Tuesday, April 05, 2022

Puasa Di Rumah Aja itu Menyenangkan

Puasa Di Rumah Aja itu Menyenangkan

Sharing By Rey - Puasa di rumah aja, memang nggak bosan?
Kalau saya sih sama sekali enggak bosan, bahkan menurut saya, puasa di rumah aja tuh sangat menyenangkan.

Setidaknya ini yang saya rasakan di masa sekarang, ketika punya anak dua, dan ke mana-mana harus mengajak keduanya dan itu ribet banget, hahaha.

Selain itu, bagi pribadi intovert kayak saya, di rumah aja itu menyenangkan banget, ya kecuali memang ada orang yang bisa bantuin saya urus anak-anak ketika bepergian sih, karena terlebih si Adik ya, entah kenapa, setiap keluar pasti pengen ke toilet, mau pup dong.

Astagaaa, dan itu ribet banget, i hate nganter anak-anak ke toilet umum, karena sudah pasti saya mengenakan pakaian sampai ke kaki, dan saya merasa penuh najis di toilet kalau anter si Adik pup di toilet umum, hiks.

Jadi itu kali ya, mengapa saya menganggap puasa di rumah aja itu menyenangkan banget, karena di rumah semua serba nyaman.
Nggak perlu ribet ketika si Adik minta ke toilet, nggak takut kena najis juga dan merasa nggak sah ketika sholat.

Pun juga, kalau puasa di rumah tuh, ibadahnya terasa lebih maksimal, nggak diburu-buru waktu sholatnya, serta pastinya bisa buka puasa dengan puas tanpa merasa ngehek ketika membayar bill makanan, hahaha.

Lagian, banyak hal yang bisa kita lakukan ketika berpuasa di rumah aja loh, selain beribadah dengan lebih fokus dan khusuk tentunya.

Dan yang paling terlihat menyenangkan, ketika saya memikirkan kelebihan berpuasa di rumah aja yang menjadi menyenangkan, yaitu:


1. Bisa Lebih Santai


Bisa pakai baju santai yang paling nyaman, bisa gegoleran dengan nyaman, adalah hal yang santai yang nggak bisa kita rasakan kalau sedang keluar rumah.

Nggak perlu pakai baju serba tertutup, nggak perlu juga pake make up yang kadang nggak nyaman dibanding pakai skincare di rumah aja.

Nggak perlu juga terburu-buru dikejar waktu, lalu ribet cari tempat sholat, dan juga was-was takut di tempat sholat umum itu, nggak benar-benar bebas virus.

So, demikianlah, i told you puasa di rumah itu sangat menyenangkan karena bisa lebih santai   


2. Masih Bisa Refreshing dari Rumah aja


Salah satu alasan orang-orang memilih keluar rumah ketika sedang berpuasa adalah, untuk refreshing.
Tapi sebenarnya, refreshing saat sedang puasa juga bisa dilakukan dari rumah saja loh.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk refreshing dari rumah aja, tentunya dengan mengerjakan atau melakukan hal-hal yang kita sukai.

Kalau suka baca, ya udah bisa baca buku atau novel, suka nonton kayak saya ya udah nonton aja, termasuk bisa ngedrakor yang jadi refreshing favorit mamak-mamak zaman now.

Atau bisa juga dengan khusuk beribadah, kayak membaca Al-Quran, yang mana buat saya tuh ibarat refreshing dong, karena entah mengapa kalau ngaji tuh, hati terasa damai banget.


3. Ibadah Lebih Fokus dan Khusyuk


Nah ini kelebihan yang paling bikin saya betah di rumah aja, dan menganggap puasa di rumah aja adalah hal yang menyenangkan.

Karena dengan di rumah saja, kegiatan ibadah selama bulan ramadan akan jauh lebih fokus dan khusyuk buat saya.

Nggak perlu ribet cari tempat sholat dan ribet juga urusan wudhu kalau waktu sholat tiba, bisa mengisi waktu lebih banyak dengan beribadah.
Hal-hal seperti ini, akan sulit kita lakukan kalau di luar rumah.


4. Lebih Banyak Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan


Kelebihan lain, mengapa puasa di rumah aja itu terasa menyenangkan adalah, karena kita bisa melakukan lebih banyak hal bermanfaat.

Entah itu beribadah, bermain atau belajar bersama anak-anak, menyiapkan makanan buka puasa, beristrahat agar nggak lemas atau emosi aja bawaannya, hahaha.

Puasa Di Rumah Aja itu Menyenangkan

Intinya, jika merasa nyaman, maka hal positif lebih banyak kita lakukan dan dapatkan.
Dan buat saya, di rumah itu adalah tempat yang paling nyaman, jadinya lebih mudah lagi melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Begitulah, melihat banyak kelebihan dan manfaat yang bisa kita dapatkan ketika puasa di rumah aja, membuat saya sangat menikmati masa-masa puasa di rumah aja.

Mungkin juga, karena saya seorang ibu 2 anak, which is kalau mau keluar rumah tuh bawaannya rempong bener, bukan bulan puasa aja sungguh rempong kalau pas di luar rumah nyari tempat buat sholat, apalagi pas puasa yang biasanya nih tempat-tempat di luar sana bakalan rame banget.

Terlebih, tahun ini sudah memasuki tahun ke-3 puasa di saat pandemi kan ye, rasanya udah semakin terlatih menghabiskan masa puasa di bulan ramadan, hanya di rumah aja.

How about you, Temans?


Sidoarjo, 5 April 2022

Note: Tulisan ini diikut sertakan dalam 'BPN 30 DAY RAMADAN CHALLENGE 2022' Day 5 dengan tema 'Puasa di rumah aja'. Tulisan lainnya bisa dibaca di label 'BPN Ramadan 2022'

12 comments :

  1. Betul. Sebab saat keluar rumah untuk refreshing tuh yang pentingnya makan2. He he .... Selamat pagi ananda Rey. Selamat berpuasa

    ReplyDelete
  2. Saya pun kalau tidak kerja lebih memilih puasa di rumah aja sebab tak menghabiskan banyak energi bisa rebahan sepanjang hari..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, kalau mamak-mamak ga kenal rebahan :D

      Delete
  3. Lebih baik di sini
    Rumah kita sendiri
    Mau itu ini
    Sesuka hati
    🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, yang pasti lebih nyaman, apalagi kalau punya bocah :D

      Delete
  4. Iya ya mba gak terasa sudah tahun ke 3 puasa ditengah pandemi 😅. Semoga yang berpuasa di beri kekuatan dan dilancarkan.. Aminn ^^

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka puasa di rumah saja, soalnya bebas mau lakukan sesuatu. Kalo jalan-jalan saat puasa malah nantinya badan lemas, ntar lihat orang jualan penginnya makan.🤣

    ReplyDelete
  6. tahun ini aku puasanya juga lebih banyak dirumah mbak, mau kemana juga bingung kemana hahaha
    pulang kantor ya balik rumah, sampe besoknya juga gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, nanti aja setelah lebaran baru keluyuran lagi ya, traveling ke mana-mana :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top