Tuesday, April 12, 2022

Rencana Tips Blogging yang Ingin Dilakukan MomBlogger

Rencana Tips Blogging yang Ingin Dilakukan MomBlogger

Sharing By Rey - Kalau ditanya, hingga saat ini ada nggak sih tips blogging yang biasa dibahas beberapa blogger called mastah, yang pengen dicoba?

Jawaban saya mantap.
Kagak atau belum ada! hahaha.

Eitsss... bentar-bentar!
Jangan dulu dihakimin kalau si Rey ini mah somse (90an banget ya, wakakakak) *read: sombong sekali!

Bukan kok.
Bukan masalah sombong atau gimananya, tapi ya seperti biasa, masalah kewarasan aja sih, hahaha.

Saya nggak tahu sih ya, kalau untuk temans lainnya, yang mentalnya lebih kuat dari saya.
Tapi untuk saya pribadi, menjalankan semua kegiatan ngeblog ini, hanyalah bergantung dari sisi kesenangan saya dalam menulis.

Yang lainnya, belum berani lagi saya push, takut saya jadi ibu-ibu viral yang depresi, hahaha.

Iya, sejujurnya, eh bahkan kalau nggak salah hampir di setiap tulisan saya, bahkan tulisan di medsos, saya sering banget mengatakan, kalau saya melakukan blogging for money itu sangat di luar batas saya, alias menembus batas.

Karena sejujurnya saya nyaris nggak mampu.
Waktunya sungguh nggak cukup, entahlah mungkin masalah manajemen waktu kali ya, tapi berkali-kali saya rombak daftar waktu saya, tetap aja ujung-ujungnya saya kelelahan sendiri mengikuti waktu yang saya atur sendiri, hahaha.

Banyak hal yang saya korbankan untuk menulis di blog, entah itu waktu istrahat, atau waktu buat sehat alias olahraga, saya sampai nggak punya waktu buat olahraga loh, saking nggak berani olahraga dengan kondisi lelah, takut jantungnya kaget trus auto is dead, hahaha.

Jadi, saya menjalankan kegiatan ngeblog, yaitu nulis di blog itu dengan amat sangat mengemukakan faktor fun, dinikmati biar nggak suicide saking stres sendiri, hahaha.

Jadi begini lah kondisi blog saya, hampir semuanya ditulis dari semacam cerita keseharian atau pengalaman saya, mentok-mentoknya sih opini saya.

Padahal ya, kalau baca-baca nih, hal demikian tuh bukanlah sebuah tips blogging yang baik, bahkan bisa dibilang kalau itu adalah sebuah kesalahan blogger.

TAPI WHAAAATTTTEVEEERRR, wakakakaka.

Karena, saya yang kenal batas kemampuan saya, dan sampai detik ini, biar kata isi tulisan di blog ini kebanyakan cerita pribadi, toh masih ada juga dong yang mau berkunjung di sini.

Bahkan nih ya, banyak orang yang kenal saya, karena sekali main ke sini, jadi kecanduan berselancar dari tulisan satu ke tulisan saya, hanya karena tulisan saya sibuk membahas hal-hal yang jarang dilakukan orang lain, yaitu gibahin diri sendiri, wakakakaka.

Iya, mungkin sebagian orang menganggap tulisan gibah diri itu nggak baik, tapi saya juga merasa, kalau gibahin orang lain tuh, apalagi kadang bukan cuman gibah, tapi semacam dihakimi secara halus, justru itu jauh lebih jahat sih.

Eh lagi-lagi itu pendapat saya ya, sama sekali nggak paten benar!

So, alih-alih memikirkan rencana blog apa yang ingin saya coba, saya malah ingin bercerita tentang bagaimana saya konsisten ngeblog untuk menghasilkan uang hingga saat ini.

Atau bisa dibilang, ini adalah tips blogging saya sendiri untuk saat ini aja dulu, saat nanti, nanti-nanti aja deh dipikirkan, kalau anak-anak si Rey ini udah pada gede dan mandiri, biar si Rey bisa fokus ngeblog, tanpa ada iklan per 5-10 menit,
"Mamiiii... mamiiii....!"


Konsisten Blogging for Money With Blogging for Fun!


Iya, saat ini tuh saya hanya ingin mem-push diri sendiri tentang konsisten.
Karena, biarpun mungkin bagi sebagian orang konsisten ini berat dan menyiksa, tapi bagi si Rey yang aslinya workaholic ini, konsisten itu semacam candu tau nggak sih?

Rencana Tips Blogging yang Ingin Dilakukan MomBlogger

Dengan konsisten, saya bisa menulis setiap hari.
Dengan melihat blog saya terisi setiap hari, di kepala saya tuh semacam ada hormon bahagia yang memenuhinya.

Semua hormon tersebut, kayak  dopamin, serotonin, oksitosin, dan endorfin membuat saya jadi makin bahagia, dan bikin saya melakukan kegiatan saya ngeblog dengan fun.

Ini amat sangat penting ya buat ibu-ibu kayak saya, karena saat stres, anak-anak akan jadi pelampiasan yang paling mengerikan.
So, mamak Rey kagak boleh stres dong, kasian anak-anak, mana nggak ada orang lain di rumah pulak.

Konsisten tersebut, semakin menyenangkan karena saya suka banget nulis, apalagi kalau nulisnya curhat, atau kayak cerita kayak gini, nggak nulis yang terlalu ilmiah, hadehhh auto bikin migren dah kalau terlalu berat gitu.

Lagian, ini kan blog personal, janganlah berharap artikel a la profesor di sini ya Temans, hahaha.
Di sini mah receh, tapi insha Allah sih tetap ada faedahnya, tergantung dari yang membutuhkannya.

Jadi itu kali ya, tips yang sedang saya jalankan saat ini, konsisten blogging for fun, dan tetap menghasilkan blogging for money.

Bahkan untuk blog ini, udah sering banget bikin bete beberapa klien yang juga bikin saya sedih sih, karena saya ngotot nggak mau terima job dengan rate yang terlalu bikin pengen nangis, hahaha.

Dan beberapa klien, meski awalnya mungkin kesal karena saya sok-sokan ngotot pertahankan rate card sendiri, eh ujung-ujungnya mereka ngalah, hahaha.

See, dengan blogging for fun, bisa juga kok menghasilkan uang, nggak perlu terlalu memaksakan yang nggak sanggup kita lakukan, karena saya bukan full timer blogger, melainkan mom blogger yang suka banget nulis.


Meski Blogging for Fun, Tetap Blogging for Profesional 


Maksudnya, meskipun saya lebih mengutamakan fun dalam ngeblog, bukan berarti saya nulis asaaaalllll mulu.

Rencana Tips Blogging yang Ingin Dilakukan MomBlogger

Enggak kok!
Saya juga tetap menerapkan tips blogging yang benar dan called profesional *halah, hahaha. 

Salah satunya, tetap mengikuti standar SEO yang banyak dilakukan blogger called mastah, atau berdasarkan pengamatan sendiri.

Sesekali, bahkan sering kali juga sih, saya menulis pakai research keyword yang memungkinkan untuk dimenangkan.
Tentu saja dengan cara-cara yang sederhana aja sih ya, nggak terlalu memaksakan diri, entah itu melalui volume pencarian di google atau related searches keyword di google, ataupun semacamnya.

Semua itu saya lakukan sesuai kemampuan saya menghadapi presure sih, dan tentunya dalam waktu yang sangat singkat, kadang sejam digunakan buat cari sana sini, baik keyword, maupun bahannya.

Sejam berikutnya eksekusi dan schedulle kan deh buat besok.
Alhamdulillahnya sih, beberapa keyword berhasil bersaing di page one, dan membawa banyak pageview untuk blog ini.

Beberapa keyword lainnya juga kadang baru bisa naik ke page one setelah berminggu bahkan berbulan tayang, hahaha.

Bukan hanya berburu keyword, saya juga selalu menerapkan kaidah teori SEO di setiap penulisan saya, baik jumlah huruf di judul, jumlah huruf url, meta search, penempatan keyword, struktur blogpost dan semacamnya itulah.

Semua itu udah jadi kayak kebiasaan sih, jadinya bukan masalah yang berat atau pressure buat saya.  
Kecuali memang kalau nggak bisa diterapkan, misal pengen tulis judul panjang yang menarik, tapi kaidah SEO nggak memperbolehkan, ya whatever, napa coba saya disetir SEO mulu, orang ini blog-blog saya sendiri, wakakakak.

Mungkin karena konsisten itu kali ya, jadinya hal-hal teoritis udah jadi kebiasaan, dan jadi bukan hal yang memberatkan, meski kadang juga sesekali nggak saya turutin semua teorinya.

Oh ya, selain itu, modal utama sebagai blogger profesional adalah attitude kali ya, sebisa mungkin sopan kepada klien, biar kata penawaran mereka bikin ingin bersenandung,
"Kumenangiiiissssssss...!"
Hahaha.

Selain sopan, taat kepada perjanjian kerja sama juga hal yang penting, selalu menyelesaikan kerja sama sesuai brief dan dalam tenggat waktu yang telah disepakati.
Sehingga biar kata kita ngeblognya fun atau kadang suka-suka, tetap bisa dianggap profesional.

Ngeblognya fun, dapat uangnya juga fun!
Jadinya, semua kegiatan blogging yang saya lakukan selama ini, sama sekali nggak memberatkan sih, palingan efeknya ngantuk doang, wakakak.

Tapi, untungnya sekarang sih si Kakak udah masuk sekolah offline kan, jadi biasanya waktu si Kakak ke sekolah, saya jadikan waktu buat tidur dengan nyenyak, karena si Adik ikutan tidur, dan sama sekali nggak ada keberisikan anak-anak yang berantem seperti biasanya, hahaha.

Oh ya, setidaknya demikianlah rencana tips ngeblog a la saya untuk saat ini, nggak tahu untuk saat mendatang ya, kalau anak-anak udah lebih mandiri, mungkin saya bakalan nambah lagi hal-hal yang harus saya lakukan, misal lebih menerapkan teori SEO ke dalam blog maupun tulisannya.

Juga ikutan lomba blog dan semacamnya?
Tapi nanti dah, sekarang mah nikmati aja apa yang bisa saya lakukan, karena saya adalah seorang ibu.

Kalau Temans gimana?
Punya rencana apa untuk blognya?
Share yuk.


Sidoarjo, 12 April 2022

Note: Tulisan ini diikut sertakan dalam 'BPN 30 DAY RAMADAN CHALLENGE 2022' Day 12 dengan tema 'Tip Blogging Yang Ingin Dicoba'. Tulisan lainnya bisa dibaca di label 'BPN Ramadan 2022'

10 comments :

  1. Wah saya jujur belum pernah bikin rencana untuk blog, misalnya harus bikin ini itu biar ngeblog maksimal. Ngeblog buat senang saja tidak ada rencana apapun, tak heran kalo gajian adsense itu berapa tahun sekali, soalnya blog jarang pengunjung.😁

    Salut buat mbak Rey yang bisa buat rencana untuk blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, rencana blog saya adalah having fun aja Mas, jadi fun fun aja, sesuai kemampuan mamak-mamak beranak 2 ajah :D

      Delete
  2. Wah.. Mbak rey, selalu luar biasaπŸ‘πŸ˜ bikin saya semangat setelah baca. Soalnya jujur saya masih di fase mood nggak pasti dan nggak bisa semangt nulis tiap hari walaupun sama sekali nggak sibuk. Pengen banget bisa konsisten.
    Saya kalau lagi semangat bisa langsung nulis banyak banget tapi kalau lagi badmood seminggu, 2 minggu, dan seterusnya bisa kosong bangetπŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat saaayyyy!
      Dirimu mah udah punya ciri khas itu, tinggal dikosistensi kan.
      Dari judulnya, "Jadi penonton film..."
      Udah tau kalau itu si Astria hahahaha

      Delete
  3. Sama Mbaaa...aku pun enggak ada tips blogging yang ingin dicoba. Mengalir saja. Btw keren ini blogmu. Aku mah masih apalah-apalah. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mba, daripada stres sendiri, akhirnya beneran mutung ga ngeblog sama sekali. Jadinya sesuai kemampuan aja dulu, karena tetep anak-anak prioritas utama :D

      Delete
  4. Ngeblog menghasilkan duit itu punya energi tersendiri. He he ... Saya ngeblog ngabisin duit beli pulsa, pakai teori suka-suka. Alias tanpa SEO. He he ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, tulisannya Bu Nur itu bagus Bu, sesuai kaidah bahasa Indonesia, berasa minder saya kalau baca tulisannya.
      Jadi ingat salah satu blogger yang juga punya ciri khas hampir sama, yaitu Rohyati, blio kalau nulis juga bagus, dan nggak pake bahasa planet kayak saya hahahaha

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top