dengan para blogger lainnya, termasuk blogger kondang. Waktu awal saya diundang ke event blogger, mba Yuni menemukan saya melalui akun instagram saya @reyneraea (sila di follow ya, bakalan saya auto folbek, selama ada keterangan blogger di bio nya). Waktu itu saya ingin menambah follower instagram saya, maka saya cari para blogger lainnya melalui hashtag #BloggerSurabaya dan ketemulah saya dengan mba Yuni. Eh hanya berselang jam saya balas di follback oleh mba Yuni dan tiba-tiba dia DM menawarkan saya ikutan event tersebut. Sooo.. buat teman-teman blogger yang ingin memonetisasi blognya, jangan nyaman dengan lingkaran kenyamanannya ya. Go public! jangan malu beritahu orang bahwa kita adalah blogger, dan jangan malas untuk membuat pertemanan dengan para blogger lainnya, even blogger kondang.
  • Brandingkan diri di media sosial, bahwa kita adalah seorang blogger. Selain saya mendapatkan undangan event melalui blogger dari kota yang sama, saya juga pernah mendapat undangan event dari klien yang berasal dari pusat langsung yaitu Jakarta. Waktu itu, seorang teman di instagram mengirimi saya DM, meminta nomor WA saya untuk ngobrol-ngobrol tentang rencana dia mengundang saya di sebuah event, ternyata ybs bekerja di sebuah EO yang sering banget bekerja sama dengan para blogger, dan karena melihat branding saya di instagram, dia jadi tau kalau saya adalah seorang blogger dari Surabaya, meskipun tinggalnya di Sidoarjo, muahahaha. Jadi, jangan malu brandingkan diri sendiri ya, beritahu dunia kalau kita adalah blogger, agar orang langsung ingat kita saat mereka butuh kerjasama blogger.
  • Melalui komunitas blogger. Sejujurnya, saya sudah lama banget pengen gabung dengan komunitas blogger, dulu saya sering banget mupeng ama KEB atau Komunitas Emak Blogger. Tapi pas baca syaratnya, ternyata pelaku MLM tidak dibolehkan gabung di KEB. Makanya, setelah sulit fokus di bisnis Oriflame, saya menghapus semua banner-banner Oriflame di blog saya, lalu dengan PD mengajukan diri mendaftar di komunitas tersebut, Alhamdulillah diterima. Berikutnya saya lalu mendaftar juga di berbagai komunitas blogger, seperti Blogger Perempuan Network, Momblogger Comunity, Blogger Crony Comunity, dan lainnya. Dari komunitas tersebutlah saya sering mendapatkan info tentang event blogger dan lalu mendaftar jika memungkinkan hadir.

Dibayar berapa?
Beragam! 

Untuk sebuah event blogger, tidak melulu ada bayarannya atau fee nya ya.
Ada pula yang sama sekali gak ada fee berupa duit, namun diganti dengan hal lain seperti goodybag yang nilainya juga lumayan, atau setelahnya diadakan lomba blog khusus peserta yang hadir di event tersebut.
Baca : Drama Menanti Cairnya Invoice Kerja Sama Blogger
Namun kebanyakan sih ada fee-nya meskipun event yang saya ikuti kebanyakan fee-nya masih sekitar ratusan ribu saja hehehe.
Tapi lumayan lah.


2. Menerima kerja sama sponsored post Atau Content Placement

Kalau hal ini saya rasa sudah sangat familier meskipun bagi blogger pemula.
Sponsored post adalah postingan kerjasama dengan sebuah brand, yang mana kita menulis sebuah postingan yang tentunya related dengan produk brand tersebut, dan di dalam postingan tersebut ada sebuah link eksternal yang mengarah pada produk tersebut.

Sedang content placement hampir sama dengan sponsored post, hanya saja content placement atau biasa disebut CP ini, artikel yang harus ditayangkan sudah disiapkan oleh klien / brand.

Saya sendiri sudah menerima beberapa kerja sama sponsored post, namun baru sekali menerima CP.
Itupun saya nego agar bisa diedit sedikit isi artikelnya, agar masih nyambung dengan gaya penulisan saya.

Darimana memperoleh kerja sama sponsored post maupun content placement tersebut?
Saya memperoleh dari :
  • Email penawaran, biasanya saya mendapatkan email penawaran langsung dari klien, yang katanya mereka menemukan kontak email saya di blog saya. Jadi, pastikan teman-teman mencantumkan kontak di blog masing-masing ya. Agar klien tahu ke mana harus menghubungi kita untuk diajak kerjasama.
  • Komunitas blogger dan influencer, ada banyak banget manfaat jika kita gabung ke dalam komunitas blogger dan influencer, salah satunya adalah berkesempatan diajak kerjasama dengan pihak brand. Biasanya, admin komunitas akan share beberapa job di grup yang ada, lalu blogger yang tergabung dalam komunitas tersebut yang memenuhi syarat, bakalan mengisi data diri dan menanti kabar selanjutnya jika diterima.

Btw, Dibayar berapa?
Sama, beragam! 

Ada yang menawarkan kerja sama dengan fee yang sudah ditentukan, ada pula yang menanyakan terlebih dahulu fee yang kita inginkan.
Untuk fee kerja sama saya dengan beberapa brand, selama ini masih standar aja kok, masih sekitar ratusan ribu saja per postingan, belum ada bunyi 'jut jut' gitu, semoga deh suatu saat bisa menerima fee jutaan per postingan, aamiin ya Allah.
Aamiin in ya :D


Setidaknya 2 cara itu yang saya lakukan untuk menghasilkan uang dari blog sebagai blogger pemula.
Lumayan sih ya, minimal uang pulsa gak minta pak suami lagi, lol.
Jalan-jalan makan di luar, bisa traktir saya yang bayarin hehehe.

Alhamdulillah.


Menjadi Buzzer/Influencer Dan Endorsers


Selain dari blog, ada juga beberapa pemasukan saya setelah menekuni dunia blogger.
Salah satunya dengan menjadi buzzer beberapa produk brand.

Sebenarnya, buzzer jauh lebih mudah ketimbang blogpost.
Kita hanya perlu mengupload foto di medsos, biasanya Instagram.
Jadi, jangan pikir kami para blogger plus buzzer, tiap hari kerjaannya narsis mulu.
Tentu tydac Markonah hahaha

Ada saatnya kami upload foto narsis, dan karenanya kami dapat transferan.
Ada kalanya pula kami sibuk pamer baju, sepatu, tas dan lainnya, karena emang kami lagi ngiklan hahaha.
Kami membantu brand tersebut untuk menjual produknya.

Dan hanya dengan upload foto narsis di instagram, maka terisilah lagi saldo di rekening BCA saya, muahahahaha.

Oh ya, untuk job seperti ini, saya biasanya mendapatkan dari komunitas blogger seperti Blogger Perempuan Network, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Crony Comunity, Mom Blogger Comunity, dan semacamnya.
Atau juga dari grup Facebook influencer seperti, SMSC.


Kalau teman-teman, sudah hasilkan uang dari blog dengan cara apa?
Share yuk!

Semoga manfaat :)


Sidoarjo, 05 Maret 2019

Wassalam

Reyne Raea

FB : Reyne Raea
IG : @reyneraea
Twitter : @reyneraea

******

68 komentar:

  1. Tips2nya berguna bgt nih. Thank mam. Tapi kenapa ku maju mundur trs nih mau praktekinnya.haha

    BalasHapus
  2. Kalau Embak Nanya ? sudah hasilkan uang dari Blog ? maka saya jadi berbayang akan lika - liku penuh liku - liku dan penuh luka - luka, *hahahah* dari poerjuangan saya mengais rezeki dari blog.

    Saking irinya saya lihat orang lain dapat JOb Review dan CP, maka saya kadang *ngeluh* dan membhatin " Gimana caranya saya bisa seperti Mereka, yang dapat Job melulu *sambil terbayang GENTONG beras dirumah yang mulai menipis* ". :)

    Tapi... ternyata Allah SWT, mendengar keluhan saya, akhirnya saya dapat juga JOB dari Client,.....

    Setelah Beberapa bulan kemudian Job menjadi Sepiiii... :) saya pun ngeluh lagi di dalam hati * ngak berani ngeluh terang - terangan, khawatir yang punya warung dengar, dan saya ngak dikasih BON, karena ngak ada penghasilan* hahahah...

    Maka kemudian, seorang sahabat saya Yaitu Mbak ENY , akhirnya nyuruh daftar ke situs yang suka ngasih Job ke Emak - emak blogger, dan Alhamdulillah saya dapat JOB, tapi setelah itu ngak dapat lagi.hahahahh...nasibbb..nasib...!!!

    Padahal setelah daftar ke situs itu, saya sudah berkhayal #jadi ORang Kaya # bakalan dapat uang..terus menerus... dari blog,,,,eee ternyata cuma atu doang...kikikikik.....

    Tapi sekarang Alhamdulillah... rezeki dari blog ada - ada saja, ngak dapat uang.... yach yang dapat teman, ngak dapat teman yach dapat cacian.... !!!, hahahah......

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe mba Eny yang duduk paling depan kah?
      Daftar di website apa tuh?
      Kepooo. C2live kah?
      Saya udah jarang dapat job di sana, rebutan soalnya hehehe.

      Tahun ini malah kebanyakan job dari grup influencer, agak berkurang email penawaran :D

      Hapus
    2. betoool sekali...mbak Eny si pemilik blog DuPaDe... kok tahu ? pernah ikut kuis di sana yach,mbak ? šŸ˜ƒ

      ...tg saya ikuti klu tdk salah ujung namanya Panther...

      yg nulis artikelnya mbak Eny, yg postingnya saya...hasilnya yach..bagi2 hahahaha...

      Hapus
    3. Dulu mba Eny juga sering bewe ke sini kang hehehe

      Hapus
    4. sekarang ia kemana Mbak ? Kok ngak nongol lagi....pecah kongsi yach.. ? hahahah....

      Hapus
    5. Hahaha, kayaknya sibuk tuh kang, jarang mampir lagi di sini :)

      Hapus
  3. Waaaa detail banget mbak. Komunitas dan network emang membantu banget ya untuk yang mau menekuni blogger ini. Saya belum pernah nih ikut event, pernah diundang tapi ga bisa karena pas hari kerja. Atau jadwalnya weekend dan ga ada yang bisa jagain anak. Kapan ya bisa ikutan, hehe.

    Oia ikut lomba blog juga bisa menghasilkan, kalau menang, wkwk. Kalaupun ga menang pengalamannya insya Allah bermanfaat juga, minimal ke-update deh blognya, hehe. Adsense juga bisa menghasilkan tapi blog masih belum rame dapetnya receh, hihi.

    Trus saya juga pernah dapat kerjasama untuk titip link, tapi bukan dibayar dengan uang, melainkan dengan jasa. Kebetulan perlu juga, jadi diambil. Lumayan cuma diminta ngedit tulisan lama dengan nambahin ke link yang diminta, ga perlu bikin tulisan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah gabung di grup Momblogger mbasay?
      Biar ada event mom blogger, biasanya boleh bawa anak kok.

      wah saya malah belum pernah dapat job dari konten pilar hahaha

      Btw kalau lomba blog saya udah jarang ikutan, soalnya ya gitu deh, saya kurang kreatif hahaha.
      Dijamin susah menangnya.
      Sudahlah bikin artikel lomba itu menguras waktu dan tenaga, saya lebih sreg posting tiap hari ketimbang posting 1 aja :D

      Hapus
  4. selamat sis semoga semakin banyak menghasilkan uang kalau aku satu-satunya penghasilan saya ya dari iklan karena masih pakai blogspot nggak bisa ambil review atau link placement

    BalasHapus
  5. wahh ulasan yang sangat menarik banget mbak. Awalnya ku pas baca judul, mikirnya langsung "wah, palingan google adsense", ternyata tidak disinggung sama skali. Skalian postingan mbak ini membuka pikiranku juga, "wah ada banyak juga ya cara lain".
    Lumayan bermanfaat juga informasinya. Awalnya ku buat menghasilkan cuma bermodal GA aja, itupun ditengah jalan di banned akunnya, karena kutak tau mengapa, tapi kayaknya karena blognya di jigling orang yang tidak bertanggung jawab.
    Sampai skarang aku ngeblog cuma pelampiasan menulis aja, tanpa iming-iming tertentu. Tapi didunia pertemanan ataupun lingkungan pekerjaan, aku sudah di branding orang-orang sebagai blogger, baca tulisan diatas, ternyata itu bisa dijadikan sebagai opportunity, kenapa engga ya aku ngembangin dan nyeriusin meskipun sampingan dan masih dalam proses belajar. hahaha

    Kalo masalah ikut event, aku pernah ikut sekali seumur-umur,.. tapi ga ada pengumumannya sampe skarang, tapi ku ga merasa dirugikan sih, toh eventnya masih berkaitan ama niche postingan blog ku. gak masalah wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh, ayo diseriusin :D
      Saya pasang google ads sih, tapi belum menghasilkan haha

      Makanya saya heran teman2 pada sibuk sedih karena belum di app GA nya

      Coba masuk ke grup komunitas, sering banget ada info event dan job di sana :)

      Hapus
  6. aku seringkali kepingin datang ke event-event, tapi belum pernah kesampean mba. Masih kepikiran aja sama anak secara anak saya super gak bisa diem, jadi gak bisa saya bawa-bawa ke event gitu. yang ada bukannya fokus ke acara malah sibuk ngejar-ngejar anak.

    sponsorpost sama CP juga pernah ada yg email menawarkan kerjasama itu, terus nanyain rate card. aku nya bingung dong. terus baca2 lagi deh postingan mbak rey tentang ratecard itu. Dan tetep aja bingung dong mau nentuin harganya. haha.. gak percaya diri takut kemahalan atau malah kemurahan.

    akhirnya ku pikir-pikir, trus ku tentuin rate card aku dan ku kirim via email. eh, berlalu begitu aja, gak ada kabar lagi dari pihak sana nya. hahaha..

    aku malah lumayan ada dapet transferan dari ikutan lomba ngeblog mba.

    pengen bgt deh bisa gajian dari adsense, tapi apalah daya ku yang jarang posting ini. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe boleh japri mba kalau mau detilnya, pengen buka di sini kok ga etis aja gitu rasanya hahaha

      Kalau saya emang awalnya tentukan rate card dari fee event, kalau lomba blog saya masih belum mahir mba haha

      Hapus
    2. wihh.. ciyuuss nih mba rey??
      asiiikk.. nanti aku dm di instagram ya mba.. hehehe..

      Hapus
  7. Bnr banget mbak, di dunia perbloggernya ternyata banyak pundi2 rejeki ya kalau kita mau usaha, aku beberapa dpt undangan event launch produk dgn fee yg cukup besar tp sayang selalu aja weekday acaranya, akunya kerja, hiks sedih akutuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu, kalau di Jekardah dan event beauty, biasanya fee nya gede ya.
      Ada juga kok yang weekend, rajin2 aja pantengin grup komunitas say :)

      Hapus
  8. Alhamdulillah udah menekuni banget dari awal
    Mulai dari memperkenalkan nama lewat memenangkan lomba-lomba
    Lalu memperkenalkan diri lewat event-event
    Lalu memperkenalkan konten lewat sharing di sosmed, di belakang jaket, dan dimana-mana

    Alhamdulillah skrg juga dah sering digaji sesuai rate sendiri hehe

    Semangat selalu everyonee!
    Thanks for sharing mbak! Berfaedah banget niihhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh keren nih,lomba juga cara terbaik mendapatkan uang yang lebih.
      Cuman kalau saya belum bisa pakai cara itu, tulisan ciri khas saya belum pernah bisa mengetuk selera juri hehehe

      Hapus
  9. Tarik napas. Salut pada AMbak Rey. Selalu ada banyak cara dan jalan untuk beroleh rezeki, dan itu harus diperjuangkan. Saya belum mencapai tahapan kayak Mbak. Namun semoga seiring waktu bisa menyusul. Ya, menjenamakan diri sebagai narablog itu menyenangkan. Kita punya media atas nama pribadi yang bebas dikelola dan diisi, juga beroleh rezeki berkat adanya tawaran kerja sama dari mana-mana.
    Terima kasih Mbak sudah berbagi[engalaman di atas, sangat membantu saya tentang gambaran bagaimana cara beroleh job dan rezeki sebagai naeablog pemula.
    Duh, haruisnya saya rajin menulis setiap hari. Lagi siapin tulisan namun bingung karena akan bahas hal berat tentang buku puisi orang, ha ha.
    Oh ya, saya sekarang baru dapat rezeki dari lomba blog. Semoga semacam pembuka jalan. Bismillah.
    Selalu semangat, Mbak. Kita para emak harus tangguh agar bisa berdikari dan bantu suami. Juga traktir keluarga tercinta. Saya juga senang banget kalau bisa traktir jajanan dari pasar kala habis ambil honor menulis. Bisa baso atau mie ayam. Suami doyannya mie ayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba, sharing is caring right, hehehe :D
      Keren ya mba Rohyati bisa menang lomba, saya mah jarangg banget, karena emang tulisannya acak adut kayak gini hahaha.

      Intinya menjalani dengan gembira, bersyukur dengan rezeki yang diberikan Allah melalui blog :)

      Hapus
  10. jadi termotivasi dari cerita mba rey, smoga bsa ngikutin jejaknya. amin

    BalasHapus
  11. Monmaap, Markonah tydack percaya mba Rey introvert :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk, kaaannn...kaannn... sulit dipercaya kannn hahaha

      Hapus
  12. Luar biasa ulasannya mbak Rey, saya hanya seorang newbie yg masih dalam taraf belajar menulis yg baik, rejeki yg di dpt saat ini dari ngeblog yaitu dapat teman baru walaupun dlm dunia maya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman adalah rezeki dan pembuka rezeki lainnya loh, Alhamdulillah ya :)

      Hapus
    2. Benar mbak, banyak teman merupakan rezeki yg tak ternilai harganya

      Hapus
  13. Mbak, jadi pingin curhat. Waktu itu aku ikutan event blogger kan. Free. Trus pas hari h sakit coba. Ya udah gak datang deh. Itu ngaruh nggak sih? Aku galau. Takut di blacklist. šŸ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sakit gapapa kok mba, asalkan jangan lupa konfirm ke panitia atau leader yang ngundang.
      Sakit kan masuk dalam force major hehehe.

      Ayo daftar aja lagi kalau ada event :)

      Hapus
  14. wah memotivasi banget nih tulisan mbak Rey kali ini... soalnya mengandung unsur "uang" didalamnya hihi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakakak, uang kayaknya motivasi paling besar ya hahaha

      Hapus
  15. Klu saya dapat jobnya, pernah diajak ikut campaign berkat gabung di komunitas blogger, menang lomba blog (baru sekali sih ini, hehe). Beberapa kali juga dapat email tawaran kerja sama tapi kebanyakan pada kabur. Tapi yah namanya rejeki nggak bakal lari kemana ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereennn mbaaa bisa menang lomba, kalau saya masih berat banget bersaing menang lomba, makanya sekarang jarang ikutan lomba kecuali jadi buzzer wkwkwkwk.
      Soalnya waktu dan tenaga habis, tapi gak menang.
      mending nulis 2-3 postingan deh, sebagai tabungan esok2 bisa nyumbang PV berkesinambungan hehehe

      Hapus
  16. Wah ini infonya bermanfaat banget. Selama ini masih berharap bisa ikutan family trip kayak blogger blogger sesepuh yang tenar tahun 2012an.

    Jadi semangat buat terus nulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja kok mba, perkuat aja performa blog, branding, jadi bisa diajak juga :)

      Hapus
  17. yang bagian ikutan event blogger ini loh bikin mupeng...email penawaran dari grup sering masuk, selalu terkendala lokasi tinggal dan nyari tuh produknya dimana:C saya awal2 kmrn ada tawaran Cp cuma masih butapeta ga tahu gmn hahah masih newbie banget, tapi kok ya bahasannya otomotif-.-' ada jg penawaran guest post, blum otak atik blog nya lagi buat bikin guest post..huahh masih hrs banyak belajar sama mak rey inihh , ngais2 adsense receh ga kumpul2..minimal bisa buat beli tiket pesawat mudik biar bisa ikut event blogger ya**haha ngayalll* dpt adsense segede itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya ya, saya lupa bahas ads, saking saya belum pernah cairin uang ads, kemaren intip, yaelah baru 200rebo hahaha.

      kalau menurut saya, lakonin aja dulu semua yang bisa mba lakonin, gak usah liat besar kecilnya, tapi liat pengalamannya.

      Percaya atau enggak, semakin banyak kita kerja sama dengan klien, semakin naik pamor kita dan tentunya rate card juga hehehe

      Hapus
  18. Awalnya aku cuma silent reader ke post ini, tapi akhirnya aku tergoda ikut berkomentar xixixi .. karena aku masih penasaran kok ngga ada komunitas blogger dikotaku yaa :(.
    Kata banyak orang bisa dapat banyak tawaran job review harus gabung dulu ke komunitas.
    Duh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laaahhhh justru itu peluang gede dongg..
      Pasti ada kok blogger di Magelang, nah tugasnya adalah ngumpulin mereka semua, buat komunitas.

      Coba deh gabung ama komunitas di kota terdekat, kayak Solo dan Jogja atau Semarang.
      nantinya lama2 bakal kenal banyak orang dan mudah bikin komunitas sendiri :)

      Hapus
  19. Setelah, baca artikel ini saya baru sadar kalau saya sangat awam di blogging alias cuma tahu AdSense šŸ˜…, itupun sebulan kdang gk sampai 10kšŸ˜­šŸ˜­.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, itu sama kayak saya dulu mba, taunya ads aja, itupun lamaaaa banget banyaknya hahahah.

      Tapi banyak kok blogger yang panen ads terus, coba dicari aja caranya biar ads nya bisa maksimal, kalau saya juga belum bisa sih hehehe

      Hapus
  20. Kayaknya yg paling menarik ikut event blogger ya, dateng duduk liat acara meliput trus dapat duit hehe asik, tapi sepertinya hanya dikota2 besar saja, di Medan event spt ini bisa dihitung dengan jari, sepi bok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus nulis juga mba, abis event kita nulis di blog, baru deh dapat duit hahaha.
      Di Medan bukannya banyak ya?
      Saya liat temen2 sering tuh datang ke event.
      Saya juga jarang kok, karena cuman bisa datang di event yang diadakan di weekend :D

      Hapus
  21. Jadi semangat nulis blog ni, hehe..

    BalasHapus
  22. Satu cerita pengalaman yang begitu menginspirasi mba, setelah semuanya, aku jadi makin semangat untuk terus belajar nulis. Sip lah

    BalasHapus
  23. Saya ngeblog sejak SMP, sekitar tahun 2008/2009, awalnya hanya untuk iseng-iseng curhat ala-ala ABG labil. Dan akhirnya sejak kuliah mulai belajar untuk menulis konten yang teratur, walau pun sekarang masih amburadul. Tapi, alhamdulillah bisa membuat saya memenangkan event lomba walau baru 1 kali.
    Beberapa bulan belakang mencoba memanfaatkan google adsense, tapi ternyata susah banget ngumpulin pundi-pundi lewat media ini. Apa mungkin saya aja ya yang kurang jago dalam mengoptimalisasinya? Hehe..
    Sekarang baru tau kalau mengikuti event ternyata juga bisa jadi tempat untuk mengais rezeki, semoga besok-besok saya ada kesempatan untuk ikut.
    Thanks for sharing mbak. Autofollow mbak Rey!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saya malah ga bahas Google adsense sama sekali di atas karena emang belum terlalu menghasilkan sih.
      Tapi sebenarnya, kalau performa blog udah bagus, udah ngerti caranya, memaksimalkan google ads itu beneran asyik :D

      Hapus
  24. Salam kenal Mbak Rey, makasih infonya. Saya jadi tambah semangat ngeblog.

    BalasHapus
  25. saya sendiri awalnya juga nggak nyangka dapet emailan tawaran kerjasama ngeblog, alhamdulilah fee nya bisa buat nambah2 pengeluaran hehe
    Seneng kalo dapet tawaran kerjasama spt ini, sebisa mungkin memberikan yang terbaik & sesuai deadline

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, menggiurkan ya, dulu malah sebelum blogger booming kayak sekarang, fee perposting itu berjut-jut loh.
      Keren deh :)

      Hapus
  26. seneng ada yang bocorin kayak gini.
    jadi terus semangat!!!!!!

    BalasHapus
  27. Akhirnya setelah sekian lama mencari tahu huhuhu makasih banyak infonya, Mbak Rey ^^

    Sayangnya di kota saya belum ada komunitas blogger. Jadinya saya nulis post ketika diundang event/diundang kafe bukan atas nama blogger sih. Padahal pengen banget diundang gegara blog hehehe.

    Teeimakasih tulisannya! Jadi makin semangat nulis meski masih berproses jadi content creator šŸ˜šŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kotanya di mana? boleh tuh jadi founder komunitas blogger, kumpulin blogger yang ada di kotanya, terus ajukan penawaran kerjasama buat beberapa usaha di sana :)

      Hapus
  28. wah tulisannya membantu banget nih mbak, membantu semangat ngeblog. Saya sih sudah daftar ikut beberapa jasa penulisan artikel, tapi ya gitu belum rezeki. Saya sih sadar, tulisan saya masih agak kaku plus sekarang DA anjlok dari 13 ke 6. Harus banyak berjuang lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan menyerah mba, teruslah menulis dan berkunjung ke blog temen2.
      Rezeki bakalan datang sendiri kok :)

      Hapus
  29. Kalau aku pertama kali dapat rejeki dari ngeblog itu berupa buku-buku karena menang lomba blog. Ikut komunitas blogger juga seneng banget aku karena bisa tambah teman dan wawasan. Seneng juga karena ngeblog aku bisa kenal mamak kece seperti Mbak Rey ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaooo, kece say, saya malah jarang menang lomba blog, eh bukan jarang sih, tapi JARAAAAANGGGG hahahaha

      Senang juga kenal anak muda yang semangatnya tinggi kayak Faridah :)

      Hapus
  30. MasaAllah aku dapat pencerahan nih dari tulisan Mbk rey,secara aku baru didunia blog ni,makasih y mbak teh dan salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, semangat selalu ya ngeblognya :)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...