Featured post

Sleek Baby Telon Oil, Bersama Melindungi Si Kecil Dari Kembung Dan Masuk Angin

Sharing By Rey - Masalah kembung dan masuk angin pada si kecil itu, saya rasa sudah merupakan masalah sejuta orang tua di dunia. Seja...

Tuesday, January 21, 2020

6 Hal Yang Rutin Saya Kerjakan Sebagai IRT Ngeblog

optimasi blog ala ibu rumah tangga

Sharing By Rey - Menjadi IRT, bukan berarti duduk manis menanti rupiah dari suami, bagi saya khususnya.
Karenanya saya memaksa diri, untuk tetap bisa menghasilkan uang, meski dari rumah, di tengah tugas sebagai IRT yang tanpa ujung.

Ribet sih, tapi gimana lagi, orang butuh, jadinya mau nggak mau ya kudu maksain diri, dan Alhamdulillah, saya menemukan pekerjaan yang saya pikir sesuai dengan passion saya, yaitu menulis santai, jadinya nulis di blog.

Dan Alhamdulillah, hingga kini sudah memasuki tahun ke-2 saya berhasil mendulang rupiah dari blog, baik dari kerjasama liputan event, hingga kerjasama menulis di blog, baik sponsored post maupun content placement.

Bukankah menggembirakan, bisa mengerjakan hal yang kita sukai, dan bisa dapetin uang?
Meskipun, ya prosesnya tidak semudah yang dilihat orang awam sih.
Ada berbagai usaha dan hal-hal yang saya paksain, sehingga bisa sampai ke tingkatan mendapatkan uang dari blog.


Di antaranya, hampir tiap malam begadang, selain mengikuti jam tidur si kecil yang masih kacau, pun juga kadang siang, saya malah nggak tahan ngantuk, jadinya hidupnya kebalik, malam melek, siang merem, lol.

Juga ada yang namanya, pengen teriak rasanya, saat ada deadline tulisan, tapi belum nyiapin konten pelengkap, seperti foto ataupun bahkan belum ada bahan atau ide tulisan sama sekali, tapi si kecil malah manja banget, nempel mulu, minta nyusulah, minta gendong lah.
*sigh!

Intinya, semua penuh dengan pengorbanan, tapi worth it sih buat saya, karena saya memang suka menulis, dan saya dapat duit dari blog saya ini.

Beberapa teman bertanya, sebulan dapat berapa sih dari ngeblog?
Wow, pertanyaan sensitif hahaha.

Sebenarnya nggak ada pemasukan yang pasti dari kegiatan ngeblog saya, karena memang saya hanya mengandalkan pemasukan dari sponsored post maupun content placement, itupun yang masuk dalam ratecard dan logika saya.

Jadi, nggak heran kadang sebulan saya malah nggak dapat apa-apa sama sekali, kadang juga di atas 1 juta, belum terlampau wao sih, tapi setidaknya sudah menghasilkan, minimal bisa buat beli kuota internet, yang mana saya boros banget makenya, sebulan sekitar 200-240 ribu, hehehe.

Juga bisa buat jajan anak-anak, bisa buat beli keperluan pribadi, bahkan kadang dipake buat biaya hidup, makanya nggak bisa nabung, lol.

Lagian, jika memang dalam sebulan nggak ada job yang deal sama sekali (bukannya nggak ada penawaran, tapi nggak ada yang deal, saking idealis mempertahankan ratecard, lol).
Saya masih bisa menggunakan akun instagram untuk mendulang rupiah juga.

I told you, mamak-mamak kerja dari rumah itu memungkinkan kok, asal mau konsisten ngerjain kerjaan ngeblognya dengan baik.

Lalu, memangnya apa sih kerjaan dari ngeblog itu?


6 Hal Yang Rutin Saya Lakukan Sebagai IRT Ngeblog


Kerjaan saya dalam ngeblog? tentu saja optimasi blog biar berkembang, dan sering dilirik buat diajak kerjasama, syukur-syukur kalau bisa menghasilkan duit secara otomatis melalui adsense.


Optimasi blog itu adalah, hal-hal yang saya kerjakan setiap harinya, meski kadang untuk itu saya musti nyuri-nyuri waktu dan mengorbankan jam tidur segala.
Hanya demi agar bisa dapat duit *dasar mamak mata duitan, lol.

Seperti apa sih optimasi blog atau kerjaan ngeblog yang biasa saya lakukan?


1. Menulis artikel sesering mungkin


Hal utama yang paling sering saya lakukan adalah, berusaha menulis artikel di blog ini, sesering mungkin. Bahkan kalau memungkinkan ya sehari sekali, meski untuk itu sungguh kudu jungkir balik dan kayang beneran, lol.

Menulis artikel sebenarnya kudu memperhatikan beberapa hal, misal artikel sebisa mungkin bermanfaat, agar ada yang mau baca, ye kan tujuan menulis di blog kan salah satunya biar ada yang baca.

Lalu ada pula keyword yang selipkan di postingan tersebut, agar lebih banyak orang yang menemukan dan membaca artikel kita.


Tapi, kalau memang semua itu terlalu merepotkan, saya biasanya asal nulis saja, kebanyakan nulis curhat, meskipun tetap saja memperhatikan faedahnya buat pembaca, biar yang baca nggak eneg dan kabur, lol.


2. Share postingan artikel 


Meski menulis kadang sebagai self healing buat saya, me time terindah buat saya, tapi pengen juga dong sayanya, agar postingan artikel tersebut dibaca orang lain.
Selain bisa meningkatkan performa blog, juga bisa sebagai branding juga buat saya.

Karenanya, melakukan share postingan artikel ke beberapa website adalah sesuatu yang rutin saya lakukan, biasanya setelah postingan ter-publish.

Ada beberapa website, tempat saya share postingan artikel blog, seperti di media sosial facebook, twitter hingga instagram stories, bahkan kadang di LinkedIn saya serta status whatsapp saya.
Pun juga di website pendukung milik komunitas blogger seperti website blogger perempuan dan website 1 minggu 1 cerita.


3. Membalas komentar


Setidaknya, 2-3 hari sekali saya meluangkan waktu untuk membalas semua komentar yang masuk di postingan artikel blog saya.
Bagi saya hal ini sangat penting, untuk menunjukan bahwa saya care terhadap pembaca, dan saya membaca semua komentar yang masuk.

Bahkan, komentar basa-basi yang kebasianpun, tetap saya balas, lol.
Selain menunjukan bahwa saya care dan membaca semua komentar serta membalas komentar yang benar-benar bertanya serius, membalas komen juga membuat saya lebih mudah memilah, mana blog teman yang sudah saya kunjungi balik, mana yang enggak.


Makanya, saya selalu setia mengunjungi balik blog teman yang meninggalkan komentar di kolom postingan saya, kecuali memang komentarnya kelewat oleh saya.


4. Melakukan blog walking kunjungan balik


Seperti yang saya sebutkan di atas, membalas komentar yang masuk di postingan saya itu juga bertujuan untuk memilah, akun mana yang sudah saya kunjungi balik ke blognya.
Jadi, kegiatan membalas komentar itu biasanya sekaligus dengan saya melakukan blog walking kunjungan balik, khususnya untuk komentar organic bukan melalui list grup blogwalking.

Karenanya, sama seperti di atas, jadwal blog walking kunjungan balik bersamaan dengan jadwal membalas komentar yang masuk ke postingan artikel blog ini.


5. Blog walking melalui list grup


Saat ini saya sudah terbilang jarang ikutan list blog walking melalui grup, biasanya saya ikut jika memang ada postingan berbayar, demi mendulang pageview, lol.

Karenanya, kegiatan ini biasanya saya lakukan seminggu sekali, atau bisa juga 2 minggu sekali, tergantung job, lol.


6. Check broken link


Dalam dunia kerjasama blog, performa blog semacam DA/PA tinggi dan spam score rendah itu adalah sebuah keharusan.
Karenanya memastikan blog kita berkembang seperti yang diharapkan itu penting, ye kan biar ratecard juga bisa naik, dan pede nolakin job dengan fee yang bikin nangis, lol.


Karenanya seminggu sekali saya selalu melakukan check broken link, yang konon bisa mempengaruhi DA/PA dan spam score.

Saya biasanya mengecek di website https://www.brokenlinkcheck.com/
Tujuannya? agar broken link baik dari komentar, maupun backlink yang broken atau error, bisa segera saya hilangkan.


Demikianlah 6 hal sederhana yang rutin saya lakukan dalam ngeblog, masih banyak hal-hal lain yang saya lakukan untuk menambah performa blog, misal research keyword jika memang punya kelonggaran waktu, evaluasi laporan google analytic untuk menentukan postingan evergreen lainnya, hingga menulis di berbagai platform lainnya sebagai branding buat saya.

Jadi, ada yang masih kepo, sebagai IRT yang ngeblog itu ngapain saja sih sampai begadang mulu?
Masa iya nulis gitu saja pakai ngabisin waktu banyak?
Siapa tuh yang bilang dan mikir kayak gitu?
Sini saya getok palanya, lolololol.

Demikianlah.

Btw, postingan kali ini adalah ide kami untuk collab, yaitu saya dengan mamak blogger kece dari Kendari yang humble dan down to earth banget.
Pasti teman blogger pada kenal nih, sama Diah Alfa Saadah pemilik blog diahalsa.com.

Jadi, temans wajib banget baca postingan Diah juga tentang optimasi blog ala mamak blogger di bawah ini ya.



Semoga manfaat.

Sidoarjo, 21 Januari 2020

@reyneraea

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : dokpri

53 comments:

  1. Karen Rey. Saya dapat uang dengan Cara yg tdk pernah terpikirkan sebelumnya. Jasa pembuatan web via igniester.

    Pada Akhirnya pekerjaan itu terasa berat dan jg kadang membosankan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh itu mah emang spesialisnya ya Mas hihihi.
      Nggak apa-apa, gali lagi cari tahu mana passionnya, kadang cuman jenuh aja kok, kalau passion, pasti bakal semangat lagi dengan cepat :)

      Delete
  2. Wuih postingan collab. Mau juga donk mba Rey kapan2 diajak collab. ��

    ReplyDelete
  3. Buahahaha...langsung ngecek broken link dan nemu 1 yang tanpa babibu lebih jauh, eksekusi seketika πŸ˜…

    Satu hal lagi yang saya pelajari dari tulisan ini adalah, kudu bisa kayang kalo mau dapet duit hhehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, kalau saya rutin minimal seminggu sekali, soalnya kalau udah banyak, males banget rasanya dihapusin hahaha.
      Sama kayak balas komen, kadang numpuk baru saya balas, rasanya berat juga kebanyakan :D

      Delete
  4. Mirip dengan yang aku lakukan kak Reny. Intinya ya tetap semangat berkarya yaa hehehe

    ReplyDelete
  5. wah, enak banget ya udah menghasilkan dari media online, saya juga pengen bisa ngikutin jejaknya juga, semoga bisa segera menyusul, meskipun harus jungkir balik dulu sih, hehehe.

    ReplyDelete
  6. Mbaaaa, saya bener2 salut sama Mba Rey. Sudah anak 2, tanpa ART, dan masih rajin update. Makanya ga heran ratecard dan performa blog Mba Rey bagus.

    Belum lagi Mba Rey balesin komen satu per satu plus melakukan kunjungan balik. Keren deh dengan kegiatan bloggingnya. Jujur ya mba, ngikutin blog mba Rey dan teman2 yang lain bikin saya semangat ngeblog. Hehe.

    Happy blogging ya, Mba Rey.^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww makasih Mba, saya juga semangat gini karena teman-teman yang rajin berkunjung ke sini, serta membaca postingan di blog lainnya Mba, btw makasih udah sering main ke sini :)

      Delete
  7. Mba Rey itu salah satu blogger panutan hihi :D

    Totalitas banget soalnyaaaa~ betul-betul terjadwal dan memang sepenuh hati menggarap blog yang mba punya. Salut saya :> semoga terus menebar energi positif di blog ya mba, dan jadi inspirasi untuk banyak orang termasuk sayaaaa. Hehe.

    So far, saya sendiri masih berusaha untuk sering update juga berbalas komentar. Nanti saya mau coba check brokenlink juga, meski habis itu bingung harus diapakan kalau sudah ketemu brokenlinknya ahuahaha.

    Semangat terus mba Rey dalam berkarya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh berbunga-bunga nih saya hihihihi :D
      Makasih ya udah sering baca tulisan curhat hore saya di sini dan memberikan komentar yang selalu saya nantikan karena ada manfaatnya banget :*

      Btw, brokenlink nya dihapus aja, biasanya sih di komen, saya seringnya langsung dihapus, meski komennya panjang hahahaha

      Delete
  8. Semangad terus kakakku syantik, kak rey, insyaalloh segala jerih payah membuahkan hasil

    Teringat istilah usaha ga akan pernah menghianti hasil walaupun dilakoni dengan cukup berdarah darah, negosiasi yg alot demi mendapatkan ratecartd yg logis dan ga dipandang sebelah mata ama brand yg mau recruit jasa kita

    Btw ini aja aku lagi marathon baca tulisan lama kak rey hahah #biasalah ku klo ada waktu selo di sela sela kesibukan ngurus bayi 2 yg jaraknya cuma 13 bulan tp tetep tak sempetin soale seru...biasanya aku mang iseng bacain postingan lama hihi

    Yg jelas seneng aja klo liat blogger yg sering update #itu berarti kesempatan aku buat ngeklik blognya lebih gede karena faktor sering update itu td #lumayan buat nambah wawasan sekaligus hiburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih makasih Mbul say, udah sering main ke sini, bacain postingan curhat hore gaje hahahaha.

      pengorbanan banget ya jadi mamak-mamak itu, saya aja bedanya jauh tetep rempong, apalagi beda ga sampe 2 taun gitu :D

      Delete
  9. Oiya dilemaku adalah nlogku juga beberapa ada brokenlink, tapi pas kucheck banyak yang berasal dari komen di postingan lama, mau dihapus sayang aja rasanya huhu, sebab komennya lumayan bermutu, agak panjang juga namun kayaknya sekarang uda pada ga aktif ngeblog jadi webnya error 404 deh hahahha, jadi masih aku pajamg juga komen komen mereka walaupun banyak yg brokenlink, hahahha, nasib orangnya ga tegaan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha hapus aja say, soalnya berdampak di spam score.
      Iya nih, nggak asyik nya kadang beberapa blogger vakum dan blognya nggak diterusin domainnya hahahaha

      Delete
  10. Mba Rey, keren banget deh.

    Hebat deh Mba, bisa mempertahankan konsistensi. Aku kalo udah lihat DA turun, beuh ... baru heboh perbanyak postingan organik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, hanya berusaha bertahan say, mungkin karena dasarnya suka nulis aja kali ya, makanya bisa dipaksa-paksain :D
      Ayooo kita semangat bersama :)

      Delete
  11. Dari 6 hal yang kak Rey lakukan aku ada dua yang absen yaitu share artikel ke medsos, karena ngga terlalu banyak teman medsos saya.

    Kedua adalah check broken link, malas aku cek, biarin ajalah, ngga ada yang pasang iklan ini di blog saya, kecuali iklan adsense..😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share di grup FB komunitas blogger juga bisa kok, atau melalui twitter :)

      Delete
    2. Untuk sementara ini belum share dulu ah, takut ada masalah lagi..πŸ˜‚

      Delete
    3. hahaha yang penting tetap semangat nulis :)

      Delete
  12. Dududu auto pengin cek broken link. Udah lama bgt nggak ngecek kesehatan blog, makasih lho mbak. Dah diingetin. Hehe

    ReplyDelete
  13. Kaaakk, saya yg balas komentar itu sudah lama saya skip, padahal sebenarnya kalau mau gampang bisaji tiap loloskan komen langsung sa balas komen2 yg masuk tapiii *sa malas, upsss* kayak sa baku kejar2 waktu juga bela dengan BW, secara belakangan saya sering ketinggalan. Hihihih.
    Rencana sih nanti mau rajinmi lagi balas2 komen.

    Saya harus belajar banyak dengan Mamak Rey ini, bisa konsisten nulis artikelnya. Saya pernah buat #SeriRabuBercerita eetapii hepuu, ndk bertahan tawwa itu, wkwkwkk.

    Anyway, sa rasa mau terbang ke langitmi ini deh dibilang humble and down to earth. Uhhhhuuiiii.. Makasiih ya Kak, hihihih.

    Kak Rey jg lebih humble dan ndk pelit yekaaan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih memang penuh perjuangan juga kok say, balasin komentar itu, kadang menghabiskan waktu sampai 5 jam an loh hahahaha.

      Soalnya saya balas komen sekaligus kunbal, biar nggak kelewat kunbalnya.

      Memang harus disusun jadwalnya say, saya meski disusun juga tetap sering terlewat, makanya kadang semalaman suntuk saya gunakan balas komen ama kunbal doang.

      Kadang udah lebih 150 komen baru diriku balas, makanya gempor hahaha.
      Tapi enaknya, kalau komen natural itu nyenengin banget bacanya, apalagi kalau kunbal, saya bebas ubek-ubek isi blognya, cari mana yang menarik hahahaha

      Delete
    2. termasuk cari postingan jadul yang menye-menye yg saya sendiri su lupa ini yg mana ya yg dikomen *saat lepasin komen dari kerangkengnya, wkkwkwkk..

      Delete
    3. wakakakakakakakakak, etapi bagus tauk!

      Delete
  14. NGeblog sudah jadi profesi ya, Mbak Rey?
    Kerenlah salut aku....aku belum bisa ngarepin hasil ngeblog, hahaha.

    Aku ingin banget fokus sama bisnisku tapi juga jadi profesional blogger tapi butuh proses karena waktu suka ketheteran, Bealkangan bales komen saja kethetheran karena kerjaan di samping di depan lapi, balas email dan WA juga ngider kadang. Ngider ini yang kadang waktu habis di jalan.

    Aku hanya berpikiran kayanya sebagai front liner perusahaan, profesi blogger dapat mendongkrak bisnisku tapi aku belum tahu dari sisi mana makanya aku nulis saja dulu sampai kutemukan "celah" tersebut. Karena jelas, meski bisnis kami bukan konvensional kami ga main SEO juga buat website, hahaha.

    Me time ku selain nulis jalan kaki juga sih, cuma dnegan cuaca panas ga gitu mendukung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, masih merambat juga kok, tapi sebisa mungkin mencoba konsisten, menganggap ngeblog kayak kerja kantoran gitu, jadi kudu ada yang dikerjakan setiap hari :D

      Tapi betul tuh, saya udah 3 minggu dong eh apa 2 minggu ya nggak ngider di luar, paling males soalnya ngabisin waktu aja :D
      Tapi kasian juga anak-anak di rumah mulu :D

      Delete
  15. 1 juta per bulan bagi saya udah wow mbak, apalagi kalau bisa tiap bulan seua job deal ya kan? hahaha,,, kalau saya pun gitu sih, mempertahankan rate card, mau diterima apa ga ya ga apa2, berarti belum rezeki, toh juga rate card udah seideal mungkin sama kualitas blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin :D

      Betul, mending sedikit idealis deh, mengingat zaman now sedih kalau baca fee penawaran job khususnya kalau udah di sub kan gitu :)

      Delete
  16. Keren mba, saya lama vakum nulis, karena saat anak tidur saya mengantuk, siang kerjaan ngantri. ini baeu mau mulai semangat lagi nulis, apalagi lihat dirimu tiap hari share tulisan ,hebat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww, setiap orang punya limit dan waktu masing-masing Mba, saya yakin Mba mungkin sekarang lagi ada di limit, akan ada waktunya nanti Mba kembali semangat kayak sebelumnya :)

      Delete
  17. Aku salut banget lho sama Mbak Rey. Sudah punya 2 anak tapi masih rajin banget nulis dan sering banget post artikel, plus dapat penghasilan dari ngeblog pula. Aku posting seminggu satu artikel aja susahnya bukan main. Yang paling bikin susah tuh males nulisnya. Ide ada, hasrat nulis entah lari kemana. Sepertinya dapat penghasilan dari blog itu masih amat jauh sekali dari jangkauanku, Mbak. Hehehe.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, sering-sering nulis di draft aja, bisa juga nulis di notes hape, nanti tinggal dipindahin aja ke blog :)

      Semangat, kalau konsisten nggak mungkin banget nggak akan menghasilkan :)

      Delete
  18. baru tahu soal brokenlink mbak. langsung saya cek. trus gimana mbak kalau nemu 1 url, yaitu url dari templates kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, sekarang banyak banget teman-teman yang suka gonta ganti template bahkan yang gratisan, padahal banyak sisi negatifnya juga, salah satunya ya kadang template itu disisipin url pembuatnya dan akhirnya blognya mungkin dihapus, akhirnya broken link deh

      Delete
  19. Saya akui, Mbak Rey memang hebat. Lah buktinya 6 hal tsb bisa Mbak lakukan ditengah kesibukan Mbak dalam mengurus rumah tangga dan anak -anak.

    Apalagi dimedsos, Mbak Rey aktif banget yah. Trus masih sempat pula untuk bewe. :) eeee Mbak. kalau ke Mool, sekarang ini masih sempat ngak ? hihihi...bercanda. :)

    ReplyDelete
  20. menulis adalah self healing dan me time,, itu saya banget. saya lagi belajar konsistensi menulis artikel nih kayak mbak rey,, kadang susah yaaa.

    ya memang bener sih, harus dimulai dari hal-hal yang kita suka. keep sharing mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa Mba, perlahan tapi ada konsistennya :)
      Misal seminggu sekali, jadi 2 kali seminggu dan seterusnya :)

      Delete
  21. Saya jadi malu, yang masih bujang gini kadang suka males. Tapi mbk rey yang super sibuk masih semoat ngurusin blog meski kudu begadang...salut dehπŸ‘
    Saya baru pegang hp 10 menit niatnya buat nis artikel baru, eh tiba-tiba ngantuk. Maka saya lebih memilih tidor ajaπŸ˜‚
    Nggak banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ayo semangat, mumpung masih single, belum keikat anak dan suami, dimanfaatkan sebaik mungkin :)

      Delete
  22. diakhir artikel ternyata ada judul postingan milik Mbak Diah yah ..?

    Saya tahunya ketika baca artikel mbak diah, ada win win solution yah Mbak, hihihi......, bagus juga trik and triknya. :)

    ReplyDelete
  23. kayaknya yang paling susah nomor satu deh mba Rey hehe tetapi saya nggak menyerah semoga bisa konsisten nulis minimal 1 hari 1 artikel. Semangat buat para blogger! oh iyya mbaa mau tanya list grup blogwalking itu dapet info darimana ya? mungkin saya bisa ikutan juga :) Thanks for sharing mba Rey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangat :)
      Masuk grupnya Mba, bisa hubungi admin masing-masing grup :)

      Delete
  24. Semangat ya mba, jangan lupa kunjungi blog saya ya https://eigarin48.wordpress.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)

Assalamu'alaikum :)

Selamat datang di blog personal Reyne Raea