Wednesday, March 07, 2018

Ingin Punya Anak Yang Sehat Dan Berperawakan Tinggi? Jangan Remehkan Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan.


Assalamu'alaikum :)

Menjadi ibu itu berat! Kita gak bakal sanggup kalau meremehkannya.

Setiap ibu pastinya berharap bisa melahirkan anak-anak yang sehat, cerdas dan mandiri serta tanpa kekurangan apapun. Tak ada satu orang ibu di dunia ini menginginkan punya anak yang gak sehat.
Dulu, saat saya belum punya anak, saya pikir kebahagiaan terbesar seorang ibu adalah saat anaknya bisa berprestasi, tapi saya salah.
Setelah punya kakak Darrell yang sering langganan dokter spesialis anak sejak bayi, pandangan saya terhadap kebahagiaan terbesar seorang ibu jadi berubah.

Yup, bagi saya.. kebahagiaan terbesar saya adalah saat melihat anak-anak tumbuh sehat dan ceria.
Oleh karena itu memastikan mereka selalu sehat itu kewajiban saya yang paling penting.
Salah satu caranya dengan memastikan tercukupinya nutrisi bagi mereka.


  Daftar Oriflame
Taukah kita? nutrisi sangatlah penting bagi semua orang, terutama bagi anak-anak. Kekurangan nutrisi bisa berakibat fatal bagi kehidupan seorang manusia.
Baca : Ini Dia 3 Tanda Anak Kekurangan Nutrisi
Terutama pemenuhan nutrisi terbaik di 1000 hari pertama kehidupan manusia atau yang biasa di sebut #NutrisiTerbaik1000HPK.

Sabtu kemarin tanggal 3 Maret 2018, saya berkesempatan menghadiri sebuah talkshow mengenai pentingnya nutrisi terbaik di 1000 hari pertama kehidupan, yang dipersembahkan oleh Nutrisi Untuk Bangsa (NUB) berkenaan dengan Hari Gizi Nasional.
Bermula dari aktivitas favorit saya akhir-akhir ini saat bergadang menyusui si baby Adean, yaitu blog walking baik melalui grup IIDN atau KEB di facebook maupun melalui instagram dengan hastag #BloggerSurabaya. Dari situ bertemulah saya dengan akun seorang blogger asal Surabaya @yuniarinukti . Langsung saya add dan stalking alamat blognya lalu baca postingan-postingan nya di www.yuniarinukti.com

Eh gak taunya, keesokan harinya ada DM di IG saya @reyneraea (follow yaaa, biar saya folback juga hihihi) dari si mba Yuni yang ngajak kenalan trus nanya saya tinggal di mana yang berakhir dengan saya diajak ke acara blogger di Surabaya.
Wowww... jelaslah saya bersorak!
Secara, saya baru saja memikirkan bagaimana caranya bisa ikutan ngumpul-ngumpul acara blogger gitu, eh gak taunya malah ditawarin.
Semacam dream come true lah *remeh yaak LOL

Dan tibalah harinya, bagai mendapat lebih keberkahan lagi bagi saya karena lokasi acaranya yang awalnya ada di jalan HR. Muhamad, eh dipindahkan ke Bangi Kopitiam di jalan Walikota Mustajab, yang mana hanya sekali lompat saja dari lokasi acara saya di pagi harinya (yang lompat Spiderman, bukan saya hahaha).

Acaranya seru, dihadiri oleh puluhan blogger dari Surabaya, Sidoarjo bahkan ada yang dari luar pulau segala, yaitu pulau Madura hehehe.
Booth nya kece, si bayi jadi ikutan narsis :D

Dimulai dari mengisi daftar tamu, lalu bisa foto-foto di booth kece yang disediakan. dan setelahnya bisa cek dan konsultasi kesehatan gratis.
Sayang, saya gak sempat cek kesehatan, even hanya timbang badan, karena datang bersama si bayi yang sudah keringatan, takut dia cranky sayanya langsung masuk mencari sejuknya AC.

Acara dimulai pukul 13.30, agak molor dari yang dijadwalkan.
Ada 3 pembicara yang hadir, ada bapak Arif Mujahidin selaku Head of Corporate Affairs PT. Generation Sarihusada Mahardika, ibu Dr.Nur Aisiyah Widjaja, SpA(k) selaku Staff bag.anak konsultan nutrisi pediatri RSUD Dr.Soetomo dan ibu Atik Kasiati selaku ketua Ikatan Bidan Indonesia wilayah Jatim.
Bapak Arif Mujahidin

Bapak Arif tampil pertama kali, yang mana sangat mengapresiasi kehadiran para ibu-ibu yang mayoritas para blogger, meskipun cuacanya menggoda untuk digunakan buat tidur, tapi tidak menyurutkan semangat kami untuk berkumpul mendapatkan ilmu tentang nutrisi.
Beliau juga memaparkan betapa pentingnya Nutrisi pada 1000 hari pertama kelahiran seorang manusia yang mana sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Karena pada usia tersebut, pembentukan sel-sel otak dan sel penting lainnya sedang terjadi.
1000 hari pertama kehidupan adalah, sejak janin tumbuh di dalam rahim sampai lahir dan berusia 2 tahun, yang mana pada fase tersebut, apa yang kita sebagai ibunya konsumsi, lalu saat anak sudah mendapatkan MPASI konsumsi, sangat berpengaruh sepanjang hidupnya.

Betapa pentingnya nutrisi yang cukup dan seimbang pada 1000 hari pertama kehidupan manusia, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan seseorang di masa mendatang.
Dengan terpenuhi gizi yang seimbang, anak bisa tumbuh dengan sehat dan juga mempengaruhi tinggi badannya.
Bisa kita lihat mengapa di beberapa negara yang notabene penduduk aslinya bertubuh pendek, bisa menghasilkan generasi muda dengan perawakan yang lebih tinggi dari orang tuanya.
Hal itu juga menjawab keheranan beberapa orang mengapa saya dan kakak saya punya postur tubuh yang lumayan tinggi (lumayan yaak hehehe) sedang orang tua kami berpostur biasa saja.
Pun juga bisa dilihat anak-anak zaman sekarang yang tumbuh lebih tinggi dari orang tuanya.
Ternyata jawabannya ada di terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan, karena faktor gen pada orang tua hanya diwariskan sebanyak 20% pada anak.
Jadi jangan heran, jika orang tua pendek anaknya tinggi, atau orang tuanya kurus anaknya gemuk.
(kabar baik banget nih buat yang tinggi badannya kurang dan ingin memperbaiki keturunan, gak perlu cari orang tinggi kok, cukup penuhi kebutuhan nutrisinya yang terbaik di 1000 HPK)

Dr.Nur Aisiyah Widjaja, SpA(k)
Berikutnya tampil ibu Dr.Nur Aisiyah Widjaja, SpA(k).
Sesuai dengan bidang yang ditekuninya, beliau menjelaskan betapa pentingnya nutrisi bagi anak sejak lahir hingga berusia 2 tahun. Berikut poin pentingnya :
  1. Saat baru lahir, sebaiknya diberikan ASI ekslusif  dan pastinya makanan yang di konsumsi oleh sang ibu menyusui harus memenuhi nutrisi yang diperlukan agar kualitas ASI juga baik.
  2. Ketika anak sudah mulai mengenal MPASI yang mana seharusnya diberikan pada usia 6 bulan, karena di usia tersebut sistem pencernaan anak sudah siap menerima MPASI, nutrisi yang ada pada ASIpun sudah tidak cukup lagi dalam memenuhi kebutuhannya.
  3. Pemberian MPASI harus benar-benar memperhatikan kandungan gizi yang diperlukan, baik kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan lainnya.
  4. Anak bukanlah miniatur orang dewasa, maka sebijaklah kita tidak memberikan mereka makanan seperti yang orang dewasa lakukan, seperti mengurangi karbohidrat dan lain-lain, karena kebutuhan anak terlebih dalam masa pertumbuhan, dari lahir hingga usia 2 tahun sangat membutuhkan gizi yang cukup.  
  5. Anak memerlukan 7 kali lebih banyak nutrisi daripada orang dewasa (Per kg berat badan). Oleh karena itu, seorang anak harus makan secara signifikan lebih banyak nutrisi daripada orang dewasa.
Sumber gambar di sini

Sumber gambar di sini
Setelah menyimak tentang pentingnya nutrisi atau gizi bagi anak sejak lahir hingga usia 2 tahun, tampil berikutnya ibu Atik Kasiati yang masih sangat energik di usianya yang sudah lumayan senior.
Sesuai keahliannya di bidang kebidanan, beliau membahas tentang pentingnya nutrisi bagi ibu hamil bahkan sejak mempersiapkan kehamilan.
Ibu Atik Kasiati
 Berikut poin pentingnya :
  1. Ibu yang bijak adalah ibu yang bertanggung jawab akan hak anak, sehingga sejak merencanakan akan punya anak, kebutuhan gizi atau nutrisi harus sudah diperhatikan.
  2. Saat janin telah tumbuh di dalam rahim, penuhi kebutuhan nutrisinya. Jangan benarkan makan untuk porsi 2 orang, namun makanlah untuk memenuhi porsi berpikir 2 orang atau makan dengan porsi sederhana dengan kandungan gizi yang lengkap khususnya energi, protein serta beberapa vitamin dan mineral.
  3. Penuhi kebutuhan asam folat di trisemester pertama ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifilda.
  4. Demikian pula dengan kebutuhan zat besi, yodium dan asam lemak omega 3 (DHA) harus terpenuhi setiap harinya.
  5. Selain pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil, dukungan psikis dari keluarga terutama sang suami sangat dibutuhkan, agar anak terlahir dengan sehat baik jiwa maupun raganya.

Sumber gambar di sini

Sumber gambar di sini
Acara selanjutnya adalah demo masak, baik dari pemenang lomba resep yang diadakan oleh Nutisi Untuk bangsa (NUB) maupun oleh chef Rissa dan Revaldi.

Menu nya beragam, mulai dari puding labu oleh ibu yang menang lomba resep.
Juga menu cake carrot yang sangat sehat serta ayam presto kelor dan katuk.

Profesional Chef Beraksi

Ayam presto kelor dan katuk
Menunya cocok banget buat saya yang sedang jadi busui hehehe, dan lucky me... kami dikasih resepnya dong, wajib dicoba nih kapan-kapan.

Bersyukur banget bisa hadir di acara sarat ilmu tentang pentingnya nutrisi tersebut, pas banget juga karena saya sebulan lagi kudu mempersiapkan MPASI buat si baby Adean.

Terimakasih Nutrisi Untuk Bangsa.
Terimakasih juga mba Yuniari Nukti yang ternyata aslinya juga kocak seperti tulisan-tulisannya :)  sudah ngajak saya ke acara ini.


Yuk para ibu, kita melek nutrisi yang baik bagi anak-anak kita.
Karena mendapatkan kehidupan yang baik adalah hak asasi seorang anak.

Mau tau lebih banyak tentang NUTRISI yang lengkap? follow akun sosmed Nutrisi Untuk Bangsa :
Instagram : @nutrisibangsa
Twitter : @Nutrisi_Bangsa
FP : Nutrisi Untuk Bangsa

Semoga bermanfaat.


TPJ AV - 07 Maret 2018

Love

22 comments:

  1. ini penting banget diketahui dan dipahami orang tua yang baru punya anak, supaya tumbuh kembang anak sejak dini benar2 maksimal, terutam ibu2 neh harus baca, trims sharenya
    menu Ayam presto kelor dan katuk cocok banget buat yg sedang menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang presepsi ortu salah, dipikir masa tumbuh kembang optimal anak itu sejak lahir, ternyata sejak menjadi janin dalam rahim ibunya sudah mempengaruhi perkembangannya nanti :)

      Delete
  2. Sebagai seorang ibu dan orang tua kita memang perlu memperhatikan asupan nutrisi dan gizi di 1000 hari pertamanya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, untuk generasi yang lebih baik :)

      Delete
  3. Halo, Mbak.
    Akhirnya bisa ketemu juga kemarin ya saat acara.
    Salam kenal. Ulasannya Mba juga bagus.
    Semoga kita selalu berusaha untuk memberikan nutrisi terbaik untuk anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih.. excited banget, lain kali wajib foto bareng ya mba :)

      Delete
  4. wah seru banget acaranya jadi pengen ikut kalau ada acara lagi .. cowok boleh ikutan ga mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget serunya, kemaren sih yang ikut cewek semua, tapi di beberapa kota lain ada yang cowok kok :)

      Delete
    2. kirain cuma cowek saja yang bisa ikuta mbak takutnya nanti saya malu karena yang datang cuma saya ..

      Delete
    3. hehehe... gapapa kok, malah bagus, lebih unik :D

      Delete
  5. wow..thanks banget ulasan tentang gizi dan nutrisi keluarga,ternyata masa depan anak terutama dalam hal kesehatannya sudah harus di pondasi dari 1000 hari pertama yak..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, iya banget.
      Wajib di edukasikan ke semua ortu nih :)

      Delete
  6. Iya ya mba, aku juga ngerasa klo kesehatan anak adl hal terpenting dan yg membuat bahagia seorang ibu. Setelah itu baru deh prestasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak sakit, runtuh rasanya dunia, hehehe :)

      Delete
  7. KEREN BANGET euyyy komplitttt dan semoga bermanfaat utk semua ibu2 di kolong langit yaaa

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. makasihhh mbak cantique bermata sendu.. *teteup :D

      Delete
  8. Hai Mbak Rey, salam kenal, yaa. Makasih sudah mampir ke blog saya hehe.. Instagramnya sudah saya follback lho sejak saya DM *anaknya suka gak terimaan😂*

    Tentang ulasan 1000 HPK selalu menarik dipelajari ya, ada aja informasi baru mengenai perkembangan anak sehat dan hamil sehat. Makasih Mbak Rey sudah datang di acara NUB 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... makasih banyak udah ngajak saya mbaaa :*

      Delete
  9. Eh salah pke akun. Komen lagi mumpung gratis ����

    ReplyDelete
  10. Mestinya bapak-bapak diundang hadir ya. Sebab bapak itu fungsinya besar di sini, membantu ibu untuk menyiapkan nutrisi semenjak dari kandungan. Bapak yang bisa menghibur ibu supaya mau makan ketika hamil. Bapak yang bisa mendukung ibu untuk menyusui tepat persis semenjak anak baru lahir. Bapak juga yang bisa menggendong si bayi sementara ibu sedang sibuk menyiapkan MPASI yang penuh nutrisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe.. harusnya gitu mba, kemaren suami saya datang cuman gak masuk, soalnya ibu-ibu semua hihihi.

      Emang harusnya keduanya yaa, biar lebih mudah mengedukasi keluarga tentang pentingnya nutrisi :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...