Featured post

Anti Panik Saat Anak Sakit, Dengan Menjadi Bunda Siaga

Pentingnya Menjadi Bunda Siaga Assalamu'alaikum :) Sharing By Rey - Menjadi bunda siaga itu penting banget, agar saat anak s...

Saturday, October 05, 2019

Taman Flora / Kebun Bibit , Tempat Wisata Murah Di Surabaya


Bersantai Di Tempat Wisata Murah Di Surabaya


tempat wisata murah di surabaya


Assalamu'alaikum :)

Sharing By Rey - #SabtuTraveling - Tempat wisata murah di Surabaya makin menjamur setelah ibu Tri Rismaharini menjabat sebagai walikota Surabaya.

Maklum, basic beliau sebelumnya adalah pertamanan cmiiw. So, udah pasti dana pertamanan jadi lebih diperhatikan.

Dan tentu saja, dengan beragam keindahan kota tersebut, diperuntukan buat masyarakat untuk dinikmati secara gratis.

Hiburan tersebut, dalam bentuk taman yang penuh dengan hiburan edukatif, ramah anak, yang banyak tersebar di seluruh wilayah Surabaya.


Salah satunya adalah taman flora Surabaya, yang mana orang-orang sering menyebutnya dengan kebun bibit.
Taman ini terletak di Ngagel, tidak jauh dari terminal Bratang, yang luasnya sekitar 33,810 m2.

Sebenarnya, taman ini sudah sejak dulu ada di Surabaya, dulu sih lebih populer dengan sebutan kebun bibit.
Sejak awal tahun 2000 saya datang ke Surabaya, taman tersebut sudah ada dengan diamnya, namun seingat saya, sangat jarang ada orang yang bisa masuk ke taman tersebut, bahkan kalau nggak salah tamannya lebih sering dikunci pagarnya.

Bahkan, saat itu sudah beredar kabar, bahwa taman tersebut sudah diincar para pebisnis untuk diubah menjadi sebuah kawasan mall, yang kebetulan belum ada di wilayah tersebut.

Setelah bu Risma menjabat jadi walikota, perlahan taman tersebut berubah jadi semakin cantik, dan senangnya lagi, pagar yang selama ini melingkari taman tersebut ditiadakan, sehingga masyarakat bisa masuk dengan bebas serta gratis.

Masyarakatpun menyambut gembira, sehingga setiap harinya taman tersebut semakin ramai, terlebih karena fasilitasnya semakin di perlengkap.
Pun tetap ada beberapa petugas yang siap menjaga kebersihan taman.


Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Taman Flora / Kebun Bibit Surabaya


Ada beragam kegiatan yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke taman yang gratis ini, di antaranya :

1. Memberi makan rusa


Tidak dapat dipungkiri, salah satu tujuan utama orang-orang berkunjung ke tempat ini, khususnya yang membawa anak kecil adalah untuk memberi makan rusa yang dipelihara di salah satu sudut taman tersebut.


Untuk memberi makan rusa, kita bisa terlebih dahulu membeli wortel atau kacang panjang yang banyak dijual orang-orang di pintu masuk sebelah ruko-ruko Ngagel.
Harganya beragam, berbekal 5 ribu rupiah saja, sudah cukup membuat anak-anak gembira memberi makan rusa-rusa tersebut.


2. Bermain di playground konsep outbound


Setelah puas memberi makan rusa, anak-anak bisa bergembira dengan explore beberapa permainan berkonsep outbond, beberapa permainan ini tersebar di beberapa sudut taman.
Seperti ayunan, jungkat-jungkit, meniti tali, dan sebagainya.

tempat wisata murah di surabaya

tempat wisata murah di surabaya



3. Menikmati keindahan dan kesejukan tanaman/flora


Di taman ini, ada beragam tanaman yang tumbuh, pohon-pohon yang rindang, semuanya bisa dinikmati sambil duduk-duduk di bangku taman yang tersebar di seluruh penjuru taman.


4. Menikmati keindahan fauna


Selain rusa, ada beragam fauna atau hewan yang ada di taman ini, seperti ikan dan kura-kura di kolam, dan berbagai jenis burung.

taman flora surabaya



5. Berolahraga


Rindang dan sejuknya taman ini serta track yang nyaman dilalui, membuat orang-orang jadi lebih banyak memanfaatkan taman ini untuk sekadar berolahraga, mulai dari jogging hingga bersepeda.

Yang harus diperhatikan adalah waktu untuk bersepeda, jangan sampai mengganggu orang lain yang juga sedang menikmati keindahan taman ya.


6. Berfoto-foto instagramable

Ada banyak spot foto yang instagramable berlatar alam di taman ini, so bagi temans yang suka mempercantik feed media sosial, taman ini amat cocok untuk di explore.

kebun bibit ngagel surabaya



Fasilitas Yang Ada Di Taman Flora / Kebun Bibit Surabaya


Tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di taman ini, semuanya lengkap.
Ada toilet, mushola, bahkan sekarang ada ruang menyusui, meskipun tempatnya sangat sederhana, namun lumayan lah ketimbang menyusui di tempat terbuka.

taman flora surabaya
mushola

taman flora surabaya
Ruang menyusui




Lokasi Dan Akses Ke Taman Flora / Kebun Bibit Surabaya


Taman flora atau kebun bibit Ngagel Surabaya ini berada di Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.
Untuk menuju ke sini, temans hanya bisa mengikuti arahan Google maps saja, jika menggunakan kendaraan pribadi.

Atau jika menggunakan angkutan umum seperti bis atau angkot (di Surabaya namanya bemo atau Lyn), cari yang jurusan terminal Bratang, lokasi taman ini sangat dekat dengan Terminal Bratang.






So, bagi temans yang sedang berada di Surabaya, dan ingin menyenangkan anak dengan wisata alam yang murah meriah, bahkan gratis.
Taman flora atau kebun bibit Ngagel ini amat sangat recomended sebagai tempat wisata murah di Surabaya.

Sidoarjo, 5 Oktober 2019

Source : Pengalaman pribadi
Photo : koleksi pribadi

4 comments:

  1. Tempatnya bagus banget tante sejuk dan banyak tempat bermahin anak, itu darrel sudah besar saja, jadi pengen ketemu tante sama darrel secara langsung nih jadinya.

    ReplyDelete
  2. Yang ini cuma lewat aja, yang sering ke Kebun Bibit Wonorejo 2 yang lokasinya deket Perumahan Nirwana Regency. Keliatannya yang itu lebih bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, katanya bagusan di sana ya, pengen deh ke sana next :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)