Tuesday, April 02, 2019

Event Blogger, Sarana Berburu Goodie Bag ?

Goodie bag event blogger

Assalamu'alaikum :)

Sharing by Rey , because sharing is caring Event blogger apakah menjadi sebuah sarana bagi para blogger ala-ala untuk berburu goodie bag gratis?.

"Mbak Rey, enak ya jadi blogger, bisa datang ke event-event dan dikasih goodie bag"
Demikian kata seorang sahabat saat saya mengatakan kalau sekarang menekuni dunia blogger.
Di lain waktu, bertemu sahabat lainnya,
"Oh yang sering datang di event-event itu ya mbak? trus dikasih goodie bag gratis"
Atau juga,
"Mbak Rey, apa isi goodie bag-nya? bagus gak?"
"Goodie bag-nya menarik ya mbak, bungkusnya aja besar gitu"


Blogger Atau Pemburu Goodie Bag ?


Tidak bisa dipungkiri, mendapatkan buah tangan atau kenang-kenangan atau yang biasa disebut goodie bag saat menghadiri sebuah event blogger itu sangatlah menyenangkan.
Jangankan yang isinya produk yang mahal, bahkan isi pulpen dan notes aja udah bahagia.

Ye kan, gratis.
Lumayan, koleksi pulpen dan notes saya di rumah jadi banyak, gak perlu lagi ribet dan boros beli buku dan pulpen.

Meskipun dalam kenyataannya, pulpen yang banyak itu hanya keliatan saat tidak sedang dibutuhkan.
Saat dibutuhkan? entah mengapa pulpen seabrek itu bagai lenyap ditelan bumi hahaha.

Itu versi saya sebagai emak-emak ya, yang bukan rahasia umum, emak-emak mah doyan ama yang namanya gratisan, lol.

Tapi, benarkah saya hanya memakai profesi saya sebagai blogger demi mendapatkan goodie bag?

TENTU TIDAK DONG!!

Terus terang saya agak merasa gimana gitu, saat profesi blogger semacam makin dipandang sebelah mata oleh dunia luar.

Semacam kumpulan orang-orang yang hanya berbekal punya blog, bikin aja blog, beli domain biar terkesan agak profesional, isi blog mah sesekali aja, yang penting saya punya blog dan saya adalah blogger, jadi berhak hadir di event blogger dan berhak atas goodie bag yang disediakan.

Duh, kesannya kok kayak peminta-minta gitu, kayak gak bisa beli sendiri isi goodie bag itu, lol.
Dan saya sedih dengan cap demikian.

Meskipun mungkin... mungkin loh yaaa... ada juga blogger seperti yang dicap demikian.
Hanya punya blog dengan bermodalkan beli domain doang, lalu semangat banget menghadiri semua event blogger demi goodie bag, hadiah-hadiah dari games dan semacamnya di acara tersebut, hingga kemudian dapat fee plus bisa makan di resto terkenal, secara... kebanyakan event blogger tuh diadakan di tempat  yang keceh bin lucu bin makanannya lumayan enak yang pasti mihil aka mahal lol.

Tapiii...

Gak semua blogger kayak gitu, hanya ada segelintir saja (jika ada).

Saya sendiri, awalnya gak ngeh dengan goodie bag tersebut. Pertama kali mengikuti event blogger saat diajak mbak Yuni untuk menghadiri sebuah event saja saya  sudah senang banget.

Senangnya karena mengingat biasanya kalau ikut seminar tuh bayar, lah ini kita diundang gratis.
Pas sampai di lokasi, saya diam aja, sambil sesekali melihat teman-teman yang sedang makan.

Ternyata, udah diundang gratis, disediakan makanan yang lumayan pula, ala-ala resto di kafe gitu.
Setelah pulang makin takjub, karena dikasih goodie bag dong, dan isinyaaa? Sebuah tas yang lumayan bagus gitu.

Tentu saja saya senang banget, terlebih lagi beberapa hari kemudian mbak Yuni minta link postingan lengkap beserta nomor rekening, wooowww... ternyata masih ketambahan dapat uang juga dong.
Sungguh ku katrok but hepi, lol.

Tapi semakin sering mengikuti event blogger, semakin mengetahui pusaran rumpian teman-teman tentang hal yang sensitif si goodie bag ini, tentang blogger yang lebih menitik beratkan berburu goodie bag.

Pusaran rumpian di dalam sesama blogger mungkin adalah hal biasa, tapi... saat kecaman atau cap blogger pemburu goodie bag naik ke permukaan, terdengar oleh orang awam terutama klien.
Sungguh sedih rasanya, karena itu berarti semua blogger kena batunya, termasuk saya.


Saya Blogger Dan Saya Suka Sharing Melalui Tulisan, Goodie Bag Hanyalah Bonus


Mendapat cap sebagai blogger pemburu goodie bag, sungguh membuat saya jadi sedih.
Betapa enggak?
Karena saya sama sekali tidak pernah menamakan diri sebagai blogger hanya karena saya punya blog, tapi saya ingin berbuat banyak juga dalam dunia blogger atau narablog.

To be honnest, tidak semua event yang saya hadiri hanya karena ada apa-apanya.
Ada yang hanya dikasih Goodie bag tanpa ada fee, bahkan ada yang cuman dapat pulpen doang, karena saya datang bukan dalam kuota blogger, karena kuotanya udah penuh, tapi saya pengen ikutan eventnya.

Daaann, meskipun saya datang bukan sebagai blogger, saya tetap menuliskan review atau liputan eventnya di blog ini, lumayan kan ya, berbagi ilmu sekaligus menambah pageview blog, lol.
Salah satu contohnya adalah event dalam postingan di bawah ini :
Baca : Belajar Arti Passion Dari Suhay Salim
Atau juga beberapa event yang memang saya hadiri karena diundang, cuman dikasih Goodie bag, dan tidak ada kewajiban menulis. Seperti tulisan saya dalam sebuah event parenting yang bahkan saya beri 3 buah postingan, padahal gak ada yang nyuruh hahaha.
Baca : Orami Parenting Club - Bazar Dan Talkshow
Juga : Mengenal A Hingga Z Tentang ASI
Dan : Mengenal Babyblues Dan Postpartum Depression

See...

Event blogger bukan hanya sekadar goodie bag dan fee buat saya, tapi lebih dari itu.
Dan saya menulis juga bukan sekadar karena fee. Melainkan terlalu sayang, ilmu sedetail itu gak diabadikan dan dibagikan bagi yang membutuhkan.

Toh juga, kalau ada pembaca, saya juga yang beruntung, ye kan hehehe.


Saya Blogger Bukan Media Pers Yang Cuman Menulis Pers Release

Selain saya bukan hanya sekadar pemburu goodie bag, saya juga tetap seorang blogger, yang menulis sesuai personal saya, bukan sekadar menyalin ulang pers release yang kadang sudah disiapkan.

Itulah kelebihan kami sebagai blogger, mungkin saja kami lemah dalam SEO, tidak sehebat media pers yang selalu muncul di halaman page one Google.
Tapi tulisan kami sebagai blogger, khususnya saya sendiri, tetap punya ciri khas ala saya, bukan  ala pers.

Meskipun, saya masih berusaha untuk mengikuti cara kerja pers, yang mana hanya selang beberapa jam event selesai, tulisan sudah tayang di websitenya.
Sungguh ingin juga belajar menulis secepat itu, namun tetap menonjolkan karakter menulis saya di dalam artikel yang saya buat.


Event Blogger Bagi Saya


Jujurly (hadeh bahasa apa pula itu, lol), bagi saya, event blogger itu berarti :
  • ME TIME! Yup, bener, saya senang gak kepalang kalau diundang ikut event blogger di weekend (soalnya weekday, jaga anak bok). Setelah setiap hari berkutat dengan si bayi yang lagi GTM tapi bikin pengen nyiumin, si kakak yang selalu slow motion tapi gemesin, cucian yang selalu setia menempati ember, gak pernah sekalipun dia membiarkan ember kesepian hahaha, keranjang setrika yang juga ditemani dengan setia oleh baju kusut, piring kotor yang selalu berjejer menemani keran dapur, dan sebagainya.
Maka event blogger di weekend itu ibarat me time saya untuk sejenak lepas dari rutinitas yang suer membosankan itu.
  • Waktunya bersosialisasi dengan sesama blogger! Secara ya, sejak Senin hingga Sabtu, saya tuh di rumah aja, jangankan keluar ke tetangga, buang sampah aja saya kudu menunggu sepi dulu baru mau keluar hahaha. I need ketemu orang buat berinteraksi langsung, sebelum saya beneran jadi orang aneh gegara gak pernah berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata. Apalagi bersosialisasi dengan teman blogger, bakalan menambah keakraban dan kesolidan komunitas sesama blogger.

event blogger
senang banget ketemu teman-teman yang kocak dan ngangenin ini, pic by Niar Ninggrum

  • Ilmu baru! Setiap event, berarti bakalan ada ilmu baru yang bisa saya pelajari. Dan pastinya saya bagikan di blog ini agar bisa dibaca orang dan juga sebagai pengingat saya, pan saya sering kumat pikunnya, lol.
  • Explore tempat baru! Sebagai sobat hemat (bukan sobat misquen, gak mau miskin beneran hahaha) saya jarang banget bisa datang ke tempat-tempat instagramable, sayang duitnya. Apalagi si pak suami selalu ogah diajak nongkrong di tempat gitu, mahal dan boros katanya huhuhu. Dengan ikut event blogger, saya berkesempatan explore tempat baru dengan gratis hehehe. Duh mamak Rey ternyata matre dan norak juga yak hahaha.
  • Nyetock foto instagramable. Karena tempatnya keren, dan biasanya lengkap dengan dekorasi yang imut-imut, setiap kali event blogger merupakan surga buat nyetock foto, biar feed instagramnya beragam (Haduh maapkeun mamak Rey #TerlaluJujur, lol).
  • Happy mendapat bonus fee dan goodie bag! Meskipun kadang gak dapat apa-apa selain yang disebutkan di atas, namun saya double hepi kalau juga mendapat bonus fee dan goodie bag. Apalagi kalau fee-nya lumayan gede? waaooo emak mah double happy me time-nya

Demikianlah, arti event blogger buat saya.
Kalau dilihat-lihat, lumayan matre juga ya, tetep hepi juga dikasih gudibek.
Ye kan, hepi lah dikasih gratisan.

Tapi bukanlah gratisan goodie bag yang membuat tujuan utama saya, karena saya blogger dan saya bangga dan suka banget sharing melalui tulisan, dan i love menulis.

Kalau teman-teman gimana?

Semoga #TuesdayTechno - Blogging bermanfaat :)

Sidoarjo, 02 April 2019

Wassalam

Reyne Raea

FB : Reyne Raea
IG : @reyneraea
Twitter : @reyneraea

******




44 comments:

  1. Iyaa nie sekarang malah muncul blogger blogger baru sebagai pemburu goodiebag.... Hadu hadu.... Padahal kalau aku to be honest kalau mau review ya modal beli aja ga papa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya juga ya, kalau saya review produk apa yang saya pakai sih, jadi gak bingung mau belinya wkwkwkw

      Delete
  2. Apapun yang kita lakukan, meski positif pasti ada yang nyinyir dan berprasangka negatif. Biasa itu. Tinggal kembali kepada kita. Kalau niatnya nggak seperti itu, ya cuek saja. Karena kalau semua omongan orang terlalu kita dengerin, kita ga bakal maju-maju.

    Akupun senang kalau diundang event karena bisa silaturahim dengan sesama blogger (yg pada sibuk2 itu dan susah ketemuan kalo ga pas event), dan karena bisa dapet insight serta pengetahuan baru. Apalagi kalau pengetahuannya 'daging' semua. Wuih ga dapet goodie bag pun ga masalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba, ketemu temen blogger itu apalagi dapat seminar yang ilmunya kece, bagaikan ketemu rezeki nomplok ya :)

      Delete
  3. Wah sy malah blom prnh sekalipun ikutan acara"dlm btk apapun Mba Rey.(kasiann yah sy πŸ˜‘).. Berbagi ilmu.. Ngumpul swsama blogger dan ngikutin kegiatan yg bermanfaat dn bkn hepi. Ditambah dpt goodiebag ato apapun itu adlh bonus dan rezeki masing" ya mba. Dn patut disyukuri , masak ditolak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba, saya juga bisa ikutnya pas weekend aja kok mba :D
      Dan Alhamdulillah ilmu menarik semua, dapat fee dan gudibeg itu beneran bonus aja :D

      Delete
  4. Belum pernah menghadiri blogger gathering jadi gak tahu detailnya. Dulu tertarik hadir karena kayaknya seru bisa ketemuan teman narablog lain. Baru tahu dari blog bahwa yang hadir dapat goodie bag dan fee. Sempat mikir kalo makan harus bayar, ha ha. Gak tahu makan gratis. Makanya jadi lebih pengen hadir tetapi dalam pandangan saya kalau hadir berarti harus komit menulis liputannya. Saya kala ikut konvensi bahasa milis guyubbahasa OORUM BAHASA MEDIA MASSA di Wisma Kompas Gramedi? Pacet, Cianjur, tak beruntung dapat goodie bag dari RCTI dan Gramedia. Cuma sekali ikut, pada Desember 2004. Bayar 100 ribu dan menginap semalam plus makan enak beberapa kali. Sudah senang banget. Bisa jumpa teman milis dan beroleh ilmu dari para pakar bahasa dan jurnalis. Makanya pengen suatu saat kelak bisa hadir di acara temu narablog plus perilisan produk agar bisa menambah wawasan, jumpa teman, dan menjalin relasi. Kalau dikasih makan gratis plus goodie bag, mangga we alias silakan saja. Bonus. Duh, jadi kepikiran untuk menulis pos konvensi bahasa, sayang tak ada fotonya lagi. Akun yahoo saya lupa sandi dan rialnya semua surel terhapus gara-gara pembaruan. Hu hu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba, kapan2 ikut aja kalau ada event blogger yang dekat dengan tempat mba Rohyati.
      Asyik banget deh mba, bisa ketemu langsung temen2, apalagi kalau ada fee nya hehehe

      Delete
  5. Aku pun mba kalo ke event malah senang sama ilmunya. Paling nggak bisa ngobrol sama blogger alias orang beneran. Nggak cuma diam diam dan ngobrol lewat tulisannya aja.

    Kalo fee, nggak muna lah ya. Kadang kalo butuh malah happy banget. Kalo goodie bag itu rejeki tambahan. Ada nggak ada ya nggak apa buatku.

    Kalo workshop dan dapat ilmu baru, ini baru rejekiiiiii banget mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, senang banget bisa ketemu dan berinteraksi langsung dengan banyak blogger lainnya :D

      Delete
  6. Eh ternyata ada ya yang bilang blogger pemburu goody bag, duh ikutan sedih Mak Rey hiks. Aku ikutan acara yang dipoto itu aja kudu muter2 jalan Surabaya yang ditutup gegara pawai bunga.

    Bukan gegara sekedar berburu oleh2 liputan, atau bahkan pengen makan enak di sono (lah aku benci nasi ala timur tengah wkwkkw) tapi me time dong :)

    Seneng ketemu sesama emak blogger yang kocak, dan tentu ilmu baru pastinya. Jalinan pertemanan ini yang lebih seru, ..dan ilmunya bs dibagi. Itu mungkin salah satu tabungan pahala emak2 berdaster, dengan berbagi melalui curhatan. Eh salah. Berbagi melalui tulisan :p

    Oia, aku juga seneng bisa nyetok poto haha. Mayan, bs kasih makan Instagram @akuanggraenisepti hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakkaak, jadi ingat ada yang cuman makan kentang kemaren :D
      Tapi beneran yak, buat mamak2 kayak kita, event blogger itu beneran kayak me time banget :D

      Delete
  7. Asyik sekali mbak Rey setelah capai dan jenuh di week day, pas weekend bisa kumpul2 dgn sesama blogger di event ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr, event blogger beneran jadi me time banget :)

      Delete
  8. saya yakin ibu Rey bukanlah blogger semacam itu dan anda adalah blogger tangguh, saya malah nggak pernah ikut event blogger di Indonesia, kalau di luar negeri pernsh dua kali di Malaysia dan Singapura

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, heheheh.
      Wah asyik tuh ketemu blogger internasional heheh

      Delete
    2. udah lama sis waktu masih full time blogger 2013 sekarang blogger jadi pekerjaan kedua

      Delete
    3. Pengalaman yang hebat pak, boleh tuh diabadikan di blognya :)

      Delete
  9. widih-widih dapet goodie bag,yee,selamat teh rey,ngomong-ngomong itu di daerah mana ya teh,sepertinya blogging sudah menjadi sesuatu yang populer sekali,he-he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok sekarang event blogger, ayo gabung komunitas, biar di undang :)

      Delete
    2. wah, boleh tu teh, tapi di daerah kmi enggak ada komunitas teh, jadi kalau mau gabung bagaimana ya,he-he, biar bisa nambah ilmu gitu,wkwkckk

      Delete
    3. Gapapa, bikin komunitas sendiri, trus kopdar deh, setelah itu bisa cari sponsor barengan :)

      Delete
    4. wah, boleh juga tuh teh rey idenya, coba dulu ah,barangkalai ada yang sehati dengan saya, ha-ha

      Delete
    5. Banyak yang kayak gitu kok, cari sponsor sama - sama menguntungkan :)

      Delete
  10. Rasanya aku pengen ikutan dateng ke event krna blom pernah sama sekali.karna.... Aku mahs newbie bangt.

    Terus, pulpenπŸ˜‚πŸ˜±πŸ˜‚πŸ˜±πŸ˜±sama aja kak. Aku pun gt. Pas butuh kok pada gak ada haha...

    Btw, aku juga gak suka kalo profesi nulis dianggap cuma nyari uang, hadiah, dll. Tanpa mereka pikirkan kalo tujuan nulis tuh gak hanya materi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo daftar kalau ada event, asyik banget kalau bisa ketemuan temen2 blogger :)

      Delete
    2. Gak prnah tau kalo ada event kak. Iya pasti seru
      .

      Delete
    3. Kalau ikut komunitas, biasanya di share info kalau ada event :)

      Delete
  11. Halo teh rey,yuk berkunjung ke blog saya yang baru,he-he,kemarin sempet enggak aktif karena sedang perbaikan,tapi sekarang sukurlah sudah berjalan normal lagi,iya mbak itu kadonya bagus banget,he-he,

    ReplyDelete
  12. event blogger sarana buat nambah ilmu, nambah temen, sharing2 tentang dunia blog dan pernak perniknya. dapet gudibek adalah semacam souvenir. yang penting bersosialiasi tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, sosialisasi itu gak bisa ditukar dengan apapun :)

      Delete
  13. wah rame banget ya kak, pada kumpul getu, pasti asyik banget bisa sambil ngrumpi masalah blogger ya hhhh :D

    ReplyDelete
  14. Wah saya jarang datang ke event nih apalagi kalau niatnya buat dapetin goodie bag, yang saya senang kalau ikut event ya bisa bertatap muka dengan sesama blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mbaaa, ketemu blogger lainnya yang biasanya cuman kita baca kisahnya di blog ya :)

      Delete
  15. Owh dulu saya juga pernah denger soal cap itu. Padahal kan bisa dapet banyak ilmu yang tak bisa kita cari di Google ya ?. Saya sendiri belum pernah ikutan event. Bentrok terus sama waktu kerja 😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaooo si mingce sibok muluuhh..
      Ayo ikut event di weekend, kayak saya hahaha

      Ternyata cap begini terkenal yak, jadi sediihh huhuhu

      Delete
  16. Kaget juga ya baca post Mbak, sampai ada yang bilang pemburu goodie bag... Baca blog Mbak selalu enak deh, topiknya dan bahasanya pun ringan :) "Saat dibutuhkan? entah mengapa pulpen seabrek itu bagai lenyap ditelan bumi hahaha." Ini benar-benar kalimat favorit saya dari seluruh isi di blog Mbak yang berhasil bikin saya ketawa-ketawa sendiri, terima kasih ya Mbak info serta menghibur hari saya <3

    ReplyDelete
  17. Ya ampun kk aq koq merasa sama ya,, apalagi aq pernah di bilang banci tampil krn selalu ada di semua event kota Medan, tp yah gpp dia ga tau aja kadang ada event yg aq rela bayar utk dtg kesitu. I don't care hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. haahahhaa, orang-orang selalu liat di luarannya aja ya :D

      Delete
  18. Wahhh bener mba...
    Saya ikut event2 bloger juga baru blkgn ini stlh msk komunitas.
    Goodie bag juga bonus buat saya..
    Yg saya kejar adalah me time dgn kumpul2 bareng tmn2 komunitas blogger...
    Dan saya juga ftm spt mba rey..

    Menulis buat saya juga me time, utk menyalurkan sekian ribu kata yg memang hrs dikeluarkan oleh kita sbg perempuan untuk menjaga emak tetap waras kwkwkwkwkwk

    Hidup emak blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tooosssss...
      Me time bangeeettt deh ikut event itu me timeeee :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)