Pengalaman Mengajak Bayi Usia 5 Bulan Nonton Di Bioskop

pengalaman mengajak bayi 5 bulan nonton bioskop

Sharing By Rey - Pengalaman mengajak bayi 5 bulan nonton di bioskop kali ini memang merupakan pengalaman perdana saya.

Pas lagi viral tentang curhatan seorang publik figur yang terganggu oleh suara bayi saat nonton di bioskop, juga pas saya dapat undangan nonton bareng Film Terbang Jumat malam lalu.



Terpaksa Mengajak Bayi 5 Bulan Nonton Di Bioskop


Awalnya bimbang mengiyakan, karena gak mungkin kan saya ajak bayi dan anak 7 tahun ke dalam bioskop sendirian tanpa suami, secara suami pada hari kerja itu means lembur mulu.

Eh pas konfirm ke suami, beliau yang mungkin kasihan saya tiap hari terkungkung di rumah saja, mengatakan agar mengiyakan undangan tersebut dan berjanji bakal diusahakan gak perlu lembur hari itu.

Lalu tibalah saatnya, kami berangkat ke Ciputra World dengan rencana matang, saya bakal nonton bersama teman-teman blogger dan juga saya mengajak Nur sebagai teman nonton, karena saya dapat tiket buat 2 orang.

Si bayi dan kakak Darrell bakal di asuh suami di mall, sambil menunggu saya selesai nonton.
Biar lebih mudah ngasuhnya, saya anjurkan untuk makan pizza dan stay agak lamaan di sana.

Tapi ternyata, baru saja kami sampai di Ciputra World, si kakak udah lumayan cranky dan manja karena ngantuk gak sempat tidur siang.
Alhasil mereka gak sempat liat meet and greet langsung menuju ke tempat pizza.

Daaann, bertepatan saya kelar ikut acara meet and greet, eh mereka juga selesai makannya, hhh..
Karena bingung kalau mengasuh bayi dan si kakak yang selalu jarang akur kalau sama papinya, saya pun memutuskan mengajak mereka masuk ke dalam bioskop, terlebih saya memang dapat 4 tiket.

Di luar sudah dikondisikan, kalau si bayi nantinya rewel, suami bakal ngajak dia keluar, sungkan soalnya sama penonton lainnya hehehe.

Eh siapa sangka?
Si bayi anteng dong di dalam bioskop, meskipun sejam kemudian dia bosan dan mulai berceloteh sendiri. Beruntung kami duduk agak di depan, sehingga tetangga nonton kami gak banyak.

Waktu awal masuk bioskop, si bayi masih tertidur, dan dia terbangun saat musik studio yang kenceng banget terdengar.
Saya sudah mulai deg-degan, selain takut dia nangis pun juga takut suara tersebut gak baik buat pendengaran bayi.

Beruntung si papi siap sedia menutup telinganya saat terdengar suara kencang.
Pun juga lucky us, nontonnya film drama yang musiknya stabil dan tenang sejak awal hingga akhir, hanya ada beberapa adegan yang agak kencang, tapi masih bisa ditolerirlah untuk telinga bayi, buktinya si bayi gak bereaksi saat musiknya agak kencang (selain musik awal).

Selain itu, selama film berjalan, si bayi bolak balik ke gendongan saya atau papinya.
Di saya pun bolak balik menyusu lalu nonton, lalu nyusu lagi lalu nonton lagi.
Etdaaahh si bayi, mana dia menolak pakai apron, untung studionya gelap, hehehe.


Tips Mengajak Bayi 5 Bulan Nonton Di Bioskop


Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin berbagi tips buat bunda-mama-mami-mom-umi etc yang ingin mengajak bayi nonton bioskop.

Secaraa.. Nonton bioskop kadang jadi me time banget buat bunda-bunda ya, terlebih kalau yang ditonton film yang sarat makna kayak Film Terbang *eh :)

bayi 5 bulan nonton bioskop



1. Pastikan bayi dalam keadaan sehat

Ini penting agar bayi tidak rewel di dalam bioskop, biar bagaimanapun bayi saat tidak sehat akan selalu rewel di manapun berada.

2. Kenali kebiasaan bayi

Jika bayi suka cranky atau rewel, tidak tahan berada di dalam gendongan sambil duduk dalam waktu yang lama atau bayi terlalu aktif, sebaiknya tundalah dulu niat menonton bioskop, karena bisa dipastikan si bayi bakal mengganggu yang lain saat di dalam bioskop.

Atau jika memang bayi sulit untuk diam dan kitanya pengen banget nonton, pilih jadwal saat bayi sedang tidur, atau minimal ajak bayi bermain selama di perjalanan, sehingga saat sampai ke bioskop dia kelelahan dan tertidur sepanjang film diputar.

3. Pilih film dengan musik yang stabil, biasanya ada di film drama

Beruntungnya mengajak bayi nonton di bioskop itu adalah, dia belum ngerti sama sekali tentang film, jadi saat kita memilih nonton film ala Anya Ale dalam Critical Eleven pun masih rada aman.

Memilih film drama sangat penting buat saya, karena kebanyakan film lainnya dibarengi musik yang tidak stabil volumenya, dan itu dapat merusak pendengaran si bayi.


4. Ajak teman atau suami saat nonton.


Sehebat-hebatnya kita dalam mengasuh bayi, akan lebih baik jika kita tidak nekat mengajak bayi nonton bioskop sendiri, selain ribet membawa peralatan bayi, pun juga kita bakal kesulitan membuat bayi nyaman saat dia bosan berada dalam gendongan kita.

5. Pakaikan baju hangat yang nyaman serta penutup telinga (earmuff)

Jangan lupa untuk memakaikan pakaian hangat untuk bayi, karena suhu ruangan di dalam bioskop biasanya terasa lebih dingin, jangan sampai karena kedinginan berakibat bayi cranky dan malah jadi pilek atau sakit.

Jangan lupa pakaikan penutup telinga juga, agar efek suara dari bioskop tidak mengganggu pendengaran bayi.

6. Pastikan bayi kenyang dan nyaman

Hal penting lainnya adalah memastikan bayi telah kenyang dan juga merasa nyaman, jika bayi minum ASI, hal tersebut bakal lebih mudah ketimbang minum susu botol, karena tidak perlu ribet buat susu dalam bioskop hehehe.

Perhatikan juga kenyamanan posisi gendongnya, jika bayi sedikit rewel, berikan pada teman atau suami untuk menggendongnya dengan posisi yang lain, dengan begitu bayi akan merasa lebih nyaman.

7. Pilih kursi di samping jalan keluar masuk

Ini paling penting, selain memudahkan akses kita untuk keluar masuk jika si bayi cranky, plus saat menyusui, gak bakal kelihatan orang lain.

8. Segera bawa keluar jika bayi cranky

Jika semua hal sudah dilakukan dan bayi masih tetap cranky, segeralah bawa bayi keluar dari studio, selain agar tidak mengganggu orang lain yang sedang serius nonton, pun juga agar bayi bisa lebih nyaman.

Alhamdulillah, pengalaman nonton pertama si baby Adean berlangsung dengan aman, meskipun sama sekali tak ada persiapan, maklum dari awal memang direncanakan tidak mengajak si bayi.

Intinya dari semua tips yang ada di atas, kesiapan dan ketenangan hati kita sebagai ibulah yang paling penting, sejujurnya sih kemaren saya sedikit panik sewaktu musik awalnya kenceng banget, plus juga saat si bayi ngoceh-ngoceh ketika sudah bosan nonton.

Tapi Alhamdulillah ada si papi yang berbagi tugas membuat si bayi nyaman, sehingga hal-hal yang merugikan bayi maupun penonton lainnya bisa teratasi.
Ada yang sudah pernah ajak bayi ke bioskop? Sharing di komen yuk :)

Semoga manfaat.

Sidoarjo - 30 Maret 2018

@reyneraea

11 komentar :

  1. Aku belum pernah bawa anak ke bioskop biasa, kalau bioskop khusus anak di kawasan karawaci pernah. Takut anak nangis dan ganggu orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya baru tau kalau ada bioskop khusus anak :)
      Emang deg-degan mba, terlebih kalau anak masih bayi

      Hapus
  2. Sampai sekarang belum pernah ngajak anak-anak ke bioskop. Takut mereka kaget dengan bunyi menggelegar di dalam bioskop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau film drama insha Allah aman mba, paling pas musik awal dinyalain bioskopnya, itu kenceng banget, solusinya jangan lupa bawa earmuff :)

      Hapus
  3. Setuju dengan tips nomor 8 sebagai penonton. Soalnya, memang menganggu. Bukannya nggak mau tau soal bayi, tapi ortu bayi juga berarti nggak mau tau soal orang lain kalau sampai nggak mau keluar. Di Jakarta sih ada waktu khusus nonton bawa bayi. Jadi bisa jadi pilihan untuk ortu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang itu penting banget mba, dari semua hal yang saya ajarkan ke anak, tidak merugikan orang atau mengganggu orang lain adalah yang paling utama :)

      Hapus
  4. Kalau caraku pas anak kecil kami ajak ke bioskop keluarga, mba. Jadi sewa satu ruangan hanya buat keluarga. Dulu adanya di Bogor. Murah karena hitungnya satu film Rp 100 ribu tapi bisa buat 10 orang :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh yang familly bioskop ya mba, bagus juga tuh idenya, cuman saya belum tau sih tempat yang kayak gitu di Surabaya :)

      Hapus
  5. Belum berani sih kalau ajak bayi nonton film di bioskop. Soalnya jarak rumahku dengan bioskop itu lumayan jauh. Kasihan bayinya ntar malah masuk angin.

    BalasHapus
  6. Belum berani sih kalau ajak bayi nonton film di bioskop. Soalnya jarak rumahku dengan bioskop itu lumayan jauh. Kasihan bayinya ntar malah masuk angin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi saya dekat mba, tapi sekarang malah ga berani ngajak ke bioskop, soalnya dia udah gede dan ga bisa diam. Dulu masih bayi bisa bobo aja setelah dikasih ASI, kalau sekarang takut berisik mengganggu yang lain

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)