Featured post

Wisata Belitung Timur Yang Tidak Boleh Terlewatkan Untuk Dikunjungi

Wisata Belitung Timur Source : PegiPegi, edit by Rey Assalamu'alaikum :) Sharing By Rey - Wisata Belitung Timur merupakan...

Tuesday, July 09, 2019

Tentang Artikel Yang Masuk Page One Google


Page One Google Atau Cara Rangking 1 Google 


page one google


Assalamu'alaikum :)

Sharing by Rey - #TuesdayTechno - Page one Google atau cara rangking 1 Google  merupakan hal yang amat membanggakan bagi seorang blogger.
Khususnya blogger newbie, kayak saya (dulunya, sekarang kan nggak nyubi-nyubi amat), lol.

Wajar kan ye, secaraaaa kan masih unyu-unyu dalam dunia perblogan, tapi pas ngecek di Google, wow.. ada artikel saya dong, meskipun mungkin bukan paling atas, pokoknya di page one Google saja, udah bahagiaaaa banget.


Hampir setiap hari, kerjaan saya ngintipin dashboard blog, kepo saja sama beberapa hal di situ, seperti :

  • Pageview, rasanya bahagia banget melihat pageview blog yang lumayan ramai, meski jadi malu juga pas lihat share dari blog teman lainnya, eh lebih ramai dong ketimbang saya, lol. Lalu saya ngeh tentang Google Analytic, semakin malulah saya, ternyata kalau mau tahu traffic sebenarnya dari blog kita ya lihat dari Google Analytic karena sudah pasti lebih akurat.

  • Keyword yang masuk ke blog, rasanya hepi banget, saat liat keyword yang masuk, dan ngecek ke google ternyata postingan saya ada di page one Google.

Saya jadi semakin semangat menulis, menyebar keyword di berbagai tulisan, dengan harapan semakin banyak keyword, semakin banyak yang nyangkut di page one (remeh banget ya pikiran saya, lol).


page one google
cuman dikit ya, keyword yang nyangkut :D, malah banyakan keyword nama sendiri,
entah siapa yang suka googling nama saya, tapi thanks deh udah bisa nulis nama saya dengan benar :D

Iya, dulu saya berpikir bahwa cara rangking 1 google atau page one google itu, sesederhana hal itu saja. Sampai saya terheran-heran, saya sudah menulis banyak banget, dengan topik beragam.

cara rangkin 1 google
keyword 'suami mengandalkan istri' nyangkut melalui gambar, tapiiiii jelaslah di page one google, perhatikan garis merah di tengah tersebut, volume yang nyari keyword ini nihil, alias jaraaaanggg banget di cari orang, lol

Tapi mengapa traffic blog segitu-segitu saja?
Bisa ramai hanya karena saya rajin nge-share artikel. Saat saya nggak nge-share, traffic blog jadi sepi.

page one google
masih mending keyword 'dr gigi anak surabaya' nyangkut di page one google,
dengan volume pencarian ratusan perbulan, dan nilai CPC lumayan :D

Klik adsense? apalagi!
Dari dulu sampai sekarang yang ngeklik sungguh menyedihkan angkanya hahaha.


Page One Google Yang Benar-Benar Dibutuhkan


Waktu berlalu, akhirnya saya memasuki tahun kedua fokus ngeblog.
I mean, bukan hanya memproklamirkan bahwa saya adalah seorang narablog atau blogger Indonesia, tapi juga saya fokus dan belajar untuk terus konsisten mengisi blog.

Karena saya adalah blogger, dan blogger itu BUKAN HANYA PUNYA BLOG AJA, tapi rutin mengisi konten tulisan di blognya.


Selain tetap konsisten menulis, saya juga mulai belajar meng-upgrade ilmu saya tentang blog, salah satunya saya ingin blog saya lebih bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, demi membayar waktu, tenaga dan uang yang saya habiskan untuk kegiatan ngeblog yang awalnya cuman hobi ini.

Iya, saya butuh modal yang besar untuk konsisten menulis, salah satunya modal waktu.
Para mamak-mamak berbayi dan beranak SD, plus nggak punya nanny or ART, dan sedang LDM ama suami, pasti tahu rasanya.

Sesungguhnya, saya nggak punya waktu buat ngeblog, semua yang saya lakukan ini butuh pengorbanan besar.
That ways, saya mulai berpikir untuk lebih produktif lagi, menulis sebagai hobi, tapi juga menghasilkan.

Minimal, kalau bukan sekarang saya nikmati hasilnya, mungkin setahun dua tahun atau bahkan bertahun ke depan.

Siapa tahu kan ye, bisa jadi passive income buat saya di masa tua nanti?
Bukankah itu yang saya inginkan dari dulu?
Tidak mau jadi pelaku sandwich generation buat anak, dan juga ingin tetap punya penghasilan di masa tua nanti.

Secara, saya bukan PNS yang punya pensiun, pun pak suami karirnya, ya gitu deh, lol.

Karenanya, sambil tetap menulis, saya juga selalu mencari ilmu buat meningkatkan performa blog ini, selain bisa mendulang pundi rupiah secara langsung (melalui sponsored post or something), juga dengan harapan saya bisa menemukan celah agar adsense juga mengalir deras, kayak teman-teman lainnya.

Oleh karenanya, saya butuh page one google yang benar-benar saya butuhkan!

Page one google yang saya butuhkan adalah, volume dari keyword yang nyangkut di page one google dan mengarah ke blog saya, TAPI UNTUK KEYWORD DENGAN VOLUME PENCARIAN YANG BANYAK.


Dengan keyword tersebut, dan blog saya bisa bersaing hingga ada di page one google, maka traffic pun akan lebih banyak dan kesempatan orang mengeklik iklan lebih besar.

Bagaimana caranya?

Ya itu yang sedang saya usahakan sekarang, belajar semua teorinya, mengamati blog-blog yang performanya bagus, lalu mempraktekan di blog ini.

Dan, sampai saat ini memang belum terlalu banyak hasilnya, makanya saya belum bisa share caranya, hahaha.


Page One Google Dengan Research Keyword


That ways saya sekarang sering research keyword dulu sebelum nulis. Meskipun, level research-nya belum sekece para mastah, tapi minimal ada keyword bermutu yang saya bidik untuk sebuah postingan.

Dan makanya, saya sekarang sudah jarang share artikel saya yang masuk page one google, sejak terakhir kali share, terus dinyinyirin seorang mastah
"Ya iyalah Rey masuk page one google, orang keyword-nya memang nggak ada saingan"
Hiks, tensin deh saya, huhuhu.

Btw, maksud keyword yang nggak ada saingannya adalah, bahwa sangat jarang orang yang memakai keyword tersebut, dan postingan saya adalah yang paling mendekati keyword tersebut.

Begituh!


Sebenarnya sih saya nggak salah juga share pamer artikel yang masuk page one google tersebut, ye kaaann, saya mah masih newbie dalam dunia blog, masih learning by doing mulu.

Jadi kalau ada artikel yang masuk page one google tuh, meski saingannya nggak ada, saya udah happy banget, hahaha.

Tapi beruntung juga saya dapat kata-kata yang bikin tengsin tersebut, setidaknya saya tahu ilmu baru lagi buat meningkatkan performa blog saya.

Because i am a blogger, bukan hanya punya blog aja, hahaha.

Kalau teman-teman?
Share yuk :)

Semoga bermanfaat

Sidoarjo, 9 Juli 2019

Wassalam

Reyne Raea

48 comments:

  1. Selamat ya tante reyku yang cantik akhirnya perjuangan tante selama ini berbuah manis ? Artikel masuk Page One. Ya? Intinya saling menyemangati satu sama lain dan tetap menjaga silaturahmi ini sekarang sampai nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, makasih Tity udah sering support di sini :)

      Delete
  2. Kalo saya sih alhamdulillah udah beberapa, soal riset kata kunci saya hampir ga pernah. Saya asal nulis bae wkwkwkw entahlah saya lebih nyaman begitu. Saat menerapkan seo kadang artikel biasa biasa aja trafiknya, eh setiap artikel yg nyangkt page one itu semua saya tulis seenaknya saya aja malah tanpa seo wkwkwkw.

    Soal penghasilan juga ya sudah pasti pasti sudha dan jangan ditanya wkwkwkw receh everywhere, tapi saya bahagia. Saya juga salut sama teh Rey yang ditengah kesibukannya sebagai ibu rumah tangga masih bisa konsisten menulis.

    Kenapa gitu? Ibu saya yg anak anaknya udah pada tua aja masih sibuk, apalagi teh Rey yg anaknya masih unyu unyu hehehe. Tetep semangat teh :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, kalau saya masih kurang yang nyangkut di page one Google :D
      Kalaupun ada, biasanya dari keyword yang memang nggak ada saingannya alias jarang digunakan hahaha.

      Justru yang banyak malah keyword pakai nama saya :D

      Tapi memang bener sih, saya akui.
      Menulis tanpa aturan itu asyik banget.

      Mengalir dan apa adanya.

      Saya sering baca, tulisan saya tahun kemaren, sama sekali nggak pakai research keyword, rasanya sooo Rey.

      Sekarang, kayak orang asing, berasa nggak ada soulnya.

      Makanya setiap minggu saya menulis, setengah pakai keyword, setengah asal nulis aja biar waras hahahaha
      Semangaaattt buat kita semua :D

      Mandiri atuhhh, biar ibunya bisa lebih santai menikmati hidupnya :)

      Delete
  3. Alhamdulillah.. seneng dengernya Rey.

    Sekarang ajarin saya dong biar bisa masuk page one juga. Tulung tulung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, si bapak bisa ajaaaa...
      Tulisan ini malah tulisan tsurhat yang mengatakan bahwa saya sedikit sedih, karena keyword yang masuk ke blog saya sedikit aja.

      Dan itu menandakan hanya sedikit postingan saya masuk page one Google, itupun masuk dari keyword yang nggak ada saingannya hahahaha

      Justru saya masih belajar dari blogger-blogger lainnya, yang jago banget pakai keyword, sehingga bisa bersaing di page one google dengan keyword volume gede plus cpc gede hahaha

      Delete
    2. Hati-hati punya keinginan seperti itu. Ada pengorbanannya juga. Page one memang berarti pengunjung akan lebih banyak datang, tetapi tidak tanpa pengorbanan bagi diri kita sebagai seorang blogger.

      Perasaan itu lama kelamaan akan menghadirkan beban di hati dimana pikiran kita hanya akan tercurah pada mengejar target. Tidak beda seperti berdagang.

      Pada akhirnya, tekanan itu akan menghasilkan perubahan dalam diri kita, ketika kebebasan dalam menulis, dan kebahagiaan bisa hilang dan digantikan dengan terus rasa penasaran dan kecewa kalau tidak berhasil. Yang paling menyebalkan adalah ketika kita kehilangan karakter dalam tulisan kita.

      Bukan sebuah jalan yang bisa ditempuh dengan mudah dan seperti segala sesuatu di dunia akan ada konsekuensinya. Betapapun para pakar mengatakan hal itu bisa diatasi, tetapi sebenarnya tidak demikian. Ada sisi yang hilang ketika fokus kita beralih hanya sekedar Page One saja.

      Pertanyakan kepada diri sendiri, apakah memang itu yang Rey kejar? Maukah Rey mengorbankan beberapa hal yang disebutkan tadi? Kalau mau seberapa besar harga yang mau Rey bayar untuk kesuksesan di mata Google dan lebih banyak pembaca?

      Cuma Rey yang bisa menjawabnya.

      Delete
    3. Waahhh noted banget!
      Makasih pak masukan dan nasehatnya.

      Iya sih, sebagai orang yang nggak suka dikekang, saya juga nggak suka kalau melakukan sesuatu jadinya terbebani.

      Semoga saja saya bisa mengimbangi pak, minimal di setiap tulisan saya, ada sehari dalam seminggu saya menulis artikel yang pakai keyword sampai bingung nulisnya itu, wkwkwkw.

      Ada banyak hari juga saya bebas menulis seperti saya sendiri :D

      Menyesuaikan saja sih pak, jangan sampai terbebani, terus mutung hehehee :)

      Delete
  4. Waahh masih bagus itu mbak Rens ketimbang saya cuma asal nulis doang sekarang setelah pensiun ngeblog tahun 2009. Niat ngeblog lagi cuma iseng awal 2013 sampai sekarang..😄😄

    Cuma nggak pernah dicek...Seandainya dicek juga urutan ke 200000 paling di google...😂😂😂😂😂

    Cuma suka coret2 buat ngilangi jenuh saja setelah beraktivitas dari pekerjaan..😂😂😂 Judulnya Nulis.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa kok, siapa tahu dengan rajin asal nulis, berkembang jadi rajin nulis dengan keyword, dan jadi hobi, who knows? :D

      Delete
  5. Ha ha ha, saya malah gak pernah nyangkut di google apalagi page one kalau cek di komputer, kalau di ponsel mah ada karena kekerapan saja dalam hal pencarian. Yah, kita memang harus terus berjuang agar bisa sukses ke depannya. Pantang menyerah selama masih ada umur dan sehat.
    Soal kata kunci memang masih jadi kelemahan saya juga karena sebelumnya terbiasa menulis untuk media massa jadinya alam bawah sadar saya belum sepenuhnya milih kata kunci sesuai profesi narablog. *tepuk jidat
    Mari kita tetap semangat. Saya yang anak satu saja sama repot da serba manual, ha ha ha.
    Salut pada perjuangan Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sama mba, mungkin ada cookie atau apa ya namanya yang membuat google searchnya beda.

      Tapi mungkin juga karena memang umur blog mba Rohyati belum lama, apapun itu keep semangaaattt :D

      Hahaha aselihnya ini jungkir balik mba, nulis sambil bungkuk-bungkuk menyusui, tapi nggak ada pilihan, ya sebisa mungkin dinikmati saja :)

      Delete
  6. Share artikel memang perlu demi promosi yang gratisan. Dengan begitunya pasti pageviewnya ikut terdongkrak.
    Saya juga lagi belajar, bagaimana ngeblog menghasilkan pundi-pundi rupiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh yang senior dalam dunia blog aja masih belajar ya, apalagi saya hehehe. Semangat belajar :D

      Delete
  7. semangat terus rey, kalau mau jujur aku malah nggak pernah dapat trafik dari google parah banget kenapa karena saingannya berat cookpad dan web makanan besar lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih kan banyak tuh blognya, saya liat beberapa sharing blogger lainnya, mereka punya beberapa blog dan dijadikan kayak percobaan gitu, mana yang traffic nya menjanjikan itu yang lebih di kembangkan :)

      Jadi ingat tulisan Kuanyu tentang blogger yang dikalahkan website berita hehehe.

      Keee semangat :D

      Delete
  8. Masuk ke page one itu kaya dapet doorprize ya, harap-harap cemas hehe. Memang betul, sekarang ngeblog itu kudu punya target pageone, buat apa banyak nulis tapi gak ada yg baca huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahahaha, gapapa mba ga ada yang baca, suatu saat nanti pasti ada yang baca, minimal kita atau keturunan kita.

      Dan itu jauh lebih membahagiakan, apalagi kalau memang kisah itu udah kita lupakan dan baru ngeh lagi setelah baca tulisan sendiri :D

      Delete
  9. Blog ini memiliki Kekuatan, yaitu Konten yang berasal dari Pengalaman yang diracik dengan sentuhan Keyword khusus, lalu ditulis dengan gaya khas, sehingga artikelnya mampu nangkring cantik di Page One guugle, sekaligus sangat enak dibaca.

    kelak, setelah DA PA blog ini sudah tinggi, saya yakin bakal banyak artikel Mbak yg akan muncul di barisan paling atas di Page One Guugle.

    kalau sudah begitu...trafik bakal meningkat pesat, dan setelah itu Mohon Siapkan karung Goni Buat " menampung uang Adsense ". :)



    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya Allah, makasih semangat dan supportnya selalu kang.
      Apalah saya tanpa support temen-temen blogger yang setia berkunjung dan meninggalkan jejaknya di sini.

      Apalagi kang Nata yang bahkan tahu persis mana artikel yang telat tayang wakakakakakakakaka

      Semoga kita semua bisa terus konsisten, dan akhirnya bisa punya performa blog yang lebih baik :D

      Delete
  10. Kak Rey, aku pertama kali ngeblog itu nggak paham tentang Page One, padahal ada artikelku ada yang udah Page One. Itu pun yang kasih tahu temenku lewat printscreen. Dia bilang "wow... Artikel kamu page one". Aku langsung bengong, maksudnya apa nih? Padahal lagi off ngeblog.
    Dia bilang lagi sibuk cari referensi, eh nemu materiku.

    Dari situ aku tertarik blogging lagi tahun ini & ketika berusaha nyoba page one ternyata susah.

    Giliran ngalir gitu aja bisa.

    Jadi, congrats ya Kak Rey page one-nya...
    Tetap semangat blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh asyik ya kalau nulis terus ditemuin temen pas googling hehehe.
      Iyaaa, ada temen yang bilang, menulis aja, kita nggak pernah tau kali aja ada yang cari dengan keyword yang memang jarang digunakan, dan langsung ke blog kita :)

      Delete
  11. artikel masuk page one google itu memang bikin happy dan jadi semangat nulis.

    btw, aku kalo research keyword dulu malah pusing.. sungguh ilmu seo itu ku tak paham-paham.

    sharing ya mba kapan2 tentang research keyword. kalo mba yg nulis kayaknya ku lebih mudah mengerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqiqiq, kalau udah banyak artikel saya yang nongkrong di page one dengan keyword yang bersaing yaaa..

      Kalau sekarang mah, malu saya deh, orang keyword yang dipakai kagak ada saingannya hahahaha

      Delete
  12. Inilah seninya ngeblog. Rumus artikel bisa nangkring di page one google masih jadi misteri dan google pun kayaknya masih merahasiakannya, hanya dikit2 buka clue nya. Katanya sih utk menghindari artikel2 tak berkualitas bercokol di page one

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAaaaahhh itu dia!
      Bener banget, artikel tak berkualitas dan copasan.
      Duuhhh, itu mah kejahatan banget sebenarnya.

      Sedih kan, kalau penulis aslinya malah kalah ama artikel copasan :(

      Delete
  13. huaaaaa rey, aku sih kalo yg begini ini msh rada gaptek -_-. ga pernah cek blog sendiri juga. boro2 research keyword. kalo blog ada masalah aja, lgs hubungi temen yg dr awal ngebikin blogku dan bantuin maintenance plus ingetin tiap thn bayar annual feenya wkwkwkwk..

    jujurnya aku ga mudeng beberapa istilah yg kamu tulis di atas, kayak cpc itu. tp aku memang prnh niatin, kalo ntr cuti, pgn deh belajar lbh banyak ngulik blog, supaya lbh paham. ga cuma sekedar nulis , trus posting doang :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog mba fanny udah kece mba, banyak banget yang masuk page one, bahkan bisa bersaing page one di keyword yang pencariannya ribuan, keceeehhh

      Soalnya mba pakai wordpress ya, udah SEO banget template nya, mba bebas nulis apa saja nanti lebih mudah nyangkut.

      Kayak ndoro dongker, suntik meningitis, quinoz, wiihhh kece deh mbaa :*

      Delete
  14. Wahhh selamat yaaaa, keren banget bisa masuk page one google dong.. Saya juga pengen banget bisa masuk page one google.. Tapi cuma keyword " Google Adsense Ditolak Terkait Email Lain " coba dong mba liat dari blog mba rey masih page one gak yaa, apa cuma dari blog saya saja.. Takutnya sih dari blog saya saja, karena interaksi terus menerus, kalau dari blog mba rey page one juga aman deh wuehehe ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa saya mah page one di keyword yang sepi huhuhu.
      Kata orang2 rajin2 hapus cookie, biar ga keindex boongan :D

      Saya cobain, ada kok, page one nomor 3, cieeehhh :)

      Delete
  15. mbak udah pernah nyobain ubersuggest punya Neil Patel belum? Itu toolsnya membantu banget untuk keyword research, jumlah volume pencarian, persaingan di google serta CPC-nya lho.

    saya sering pakai tools ini, ketik aja neil patel di google, nanti ada sitemap 'ubersuggest', biar lebih yahuud di page one, selamat mencoba ya mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, saya pakai ubersuggest :)
      Dipadukan dengan keywords everywhere, cuman memang kadang udah males research hahaha

      Tapi minimal dalam seminggu, ada tulisan dengan keyword research :)

      Delete
  16. Wuih keren mb Rey... soal klik dan nasib blog kita sepertinya sama.

    apalagi blog saya yang isinya jalan2 tugas dinas, susah nembus PO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata orang bijak teruslah menulis bang, nanti juga bakalan tembus hehehehehe
      semangaaattt :)

      Delete
  17. Keren pembahasannya, teringat diri sendiri saat mulai ngeblog

    ReplyDelete
  18. Keren banget daah...
    Saya belum terlalu paham tentang nyari keyword-keyword unik, jadinya masih suka 'pokoknya nulis dah' meski sebenarnya jarang juga apdet di blog, cuma pas rajin aja. Heheee.
    Makasih sudah berbagi mbak Rey, pengalaman-pengalamannya jadi pelajaran buat orang baru macam saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :)
      Bener sih, yang paling penting adalah menulis aja dulu.
      Semangat untuk update blognya :)

      Delete
  19. Mba rey konsiten nulis artikel yang bagus itu ternyata mesti korban tenaga waktu dan pikiran juga yaahh..apalagi kalau mesti post tiap hari..itu mah target saya tapi ternyata sulit juga 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe iya mba, tapi kalau saya, kerjakan apa yang bisa dulu, kalau belum bisa bikin artikel yang bagus, artikel biasa juga gapapa, hitung2 mengasah kemampuan :)

      Delete
  20. Waduh, saya jarang banget mikirin keyword. Nulis jadi sebuah artikel saja sudah bersyukur, hehehe. Terima kasih telah berbagi ilmu, semoga saya bisa mengikuti langkah2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nggak tiap nulis pakai keyword mba, keep semangat :)

      Delete
  21. Alhamdulillah, aku juga suka berbagi tentang blogging di blogku mbak, monggo kalau berkenan berkunjung... Semoga betah...

    ReplyDelete
  22. Kalau artikel bisa masuk page one itu rasanya emang seneng bangey ya mbk, walaupun saingannya sedikit. Tetep aja jadi motivasi....

    Saya kok nggak pernah mikir keyword ya..., padahal itu penting. 😂
    Pernah coba, tapi malah bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa, jadi semangat nulis biar bisa bermanfaat lebih banyak lagi ya :)

      Delete
  23. Inspiring, nice info. Perlu banyak belajar tentang SEO juga mental bloggernya hihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)