Monday, April 04, 2022

Menu Buka Puasa Praktis A La Rey

Menu Buka Puasa Praktis A La Rey

Sharing By Rey - Waktu berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu di bulan puasa, bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasapun sama halnya menanti waktu tersebut.

Apalagi yang paling dinantikan, kalau bukan untuk mencicipi menu buka puasa yang telah terhidangkan dengan aroma yang menggoda.

Kebanyakan orang telah menyiapkan menu buka puasa yang makanannya beda dari hari biasanya, meskipun ada juga yang menyiapkan menu buka puasa yang biasa-biasa saja, saya contohnya, hahaha.

Selain saya kekurangan ide buat bikin menu buka puasa yang kayak orang-orang heboh persiapkan, pun juga saya kekurangan waktu buat mengolah menu tersebut.

Jadilah, kebanyakan menu untuk buka puasa kami, adalah sesuatu makanan yang praktis, dan biasa kami makan sehari-harinya.

Bedanya, hanya pada disediakannya takjil atau kudapan manis untuk berbuka puasa, di mana kadang juga nggak setiap hari bisa tersedia, tergantung ada tidaknya bahan di kulkas, hahaha.

Saya jadi bersyukur, ketika kecil mama jarang bikin menu buka puasa yang wah dan beda, maklum dulu kami jarang puasa, termasuk orang tua juga jarang puasa, hahaha.

Nantilah ketika adik saya sudah berpulang, entah karena mama mulai ngeh masalah kematian, atau juga mama mulai merasa punya waktu lebih untuk beribadah, baru deh mama ikutan puasa, dan saya pun juga ikutan mama buat puasa, meski nggak bisa sebulanan penuh karena nggak kuat.

Ketika mama mulai ikutan puasa, menu buka puasa hampir setiap hari terhidang, setidaknya selalu ada takjil, yang seringnya berupa kolak, entah itu kolak ubi, pisang, hingga kolak kacang hijau.

Makanannya sih masih terbilang biasa aja, menunya sama dengan menu yang biasa kami santap sehari-harinya.

Dan kebiasaan itu, sepertinya menurun di saya, nggak pernah tuh saya merasa buka puasa wajib makan yang wah.
Bahkan kadang, nggak ada takjil pun nggak masalah.

Puasa buat saya, ibarat waktu makan yang pindah, hahaha.
Jadi, ketika buka puasa tiba, saya cuman minum air putih hangat yang banyak, abis itu sholat magrib, baru deh langsung makan.

Nggak ada minum teh-teh hangat, terlebih si Kakak juga nggak suka teh, karena mamaknya ini juga yang melarang dia keseringan minum es teh, kasian kan teh menghambat penyerapan zat besi yang penting untuk masa pertumbuhannya, jika kebanyakan, hehehe.

Lalu, apa saja sih menu buka puasa praktis yang sering saya hidangkan?


1. Menu Lauk Telur


Ampun deh si mamak Rey ini, nggak peduli puasa atau enggak, kalau beneran lagi nggak sempat masak, dan malas beli di luar karena nggak ada waktunya plus pengen hemat, maka menu lauk telur adalah jalan ninja saya.

Menu Buka Puasa Praktis A La Rey

Menunya sih simple banget, cukup bikin telur dadar spesial, yang ada isiannya berupa ayam, bakso atau udang, dicampur potongan sayuran seperti wortel ataupun buncis, lalu untuk si Adik ditambahin potongan keju, udah jadi menu yang sangat digemari oleh anak-anak.

Selain itu, menu telur ini bisa juga dijadikan telur orak arik, di mana anak-anak juga doyan banget, apalagi kalau dicampur sekalian ama udang dan sayur brokoli, anak-anak dan maminya juga udah doyan banget.

Terlebih kalau saya kebetulan stock sambal bawang yang pedas, duh auto nambah banyak mah si Kakak maupun si Adik. 

Untuk menu praktis telur ini, biasanya nggak butuh pakai sayuran lagi, karena saya sudah mencampurkan sayuran ke dalam menu lauk telurnya.


2. Menu Lauk Ayam


Selain telur, menu lauk ayam adalah merupakan menu praktis yang paling sering saya hidangkan, pilihannya sih kalau bukan ayam kecap ya soto ayam atau yang disebut si Adik dengan nama ayam kuah, hahaha.

Menu Buka Puasa Praktis A La Rey

Ataupun opor ayam, atau yang biasa disebut si Adik, ayam kuah santan, hahaha.
Juga ayam goreng, yang sangat praktis, karena cuman dibaluri bumbu tepung krispi.

Ketiga menu lauk ini lumayan praktis, terlebih kalau bikin ayam kecap dan ayam goreng, karena biasanya ayamnya sudah saya bersihkan dan rebus sebentar, sebelum akhirnya saya masukin ke dalam wadah terpisah-pisah sesuai porsi masakan.

Jadi, yang biasa saya lakukan adalah ngulek bumbunya sebentar, tumis dan masak deh.
Cepat dan praktis, anak-anak juga suka banget, terlebih ayam kecap atau ayam goreng.

Untuk menu ini, biasanya saya tambahin menu sayur yang juga praktis, seperti tumis wortel atau kangkung, yang biasanya sih bumbunya cuman bawang putih, hahaha.

Untungnya anak-anak suka-suka aja tuh, dan semoga jadi kebiasaan mereka deh, biar kalau mau makan terlebih buat buka puasa itu nggak perlu ribet.


3. Menu Lauk Seafood


Selain telur dan ayam, lauk seafood merupakan salah satu menu lauk buka puasa andalan saya.
Nggak banyak sih, palingan cuman goreng udang pakai tepung krispi, atau masak tumis cumi, atau juga ikan sarden atau ikan tumis.

Menu Buka Puasa Praktis A La Rey

Semuanya praktis, karena bahannya sudah saya persiapkan atau yang biasa disebut food prep oleh mamak-mamak kekinian.

Kalau saya mah, dari dulu sudah menyiapkan menu-menu tersebut ketika belanja di pasar, jadi masaknya super cepat dan mudah, kadang sejam juga udah kelar semua.

Untuk menu seafood, biasanya saya tambahin masak sayur bening, seperti bayam campur kelor, ataupun ayam campur wortel atau kangkung, dan anak-anak suka banget, karena kayaknya sih, pasangan seafood itu, paling pas dengan sayuran bening kali ya.

Demikianlah menu buka puasa yang praktis a la saya, nggak ada yang istimewa banget sih.
Karena buat saya, menu buka puasa itu, sama aja dengan menu makan malam, dan biasanya saya masak sekalian buat sahur, biar nggak repot pas kesiangan bangun, kan cuman tinggal manasin lauk aja.

Selain itu, saya berharap dengan kebiasaan saya masak menu buka puasa sama dengan menu keseharian, bikin anak-anak terbiasa makan apa adanya, nggak ribet puasa harus ada ini itu.

Setidaknya, yang membedakan cuman di takjil saja.
Biasanya sih saya sediain es buah atau kadang cuman sirup marjan, dasar si kakak korban iklan, jadi buka puasa itu harus ada sirup marjan, hahaha.

Kalau Temans, apa nih menu buka puasa praktis yang sering dihidangkan?
Share yuk.


Sidoarjo, 4 April 2022

Note: Tulisan ini diikut sertakan dalam 'BPN 30 DAY RAMADAN CHALLENGE 2022' Day 4 dengan tema 'Menu buka puasa praktis'. Tulisan lainnya bisa dibaca di label 'BPN Ramadan 2022'

6 comments :


  1. Tradisi di keluarga besarku yg pada puasa emang kebanyak pada bikin takjil, tp ya ga tiap hari juga, kebanyakan mreka malah ngeteh dulu pas buka, sholat baru makan.

    Kalau aku emang suka bgt manis, puasa kagak bikin atau jajan takjil iya hahha, apalagi anakku pemakan segala, manis2 iya, gurih2 iya hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, jadi banyak yang bisa dijadiin jajanan ya, kalau sore tuh sering ngiler lewat depan kompleks, karena banyak yang jualan :D

      Delete
  2. Sepertinya memang telor sama ayam itu makanan yang bisa jadi masakan praktis ya mbak, apalagi banyak yang jual, telor bisa beli di toko kalo daging ayam ada dari pedagang keliling. Kalo seafood malah jarang.

    Pantesan kok cepat amat update artikelnya, ternyata sedang ikut BPN ramadhan, sudah ada 5 artikel, biasanya 5 artikel itu sebulan.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau di Jawa memang paling praktis ya telur dan ayam, kalau di luar Jawa masih ada pilihan seafood :D

      Hahaha, iyaaaa... lagi semangat ngejar ketertinggalan :D

      Delete
  3. Dulu pas msh Ama ortu, aku tuh sempet ngerasain puasa yg meriah, apalagi mama hobi masak 😁. Jadi di meja selalu ada masakan2 eksperimen mama yg enak2. Sahur juga sama, bikin kami bangun sahur aja semangat Rey.

    Tapi begitu aku mulai ninggalin rumah buat sekolah sejak SMU, jadi berubah drastis 😅. Aku lebih sering malas sahur, tetep puasa tapinya. Ya Krn ga ada teman buat sahur. Apalagi kuliah aku di Penang dan tinggal Ama Chinese family yg jelas2 ga puasa. Lebih milih tidur cukup drpd pas di kampus ga bisa nyerap kuliah.

    Itu berlanjut sampe aku belum nikah.

    Baru pas nikah, suami tipe yg ga bisa ga sahur. Jadi mau ga mau, aku harus terbiasa ke rritme itu lagi. Untung ada mbak yg bantuin. Jadi aku mulai mikirin menu2 buka dan sahur biar suami semangat puasanya 😁. Walopun jauuuh banget dibanding Ama menu2 yg mama bikin dulu hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan anak yang punya mama hobi masak itu bahagia banget ya, mau buka puasa maupun sahur tetap banyak menunya :D
      Kalau saya udah ke default yang simple, saking hidup dengan mama yang udahlah nggak pintar masak, irit banget pula hahaha.

      Meski nggak irit sampai bikin kita kayak nggak pernah makan sih, tapi positifnya saya jadi membawa kebiasaan simple :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top