Monday, April 11, 2022

Lelah Sih, Tapi Semangat Ikutan Blog Challenge Karena Ini

Alasan ikut blog challenge

Sharing By Rey - Akhirnyaaaa... 10 hari pertama dari #BPNRamadan2022 telah terlewatkan dong, nggak percaya juga sih bisa saya taklukan semuanya, karena awalnya kan seperti yang saya tulis di curhat nggak jelas lalu, kalau udah mutusin mau menyerah aja, hahaha.

Nggak nyangka, malah saya bisa nulis setiap hari, dan serunya lagi, semua tulisan selalu terbit di jam yang sama setiap harinya, karena saya tulisnya sejak kemarenan, dan di schedulle terbit setiap pagi.

Well, meskipun mungkin isi tulisannya nggak fantastis kayak lainnya sih ya, kebanyakan mah cuman cerita tentang diri sendiri, semacam curhat terselubung as always, hahaha.

Tapi, ternyata ketika saya liat, kata-katanya lumayan banyak dong, di atas 700 kata semua.
Jadi lumayan niat kan ye.

Jujur, lumayan takjub sih, karena sejujurnya lagi, saya nggak punya waktu luang yang bisa digunakan untuk menulis setiap hari, karena you know lah mamak Rey ini selalu banyak targetnya.
Pengennya selama ramadan ini kan bisa ibadah dengan khusyu', anak-anak juga tetap bisa ibadah dengan maksimal dan sehat.

Oh ya, maminya juga wajib sehat dong, jadinya wajib banget cukup tidur.
So, antara waktu ibadah buat diri sendiri, mengurus anak dan rumah seorang diri, terlebih masih ada beberapa deadline nulis wajib dari kerja sama dengan klien, termasuk bikin konten video dan foto, baik berbayar maupun enggak.

Rasa-rasanya sulit banget buat mewujudkan ikutan challenge menulis dengan ODOP.

Tapi, lagi-lagi ya, si Rey itu, mudah banget terpancing, kalau liat orang-orang ikutan dan bisa nulis, rasanya pengen ikutan juga.
Dan begitulah, dituruti juga ikut challenge, dan bisa menulis setiap hari tanpa telat sekali pun.

Kok bisa sih Rey?
Ya gitu deh, lagi-lagi mengorbankan waktu istrahat, hahaha.

Tapi tetap ya, saya mengutamakan istrahat, jadi nggak semata mengorbankan waktu tidur sih, tapi waktu lainnya, misal jadi jarang update konten di medsos, karena lebih mengutamakan waktu buat nulis challenge ini.

Dan kebetulan sih ya, temanya tuh bisa ditulis secara personal, jadi ini mah tema yang si Rey banget, which is saya cukup nulis kayak cerita atau curhat juga udah oke, hehehe.

Masalah menang atau enggak, itu mah nggak penting.
Karena sejujurnya ada alasan lain, yang bikin saya semangat ikutang blog challenge ini, yaitu:


1. Agar Bisa Update Blog dengan ODOP lagi


Nah ini dia alasan utamanya, hehehe.
As you know ye, si Rey itu suka banget menulis, jadi kegiatan ngeblog yang paling saya sukai ya nulis.
Gara-gara menulis, saya jadi kebiasaan rutin menulis setiap harinya.

Agar Bisa Update Blog dengan ODOP lagi

Sayangnya, akhir-akhir ini saya kewalahan entah waktu atau memang excuses yang nggak pernah putus, jadilah tulisan di blog ini mulai jarang banget.

Kalau yang biasanya saya menulis minimal 15 artikel setiap bulannya, bahkan di tahun 2020 saya bahkan bisa menulis sebanyak 393 artikel selama setahunan.
Lah makin ke sini kok makin jarang update-nya.

Bahkan di bulan Maret 2022 lalu, saya cuman menulis 7 artikel dalam sebulan, itupun 4 di antaranya adalah artikel berbayar, hahaha.

Sungguh sebuah kemunduran yang bikin saya merasa nggak baik-baik saja.
Iya, bahkan jarang nulis dan melihat blog isinya jarang tuh bikin saya kurang nyaman.

Jadilah, ketika melihat informasi blog challenge dari Blogger Perempuan, sungguh saya semangat mau ikutan, dan bertekat untuk menyelesaikan tantangannya agar tulisan personal di blog ini kembali ramai.

Dan itu memang terbukti sih, lihat aja deh, selama bulan April ini, saya benar-benar aktif menulis di sini, bahkan di tanggal 11 April ini, udah ada 14 postingan baru di blog ini, yang berarti saya juga menulis 2 kali sehari, uhuk.

Nah, rahasianya lagi, kalau liat pencapaian saya kayak gini, mood auto membaik banget dan yang lebih bermanfaat adalah saya juga makin semangat menulis dong.

Terlebih lagi ya, seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya, bahwa hingga puasa ke-9 hari ini, kegiatan puasa kami Alhamdulillah lancar, si Kakak juga tetap puasa dan sehat.
Tetap bisa sahur tepat waktu, sholat tepat waktu di masjid, bisa tadarusan kalau malam.

Saya pun bahkan hingga hari ini, udah membaca Al Quran hingga Surah At Taubah, means udah masuk juz 11 dong, Alhamdulillah.  
Ini menandakan, kalau semua ekspektasi atau target masih bisa tercapai, di mana nulisnya nggak pernah telat, pun juga ibadahnya selaku diri sendiri atau as a mom, masih bisa kepegang semuanya.
Alhamdulillah. 

Jadi, off course saya senang dan berterima kasih banget sama Komunitas Blogger Perempuan yang selalu rajin bikin challenge setiap ramadan.

Oh ya satu lagi, meski saya tetap menulis di sini setiap harinya, tetap ibadah dengan baik, mengurus anak dan rumah dengan baik, berusaha bisa tidur dengan cukup juga.

Tapi tulisan di blog lain seperti blog beautybyrey, masih bisa di-handle dong.
Demikian juga saya masih sempat update di blog parenting serta womandaily saya.
Masih juga bisa sesekali post konten media sosial.


2. Branding ke sesama blogger


Alasan kuat kedua saya ikutan blog challenge ini adalah, karena saya tahu yang bakal ikutan tuh banyak banget, as we know kan ye, komunitas blogger perempuan itu besar banget, merupakan salah satu komunitas blogger terbesar di Indonesia.

Alasan ikut blog challenge

Jadi, sudah pasti yang tergabung di dalamnya ada banyak blogger.
Nah, dengan mengikuti blog challenge ini, bisa banget jadi ajang silaturahmi sesama blogger, biar bisa ketemu blogger lainnya, atau bahkan ketemu blogger yang sebelumnya saya nggak ngeh.

Kalau udah saling tahu kan, udah jadi kayak semacam branding kan ye bagi kita ke sesama blogger.
Selain nanti makin banyak blogger yang kenal sama kita dan blog kita, pun juga kalau ada job, blog kita juga pasti bakal keingat, hahaha.


3. Menaikan pageview


Si Rey memang seringnya disebut hamba PV aka pageview hahaha.
Tapi biarlah, namanya juga menjadikan blog sebagai ladang sumber penghasilan kan ye.
Jadi, buat saya tuh yang namanya pageview itu penting.

Alasan ikut blog challenge

Sepertinya yang pernah saya ceritakan atau curhatkan, bahwa dampak saya jadi jarang update blog ini, saya jadi kehilangan banyak pembaca dong.

Awalnya saya pikir, pageview anjlok hanya karena waktu weekend aja.
Oh ya, blog ini memang selalu turun pengunjungnya di saat weekend, tapi naik kembali di saat weekdays, jangan tanya kenapa, tauk deh, pokoknya kayak gitu selalu, hehehe.

Nah ternyata, sampai weekdays pun pengunjung cuman naik sedikit, nggak sampai seperti biasanya.
Saya juga sempat berpikir ini adalah dampak dari tebar-tebar backlink pakai redirect deh.
Sempat sedikit menyesal juga.

Lalu akhirnya saya ikutan blog challenge ini, di mana saya jadi aktif kembali menulis setiap hari dengan waktu tayang yang stabil.
Eh hanya dalam 2-3 hari, pengunjung saya kembali stabil di angka sebelumnya dong.

Senang banget deh.
Awalnya saya pikir, semua ini karena pengunjung dari sesama peserta blog challenge, tapi enggak juga dong, orang kunjungan dari sesama peserta juga nggak banyak-banyak amat, buktinya pageview artikel blog challenge saya nggak langsung banyak.

Pengunjung tersebut berasal dari mesin pencari google, dari keyword lumayan ramai yang bisa saya saingi di page one google, Alhamdulillah. 


4. Agar Rajin Share Link Blogpost ke Medsos


Nah ini nih, sepele tapi sebenarnya penting banget loh.
Entah mengapa akhir-akhir ini, saya nggak cuman jarang nulis di blog ini, tapi juga malas share link blogpost terbaru di medsos.

Alasan ikut blog challenge

Padahal ya, saya juga masih tetap nulis loh, tapi jangankan mau share ke semua medsos ya, ke satu medsos aja nggak saya lakukan.

Nah, dengan adanya blog challenge ini, kebetulan juga ada syarat wajib share link blogpost di medsos, entah Twitter atau Instagram, jadilah saya tak pernah lupa share link blogpost terbaru setiap hari ke Twitter.

Bukan hanya di Twitter doang dong, saya juga rajin share di fanpage facebook saya.
Lumayan banget sih buat branding.

Karena bagi saya, share link blogpost ke medsos itu, bukan semata untuk mengharapkan pageview ke blog saya, tapi lebih ke mengenalkan blog saya ke banyak orang, termasuk mengenalkan diri saya sebagai blogger tentunya.

Demikianlah 4 alasan penting saya ikutan blog challenge di ramadan ini.
Biar kata aslinya lelah karena mengorbankan waktu istrahat, tapi tetap semangat karena ke-4 alasan di atas.

Kalau Temans, apa nih alasan ikutan blog challenge yang diselenggarakan komunitas blogger perempuan kali ini?
Share yuk.


Sidoarjo, 11 April 2022

Note: Tulisan ini diikut sertakan dalam 'BPN 30 DAY RAMADAN CHALLENGE 2022' Day 11 dengan tema 'Kenapa Ikutan Blog Challenge'. Tulisan lainnya bisa dibaca di label 'BPN Ramadan 2022'

2 comments :

  1. nah ini, aku sendiri juga berusaha untuk konsisten dengan challenge kayak gini. Diusahakan hehehehe
    kalau rata-rata 700 kata ini udah kayak nulis biasa juga sebenernya ya mbak.
    kadang kalau aku mentok mau cerita apa, biasanya ga sampe segitu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top