Wednesday, July 24, 2019

Prive Uri-Cran, Cara Praktis Bebas Anyang-Anyangan Bagi Wanita Aktif Dan Percaya Diri


Wanita Aktif Dengan Masalah Kloset Umum Zaman Now 


prive uri-cran


Assalamu'alaikum :)

Sharing By Rey - Di zaman milenial seperti sekarang, rasanya semua wanita dituntut menjadi selalu aktif di luar rumah tanpa peduli apapun profesinya.

Bukan hanya para wanita yang berkarir di luar rumah, bahkan ibu rumah tangga sekaligus blogger seperti sayapun, dituntut untuk lebih aktif di luar rumah.

Salah satunya, dengan mengikuti kegiatan event blogger, maupun mengantar jemput anak sekolah/les serta menghadiri pertemuan di sekolah anak. Tak lupa pula menemani anak berjalan-jalan di hari libur.

Setidaknya, 2-3 hari dalam seminggu, saya harus beraktifitas di luar rumah, yang mana kadang menghabiskan waktu berjam-jam lamanya, terlebih jika itu adalah weekend.

Tak jarang saya menghabiskan waktu sejak pagi hingga malam di luar rumah untuk berbagai kegiatan.

Sejujurnya, meski lelah, namun saya selalu menikmati waktu saya berada di luar rumah seperti itu, karena memang dalam keseharian, saya menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, sehingga kegiatan keluar rumah seperti itu semacam penyeimbang kewarasan bagi saya.

KECUALI..
Menahan buang air kecilnya alias pipisnya.

Sebagai wanita yang jijikan, saya selalu dilema jika harus pipis di toilet umum.
Jangankan di toilet yang 'apa adanya', bahkan di toilet mall yang terlihat mewah dan berharga puluhan hingga ratusan juta (iyaaaa, kloset di mal-mal modern itu mihil-mihil loh), yang mana juga disediakan cairan alkohol pembasmi kuman untuk dudukan klosetnya, saya masih merasa kurang nyaman untuk pipis.

Terlebih, zaman sekarang rasanya sulit mencari toilet jongkok, rata-rata toilet duduk yang mana kita kudu 'ikhlas' berbagi bekas p*nt*t dengan orang lain, lol.

Kalaupun terpaksa ikhlas bekas p*nt*t, zaman sekarang sudah jarang kita temui toilet yang menyediakan jet shower alias selang cebok.

Rata-rata menggunakan keran cebok otomatis yang memang ditujukan buat BAB saja, alias buat membersihkan lubang anus saja.

Yang jadi masalah adalah, kran tersebut letaknya di bagian belakang anus dengan arah basuh ke depan, dan itu berarti kotoran dari anus mengalir ke bagian depan, hiks.

Sungguh betapa saya merindukan kloset jongkok dengan jet shower yang airnya mengalir lancar, meskipun semua itu juga belum membuat saya bisa nyaman pipis di toilet umum dengan kloset jongkok.

Iya kan!
Siapa yang tahu coba, bagaimana kebersihan air yang tersedia di situ.
Iya... saya rempong!
Jijikan!
Tapi demi kesehatan!


Wanita Aktif Jadi Rentan Anyang-Anyangan


Karena masalah toilet di ataslah yang menjadi penyebab terjadinya anyang-anyangan pada wanita khususnya wanita aktif zaman now.

isk atau infeksi saluran kemih


Apa Itu Anyang-Anyangan?


Ingat ya, anyang-anyangan, bukan ayang-ayangan lol.

Anyang-anyangan itu adalah sebuah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti sejenis penyakit di mana kita terasa ingin buang air kecil terus.

Pernah nggak, ngerasa ingin buang air kecil atau pipis terus, tapi saat di toilet air seni yang keluar hanya sedikit dan berasa belum atau tidak bisa tuntas.
Kadang, saking seringnya bolak balik toilet, kemaluan kita bakal terasa panas dan sungguh tidak nyaman.

Nah itulah namanya anyang-anyangan.
Sejujurnya saya baru mengerti tentang anyang-anyangan saat hamil dan menyusui, makanya saya baru tahu namanya anyang-anyangan, entah apa sebutannya dalam bahasa daerah lainnya, hehehe.

Anyang-anyangan ada beberapa penyebab, namun yang paling sering terjadi adalah merupakan gejala awal ISK atau Infeksi Saluran Kemih.

Beberapa ciri terkena anyang-anyangan, yaitu :

  • Ingin buang air kecil secara terus menerus, sungguh nggak nyaman ya, baru saja dari toilet, eh semacam pengen pipis lagi.
  • Saat buang air kecil terasa sakit atau nyeri, biasanya jika sudah berkali-kali mondar mandir ke toilet, saat pipis jadi terasa sakit atau nyeri dan panas.
  • Buang air kecil yang tidak lancar, semacam ada penghalangnya dan tidak tuntas, receh tapi nggak nyaman banget deh.



Apa Itu ISK (Infeksi Saluran Kemih)


Infeksi saluran kemih atau yang biasa disebut ISK adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih yang terjadi karena mikroba.

Sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri, meskipun dapat pula disebabkan oleh jamur maupun virus.
80% dari kasus ISK terjadi karena adanya bakteri E-Coli yang menempel pada dinding saluran kemih.

Serem banget ya, kejawab kan, mengapa saya selalu bete dengan kloset canggih zaman now, yang mana keran ceboknya berpotensi mengalirkan kotoran anus yang sarat dengan bakteri E-Coli ke kemaluan.

Sementara bakteri E-Coli itu sendiri adalah bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia, yang biasanya dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses.

Jika tidak hati-hati, bakteri E-Coli dapat secara tidak sengaja masuk ke saluran kemih dan menempel di dinding saluran kemih.
Jika terus didiamkan, bakal terjadi yang namanya ISK.

Meskipun demikian, sebenarnya ISK adalah infeksi yang paling umum terjadi pada manusia, bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak dan pria, namun lebih banyak menyerang wanita.



Wanita Dan Infeksi Saluran Kemih


Seperti yang dijelaskan dengan rinci dalam acara 'Prive Uri-cran Woman Community, Aktif Dan Percaya Diri Dengan Memelihara Saluran Kemih' , yang diselenggarakan pada hari Sabtu lalu, 20 Juli 2019 di hotel Santika Premier Surabaya.

Dalam acara tersebut, hadir sebagai narasumber dr. Eighty Mardiyan Kurniawati, SpOG(K) yang membahas dengan tuntas dan detail mengenai ISK atau anyang-anyangan tersebut.

infeksi saluran kemih
dr. Eighty Mardiyan Kurniawati, SpOG(K)

Bahwa, wanita adalah mahluk yang paling rentan terkena ISK atau anyang-anyangan, dikarenakan beberapa hal, seperti :

  • Secara anatomi saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus ketimbang pria.
  • Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah buang air kecil, sementara air sering dan bisa menjadi tempat bakteri.
  • Wanita lebih sering menahan buang air kecil, karena butuh ruang tertutup atau toilet saat hendak buang air kecil.
  • Wanita memiliki resiko terpapar bakteri lebih tinggi, melalui dudukan kloset dan sebagainya.



Prive Uri-Cran, Cara Praktis Bebas Anyang-Anyangan Bagi Wanita Aktif Dan Percaya Diri


Serem banget kan ya, dan betapa menyedihkan jadi wanita aktif dengan segala kerempongannya.
Resiko terkena anyang-anyangan hingga berlanjut jadi ISK bahkan lebih parah bisa meningkat menjadi gagal ginjal, karena bakteri tersebut bisa terus naik menjangkiti ginjal manusia.

Karenanya, kita butuh sesuatu yang bisa menangkal resiko terkena anyang-anyangan.
Salah satunya dengan BUAH CRANBERRY.


Buah Cranberry, Si Imut Yang Ajaib


Berdasarkan penelitian yang sudah lama dilakukan di dunia, buah cranberry ternyata sangat efektif mencegah infeksi saluran kemih, karena kaya akan Proantocyanidin (PAC).
Zat tersebut dapat mencegah penempelan bakteri pada dinding saluran kemih.

ekstrak cranberry
Pohon buah cranberry - wikipedia

Jus cranberry diperkirakan dapat mencegah adhesi bakteri patogen, terutama E-Coli pada sel-sel epitel saluran kemih.
Dan jus cranberry dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, meskipun dalam kondisi tertentu, mungkin bisa menyebabkan mual dan muntah.

Oleh karenanya, buah cranberry merupakan pilihan alternatif non antibiotik profilaksis, yang dapat mengurangi angka kejadian infeksi E-Coli pada saluran kemih sebesar 36%, serta menurunkan 58% angka kejadian ISK berulang.

Namun sayang!

Buah cranberry tidak mudah diperoleh di Indonesia, buah ini memang berasal dari Amerika dan kalaupun masuk ke Indonesia dipastikan harganya sangat mahal karena impor.

Selain itu, rasanya yang asam, membuat orang jadi kurang suka memakannya langsung dan harus mengolah setidaknya menjadi sebuah jus.


Buah Cranberry Praktis Dalam Prive Uri-Cran Oleh Combiphar


Beruntunglah, PT Combiphar yang telah malang melintang di Indonesia sejak tahun 1971, menjawab beberapa kesulitan masyarakat Indonesia dalam pencegahan infeksi saluran kemih melalui buah cranberry dengan menghadirkan PRIVE URI-CRAN.

prive uricran
Michaela Talita, Senior Brand Manajer Prive Uri-cran

Prive Uri-Cran adalah Ekstrak cranberry yang dapat mencegah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih serta ISK berulang.

Ada beberapa jenis Prive Uri-Cran yang dijual di pasaran yaitu,

prive uricran


  • Uri-Cran Capsule, yang terdiri dari 30 kapsul dalam 1 box, dan setiap kapsulnya mengandung 250 mg ekstrak cranberry.
Uri-Cran Capsule ini bisa dikonsumsi dengan dosis 1-2 kapsul setiap harinya.

  • Uri-Cran Plus, yang terdiri dari 15 sachets per box, dan setiap sachetnya mengandung: 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg vitamin C, 0,1 mg bifidobacterium bifidum serta 0,1 mg lactobacillus acidophillus. 
Uri-Cran plus ini bisa dikonsumsi dengan dosis 1-2 sachet setiap harinya.

infeksi saluran kemih


Manfaat Mengkonsumsi Prive Uri-Cran


Sebagai wanita aktif dan percaya diri, tentunya bebas anyang-anyangan apalagi ISK adalah keharusan!

prive uricran
minum setiap hari Prive Uricran untuk mencegah
anyang-anyangan

Bagaimana bisa aktif dengan produkti serta percaya diri, kalau bentar-bentar nyari toilet, bentar-bentar semacam butuh popok dewasa, lol.

That ways, mengkonsumsi Prive Uri-Cran adalah sebuah keharusan juga, karena telah terbukti dapat membantu cegah anyang-anyangan dan ISK tanpa harus mengkonsumsi antibiotik.

Secara...
Antibiotik memang bagus, namun sayang antibiotik bekerja dengan mematikan semua bakteri yang ada di dalam tubuh, termasuk bakteri baik.
Padahal probiotik atau bakteri baik amat sangat penting bagi tubuh kita.

Selain itu, konsumsi antibiotik juga sangat merepotkan, karena harus teratur dan hingga habis, jika tidak akan mengakibatkan resistensi pada tubuh.

Prive Uri-Cran, adalah cara praktis mencegah dan mengobati anyang-anyangan maupun ISK.
Dengan Prive Uri-Cran, kita bisa bebas anyang-anyangan, dan tetap bisa aktif, percaya diri serta produktif di saat kapanpun.

Selain mengkonsumsi Prive Uricran, jangan lupakan beberapa hal lain agar kita selalu bisa jadi wanita aktif dan percaya diri tanpa anyang-anyangan, seperti :

  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan
  • Tidak menahan buang air kecil, usahakan berkemih setiap 3 jam sekali karena normalnya dalam 3 jam, kantung kemih kita akan penuh.
  • Memperhatikan kebersihan kloset dan air yang kita gunakan, sebaiknya selalu membawa cairan antiseptik untuk berjaga-jaga jika harus membersihkan dudukan kloset di tempat umum.
  • Membasuh organ intim dengan cara yang benar, yaitu dari depan ke belakang, agar mengurangi resiko bakteri E-Coli tanpa sengaja masuk ke saluran kemih.

Jadi, siapa nih yang selalu minum setiap hari Prive Uricran nya?
Keterangan lebih lanjut, kunjungi website http://uricran.co.id/

Oh ya, jangan lupa untuk ikutan weekly quiz yang diselenggarakan di akun instagram @uricran.id ya, segera follow dan ikuti ketentuan yang ada.Ada beragam hadiah menarik yang bisa dibawa pulang loh :)


Senoga manfaat :)

Sidoarjo, 24 Juli 2019


#Uricran #UricranWomansCommunity #Combiphar #SurabayaMalang

56 comments:

  1. Artikel tentang Prive Uri-Cran dan Anyang-Anyangan adalah KONTEN BERSEJARAH buat saya.

    Because.....!! ( cieee,,,gue sudah bisa dikit - dikit bahasa bule, non.... :) )

    Karena, artikel dengan tema inilah, saya pertama kali menjejakan komentar di blog ini pada tahun 2018 silam.

    Yang mana artikel sebelumnya adalah artikel lomba, ( artikelnya yang dulu menang lomba ngak yah...? ).

    Kembali ke tema Tulisan ini.......

    Ada sebuah pertanyaan...

    " Jika ingin pipis terus menerus dalam jumlah sedikit ataupun banyak, tapi lancar dan tidak terasa sakit, apakah bisa di sebut dengan Anyang-anyangan...?

    Mohon pencerahannya Mbak..., Tengkyu bertubi - tubi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa, dulu yang menang blogger dari Surabaya kang :D
      Lumayaaann banget, dapat laptop :D

      Biasanya kalau anyang-anyangan pipisnya kayak nggak tuntas kang, dan kalau dibiarin bisa jadi sakit.

      Kalau nggak sakit bisa jadi karena faktor lain, misal kayak beser atau lainnya. Yang bukan disebabkan bakteri

      Kalau anyang-anyangan kebanyakan disebabkan bakteri :)

      Delete
  2. nah kalau untuk laki laki bisa nggak soalnya ada juga yang ngalami selalu pingin pipis kalau pas mau masuk mesjid wah berabe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga kok laki-laki yang kena anyang-anyangan, meski lebih banyak perempuan.

      Tapi, anyang-anyangan sama beser itu beda.
      Anyang-anyangan tuh biasanya ada rasa perih dan pipisnya semacam nggak tuntas gitu :D

      Delete
  3. Anyang-anyangan, saya dulu waktu masih kecil sering banget kena anyang-anyangan. Biasanya karena terlalu aktif lari-larian. Kalau sekarang alhamdulilah jarang, paling kalau kelamaan di tahan jadinya anyang-anyangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iyaaa... anak perempuan banyak loh yang kena, lebih rentan soalnya :)

      Delete
  4. Anyang²an ini nyiksaaa banget dah.
    Untung ada Prive Uricran yak

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah ada teman satu kos waktu di semarang kena ayang-ayangan, setelah saya pijat refleksi di bagian ginjal, saluran kencing dan kandung kencing bisa sembuh, tapi lebih praktis sih kalau tinggal minum Prive Uricran

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih serem juga kalau sampai ginjal.
      Sebaiknya di cegah ya, soalnya bisa jadi gagal ginjal

      Delete
  6. Kalau orangnya sering pipis, malah abis pipis rasa nya mau pipis lagi, tapi tanpa rasa sakit itu anyang-anyangan nggak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa disebut anyang-anyangan mba, jika dibiarkan jadi sakit, karena berkali-kali rasa nggak tuntas pipisnya :)

      Delete
  7. Paling males ke toilet umum yang gak bersih ya, mending nahan pipis aja deh padahal itu gak baik ya bisa mengakibatkan anyang-anyangan.
    Gak bisa didiamkan ya nanti berisiko ISK serem banget. MEnding diobatin deh pakai Prive Uri Cran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, dilema emang ya, untung deh ada uricran :)

      Delete
  8. Anyang-anyangan emang ga enak banget ya mba untungnya ada Uricran ini ya kita bisa bebas cepat dari anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  9. Duh saya pernah ngalamin ini dan rasanya nggak enak bangeeetttt. Asli gak enak banget. Saat itu kalo gak salah saya minum Uri-Cran juga, dalam 2-3 hari kembali nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbaaa, pengen bolak balik toilet aja rasanya ya :(

      Delete
  10. Bener banget mbak, kalo mau pipis di toilet umum yang gak nyaman dan jorok malah bikin pengen nahan pipis aja rasanya. Kadang hal hal kayak gini sepele tapi bahaya yaa ternyata. Untung ada prive uri cran. Jangan sampee deh kita kena ISK

    ReplyDelete
  11. Beberapa kali kena anyang-anyangan dan pas hamil pula. Disarankan dokter untuk minum uri cran jadi nyaman banget dan terhindar dari ISK mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, saya juga dulu kena pas hamil, ga enak banget pokoknya :)

      Delete
  12. Cakep buah cranberry sayang mpo velum coba cicipi. Tapi alhamdullilah buah tersebut bisa mengatasi anyang anyang dalam bentuk sachet prive ur can

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sama mpo. saya juga belom pernah cicipin, untung ada prive uricran :D

      Delete
  13. Prive uricran terbukti manjur mengatasi anyang2an ya mbak. Anyang2an memang gak enak banget, sakit rasanya... apalagi kalau harus bolak-balik kamar mandi...duuuh rasanya gak nyaman banget.

    ReplyDelete
  14. Kalau mau naik gunung, saya sekarang selalu nyetok uricran dulu. Tahu sendiri kan kalau di gunung ga ada toilet. Hehehe...
    Dulu waktu sebelum tahu ada uricran saya bela belaan nahan pipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iyaaaa, di gunung malah lebih membingungkan ya :D

      Delete
  15. Ini bisa untuk kaum adam kan ya? bapak mertua aku nih sering bolak balik ke kamar kecil, pipis terus... aku mau kasih urican ini juga deh.. semoga bisa membantu mengatasi permasalahannya yang sering buang air kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mba, semua orang kok, bahkan anak-anak, ternyata anak cewek juga banyak loh yang kena anyang-anyangan.

      Delete
  16. Iya tuh aku paling males sama toilet duduk. Tapi ini bbrp mall di sini alhamdulillah ada yg jongkok jg.
    Anyang2an krn nahan pipis emang gak enak banget ya mbak, utnung sekarang udah ada uricran utk menyembuhkan masalah ini. Tapi tetep baiknya hindari nahan2 ke toilet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau mall lama biasanya masih bisa temukan yang jongkok, kalau yang baru dan modern hadeeehhh..

      Cuman enaknya yang baru itu disediakan cairan antiseptik gitu buat lap dudukan kloset.
      Tapi ya gitu, cebokannya pakai air yang mengalir dari belakang ke depan

      Delete
  17. Aku pernah icip Prive Uri Cran ini.
    Manis dan kecut bersinergi.
    Menurutku lebih nikmat disajikan dingin.

    Baidewei,
    Kalau bisa memilih, toilet jongkok lebih kusuka, kayak mba April Hamsa
    Namun kini justru itu yang semakin langka

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha enak mba, saya lebih suka kalau pakai air es hihihi

      Bangeett, kalau duduk mending di rumah aja, tapi kalau umum, duh mending jongkok deh hiks

      Delete
  18. AKu paling sebeeel kalau anyang - anyangaaan mba. Makanya usahakan jangan kurang minum dan ingat buang air kecil

    ReplyDelete
  19. Aku juga sering banget anyang-anyangan nih mba. Jadi makin jarang minum kalau lagi gak di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, abisnya dilema, minum mulu nggak suka di toilet umum :(

      Delete
  20. Aku tuh selalu upayakan di toilet jongkok kalau di tempat umum. Biar kerasa lebih bersih juga. Anyang anyangan ini emang bikin ga nyaman deh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, iya mba, dulu saya kadang nekat naik ke kloset duduk loh kalau lagi ngemol, tapi sekarang model klosetnya didisain sedemikian rupa, sehingga kalau nekat naik, kita bisa kejungkal hahahahaha

      Delete
  21. Wah jadi solusi praktis banget ya buat yg menderita Anyang Anyang... Alhamdulillah..

    ReplyDelete
  22. baca postingan ini terus inget stok uricranku cuma tinggal 3 saset. saatnya beli lagi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha cusss mba, kalau ada eventnya ikutan deh, biasanya dijual dengan harga yang diskon banget :D

      Delete
  23. aduuhh Kak, sudah saya mi itu, paling anti sebenarnya dengan toilet duduk (apalagi di tempat umum), mana sekarang rerata tempat umum adanya toilet duduk, huhuhh. padahal tahan pipis itu tidak boleh pake banget.
    saya pernah itu ISK pas hamil anak kedua, hiksss.
    di hotel pun juga sekarang kayak gtu.. paling susah klo mau BAB, ingin rasanya bawa gayung dari rumah daaahh.. hikkss *saya emang udik, hihihih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakakakaka ampoonnn ngakak.
      Sini kita pelukan, bukan cuman dirimu kok, dirimu mah cuman INGIN BAWA GAYUNG.
      saya malah udah bawa wakakakak

      Meski bukan gayung sih, kayak kotak-kotak gitu buat cebok.
      Secaraaaa, cebok pakai jet shower juga sebenarnya nggak sehat, apalagi yang nggak bisa dikontrol kencang airnya

      Delete
  24. Dulu banget saya pernah anyang2an, kalau gak salah waktu masih SD. Rasanya memang gak enak banget.

    Kalau skrg kena anyang2an, lebih gampang ya.. Karena ada uricran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, anak-anak juga banyak loh yang kena anyang-anyangan :D

      Delete
  25. Setuju dengan toilet di mall atau hotel yang udah kinclong pun juga masih bikin parno. Udah bersih atau belum, kan cuma fisiknya aja yang bersih. Yang tak nampak itu yang bikin bakteri bisa juga ada di permukaan toilet nya ya.

    Eh tapi kalo udah konsumsi Uricran sih, bisa dong bikin hati tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, kinclong bukan berarti bebas bakteri ya :(

      Delete
  26. Yes, sebagai bumil yang sudah bebas ISK karena Prive Uri-cran juga begitu senang sekali jadi ga kenal lagi namanya jempol dikaretin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaa, jadi ingat mbak Yuni, jempolnya dikaretin wakakakak

      Delete
  27. ga aktif pun juga rentan. kaya duduk terus males pipis kan jadi mengendap urinenya. ya kan mba. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener banget, jangan males atuh ke toilet :)

      Delete
  28. Aku pun pernah terkena anyang-anyangan dan itu sungguh menyiksa. Stok Prive Uri-Cran yang aku punya udah habis dan alhamdulilah dapat kiriman buah Cranberry dari adik sepupu yang kerja jadi TKI di Hongkong. Kapan-kapan kalau ke Semarang pengen beli Prive Uri-Cran yang bubuk deh kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh asyiknyaaa bisa cicipin buah cranberry asli, itu jarang banget di Indonesia ya :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)