Tuesday, December 10, 2019

Cara Blog Walking Meski Artikelnya Kurang Diminati A La Rey

grup blog walking

Sharing By Rey - Pada akhirnya, para blogger yang serius menjadikan blognya sebagai pundi-pundi pemasukan rupiah, kebanyakan akan membutuhkan yang namanya blog walking melalui list di banyak grup yang sekarang terbentuk.

Saya adalah salah satunya.

Dulu, saya kadang bete, udahlah sibuk blog walking ke mana-mana, tapi hanya sedikit yang mau balik berkunjung ke saya, padahal saya lagi butuh dikunjungi.


Selain itu, kadang artikel yang saya butuh dikunjungi orang malah sedikit pengunjung.
Salah satu caranya sih, blog walking dan meninggalkan link artikel di kolom komennya.

Tapi sekarang, banyak yang memilih menghapus link seperti itu, karena amat sangat berpotensi jadi broken link, apalagi kalau artikel yang berisi lomba blog.

Seringnya, setelah lomba berakhir dan tidak menang, artikelnya dihapus karena beberapa alasan.
Kalau saya mah, sayang banget dihapus, mending kan diedit aja isinya, hehehe.

Saya lupa, awalnya saya bergabung di grup blog walking tuh kapan.
Yang jelas, kalau nggak salah grup WA MBC atau Mom Blogger Community, sebuah grup asuhan mom Amalia Sarah dkk, yang awalnya membuka jalan saya menuju grup-grup WAG serupa.

Menyusul Grup Fun With Blogwalking yang digawangi oleh Mba Uniek dkk, Social Media Walking yang digawangi oleh Mba April Hamsa dkk, hingga Indonesian Hijab Blogger WAG oleh Mba Andiyani Achmad dkk.

Selain itu, ada pula grup blog walking melalui grup facebook, yaitu melalui grup Estrilook oleh Mba Muyas.

Grup-grup tersebut amat sangat membantu khususnya bagi saya yang masih terseok mendapatkan pageview dan komentar di artikel-artikel kerjasama atau sponsored post.

Beberapa teman, yang dulunya sama sekali tidak menganggap blog walking itu penting, terlebih blog walking melalui list yang dikumpulkan, pada akhirnya juga ikutan dan lebih semangat mengikuti list yang selalu diselenggarakan minimal 2 hari sekali tersebut.

Ye kan, biar bagaimana pun, blog walking melalui list tersebut amat sangat efektif dalam meningkatkan pageview maupun komentar support, ketimbang blog walking secara natural, yaitu asal berkunjung secara acak ke blog orang lain.

Karena, jika tanpa list, kita tidak bisa mengarahkan orang baca artikel yang kita harapkan, meskipun mungkin bisa meninggalkan link di komen.
Tapi percayalah, zaman sekarang banyak yang memilih menghapus komen dengan link artikel.


Tantangan Blog Walking Melalui List


Meskipun demikian, blog walking melalui list, bukannya tanpa tantangan.
Salah satunya adalah, harus blog walking ke artikel teman yang tidak sesuai dengan minat kita.


Ini nih yang kadang bikin jadi malas.
Misal saya, kurang mengerti artikel yang isinya coding, bukan nggak suka, tapi kalau lagi nggak butuh, malas bacanya.
Soalnya juga percuma, yang begitu-begitu harus sekalian praktek baru bisa dimengerti.

cara blog walking

Atau juga artikel review drama Korea, atuh mah saya takut kepincut, terus nonton, gawat banget tuh, karena saya bakalan berhenti hanya kalau udah selesai, hahaha.

Belum lagi, kalau blog walking melalui list, dipastikan kita bakal mendapatkan lebih dari 1 tema yang sama. Ye kan, yang ikut kan bisa jadi berada dalam 1 campagn, tentu aja temanya sama.

Kalau cuman, 2 atau 3 sih, masih bisa lah saya ngarang kata-katanya.
Tapi kadang sampai 10 bahkan lebih loh, artikel dengan tema yang sama, sampai saya kehabisan ide buat komen yang 'niat' hahaha.

Berbeda dengan blog walking langsung tanpa list, kita kan bisa milih artikel lain yang kita sukai buat dibaca, kecuali memang artikelnya udah kebaca semuanya hahaha.


Cara Blog Walking Dengan Bahagia Meski Artikelnya Kurang Diminati


Apapun tantangannya, sekali memutuskan ikut list blog walking, mau nggak mau harus profesional.
Mau artikelnya bikin ngantuk kek, tulisannya kecil-kecil kayak semut pakai bayclin lol, atau tulisannya gede tapi warna hurufnya pudar, ditambah background yang juga nyaris sewarna.


Duh nulisnya aja saya langsung sakit kepala, karena membayangkannya hahaha.
Tapi tetep saja, harus dilakonin.
Harus di komen, meski jujur nggak dibaca semuanya , lololololol.

Meskipun, kadang saya scroll doang, langsung ke kolom komentar, tapi bukan berarti saya komen dengan asal-asalan.

Saya selalu berusaha komen dengan selaras, komen dengan banyak kata, dan tentunya support tulisannya, terlebih jika itu tulisan sponsored post.
Para blogger pasti tahu kok, mana yang sponsored post, mana yang bukan :D

Lalu gimana caranya? sementara saya nggak baca semua isi artikelnya?


1. Komen dengan mengembangkan komen orang di atas kita.


Ini bisa dilakukan, kalau kita bukan yang komen pertama kalinya, atau biasa orang tulis pertamax (nggak tahu kenapa dikatakan pertamax, padahal pertalite kan juga bagus *eh)

Tapi, meskipun demikian, harus ada cek ricek dengan artikel yang tertulis, jangan sampai kita niru-niru dikembangkan, eh nyatanya yang atas kita juga ngarang alias nggak nyambung hahaha.


2. Cek dengan CTRL F


Saya biasanya blog walking melalui laptop, karena bisa lebih cepat ngetiknya, lebih lega bacanya, meski kadang bete juga kalau nemu blog yang tulisannya kecil dan buram, hiks.

Selain itu, saya bisa tahu langsung performa blog teman, seperti spam score yang bikin deg-degan kalau ninggalin url blog di komennya.


Dengan laptop, akan lebih mudah kita mengecek apa yang akan kita tulis, dengan cara pencet tombol ctrl dan F secara bersamaan, maka kita bisa mencari kata yang bakal kita kembangkan, kira-kira selaras nggak dengan tulisannya?


3. Tetap komen panjang dengan numpang curhat sesuai tema


Kadang bingung kan, mau komen gimana nih, apalagi kalau artikelnya yang tidak kita minati atau kita nggak tahu sama sekali.

Misal saya harus komen di artikel game online yangs aya nggak ngerti.
Ya udah, saya bakal komen numpang curhat saja, kalau saya juga suka ngegame, tapi saya jarang ngegame, soalnya saya punya masalah susah berhenti kalau udah ngegame, hahaha.

Makanya, meski saya terburu-buru, saya selalu berusaha komen yang panjang, meski isinya numpang curhat hahaha.



Setidaknya 3 cara itu yang sering saya gunakan, jika harus blog walking dan temanya kurang saya minati.
Mungkin ada yang berpikir, buat apa blog walking kalau nggak dibaca?

Ya memang karena butuhlah, hahaha.

Dan menurut saya, manusiawi banget sih kalau ada yang cuman scroll doang nyari kolom komentar, lalu komen yang bahkan kadang enggak nyambung hahaha.

Gimana dong, kita kan nggak bisa memaksakan tema kita untuk disukai banyak orang.
Terlebih kalau ada banyak orang yang menuliskan tema yang sama.
Kebayang kan kita jadi kehabisan kata buat komen, hahaha

Sayapun memaklumi jika banyak teman dari list blog walking yang melalukan hal serupa, bahkan seringnya komennya cuman sepotong basa basi banget hahaha.

Asal nggak terlalu juga sih, kayak cuman,
"Thanks for sharing ya"
Atau semacamnya, yang cuman 4-5 kata.

Kalau temans, ada yang tetap maksain baca semua isi artikel orang meski sama sekali di luar minat masing-masing nggak?

Sidoarjo, 10 Desember 2019

@reyneraea

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : dokumen pribadi dan unsplash

122 comments:

  1. Jlo saya #timscrollscroll aja hehe.. sambil ninggalin jejak sedikit lah.. hehe

    ReplyDelete
  2. Iya...ngalami hal yg sama. Yg kurang paham kaya ttg coding2 gitu biasanya komen standar aja...yg temanya sama kdg di skip dulu sambil cari ide komen hehe

    ReplyDelete
  3. haha betul itu kalau ada yang nulis tentang drakor, jadi pengin ikutan nonton, dan kalau sudah nonton drakor, nggak bakal berhenti deh nontonnya, bikin ketagihan :D
    Tulisan yang di luar minatku apa ya? mungkin yang seputar otomotif kali ya, bakal susah komennya juga. Kalau seputar blog sih aku suka baca karena nambah pengetahuan juga, tapi memang ada yang harus dibaca dan dipahami pelan-pelan serta dipraktekkan langsung.
    Kalau tulisan yang paling aku suka tetap traveling dan food hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otomotif juga rempong ya Mba, bingung mau komen apa, biasanya saya akhirnya numpang curhat saja hahaha

      Delete
  4. Keuntungan saya adalah saya memahami hampir semua konten blog, serius ha ha ha...dan Alhamdulillah saya senang. Namun karena di dunia nyata saya seorang pekerja, kadang di sempat sempatkan liahat lihat list blog teman teman. Swear, sebagai karyawan perusahaan PMA dengan waktu superketat, saya sedikit kerepotan menulis. Cuma yang namanya hobi tangan ini gatal melulu pinginnya nulis. Dan satu hal:

    Saya gak begitu perduli apakah di baca atau tidak untuk masa sekarang. Prinsipnya seperti kata Kepler: "Tulisan sudah kutulis dan Aku tidak perduli walau seratus tahun lagi baru ketemu pembacanya!"

    Kebetulan saya memang peminat koding jadi hanya hal hal seperti itu yang bisa saya coba tulis, seringan, sesederhana dan semudah mungkin saya lakukan. Saya selalu tertarik dengan topik apa saja sepanjang itu adalah realitas dalam kehidupan.

    Di lanjutkan Rey...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh the power of suka baca hahaha.
      Saya dulu juga ska baca, entah lari ke mana minat saya itu, sekarang kok ya milih-milih suka bacanya, lebih suka yang related aja sama kehidupan sendiri hahaha

      Delete
  5. Hehehe alhamdulillah selama ini sih aku happy-happy aja mau apa pun itu isinya. Yang kadang aku bingung komentar itu kalau tulisan isinya cerbung gitu loh mbak pas kebagian bw udah cerita keberapa gak tahu awalnya gitu loh. Wkwkwk

    Paling banter bilang "ditunggu cerita selanjutnya mbak" Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, saya juga suka nge hang kalau isinya cerbung, biasanya langsung keluar numpang curhatnya saking bingung hahaha

      Delete
  6. Wahh aku baru tau ada WA grup semacam itu, mbak. Jadi kepo dan pengin cobain ikut deh hihi, masih blogger amatir nih anak baru :D

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu awal-awal mulai ngeblog kebanyakan isi blog tuh isinya curhat semua. Tapi walaupun isinya geje banget, malah suka seneng bacanya dan suka ikutan curhat di kolom komen hahaha.

    Belakangan ini para blogger termasuk aku tulisannya jadi rada serius dan berbobot, tapi emang kita harus berkembang terus sih. Sampai sejauh ini sih aku masih menikmati blogwalking sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya paling suka baca artikel curhat Mba, soalnya biasanya curhat itu lebih personal, lebih jujur hahaha.
      Pun juga saya bisa mengambil banyak hikmah dari curhatan gitu :)

      Delete
  8. Saya bewe ngak pakai list khusus Mbak, ada bewe yang masuk, saya balas bewe tapi kalau ngak ada bewe yang masuk, yah...saya yang bewe,in duluan,hahah....

    Untuk bewe di blog saya, juga bebas mau koment dimana. Bahkan ada yang koment di artikel lama, dan itu hanya beberapa orang saja sih....salah satunya adalah " Mbak Rey " hahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, blogger cowok lebih mandiri soalnya :D

      Delete
    2. Saya modelnya sama kayak kang nata kak rey hahahaha, biar ga spaneng spaneng amat n banyak dramanya masalah bewe hahahaah

      Delete
    3. hahaha aslinya saya lebih suka BW natural Mbul, soalnya enak aja saya bisa ubek-ubek isi blog orang, nggak dipaksa baca artikel yang saya nggak suka, cuman kadang kalau dapat job memang saya butuh bantuan buat ngeramein hihihi

      Delete
  9. Tipsnya recommended banget untuk aku yang masih pemula dalam hal blogging... terimakasih atas bimbingannya...

    ReplyDelete
  10. Selama ini aku selalu coba baca full sih dari awal karna kalo ngarang kan ketauan banget ya, apalagi newbie. Memang ga bisa dipungkiri ada beberapa topik tulisan yg kurang sesuai minat utk dibaca, tp namanya tanggung jawab harus menyelesaikan tgs BW, sebagaimana halnya temen2 yg BW ke blog kita juga πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya banget, kalau udah berani masukin list, harus profesional ya :)

      Delete
  11. Kalau pun di luar minat atau di luar hal-hal yang pernah daku lakukan tetap daku baca kak, misalnya pada artikel parenting daku belum ada pengalamannya tapi tetep dibaca biar jadi ilmu dan bekal. Dan pas dikomentarnya tetep diselipin doa sih, biar cepet ganti status aamiin πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya juga yak, kebayang yang belum punya anak, bakalan beda bacanya, sama kayak baca coding tapi nggak langsung praktek, jadi aneh :D

      Delete
  12. Saya tetap baca meski emang kalau ada blogger komunitas nulis satu tema, lainnya pasti tema yg sama dan saya suka bosan. Hehehe...
    Tapi setiap orang pasti punya pengalaman yang beda. Biasanya saya komentarnya mengambil sudut pandang dari cerita yang membedakannya itu. Niat gak niat kalau ikut list jadi wajib hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, keren ih teh, padahal teh Okti yang paling cepat selesaikan list BW nih, kalau saya biasanya nggak baca semua kalau cepat selesaikan list, ya karena memang kurang minat juga hahaha, tapi selalu berusaha komen dengan baik :)

      Delete
  13. berkat program BW dari IHB sekarang aku lebih menikmati kegiatan ini mba haha buat ngisi waktu luang kalo di kendaraan umum.. daripada bengong nti kenapa2 mending baca hp sambil BW atau IW.. bisa senyum2 sendiri dan dapat banyak faedah setelah membaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya malah ga pernah BW kalau di Kendaraan, bisa sakit kepala saya hahahaa.

      Delete
  14. Mungkin karena saya udah lumayan lama ngeblog. Jauh sebelum ada list blogwalking. Udah gitu memang jadi semacam kebiasaan aja kalau menulis blog dan bw udah kayak sepaket hehehe.

    Jadi saya tetap aja kayak dulu. Berusaha santai sata ikutan BW. Pastinya yang berbeda dengan ikutan list itu di manajemen waktu. Karena kalau ikutan ngelist 'kan wajib bw. Jadi saya harus pastikan punya cukup waktu buat baca postingan peserta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren nih Mba, kayak udah jadi jobdesc gitu ya :)

      Delete
  15. Biasanya saya highlight bagian2 pentingnya dulu, kalo blogwalking ketika waktu nggak banyak. Yang penting, saya dapat info2 pentingnya. Baru saat luang, saya balik lagi untuk baca lengkap

    ReplyDelete
  16. wkwkwkkwkw saya bgt, bingung kalau gak minat sama temanya, tapi demi supporting jadi tetep sya baca,,

    soalnya aku berharap orang2 juga mau baca artikelku dgn tuntas dan gak meninggalkan bounce rate sih, wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau saya mengerti sih kalau ada yang nggak baca, kita kan ga bisa maksain minat orang.
      Cuman memang kalau pakai list, minimal komennya sesuai yang sebaiknya dilakukan :)
      Makanya, meski kadang saya nggak baca, saya selalu berusaha komen dengan serius :)

      Delete
  17. Kalau aku senang blogwalking karna bisa tahu kan cara nulis teman-teman. Sapa tahu bisa kerja bareng #eh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha, iya ya Mba, seringnya malah dapat kerja sama ya :)

      Delete
  18. Bener mbak, mau nggak mau kita harus profesional BW kalau sudah jatuh link. Paling sebel kalau udah naruh link orangnya gak bw dan gak ada konfirmasi apa2... Hiks

    ReplyDelete
  19. Blogwalking menjadi cara saya memahami tulisan lalu mengembangkan pemahaman itu menjadi sebuah komentar. Kadang suka sedih ketika komentar itu tidak sesuai tulisan yang kita tulis ya mbak. Tapi saya bersyukur bisa saling BW di grup funblogging....bisa sekalian kenalan dg pemilik blog lewat dunia Maya. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  20. Tips2nya boleh dicoba nih mak rey secara saya kadang suka bingung komen di artikel yg saya kurang ngerti atau gak ngeunah, kalau cuman "nice info, tfs ya" udah basi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iyaaa... kadang juga yang komen nice info itu kaerena beneran bingung ya :D

      Delete
  21. Setuju mbak, kadang memang ada beberapa artikel yg enggak dimengerti jadi baca dua kali. Kadang komentarnya jadi umum aja hehe.

    ReplyDelete
  22. Kalau postingannya bagus bakal saya baca sampai tuntas , apalagi kalau termanya personal atau organic gitu seperti postingan ini, hehe. Tapi kalau yang sponsored post gitu harus saya akui sering nggak saya baca sampai habis (padahal isinya juga sebenarnya daging banget, hehe)

    Btw boleh juga nih tipsnya Mbak. Boleh ditiru apalagi saya juga selalu suka cara Mbak Rey komentar di blog saya meski mungkin tulisan saya nggak dibaca sampai habis tapi nggak kelihatan kok kalau dibacanya cuma setengah-setengah, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya ya, justru sebenarnya sponsored post itu isinya manfaat banget, cuman entah kenapa kok ya membosankan ya? :D

      Delete
  23. menariqq banget ini topik nya mbak rey :D
    kalau aku kadang gak jadi komentar loh kalo topik nya sulit banget dicerna di otakku. haha.. ya, dari pada salah komen atau gak nyambung yaudahlah close tab aja ga jadi komen. lanjut BW blog lainnya aja. hihi..

    Dan, aku jugak agak Kzl sih kalo ada yg komen cuma nulis "nice info kak" Ampuunnn daaahhh.. syedih aku.. hahaha..

    Oya, gimana mba caranya gabung WAG blogwalking? kayaknya boleh juga tuh.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau BW natural enak say, nggak terikat kita kudu komen di postingan mana, tapi kalau BW pakai list mah, mau nggak mau kudu mau.
      Bisa hubungi masing-masing personal admin grup say :)

      Delete
  24. Hihihi, Mbak Rey, ngasih tips sekalian curhat colongan yaaak.... Memang blog walking perlu tips seperti ini ya, biar sama-sama nyaman dan tenang. Ikhlas dan tetap bahagia hihihi....

    ReplyDelete
  25. Semangat beweku lagi seiring sejalan dengan semangat ngeblogku yang makin hari nampaknya makin memprihatinkan. Ini udah mau akhir tahun PV blog semakin menurun dan jumlah artikelpun baru 69, huhuhu :'(



    *maaf numpang curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sedih saaayyy, biasa kan mamak berbayi, nantinya bakal naik lagi tuh semangatnya :D

      Delete
  26. Berarti sejauh ini grup grupan kita sama ya Kak hehe hanya saja yang di FB aku memang belum ada ikutan

    ReplyDelete
  27. Asli ini berguna banget mbak, aku juga kadang kesel sih sama blog yang tulisannya terlalu kecil, mana mata juga minimalis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, udahlah tulisan kecil, pakai warna huruf grey, tapi background putih, alamakkk matakoh :D

      Delete
  28. Kadang saya juga nih, komen panjang demi numpang curhat pas banget tema tulisan dengan tema curhat haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, bahkan tema sponsored post bisa curhat juga kok, asal nyambung :D

      Delete
  29. Kalau yang blogwalking ke blogku adalah sesama bloger aku gak mengharapkan mereka baca wkwkwk. Soalnya sering cuma menuntaskan kewajiban, kuniatin nambah PV dr mereka aja.

    Kalau aku terus terang juga gak sanggup baca all artikel kecuali menarik temanya buatku :D
    Yg penting usaha gak komen negatif kalau itu postingan kempen, kalau postingan curcolan seringnya ikutan curcol jg haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah samaaahhh banget ini!
      Saya mah udah hafal banget, kebanyakan blogger pasti kurang membaca tulisan kita (terlebih sponsored post) dengan baik.
      Dan memang kan BW itu tugasnya cuman kasih PV dan komen nyambung.
      Saya mah selama teman-teman komen nyambung, nggak dibaca juga rela banget kok :D

      Betul banget Mba, kecuali memang waktu kita banyak ya, manalah sanggup membaca tema yang sama sekali nggak kita minati :D

      Delete
  30. Aku juga kalau BW suka complaint sendiri LOL.. tapi kan sudah jadi komitmen, makanya kami asyik - asyik ajaaa menikmati

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mba, komitmen memang kudu diselesaikan ya :)

      Delete
  31. Wkwkwkkwkwwkkw
    Sungguh tips yang jitu !

    Sangat bermanfaat sekali kak.
    Apalagi untuk BW dengan list panjang.
    Auto mumet mata
    Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha, udah mumet, temanya kurang diminatin pulak :D

      Delete
  32. Dulu pernah ikut list BW gitu. Dan tersiksa banget haha. Krn ya itu kudu baca artikel yg sama sekali ga minat. Lama2 aku siasatin dg baca scanning. Jadi tetep baca tapi kunci2nya aja :))

    Setelah itu aku males. Itu sebabnya nggak pernah ikut list lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, kalau saya mah rela-rela saja di scaning, asal komennya nyambung :D, makanya saya siasati kayak di atas.
      Yang jadi masalah tuh, banyak yang ngaku selalu maksain baca semua, tapi herannya komennya nggak nyambung wakakakaka :D

      Delete
  33. Saya biasanya list BW kalau memang saya mau, jadi komitmen saya mau tulisan apapun itu saya baca, namanya blogger yang suka baca masa blogger gak mau baca maunya komen aja hihihi. Kl lagi bosen baca dan males ya saya ga BW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kadang butuh ngelist, mau nggak mau kudu bewe :D

      Delete
  34. Tulisan Mbak Rey emang padat banget nih hihi. Saya kadang seneng juga pas BW dapat ilmu baru yang sebelumnya belum tahu. Keren tips-tipsnya Mbak

    ReplyDelete
  35. Ikut bw itu memang butuh tapi kadang suka jenuh, dan artikel mba rey ini mewakili banget lah, heheh dan tios-tipsnya oke banget, bisa saya praktekkan saat blogwalking

    ReplyDelete
  36. Artikel mba rey ini saya baca sampai tuntas... tas...tas... Btw, ikut blogwalking memang saat ini jadi kebutuhan para blogger baru (seperti saya). Walau kadang terseok-seok untuk menyelesaikannya. Kalau nemu yang diminati pasti dengan bahagia menuliskan komen, kalau yang kirang diminati, tetap mencoba mencerna dan komen. Anyway, tipsnya mba Rey bisa dicoba nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa, nggak enaknya bewe melalui list itu ya mau nggak mau kudu pantengin blogpost yang kadang nggak sesuai minat :D

      Delete
  37. Kalau aku blogwalking cuman ke artikel-artikel yang aku minat baca sih, Mbak, jadi setiap baca artikel pasti tuntas. Dari awal artikel sampai akhir kebaca semua. Salah satu model artikel yang aku minat tuh seperti yang ada di blognya Mbak Rey. Hehehe.
    Atau kalau ada yang ninggalin komen di blogku, aku pasti gantian mampir ke blognya yang bersangkutan sembari komen di artikelnya. Kalau gak ada yang ninggalin komen di blog, ya aku yang blogwalking secara random.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh makasiiihh :)

      Kalau saya biasanya baru BW secara kunjungan balik, masih kudu manajemen waktu lagi biar bisa lebih banyak BW :)

      Delete
  38. Haha saya kayaknya yang ke 3 mba.. nunpang curhat di tema tulisan tersebut.. hahaha

    ReplyDelete
  39. Kalau Mom reyneraea mah, selalu menarik artikelnya. Saya juga sebisa mungkin memberi komentar Yang berhubungan dgn topik Dan bahasa Yang sopan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, kalau si Mbok keceh mah emang aslinya suka baca :D

      Delete
  40. Tiap ikutan blogwalking saya juga berusaha buat baca sampai akhir dan mendapatkan inti pembahasannya mbak. Kadang banyak hal yang jadi malah tau setelah sekian lama gatau. Hehehe. Tips mbak Rey ini menarik nih. Blogwalking jadi bisa menyenangkan deh ya.

    ReplyDelete
  41. aku jarang ikutan list BW mbak, karena takut nggak sanggup menuntaskan kewajiban BW dan komen.

    aku baca sampai tuntas kalau BW. kalau topiknya kusuka, kubaca dengan penghayatan. haha.kalau topiknya aku nggak suka alias nggak mudeng, tetap dibaca sampai tuntas dengan kecepatan zuper. wekeke. karena menghargai capeknya nulis artikel :D

    ReplyDelete
  42. Berfaedah bgt tips nya mamiiiii

    Buat yg komen nya banyak emg butuh bgt nih tips inii

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Sampai sekarang saya tetap nyaman dengan baca sampai tuntas tulisan teman-teman blogwalking sukarela maupun wajib, Tak masalah artikelnya sepanjang 2 ribuan kata dan isinya berat, tetap saja dibaca karena itu cara saya untuk beroleh ilmu berfaedah dari tulisan orang lain.

    Ada banyak teman yang suka nulis dengan gaya panjang, dan yang paling mencolok menurut saya adalah Mbak Siska Dwyta dan Susindra. Tulisan mereka bergizi meski untuk kepentingan lomba atau kampanye.

    Kadang jika saya baca tulisan panjang tetapi bikin bosan jadi mikir kapan selesai, tetap lanjutin bacanya.
    Saya sering sengaja nulis panjang dan detail gitu dengan harapan agar yang berkunjung bacanya lama dan bisa membawa imbas baik bagi blog saya. Meski pada kenyataannya ada juga yang gak baca tuntas atau ogah baca serta langsung geser bawah ditambah komen gak nyambung banget dengan isinya. Ha ha.

    Biarin saja, yang penting saya tak perlu punya perasaan malu sudah gitu pada blog lain yang dikunjungi karena dari list WAG blogwalking.
    Kerap pula saya mabuk topik tertentu yang isinya bahas hal sama dengan sudut pandang berbeda dengan kutipan sama. Anggap saja belakar agar bisa menulis blog lebih baik.
    Saya tidak khawatir kekurangan stok teman di luar WAG karena biasa berkunjung sukarela, tetapi penting ikut blogwalking WAG agar mereka bisa menuju artikel yang diarahkan, terutama jika saya ikut lomba atau sedang job artikel.
    Jadi pengen nulis soal pentingnya ikut WAG Blogwalking, sudah dari pekan kemarin dipikirkan sejak gabung di WAG baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka dengan pemikiran Mbah Rohyati.

      Delete
    2. Mba Rohyati mah kagak perlu diragukan lagi masalah hobi bacanya, dan kelihatan dari setiap tulisan di blognya, berbobot karena banyak baca :)

      Sebenarnya artikel lomba dan sponsored post itu isinya bermanfaat banget Mba, justru menambah pengetahuan banget, tapi mungkin karena minat juga kali ya, saya lebih suka baca pengalaman hidup, karena entah mengapa otak saya agak soak akhir-akhir ini, lebih bisa menangkap cerita pengalaman hidup ketimbang ilmu :D

      Delete
  45. hahahaha Rey, aku ngerasain bangetttt ini :D.

    aku jg ada ikut grup BW dari WA, tapi untungnya ga sampe yg segambreng gitu listnya.. Kadang nemu sih artikel yg ga sesuai ato yg ga aku mengerti samaekali. Tapi krn kewajiban BW, aku tetep paksain baca, sekedar pgn tau, sbnrnya aku yg orang awam ini bisa nangkep ga penjelasan si penulis. Kalo sampe akhir baca msh ga mudeng, aku ga tau sih yg salah aku terlalu oon, ato si penulis yg terlalu banyak pake istilah jargons hahahahahha.. Biasanya kalo udh gini, aku cari 1 paragraf intinya lah.. trus kembangin aja komen dari situ ;p

    tapi kalo bukan krn kewajiban BW, aku bakal cari artikel2 dia yg lain, yg mungkin memang ada yg sesuai minatku.

    Aku ga prnh anggab BW itu merepotkan, krn aku memang suka baca. targetku perhari itu, BW minimal 15 blog. bisa lebih, tp jrg kurang. Setidaknya krn aku skr udh susah untuk baca buku, mengingat kesibukan kantor, BW jd 1-1 nya jalan supaya aku tetep membaca. dan cari ilmu baru dari artikel yg aku baca.

    jrg sih aku sampe menutup tab dari blog yg sdg dibaca, kecualiiiiii, tulisannya kecil banget ato tulisannya terlalu silau. krn mataku minus parah, dan sensitif. Pernh nemu blog yg tulisannya begitu, padahal isinya menarik loh. tapi baru 2 paragraf, aku ga sanggub, mata lgs berair. jadi maaf banget, blog yg begini ga bakal aku kunjungin lagi :( .

    Sementara blogku sendiri nih, aku tau kok mana yg komennya memang dibaca, mana yg cuma baca selibat. Semua bakal aku bales dan visit balik kebanyakan, kecualiiiiii, yg cuma komen: TX INFONYA, TX FOR SHARING, ato aneka kata2 spam lainnya, itu ga bakal aku BW balik. malah kalo mood sedang jelek, aku tendang ke spam hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhhh sehari 15 bloggggg! keren Mba!
      Cita-cita saya banget tuh sejak dulu, sayang waktunya nggak selalu bisa memungkinkan huhuhuhu.

      Memang rempong sih kalau semua kita kerjakan sendiri, apalagi saya selain blog juga menerima beberapa job di IG, kalau di IG sekilas lebih praktis, padahal sama rempongnya, nyiapin fotonya itu loh, apalagi kalau foto sama anak, hadehh...
      belum lagi saya malas banget dandan di rumah :D

      btw emang lebih asyik kalau BW natural gitu yak, bebas pilih artikel yang mau kita baca :D

      Delete
    2. Klo aku misal dapet komen yang ga oke bukan langsung tendang spam lagi mb fan, tapi hapus selamanya wakak #sadis kamu mbul

      Delete
    3. hahahaha, daripada menuhin spam yak Mbul, etapi mendingan keep di spam say, soalnya kalau nggak gitu dia bakal komen lagi karena nggak dideteksi sebagai spam :D

      Delete
  46. Jaman awal ngeblog dulu, BW menjadi kebutuhan karena sebagai alat silaturahmi.
    Ga heran, karena isi blog lebih pada cerita tentang keseharian dan hal-hal yang "pemilik blog itu banget" dulu di blog pendar bintang orang mengenalku sebagai orang puitis sampai akhirnya aku menikah, punya anak, hilang kepuitisanku. Dan blog pendar bintang vacuum, domain ga bisa kebeli lagi.

    Ga heran juga, aku memiliki banyak banget sahabat yang layaknya saudara dari ngeblog karena setiap komen dulu sering berlanjut kopdar. Beda suku dan bahasa.

    Sekarang iklim "blogsphere" sudah berbeda. Bisa difahami.

    Untuk menjaga komitment saya ngeblog, memang saya tidak banyak menerima job tulisan berbayar. Bukan karena sombong atau kemenyek, karena kan tiap orang emang punya prioritas sendiri dalam "ngeblog".

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha sama, kalau saya menerim job yang fee nya sesuai aja, minimal nggak anjlok-anjlok banget hahaha.

      Jadinya sekarang lagi sepi, tapi Alhamdulillah job di IG terus ada :)

      Delete
  47. Wah mbak rajin banget ya BW nya, dan saya juga seneng banget pas liat komen mbak di blog saya bener2 niat hahaha. Saya sih jujur jarang blog walking, karena perbedaan waktu jadi yang muncul di wall group FB yang saya anggap menarik yang saya kunjungi :D he he he.. btw thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya Mba, saya biasanya ikut list di grup kalau pas ada yang butuh PV hahaha, kalau enggak lebih suka memilih BW secara acak aja :)

      Delete
  48. Salah satu kelebihan mba Rey ya ini, kasih komen yang panjang dan berkualitas. Udah gitu rajin buka arsip blog kita, jadi gak hanya komen pada artikel terbaru.

    Keren mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, artikel lama kadang jauh lebih menarik Bang, soalnya lucu hahaha

      Delete
    2. Betul tuh aku malah sukanya juga baca di artikel lama yang tulisannya masih polos dan lucu lucu, klo yang baru2 uda rada serius kebanyakan karena uda berbayar dan iklan hahaha, tp tetep takkomen juga yang terbaru sih

      Delete
    3. hahahaha, kenapa ya, iklan itu nggak mengasyikan? :D

      Delete
  49. Sebenarnya pingin sekali ikutan joint grup bw, tapi dikarenakan aku orangnya suka agak malas ikutan wag, wag apapun itu ga cuma wag blogger aja, wong ga punya hahahhaha (sedikit informasi, wag aku juga cuma ada 2, 1 alumni kantor dan 1 wag keluarga,

    total wag aku cuma ada 2 hahahhaha

    Ga tau saking introvert atau tertutupnya diriku klo soal sharing nomor hape, walaupun sebenernya tuh kepingin gabung hahahha,


    Tapi tiap kali liat beberapa blogger yang which is artikelnya kurang menarik (mnurutku pribadi loh ya, ga tau kalau menurut blogger lain haha), kok aku herannya pada banyak juga yang komen, owalah ternyata setelah aku amati karena pada ikutan grup tertutup dari wa.

    Pernah aku coba ikut komen walau aku ga joint wa-nya, eh ga ada kunjungan balik, aku ga tau apakah di syarat wa khusus bw itu ga memperkenankan komen balik di blogger non anggota atau ga gaggagk, jadi agak sedih juga sih....seolah olah pada mau komennya yang sesama anggota thok (tapi ga tau juga deng aturannya gimana, cuma berasumsi gitu soale ga satu dua kali ngalamin, tapi seriiiiing bgt ahhahahahha). Ya begitulah risiko blogger yang modelnya dewekan alias sendiri kayak aku hahahha, kadang2 menyedihkan, tapi ya udah lah, hahahaha

    Mending komen di blog yang tipenya kayak kak rey aja sekarang hahahhaha
    Uda artikelnya menarik orangnya ga pelit urun komen lagi #idaman

    Gegeggekk

    Terus...terus tadi aku mau komen apa lagi yah, sebenarnya aku baca artikel ini uda sejak pertama kali publish, tapi sengaja bolak balik klik biar nunggu rame dulu nunggu komenan yang muncul satu2, jadi sekalian baca sambil dapat keasyikan sendiri, makanya sering absennya belakangan

    Hahaha
    Sebenarnya tadi mau komen tentang apa ya,...agak lupa, ntar aku inget2 lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakkakakaka, percayalah!
      Sesungguhnya saya juga dulu persis kayak dirimu Mbul, selalu heran, mengapa komen di postingan beberapa teman kok rameeeee banget.

      Cuman, lama-lama curiga, soalnya komennya nggak bervariasi, ya gitu-gitu aja, seolah basa basi aja.
      Terus, orangnya itu-itu saja.

      Saya ikutan komen, eh nggak dibalas dong, meski nggak semuanya juga, ada juga yang balas.

      Itu alasannya ada 2 perkiraan Mbul,
      1. Emang dia sibuk banget.
      2. Dia nggak bisa bedain, mana komen dari list grup, mana komen organik hahaha.

      Kalau saya, selalu berusaha kunbal sih, kalaus aya nggak kunbal, itu berarti saya juga masuk tipe nomor 2, saya bingung, mana yang dari list, mana yang organik hahahahah.

      Makanya sekarang saya jarang ikut list BW, kecuali memang butuh kayak pas ada postingan berbayar.

      Yang ini sih nggak berbayar, tapi saya ikutin list BW, makanya rame komennya (TERLALU JUJUR, WAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK)

      Delete
  50. Oh iya aku inget sekarang, mau komen dulu aku pernah bikin tema blogging tentang pentingnya blogwalking juga, ga selalu tiap artikel teman dibewe balik sih, tapi waktu itu aku bilangnya paling ga ada lah 1-2 tulisan teman yang udah main ke blog kita yang sebaiknya kita kunjungi juga buat, tapi tetep gamaksa2 amat kok, paling ga menghargai kesediaan teman kita itu yang dah meluangkan waktu baca blog kita. Andai di blog teman tersebut ga ada artikel yang menarik di situ aku menyarankan cari aja artikel lama atau yang beneran paling ga kita seneng bacanya, pastinya kan ada 1-2 ya hahah, masa ga ada sama sekali. Tapi kemudian ada yang sinis eh kritik ding maksudku, bilang klo nulis ya nulis aja capek capekin ati baca artikel yang ga kita seneng, atau ngarep bw balik dll hahaha, ya aku sedih sih waktu itu dikritik lumayan nusuk bgitu, malah sempet down juga wakakka lebay gw, padahal ga penting juga dipikirin...soalnya yang ngritik ini banyak bala2nya haha

    Tapi namanya juga pendapat tiap orang, Beda kepala beda pula isi pemikirannya ya, salahnya waktu itu aku tergolongnya masih cukup baperan wkwkwk
    Jd ambyar deh hati ini

    udah lama sih itu pantaran 2014-an apa ya, lupa saking lamanya,

    Nah terbukti sekarang trendnya beneran kejadian kan blogshpere mulai ramai lagi dengan saling komen kayak gini,

    dari situ aku langsung mbatin

    tuh kan...bener apa kuprediksikan sebelumnya, bahwa sekarang format statistik supaya mensupport terpenuhinya dapat job salah satunya ada kriteria views ataupun komen. Kubilang juga apa, wakakak

    mau ga mau emang bw penting, dan dulu pengikutnya yang sempet bilang sinis ke tulisanku akhirnya aku perhatikan malah sekarang pada joint list bw gini...dan saling komen komenan juga kan
    Pada akhirnya aku cuma bisa bilang, nahhhhh kaaaan akhirnya ada trendnya juga...jadi bukan salahku juga kalau dulu sempet iseng bikin artikel pentingnya bw hahahahha, jadi flashback bin curcol mbulll

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaah..
      sungguh kukepoohhh!
      Siapakah gerangan orang yang kemakan tulisannya sendiri itu? :D
      Zaman sekarang, bahkan yang udah terkenal pun, kudu lebih kreatif lagi kalau mau dikunjungi banyak orang buat baca say, apalagi algoritma google teruuusss berubah.

      Akan ada waktunya, yang dulunya selalu merasa nggak butuh BW, akan ikutan butuh BW saat trafik blognya nggak seramai biasanya.

      Apalagiiii...
      Kalau yang udah terkenal, biasa pasang rate card tinggi, terus algoritma google berubah, doi males branding atau bahkan males nulis di blog selain postingan berbayar.

      Dijamin kabur semua pembaca.
      Malu juga kan minta bayaran tinggi, tapi PV kecil?
      Mau nerima bayaran rendah, percayalah, itu nggak enak banget!

      Saya yang masih cetek ini aja rasain, habis dibayar agak lumayan, terus ditawarin fee yang bikin nangis Bombay, duuhhh kagak nahan deh.
      makanya tahun ini postingan berbayar saya sedikit, jarang yang deal soalnya, akhirnya kabur ke IG, bahkan fee job IG sedikit lebih baik, dan boost engagementnya lebih mudah sih ketimbang blog :D

      Intinya memang benar, saling support sesama kita itu perlu banget, jadi sebisa mungkinlah selalu membalas kunbal, terutama kalau udah dikunjungi bolak balik :)

      Delete
  51. Hahaha... Ketawa dulu. Tak kirain aku sendiri seperti itu, ternyata ada teman juga. Biar ga salah-salah komen biasanya aku baca ala scan gitu, alias baca cepat maksudnya. Tapi aku selalu biasaain buka artikel itu lama, sekitar 2-3 menit baru kututup. Jadi setelah buat komentar, aku ga langsung close. Aku buka link BW yang baru, trus bikin komentar. Setelah selesai komen di blog yang ke dua, baru deh blog yg pertama tadi kututup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, sebenarnya banyak kok yang kayak gini, keliatan kan dari komen-komennya :D
      Cuman mungkin sayanya TERLALU JUJUR wakakakakakak.
      Iya juga nih, saya selalu BW di laptop.
      Sekali bukan minimal 5 blog, jadi bukanya lumayan lama, kecuali yang pertama buka trus saya komen sih, wkwkwkwkwk

      Delete
  52. Ohh gitu caranya...aku coba ah. Makasih sharingnya mbak, emang kalau baca penuh itu tau isi blog post yang mau dikomenin. Tapi kalau temanya ga sejalan sama minat pribadi itu memang antep.

    Saya selama ini sih yang jelas nggak pernah baca adalah review produk kewanitaan dari ujung rambut s/d ujung kuku kaki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha komen di artikel kewanitaan itu, ibarat kami komen di artikel otomotif, jarang wanita yang paham hahaha

      Delete
  53. Halo, Mba Rey. Salam kenal, ya.

    Selama ini saya cuma silent reader di blognya mba Rey.

    Hm, saya baru tahu tentang WAG seperti ini. Saya gabung ke beberapa komunitas blogger tapi sekarang udah ga aktif dan jarang share postingan di sana.

    Meski blog saya sepi tapi saya suka banget menulis jadi ya ga terlalu masalah soal ini. Saya menikmati blogging. Dan saya juga suka berkunjung ke blog yang personal.

    Tapi saya salut banget ama Mba Rey yang blognya selalu rame. Tulisannya selalu ngena dengan bahasa yang mudah dipahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Mba, wah makasih ya, tinggalin komen kayak gini Mba, jadi kan saya bisa berkunjung balik ke blognya :)

      Ayo semangat ngeblog dengan gabung di grup blogger WAG :)

      Delete
  54. Lama kali gak blog-walking lagi. Dan langsung nama Mbak Rey yang terpikir pertama ketika akhirnya dapat kesempatan malam ini. kenapa ya? Mungkin karena baca postingan mbak Rey yang kayak bercerita itu bikin bacanya jadi ringan dan senang.

    Sama nih.. Saya juga senang kalo blog-walking harus laptop dulu biar puas ngtiknya, trus sekrol lagi poin yang mau dikomen. Juga kadang browsing dikit biar agak ngerti mau komen apa. heheheh.
    Pengen deh kayak Mbak Rey yang bisa istiqomah gini ngepost dan ngeblog walking.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo... ya ampun, iya ya.. lama nggak baca komennya hihihi.

      Makasih loh udah diingat :)

      Ayo semangat ngeblog, saya mah ini nyuri-nyuri waktu aslinya, aslinya sulit juga buat ngeblog hahaha

      Delete
  55. Oooo, ini toh rahasianya, pantesan kalau lihat komen kak Rey di blog orang bisa panjang-panjang. Kayaknya sih terniat di antara bloger lain :)

    Kalau saya malah blogwalking kadang suka jadi beban. Sebagai bloger, saya paling senang kalau blog saya dikomentari dengan serius. Malah kalau ada yang mengkritik saya lebih senang, karena seenggaknya tulisan kita dibaca sama tu orang. Makanya saya juga berusaha untuk menjadi bloger yang seperti itu ketika berkunjung ke blog orang lain. Rasanya bersalah kalau kita cuma numpang komen doang. Cuma ya itu, kalau harus baca semuanya kadang keteteran juga waktu lagi banyak blogwalking ke blog orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa, kalau BW nggak pakai target malah asyik sebenarnya, jadi bebas berkunjung di blog orang dan bebas milih artikel yang kita sukai, jadi bacanya lebih enjoy.

      Kalau ngelist sulit, mau nggak mau kita kudu baca di artikel yang diminta hahaha

      Delete
  56. Saya pun kadang juga numpang curhat😁
    Dan selalu berusaha baca sampai tuntas supaya paham bener walaupun nggak suka. Siapa tahu ntar ada manfaatnya kan...
    Tapi kalau puanjang banget dan topiknya beneran nggak suka, ya cuma baca setengahnya he..he...😁

    ReplyDelete
  57. Wah aku baru tau ternyata sampai ada grup buat support blog walking yaa.. kayanya menarik buat diikutin, tapi takut klo lg ga ada waktu malah ga bs pertisipasi. (Trus mau nya apa doonk πŸ˜…)
    Keren tips2 nya mba rey. Klo aku slama ini masih jauh bgd dr mba rey, soalnya klo ga sesuai lbh milih ga dibaca trus cari artikel lain di blog ny yg lbh menarik buat dibaca. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa, bisa ikutan, tapi cari yang deadline agak lama deh, kayak WAG BCC, itu seringnya semingguan DL BWnya.

      Delete
  58. Saya kalau nggak berminat dengan temanya langsung saya skip mba nggak saya baca dan komentari :D paling saya cari artikel ke dua atau ke tiganya yang mungkin lebih sesuai dengan minat saya dan disitulah saya baca sampai tuntas serta tinggalkan komentar :))

    That's why saya nggak pernah bisa blogwalking ke banyak blog, karena dalam waktu sejam saja saya mungkin baru bisa menamatkan 3-4 blog hahaha. Seperti saat ini, hampir 1 jam saya membaca post-post terbaru dari mba Rey :3 karena memang menarik dan masuk ke minat saya jadi saya baca sampai habis~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah benerrrr, saya juga sekarang jarang ikut ngelist BW, lebih suka BW natural, soalnya saya punya kesempatan ubek-ubek isi blog orang, banyak loh yang tulisannya menarik, hanya saja seringnya diikutin list BW tuh sponsored post hahahaha.

      Btw thanks yaaa udah mau baca-baca opini gaje saya hahahaha

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)