Thursday, January 30, 2020

Cara Pakai Serum Vitamin C Agar Hasilnya Optimal

cara pakai serum vitamin c


Sharing By Rey - Cara pakai serum vitamin C untuk wajah ternyata tidak boleh asal-asalan kita lakukan, selain hasilnya bisa tidak optimal, pun juga bisa mengakibatkan iritasi pada kulit.

Hal ini saya baru ketahui setelah 2 kali memakai produk serum vitamin C, sungguh jangan ditiru ya temans, harusnya kan dicari tahu dulu sebelum dipakai, lol.

Jadi, setelah saya mencoba serum vitamin C Ozora, lalu terjebak diskonan serum vitamin C Sensatia Botanicals, saya review di blog ini, dan mendapat beberapa komen mengenai fakta serum vitamin C.


Karena kepo, maka browsing-lah saya, dan benar saja, ternyata ada cara pakai serum vitamin C tersendiri, agar hasilnya optimal dan tidak membuat kulit iritasi.

Agar lebih bermanfaat dan saya nggak lupa lagi, maka sebaiknya saya rangkum saja di blog ini, biar teman-teman yang kebetulan baca ini jadi ikutan tahu.
Saya memang baik banget kok.
*Okeh abaikan! lol.

Oh ya btw, sebenarnya serum vitamin C ini amat sangat bermanfaat untuk kulit, sebagai pencerah kulit, menyamarkan noda, meratakan warna kulit, hingga mengurangi garis atau keriput yang menjadi tanda-tanda penuaan.

Mengapa harus vitamin C?
Karena vitamin C mengandung antioksidan tinggi yang mampu bekerja sebagai anti-aging untuk semua jenis kulit.

Jadi, bisa dikatakan semua orang bisa memakai serum vitamin C, asal memperhatikan cara-cara pemakaian yang benar.


Adapun cara pakai serum vitamin C yang benar agar hasilnya optimal, adalah :


1. Membersihkan wajah terlebih dahulu

Saya rasa tahap ini penting, bukan hanya untuk pemakaian serum vitamin C saja, tapi untuk pemakaian semua jenis skincare.

Membersihkan wajah secara menyeluruh bertujuan agar serum vitamin C bisa terserap secara maksimal ke dalam kulit.

Untuk itu, bisa dengan menggunakan makeup remover atau cleansing oil untuk menghapus makeup di wajah, kemudian dilanjutkan dengan facial foam sebagai double cleansing, lalu kemudian aplikasikan toner.


2. Aplikasikan serum saat wajah lembab


Agar formula serum vitamin C bisa menyerap sempurna pada kulit wajah, maka pastikan saat mengaplikasikannya, kondisi kulit wajah dalam keadaan lembab.
Jika urutan double cleansing dan penggunaan toner di atas dilakukan dengan benar, maka kulit wajah lembab siap menerima aplikasi serum vitamin C.

cara pakai serum vitamin c agar hasilnya lebih baik


3. Aplikasikan secukupnya pada wajah


Serum vitamin C memiliki bahan aktif yang sangat terkonsentrasi. Karenanya, pemakaian sedikit saja sudah cukup untuk merawat seluruh wajah.

Jika terlalu banyak mengaplikasikannya pada wajah, formula serum justru lebih sulit masuk ke kulit. Dua atau tiga tetes serum sudah lebih dari cukup.


4. Gunakan pelembab setelahnya


Banyak yang salah kaprah, memakai serum saja tanpa pelembab, padahal perlu diketahuin, serum bukanlah pelembap.

Kita harus tetap memerlukan moisturizer atau pelembab wajah setelahnya, untuk melembapkan dan 'mengunci' formula serum pada wajah.

Namun perhatikan caranya, setelah memakai serum, tunggu sekitar lima menit sebelum mengaplikasikan pelembap.


5. Aplikasikan siang dan malam


Beberapa orang mengatakan, serum vitamin C akan lebih baik jika dipakai di siang hari saja, karena biasanya di malam hari beberapa orang juga memakai skincare lain yang kandungannya tidak boleh dicampur dengan serum vitamin C.

Namun, untuk hasil yang optimal, pakai saja pagi dan malam hari, atau 2 kali sehari.
Di pagi hari, serum vitamin C bisa membantu melindungi kulit wajah dari efek radikal bebas dengan sifat fotoprotektifnya.

Sementara di malam hari, serum vitamin C lebih mudah diserap kulit wajah, karena sambil beristrahat.
Untuk masalah pemakaian double dengan skincare jenis lain, bisa diakali dengan cara membiarkan beberapa saat atau memberi jeda sampai serum vitamin C terserap sempurna, baru ditambahin skincare lainnya.


6. Jangan dicampur dengan AHA/BHA maupun Retinol


Yang paling penting kita ketahui adalah, serum vitamin C jangan dicampur atau dikombinasikan dengan AHA/BHA, karena kulit bisa menjadi sangat asam.

Jika itu terjadi, maka akan memunculkan reaksi tidak baik di kulit wajah.
Demikian juga, retinol yang merupakan kandungan aktif berfungsi mengurangi keriput, sama seperti serum vitamin C. Jika keduanya dipakai bersamaan, bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, mungkin karena jadi kebanyakan dosis, lol.


7. Lebih baik jika dicampur dengan Vitamin E dan Ferulic Acid


Agar lebih memaksimalkan manfaat serum vitamin C, Akan lebih baik jika pemakaiannya bersamaan dengan vitamin E dan ferulic acid

Ketiga kandungan ini sama-sama memiliki fungsi antioksidan yang tinggi. 
Sehingga, pada saat vitamin C dipakai bersama dengan vitamin E atau ferulic acid (atau keduanya), maka kekuatannya dalam melindungi kulit akan semakin meningkat, dan bisa menjadi senjata ampuh untuk tanda-tanda penuaan.


Demikianlah cara pakai serum vitamin C agar hasil yang kita dapatkan untuk kulit wajah jadi lebih optimal.

Kalau temans, ada yang juga pakai serum vitamin C nggak?
Share yuk testimoninya, dan pakai produk apa?


Sidoarjo, 30 Januari 2020

@reyneraea untuk #KamisCantik

Sumber : 

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.fimela.com/beauty-health/read/3635943/optimalkan-manfaatnya-begini-cara-terbaik-pemakaian-serum-vitamin-c diakses 28 Januari 2020
  • https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-3249903/langkah-langkah-tepat-pakai-serum-agar-hasilnya-maksimal diakses 28 Januari 2020
Gambar : Unsplash, Canva

22 comments:

  1. Serum vitamin C itu harganya berapa sih kak Rey, apa lebih mahal dari harga kuota internet sebulan? 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kupikir dia tanya mau beliin istrinya, ternyata dibuat perbandingan dengan kuota internet, Zzzzzzz

      Delete
    2. Waduh, yang jawab malah kak Nila, kabur ah...🏃🏃🏃

      Delete
    3. hahahaha, tergantung!
      Kuota sebulan emangnya berapa? :D

      Delete
    4. 45 ribu sebulan 60 GB.
      Lebih mahal paketnya ya..:v

      Delete
    5. Ya ampuunn, pakai apa tuh murmer? saya aja 35GB 200 lebih :(

      Delete
  2. Cocok nih kayaknya, Mbak, buat mukaku yang masih dihiasi bekas-bekas jerawat. Aku belum pernah pakai serum vitamin c, jadi ketika mau beli juga terbayang-bayang gimana cara pakainya karena masih gak tau. Hehehe.

    Setelah baca artikel ini kan aku jadi tahu kalau vitamin c gak boleh dipake bareng sama AHA/BHA, jadi kalau mau coba aku belinya setelah skincare ku yang ada BHA nya habis dulu ya, sepertinya. Supaya manfaatnya lebih nendang.😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaa, kalau mau double bisa, tapi usahain kasih jeda :)

      Delete
    2. Wah, bisa dicoba nih. Mungkin yang BHA nya buat pagi, malamnya pake vitamin c bisa kali ya, Mbak Rey. 😆

      Delete
  3. wah lemon dijadikan minuman infused juga bagus nih mba hhe

    ReplyDelete
  4. Jadi ini semua nanti diaplikasikan di wajah kita ya, Mbak Rey?
    Hahaha, banyak banget tahapannya.

    Jujur aku belum genap setahun ini pakai essencem serum dan pelembab dan kalau siang tabir surya. Belum seminggu kenal Primer. Ini pun pas ada even di sebuah klinik aku diceramahin oleh dokternya katanya kulitku ga sehat, mengalami penuaan dini, ya ALLAH....yaudah akhirnya pake skin care juga hahahaha

    Alhamdulillah sih emang sekarang pori-porinya ga kaya dulu, aku ga faham ini serum Vit, C atau bukan ya hahahahha. Ga tak baca lho, beli-beli aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau saya mungkin tipe bisa belajar kalau langsung deh.
      jadinya saya jarang bisa pelajari kalau nggak praktek atau nggak cobain langsung.
      Kayak beli serum vit C kemaren, pede betol asal beli nggak cari tahu dulu tentang serum itu hahaha

      Sebaiknya memang sejak dini merawat kulit sih, zamans ekarang polusinya bikin sedih soalnya :D

      Delete
  5. Aku prnh baca jg, kalo pake serum VIT c, sunscreen jd wajib hukumnya. Aku prnh pake serum VIT C, punya Korea, tp jujur lupaaa nmanya. Itu alhmdulillah ga bikin reaksi negatif di kulitku. Tp Krn setelah 2 botol ga ada pengaruh significant, aku stop :p. Skr sih blm prnh pake lagi. Apalagi kulitku LG agak sensi Rey. Makanya LG detox skincare yg berat2. Mungkin ntr kalo kulit udh agak adem, baru deh mulai coba serum VIT c lagi :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kadang kalau kulit jenis sensitif nggak kuat ama vit C ya :D
      Sebenarnya serum ini juga sama dengan serum antiaging sih, cuman ketambahan bisa bikin cerah wajah :D

      Delete
  6. makasih infonya, mau pakai sih lihat anakku pakai

    ReplyDelete
  7. Kalau aku biasanya pakai serum yang khusus kulit berjerawat pakainya juga ngak bisa setiap hari karena kulit cenderung sentitif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, kayaknya kalau berjerawat harus pakai cream khusus ya, saya ada bahas nih di postingan saya yang lain mengenai obat jerawat ampuh :)

      obat jerawat ampuh dari You Need Me Acne care Gel

      Delete
  8. Produk vitamin C buat kulit emang menarik banget ya mbak, ternyata ada trik tertentu biar bekerja maksimal. Aku jadi penasaran nih, pengen coba serum vitamin c lagi. Udah lama aku gak pakai serum vitamin c.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)