Thursday, October 10, 2019

Manfaat Masker Kopi Bagi Kulit Wajah


Awal Kepincut Manfaat Masker Kopi


manfaat masker kopi


Assalamu'alaikum :)

Sharing By Rey - #KamisCantik - Manfaat masker kopi sesungguhnya tidak sengaja saya rasakan.

Bermula dari keisengan saya mencoba skincare berjenis exfoliator demi memperbaiki tekstur kulit wajah yang sungguh tidak bikin nyaman karena nggak halus dan mulai terjangkiti flek hitam.

Well, meskipun wajah penuh flek malah jadi trend make up di sepanjang tahun lalu, eh tahun lalu apa tahun awal tahun ini ya?
Tapi plis lah, saya lebih milih kulit wajah enggak pakai totol-totol hitam gitu, lol.

Karenanya, ketika saya sibuk melototin sociolla, mencari skincare exfoliator, bertemulah saya dengan produk Erha 10, yang mana lebih tepat dinamakan skincare peeling.


Kebetulan waktu itu sedang promo diskon, dan saya nggak pakai lihat isinya seberapa, saya pikir murahlah segitu karena awalnya saya pikir kemasannya gede, isinya banyak.
Yang ternyata pas nyampe, ampuuunnnn mini amat hahaha.

Lebih parah lagi, saya pikir Erha 10 itu adalah sejenis face wash gitu, malah awalnya saya gunakan layaknya face wash dan terheran-heran, mengapa kok nggak ada busanya sama sekali.

Lalu saya googling penggunaannya dan tepok jidat dah.

Ternyata cara pemakaiannya adalah dengan cara mengoleskan tipis saja ke kulit wajah, lalu didiamkan sejenak, lalu dibersihkan dengan Erha 11 yang sejenis exfoliator atau scrub gitu.

Jadi, semacam kita endapkan Erha 10 biar bisa mengangkat sel kulit mati secara chemical, lalu diangkat dengan model scrub ala Erha 11.

Atuh mah, saya nggak punya Erha 11, dan saya ogah belinya, karena mihil, lolololol.

Tapi, saya juga nggak punya facial scrub, lalu terpikirlah bahan apa yang saya punya di dapur yang bisa berfungsi sebagai scrub, lalu terbersitlah bubuk KOPI.

Demikianlah, meski dengan jurus sotoy, saya terpaksa menggunakan masker bubuk kopi sebagai scrub setelah peeling dengan Erha 10.

Bagi temans yang tahu ternyata itu nggak boleh, mohon dimaafkan, syukurnya sih nggak ada ngaruh negatif di kulit wajah saya, meski chemical campur alami.

Malahan bikin kulit jadi lebih bersih karena di scrub dengan butiran kopi yang saya jadikan masker. Dan tentu saja kulit jadi sedikit lebih cerah, setelah pemakaian.

Meskipun pengaruhnya nggak signifikan banget, karena saya sungguh malas eh alias nggak telaten alias nggak cukup waktu untuk konsisten makenya.


Manfaat Masker Kopi Bagi Kulit Wajah


Karena kemasannya yang mini, Erha 10 saya habis dengan cepat.
Saya masih belum terpikir untuk beli lagi, meski di kulit saya sedikit cocok (sedikit doang, soalnya nggak konsisten, lol).


Tapi karena saya sudah merasa familier sama masker bubuk kopi, jadinya pemakaian masker bubuk kopi masih sering saya lakukan.
Terlebih karena saya cuman punya masker wajah jenis clay, yang kurang cocok buat wajah normal cenderung kering saya, untuk dipakai sesering mungkin.

manfaat masker kopi

Jadi saya akali dengan penggunaan masker kopi juga.
Terlebih setelah saya googling, ternyata manfaat masker kopi itu bagus banget loh buat kulit wajah, di antaranya :


1. Mencerahkan kulit


Sebenarnya ini bukan tujuan utama saya, tapi kalau konsisten bisa terlihat kok hasilnya.

Jika mengutip dari sebuah situs, Dr. Julia Hunter, seorang dokter kulit di California mengatakan bahwa scrub kopi dapat membuka pori-pori yang tersumbat dan menyamarkan garis-garis halus di wajah.

Kandungan asam dalam kopi, dapat mengangkat sel kulit mati, memperlancar aliran darah ke jaringan kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.


2. Melindungi kulit


Berdasarkan hasil penelitian yang ada di jurnal daring Proceeding National Academy of Sciences, kopi juga dapat mencegah kanker kulit, karena ada senyawa dari kopi yang dapat melindungi kulit dari resiko kanker kulit.


Erika Loftfield, seorang peneliti dari Yale School of Public Health juga mengatakan bahwa, kopi dapat mengurangi efek paparan sinar UV pada kulit.
Meskipun demikian, jangan juga melupakan sunscreen ya, biar lebih aman.


3. Memudarkan mata panda


Kafein dapat membantu mengurangi munculnya mata panda atau kantung mata.
Menurut pakar kesehatan kulit, Jeanette Graf, M.D, kafein dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga mata bengkak bisa perlahan mengempis.


Meskipun demikian, kafein sama sekali tidak bisa menghilangkan lingkaran mata hitam karena faktor keturunan.


Cara Membuat Masker Kopi 


Karena kulit wajah saya adalah normal cenderung kering, maka saya lebih memilih mencampurkan butiran kopi dengan minyak zaitun.

manfaat masker kopi

Caranya,

  • Ambil kopi bubuk (terserah merk apa, sebaiknya sih yang tanpa gula) sekitar 1 sdm, letakan pada sebuah wadah.
  • Tuang minyak zaitun sekitar 1 sdm, lalu aduk hingga terbentuk semacam cream.
  • Sapukan pada seluruh permukaan wajah hingga ke area bawah mata, kalau mau sih hingga ke bagian kulit leher.
  • Diamkan sekitar 30 menit- 1 jam, lalu bilas hingga bersih.

Mudah dan murah kan.
Bahannya mudah banget didapatkan, ada di dapur setiap hari hahaha
Selain mencampurkan dengan minyak zaitun, bisa juga dicampur dengan bahan lain, seperti minyak kelapa murni, yogurt, putih telur, lemon, madu dan lainnya.

Ada yang pernah atau mungkin sering pakai masker kopi ?

Sidoarjo, 10 Oktober 2019

Source : 
  • Pengalaman pribadi.
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-masker-kopi/ diakses tanggal 10 Oktober 2019
  • Pic : spafinder.com , fabhow.com , rosiehope.com

15 comments:

  1. ku baru tau bisa memudarkan mata panda, keren banget! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, apalagi kalau kopi dicampur perasan timun, waahh pas banget tuh, tapi memudarkan ya, bukan menghilangkan hehehehe

      Delete
  2. Pantes tiap kali mamang di rumah minta dibuatkan kopi oleh c bebeb selalu bilangnya "mang kopinya habis"....ujarnya sambil ngelus ngelus kulit wajahnya..... rupanya... hadeuh c bebeb mah sok kitu wae ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mang Lembu seuzon sama bininya :)

      Delete
    2. hahahahahahahahah ngakaaakkk ih mang Lembu, nggak peka amat amat istri nih, itu maksudnya, tambahin uang belanja dong, kopi habis dan butuh skinker nih, bahahahahahahahaha

      Delete
  3. Masker kopi ini emang manfaatnya banyak banget mbak, dulu aku udah pernah nulis tentang DIY masker kopi dgn berbagai macam campuran kaya gula, lemon dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh pengen baca saya.
      CUman emang agak sedikit rempong yak, kurang praktis buat mamak-mamak kayak saya, hahahaha

      Delete
  4. Masker yang terbuat dari bahan alami seperti kopi mungkin bisa lebih aman. Jadi gak perlu khawatir efek samping yang berbahaya. Ini pantas untuk dicoba 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, lebih aman dan nggak was-was makenya ya :)

      Delete
  5. Aku cobain kok akunya gak cantik cantik ya...:D

    ReplyDelete
  6. Kalo ditambahin cream dikit mungkin lebih ngefek mba. Eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu, itu mah bukan dibalurin ke wajah bang, tapi diminum enak hahahahah

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)