Wednesday, August 26, 2020

5 Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan Yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Menu Makanan Sehat

Sharing By Rey - Menu makanan sehat yang dikonsumsi saat sarapan, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sangatlah penting buat kita.

Secara, sarapan adalah salah satu aktifitas penting yang sebaiknya tidak kita lewatkan di pagi hari, karena bisa menjadi sumber energi, menggantikan energi yang hilang saat kita tidur di malam hari. 

Dengan sarapan, kita bisa lebih semangat melakukan aktivitas sehari-hari. 
Berbeda dengan saat melewatkan sarapan, kita bisa cepat lemas, dan bahkan sulit berkonsentrasi dengan baik.


Pentingnya Menu Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh


Meski pemberitaan tentang pandemi sudah semakin berkurang dari hari ke hari, tapi jangan lupakan bahwa virus tersebut belumlah beranjak dari bumi tercinta ini.

Karenanya, meningkatkan daya tahan tubuh itu sangatlah penting bagi semuanya sebagai ikhtiar menangkal berbagai virus yang ada.

Tentunya dengan terus memperhatikan tindakan pencegahan seperti, selalu hidup bersih, rajin mencuci tangan dengan air mengalir, serta tetap menggunakan masker dan jaga jarak antara sesama jika berada di luar.

Meningkatkan imun atau daya tahan tubuh, bisa dilakukan salah satunya dengan asupan menu makanan sehat, khususnya untuk sarapan, sebagai pembuka energi di pagi hari.

Jika biasanya, kita sarapan hanya sekadar untuk kenyang, tidak peduli jenis menu makanannya sehat atau tidak, seperti mie instan dicampur nasi (ampun deh, udah karbo dari mie, double karbo pula dari nasi, hehehe)

Maka mulai sekarang sebaiknya kita harus lebih peduli dengan sarapan menggunakan menu makanan sehat, khususnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.


5 Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan Yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh


Ada begitu banyak menu makanan yang bisa kita konsumsi saat sarapan, namun sebaiknya pilihlah untuk sarapan dengan menu makanan sehat.

Ada beberapa menu makanan sehat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan cocok dikonsumsi saat sarapan, di antaranya:


1. Air hangat, jahe dan madu


Seperti yang pernah saya tuliskan terdahulu, bahwa sejak hamil si adik, saya terbiasa mengkonsumsi air hangat, terutama di pagi hari.
Bukan hanya air hangat, minuman jahe dan madupun selalu jadi pilihan minuman sehat untuk saya.

Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan

Minum air hangat sangatlah baik untuk tubuh, selain melancarkan sirkulasi darah, pun juga dapat menyehatkan saluran pencernaan.

Adapun jahe, dapat menjadi ramuan yang bekerja pada sistem paru-paru, memperkuat energi, dan meningkatkan vitalitas.
Sedangkan madu mengandung mineral, vitamin, flavonoid, serta enzim yang sangat bagus untuk menjaga usus agar tetap bersih.

Paduan ketiga jenis bahan tersebut, bisa menjadi sebuah menu makanan sehat untuk sarapan pagi, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh melalui khasiatnya masing-masing.


2. Oatmeal


Oatmeal adalah menu makanan sehat sarapan kebangsaan kami, sewaktu si adik mulai berusia di atas satu tahun.

Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan

Hal itu berawal dari kemalasan saya sebagai mamak, untuk menyiapkan sarapan si bayi di pagi hari, saya belilah yang praktis-praktis.
Dan karena si bayi nggak suka bubur instan bayi, terpilihlah oatmeal.

Ternyata oatmeal itu termasuk jenis menu makanan sehat untuk sarapan.
Bubur oatmeal mengandung serat tinggi, yang tentunya bukan hanya dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama, tapi juga sehat.

Oats sendiri adalah merupakan gandum utuh yang telah melalui proses penggilingan.
Karenanya, mengonsumsi oats, dapat menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti, hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes.
Bukan hanya itu, oats juga kaya akan zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks. 

Akan tetapi, pilihlah oatmeal yang sehat.
Caranya dengan mengamati komposisi yang ada pada kemasannya.
Pilihlah yang mengandung satu bahan saja yaitu biji gandum utuh, dan hindari oatmeal siap saji yang mengandung gula dan sodium tinggi.


3. Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin C


SaBu atau Sarapan dengan buah? Siapa takut?
Selain lebih sehat, tinggi serat sehingga bisa menjaga berat badan, plus kulit sehat.

Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan Yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Akan lebih baik lagi agar kita memilih buah-buahan yang yang mengandung vitamin C, agar dapat membantu kita tingkatkan daya tahan tubuh.

Beberapa buah yang mengandung vitamin C yaitu: jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, Strawberry, mangga dan nanas.

Buah-buahan tersebut, bisa dimakan secara langsung, bisa juga dijadikan salad.
Kalau saya sih diapain juga, tetap suka-suka aja makan buah.


4. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan juga sangat pas dan sehat dikonsumsi di pagi hari.
Bahkan, segenggam kacang merupakan suatu keharusan saat sarapan, agar menjaga usus tetap kita tetap sehat. 

Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan Yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang-kacangan, terutama yang direbus, bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, serta mampu menormalkan tingkat pH lambung. 
Dan seperti kita ketahui, kesehatan saluran cerna itu mendukung peningkatan dayan tahan tubuh kita.

Akan tetapi, perhatikan jumlah batas konsumsinya ya, kalau kebanyakan mah, yang sehat juga bisa jadi nggak sehat lagi.


5. Telur campur sayuran


Sarapan yang paling sering saya bikin selain oatmeal dan jahe madu adalah telur orak arik campur sayuran. Selain sehat, pun juga enak, dan anak-anak pada suka.

5 Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan Yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebaiknya pilih sayuran yang lebih sehat sebagai campurannya, seperti brokoli, tomat dan atau bayam.

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh, dan menjadikan energi bagi tubuh kita lebih lama. Selain itu, telur juga memiliki cita rasa gurih yang cocok dijadikan menu sarapan hampir semua orang.

Sementara sayuran seperti brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral. Yaitu: Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E .
Brokoli juga mengandung serat dan kaya zat antioksidan, sehingga bermanfaat untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. 
Sedangkan bayam termasuk jenis sayuran yang kaya akan vitamin C. 
Bayam juga mengandung banyak antioksidan, serta beta karoten, yang mana keduanya bermanfaat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi, melalui penguatan sistem kekebalan tubuh.

Adapun tomat adalah sayuran multi vitamin A, K, B1, B5, B3, B6, B7, dan C dengan dosis cukup tinggi.
Bukan hanya itu, tomat juga mengandung mineral penting seperti folat, besi, kalium, magnesium, kromium, kolin, seng, dan fosfor.

Terbayangkan betapa sehatnya menu makanan sarapan telur campur sayuran tersebut?


Demikianlah 5 menu makanan sehat untuk sarapan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sebenarnya masih dalam jenis menu makanan sehat yang praktis dan mudah dibuat bukan?

Bahkan, kita bisa mendapatkan bahan-bahan untuk membuat menu makanan sehat dengan harga ekonomis di Shopee loh, karena saat ini sedang berlangsung promo Shopee 9.9 Super Shopping Day sampai tanggal 13 September mendatang. 

Dan asyiknya pula nih, khusus hari ini sedang ada promo Supermarket Day dengan diskon spesial untuk produk-produk makanan.

promo Shopee 9.9 Super Shopping Day

Buruan serbu yuk!
Agar kita bisa lebih mudah membuat sarapan dengan menu makanan sehat untuk tingkatkan daya tahan tubuh.


Sidoarjo, 26 Agustus 2020

Sumber : 
Shopee.co.id
Liputan6.com
Pengalaman pribadi
Gambar : Unsplash dan dokumen pribadi

94 comments:

  1. Semalem nyobain teh jahe gula merah, batuk dan sakit tenggorokan jadi sembuh. Kalau mau lebih sehat gulanya diganti madu tapi mahal.
    Saya juga udah nyobain oatmeal, gak bisa bisa cara masaknya, kok hambar. Apa harus dikasih madu atau pemanis ya biar ada rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah madu biasanya paling bagus, tapi selain mihil, saya kok sulit ya nyari madu asli yang benar-benar asli, bukan tambahan air :D

      Dulu saya sering beli madu Oriflame, sayangnya kalau kelamaan suka membeku dan kayak gula jadinya :D

      Oatmeal gitu yang bagus malah, bukan yang udah ditambah dengan pemanis.
      Anak saya sukanya sarapan itu, terutama yang kecil, dicampur susu :D

      Delete
  2. Saya suka makan telor dadar mbak, bukan campur sayur. Kalaupun makan sayur paling hanya ngambil kuahnya saja biar ngga seret makannya.😄

    Kalo buah aku senang nya nutrisari rasa jeruk dan mangga, sepertinya itu cukup untuk vitamin c ya mbak.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah ganti ya Mas? biasanya Marimas 😁

      Delete
    2. Haaahaaa!! Betul mbak Rin...Kalau nggak Marimas Jasjus yaa.🤣🤣🤣 Atau temu lawak yang botol kuning.🤣🤣🤣🏃🏃🏃🏃

      Delete
    3. Astagaaaahhh, ya itu mah minuman instan Mas! wkwkwkwkw
      Coba deh makan sayuran, enak dan kaya serat :D

      Delete
  3. Hmm..saya kurang setuju sih kalau oatmeal siap saji dikatakan perlu dihindari lantaran mengandung gula dan sodium tinggi. Oatmeal yang saya makan tiap hari, merknya Quaker Quick Cook, itu tidak mengandung gula dan sodium lho. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya oatmeal yang udah mengandung gula dan langsung seduh itu Mba :D

      Delete
  4. Di rumah anak-anak kalau sarapan lebih milih oatmeal ditaburi meses sama susu. Kalau suamiku beda, harus nasi. Walau udh makan lontong, gorengan dan risol. 😂

    ReplyDelete
  5. Aku pengen belajar sarapan dengan buah aja tapi ternyata badanku lemes banget. Akhirnya aku sarapan dengan nasi biar nggak lemes. Aku juga suka sarapan dengan telur dadar atau telur ceplok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, kadang kalau ga biasa jadinya gitu ya :D

      Delete
  6. 2 hari terakhir kemarin, karena masakan dirumah belum siap dan aku harus buru buru berangkat kantor, jadinya cuman makan nasi sama telor, kalau pagi sarapanku memang nggak terlalu banyak, asal dikantor ga lemes banget pokok ada isinya dulu nih perut
    pernah saking ga sempetnya sarapan, seperti biasa kayak badan lemas hahaha, langsung auto pergi ke pujasera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pujasera..🤔🤔

      Kaya nama Pendekar mbak Inun..😊😊

      Delete
    2. Waduh, kalau ga sarapan juga nggak baik Mba Inun :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Aku kalau sarapan sih random banget. Kalau ada buah ya buah dulu. Paling sering sih air hangat sama jahe. Sudah enak itu

    ReplyDelete
  9. Wah berapa nih harga promonya? Meluncur ah saya ke Shopee. Paling senang kalau belanja online kemudian dapat harga promo

    ReplyDelete
  10. Yihaaaa, engga sabar buat seseruan di Shopee Shopping Day!
    Itu poto paling bawah, yg di trotoar deket JW Marriott yak? :D

    Aku bolak/i lewat situ, tapi kok ya lupaaa mau foto qiqiqiiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa, iya Mba, enakan siang sebenarnya, kalau malam jadi gelap :D

      Delete
  11. Oatmel ampek sekarang mah wajib utk sarapan pagi. Aku biasanya campur pake susu kedelai, madu. Semangkuk kecil pasti kenyang.

    Kalo jahe enak buanget dimasak pake gula merah trus diminum pas lagi anget2nya. Bagus utk yg lagi batuk, flu n pilek...

    Sayang skrg aku udah gak bisa minum, soale lambungku kurang bersahabat dgn jahe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh padahal jahe enyak :D

      Tapi madu juga bagus ya.

      Kalau oatmeal biasanya anak-anak yang suka :D

      Delete
  12. Waah bentar lagi diskon 9 9 di Shopee ya .. siap2 aah. Bakal banyak yang menarik nanti nih.

    ReplyDelete
  13. Semenjak sudah tidak merokok lagi saya jadi banyak makan...Termasuk sarapan pagi. Jadi terkadang saya sarapan pagi meski hanya dengan kue2 atau minum susu tetap porsinya banyak..🙄😲😲😲


    Mau ngurangi takut malah minum kopi dan merokok lagi.😌😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, nggak apa-apa Kang, lama-lama juga bisa menyesuaikan kok :D

      Delete
  14. Yang jarang dikonsumsi outmeal dan kacang2an yang lainnya suka semuaa.
    Apalagi air hangat, jahe maduu huhuu nikmat ni.

    Waah, asik donk kalo belanja belanji kebutuhan di sopi day , pastinya banyak promo yaa, nunggu 9 9

    ReplyDelete
  15. Air rebusan jahe madu dan jeruk nipis ini minuman untuk bapil aku kak dan cukup bekerja banget redakan bapil. Btw jadi penasaran nih ada apa aja sih di Shopee day nanti, diskonnya pasti cetar2 yes hehe.

    ReplyDelete
  16. Ini menu2 yg sering aku buat mba.
    Sekarang semenjak pandemi, aku beli oatmeal dan havermut itu di shopee. Lebih enak dan gampang daripada harus nyari di toko rada rempong kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa, lebih aman pula ketimbang beli offline :)

      Delete
  17. Sarapan saya cuma kopi, dan kerasa banget kalo pagi pagi ngga ngopi
    Kepala nyut nyutan 😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kadang ketergantungan atau kebiasaan ya Mba

      Delete
  18. Baca tulisan ini tengah malam, rasanya malah bikin jadi lapar 🤣
    Oatmeal itu salah satu sarapan yang suka aku makan lho 🤭
    Tapi, aku makannya cuma dicampur susu dingin aja, jadi rasa oatmealnya masih mentah 😂
    Katanya kalau dijadiin bubur asin enak. Aku belum pernah coba sih, tapi mungkin bisa jadi solusi buat teman-teman yang nggak suka oatmeal 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa bisa dipanasin lagi Lia, nanti jadi matang deh oatmealnya, :D

      Delete
  19. asiaapp, aku emang lagi kurangin karbo buat makan,sarapan pun usaha banget pakai buah dan sayur, makasihhh banget ya mba ini insightnya, lope

    ReplyDelete
  20. wuahh Shopee bakal ada Super Shopping Day lagi? mesti siapsiap nih, beberapa kali kelewat terus sama promo Super Shopping Daynya Shopee. Kalah gercep akutu sama bu ibu yang lain~

    ReplyDelete
  21. Air hangat wajib untukku di pagi hari mba. Biasanya dengan jeniper lau buah. Kalau masih lapar baru deh makan yang lain

    ReplyDelete
  22. Makanan sehatnya terlihat menggiurkan kak, tapi kaya mager gitu mau ke pasar beli belinya haha. Cuma kalau minum air putih tetep dong banyak soalnya di kantor juga duduk dan kena AC mulu. Thanks tipsnya yah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya, kalau di kantor rentan dehidrasi juga :D

      Delete
  23. Oatmeal itu enaak jugaa, aku pikir akan aneh, ternyata malah ketagihan sarapan itu. Kadang dibikin jadi overnightoats, lebih enaak dan sehat jugaa.
    Wah..air hangat, jahe, dan madu sepertinya enaak nih. Next time mau cobaa aahh 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sarapannya anak saya tuh oat hihihi.
      Iya, air hangat dan jahe plus madu tuh enak :D

      Delete
  24. Sarapan menjadi rutinitas harian yang ngga boleh dilewatkan ya,, karena sarapan merupakan sumber energi seharian, maka itu butuh asupan makanan dengan nutrisi yang cukup baik ya saat sarapan

    ReplyDelete
  25. Makanan sehat memang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita ya mba.. Terima.aksih sharingnya mba..

    ReplyDelete
  26. Makan sehat versiku itu apa ya...
    paling makan buah atau singkong rebus/goreng

    btw, aku juga memanfaatkan promo shopee tiap bulan lho.. xixi

    ReplyDelete
  27. eh serius mau ada supermarket day di shopee, siap ah mau menanti mba, baca blogmu aku jadi kepikiran deh pengen bikin over night oats nih, enak, seger dan menyehatkan

    ReplyDelete
  28. Untuk kacang-kacangan biasanya aku suka bikin bubur kacang hijau mba, eh termasuk jugakah?

    ReplyDelete
  29. Semuanya aku suka tuh mbak haha, apalagi oatmeal bisa nambah deh saking sukanya

    ReplyDelete
  30. sebagai emak2 ekonomis automelek pas baca bagian terakhir tentang promo supermarket day xixixi
    btw, emang zaman covid gini kita seolah diingatkan kembali untuk memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi selama ini y, mba
    ya namany juga ikhtiar biar selalu sehat

    ReplyDelete
  31. Makanan sehat versiku isi perut sebelum makan apapun dengan perasan air jeruk plus madu dan air hangat lalu perbanyak sayur dan buah serta minum air putih yg cukup

    ReplyDelete
  32. Aku suk apilihan makanan yang ditulis di sini hihihi pemakan segala banget ya. Tapi kurang bagusnya masih suka makan goreng-gorengan nih. Seru ya sekarang bisa belanja di Shopee

    ReplyDelete
  33. Yang paling enggak pernah kusediakan di rumah itu oats. Ga ada yang mau je di rumah. Apa dicoba pelan-pelan yaa.. Aku soalnya ya belum bisa je makan oats hihihii..
    Nah orak-arik campur sayur ini kesukaan semua orang kayaknya yaa.. tapi harus pake nasi kalau di rumahku. Duuhh dasar club semego nih rumahku. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi, kalau orak arik ini praktis soalnya Mba, pas buat mamak-mamak malas ngedapur kayak saya :D

      Delete
  34. Aku kudu sarapan pakai nasi. Kalau pakai yang lain hanya bertahan 2 jam kali ya trus krucuk-krucuk. Sebenarnya ingin mengurangi porsi nasi, banyakin sayuran dan protein gitu supaya lebih sehat.

    ReplyDelete
  35. wah makasih ya mbak rekomendasi menu sehatnya untuk sarapan. kalau di rumahku biasanya sarapan makan nasi goreng. lebih simple aja sih, karena sayuran semua masuk dan gak pernah terbuang sayurannya, anak anak suka.

    buat suamiku oatmeal karena dia udah obesitas. kudu makan yang low karbo.

    ReplyDelete
  36. sarapan itu penting banayk orang melewati sarapan

    ReplyDelete
  37. Kelima jenis makanan di atas suka semua mbak kecuali oatmel, wkwkw
    Ga tau kenapa ga doyan, huhuhu
    Duh ini udh ktgglan promo di shopee blm yak. *cek aplikasi

    ReplyDelete
  38. Shopee tahu banget dengan kebutuhan emak-emak yang ingin menyajikan menu sehat untuk keluarga ya..auot kepo dengan promo Shopee 9.9 Super Shopping Day mumpung masih sampai 13 September . Apalagi promo Supermarket Day dengan diskon spesial untuk produk-produk makanan....pas bener saat belanja bulanan!

    ReplyDelete
  39. Wuah baru tahu kalau sarapan itu ditentukan menu sehat. Kalau saya selama ini malahan makan apa saja yang ada. Menu sarapan sama makan siang ya disamakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi aslinya sarapan lebih penting Mba, mengawali hari soalnya :D

      Delete
  40. Sarapan kami bukan itu semua. Huhu!
    Sarapan kami selalu nasi wkwkwkwkkk...
    Padahal sarapan bukan nasi melulu ya. Maklumlah sudah terbiasa. Belum makan atau sarapan, kalau belum makan nasi hehehe

    ReplyDelete
  41. sarapan ku sama suami juga lagi sarapan sehat, hehe. mengurangi makan nasi meski suami masih susah kadang maunya lontong sayur atau nasduk wkwkwk. tapi selalu saya ingetin untuk sarapan sehat. ya jadi mau gak mau harus ada buah, susu dan telor. kadang juga buat telur sayur gitu. Semoga bisa istiqomah hehe.

    ReplyDelete
  42. Oatmeal itu memang sehat sih. April kemarin aku kena Gerd, muntah dan diare. Makannya 2 minggu, oatmeal dan nasi tim. Itu aja gonta-ganti. Sekarang selalu sedia deh Oatmeal Quick Cook maupun yg instan...

    ReplyDelete
  43. Saya dan keluarga juga biasa sarapan pagi mbak, tapi ya tetep deh pakai nasi dan lauk. Lauk andalan juga telur biasanya. Sayuran biasanya pakai pecel atau urap, tahu, tempe. Kalau minum madu hangat juga saya suka mbak, lebih enak rasanya. Memang ya harus tetap memperhatikan menu seimbang biar tetap sehat.

    ReplyDelete
  44. wah bener tuh air hangat jahe madu andalanku juga kalau ga minimal jahe instan deh mbak atau yang lebih mudah lemon sama madu di pagi hari mantapp

    ReplyDelete
  45. Bener mbak, skrg di rumah sarapannya klo g buah ya oatmeal..
    Biar lebih sehat

    ReplyDelete
  46. Favorit saya sarapan buah dan oatmeal Mba, Lebih sehat. Anak dan suami juga kebetulan suka. Ehh iya hampir kelewat, lagi ada promo supermarket ya di shoope? Wahh pas banget ini habis gajian hehe cus ahh langsung ke Shoope. Trims informasinya Mba Rey

    ReplyDelete
  47. Baru tahu kalau minuman jahe bisa buat sarapan. Kalau di rumah minum jahe cuma sore hari. Sarapan masih pake nasi huhu

    ReplyDelete
  48. Ini jadi pengingat buat saya agar sarapan lebih sehat lagi. Kalau air hangat, madu dan jahe lebih oke tambah lemon mbak, sekalian bersihkan tubuh dan untuk kecantikan kulit :)

    ReplyDelete
  49. Aku always buahhh. Baru kalo pas kalo di pive star hotel, aku tambahin salad sayur. lanjut per-telor-an. Wkwkwk

    ReplyDelete
  50. Ya Allah aku kalau sarapannya kaya gitu, kayanya 10 menit lagi udah lapar deh, wkwk. Kalau belum ketemu nasi... belum puas perutnya. Memang hidup sehat itu harus dibiasakan ya.

    ReplyDelete
  51. Dududu, aku masih berusaha keras agar bisa kuat dengan sarapan buah dan sayuran saja. Semoga bisa. Apalagi belakangan ini, sarapan dengan nasi kok ya sangat mudah membuatku mengantuk. Mungkin efek dari kandungan gulanya ya, Kak.

    ReplyDelete
  52. Dari kelima menu di atas aku paling suka olahan telur. Kami sekeluarga suka sekali dengan omelet atau hanya sekedar telur dadar berisi bawang bombay..🙂

    ReplyDelete
  53. Menunya enak enak
    Busui makan semua deh ini
    Lahap banget
    Namun kudu berusaha turunkan BB setelahnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)