Tuesday, August 18, 2020

Tips Agar Konsisten Ngeblog A La Rey

Tips Agar Konsisten Ngeblog A La Rey

Sharing By Rey - Konsisten ngeblog, saya pikir adalah sesuatu yang diidamkan banyak blogger, tapi kenyataannya berat dicapai.

Meskipun berbagai tips sudah ditulis di banyak blog, kenyataannya yang ngasih tips tersebutpun, sama sekali nggak bisa mengikuti tips yang dia tuliskan, hehehe.

Well, saya mengerti, sebenarnya bukannya nggak bisa sih, hanya saja waktunya tidak memungkinkan.
Terlebih bagi para mamak-mamak kayak saya.

Ye kan, masih ada hal lain yang harus dikerjakan di luar konsisten ngeblog, salah satunya adalah ngerjain kerjaan rumah yang jadi terasa tak ada ujungnya, saking manajemen waktu kacau oleh godaan medsos dan semacamnya *eh.

Tapi, ternyata tidak memungkinkan, bukan berarti tidak bisa sama sekali, setidaknya buat saya yang udah konsisten ngeblog selama hampir 8 bulan menulis tiap hari di blog.
Ternyata bisa, meski memang harus ada yang dikorbankan, atau dipaksakan.

Btw, sepertinya ini adalah tulisan saya yang kedua kalinya tentang konsistensi ngeblog, sebelumnya saya juga sudah pernah membahasnya dalam konsisten artinya bertahan dalam godaan.
Dan memang iya sih, salah satu tips agar konsisten ya kita kudu bisa bertahan dalam godaan, dan yakin dengan pilihan kita yaitu konsisten ngeblog.

Dan tips lengkapnya agar konsisten ngeblog, menurut saya adalah:


1. Tetapkan Niat Ngeblog


Ini mah kagak perlu dibahas panjang lebar kali ya, di mana niat itu adalah faktor penentu keberhasilan semua hal.
Kalau memang udah niat mau serius ngeblog, demi masa depan, ya udah diseriusin tanpa tapi.

Tips Agar Konsisten Ngeblog A La Rey

Niat tersebut yang akan membantu kita, bisa memanfaatkan, secuil waktu kita buat melakukan konsisten ngeblog kita setiap harinya.


2. Pilih Prioritas Ngeblog


Kita semua tahu, kalau kegiatan ngeblog itu sebenarnya banyak.
Bukan hanya nulis doang, well boleh sih, kalau udah jadi blogger mastah atau seleb blogger.

Tapi, untuk blogger wanna-wanna seleb macam saya ini, masih banyak hal yang harus dilakukan selain menulis.
Bisa dengan blog walking, belajar SEO dan praktik, branding dan lainnya.
Hal-hal yang bisa dilakukan seorang blogger bisa temans intip di postingan saya mengenai 6 hal rutin yang saya kerjakan sebagai IRT ngeblog.
 
Nah dari beberapa kegiatan tersebut, saya memilih, mana yang lebih prioritas.
Entah itu menulis yang paling prioritas, atau blog walking, atau belajar SEO dan praktik di mana ini berarti menulis artikel dengan SEO banget itu penting, dan semacamnya.

Dan untuk saya, menulis setiap hari di blog adalah pilihan prioritas saya.
So, saya tidak peduli komentar numpuk, list blog walking menanti, kaidah SEO menunggu, yang penting adalah menulis di blog setiap hari.

Itu mengapa, saya kadang mau ngakak, kalau ada yang bilang saya hebat bisa konsisten ngeblog, sebenarnya enggak saya aja kok, banyak teman yang seperti saya.
Kayak si Mas Agus, Kang Satria, bahkan si Mbul, Creameno dan lainnya.

Meski mereka nggak menulis setiap hari kayak saya, akan tetapi mereka rajin blog walking, rajin balas komen.
Berbeda dengan saya, yang balas komen dan berkunjung ke blog teman, setelah berhari-hari, hahaha.

Ye kan, sama sebenarnya, waktu sayapun terbatas, tapi saya memprioritaskan menulis.
Jadi, saat saya buka blog setiap hari, hal pertama yang saya lakukan adalah, menulis artikel.


3. Mulai Dengan Menulis Hal Yang Kita Sukai


Memang sih, kalau membaca teori ngeblog dari para mastah (atau yang mengaku mastah, kata pak Anton, hahaha), ada banyak aturan yang harus kita patuhi, jika ingin membuat blognya jadi lebih baik dan mendatangkan penghasilan.

Tips Agar Konsisten Ngeblog A La Rey

Mulai dari menulis dengan kata kunci, menulis dengan kaidah SEO, hingga menulis hanya untuk 1 tema saja.

Akan tetapi, kadang hal-hal seperti itu malah membuat writer block buat blogger.
Karenanya, jika memang baru memulai, jangan segan untuk menuliskan apa yang ingin kita tulis.
Usah pedulikan dulu dengan kemauan pembaca, menulislah dengan nyaman.

Menulis dengan nyaman karena kita suka, akan membuat kita jadi terbiasa menulis, dan lama-lama menjadi mahir menulis.
Setelah itu, tingkatkan tantangan dengan membuat tema harian, sampai akhirnya bisa bikin blog dengan tema tertentu.


4. Ngeblog Sesuai Ciri Khas Diri Sendiri


Being ourself itu adalah hal yang paling mudah kita lakukan.
Iya, menulis apa yang kita sukai, dan tentu saja dengan ciri khas diri sendiri, nggak perlu meniru orang lain.

Dan saya rasa, menulis apa yang kita sukai sesuai dengan diri kita sendiri, adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan secara konsisten sehingga lama-lama jadi kebiasaan.
Setelah menjadi kebiasaan, naikan sedikit tantangan untuk bisa mengeksplore apa yang terbaik dari kita, yang mungkin belum kita temukan secara mendalam.


5. Cintai Dunia Ngeblog


Kalau udah cinta itu, apapun pasti kita lakukan untuk yang kita cintai, itu kali ya mengapa saya selalu mengusahakan menulis setiap hari, even aslinya ya saya kerepotan sekali untuk memenuhi hal tersebut.

Tips Agar Konsisten Ngeblog A La Rey

Tapi mungkin karena saya sudah terbiasa untuk menulis, saya jadi jatuh cinta, atau mungkin juga sejak awal saya jatuh cinta dengan dunia ngeblog, sehingga dengan konsisten yang diusahakan, malah jadinya makin jatuh cinta.

Dan konsisten untuk sesuatu yang kita cintai? itu mudah banget bloggers!


6. Buat Target


Bagi sebagian orang, target malah bikin mereka merasa terbebani, tapi kadang, ada juga yang merasa target adalah tujuannya yang harus dicapainya.

Saya adalah seseorang yang menganggap target adalah sebuah penghargaan bagi apa yang saya lakukan. Karenanya, saya buat target menulis di awal tahun, di mana di tahun ini sebenarnya target menulis saya udah tercapai per bulan Juni 2020 kemarin.

Selain itu, target saya adalah, banyak-banyakin artikel, sebagai tabungan buat saya.
Meskipun banyak dari tulisan saya yang tidak mengikuti kaedah SEO, tapi kalau saya perhatikan memang algoritma Google itu selalu berubah-ubah.

That's why, kadang tulisan saya tuh baru bisa dilirik orang karena bisa bersaing di page one google setelah berminggu bahkan berbulan-bulan kemudian. 


7. Ya Udah, Mulai Aja Sekarang!


Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah, YA UDAH, MULAI AJA SEKARANG BLOGGERS!
Ye kan, buat apa sibuk googling cari tips konsisten, kalau kita udah baca puluhan tips yang dituliskan berbagai blogger, baik yang nulisin pengalamannya sendiri kayak saya, maupun nulis teorinya.

Kalau pada akhirnya, setelah baca, kita malah merasa ngantuk lalu bobok.
Etdaaahh...
Yang harus dilakukan sekarang adalah, buka dashboard akun blog masing-masing, lalu mulailah menulis.

Tulis apa saja.
Bisa tentang artikel yang baru temans baca di sini, lalu keinginan temans untuk konsisten ngeblog.
Nggak perlu sampai 1000 kata juga bisa kok.
Bisa mungkin 3000 eh salah, 300 kata juga bisa, atau kurang dari 300 kata juga bisa kok, dikasih gambar dari website yang isinya free pic aja, selesai deh.
hehehe.

Tips Agar Konsisten Ngeblog A La Rey

Tuliskan, apa saja yang ada di pikiran temans saat ini, even nggak tahu mau nulis apa, ya udah nulis aja.
Seperti:
"Saya habis baca tulisan Mbak Rey tentang konsisten ngeblog, dan saya jadi semangat ingin konsisten ngeblog juga, meski jujur saat ini saya nggak tahu mau nulis apa.

Ini aja saya nulis, karena Mbak Rey bilang, tulis aja apa yang ada di kepala saya, ya udah deh, saya tulis. meski aslinya blank.
Saya kadang iri sama teman lainnya yang mudah banget nulis, sampai berkata-kata banyaknya, idenya ngalir saja di kepalanya.

Sementara saya, kadang udah semangat mau nulis, eh idenya hilang.
Atau, pas idenya lagi banyak-banyaknya, pas lagi nggak ada mood buat nulis, atau bahkan nggak ada waktu buat nulis.

Tapi memang, semua kesulitan ini harus saya lawan, harus bisa saya atasi, biar saya bisa konsisten ngeblog. Mungkin belum bisa kayak Mbak Rey yang nulisnya setiap hari dan tayang di jam yang sama setiap hari.

Tapi saya mau berusaha, minimal saya bisa menulis seminggu sekali, atau juga bisa dinaikan jadi 2 kali seminggu, sampai saya jadi terbiasa dan mungkin bisa meningkat jadi kayak Mbak Rey, menulis setiap hari. 

Udah ah, cuman mau nulis itu aja, biar kata gaje, tapi setidaknya saya menulis, malah saya jadi kayak ada teman ngobrol atau curhat, dan curhatnya enak, karena si blog ini begitu baik banget, hanya diam menyimak curhatan saya.

Mungkin besok, ada teman yang ke sini, membaca curhatan saya ini, lalu mereka memberikan saya semangat dan masukan penting, yang akhirnya bikin saya jadi lebih semangat ngeblog, karena saya adalah blogger, dan konsisten ngeblog itu impian saya.

Kalau temans gimana? ada yang udah bisa konsisten ngeblog nggak? bagi tips dan semangatnya dong!"

Astagaaaaa, saya ngasih contoh aja udah sampai sekitar 200 kata tuh, hahaha.
Intinya gitu ya temans, mulailah sekarang, tulis aja apa yang temans pikirkan, temans suka, dan sesuai gaya temans sendiri, senyamannya.


Demikianlah tips gaje tapi work di saya, dan terbukti memang hal-hal sederhana itu yang membuat saya masih bisa konsisten ngeblog sampai sekarang.
Meskipun saya nggak tahu sih sampai kapan saya bisa konsisten.

Mungkin tahun depan saya bakal nurunin ritme ngeblog saya, karena saya ingin punya beberapa blog dengan tema tertentu, atau juga pengen menulis di platform lainnya, seperti Kompasiana (saya udah nggak pernah nulis sama sekali di sana dong selama tahun ini), Medium, dan Viva mungkin.

Di mana, menulis di platform lain seperti itu sebenarnya amat sangat bermanfaat buat branding dan juga buat backlink ke blog kita, biar DA/PA blog bisa naik.

Tapi, liat aja nanti deh.
Yang jelas, setidaknya untuk saat ini, saya masih nyaman menulis setiap hari, karena saya cinta menulis, dan saya merasa ada yang kurang kalau belum selesai naruh arikel di schedulle dashboard yang akan tayang di keesokan harinya di setiap pukul 06.30.

Semoga manfaat.
Ada yang pengen konsisten ngeblog juga?


Sidoarjo, 18 Agustus 2020


Sumber : Pengalaman dan opini pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

26 comments:

  1. Saya..saya.. πŸ™‹Juga mau konsisten ngeblog. Bener banget kata mbak Rey melalui tips-tips di atas. Saya paling suka sih bikin target trus ditulis. Karena kalau udah ditulis berasa nancep di pikiran dan bakalan inget terus. Bikin target juga bikin kita terbiasa. Seperti mbak rey yang merasa ada yang hilang tapi bukan sendal kalau nggak publish artikel tiap hari di jam 06.30😁
    Dan tulis aja apa yang dipikirin. Jujur saya masih sulit bikin tema karena malah berakhir dengan writers block. Jadi nulis aja yang disukai. Karena setiap tulisan pasti ada manfaatnya ada peminatnya.
    Makasih tips-tipsnya mbak rey😊 salah satu inpirasi saya buat konsisten nulis😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaaa..
      Apapun yang kita pikirin, even bingung ga punya ide, udah itu aja yang dikembangin, temanya : nggak ada ide nulis hahahaha

      Delete
  2. Makasih tipsnya mbak Rey, walaupun sebenarnya tulisan ini sepertinya dulu sudah diulas juga oleh mbak Rey cuma dengan gaya yang berbeda.

    Kalo saya memang ngga target menulis tiap hari, tapi targetnya blog walking tiap hari karena kalo berkomentar di blog teman kan paling hanya 10 sampai 100 kata saja, lain sama menulis yang sekitar 200-500 kata, makanya menulis artikelnya cukup sebulan sekali.πŸ˜‚

    Oh nulis di Kompasiana dan Viva itu bisa buat branding dan juga buat naikin PA ya mbak, sangat cocok buat kang satria biar makin PeA.πŸ˜‚

    Kaboorrr πŸƒπŸƒπŸƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, kemaren temanya konsisten itu kayak apa, sekarang tipsnya eaaaa :D
      Hahaha iya, saya sejak awal taun nggak pernah sama sekali menulis di platform lain, abisnya ada 2 blog yang kudu diurus :D

      Delete
  3. Ngeblog dari tahun 2010 nggak ada yang konsisten, naik turun keinginan nulisnya. So far dari arsip blogku tahun 2016 adalah tahun terproduktifku selama 10 tahun ngeblog.
    Sekarang, aku mencanangkan apa yang Mbak Rey tulis:
    1. Menentukan niat ngeblog, setelah beberapa kali merubah-rubah niat, kali ini niatku lebih ke menuangkan isi pikiranku yang kayak benang ruet. Jadi blogku itu semacam jurnal atau buku harian.
    2. Prioritasku adalah menulis dan blogwalking. Ini yang paling bisa aku lakukan, karena emang niat di poin satu bukan mau jadi seleb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh yang penting udah ada pilihan gitu, tinggal di konsisten in aja, lama-lama jadi terbiasa dan bahkan nagih :D

      Delete
  4. Akuuu! Aku ingin bisa konsisten ngeblog! Beberapa lama ini, aku menerapkan sistem menulis 2x dalam seminggu dan bersyukur bisa dijalani selama beberapa waktu ini. Nah, untuk konsisten membalas komentar serta blogwalking ini masih belum dijalanin dengan sungguh-sungguh >.<
    Padahal udah memantapkan target untuk bisa blogwalking ke beberapa blog teman baru dalam sehari, tapi kadang masih tidak dijalankan #plakk

    Btw, terima kasih banyak atas tips kak Rey! Mau aku catat di notes hp biar nggak lupa aah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih.. semangat terus Lia..Jangan khawatir kalau target "belum" tercapai, artinya kan masih punya semangat juang untuk berusaha..

      Hayuk terus.. ikuti cara Kak Rey biar tambah semangat.

      Saran di atas memang bagus banget loh

      Delete
    2. Hohoho master canvassingnya muncul di sini, jadi malu 😝

      Aku bahkan nggak bisa bedain lagi, ini kak Anton lagi serius atau iseng sangking seringnya diisengi kak Anton 🀣🀣🀣
      Tapi aku anggap ini penyemangat buatku. Kapan lagi disemangati mastahhh πŸ₯³ terima kasih kak!!

      Delete
    3. Saya itu orang baik.. jarang ngisengin orang.

      Jarangggg banget.. kecuali kepepet..

      Masalahnya, kepepetnya sering banget...

      Delete
    4. Lia : semangaaattt, pasti bisa kok :)

      Pak Anton : Iya ya, masalah besarnya pak Anton sering kepepet hahaha

      Delete
  5. Wah tips yang sangat bermanfaat sekali.. Terima kasih ya mbak Rey.

    Sangat menginspirasi...

    #kabursebelumdigetokRey..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooiii jangan kaabuurr!! Dulu Kong, πŸ™„πŸ˜²πŸ˜² Celanamu ketinggalan ini..🀣🀣

      Nggak sadar yaa anumu ngegandul-gadul itu..πŸ€£πŸ€£πŸ€«πŸ€­πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Delete
    2. Terimakasih juga bapak Anton, hahahaha.

      Eh btw jangan-jangan itu celananya Kang Sat hahaha

      Delete
  6. sebenarnya sih, pengen nulis lagi diblog, cuma karena rasa malas gede. ya terpaksa nulis panjang dikomen postingan mbak rey , ah. heheheh

    ReplyDelete
  7. Sepakat sama mbak Rey..
    Yang paling utama itu niat, sih. Aku niat pertama ngeblog adalah untuk cerita sehari-hari aja. Karena ga ada teman yg bisa diajak cerita atau mendengarkan ceritaku hahahaa

    ReplyDelete
  8. Wah tipsnya bisa banget ini dipraktikkan! Poin tentang menulis yang disukai itu bener banget, Mba Rey. Dulu aku suka sekali sibuk pusingin topik yang sama sekali di luar jangkauanku. Pengen aja nulis karena lihat blogger lain bisa menulisnya dengan keren. Setelah sekian lama akhirnya sadar, tulis tentang topik yang disukai itu adalah tips termudah dan terus aku jalani sampai hari ini :D

    Soal prioritas ngeblog itu ner ugha ya. Kadang aku sibuk ngurusin semuanya di waktu bersamaan, alhasil waktu nulisnya sendiri jadi molor πŸ˜‚

    Terima kasih banyak Mba Reyyy udah bagiin ilmunya!

    ReplyDelete
  9. Woow! Tips sangat menarik bagi yang sedang ingin mendalami dunia blogging atau bagi blogger pemula.😊😊 Setidaknya artikel diatas bisa jadi panduan untuk kita agar lebih konsisten dalam menulis.😊

    Tetapi artikel diatas tidak berlaku untuk saya....Bahkan tidak mempan juga, Karena tadi baru bikin artikel separuh tulisan. Bini gw sudah ngomel2 minta dibantuin bikin kue dan ngurus anak2 belum megang kerjaan lainnya Haahaaa!..🀣 🀣 🀣 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tong.. ternyata dikau masuk ikatan ISTI yah.. masak begitu saja harus memberhentikan menulis di blog. Bilang sama bini.. itu penting!!!!! (Tanda pentung yang banyakk). Biar dia tahu yang Ntong lakukan jangan diganggu...

      Ehh.... bentar *Yayang manggil minta mijitin kakinya^

      Dah dulu ya tong komentarnya.. tar disambung kalau sudah mijitin dan kalau masih inget

      #sambil tereak.. "Iya bentar Yangg..*

      Delete
  10. nomor 7 sependapat sekali, mulai sekarang he..he..
    kalau saya naik turun semangat down gitu terus, mungkin karena masih ada pekerjaan utama

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hahahahah, baca cth yg kamu kasih, aku lgs inget salah satu novel remaja Pasukan Mau Tahu karya enid blyton , pas salah satu tokohnya, Fatty, ngajarin temen mereka yg bernama Ern, bagaimana cara bikin puisi :D.menurut Si fatty cukup longgarin lidah dan bicara aja trus, bakal jadi kok puisinya. Dan dia nyontohin dengan puisi yg kayaknya gampang aja keluar dari mulutny dan panjang pula hahahaha.

    Kamu cuma ksh cth, dan bisa lgs 200 kata :D.

    Tapi bener sih, utk blog 1 tema sprti punyaku, ini malah bikin writer's block :D. Aku bingung mau nulis apa LG saking ga bisa jalan2 . Sbnrnya Agustus ini ada 2 plan yg aku mau kerjain, tp toh hrs dicancel juga Krn mama meninggal.

    Kyknya, beberapa bulan kedepan aku msh harus bongkar foto2 lama utk bahan tulisan di blog :D. Setidaknya aku msh bisa konsisten update 2 Minggu sekali, drpd ga samasekali hihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut berduka cita ya mbak Fanny atas berpulangnya ibunda tercinta. Semoga beliau diberikan tempat yang layak disisi-NYA.

      Buat mbak dan keluarga juga mudah-mudahan diberikan kesabaran.

      Delete
  13. niat niat niat dan niattttt
    ini kudu nomer satu, kalau udah niatnya kuat dan nggak tergoda banyak "bisikan malas", niscaya ngeblog akan lancarr bak jalan tol :D
    bikin target pribadi juga, mau dibawa kemana blognya, mau dimodel kayak apa, mau nulis seberapa banyak, biar jadi penyemangat juga buat diri sendiri.
    nulis dibikin santai bin hepi biar nggak tambah sutris juga

    ReplyDelete
  14. Saya sedang berusaha soal ini mba Rey sampai sekarang 🀣 tapi semakin ke sini, semakin susah. Kadang idenya nggak ada, kadang moodnya yang nggak ada hahahahaha. Terus nowadays, saya lagi coba cari topik bahasan baru biar nggak bosan, cuma bingung bahas apa πŸ˜‚ habis baca post mba Rey, saya jadi sadar kalau saya seharusnya fokus ke topik yamg memang saya suka πŸ™ˆ

    Terima kasih mba ilmunyaaaahhh. Mwah 😍

    ReplyDelete
  15. Terima kasih mbaa tips-tipsnyaa bermanfaat banget buat saya yang masih belajar nulis, konsisten, dan tentang per-blog-an iniih. saya juga berusaha konsisten buat terus update masih tiao seminggu sekali, inshaallah besok-besok bisa lebih sering deeh, btw salam kenal yaah mba:)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)