Featured post

Pentingnya Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Pekerja Freelance

Asuransi Kesehatan Terbaik, Pentingkah? Assalamu'alaikum :) Sharing By Rey - SundayLifestyle - Asuransi kesehatan terbaik ...

Saturday, March 16, 2019

Tidak Ingin Rugi? Perhatikan 5 Tips Dalam Memilih Pengiriman Cargo Yang Profesional

tips memilih cargo
source : pixabay

Assalamu'alaikum :)

Salah satu tantangan bagi saya yang dulunya berasal dari kota kecil dan kuliah di kota yang lebih besar bahkan memutuskan tinggal di kota besar tersebut adalah, saat keluarga atau teman-teman menganggap barang di kota besar itu cenderung lebih murah dan bagus ketimbang di kota kecil.



Iya sih, beberapa hal memang kerap terjadi seperti itu, terutama barang-barang modern yang hanya diproduksi di kota besar. Seringnya harga barang tersebut cenderung lebih murah dan stok model serta kualitas yang bagus lebih banyak, ketimbang barang yang dikirim ke kota kecil dari kota besar.

Karenanya, dulu saya sering banget ketitipan 'titah' dari yang mulia para keluarga, entah itu kakak atau tante-tante, untuk membeli barang yang sukses bikin saya kelimpungan berpikir, gimana nyarinya, lalu kalau udah dapat, GIMANA NGIRIMNYA COBA?

Sejak saya kuliah dulu, adaaaa saja 'titah'mereka yang bikin saya harus keliling Surabaya buat nyariin benda yang dimaksud. Terlebih dulu, masih sangat jarang koneksi internet seperti sekarang.

Entah itu baju, karpet, alat dapur modern, bahkan pernah juga barang pecah belah yang bikin saya pengen gigit beling saking bingung gimana coba cara ngirimnya biar gak pecah.
Baca : Plus Minus Punya Tempat Mudik
Hingga barang-barang besar, seperti genset, bahkan motor dan pernah juga disuruh cariin mobil bekas yang murah dan bagus.
Atuh mah, semacam pengen jadi makelar aja rasanya saya.

Bukan hanya nyarinya yang bikin saya puyeng, cara ngirimnya juga.
Iya gitu ya, kalau ngirim benda sebesar dan seberat motor dan mobil itu bisa pakai ekspedisi yang biasa saya WA kurirnya,
"Mas, saya mau kirim paket, nanti jemput ya di alamat ini"
Lalu mas kurir datang, dan shock liat paket yang dikirim segede gaban, lol.
Tentunya untuk hal tersebut saya butuh yang namanya cargo.




Saat ini pengiriman cargo memang banyak dipilih oleh masyarakat terutama bagi mereka yang akan mengirimkan barang dalam jumlah yang besar. 

Selain ahli dalam mengirim barang dalam jumlah besar, ekspedisi cargo ini juga akan menawarkan banyak kelebihan bagi para kliennya. 
Dan salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan tersebut diantaranya adalah proses pengiriman yang cepat.

Jangan asal pilih, berikut tips memilih pengiriman cargo


Bagi yang tertarik untuk menggunakan pengiriman cargo, sebijaknya lebih berhati-hati dan tidak sembarangan dalam memilihnya. 

Hal ini dikarenakan pengiriman cargo yang kurang tepat justru akan merugikan kita sendiri sebagai pemakai jasa. Karena bisa saja barang akan kita kirimkan tersebut tidak mendapatkan penjagaan dengan baik oleh pihak pengirim.

Selain itu, pengiriman cargo ini juga cocok bagi kita yang akan mengirimkan barang baik itu antar kota hingga ke luar negeri sekaligus. 
Seperti saya yang akan mengirim paket segede gaban atau dalam jumlah besar dari pulau Jawa ke pulau Sulawesi.

Jika kita tidak ingin tertipu dengan jasa perusahaan yang tidak terpercaya, maka sebaiknya gunakan beberapa tips dibawah ini.


1.       Pilih perusahaan yang memilih kredibilitas bagus


Perusahaan pengiriman barang yang professional tentu memiliki kredibilitas yang bagus di mata para kliennya. Inilah mengapa kita tidak boleh asal dalam memilih perusahaan pengiriman barang tersebut. Dengan memiliki kredibilitas yang bagus maka bisa meningkatkan kepercayaan kita pada sebuah perusahaan. 

Adalah hal yang mudah untuk mengetahui bagaimana kredibilitas dari perusahaan pengiriman barang tersebut. Dengan cara memanfaatkan internet.

Kini, dengan hadirnya internet, kita bisa menemukan dengan mudah jasa pengiriman barang melalui situs resmi mereka.

Jika masih ragu, jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman ataupun saudara yang telah berpengalaman.

2.       Pilihlah armada yang tepat


Pada umumnya, perusahaan yang terpercaya pasti memiliki armada beragam yang bisa dipilih oleh para customer. Dan salah satu tips memilih perusahaan yang menyediakan pengiriman barang yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Ada beberapa jenis armada pengiriman, yang paling banyak dipilih diantaranya adalah pesawat, kereta api, truck, kapal dan yang lainnya.

Jika kita akan melalukan pengiriman ke luar pulau dengan cepat, maka pengiriman melalui jalur udara dengan menggunakan armada pesawat bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tetapi biaya yang harus kita keluarkan tergolong tinggi. Jika ingin biaya yang murah, maka menggunakan kapal bisa menjadi pilihan yang terbaik.

3.       Melakukan survey lapangan


Jika kita sudah menemukan pengiriman cargo melalui internet, maka langkah selanjutnya kita bisa memastikan jika perusahaan yang anda pilih tersebut telah memiliki alamat jelas yang bisa kita kunjungi. Lakukan survey kecil-kecilan apabila kita ingin bekerja sama dengan sebuah jasa pengiriman barang, agar tidak menyesal di kemudian hari.

4.       Memberikan layanan dan service yang terbaik


Hal penting lainnya adalah melihat bagaimana perusahaan jasa pengiriman barang tersebut memberikan layanan kepada para customernya. Kita bisa memastikan lebih dulu jika perusahaan tersebut sudah memiliki legalitas.

Saat berkomunikasi melayani customer apakah dengan baik seperti ramah. Apakah juga memiliki layanan yang kita butuhkan seperti adanya fitur untuk mengecek lokasi barang anda atau fitur tracking.

5.       Menawarkan jaminan


Selain itu, jangan abaikan masalah apakah perusahaan yang tersebut menawarkan jaminan atau tidak. Kita harus memastikan jika perusahaan yang dipilih tersebut menawarkan garansi agar kita bisa melakukan klaim apabila terjadi sesuatu pada barang yang dikirim, tanpa mengeluarkan biaya. 


Demikianlah 5 tips penting yang biasa saya perhatikan dalam memilih perusahaan pengiriman kargo yang terbaik untuk mengirim paket-paket titipan keluarga di luar pulau.

Dan memang, track record dari perusahaan sekelas Sera Astra memang tidak pernah mengecewakan.
Yang penasaran akan perusahaan tersebut bisa kepo ke www.sera.astra.co.id

Semoga bermanfaat :)

Sidoarjo, 16 Maret 2019

Wassalam

Reyne Raea

38 comments:

  1. Cocok nih mom rey, aku lagi puyeng juga mikirin berkardus kardus sepatu pake cargo menjelang puasa ini. AKu intip dulu yak astra ini, pas sekali lagi nyari rekomendasi cargo.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalau ada pengiriman Cargo dan perusahaan Sera Astra setelah baca postingan ini. Hidup di kota besar dan hidup di kota kecil memang beda ya, Mbak. Nice info banget ini untuk adek sepupuku yang jadi TKW di Hongkong dan sering kirim paket dari Hongkong ke Kendal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa banget intip Sera Astra kalau kirim cargo dengan volume besar :)

      Delete
  3. Pengiriman yang memberi jaminan pastinya akan membuat kita para konsumen lebih nyaman dan merasa aman ya. Apalagi saat ini banyak perusahaan sejenis yang jadi pesaing sejenis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, pokoknya yang penuh inovasi dan memberikan layanan terbaik yang bakal bertahan :)

      Delete
  4. Aku biasa kirim barang lewat JN* atau J&* atau Gosend, pada suatu waktu mau di kirim barang dari Jogja pakai jasa kargo yang ngga terkenal itu sampai ga bisa tidur Mbak... karena barang yang dikirim senilai diatas 20jt

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkw.. iya mba, serem juga kirim barang yang mahal trus ga nyampe gimana dong :D

      Delete
  5. waduh sampe ngirim genset, aku pernah ngirim barang banyak pake ekspedisi biasa, ya ampun deh ongkirnya mehong bgt

    ReplyDelete
  6. Aku biasanya milih cargo yang sudah terpercaya mba untuk menjamin klau produk yang kita kirim itu bener bener terpercaya dan tiba di tujuan dengar benar

    ReplyDelete
  7. Menawarkan jaminan..HARUS...saya pernah punya pengalaman
    Pindahan balik dari Amerika ke Jakarta, bawa 12 kardus besar dan sedang. Tapi enggak pernah sampai ke tangan. Masalah cargo ribet ..complicated. Jadi ikhlasin saja jadinya. Hiks
    Memang mesti hati-hati saat memilih ekspedisi begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaahhhh.. serius?
      Tapi emang rempong ya, beda benua bookk :D

      Delete
  8. Ada nama besar Astra di cargo ini. Berarti seharusnya udah recommended, ya. Bisa dipertimbangkan kalau butuh jasa cargo

    ReplyDelete
  9. Wah sy baru tahu lho cargo sera astra ..kapan2 nyoba klo kirim tanaman banyak . Pake cargo klo kirim barang banyak lbh murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kalau paketnya gede banget mending pakai cargo :)

      Delete
  10. Ya ampun Mbak... itu beneran serius nitipnya? Hahaha... Kalau pengalaman saya sama pengiriman kargo sih pas dua kali balik tinggal ke Jawa. Dan emang, mesti pilah-pilih biar nggak dapat yang ngasal ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak, mana dulu saya kagok ga tau cari di mana huhuhu

      Delete
  11. Kargo emang dibutuhkan buat pengiriman barang dalam jumlah banyak atau yang berukuran besar ya mbak. Emang sebaiknya pilih kargo yg udah punya nama, berpengalaman. Selain itu kudu diperhatikan apakah mereka ada jaminan akan menjaga barang kita tiba sampai tujuan selamat atau enggak.

    ReplyDelete
  12. Bener banget Kak Rey, reputasi dari astra nggak perlu diragukan lagi, sehingga konsumen menjadi tenang, terlebih lagi dalam urusan kargo yang memuat barang banyak. Sukses terus untuk astra yang menjadi sahabat setia untuk masyarakat

    ReplyDelete
  13. Sera Astra? Wah harusnya kemarin coba nih pas kirim buju dari semarang ke Bandung. Aku sih cari yang murah dan yang pasti emang harus terpercaya.

    ReplyDelete
  14. Wah suami saya perlu layanan kargo juga di pekerjaannya. Oke deh nanti coba aku kasih tau info ini..

    ReplyDelete
  15. Kalau barang yang dikirim banyak memang lebih baik pakai kargo yaa. Pastinya juga kita memilih yang teruji kredibilitasnya. Tapi sebenarnya berharap ecommerce juga ada pilihan kargo buat pengiriman barangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau yang biasa hanya melayani paket kecil dan sedang ya :)

      Delete
  16. Wah sering dititipin barang2 belanjaan itu bisa dibisnisin yah mom rey buka jastip tuh mayan hasilnya,makasih tips2nya yah mom rey walaupun blm pernah ngirim barang dalamjumlah banyak mungkin suatu hari nanti

    ReplyDelete
  17. Sera Astra tar aku kepoin ah. soalnya aku sering banget kirim barang via cargo keluar pulau. kendalanya tuh suka sampenya lama bener, bisa hampir sebulan baru sampe. customer suka nguberin aku kalo barangnya belom sampe2. makasih infonya mom :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, cobain aja, kali bisa di diskusikan untuk dipercepat :)

      Delete
  18. Serem juga ya baca pengalaman mba Dian, bisa gitu ya Cargo ga nyampe. Hiks... Berarti emang mesti cari yang reputasinya terpercaya ya Mom

    ReplyDelete
  19. dulu waktu masih tinggal di Bandung, sempet punya toko online/offline pakaian yang melayani pembelian grosir. lumayan kaget pas ada orderan ke luar negri (hongkong) kebetulan yg beli ini lumayan sering belanja online di Indonesia, jd malahan dia yg kasih tau caranya gimana.. skarang malah lupa pakai apa ya waktu itu kirimnya.. maklum karena udah pindahan jadi arsip2nya ngikut keselip! >_< uhhh pas baca tulisan mbak jadi sedikit tercerahkan.. makasii ya mbak, lagi ada keperluan kirim barang ke LN lagi soalnya nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh aura-aura mau aktif kembali nih tokonya :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)