Saturday, January 18, 2020

Tips Agar Tidak Tertipu Promo Terselubung Di Supermarket

tips agar tidak tertipu promo di supermarket

Sharing By Rey - Siapa nih yang sering kesal, tertipu promo terselubung di supermarket.

Saat belanja di supermarket eh kadang juga di minimarket ding, pas nemu produk dengan harga promo di rak barang happy banget, tapi kemudian berubah bete, saat di kasir, ternyata harganya normal.



Seringnya orang hanya menahan dongkol, dan tetap membeli produknya, meski tidak seorang dua orang juga yang menolak membeli produk tersebut karena harganya tidak sesuai harapan.

Termasuk saya pastinya, kalau saya naksir produk karena diskonan, terus ternyata nggak jadi diskon, ya saya nggak mau ambillah, peduli ama dengan rasa malu, lol.

Saya rasa, saya bukannya salah satunya orang yang mengalami hal tersebut.
Meskipun saya berusaha positive thingking saja, kalau hal tersebut memang tidak disengaja oleh pihak supermarket/minimarket.


Bisa jadi, karena barang diutak atik sama pembeli lainnya, alhasil produk yang harga normal jadi kegeser menempati letak produk harga promo diskonan.
Sialnya lagi, produknya sama, beda ukuran doang, atau kadang beda kode atau jenis paket produk saja.

Misal, yang didiskon hanya untuk produk yang dibundel, dan keterangan bundelnya sekecil anunya semut, bahahaha.

Jadinya, dengan bahagia kita menenteng produk tersebut, lalu bete di kasir ternyata harganya normal, bahkan cenderung mahal.
Lebih bete lagi, kalau antrian panjang dan kita malu kalau nggak jadi ambil tuh produk, jadilah kita membeli sebuah produk yang sebenarnya kita belum butuh-butuh amat.


Tips Agar Tidak Promo Tertipu Terselubung Di Supermarket


Karena sering mengalami hal tersebut, dan lama-lama urat malu saya keusik juga, ye kan, pas atrian panjang, pas menemukan kasus seperti itu.
Eh kadang juga nggak nemuin sih, sadarnya pas udah dibayar terus heran kok belanjanya jadi mahal banget, iseng cek struk, dan ketahuan deh kalau produk tersebut nggak diskon.

Mau protes kok ya jadi panjang lagi ceritanya.
Terlebih seringnya saya ngeh pas udah di rumah hahaha.

Karenanya, saya harus lebih jeli, agar kejadian serupa tidak akan terjadi lagi, setidaknya untuk saya, dan pengalaman tersebut daya bagikan kepada banyak teman, di postingan ini.

Tips agar tidak tertipu promo terselubung di supermarket, adalah :

1. Bikin list belanja, dan hanya patuh pada list tersebut


Dulu sewaktu saya masih kerja, saya rajin banget bikin list belanja bulanan di excel.
Bukan hanya itemnya, tapi rencana harga dan real harga saya tulis, jadi saya tahu berapa kira-kira pengeluaran belanja bulanan saya.

Bukan hanya tahu berapa rencana biaya belanja, saya pun punya kira-kira harga tiap produk, sehingga saya bisa memutuskan, mana produk yang tetap saya beli meski mahal, mana yang harus saya tunda, jika terlalu mahal.

Pun juga, membantu saya untuk tidak terpengaruh promo dari produk yang tidak saya butuhkan.
Jadinya, saya bisa dikatakan jarang tertipu promo terselubung saat belanja.

Sekarang sih udah jarang bikin list sedetail itu, soalnya saya nggak punya printer, lol.
Dan saya begitu malas jika harus menulisnya secara manual, alhasil saya cuman belanja berdasarkan list item saja, tapi tetap berusaha patuh pada list.


2. Baca dengan teliti keterangan produk yang sedang promo


Sering banget nih, kalau ada promo, harga diskonnya ditulis gede-gede, harga aslinya ditulis sekecil semut, apalagi keterangannya, ditulis sekecil anunya semut hahaha.

Bisa jadi ternyata diskonnya cuman 50perak, tapi diborong orang hanya karena harga aslinya luput diperhatiin hahaha.


Karenanya jangan pernah lupa membaca keterangannya dengan detail, benar nggak produk yang dimaksud adalah yang terpajang?
Sama nggak ukurannya? jenisnya, periode promonya dan segala macamnya?


3. Cek kodenya.


Nah, kalau saya lebih seringnya ngecek kodenya, ini paling ampuh menurut saya, karena nggak mungkin banget salah.

Caranya mudah, ambil produk yang dipajang, lihat kode yang tertulis di bungkus produk, biasanya ada di samping atau belakang kemasan, yang ditulis di bawah bar code.

Lalu, samakan dengan kode yang ada diketerangan rak, biasanya kodenya juga berada di bawah bar code keterangan.
Kalau sama persis, fix itu beneran produk dan promonya.

tips agar tidak tertipu promo terselubung di supermarket

Sejauh ini, saya selalu langsung memakai cara yang ini, bukan hanya membeli produk yang promo, membeli yang bukan promopun, tapi keterangan nggak jelas, saya selalu mengandalkan pembacaan kode ini, dan biasanya selalu fix, nggak pernah salah.



Dengan cara-cara tersebut, saya akhirnya terbebas dari rasa dongkol karena merasa tertipu promo terselubung di supermarket atau minimarket.

Kalau temans, ada yang punya cara lain?
Share yuk!

Sidoarjo, 18 Januari 2020

@reyneraea

20 comments:

  1. eh, sungguh pernah begitu ya? harga di rak barang sama dikasir beda, bahkan ternyata harganya normal? dakuuu gak perhatiin itu loh mbaa rey. pantes ya, kadang kalo belanja suka tercengang, kok tiba2 mihil amat padahal banyak promo.. jangan2 karena hal itu yaa.. harus banget nih teliti saat membeli..

    Harus ditiru nih, kudu ngecek kode nya dulu..
    aku gak kepikiran sama sekali bahkan cara cerdas ini.. haha.. auto dicoba ah pas belanja bulanan nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha, biasanya yang ngeh cepat itu pak suami, kalau saya ngehnya pas di rumah, biasanya kalau totalnya terlalu mahal, saya selalu penasaran :D

      Delete
  2. saya selalu jadi korban promo terselubung, sekarng lebih aware lagi mba rea. terimakasih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, memang kadang semacam mengelabui kok, butuh banget ketelitian kita :D

      Delete
  3. Mba, beneran saya seriiiing banget ngalami hal ini. Perasaan harganya diskon tapi kok di struk enggak. Tahunya pas baca struk. Seringnya sih saya memilih yoweslah.

    Oia, saya baru tahu kalau cek kode ternyata ampuh. Kadang males nyocokin karena jumlahnya banyak. Makasih mba tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, saya biasanya liat kode awal dan kode belakangnya Mba, paling sering belakangnya yang beda :D

      Delete
  4. Wahhh, saya juga sering kena nih promo nggak jelas hahaha. Memang sayanya sih yang nggak baca dengan lengkap :P paling sering kenanya dulu tuh kalau promo Pringles yang beli 2 gratis 1. Tapi ternyata rasanya harus sama semua hahahahaha. Padahal saya sudah pilih 3 rasa yang saya suka, ehhhh pas sampai kasir rupanya saya salah :3

    Terus kadang pernah juga lihat promo makanan basah, seperti daging, atau buah potong, dan itu nggak teliti baca tanggalnya ternyata diskon 50% karena expirednya hari besoknya hahahaha. Dari saya cuma 1 sih sarannya, kalau misal ada barang promo, setelah dicek seperti poin-poin mba Rey di atas, jangan lupa check kadaluarsanya juga. Kadang yang dipromo itu karena kadaluarsanya sudah dekat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaa, masalah 1 varian itu juga kadang mengecoh banget, abisnyaaaa, keterangannya biasanya kecil banget :D

      Kalau keju, sosis dan lainnya, saya nggak berani ambil resiko, selalu teliti banget soalnya pernah beli keju, 3 hari udah expired, dibuka udah berjamur hahaha

      Betul banget tuh, kadaluarsa penting, biasanya kalau ada promo gede-gedean pasti expirednya tinggal beberapa hari hahahaha

      Delete
  5. Membantu banget infonya mbak. Pasti kepake ini jurus jitunya hehee.. soalnya sering ketipu gt. Pas nanya dikasir baru deh dijelasin. Huhu dan pilihannya ngembaliin barang atau tetep aja beli dengan harga normal.

    ReplyDelete
  6. Ketika ada Promo biasanya kasir akan mempromosikan produk tsb saat kita akan membayar barang belanjaaan.

    Misalnya : " Mas beli ini dapat dua loh ".....

    Tapi rata - rata saya selalu bilang " ngak " . Soalnya waktu itu saya memang ngak butuh produk tsb.hahahah.

    ReplyDelete
  7. Aku juga sering banget kena jebakan betmen model kyk gini nih, Mbak Rey. Tapi aku model-model orang yang malu kalo gak jadi beli barangnya pas udah di kasir. Aku positif thinking aja sih, soalnya dulu waktu aku masih kecil suka iseng mindahin tempat harga produk pas diajak ibu belanja di swalayan. Mungkin ini yang namanya karma.😂

    ReplyDelete
  8. Terimakasih sudah share pengalamannya, terutama untuk tips yang nomor 3 sangat membantu.

    ReplyDelete
  9. Wah yang mencocokkan kode baru tahu aku. Makasih ilmu barunya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaaa, kalau itu mah dijamin nggak bakal salah :D

      Delete
  10. Nah iya aku pernah kejadian liat harga di rak murah banget. Kirain barang didisplay sesuai harga. Asal main barang aja. Tau2 harganya makjleger. Mana lagi rame kan antrian. Ga mungkin minta dikeluarin jadi otomatis terima aja udah. Hiks... Abis itu ga lagi-lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya banyak banget tuh yang kayak gitu :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)