Friday, March 30, 2018

Pengalaman Mengajak Bayi Usia 5 Bulan Nonton Di Bioskop


Assalamu'alaikum :)

Pas lagi viral tentang curhatan seorang publik figur yang terganggu oleh suara bayi saat nonton di bioskop, juga pas saya dapat undangan nonton bareng Film Terbang Jumat malam lalu.
Awalnya bimbang mengiyakan, karena gak mungkin kan saya ajak bayi dan anak 7 tahun ke dalam bioskop sendirian tanpa suami, secara suami pada hari kerja itu means lembur mulu.

Eh pas konfirm ke suami, beliau yang mungkin kasian saya tiap hari terkungkung di rumah saja, mengatakan agar mengiyakan undangan tersebut dan berjanji bakal diusahakan gak perlu lembur hari itu.

Daftar Oriflame
Lalu tibalah saatnya, kami berangkat ke Ciputra World dengan rencana matang, saya bakal nonton bersama teman-teman blogger dan juga saya mengajak Nur sebagai teman nonton, karena saya dapat tiket buat 2 orang.
Si bayi dan kakak Darrell bakal di asuh suami di mall, sambil menunggu saya selesai nonton.
Biar lebih mudah ngasuhnya, saya anjurkan untuk makan pizza dan stay agak lamaan di sana.

Tapi ternyata, baru saja kami sampai di Ciputra World, si kakak udah lumayan cranky dan manja karena ngantuk gak sempat tidur siang.
Alhasil mereka gak sempat liat meet and greet langsung menuju ke tempat pizza.

Daaann, bertepatan saya kelar ikut acara meet and greet, eh mereka juga selesai makannya, hhh..
Karena bingung kalau mengasuh bayi dan si kakak yang selalu jarang akur kalau sama papinya, saya pun memutuskan mengajak mereka masuk ke dalam bioskop, terlebih saya memang dapat 4 tiket.

Di luar sudah dikondisikan, kalau si bayi nantinya rewel, suami bakal ngajak dia keluar, sungkan soalnya sama penonton lainnya hehehe.

Eh siapa sangka?
Si bayi anteng dong di dalam bioskop, meskipun sejam kemudian dia bosan dan mulai berceloteh sendiri. Beruntung kami duduk agak di depan, sehingga tetangga nonton kami gak banyak.

Waktu awal masuk bioskop, si bayi masih tertidur, dan dia terbangun saat musik studio yang kenceng banget terdengar.
Saya sudah mulai deg-degan, selain takut dia nangis pun juga takut suara tersebut gak baik buat pendengaran bayi.

Beruntung si papi siap sedia menutup telinganya saat terdengar suara kencang.
Pun juga lucky us, nontonnya film drama yang musiknya stabil dan tenang sejak awal hingga akhir, hanya ada beberapa adegan yang agak kencang, tapi masih bisa ditolerirlah untuk telinga bayi, buktinya si bayi gak bereaksi saat musiknya agak kencang (selain musik awal).

Selain itu, selama film berjalan, si bayi bolak balik ke gendongan saya atau papinya.
Di saya pun bolak balik menyusu lalu nonton, lalu nyusu lagi lalu nonton lagi.
Etdaaahh si bayi, mana dia menolak pakai apron, untung studionya gelap, hehehe.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin berbagi tips buat bunda-mama-mami-mom-umi etc yang ingin mengajak bayi nonton bioskop.
Secaraa.. Nonton bioskop kadang jadi me time banget buat bunda-bunda ya, terlebih kalau yang ditonton film yang sarat makna kayak Film Terbang *eh :)

1. Pastikan bayi dalam keadaan sehat.
Ini penting agar bayi tidak rewel di dalam bioskop, biar bagaimanapun bayi saat tidak sehat akan selalu rewel di manapun berada.

2. Kenali kebiasaan bayi.
Jika bayi suka cranky atau rewel, tidak tahan berada di dalam gendongan sambil duduk dalam waktu yang lama atau bayi terlalu aktif, sebaiknya tundalah dulu niat menonton bioskop, karena bisa dipastikan si bayi bakal mengganggu yang lain saat di dalam bioskop.
Atau jika memang bayi sulit untuk diam dan kitanya pengen banget nonton, pilih jadwal saat bayi sedang tidur, atau minimal ajak bayi bermain selama di perjalanan, sehingga saat sampai ke bioskop dia kelelahan dan tertidur sepanjang film diputar.

3. Pilih film dengan musik yang stabil, biasanya ada di film drama.
Beruntungnya mengajak bayi nonton di bioskop itu adalah, dia belum ngerti sama sekali tentang film, jadi saat kita memilih nonton film ala Anya Ale dalam Critical Eleven pun masih rada aman.
Memilih film drama sangat penting buat saya, karena kebanyakan film lainnya dibarengi musik yang tidak stabil volumenya, dan itu dapat merusak pendengaran si bayi.

4. Ajak teman atau suami saat nonton.
Sehebat-hebatnya kita dalam mengasuh bayi, akan lebih baik jika kita tidak nekat mengajak bayi nonton bioskop sendiri, selain ribet membawa peralatan bayi, pun juga kita bakal kesulitan membuat bayi nyaman saat dia bosan berada dalam gendongan kita.

5. Pakaikan baju hangat yang nyaman serta penutup telinga (earmuff).
Jangan lupa untuk memakaikan pakaian hangat untuk bayi, karena suhu ruangan di dalam bioskop biasanya terasa lebih dingin, jangan sampai karena kedinginan berakibat bayi cranky dan malah jadi pilek atau sakit.
Jangan lupa pakaikan penutup telinga juga, agar efek suara dari bioskop tidak mengganggu pendengaran bayi.

6. Pastikan bayi kenyang dan nyaman.
Hal penting lainnya adalah memastikan bayi telah kenyang dan juga merasa nyaman, jika bayi minum ASI, hal tersebut bakal lebih mudah ketimbang minum susu botol, karena tidak perlu ribet buat susu dalam bioskop hehehe.
Perhatikan juga kenyamanan posisi gendongnya, jika bayi sedikit rewel, berikan pada teman atau suami untuk menggendongnya dengan posisi yang lain, dengan begitu bayi akan merasa lebih nyaman.

7. Pilih kursi di samping jalan keluar masuk.
Ini paling penting, selain memudahkan akses kita untuk keluar masuk jika si bayi cranky, plus saat menyusui, gak bakal kelihatan orang lain.

8. Segera bawa keluar jika bayi cranky.
Jika semua hal sudah dilakukan dan bayi masih tetap cranky, segeralah bawa bayi keluar dari studio, selain agar tidak mengganggu orang lain yang sedang serius nonton, pun juga agar bayi bisa lebih nyaman.

Alhamdulillah, pengalaman nonton pertama si baby Adean berlangsung dengan aman, meskipun sama sekali tak ada persiapan, maklum dari awal memang direncanakan tidak mengajak si bayi.
Intinya dari semua tips yang ada di atas, kesiapan dan ketenangan hati kita sebagai ibulah yang paling penting, sejujurnya sih kemaren saya sedikit panik sewaktu musik awalnya kenceng banget, plus juga saat si bayi ngoceh-ngoceh ketika sudah bosan nonton.

Tapi Alhamdulillah ada si papi yang berbagi tugas membuat si bayi nyaman, sehingga hal-hal yang merugikan bayi maupun penonton lainnya bisa teratasi.
Ada yang sudah pernah ajak bayi ke bioskop? Sharing di komen yuk :)

Semoga manfaat.

TPJ AV - 30 Maret 2018

Love


8 comments:

  1. Aku belum pernah bawa anak ke bioskop biasa, kalau bioskop khusus anak di kawasan karawaci pernah. Takut anak nangis dan ganggu orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baru tau kalau ada bioskop khusus anak :)
      Emang deg-degan mba, terlebih kalau anak masih bayi

      Delete
  2. Sampai sekarang belum pernah ngajak anak-anak ke bioskop. Takut mereka kaget dengan bunyi menggelegar di dalam bioskop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau film drama insha Allah aman mba, paling pas musik awal dinyalain bioskopnya, itu kenceng banget, solusinya jangan lupa bawa earmuff :)

      Delete
  3. Setuju dengan tips nomor 8 sebagai penonton. Soalnya, memang menganggu. Bukannya nggak mau tau soal bayi, tapi ortu bayi juga berarti nggak mau tau soal orang lain kalau sampai nggak mau keluar. Di Jakarta sih ada waktu khusus nonton bawa bayi. Jadi bisa jadi pilihan untuk ortu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang itu penting banget mba, dari semua hal yang saya ajarkan ke anak, tidak merugikan orang atau mengganggu orang lain adalah yang paling utama :)

      Delete
  4. Kalau caraku pas anak kecil kami ajak ke bioskop keluarga, mba. Jadi sewa satu ruangan hanya buat keluarga. Dulu adanya di Bogor. Murah karena hitungnya satu film Rp 100 ribu tapi bisa buat 10 orang :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yang familly bioskop ya mba, bagus juga tuh idenya, cuman saya belum tau sih tempat yang kayak gitu di Surabaya :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...