Sunday, April 07, 2019

Belajar Pijat Bayi Melalui Sentuhan Cinta Johnson's

Sentuhan Cinta Johnson's

Assalamu'alaikum :)

Sharing by Rey , because sharing is caring - Manfaat pijat bayi sesungguhnya banyak banget, namun sayang, tidak semua ibu mengetahui tentang tujuan dan manfaat pijat bayi tersebut.

Bahkan, masih banyak ibu yang kurang ngeh tentang pentingnya pijat bayi, dan membiarkan waktu berlalu tanpa sekalipun memijat bayinya, atau paling banter malah memilih pijat ke dukun bayi, atau ada pula yang memilih ke tempat baby spa.

Padahal, memijat bayi punya manfaat yang baik banget buat ibu dan sikecil, dengan selalu memberikan tugas pijat ke dukun bayi atau baby spa, maka hilanglah satu kesempatan kita meraih manfaat dari pijat bayi tersebut.



Ngomongin tentang pijat bayi, saya sebenarnya sudah mengenal tehnik memijat bayi ala Johnson's sejak si kakak Darrell masih bayi sekitar 8 tahun lalu.
Waktu itu saya mendapatkan kado paket perlengkapan baby care Johnson's dari teman kantor, dan di dalamnya ada CD pijat bayi. Daann, sayapun excited mengikuti step by step pijat tersebut.

Menjelang usia si kakak 3 bulan, kami harus tinggal di rumah mertua, dan saat saya memijat si kakak dengan tehnik ala Johnson's yang saya lihat di CD, langsung deh saya kena marah, katanya cara saya memijat bayi itu salah dan kebalik, hehehe


Sejarah Pijatan Dan Fakta Tentang Bayi


Pijat bayi biasa disebut dengan stimulus touch,  yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan yang sangat diperlukan bayi sejak lahir dari orang tuanya, seperti kebutuhan fisik biologis yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak, sistem sensori serta motoriknya.

Dan sentuhan atau pijat pada bayi setelah kelahiran akan memberikan jaminan adanya kontak tubuh yang berkelanjutan yang dapat memberikan perasaan ama berkelanjutan bagi bayi.

Ada beberapa fakta dari sejarah pijat bayi, yaitu :

  • Terapi pijatan adalah salah satu bentuk pengobatan tertua, terbukti dari penggunaannya di Cina, India, dan Mesir lebih dari 5000 tahun yang lalu. Bahkan para dokter di Cina dari Dinasti Tang juga meyakini bahwa pijat adalah salah satu dari empat teknik pengobatan yang penting.
  • Hippokrates mendefinisikan obat sebagai “seni mengusap” pada 400 SM
  • Menurunnya penggunakan terapi pijat dalam pengobatan barat dipicu oleh adanya revolusi farmasi di tahun 1940-an
Secara ilmiah, pijatan menstimulasi hormon rangsangan di dalam tubuh manusia, mengatur fungsi-fungsi seperti nafsu makan, tidur, ingatan dan belajar, pengatur temperatur, mood, perilaku, fungsi pembuluh darah, kontraksi otot, pengatur sistem endokrin (pengatur metabolisme, pertumbuhan, dan pubertas) dan depresi.

Lebih menakjubkannya lagi dengan mengetahui bahwa bayi-bayi prematur yang setiap harinya diberikan pijatan selama 15 menit, akan tumbuh dan mengalami kenaikan berat badan 47% lebih cepat daripada bayi yang tidak menerima pijatan. Bayi-bayi tersebut juga keluar dari rumah sakit lima hingga enam hari lebih cepat daripada bayi lainnya.


Manfaat Pijat Bayi


Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pijat bayi, di antaranya adalah :
  • Pijat atau sentuhan-sentuhan ibu yang dilakukan melalui ritual pijat bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi, sehingga saluran pencernaan jadi lebih lancar dan makanan yang ada dapat diserap dengan baik.
  • Pijat juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi serta kepadatan mineral tulang bayi.
  • Pijat dengan sentuhan cinta berpengaruh terhadap sistem saraf, karena stimulasi sensorik selama pijat tekah terbukti membantu otak bayi untuk berkembang.
  • Pijat bayi dapat mengurangi kerewelan bayi, karena merasa nyaman. Juga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bayi serta lebih mudah bersosialisasi karena sering melakukan kontak mata dengan ibunya, yang mana ibunya akan mengajarinya senyum dan berbicara dengan ramah.
  • Pijat bayi dapat meningkatkan bonding antara ibu dan anak, dan juga meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi
  

Tentang Sentuhan Cinta Johnson's


Seperti yang kita ketahui, pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1000 kelahiran, setelah setiap tahunnya menurun sejak tahun 2012 yang saat itu mencapai angka kematian bayi 32 per 1000 kelahiran.

Untuk itu, perlu dukungan dari semua pihak agar kualitas kesehatan bayi di Indonesia dapat tumbuh optimal.

Penelitian  menunjukan bahwa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, karena pertumbuhan dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan periode berikutnya, hingga bayi menjadi dewasa.

Selain nutris yang cukup, sentuhan ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi, ikut menyumbang pertumbuhan bayi secara optimal.

Dan karenanya, Johnson's, sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka, yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta.

Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya pada periode emasnya.


Pelatihan Pijat Bayi Dan Manfaat Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil


Sabtu, 6 April 2019 lalu saya beruntung dapat menghadiri seminar pelatihan pijat bayi yang diselenggarakan oleh Johnson's bekerjasama dengan The Urban Mama di hotel Ibys Style Jemursari, Surabaya.

Sentuhan Cinta Johnson's
Beragam produk Johnson's

Karena si bayi it's not a baby anymore yang mana sudah sulit diminta diam saat akan dipijat nantinya, jadilah mengandalkan alat peraga pijat yang disediakan yaitu boneka.

Acara di mulai sekitar pukul 9.30 pagi, saya bersama puluhan blogger The Urban Mama Surabaya segera mengisi absen pendaftaran dan diberi nomor tempat duduk, juga diberi 1 buah paper note yang bakal kami tuliskan pesan-pesan semangat buat para ibu-ibu di Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Sentuhan Cinta Johnson's
papan dukungan kami buat ibu-ibu di Randusongo, Gresik

Sebagai komitmen membantu program pemerintah, Johnson's bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur dan kamipun, turut memberikan semangat meski hanya lewat sebaris kalimat dalam selembar kertas kecil.

Setelahnya, kamipun berduyun-duyun masuk ke dalam ruangan yang di dalamnya sudah ditata dengan rapi dan cantik.

Sentuhan Cinta Johnson's

Acara di buka oleh sang MC yang menjelaskan tentang sejarah pijat bayi dan juga peranan penting Johnson's dalam mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan bayi.


Mengintip sepak terjang team Johnson's dalam mengenalkan Sentuhan Cinta ke daerah terpencil.

Berikutnya, tak lupa mba Wynne Lukman sebagai branch manager Johnson's Baby ikut memaparkan cerita seperti apa antusiasnya team Johnson's Baby mendukung program pemerintah dengan program Sentuhan Cinta, yang mana mereka sampai rela explore wilayah-wilayah terbelakang yang masih sedikit terisolasi dari dunia luar, demi mengenalkan pentingnya sentuhan cinta ibu dalam sebuah pijat bayi.

Sentuhan Cinta Johnson's
Ibu Wynne Lukman

Untuk tahun 2018 lalu, team Johnson's mendatangi 3 lokasi berbeda yang ada di pelosok Tapanuli hingga Maluku, dan begitu terharu karena mereka disambut dengan bahagia oleh ibu-ibu di daerah tersebut dan para ibu tersebut sangat berterimakasih pada Johnson's karena telah mengenalkan Sentuhan Cinta ibu kepada mereka.

Saya sebenarnya juga mengikuti perjalanan team Johnson's tahun lalu melalui IG story Grace Melia, seorang mom blogger inspiratif asal Jogja yang ikut dalam team tersebut, mengexplore beberapa tempat terbelakang.

Dan mendengarkan langsung dari cerita mba Wynne, mau gak mau nyaris menitikan air mata karena terharu akan perjuangan mereka.


Pentingnya Stimulasi Bayi Sejak Lahir Melalui Sentuhan Atau Pijatan

Selanjutnya tampil dr. Dyah Retno Wulan SPa yang menjelaskan tentang tentang pentingnya stimulasi bayi sejak lahir melalui sentuhan atau pijatan ibu yang akan berkelanjutan hingga tumbuh kembangnya nanti.

Sentuhan Cinta Johnson's
dr. Dyah Retno Wulan SPa

Sejak awal terbentuk kehidupan, ketika sperma dan sel telur bertemu dan dengan kuasa Allah berkembang menjadi sebuah kehidupan bayi, masa emas awal kehidupan bayi sudah berjalan.
Setelah 9 bulan lamanya berada di kandungan, saat lahir ke dunia, bayi akan selalu mengharapkan sentuhan ibunya, agar bisa belajar bertahan di dunia yang berbeda dengan rahim ibunya.

Sentuhan ibulah yang membuat bayi banyak belajar mengenali dunia, belajar untuk terus tumbuh dan berkembang.

Sentuhan ibu adalah stimulasi, merupakan kegiatan yang dilakukan setiap harinya, agar dapat merangsang semua indera bayi.
Stimulasi tersebut jika dilakukan secara terus menerus dapat mendorong keterampilan anak baik emosional maupun motorik.  Juga sentuhan cinta ibu juga dapat membantu perkembangan sistem saraf pada bayi.

Selain itu, pijat bayi juga bermanfaat bagi ibu sehingga dapat mengerti bahasa-bahasa non berbal yang disampaikan oleh sang bayi. Stimulasi sentuhan cinta melalui pijat bayi secara rutin terutama pada periode emas 1000 hari pertama kelahiran bayi, akan berlanjut dan dapat membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.



Serunya Berlatih Pijat Bayi Bersama


Dan akhirnya, kegiatan yang ditunggu-tunggu tiba juga.
Mba Gina Puspanti Anggraeni, seorang instruktur pijat bersertifikat dari Johnson Baby beserta teamnya mulai memperagakan cara memijat bayi yang benar kepada kami yang sudah penasaran dan semangat menunggu sejak tadi.
 
Sentuhan Cinta Johnson's
Mba Gina Puspanti Anggraeni



Tehnik memijat bayi ala Johnson's memang dikembangkan berdasarkan ilmu pengetahuan dan bekerja sama dengan para dokter spesialis anak.
Jadi, semua gerakan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kenyamanan bayi.

Ada banyak gerakan yang berbeda dengan pijatan ala orang tua zaman dulu.
Misal, memijat di bagian hidung bayi.
Jika tehnik memijat ala Johnson's dengan cara menyentuh lembut dari batang hidung bagian atas menuju bawah, hal ini bertujuan agar kotoran yang ada di dalam pangkal hidung bayi bisa keluar bersamaan dengan gerakan lembut memijat tersebut.

Namun, berbeda dengan tehnik ala nenek-nenek jadul, gerakan memijat hidung bayi, justru dimulai dari bagian bawah hidung lalu ditarik ke bagian atas hidung dengan tujuan supaya hidung bayi jadi mancung katanya, muahahaha.
Atuh mah nenek...
Kalau hidup emak bapake pesek, ya meski ditarik dan dijepit pakai jepitan jemuran juga tetep pesek kali nek, muahahaha.

Karena penasaran, saya mempraktekan gerakan tersebut untuk memijat hidung sendiri.
Dan ajaib, iyaaa.. bener... pijatan dari bawah ke atas itu beneran menimbulkan efek pusing di kepala saya.

Sentuhan Cinta Johnson's
Antusias belajar memijat bayi
Sebaliknya, gerakan memijat dari atas batang hidung ke bagian bawah, lebih terasa menenangkan.
Itu saya loh, seorang emak-emak berusia 30 puluhan tahun.
Bayangin hal itu kita lakukan ke bayi mungil yang tentunya kulit maupun tulangnya masih lebih rawan dibanding kita.


Step by step gerakan memijat bayi ala Johnson's


Sebelum memijat bayi, ada beberapa hal penting yang haru diperhatikan, di antaranya :
  • Memilih waktu yang tepat saat bayi sedang bangun, tidak lapar ataupun terlalu kenyang.
  • Menyiapkan berbagai perlengkapan, seperti Johnson's baby oil yang bisa digunakan saat memijat bayi sebelum mandi atau Johnson's baby lotion saat memijat bayi saat hendak tidur di malam hari.
  • Menggunakan tempat yang nyaman, dengan posisi bayi bisa melihat wajah ibunya, agar tercipta kontak bonding antara ibu dan bayi, pencahayaan yang pas serta suhu ruangan yang nyaman.
  • Mencuci tangan dan melepaskan berbagai perhiasan jika ada.

Dan step-step memijat bayi ada beberapa macam, yaitu :



Wajah
Ada 5 rangkaian tehnik pijatan wajah bayi, yaitu :
  • Gerakan caress love yaitu sentuhan cinta pada wajah bayi dari dahi ke arah samping wajah bayi.
  • Gerakan relax, yaitu pijatan lembut pada alis bayi.
  • Gerakan cyrcle down, yaitu pijatan dari bagian sudut mata bagian dalam ke arah pangkal hidung sampai ke arah tulang pipi dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari atau telunjuk.
  • Gerakan smile, yaitu pijatan di atas mulut bayi menuju arah pipi, seperti senyum bayi.
  • Gerakan cute, yaitu pijatan di daerah bagian belakang telinga menuju dagu bayi.

Dada
  • Gerakan butterfly, yaitu pijatan menyerupai sayap kupu-kupu di dada bayi dengan menggunakan kedua tangan.
  • Gerakan cross, yaitu pijatan menyilang menggunakan kedua tangan secara bergantian, membentuk cross di dada bayi.



Perut
  • Gerakan mengayuh, yaitu gerakan memijat dari atas perut ke bagian bawah yang dilakukan dengan 2 tangan secara bergantian.
  • Gerakan bulan matahari, gerakan memutar dengan menggunakan 2 tangan secara bergantian dan tidak putus dari arah perut bagian kiri, memutar searah jarum jam.
  • Gerakan I Love You, yaitu gerakan memijat berbentuk huruf I di bagian perut kiri bayi, lalu L terbalik, serta U terbalik.
  • Gerakan Walking finger, yaitu gerakan jari-jari berjalan di atas perut bayi dari bagian kiri perut searah jarum jam.
  • Gerakan relax, yaitu gerakan mengangkat kaki bayi dan ditekukan sampai mengenai perut bayi


Tangan


1. Milking atau memerah
  • Milking India, yaitu gerakan memerah lembut tangan bayi dari pangkal tangan bagian atas, hingga ke pergelangan tangan bayi.
  • Milking Swedia, yaitu gerakan memerah yang arahnya kebalikan dari milking India.
2. Gerakan rolling atau pijatan menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

3. Gerakan squeezing atau pijatan memeras, yaitu pijatan seperti memeras pakaian dari pangkal lengan ke pergelangan tangan bayi.

4. Thumb after thumb, yaitu pijatan pada telapak dan punggung tangan bayi.

5. Gerakan spiral, yaitu pijatan memutar pada telapak dan punggung tangan bayi.



6. Finger shake, yaitu pijatan pada jari.

7. Relax, yaitu gerakan menyilangkan tangan bayi di dadanya, serta mempertemukan ujung tangan bayi dengan ujung kaki bayi secara bersilangan.


Kaki

Hampir sama dengan pijatan pada tangan, gerakan pijatan di kaki juga meliputi milking, rolling, squeezing, thumb after thumb, spiral dan relax.


Punggung
  • Go back forward, yaitu pijatan maju mundur.
  • Slip, yaitu gerakan meluncur di punggung bayi
  • Mengayuh
  • Spiral yaitu gerakan memutar
  • Menggaruk

PENTING!!
  • Jangan memijat bayi dengan keras.
  • Jangan menyentuh tulang punggung bayi.
  • Ulangi setiap gerakan sebanyak 6 kali dengan ritme 8 ketukan setiap kalinya.
  • Selalu pandangi wajah bayi dan tersenyumlah padanya.
  • Gerakan tidak perlu berurutan, namun harus diselesaikan agar hasil sempurna.
  • Hentikan jika bayi menangis atau rewel.
  • Selalu gunakan baby oil atau baby lotion yang mengandung mineral oil alami seperti produk Johnson's. 


Seru kan, i told you, event kemaren tuh beneran bermanfaat banget, khususnya bagi ibu yang memiliki bayi, ibu hamil maupun yang merencanakan kehamilan.
Kalau masih bingung, boleh banget intip postingan selengkapnya di artikel tentang pijat bayi ini.
Di artikel tersebut juga kita bisa mengunduh modul pijat bayi yang lengkap.

Sentuhan Cinta Johnson's


Rutinitas pijat bayi tuh beneran semacam we time ibu dan bayi, ibu jadi makin cinta pada bayi, serta bayi jadi semakin nyaman dan belajar banyak hal dari sentuhan cinta ibunya.

Jadi buibu, jadikan sentuhan cinta melalui pijat tersebut secara berulang kali di rumah ya, dan jadikan baby spa hanya sebagai refreshing bayi saja yang dilakukan sesekali.


Yuk Dukung Sentuhan Cinta Johnson's untuk posyandu di Gresik


Tahu gak buibu?
Kita juga bisa ikutan mendukung program Sentuhan Cinta Johnson's untuk pembangunan posyandu di Randusongo, Gresik loh.

Caranya dengan berdonasi dengan pembelian produk Johnson's senilai minimum Rp. 25,000 di Alfamart dan Shopee.

Atau bisa juga dengan membeli Johnson's baby oil 125 ml atau Johnson's Top-To-Toe Bath 400 ml atau Johnson's baby lotion 200 ml di toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta Johnson's

Karena dengan membeli produk di atas, kita sudah otomatis ikut menyumbang Rp. 500,- guna membantu pembangunan sarana posyandu di Gresik



Keterangan lengkap silakan kunjungi
Atau melalui instagram resmi @JohnsonsBaby_id
Serta facebook @JohnsonsBabyIndonesia


Jadi..
Siapa nih yang sering memijat bayinya?
Jangan lupa pakai Johnson's baby oil atau lotion ya :)

Sentuhan Cinta Johnson's

Terimakasih Johnson's yang telah mengundang saya mengikuti acara penuh gizi ini, dan terimakasih juga The Urban Mama yang telah mengfasilitasi kami para mom blogger untuk mengikuti acara tersebut.

Semoga bermanfaat


Sidoarjo, 07 April 2019

Wassalam

Reyne Raea

FB : Reyne Raea
IG : @reyneraea
Twitter : @reyneraea

******





Sumber :
  • https://www.johnsonsbaby.co.id/memijat-bayi
  • http://detiklife.com/tag/sejarah-pijat-bayi/



99 comments:

  1. Lucu ya nama-nama gerakannya tapi justru karena itu jadi gampang diingat. Kalo saya dulu seringnya ke dukun bayi mbak Rey, soalnya masih kurang ilmu dalam hal pijat bayi, harus sering-sering ikutan event begini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba, kalau saya malah ga pernah mijetin bayi ke tukang pijat, kasian aja liatnya sakit soalnya hahaha

      Delete
  2. Bayi ketiga saya masih 8 bulan dan jarang saya pijat tidak seperti kakak-kakaknya hampir setiap hari. Faktor lupa, setelah baca artikel mbak rey jadi semangat lagi pijat si dedek, biasanya saya pijat sebelum mandi pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iy mba, kadang kalau udah anak kesekian jadi kurang semangat mijet ya :D

      Delete
  3. Hihi ..bunda mah udah gak perlu lg teori pijat bayi. Bahagianya ya emak2 zaman now segalanya aca pelatihan, pengarahan dll.

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, dulu tuh, saking saya kepingin mancung, saya sering banget pakai jepitan jemuran untuk memancungkan hidung.Hasilnya ya hidung malah pesek aja tuh. Pijatan ibu untuk anak bayinya emang diperlukan sekali ya, Mbak. Beberapa cara dan teknik pemijatan memang seharusnya dimiliki oleh para orang tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, mbaaa bisa aja :D
      Kalau saya dulu malah sering banget taruh buku berat2 di kepala biar saya gak jangkung.
      Kayak malu gitu saya jangkung sendiri di antara temen2.
      Sekarang bersyukur karena badan agak jangkung, gendutpun sedikit tersamarkan hahahah

      Delete
  5. Jadi tahu kalau ternyata pijat bayi itu banyak manfaatnya.... Dan tata cara memijat bayi pun ada aturannya. Dulu saya sering abai untuk memijatkan anak saya waktu masih bayi... Kalau melihat dari sisi manfaatnya para mahmud yang ingin punya bayi atau sedang hamil dan sudah mempunyai bayi perlu diedukasi untuk mengenal teknik memijat bayi yang benar ya mbak... Karena memijat bayi ini penting banget demi tumbuh kembang bayi-bayi kita menjadi anak yang sehat dan cerdas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, sederhana tapi manfaatnya besar banget :)

      Delete
  6. Bener bgt mba, mertuaku sering pencet2 idung anakku katanya biar mancung wkwk

    Oya aku jg bljr pijat dari Johnson ini, kebetulan punya cd nya yg sepaket sm peralatan bayi gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, banyak loh mamah-mamah muda yang belajar pijat dari CD tersebut hehehe

      Delete
  7. Mbak reeeeeyyyyy. Makasih banyak udh dishare ilmu kecenya. Lengkap pisan. Aku maulah praktekinnya tentunya pakek produk johnson.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh sama-sama mba, mari kita pijat memijat bayi :D

      Delete
  8. Aku belajar praktek pas anak pertama, sampai sekarang anak-anak suka minta pijat sebelum tidur.
    Terimakasih mba lengkap banget penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh kebawa juga kayak bonding sebelum tidur ya mba :)

      Delete
  9. Memijat bayi selalu jadi salah satu momen yang paling saya suka ketika anak-anak masih kecil. Bonding ibu dan anak berasa banget di sini. Paling suka kalau lihat anak-anak merasa nyaman saat dipijat. Setelah itu dilanjut dengan minum ASI dan tidur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak sampai sekarang masih suka minta dipijat kalau mau tidur karena udah kebiasaan. Tetapi, kalau udah gede, tentunya beda pijatannya. Paling saya pijat lembut jidat mereka aja. Gak lama kemudia tidur deh dengan nyenyak

      Delete
    2. Iya mba, jadi kangen punya bayi lagi ya mba hahaha

      Delete
  10. Aku jadi ingat pas anakku kecil, dia sering sekali aku pijat. Bisa juga buat bonding anak dan ibu ya mba

    ReplyDelete
  11. Jadi flashback jaman2 msih punya bayi. Akutu paling ngga bsia mijit sebenernya. tapi kalau mijit bayi, aku paling bisa! hahahha. Karena tubuh bayi itu kecil, jadi aku ngerasa mampu mijitinnya. Apalagi kalau pas masuk angin. Begitu denger suara kentutnya itu, alamaaakkkk leganya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah bener mba, ya ampun rasanya kayak dapat penghargaan yak, padahal kalau udah gede, dia kentut mungkin kita ngamuk hahaha

      Delete
  12. Jadi inget dulu waktu anak-anak masih bayi. Gemes lihat ekspresi mereka waktu dipijitin. Matanya berbinar-binar kesenengan hehehe

    ReplyDelete
  13. Saya dulu setiap mau pijit anak, nyari di google dulu, ikutin deh caranya. Hehe...

    ReplyDelete
  14. waah..event-nya menyenangkan sekali ya mba. keren nih Johnson bikin acara yang edukatif seperti ini. meskipun udah pada gede, tapi kadang anak anak masih aku rutinkan pijat elus elus itu mba. katanya nggak cuma bayi saja yang dapat mafaat dari pijat ni, tapi juga bonding ibu dan anak akan semakin terasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, salut saya, bahkan mereka rela ke tempat2 terpencil demi mengedukasi ibu-ibu :)

      Delete
  15. Aku dulu saat punya anak pertama takut banget lho pegang anak sendiri apalagi pijat ngga berani.. tapi sejak ada anak kedua, aku jadi bisa lebih berani mandiin dan pijet bayi, karena sudah banyak belajar bagaimana teknik memijat bayi.. semua memang butuh proses ya mba.. seneng deh para brand sekarang sudah banyak mengedukasi para Ibu bagaimana sentuhan cinta Ibu bisa melalui pijatan denan bayi.. jadi pengen punya bayi lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin in aaahhh biar mba Elly punya bayi lagi hehehe

      Iya mba, kalau anak pertama saya dulu juga saya pijat tapi setelah usianya sebulan sih :D

      Delete
  16. Saya wakti si kecil baru lahir aja rajin pijatin sekarang udah jarang sih padahal manfaatnya banyak banget ya mbak.

    Tp sepertinya saya belum tahu pijatan bayi ala Johnsosn ini jadi pengen praktikkan nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sebenarnya lebih sederhana kok, seperti namanya sentuhan cinta, hanya berbentuk sentuhan lembut :)

      Delete
  17. Iyaa...
    Jaman anak-anak kecil dulu, aku juga lihat dan tirukan cara memijat bayi melalui vcd.

    Alhamdulillah,
    Anak-anakku semua kalau sakit, in syaa Allah ikhtiarnya gak minum obat dulu, tapi minum vitamin dan makan yang baik serta pijat.

    ReplyDelete
  18. Duh, seru dan nambah wawasan banget nih eventnya. Coba kalo dulu aku ikutan yang kayak gini. Bisa buat mijit anak sendiri. Anak-anakku semua pada rutin dipijat. Walopun saat dipijat nangis sampe kejer, tapi udahnya, mereka jadi soleh gitu. Bobo puleees, makan pun banyak. Enak kayaknya ya kerasa di tubuh mereka. Sama kayak kita abis dipijat di spa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ya yang suka pijat, kalau anak2 saya juga saya kurang suka mba, apalagi yang pijat ama nenek2.
      Kasian juga nangis kejer.
      Kita orang dewasa aja teriak2 nangis apalagi anak huhuhu

      Delete
  19. Ponakanku juga rajin banget dipijat tiap minggu mba
    jadi pengen ikutan dipijet juga make johnsons aku suka baunya enak

    ReplyDelete
  20. Pijat pada bayi tuh bagus banget jadi mereka nyenyak tidurnya dan ga rewel , ga hanya bayi saja sih ya kita juga kalau habis pijat pasti pulas tidurnya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh pecinta pijat nih, kalau saya ga suka sih dipijat yang keras2 itu :D
      Kalau diusap2 kayak sentuhan cinta mungkin asyik hahaha

      Delete
  21. Nama-nama gerakan pijatnya lucu tapi jadi mudah diingat ya. Sejak punya anak atau ngurusin para ponakan, memang tentang pijat ini jadi andalan agar bayi bahkan balita jadi nyaman dan lebih sehat. Terbukti banget ini udah. Dulu seringnya bawa ke bibi pijat gitu. Sekarang orang tua bisa belajar pijat bayi sendiri dari Johnson ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di bibi pijat tempo dulu agak berlawanan tehniknya dengan ini mba
      :)

      Delete
  22. jangankan bayi..aku pun pengeeen banget dipijit sesering mungkin hehehehe. Enak yaaa mba, anak-anak pasti seneeeeng bangeet

    ReplyDelete
  23. Hahahaaa...akuuu... aku termasuk yang dulu salah kaprah suka pijit2 hidung bayiku biar mancung. Lha padahal hidung emak bapaknya aja ga seberapa. Jadi geli ih kalau ingat masa2 itu.

    Aku dulu juga suka memijat bayiku ala kadarnya sih, terutama kalau pas baby lagi ga enak badan. Sembari mengoleskan minyah telon sembari dipijit2 dan diajak ngobrol bayinya. Belum tau ada teknik kayak yang dijelaskan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwkw, banyak ya, saya juga dulu kadang takut tuh praktekin tehnik Johnsons yang kayak bikin hidung bayi jadi gepeng, ternyata ada maksudnya ya :D

      Delete
  24. Jadi ingat waktu Athiyah masih kecil, aku sering mijat dia sembari melihat tutorial dari VCD nya Johnson. Anaknya pun terlihat suka dan sesekali kayak kegelian gitu

    ReplyDelete
  25. Kalau aku biasanya sering sering memijat bagian kaki punggung sama wajahnya saja. Sedangkan bagian perut itu nggak pernah aku pijat. Takut sih mau mijat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru punggungnya harus hati2 mba, ga boleh kena tulang punggungnya :D
      Kalau perut malah wajib, asal jangan kebalik biar anginnya bisa keluar.
      Bagus banget buat anak kolik

      Delete
  26. Aku sejak anak2 bayi selalu pijat2, untungnya zaman now ada YT jd tinggal liat aja caranya di sana. Apalagi anakku ada yg BBLR jd emang hampir tiap hari pijat, khususnya sblm mandi gtu biasanya. Emanhg meperkuat bonding dan bikin anak nyaman jd si anak menyusunya lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget deh zaman sekarang, waktu anak pertama saya masih bayi, masih sulit konek ke yutub, kuota mahal hahaha

      Delete
  27. Anakku paling suka kalau dipijat I Love You. Katanya pijatan ini bisa memperlancar pupnya juga ya. Seruu iih, kalai ada di Jakarta mau deh ikut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bikin angin yang terperangkat di usus juga keluar, bagus menyembuhkan kolik pada bayi :)

      Delete
  28. Kegiatan pijat bayi adalah hal favorit aku loh mom rey. Soalnya aku makin tenang dan bisa bercanda sama bayi. Seruu banget ya mom rey bisa ikutan acara jhonson. ��

    Dapat ilmu baru dan pematerinya kece pula.

    ReplyDelete
  29. Bukan hanya orang dewasa ya baby juga perlu relaksasi dan pijat supaya peredaran darah makin lancar .
    Perbedaannya terlihat seperti anak saya.
    saya. lebih nyenyak kalau sebelum tidur dipijit dulu secara santai dan tenang

    ReplyDelete
  30. Wah, makasi mbak udah dikasi step2 dan cara mijet bayi yang bener
    Kebetulan punya bayi usia 5 bulan. Bisa dipraktekan nih, supaya adik boboknya nyenyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh pas tuh mba, bisa dilakukan sebelum mandi pakai baby Oil Johnsons's :D

      Delete
  31. Senengnyaaaa bisa belajar lgsung dr johnson Mak, tengkyu bgt udah dikasih tips2 nya ya Mak. Love it :)

    ReplyDelete
  32. Wah jadi ingat event ini tahun kemarin di Jakarta. Indeed memijat bayu itu penting, merupakan salah satu bentuk stimulasi. Lebih penting lagi, jika dilakukan oleh ortu sendiri ya momm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mom, daripada diserahkan ke orang lain dan kita kehilangan momen bonding tersebut :)

      Delete
  33. Penjelasannya lengkap banget Mba Rey. Jadi pengen langsung eksekusi cobain tiap caranya. Dan, dari dulu emang pengen banget belajar buat pijat bayi. Secara, manfaatnya bagus banget buat tumbuh kembangnya. Apalagi juga bisa jadi sarana menstimulasi otot si kecil. Menarik banget nih mba eventnya

    ReplyDelete
  34. Pijatan lembut berguna agar bayi tambah sehat dan tidak perlu lagi nih ke dukun bayi buat memijat sang anak. Cukup pakai jhonson dan jemari bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mpo, bisa jadi bonding buat ibu dan anak :)

      Delete
  35. Di acara yang kemarin itu kayak pencerahan banget lo Mbak buat aku. Jadi emang sih udah tahu tehnik pijat bayi dari CD Johnson. Tapi ternyata ada yang salah juga tehniknya. Misalnya ya pas walking finger di atas perut. Itu aku ngelakuinnya di bagian tengah, bukan mengitari area pijatan ILU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalau itu bahkan saya belum pernah mbak, saya cuman ingat yang ILU itu :D

      Delete
  36. Lucunya bayinya, jadi pengen ikut mijit juga..he-he, saya baru tahu teh ternyata pijat memijat ini sudah tua juga ya tradisi ini berlangsung, bahkan sudah 5000 tahun lebih enggak kebayang lamanya, kalau saya masih dimana gitu ya, mungkin masi di alam lain ya,he-he

    Pijatan memang efektif banget ya teh saya rasa buat bayi, bahkan orang dewasapun kalau dipijat rasanya enak banget dan disini saya bisa belajar bahwa bayi itu juga butuh pijatan selain kasih sayang...ea...

    Cuma saya agak takut mijat bayi kalau tidak melihat caranya secara langsung, takut kelempet nanti bayinya, bisa bahaya nanti dihajar orang tuanya wkwkckk

    Sepertinya perlu belajar dari teh rey nih, he-he

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iyaaa.. mijat bayi harus lebih lembut, kasian soalnya masih lemah badannya :D

      Delete
  37. Memijat ini sangat baik untuk bayi karena bikin relax si bayi, aku dirumah masih suka mijet anakku pakai baby oil Johnson juga.

    ReplyDelete
  38. Anakku pas bayi rajin banget dulu dipijet, ngga tau kenapa tapi ngikut aja saran orang tua qiqiqi. Ngga taunya beneran penting banget yaa. Bagus deh acaranya si Johnson ini

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah semua anakku waktu mereka bayi aku rutinkan memijat. banyak banget manfaatnya selain mereka jadi anteng, tidurnya juga lelap. saat sakit perut atau konstipasi, biasanya saya pijat I L U itu sampai sekarang. alhamdulillah manjur banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, saya juga dulu suka mijat ILU buat ngeluarin angin di perutnya :)

      Delete
  40. Ada prakteknya juga mba wahh seru dung ya jd tambah ilmu,,, konon katanya klo ayah yg mlakukn pijat k bayinya,,, ASI bundanya jd lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh iya kali bund, kan bundanya bahagia si ayah mau berbagi tugas :)

      Delete
  41. asyik juga ya kak bisa belajar bareng ttg memijat bayi, jadi kalau sudah pintar mijat, kalau perlu lagi ngundang dukun bayi untuk memijat bayi kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya, memijat sebenarnya ga perlu dukun bayi :)

      Delete
  42. Entah kenapa meskipun udah praktek sendiri dan gerakan pijat bayi juga aslinya sederhana aja tapi aku merasa lebih kerasa hasilnya kalau pijat sama terapis di baby spa :D

    Tapi anak-anakku juga cuma sekali ke Baby Spa, sayang uangnya, wkwk. Jadi meskipun rasanya kurang manteb, tetep aku pijet sendiri aja dengan berpedoman pada yutub dan liat terapis baby spa. Kayaknya emang calon ibu harus ikut kelas pijet gini biar tau gerakan yang benar gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalau udah terbiasa pijat di orang lain kayak gitu momsay, tapi sebenarnya lebih asyik dipijat sendiri, biar ga kebiasaan pijat keras-keras hehe

      Delete
  43. Anak2ku rajin dipijat bayi. Dan saya juga belajar pijat bayi dr vcd yang diberikan jhonson n jhonson. Memang pas anak2 kholik saya pakai terapi pijat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermanfaat banget ya mba, banyak yang kayak gitu mba :)

      Delete
  44. Aku tuh pengen banget deh belajar pijat gini. Biar anakku bisa dipijat setiap hari. Pengen belajar langsung sama ahlinya maksudnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di link yang saya tulis di atas mba cara lengkapnya :)

      Delete
  45. wah coba ada acara begini juga di kotaku. bermanfaat banget pastinya buatku. aku selama ini cuma tahu pijat ILU. hihi

    ReplyDelete
  46. Acaranya bermanfaat banget. Aku harus belajar soal pijat ini juga nanti buat anakku, siapa tau dikasih lagi... Hehe
    Dulu pas anak pertama aku minta pijitin sama orang terus, akhirnya nggak ngerti deh. Tahunya cuma usap2. Thanks sudah sharing ini ya Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe usap-usap juga udah bagus banget kok mba buat bonding :)

      Delete
  47. terima kasih untuk informasinya, mbak. pasti acaranya seru banget, ya.
    aku dari anak bayi juga suka banget pakai produk Johonson's, soalnya benar2 ramah untuk kulit bayi.
    terus juga dulu sempet ikut seminar tentang pijat "i love u" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh iya banget, Johnson's juga selalu peduli dengan pijat bayi.
      Setiap tahun selalu mengedukasi banyak ibu dengan pijat bayi ya :)

      Delete
  48. wah ternyata dapat ilmu banyak nih cara memijit bayi dengan baik. terima kasih kakak informasinya

    ReplyDelete
  49. asli nama nya lucu lucu banget mba, tapi jadi mudah diingat yaa. hmmm baca ini trus jadi mikir mau nambah anak nggak yaa hehehe, secara kangen sama ngurus bayi lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba, bentuk pijatnya juga sederhana dan lucu :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)