Featured post

Wisata Belitung Timur Yang Tidak Boleh Terlewatkan Untuk Dikunjungi

Wisata Belitung Timur Source : PegiPegi, edit by Rey Assalamu'alaikum :) Sharing By Rey - Wisata Belitung Timur merupakan...

Tuesday, July 02, 2019

Blogger Indonesia Yang Menginspirasi Ala Rey


Menjadi Bagian Dari Blogger Indonesia


blogger indonesia yang menginspirasi


Assalamu'alaikum :)

Sharing by Rey - #TuesdayTechno - Blogger Indonesia yang menginspirasi? siapa ya?
Kalau ngomongin tentang menginspirasi secara personal, mungkin definisi masing-masing orang bakal berbeda-beda, demikian pula saya.

Dan karena ini personal blog milik Reyne Raea, tentunya yang akan dibahas adalah blogger Indonesia yang menginspirasi ala Rey.


Namun sebelum membahas siapa-siapa saja, para blogger Indonesia yang menginspirasi saya khususnya, let me tell you, how proud i am to be a part of para blogger Indonesia (Tsaaahhh, bahasanya sok English, padahal kalau ngomong langsung dijamin muncrat, lol).

Sejak memutuskan untuk lebih serius dalam mengelola blog ini, terlebih juga memutuskan bergabung dalam beberapa komunitas blogger di Indonesia, maka secara tidak langsung, saya mendeklarasikan diri saya sebagai bagian dari blogger Indonesia.


Dan karena itu pula, saya selalu merasa semangat memacu diri sendiri untuk bisa lebih maju lagi dan mengharumkan profesi blogger Indonesia.
Meskipun, sejujurnya hingga saat ini, saya belum pernah sama sekali menorehkan prestasi sekece teman-teman blogger Indonesia lainnya.

Setidaknya, dengan rutin berbagi pengalaman sendiri di blog ini, akan menjadikan saya sebagai seorang blogger Indonesia as a real blogger yang mana konsisten menulis konten sendiri, setidaknya bukanlah konten copy paste dari blog orang lain *tsah.



Ciri-Ciri Blogger Indonesia Yang Menginspirasi


Menurut saya, ada beberapa ciri-ciri khusus blogger Indonesia yang menginspirasi, khususnya saya pribadi, di antaranya adalah :


1. Blogger yang selalu menulis suatu hal berdasarkan pengalaman sendiri

Zaman sekarang, ada begitu banyak blog yang tersebar di dunia maya, baik itu blog dengan platform blogger, wordpress maupun lainnya.

blogger indonesia yang menginspirasi reyneraea

Pun juga blog dengan TDL (Top Level Domain) maupun gratisan.
Namun hanya ada sedikit blog yang rutin menuliskan hal yang beda dengan lainnya, setidaknya menuliskan pengalaman pribadinya.

Kebanyakan blog yang muncul, adalah blog dengan konten-konten copy paste dari blog orang lain. Baik yang diberi sumber maupun tidak.


Menurut saya, meski diberi sumber tulisan, selama postingan tersebut diunggah tanpa seizin empunya, saya rasa itu sangat merugikan si penulis aslinya.

Sebagian orang mungkin mengatakan, kalau tidak mengapa di copy paste asal diberi sumber dengan backlink dofollow. Tapi tahukah kita? kalau tidak semua backlink itu membuat performa blog kita jadi bagus.

Jika kita mendapat backlink dari blog yang performanya bagus, setidaknya blog tersebut tidak memiliki spam score yang tinggi, maka mungkin saja bisa mendongkrak performa blog kita.
Masalahnya adalah, kebanyakan blog yang copy paste tersebut adalah blog baru dengan performa yang masih newbie juga, kalaupun semakin lama usianya, dengan semua isi konten copy paste tersebut, bisa dipastikan bakal menjadikan blog tersebut dengan spam score yang tinggi.

Blogger Indonesia yang menginspirasi menurut saya adalah blogger yang menuliskan sesuatu berdasarkan pengalaman pribadi, sehingga apa yang dibagikan tentu lebih terpercaya dan bermanfaat bagi lainnya, sereceh apapun hal tersebut.



2. Blogger yang selalu menulis dengan jujur


Zaman sekarang kadang menjadi hal yang sulit, saat kita harus menuliskan suatu hal dengan jujur.
Mengapa?
Karena postingan kadang berbayar, yang mana jika nominalnya menggoda iman, rasanya runtuh sudah idealis kita menulis dengan jujur.


blogger indonesia yang menginspirasi review jujur

Blogger Indonesia yang menginspirasi menurut saya adalah, blogger yang masih berani menulis dengan jujur meskipun tulisan itu tulisan berbayar.
Setidaknya, bisa dengan mengatur tata cara menulis dengan baik, agar pembaca tidak salah kaprah, pun juga pihak klien tidak merasa dirugikan. 



3. Blogger yang menganggap pembaca adalah sahabat


Blogger Indonesia yang menginspirasi lainnya menurut saya adalah, blogger yang selalu menyediakan waktu untuk berinteraksi dengan pembacanya.

Sering terjadi, kita melihat postingan yang bagus, ada banyak komentar di kolomnya, namun sedikitpun tidak ada yang dibalas empunya blog.

Kalau pertanyaannya basa-basi sih, okelah dicuekin, tapi kalau pertanyaannya memang hal penting yang belum dijelaskan di postingannya?

Dengan berinteraksi dengan pembaca, seorang blogger akan mengganggap pembaca adalah sahabatnya, sehingga sikapnya dalam memperlakukan pembaca adalah seperti dia memperlakukan sahabat terbaiknya.



Salah satunya dengan membalas komentar pertanyaan, bahkan mengunjungi balik blog si pengomentar.



Blogger Indonesia Yang Menginspirasi


Lalu, siapakah blogger Indonesia yang menginspirasi saya? Sudah pasti teman-teman blogger yang rajin berkomentar di blog ini, lol.
Di antaranya adalah :



1. Kang Nata dengan blognya asikpedia.com



blogger indonesia yang menginspirasi asikpedia

Iya, iyaaaa..
Saya tahu, teman-teman mungkin bosan membaca pertemanan kami, lol.
Tapi sejujurnya, di antara teman blogger Indonesia yang menginpirasi saya adalah si empunya blog yang sering banget memakai foto profil Jet Li ini.

Kang Nata ini rajin banget komen di hampir semua postingan saya, yang membuat saya juga rajin mengunjungi blog asikpedia.com miliknya.

Karena seperti yang saya sering katakan, saya selalu mengutamakan berkunjung ke blog teman-teman yang meninggalkan jejak berupa komentar di postingan saya.



Di blog milik kang Nata, saya suka membaca postingan-postingannya yang ditulis dengan bahasa khas kang Nata.
Karena ciri khasnya yang unik tersebut, ditambah banyaknya postingan dari kisah hidupnya yang sebenarnya receh tapi berarti. Membuat saya jadi lebih ngeh dan familier akan blog dengan tema lifestyle tersebut.

So, sudah pasti kang Nata adalah salah satu blogger Indonesia yang menginspirasi ala saya.



2. Kuanyu dengan blognya katakuanyu.com

blogger indonesia yang menginspirasi katakuanyu

Blogger Indonesia yang menginspirasi saya berikutnya adalah Kuanyu.
Kalau teman-teman melihat beberapa postingan saya, dijamin bakal melihat banyaaaakkk banget komentar dari akun dengan nama Kuanyu.

Blogger Indonesia empunya blog katakuanyu.com ini adalah salah seorang blogger yang amat sangat rajin blogwalking, dan meninggalkan banyak komentar di berbagai postingan blogger lainnya.

Blognya sendiri, mempunyai niche khusus mengenai investasi saham dan bisnis, sebuah niche dengan CPC tertinggi yang ada di Indonesia.
Saya rasa, jika katakuanyu terus konsisten di update, bakal jadi salah satu blog yang sukses meraup banyak pundi-pundi rupiah di masa depan.

Sayangnya, beberapa hari lalu, Kuanyu pamit sebentar off dari dunia blogwalking karena menurutnya blognya kena jiggling oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

Awalnya saya nggak ngeh, apaan tuh jiggling, setelah googling barulah saya ngeh, dan juga sadar, beberapa bulan lalu saya sempat mengalami hal serupa, yaitu saat pageview harian saya membengkak sampai puluhan ribu, uwowwww.. untung blog ini nggak dihapus ama google.

Ah semoga Kuanyu cepat balik ke dunia blogging, kangen juga deh melihat daftar komen saya nggak ada nama Kuanyu, hehehe.


3. Fanny Fristhika Nila dengan blognya dcatqueen.com

blogger indonesia yang menginspirasi dcatqueen

Saya rasa tidak perlu lagi terlalu banyak membahas blogger cantik imut dengan hobi yang berlawanan dengan penampilannya yang imut ini.

Blogger satu ini sudah sangat terkenal banget di seantero blogger Indonesia dan pastinya menjadi salah satu blogger Indonesia yang menginspirasi saya.


Blogger imut ini terkenal banget karena bisa dibilang sebagai ratu blogwalking Indonesia, lol. Coba saja berseluncur di berbagai postingan blog para blogger Indonesia, niscaya bakal ketemu namanya di setiap kolom komentar yang ada.

Selain itu, postingannya dalam blog dcatqueen.com dengan tema khusus traveling, selalu muncul di page one halaman Google.
Sudah pasti hal tersebut membuat lalu lintas pembaca di blognya semakin banyak.


4. Aris Armunanto dengan blognya helloiamaris.blogspot.com

blogger indonesia yang menginspirasi helloiamaris

Sebenarnya, awal mengenal blogger ini, saat dia masih aktif mengelola blog lainnya yang berbahasa Inggris, namun sekarang saya lebih sering mengunjungi blognya helloiamaris.blogspot.com, dengan tema umum ini.

Salah satu hal yang paling menginspirasi saya dari mas Aris ini adalah, tentang konsistennya dalam hal mengupdate blognya.
Sehingga saat saya berkunjung ke blognya, bakalan puas disuguhi postingan-postingan terbaru miliknya.


5. Abd Kadir Rusdi dengan blognya jalandanmakanbro.blogspot.com


Hampir sama dengan mas Aris, blogger yang satu ini juga memiliki beberapa blog.
Emang ya, para blogger lelaki itu menginspirasi saya untuk ikutan punya beberapa blog yang pastinya bisa bermanfaat baik sebagai blog belajar maupun blog yang bisa mengumpulkan pundi rupiah melalui adsense.

Blognya jalandanmakanbro.blogspot.com adalah salah satu blog yang paling sering saya kunjungi, dan paling suka mencatat resep-resep masakan di sana.
Meskipun, hanya 1/10nya saja yang baru sempat di eksekusi, lolololol.


6. Himawan Sant dengan blognya tripofmine.com


Salah satu blogger Indonesia yang menginspirasi saya dengan gayanya yang unik adalah Himawan Sant. Melalui blognya tripofmine.com dengan niche khusus traveling plus ciri khas unik dengan suka banget menghiasi postingannya dengan berbagai pose fotogeniknya berlatarkan candi atau tempat-tempat wisata yang dikunjunginya.

Karena keunikannya tersebut, saya menyebutnya sebagai travel blogger terfotogenik, terus ketambahan bertopi dengan sub niche candi di Indonesia, *tsah, panjang banget sebutannya, lololol.


7. Anton Ardyanto dengan blognya maniakmenulis.com


Seperti beberapa blogger lelaki lainnya, bapak dengan anak manis berambut kribo ini juga punya beberapa blog, yang pastinya masing-masing blog sudah menyumbang pundi-pundi rupiah melalui adsense.

Namun salah satu blog beliau yang paling sering saya kunjungi adalah maniakmenulis.com, dengan tema blog ini adalah tentang berbagai hal umum.


8. Masih banyak lagi.


Ya ampun, saya udah capek ngetik, padahal masih banyak daftar blogger Indonesia yang menginspirasi ala saya, seperti :


Semua blogger di atas, adalah para blogger Indonesia yang menginpirasi saya dengan berbagai keunikan dan ciri khas masing-masing.

Kalau teman-teman, ada yang kenal dengan para blogger tersebut?

Share yuk :)

Semoga bermanfaat

Sidoarjo, 02 Juli 2019

Wassalam

Reyne Raea

51 comments:

  1. Kupikir bakalan diisi dengan empat serangkai lagi, kayak punyanya mas kuanyu. Ehh ternyata enggak. Saya salah praduga
    Wkwkwkkw


    Btw saya juga setuju banget sama blogger yang lebih banyak cerita tentang pengalaman pribadi dan jujur dari sudut pandang dia. Karena lebih terkesan natural

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, mau nulis 4 saja, tapi bingung milihnya, lah yang menginspirasi banyaaakk, termasuk ArlLina juga mah :D

      Next dimasukan di postingan lainnya :)

      Delete
    2. Wahhahahaha mbk rey bisa aja, kepala saya jadi besar nih

      Delete
    3. hahahaha, jangan besar-besar, entar nggak bisa pakai helm hahaha

      Delete
  2. ternyata banyak blog yang menyemangati para bloger lainnya, termasuk saya tersemangati dnegan blog ini

    ReplyDelete
  3. ehemzzz.....ehemzzz, ini nih yang sudah bikin saya ketawa tadi pagi, saya menjadi number one, hahahah......, yess,,,,! yess....!!!

    Tengkyu ya Mbak, karena saya dan blog saya sudah menjadi blogger inspirasi buat banyak orang, walau masih banyak kekurangan saya dan blog saya disana sini.#Kurang Cetar kayak blog Mbak Rey, hahaha....

    Ingat Mbak Rey, Saya jadi ingat dengan sosok Mbak Indri Pemilik blog Juragan cipir yang merupakan emak blogger dan sangat terkenal di kalangan para blogger laki - laki.

    Blog Mbak Indri itu penuh dengan curhatan, lalu terkenal, nah kemungkinan besar, Mbak Rey dan blognya bakal mengarah kesana, terkenal dan digandrungi oleh banyak blogger, terutama blogger laki -laki.

    Gejalanya sudah mulai nampak, yakni : sudah mulai banyak para blogger, terutama blogger laki laki mampir kesini, terutama saya, eaaaa...!!!

    #maaf jadi curcol, hkhkhkhk.....

    salah satu alasan mengapa saya sering keblog ini, karena, tema tulisannya sederhana, namun dipoles secara elegan, dan yang tak kalah penting pemilik blognya Freindly dan responsif, cuy...! hahaha..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuk uhuk uhukkkk,,, jadi batuk sumringah disandingkan ama mastah kayak mba juragan cipir huhuhu

      Delete
    2. Batuk Bu Haji...!!! di Komix saja. ✌😆.

      Delete
    3. Aamiin, semoga doa kang Nata tentang saya jadi haji diijabahNya, duuhhh pengen haji :D

      Delete
    4. Amin. Semoga Tabungan Hajinya segera berisi.

      atau....

      Semoga ada Pihak Pengusaha Pakaian Muslimah yg Mau kasih Sponsor.😁😀😆

      Delete
    5. wwkwkwkkwkwwk teteuuuppppp hhahahaa

      Delete
    6. setuju kang semoga blog sahabat kita ini seramai blog juragan cipir

      Delete
  4. Duh, Kang Nata dapat peringkat pertama, ha ha ha. Saya senang bisa kenal Kang Nata soalnya doi unik dari baca komen pertamanya di blog lama saya. Entahlah, kangen kala doi gak main dan komen lagi padahal saya sudah balas kunbal dan komen. Sampai saya komen ulang agar bisa mancing doi main dan komen. Syukurnya doi berkenan kunbal sampai keterusan sekarang.
    Gak tahu, deh, sama yang lain mah kalau saya dikomenin, lalu setelah balas komen gak nongol lagi, sayanya gak akan merasa kehilangan. Pada Kang Nata entah napa saya merasa kehilangan banget. Iyalah, ada yang unik dari pribadinya, komennya yang kocak dan tak terbayangkan. Orang serius kayak saya butuh banget hiburan agar bisa sesekali ketawa ngakak habis-habisan, ha ha ha.
    Saya jarang main berbalas komen ke blog teman karena merasa sok sibuk dan lupa ninggalin komen apa saja jika ada banyak blog yang harus saya kunjungi dan komeni, kalaupun main ulang ke blog yang sudah dikomeni, pastinya saya baca dan komen pos lain.
    Aduuuh, itulah saya. Selalu ingin beroleh hal baru daripada ngobrol. Iyalah, saya bukan tukang ngobrol da dalam keseharian saja jarang ngobrol, sibuk ngadepin komputer atau buku mulu daripada ngobrol. Kecuali pada anak dan suami masih diupayakan ngobrol, ha ha ha.
    Makasih, ya, Mbak Rey sudah sebut nama saya. BTW, saya juga kangen pada Kuanyu. Soal jiggling, gak paham tapi berharap kita semua tidak dijahati orang berjiwa bot.
    Sukses untuk semua teman-teman di atas. Salam hangat di sore yang masih panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya mba, komen yang unik memang sebagai branding juga ya, sayang banget banyak yang kurang menyadari hal tersebut :)

      Saya juga suka ubek2 postingan lama teman-teman.
      Makanya hepi banget kalau nemu blog yang isinya banyak :D

      Delete
  5. Hampir kenal semuanya teh hehehe, oh ya soal bang Kuanyu iya rasanya sepi ya kalau dia off dulu, padahal dia paling sering nyeletuk di blognya teh Rey hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa, kangen juga deh, biasanya setiap saat pasti dia nongol ninggalin komen :)

      Delete
  6. Masih banyak lagi, sampai saya tidak disebutkan. Sekarang tidak bisa dipungkiri, banyak artikel yang berbayar. Hal itu pastinya demi kelansungan admin blognya. Biar dapur tetap ngebul. Walau hal jujur tidak bisa katakan seratus persen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, semogaada postingan part 2 biar muat semua :D
      Iya juga sih, kadang kala dengan kebutuhan ya hehehe

      Cuman ya akhirnya bikin pembaca kabur juga ya, sebisa mungkin di campur dengan postingan organik :)

      Delete
  7. Mba Rey, kayaknya aku kuper. Tulisan ini jadi kayak kamusku supaya ngeh blogger kece versi mba Rey ini. Biar wawasanku luas, aku tak mampir ke blog diatas. Biar hidupku gak seputar dapur, sumur dan kasur *eh wkwk. Setuju banget, Emang tulisan berdasarkan pengalaman lebih ngena dibaca ya. Jadi bisa belajar dari cerita riel empunya blog.
    Tentu saja mba Rey adalah blogger yang juga keren se Indonesia. Semua tulisan sehari2 dikemas dengan menarik. Gak pernah kehabisan ide nulis. Cowok bontotnya padahal lagi aktif2nya. Ntah gimana manajemen waktunya. Salut banget nget. Padahal aku selalu alasan "ditempelin Lui mulu". Bye laptop. Eh emak dari Buton ini produktif banget. Hebat. Jempol 2 kaki 2 tangan. Kapan2 boleh ya aku wawancara lebih detail setajam silet tentang ngatur waktunya xixi. Terus menginspirasi kami Mami Darrel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakakak, ini nggak pakai manajemen waktu say, kalah ama si bayi yang gak bayi lagi ini.

      Ya gitu deh, ngetik sambil nyusuin, ngetik sambil nyuapin, hanya main bareng yang nggak sambil ngetik.
      Semoga lapy ini kuat2 aja karena dinyalain lama2 mulu hahaha

      Delete
  8. Arif Armunanto : maaf mbak Rey yg ini salah tulis hehehe

    Trimakasih nama saya sudah disebutkan dlm dafter diatas. Blog reyneraea.com juga sangat menginspirasi dengan suguhan pengalaman pribadi yg mengasyikkan utk dibaca....btw saya sekarang nggak bisa sekonsisten menulis kayak sebelumnya mbak, fokus saya sekarang lagi berusaha meningkatkan kwalitas artikel, semoga setelah terbiasa saya bisa lebih sering update artikel seperti dulu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha udah di edit, padahal saya tahunya Aris loh, entah kenapa jari mengetik Arif hahaha.

      Waahhh semangat selalu ya :)

      Delete
  9. Wah.. Semua yang disebut di atas emang pantas diidolakan, saya juga suka lho mbak😊, berkunjung ke blognya mereka bikin semangat melejit lagi....
    Udah macam roket aja😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bener ya, blog walking itu menyenangkan, jadi tahu banyak blogger lainnya :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Inspiratif. Saya rasa yang nulis artikel juga menginspirasi. Lalu mas Sugeng, Tymon Adioso & Juragan Cipir. Terakhir, saya juga belajar dari Yodhia Antariksa dosen pakar manajemen yang suka nge-blog. Intinya memang mereka karakter yang khas dan gaya nge-blog yang berbeda2. Semakin banyak referensi, semakin menambah wawasan. Nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya, saya suka blognya mas Sugeng, keren kontennya, sederhana tapi mengena langsung.

      Bener banget, masing2 blogger punya ciri khas :)

      Delete
  12. Blogger keren semua ini, mas kuanyu sama mba rohyati fav saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh keren mah mereka, sayang nih Kuanyu nggak nongol lagi

      Delete
  13. Kok ga ada Sharing By Rey di list tadi? Padahal itu blog bagus banget, isinya simpel tapi ngena buat yang baca. Baca blog SBR itu berasa kaya lagi ngobrol sama si empunya blogger, ga kaya blog lain yang bikin baca itu berasa kaya lagi dikuliahi.

    Lain kali perlu lho ngulas blog SBR itu. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, makasih mas.
      Kalau blog ini mah semoga bisa menginspirasi lainnya.
      Kalau saya terinspirasi dari blog lain aja hahaha

      Delete
  14. Sebagai blogger yang seliweran bw, nama-nama blog di atas sungguh tidak asing :D
    Semoga kita semua bisa jadi blogger inspirasi untuk para pembaca. Karena setiap orang punya cara masing-masing dalam menginspirasi orang lain baik dengan perbuatan, perkataan, dan atau dengan tulisan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe iyaa, blog dudukpalingdepan juga sangat menginspirasi btw, saya jadi tahu kehidupan sipir wanita gara-gara main ke sana :)

      Delete
  15. dari deretan nama yang tertera, memang mereka blogger yang luar biasa

    ReplyDelete
  16. kucek-kucek mata bu ada nama saya ALhamdulillah, semoga akan terus terjalin hubungan saling menginspirasi tersebut

    ReplyDelete
  17. Kalo aku masa ka reyne salah satu inspirasinya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa bisa aja, kita semua saling menginspirasi ya :)

      Delete
  18. Wah, satu pun belum pernah aku mampir ke blog di atas. Ikutan ah mau belajar ngeblog ala mereka.

    ReplyDelete
  19. Setuju sekali mbak...blog yang ditulis dg opini jujur bisa dijadikan inspirasi buat blogger lain. Dapet uang gak harus dg ngasi opini palsu..tinggal gimana caranya menuangkan opini jujur tanpa merugikan saja ya...

    Saya juga mulai semangat ngeblog setelah baca tulisan ini mbak..inspiratif sekali...heheheh

    Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah salam kenal mba, terimakasih udah mampir membaca dan meninggalkan komen :)

      Delete
  20. andai itu yang disebutkan itu arjuna freddy pasti saya dan keluarga bakal bahagia, jujur sih saya tak begitu percaya dengan semua orang dunia maya boro - boro deket vidio call aja susahnya minta ampun.

    ReplyDelete
  21. Halo Mba Rey,,,

    Salam kenal dulu ya sebelumnya...
    Saya Newbee Banget dalam dunia per blog-an.. Hehehe..
    Bicara masalah Blogger Idola,, saya mungkin bisa dibilang salah salah satu idola blog nya Mba Rey karena blog yang disuguhkan banyak mengandung inspirasi, apalagi bagi IRT dan Pebisnis..
    Tetep menulis yang bisa jadi inspirasi semua orang ya Mba..^_^

    Tentu juga saya bakal mengunjungi blog2 idola Mba Rey di atas..
    biar menambah semangat buat menulis blog lebih baik lagi.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh makasih banget ya :)
      Semangaattt ngeblog :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)