Saturday, August 29, 2020

Ide Menu Harian Yang Praktis A La Rey

Ide Menu Harian Yang Praktis A La Rey

Sharing By Rey - Ide menu harian yang praktis untuk keseharian ini sebenarnya udah pernah saya bahas di postingan terdahulu, akan tetapi minggu ini ada tema challenge 'Ide Masak Hari Ini'.

Dan sayapun lumayan tertegun, mau nulis apa ya ini, hahaha.

Ya gimana dong, ide masak saya itu, masih sama seperti yang dulu saya tulis di 5 Menu Masakan Rumahan Sederhana Dan Praktis A La Rey , ya gitu deh kebanyakan menunya ya di perteluran, per ayam an, per mie an aja, hahaha.

Tapi sebenarnya, saya keseringan masak menu tersebut, bukan hanya karena saya nggak bisa masak lainnya, akan tetapi selain praktis, pun juga menyesuaikan isi kulkas sih ya, yang kebanyakan ya isinya ayam, telur, ikan dan udang (kalau ada) dan sayuran sup seperti wortel, kubis, buncis dan semacamnya, kadang juga ada kangkung dan bayam.

Saya memang kurang kreatif kalau belanja, karena seringnya saya belanja di dekat rumah, yang jualannya terbatas banget, udah terbatas, seringnya saya 'dikadalin' pulak, entah sengaja, atau orangnya salah hitung, tapi salah hitung kok ya terooossss.

Saya juga agak kurang teliti dalam dunia perhitungan saat belanja, rasanya linglung aja, nanti nyampe rumah baru merasa ada yang salah.
Etdah, telat!

Karenanya, ide menu-menu harian saya sangat sederhana, seperti :

Ide Menu Hari Senin


Biasanya, kami belanja di pasar tuh, kalau bukan Minggu ya Senin, belanjanya seminggu sekali biar meminimaliskan kontak dengan dunia luar.
Secara... masih masa pandemi dong, dan saya parno.

Ide Menu Harian Yang Praktis A La Rey

Karenanya, kulkas biasanya masih penuh, meski isinya ya bahan yang sama setiap minggunya, hahaha.
So, untuk hari Senin, saya menghabiskan dahulu bahan yang mudah rusak, dan menunya adalah:
  • Opor ayam (biar kelapanya nggak basi), biasanya masak 1/2 kg ditambah telur rebus 2 biji dan tahu, masaknya agak banyak biar bisa di makan 2 harian, meskipun pada akhirnya di hari kedua anak-anak udah bosan, pengen lauk lainnya, hahaha.
  • Tumis kangkung, praktis aja, cukup tumis dengan bawang putih, garam, kasih ayam atau udang dikit, jadi deh. Seharian masak sayur sekali aja, kalau nggak sampai malam udah habis, ya udah, makan malamnya ga pake sayur, hehehe.
Udah, itu aja hahaha.
Praktis adalah moto saya (baca : praktis a la mamak malas banget ketemu dapur)
Jadinya setiap hari tuh menunya cuman 2 macam, lauk dan sayuran.


Ide Menu Hari Selasa


Biasanya di hari Selasa, lauk opor dari hari Senin masih tersisa, akan tetapi agar si adik nggak bosan, saya tambahin lauk pendamping dan sayuran yang berbeda, yaitu :
  • Ikan teri goreng, biasanya beli ikan teri yang mentah, dicuci bersih, lalu campur dengan bumbu merica dan bawang putih plus tahu, kasih terigu dikit, telur, dan siap di goreng. Anak-anak suka lauk ini, meskipun si kakak cuman boleh makan di malam hari, karena pagi dan siang kudu nemanin saya ngabisin lauk opor dari hari Senin, hahaha.
  • Sayur bening bayam, cukup masak bayam dengan air, garam, temu kunci dan bawang merah, jadi deh.  
Ide Menu Harian Yang Praktis A La Rey


Ide Menu Hari Rabu


Di hari Rabu, biasanya lauk opor udah habis, kalaupun masih ada, dipastikan hanya saya yang ngabisin, meski eneg, hahaha.
Ya kali buang lauk.

Dan menu hari Rabu udah mulai merambah ke ikan, yang biasanya udah saya persiapkan sejak baru dibeli, udah dibersihkan dan dikasih bumbu, jadi tinggal digoreng.

Menunya adalah,
  • Ikan teri goreng + ikan gurami goreng, ikan terinya biasanya belum habis, dan dihabisin di hari berikutnya.
  • Sayur tumis campur, biasanya campur wortel, buncis, kembang kol, brokoli (kalau ada), jagung. kesemuanya ditumis pakai bawang putih, dicampur udang atau potongan daging ayam, setelah agak matang disiram pakai kocokan telur, dan ini adalah sayur favorit si kakak dan si adik.
Ide Menu Harian Yang Praktis A La Rey


Ide Menu Hari Kamis


  • Ayam kecap, ini mah masakan kebangsaan banget, hahaha.
  • Sayur sup, yang isinya campur-campur kayak sayur tumis campur, bedanya yang ini berkuah, dan si adik lumayan suka, demikian juga si kakak.

Ide Menu Harian Yang Praktis A La Rey


Ide Menu Hari Jumat


  • Telur orak arik, yang isiannya tergantung sisa kulkas, bisa isi udang, ayam, tempe goreng kotak kecil, wortel dan kubis.
  • Telur dadar spesial, isiannya sih kurang lebih kayak telur orak arik, hahaha.
  • Tumis sawi putih dan wortel, biasanya si adik kurang suka, hanya di makan wortelnya doang.

Ide Menu Harian Yang Praktis A La Rey

Kalau masak menu telur itu, jarang bertahan sampai malam, apalagi telur orak arik, si kakak maupun adik suka banget, jadi biasanya malam udah kudu bikin lauk lainnya, yang praktis ya telur dadar spesial aja.


Ide Menu Hari Sabtu


  • Mie goreng, yang tentunya ada isian sayur dan lauk.
  • Serahkan pada babang grab food maupun go food, hahaha.

Ide Menu Harian Yang Praktis A La Rey


Ide Menu Hari Minggu


Saatnya berharap pada babang grab and go food, hahaha.


N o t e d!


Menu yang selalu kami konsumsi tersebut memang sederhana, karena saya memang tumbuh besar dengan masakan mama yang juga sama sederhananya.

Sejak kecil, kami cuman punya 3 jenis makanan setiap kali mau makan, nasi, lauk dan sayur.
Dan lauknya pun cuman satu macam.
Kalau di goreng ya cuman goreng itu saja, di masak ya cuman dimasak itu aja.

Palingan ketambahan sambal, khususnya bapak dan kakak saya yang nggak bisa makan kalau enggak pedas.
Tapi bapak saya sih praktis, kalau nggak ada sambal, ya cukup pakai cabe 2 atau 3 biji, di hancurkan ama sendok di piring, kasih garam dan jeruk atau minyak, jadi deh.

Kalau kakak saya biasanya pakai sambal tomat, praktis juga sih, cuman cabe diiris sama bawang merah dan tomat, kasih minyak dikit dan jeruk nipis, jadi deh.

Kalau saya, sejak punya anak, saya udah jarang banget masak pedas, karena saya malas masak berjilid-jilid. Jadinya saya terbiasa makan lauk yang nggak pedas. 

Kalaupun kangen yang pedas-pedas, saya bikin sambal bawang agak banyakan, ditumis biar nggak cepat basi, lalu saya taruh di wadah kaca, lalu simpan deh di kulkas.
Praktis kek sambal-sambal yang dijual di luaran.

Oh ya, anak-anak juga nggak saya biasakan makan kerupuk, jadi jangan harap ada kerupuk di rumah, hahaha.
Dulu waktu saya masih kerja, tiap 3 hari sekali tuh ada yang datang jualan kerupuk, teman saya maksa saya beli, saya beli deh sekantung kecil, daaann melempem kagak ada yang makan hahaha.

Bukan hanya praktis jenis menunya, bumbu pun juga praktis.
Nggak suka masak yang bumbunya banyak, selain saya malas kelamaan di dapur, pun juga rasanya sakit banget, kalau udah seharian di dapur, tapi anak-anak nggak seberapa doyan makannya.

Karenanya, saya tidak pernah menghabiskan banyak waktu di dapur, dan mungkin itu juga jawaban, mengapa saya masih bsia aktif di blog dan medsos, meski kudu mengurusi semuanya seorang diri.

Cuman sisi negatifnya, kemampuan masak saya ya kagak bisa dipamerin, saya selalu malu kalau ada teman atau keluarga datang kudu makan masakan saya, soalnya ya sederhana banget, apalagi kalau mertua datang.
Duh mending saya belikan nasi padang deh, hahaha.

Pun juga, itulah alasan, mengapa saya malas banget ikutan masak di rumah mertua, ya kali saya masak cuman pakai bumbu garam, sementara ibu mertua saya kalau masak bumbunya segepok dan rasanya memang mantul

Demikianlah, postingan yang sungguh gaje ini, judulnya menu, tapi isinya curcol, hahaha.
Ya gimana dong, saya kasih resepnya pun, rasanya nggak bakal ada yang butuh, soalnya terlalu sederhana, hahaha.

Kalau temans, ada yang menunya se-simple saya yang pemalas ini? *cari temen! lol.


Sidoarjo, 29 Agustus 2020


Artikel ini diikut sertakan dalam challenge 'Nulis Blog Bareng Ning Blogger Surabaya' bulan Agustus 2020
Dengan tema : Ide Masak Hari Ini

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Cookpad dan Canva edit by Rey

20 comments:

  1. Karena di tempat saya, ikan lumayan gampang ditemukan, jadi lauk utamanya paling sering yah ikan. Mau dimasak, goreng, atau bakar juga tergantung besar dan jenis ikannya. Ada ikan memang yang enak pada cara masak tertentu.

    Paling enak sih kalau makan ikan bakar terus ada colo-colonya. Makannya rame-rame di teras rumah. Edan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaaa.. bikin kangen!
      Ikan bakar itu udah jadi menu harian ya kalau di sana, mama saya sering banget beli ikan trus dibakar dan makannya pake colo-colo, di sini mah mana bisa?
      Selain mahal, pun sulit cari yang segar :D

      Delete
  2. Justru masakan yang sederhana seperti ini yang selalu ngangenin kak :D
    Aku sering banget kangen makan makanan sederhana kayak tumis-tumisan aja gitu.
    Di rumahku juga sama dong, mama kalau masak ya 1 lauk dan 1 sayur. Jadi ada kuah, ada goreng biar nggak seret pas makan huahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, biar nggak rempong ya Lia, duh sebenarnya pengen juga kayak orang-orang, masakin macam-macam, tapi kalau itu terjadi, dijamin saya say babay ama blog, mana bisa buka blog cobak :D

      Delete
  3. Istri saya kadang bingung mau masak apa hari ini, ternyata mbak Rey sudah menyiapkan menu makanan apa saja, dari hari Senin sampai hari Sabtu, cuma Minggu saja yang ngga ada.

    Nanti saya coba ah, jadi tidak bingung kalo harus masak makanan apa besok. Cuma kalo ikan kurang suka, takut kena durinya.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, saya nggak nyiapin sebenarnya MAs, cuman biasanya masak itu, dan itu yang lebih sering anak-anak doyan makan, untungnya yang praktis semua :D

      Delete
  4. Ya ampun ngiler telur orak-ariknya mbak rey. Besok saya mau bikin ah😁
    Saya juga nggak pinter masak mbak. Malahan di bawahnya mbak rey. Sejujurnya saya juga nggak begitu suka berada di dapur😁
    Dari semua menu di atas ada satu yang saya nggak doyan banget. Yaitu.. Teri. Saya bisa auto muntahin makanan saya kalau ada terinya. Tapi emak saya bilang teri itu enak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo masak orak arik, gampil dan mudaahh hahaha.
      Ih saya suka deh berteman denganmu Tria, besok-besok kalau ada teri enak, saya bagiannya jadi banyak, karena dirimu nggak mau hahahaha

      Delete
  5. ngomong ngomong opor ayam, aku lama juga ga makan hahahaha,kuah kuning, ayam yang empuk haduhh haduhhh enyak enyakkkk....
    ngomong ngomong ayam kecap, lebih lama lagi ga makan wkwkwkwk, astagaaaaa
    gurame goreng ini masih mending, kadang seminggu sekali ada menu ini dirumah, tumis kangkung juga masih mending dirumah.
    dirumah tiap harinya juga sederhana seperti ini mbak, kalaupun masak yang lebih wow biasanya kalau ada acara aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhihi, kami malah hampr tiap minggu, tapi rasanya ya getoh deh :D
      Makanya kalau lebaran ke rumah mertua, tetep enak aja makan opor, karena mertua masaknya enak :D

      Kangkung itu favorit banget Mba, saya bikinnya juga praktis, cukup bawang putih aja dong, atau kalau ada terasi tambahin bawang merah hehehe

      Delete
  6. ayam kecap itu kayaknya menu favorit sejuta umat ya mba. Di rumah ponakan juga suka ayam kecap.

    ReplyDelete
  7. Ya Tuhan hahahahaha.. kenapa menu sabtu malam dan hari minggu kita sama? Scrolling gofood. Hahaha.
    Karena udah bertempur di senin-jumat, sabtu dan minggu adalah waktu istirahat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, udah bosan saya ketemu dapur, sesekali ketemu babang aja :D

      Delete
  8. sama kek aku ini kalo belanja di pasar jadi linglung, bahkan kalo ditanya harga ayam berapa enggak tau. Pahamnya jumlah totalan berapa wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaann...., saya dong tunjuk sana tunjuk sini, abis itu totalan, seringnya diboongin hiks

      Delete
  9. Aku padahal besar di kluarga yg mana mama jago masak, dan kalo udh masak pasti menu yg ribeeeet khasnya Sumatra Utara :D. Tapi sayangnya skill masak mama itu ga nurun blassss ke anak2nya ini.

    Jadilah aku slalu bingung kalo bikin menu mingguan Rey. Apalagi zaman msh kerja, itu aku percayakan ke asistenku, terserah dia mau masak apaan :p. Aku ga rewel soal makanan. Walo terbiasa menu yg kaya rempah dan komplit , tapi buatku, menu apa adanya juga bisa masuk kok.

    Beruntungnya si pak suami tipe ga rewel. Mungkin Krn dia org solo, dan mamanya terbiasa masak simple, jadinya dia diksh sop aja juga seneng 😁.

    Cm setelah aku resign, aku ga pgn juga nyerahin urusan menu ke si mba. Makanya tiap malam aku sibuk nyari menu2 di Cookpad ato berbagai aplikasi resep. Tp seperti biasa, yg simpel aja. Malah kalo bisa dlm 1 lauk semuanya udh ada, ya sayur, ya protein :p. Biar ga ribet belanjanya :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, sebenarnya saya suka yang gitu Mba, tapi kadang si anak kicik ini ga mau.
      Biasanya ya orak arik itu, sayurannya banyak, udang atau ayam juga ada.
      1 menu udah cukup tuh :D

      Mana praktis pula, saya pakai bawang putih geprek aja :D

      Delete
  10. menu nya ramah anak banget mba.. bisa ditiru nih buat menu nya si Arfan.. Kadang ku bingung mau masak apalagi, udah mana anaknya susah makan pulak.. makin bingung ya kan masaknya..

    Alhasil kalo masak ya mikirin perut mamaknya aja, gak jauh-jauh dari balado dan tumis2an pedes, balado ikan, cumi, ayam, pokok'e kudu pedes.. sangat tidak ramah anak.. haha..

    palingan arfan ku masakin sayur bening/sop seuprit banget setengah panci kecil.. ;D atau kalo anaknya lagi bener2 susah makan dan emaknya juga males masyakin yaudah deh orak arik telur aja yang gampil.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu si kakak juga malas makan, kesukaannya sayur bening sama ikan gurami goreng.
      Atau sup jagung sama perkedel.

      Beruntung si adik tuh ga terlalu pemilih kek kakaknya :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)