Saturday, April 09, 2022

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Bagi Seorang Ibu

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Bagi Seorang Ibu

Sharing By Rey - Akhirnya kita sampai di seminggu sejak awal berpuasa, gimana nih Temans? masih semangat kan ya?
Kalau saya, meski sedikit lelah karena rasanya kok kayak kejar-kejaran waktu, tapi Alhamdulillah masih menyisakan semangat banget.

Salah satunya, dengan semangat melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, yang bisa dilakukan selama bulan puasa ini.

As we know kan ye, bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang dihadiahin oleh Allah kepada kaum muslim, di mana selama sebulanan ini kita diberikan waktu untuk bisa berlomba-lomba mengkoleksi amal ibadah sebanyak mungkin, karena pahalanya dilipat gandakan oleh Allah.

Kapan lagi kan bisa nabung amal sebanyak mungkin? setelah selama setahunan kita mungkin banyak melakukan kesalahan, di bulan ini kita bisa menebus semua dosa-dosa itu, karena Allah membuka pintu ampun lebih lebar dari biasanya, insha Allah.

So, karena itulah, biar kata sejujurnya sebagai seorang ibu, agak rempong untuk menjalani dengan sebaik mungkin, tapi bukan berarti saya akan menyerah pada keadaan, tentu saja dengan mengubah pola pikir juga, bahwa rempong mengurus anak saat berpuasa ini, adalah sebagian dari ibadah juga, jadi insha Allah pahalanya berlipat, aamiin.

Ada beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa saya dan anak-anak lakukan selama bulan puasa ini, di antaranya adalah:


1. Beribadah dengan khusyu'


Saya nggak pengen kehilangan kesempatan meraih banyak pahala di bulan ini, karenanya saya berusaha lebih keras untuk bisa melakukan ibadah dengan lebih khusyu'.

Entah sholat 5 waktu tepat waktu, sebuah ibadah yang biasanya sering saya lakukan di akhir waktu saking sok rempong hiks.

Demikian juga melakukan ibadah sholat sunah, yang biasanya selalu saya skip, termasuk membaca Al Quran, which is di bulan ini saya punya target bisa khatam, biar kata sekali.

Mungkin bagi kebanyakan orang, khatam Al Quran itu adalah hal yang mudah, tapi sejujurnya tidak buat saya, karena saya harus benar-benar disiplin memaksa diri dalam mengatur waktu agar bisa melakukan hal tersebut.

Alhamdulillah sih, hingga hari ini di waktu seminggu berpuasa, saya udah mencapai target yang lebih dari ekspektasi, karena saya udah ada di juz 8, makin semangat untuk lebih banyak juz, karena we know kan ye, perempuan nggak bisa beribadah full selama 30 hari, karena kepotong 'libur' juga.

 

2. Mengaji bareng anak


Baru-baru ini saya tersadar, kalau saya jarang banget mengajarkan si Adik mengaji, padahal rencananya tahun ini dia masuk TK, hiks.

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Bagi Seorang Ibu

Awalnya saya merasa panik, dan menyalahkan diri sendiri karena nggak ngeh tentang itu, meski sejujurnya bukan nggak ngeh, tapi nggak ada waktunya hiks.

Bertepatan dengan bulan Ramadan ini, di mana saya jadi lebih rajin baca Al Quran, eh siapa sangka si Adik juga ikutan, dan saya gunakan hal tersebut untuk sedikit demi sedikit mengenalkan dia pada Al Quran, di mulai dari Iqra.

Alhamdulillahnya sih, si Adik memang cepat banget nangkapnya, dan selalu mau ikutan.
Jadi, setiap kali habis sholat bareng, dia pasti minta ngaji di Iqro dulu, sebelum saya memulai baca AL Quran.

Si Kakak pun demikian, saya kasih target harus baca minimal 2 lembar setiap harinya, mungkin dikit sih, tapi biarin deh, ketimbang saya paksa dan dia malah makin eneg baca Al Quran, hahaha.

Alhamdulillah sih, untuk memenuhi target tersebut, nggak sulit buat si Kakak, dan malah menjadikan waktu malam kami begitu hangat karena bisa sama-sama baca Al Quran, Alhamdulillah.


3. Bermain dan belajar bareng anak


Biar kata waktu semakin sempit, karena banyak hal yang harus saya lakukan, maklum ye... mamak-mamak single fighter harus mengurus dua bocah sendirian 24/7, dan masih harus memikirkan cari uang pula.

Ketambahan mikirin harus koleksi banyak pahala di bulan ini dengan beribadah, harus lebih fokus juga mengurus anak-anak, khususnya si Kakak yang sudah ikutan puasa, agar dia nggak sakit atau dehidrasi karena malas minum di waktu berbuka puasa hingga sahur.

Namun, di sela kerempongan tersebut, saya masih meluangkan waktu buat menemanin anak-anak main maupun belajar.

Masih bisa kasih soal-soal matematika sebagai password ketika si Kakak pengen pinjam HP maminya, masih bisa ajak si Adik hafal surat pendek bareng, sebagai password Adik kalau mau pinjam HP, dan semacamnya.
Alhamdulillah, ramadan kami tetap ceria dengan hal-hal yang bisa kami lakukan bersama-sama.   


4. Bikin menu buka puasa bareng anak


Berbeda dengan perempuan ataupun ibu-ibu lainnya, sejujurnya saya nggak terlalu suka jika ada yang bantuin saya di dapur, karena malah bikin lama aja nggak sih, hahaha.

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Bagi Seorang Ibu

Tapi si Kakak dan si Adik tuh suka banget bantuin saya di dapur, dan kebetulan selama bulan puasa ini, si Kakak ada tugas life skill dari sekolahnya, yang mana di week pertama ini mereka diharuskan membantu orang tua dalam menyiapkan menu buka puasa.

Jadilah, meski malah bikin lama, saya membolehkan si Kakak berkreasi bantuin saya, kayak bikin kue, atau sekadar nyiapin bahan takjil lainnya.
Si Adik pun nggak mau kalah, dia juga wajib dikasih kerjaan, kalau enggak dia pasti ngambek, hahaha.

Dan siapa sangka, hal tersebut malah menjadi sebuah kegiatan bersama kami yang penuh manfaat, yaitu bisa mengajarkan anak-anak tentang life skill dan pekerjaan dapur tuh bukan hanya tugas wanita.

 

5. Beramal bareng anak


Ini sih masih rencana saat ini, ide si Kakak yang pengen menyelesaikan tantangan dari sekolah, termasuk cita-citanya sejak lama.

Salah satunya dengan beramal di luaran, kayak bagi-bagi menu buka puasa di masjid, karena di jalanan kan sepertinya dilarang tuh.
Jadi, si Kakak pengennya kami bagi menu buka puasa atau sekadar takjil di masjid dekat sini aja.

Alhamdulillah bisa jadi kegiatan seru yang bermanfaat, yang bisa kami lakukan di bulan puasa ini.
Selain bisa jadi waktu buat bonding terbaik dengan anak-anak, mengajarkan mereka banyak hal.

Dan juga sebagai penyemangat saya, yang kadang merasa sedih dan lelah, karena harus mengurus anak-anak seorang diri.

Alhamdulillah.
Ada yang punya kegiatan menarik bermanfaat lainnya selama bulan puasa ini?
Share yuk.


Sidoarjo, 09 April 2022

Note: Tulisan ini diikut sertakan dalam 'BPN 30 DAY RAMADAN CHALLENGE 2022' Day 9 dengan tema '5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa. Tulisan lainnya bisa dibaca di label 'BPN Ramadan 2022'

4 comments :

  1. Halo mb Rey. Met berpuasa ya. Smg selalu sehat dan lancar menjalaninya bersama keluarga.

    Aamiiin

    ReplyDelete
  2. Salut buat mbak Rey, biarpun repot karena harus mengurus dua anak seorang diri tapi masih sempat mengaji, sholat 5 waktu, main bareng anak di mall eh rumah...😂

    Tetap semangat ya mbak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top