Monday, July 08, 2019

Ciri-Ciri Bisnis MLM Terbaik Berdasarkan Pengalaman Pribadi


Bisnis MLM Terbaik


bisnis MLM terbaik


Assalamu'alaikum :)

Sharing by Rey - #MondayBusiness - Bisnis MLM terbaik, sebenarnya ada banyak yang beredar di zaman sekarang.

Sayangnya, karena banyak alasan, banyak juga yang tertipu oleh bisnis online berkedok MLM.

Hal tersebut membuat image bisnis MLM terbaik jadi buruk di mata banyak orang.
Termasuk saya, dulunya.

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) sendiri adalah sebuah model bisnis yang banyak dipakai untuk menjual barang atau jasa melalui online.

Awal mula bisnis MLM online itu dipakai untuk memasarkan sebuah produk barang agar lebih efisien. Karena pada dasarnya cara bisnis MLM jauh lebih menarik dibandingkan dengan metode marketing lainnya, karena produk yang dipasarkan langsung ke customer.



Seperti yang kita ketahui, dalam memasarkan sebuah produk, terdapat perjalanan panjang distribusi produk tersebut, sampai akhirnya tiba ke tangan pembeli.

Mulai dari pabrik, masuk ke distributor besar, disalurkan ke distributor menengah, bahkan sampai ke distributor kecil, hingga akhirnya masuk ke toko atau pasar dan sampai di tangan konsumen.
Begitu panjang perjalanannya, sehingga biaya yang dibutuhkannya menjadi jauh lebih besar.

Bisnis MLM mengedepankan efisiensi jalur pemasaran, sehingga biaya yang dibutuhkan lebih sedikit, dan biaya tersebut dialihkan untuk membayar marketingnya langsung.

Tidak heran, setiap pelaku bisnis MLM selalu memamerkan hasil kerjanya, yang jika berhasil akan jauh lebih banyak dibandingkan para pengusaha bisnis dengan sistem konvensional.

Karena hasil bisnis yang menggiurkan, serta cara yang terbilang unik, tidak jarang cara bisnis MLM online, kemudian ditiru oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menjalankan bisnis Money Game atau yang bisa disebut arisan berantai.

Bisnis Money Game berkedok MLM tentu saja merugikan masyarakat, karena bisnis ini HANYA MENGUNTUNGKAN orang yang lebih dulu bergabung.



Berbeda dengan bisnis MLM murni yang hanya akan mendapatkan penghasilan, jika terjadi penjualan dalam jaringan.

Karena banyaknya bisnis money game yang bertopengkan MLM, maka dibutuhkan kecermatan bagi orang yang ingin menjalankan bisnis MLM online terpercaya, agar tidak mudah tertipu oleh bisnis yang salah.

Saya sendiri, pertama kali terjun di bisnis MLM, terus terang nggak punya sama sekali bayangan mana bisnis MLM beneran, mana kedok saja.

Namun bersyukur, saya punya logika yang kuat (plus duit yang dikit, lol), sehingga lebih tajam mengendus hal-hal yang mencurigakan atau minimal nggak masuk akal.


Ciri-Ciri Bisnis MLM Terbaik


Setidaknya, ada beberapa ciri-ciri bisnis MLM terbaik, seperti :


1. Adanya produk atau jasa yang dijual


Salah satu tolok ukur nyata ciri-ciri bisnis MLM terbaik adalah adanya produk atau jasa yang dijual. Produk atau jasanya nyata, bukan ala kadarnya.



Jadi, jika ada yang menawarkan bisnis yang katanya bisnis MLM, dengan modal yang sangat besar, tapi tidak jelas untuk menjual produk / jasa apa, dijamin itu adalah money game berkedok MLM. 

Salah satu eh maksudnya, satu-satunya bisnis MLM yang saya pernah jalanin adalah bisnis online oriflame, yang mana jelas di dalam bisnis tersebut, ada ribuan macam produk yang dijual, secara langsung kepada konsumen melalui membernya.



2. Adanya sistem yang adil bagi semua member, baik upline maupun downline


Yang namanya bisnis MLM, sudah pasti ada upline dan downline.
Upline adalah orang yang lebih dulu bergabung menjadi member, sedang downline adalah member yang bergabung kemudian, setelah si upline gabung.



Sebenarnya, dalam dunia bisnis lainnya juga ada yang namanya semacam upline downline ini, seperti distributor besar adalah upline dari distributor kecil.
Atau dalam sebuah perusahaan, ada manajer yang semacam upline dari staf manajer tersebut.

Namun, dalam bisnis MLM yang terbaik, dibentuk sistem yang adil buat upline maupun downline.

Adilnya gimana?
Saya nggak tahu untuk bisnis MLM lainnya, tapi untuk MLM Oriflame, letak keadilan sistem baik upline dan downline adalah SAMA-SAMA HARUS JUALAN!

Jadi, tidak ada yang namanya upline bisa duduk manis menikmati hasil tanpa usaha, MESKIPUN... tetap juga saat jaringannya sudah kuat terbentuk bagai jaring laba-laba, si upline bisa tiduran manis di jaring tersebut menikmati hasilnya saja.

Tentu saja tetap jualan, namun dengan hasil yang sudah diperoleh, jualan tersebut bisa ditutupi dengan mudah.



3. Adanya kerja sama yang baik antara upline dan downline


Ciri bisnis MLM terbaik berikutnya adalah, adanya kerjasama yang baik antara upline dan downline, sehingga semua member baik upline maupun downline bisa berkembang.



Di dalam bisnis MLM yang terbaik, selain semua member mendapatkan target penjualan yang sama sesuai kebutuhan.
Jika seorang member butuh uang banyak, maka targetnya bisa dinaikan sendiri.

Seorang upline di bisnis MLM terbaik akan mensupport downlinenya dalam mencapai target tersebut, karena jika target downline tercapai, otomatis akan mempengaruhi penghasilan upline juga.

Yang mana penghasilan upline bisa lebih besar, atau bahkan lebih kecil.
Oleh karenanya, kerjasama yang baik antara upline downline amat sangat dibutuhkan.



4. Harga produk masuk akal


Semua bisnis MLM terbaik sudah pasti menjual sebuah produk yang berkualitas dengan harga yang masuk akal.  Ini adalah salah satu ciri nyata dari bisnis MLM terbaik.

Karena sistemnya murni penjualan, maka harga produk yang ditawarkan tentu saja masuk akal, seperti produk yang dijual secara konvesional lainnya.

Karena, bonus yang dibayarkan kepada member pebisnis MLM terbaik berasal dari biaya marketing, yang dibebankan ke harga barang dengan bijak.

Dengan kata lain, kalau produk yang dijual secara konvensional butuh biaya marketing buat bayar iklan, nah bisnis MLM terbaik mengalihkan biaya iklan itu untuk dibayarkan kepada member yang menjual dengan banyak.

That ways, harga produk dari bisnis MLM terbaik sangat masuk akal dan logika.



5. Adanya support sistem yang baik


Zaman sekarang, semua bisnis baik konvensional maupun MLM, pada ramai ikutan membentuk support sistem yang kuat, demi kemajuan bisnisnya.

Sebuah bisnis MLM terbaik, akan ikutan membuat support sistem tersebut, untuk memudahkan membernya menjual produk.

Pembentukan support sistem seperti ini, menandakan bahwa bisnis MLM tersebut sangat memikirkan kelangsungan bisnis jangka panjang, sangat berbeda dengan money game, yang jika sudah nggak bisa membayar membernya, bisnisnya tutup, lalu membuka lagi dengan nama lain namun serupa.


6. Adanya lembaga hukum yang jelas

Semua bisnis legal seharusnya punya badan hukum yang jelas, oleh karenanya jangan pernah lupa mempertanyakan lembaga hukum dalam sebuah bisnis MLM terbaik yang ingin kita geluti.




Demikianlah, ciri-ciri bisnis MLM terbaik berdasarkan teori dan pengalaman saya berbisnis Oriflame.
Sayang sekali, pengalaman saya memang hanya dalam satu jenis bisnis MLM terbaik, sedangkan sesungguhnya masih banyak bisnis MLM terbaik lainnya, seperti Tupperware, Nu Skin, Jafra dan semacamnya (CMIIW)

Pengennya sih, saya mau mencoba semua bisnis ytersebut, biar tahu perbedaannya.
Tapi waktu dan tenaga dan modal belum memungkinkan, lololol.

Kecuali mungkin ada yang mau meng-endorse saya di bisnis MLMnya, tidak perlu bisnis Oriflame, yang lainnya juga oke.
Jadi saya daftar jadi member secara gratis, dan dibayar pula *mulai makin matre, lol.

Ada yang masih kepo dengan bisnis MLM terbaik?
Share yuk :)

Semoga bermanfaat

Sidoarjo, 8 Juli 2019

Wassalam

Reyne Raea

16 comments:

  1. Saya belum pernah terjun dalam MLM, tapi dari dulu udh sering denger, diajak pernah beberapa kali tapi tak tertarik krn saya khan dulu orangnya super pendiem nggak bisa ngomong banyak hehehe, kalau sekarang udh mendingan lah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, saya pun jadi lebih bisa menulis, lebih mau berbaur gara-gara ikut MLM, dulu mah alay sayanya hahaha

      Delete
  2. Yap, saya baca-baca juga MLM itu sebenarnya salah satu teknik marketing. Sah-sah aja dipakai brand untuk penjualan. Sayangnya banyak oknum yang menyalahgunakan sistem ini jadinya orang-orang pada menganggap setiap MLM = Money game = Penipuan. Semoga dengan ciri-ciri di atas kita bisa jadi lebih hati-hati dalam memilih bisnis MLM :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang bikin buruk itu money game, ama sikap membernya yang kadang lebay banget sih ahahhahaa

      Delete
  3. Saya pernah ikut Money Game Mbak, yang versi 10 ribuan, lama lama berhenti alias gulung tikar, karena saldo akun saya ngak ada member barunya.....hahahah.

    Kalau MLM berupa Produk tertentu saya belum pernah ikut, karena males jualannya plus modalnya juga ngak ada. :) Trik menjualnya juga saya masih binggung.

    Tapi....setelah saya lihat TRIk mbak dalam mengaet member Oriflame, mmmm...kayaknya boleh juga nih bisnis MLM. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh money game kayak gimana tuh? untungnya cuman 10 ribu ya?
      Tapi jadinya kang Nata berhasil dapatin keuntungan nggak? :D

      Delete
    2. Ngak dapat untung, hahah...

      Delete
    3. wkwkwkwkwkw, nggak papa deh, yang penting nggak rugi juga hahaha

      Delete
  4. sekarang money game kembali marak , dan banyak yang tertarik semestinya ya mikir secara logis apa betul bisa dapat keuntungan segunung seperti janji sebelum masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuman kok saya jarang eh kayaknya nggak pernah ditawarin ya hahaha

      Delete
  5. Saya tergolong yang pesimis soal MLM mba hehehe. Gmn nasib orang terakhir dalam rantai MLM ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, menurut teori, tak akan pernah ada orang terakhir dalam rantai, selama orang terakhir itu mau gerak bekerja merekrut hahahaha

      Delete
  6. Saya sering banget ditawari MLM kak, tapi belum sampai berminat kesitu, gak pede soalnya qiqiqi.. Aku tak pandai berkata-kata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya malah justru karena MLM jadi bisa sedikit menjual hehehehe

      Delete
  7. saya baru tahu lho kalau di oriflame itu semuanya harus jualan. kebanyakan MLM kan kalau jaringannya udah kuat kita tinggal nikmatin passive income aja. ternyata nggak gitu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya nggak ada satu bisnis di dunia ini yang ada passive income yang beneran pasive mba, semua bisnis selalu butuh kita tangani, mungkin bedanya, kalau udah sukses, penanganannya lebih mudah karena semua sudah bisa pakai uang :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)