Tuesday, March 31, 2020

9 Tips Agar Artikel Di Blog Ramai Komentar A La Rey

agar blog ramai komentar

Sharing By Rey - Mendapatkan banyak komentar di blog? pasti menyenangkan, meskipun kadang kewalahan juga balasnya, setidaknya buat saya sih.

Walaupun, ada juga satu dua blogger yang bahkan menutup kolom komentarnya, dengan berbagai alasan.

Menurut saya, komentar di artikel blog kita itu penting juga.
Salah satunya tentu saja menguntungkan dari segi marketing.

Ibarat membuktikan, kalau apa yang kita tulis itu bisa dipertanggung jawabkan, ditulis oleh seseorang yang aktif, bukan hanya copas semata.

Pun juga meningkatkan nilai trust pembaca.
Secaraaaa... zaman now mah, sudah terlalu banyak blog yang ada, tulisan sejenis pun banyak, bahkan dibahas secara detail di website yang jauh lebih terpercaya.

Karenanya, menciptakan sesuatu yang punya ciri khas dan nilai 'trust' itu penting banget.
Terlebih kalau ingin memanfaatkan blog sebagai sumber penghasilan.

Meskipun, memang tidak dapat disangkal pula, jika komentar di blog bisa membahayakan performa blog kita sendiri.

Tapi, sebenarnya hal itu masih bisa kita siasati, tanpa harus menutup kolom komentar kita secara penuh, karena selain menggambarkan betapa kita tidak butuh pembaca (ye kan, kalau kita butuh pasti membiarkan pembaca untuk bertanya melalui komentar), pun juga kurang bisa menggambarkan kalau blog kita terpercaya.


Cara Mendapatkan Komentar Secara Natural


Dari beberapa artikel yang saya baca, sesungguhnya ada sebuah formula yang bisa mendatangkan banyak komentar di blog, yaitu :
 Trafik + engangement + emosi = komentar.

agar postingan blog mendapatkan banyak komentar


Trafik adalah pengunjung yang masuk ke blog kita.

Engangement adalah pengunjung yang membaca artikel di blog, atau pengunjung yang punya perhatian terhadap artikel di blog kita. Semakin banyak yang dia baca, semakin bagus engangement-nya.

Sementara emosi adalah, bagaimana kita menulis sesuatu sehingga membuat emosi pembaca jadi bekerja, oh iya emosi di sini bukan melulu negatif ya, misal emosi ngamuk gitu, bukan!
Tapi bagaimana pembaca jadi tersentuh, terharu, kesal, marah, gemes dan semacamnya.

Untuk itu, biasanya dibutuhkan story telling yang pastinya dimulai dari judul dan pembuka yang menyenangkan alias tidak membosankan.

Untuk di blog saya ini sendiri, komentar natural itu biasanya berasal dari tema techo/blogging yang banyak membahas isue blogger (bukan ilmu malah, tapi isue hahaha).

Atau srtikel parenting, yang bercerita tentang pengalaman, bukan teori.
Serta off course tema marriage/relationship, karena mostly ya dari pengalaman pribadi saya yang kadang mendayu-dayu, hahaha.

So, kalau mau mendapatkan komentar natural dan nyambung, ya salah satu caranya bisa menggunakan formula tersebut.


Agar Artikel Di Blog Ramai Komentar


Lalu, bagaimana kalau memang tema blog kita, rata-rata masih umum? apakah tidak bisa mendapatkan banyak komentar di blog?

Tentu saja masih bisa dong, karena ada banyak jalan menuju Italy, eh salah! ngapain ke Italy, banyak virus hihihi.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, setidaknya ada beberapa cara untuk mendapatkan banyak komentar di blog, di antaranya :

blog dengan komentar banyak


1. Buka banyak pilihan akun untuk komentar


Sudah menjadi rahasia umum, kebanyakan yang suka ngasih komentar di blog itu ya para blogger juga.

Dan kebanyakan yang ninggalin komentar tersebut punya tujuan tertentu, salah satunya ya menanam backlink untuk kenaikan performa blognya.
Karenanya, meninggalkan url blog di nama komentar itu sangat penting.

Masalahnya, pilihan url tersebut kadang malah membahayakan empunya blog, entah itu bisa jadi broken link atau juga mempengaruhi dalam spam score, atau lainnya.

Karena itulah, sebagian blogger memutuskan untuk menghilangkan kolom url blog di kolom komentar, bahkan ada yang sampai menghilangkan kolom komentar bawaan blog, diganti dengan komentar facebook atau disqus.

Alasannya, tentu saja agar loading blog jadi lebih ringan dan bebas broken link serta efek buruk pengaruh backlink yang tertanam di nama kolom komentar.

Jika hal itu terjadi, maka akan berkurang juga blogger-blogger lainnya yang akan komen dengan niat menanamkan backlink.

Karenanya, membuka opsi komentar dengan banyak pilihan akun itu penting jika kita mau mendapatkan banyak komentar di artikel kita.


2. Buat artikel menarik dan beri penutup yang menggugah untuk dikomentari


Ini seperti yang saya tuliskan di atas, buat artikel dengan formula yang memancing komentar pembaca, tentu saja yang menarik, baik penulisannya maupun temanya.
Entah itu tema terkini atau yang lagi hot dibicarakan banyak orang.

Jangan lupa beri penutup dengan kalimat pertanyaan yang menggugah pembaca untuk menjawabnya dalam kolom komentar.


3. Blog walking dan aktif berkomentar yang relevan di blog lain


Cara lain untuk memperoleh banyak komentar adalah, dengan rajin blog walking secara mandiri dan meninggalkan jejak berupa komen yang relevan di kolom komentar blog yang kita datangi.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah, usahakan komen dengan relevan, bukan hanya komen panjang, akan tetapi juga menunjukan kalau memang kita benar-benar menyimak.

Dengan rajin blog walking dan aktif meninggalkan komentar di blog lainnya, akan bikin banyak yang akan tertarik mengunjungi blog kita juga, serta memberikan komentar juga pastinya.

Selain itu, bisa banget semacam branding kita sebagai blogger, apalagi kalau kita masih masuk golongan blogger pendatang baru.


4. Tulis artikel yang kontroversial


Ini mah buat yang berani out of the box ya, meskipun kudu hati-hati banget memilih tema, karena bisa jadi akan mengorbankan branding yang sudah kita bangun dengan lama.

artikel banyak komen

Kalau saya pribadi, menulis artikel seperti ini lebih baik menjadi penengah, tidak berpihak pada satu hal yang kontroversial, caranya, mengulas dari kedua sudut pandang.

Dengan begitu, komentar yang masuk bisa diperoleh dari emosi pembaca tanpa mengorbankan image kita.


5. Responsive terhadap komentar yang masuk


Saya dulu pernah berada di posisi temans yang kesal saat berkomentar nggak dibalas sama empunya blog. Seiring waktu saya menyadari bahwa sebenarnya tidak semua blogger senior itu sombong sehingga tidak mau membalas komentar yang masuk.

Hanya saja mereka terlalu sibuk.

Akan tetapi, untuk saya pribadi, selalu berusaha membalas semua komentar yang masuk, meskipun sekarang seringnya molor sampai 2 hingga 3 hari baru terbalas hahaha.
Kalaupun ada yang tidak terbalas, itu karena memang terlewatkan notifnya.

Dengan responsive, pembaca juga menjadi lebih diperhatikan, image kita jadi seseorang yang lebih ramah (orang ramah selalu disukai, kan ye!).
Pun juga, kredibilitas blog dengan nilai trust juga bisa dilihat dari responsive si empunya blog.


6. Ikut list blog walking


Jika komentar di blog adalah penting banget buat kita, sebaiknya temans ikutan list wajib blog walking yang diadakan di beberapa grup blogger, baik melalui WAG maupun FBG.

Dengan mengikuti list wajib blog walking, maka semua peserta yang ada di list tersebut pasti akan datang dan komen di blog kita.

Jadi nggak akan ada lagi drama kesal nggak di komen balik.

Hanya saja kekurangannya adalah banyak komen yang masuk secara asal, atau senada dengan komen blogger lainnya, hahaha.

Hal ini dikarenakan banyak yang tidak membaca artikel kita, selain mungkin temanya tidak menarik buat mereka, mungkin juga komennya dengan terburu-buru, sehingga komentar yang dihasilkan, banyak tapi seragam, kebanyakan hanya mengutip isi tulisan kita.


7. Perlihatkan artikel kita kepada pembaca


Tips terakhir agar artikel blog ramai oleh komentar adalah, dengan memperlihatkan artikel tersebut kepada pembaca.

komentar di blog

Ada banyak cara untuk itu, seperti :

  • Share url blogpost di berbagai media sosial. Dengan kata pengantar yang juga menarik dan bikin penasaran tentunya. Hal tersebut akan membuat teman di media sosial akan penasaran dan datang membaca artikel kita serta memberikan komentar. Bahkan jika memang menarik, bisa jadi akan di-share ke media sosial pembaca tersebut. 
  • Tingkatkan follower blogger. Dengan demikian setiap kita update blogpost follower kita akan mendapatkan notif-nya dan datang membaca artikel tersebut serta memberikan komentar.
  • Share url blogpost di grup yang relevan, seperti grup blogger, baik grup di facebook, maupun di website komunitas blogger, seperti blogger perempuan atau komunitas lainnya. Pun juga bisa share url di grup yang relevan dengan artikel kita.


8. Update blogpost secara teratur dan berkala


Tidak perlu one day one post atau ODOP sih, jika memang tidak memungkinkan, i know ODOP itu syusyeeehhh waktunya.
Saya bisa ODOP mah karena udah terbiasa, jadi kayak udah terlatih mem prioritaskan menulis tiap hari, terlatih memaksa otak mencari ide dari segala penjuru yang ada, lol.

Jika memang belum mampu update blogpost secara ODOP, bisa dengan yang bisa kita lakukan dulu, misal seminggu sekali.
Akan tetapi, akan lebih baik jika kita publish-nya secara berkala dengan waktu yang sama.

Misal setiap Senin pagi di pukul 7.
Rutin saja terus seperti itu, meskipun mungkin kita nulisnya di hari Sabtu or Minggu misalnya, usahakan di-publish dengan schedulle yang sama setiap minggunya.

Dengan demikian, pembaca akan familier dengan waktu publish kita, dan akan selalu datang di waktu tersebut, karena mereka tahu akan ada artikel baru di waktu tersebut.


9. Beri hadiah untuk para komentator


Well, jujur ini saya belum pernah sama sekali lakukan, tapi saya pikir ini worth it banget loh, terlebih bagi blogger yang selalu kesulitan membalas semua komentar yang masuk di blognya.

Sama seperti akun media sosial yang memberikan  penghargaan buat follower-nya yang aktif di akunnya.
Sebagai rasa terimakasih atas kesediaan para komentator meluangkan waktunya di blog kita.

Setahu saya, ada satu orang teman yang melakukan hal ini, dan kebetulan memilih saya, dia adalah Creameno

Hal tersebut akan membuat para komentator lebih aktif dan semangat memberikan komentar di blog kita.


Demikianlah, setidaknya 9 tips agar artikel di blog kita ramai komentar.
Karena komentar di blog penting buat kita para pemburu rupiah via marketing blog.

Kalau temans, sudah pernah pakai cara yang mana saja nih?
Share yuk!

Sidoarjo, 31 Maret 2020

@reyneraea untuk #TuesdayTechno

61 comments:

  1. Blogger panutankuuuu! Semoga aku nanti bisa sekonsisten Mba Rey bisa nulis one day one post. Btw aku paling surprise dengan beri apresiasi ke orang yang komen di blog kita. Apalagi ternyata yang nerapin itu adalah blog Creameno. Hehe, jujur aja mba pas ngunjungin blog doi pertama kali langsung jatuh cinta banget sama blog dan isi-isinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi betul banget, terfavorit deh :)
      Ayo semangat menulis :)

      Delete
  2. Selain mbak Eno, ada juga blogger lain yang memberikan hadiah untuk komentator terbaik yaitu mbak Anies dari Malaysia, cuma aku belum pernah dapat soalnya terkendala bahasa.😅

    Untuk komentar di grup FB sebaiknya pilih sih, soalnya aku pernah komentar beberapa kali tapi ngga pernah dibalas blog walking, sepertinya dia fokus mengurus blog saja tidak hobi blog walking.

    Tapi tak semua seperti itu sih, banyak yang share url di grup FB lalu balas blog walking seperti Bang Day, Satria, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om Agus kamu seperti covid deh... dmn2 saya musti ketemu kamu hehehe

      Delete
    2. hahahaha kok dibilang covid sih!
      Cowok VIdaman kali yak hahahaha

      Btw Mbak Anies yang mana ya?

      Delete
  3. Saya pny dua blog.
    Blog yang gado2 rame komen tapi pv rendah
    Blog catatan kuliah sepi komen tapi pv tinggi

    Harus gmn yah heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngiklan di Facebook ads bang, barang kali nanti setelah banyak keluar duit PV nya nanti naik turun.😅

      Delete
    2. hahaha iya, di FB ads lumayan dapat klik asal fotonya bagus dan judulnya bikin kepo :D

      Delete
  4. Hadiah untuk komentator itu semacam giveaway kah mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang dibikin giveaway, kadang juga dipilih sendiri ama empunya blog :D

      Delete
  5. sejauh ini masih tahap share di sosmed dan promo ke temen kantor hahaha, agak maksa sih ini yg ke orang kantor

    bikin tulisan yang greget, ini juga yang aku masih mikir gregetnya yg kayak gimana, mungkin hidupku yang flat aja, jadi ya temanya daily life, atau ada brita baru yang lagi heboh dan pengin nulis ya ditulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo aku malah ngga suka share ke teman teman mbak, malu kalo pada baca tulisan aku yang alay.😂

      Delete
    2. hehehe temen kantorku kebanyakan nggak suka baca, terutama yang generasi mudanya, kalo baca story di IG mereka betah haha, jadi cuman beberapa orang aja yang tau aku punya blog dan yang buka blogku paling 1-2 orang hahaha

      Delete
    3. Coba share di grup traveling Mba, kan lebih banyak tema traveling ya :)

      Delete
  6. Kalau dulu usaha pertamaku supaya ada yang komen di blogku adalah dengan cara blog walking secara mandiri. Sampai akhirnya ketemu blognya Mbak Rey ini. Setelah Nemu blognya Mbak Rey akhirnya ilmu per-blog-an nambah sedikit demi sedikit. Dan sedikit demi sedikit aku mulai mempraktikkan tips-tips ngeblog ala Mbak Rey. Sekarang sih usahanya masih sampai di tahap blog walking, share link di media sosial, dan update secara berkala walaupun cuma seminggu sekali. Pengen ikutan list blog walking tapi takut keteteran, jadi blog walking nya mandiri aja. Hehehe. Btw thanks banget ya, Mbak. Aku dapat ilmu banyak lho dari blog nya Mbak Rey. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww.. tengkiuuu yaaaa :)
      Saya juga senang banyak bermunculan blogger-blogger yang masih suka BW mandiri, sekarang seringnya di dominasi sama list BW sih :D

      Delete
  7. Blog Aku komentar default nya ga ada Kak Rey..

    Oh ya Kak Rey boleh donk dimasukin ke WAG nya...

    Buat nambah teman, ilmu dan nyari jodoh Kak...

    😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whats!!..Nyari Jodoh..😲😲😲😲😲

      Delete
    2. Jangan dibuli Tadz Satria.... 😰😰😰😰

      Delete
    3. hihihi biasanya grupnya isinya cewek semua :D

      Delete
    4. Hihihi, siapa tuh yang bully? :D

      Delete
    5. Dua pria di atas Kak... Om Sqtria lebih parah wkwkw

      Delete
    6. hahaha cubit aja tuh orang suka ngebully :D

      Delete
    7. Ih gak ah kak. Masa cubit2 an wkwjw

      Delete
    8. Paling ngakak baca komentar ini. Sama saya juga cari jodoh sekalian boleh yaa kak? Wkwkwk

      Delete
  8. Hay, salam kenal.

    Isi dari artikel ini yang menarik untuk saya tinggalkan jejak komentar.
    Harus saya akui sekilas melihat judul tulisan ini, saya berpikir, “oh, pasti arahnya kalau komentar di blognya banyak berarti itu keren”, sebatas itu.
    Sedangkan saya salah satu orang yang tidak menganut paham itu, berkomentar hanya cara untuk menjalin persahabatan dengan teman, layaknya di FB, IG atau social media yang lain, namun ditelisik lebih lanjut ada dua hal yang menarik dari tulisan ini.

    Pertama berpikir di luar kotak, dalam tulisan ini disebut “out of the box” (poin keempat) menurut saya ini menarik dan layak untuk dipelajari lebih lanjut, seperti apa dan bagaimana melaksanakan, karena untuk menjadi berbeda maka lakukan juga cara yang berbeda, itu letak kemenarikan yang pertama.

    Kedua ternyata banyaknya komentar yang masuk sebagai bentuk pertanggung jawaban moral terhadap karya intlektual yang dihadirkan, sunggu ini kata – kata yang menarik dan pantas untuk direfleksikan kembali, oleh saya dan setiap kita yang pandai merangkai kata, bisa bertanggung jawab ga? Hehhee..

    Terima kasih mbak, salam kenal dan tulisan ini menarik, saya suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi terimakasih.

      Sebenarnya menurut saya, setiap orang menilai sesuatu pasti dari sisi pengalamannya.
      Kalau bagi saya yang sudah beberapa kali menerima job kerja sama, berpikir kalau komen itu penting.

      Komen bisa menjadi salah satu penilaian bahwa tulisan kita berhasil menggugah banyak orang.
      Pun juga penting sebagai marketing karena terlihat lebih terpercaya :)

      Delete
    2. Cerdas, marketing dan terpercaya. Itu kata kuncinya. tetapi kalau komentar yang seperti ini, bagus gan, terima kasih infonya, ampun malas bangat dha hehehe...

      Bukan soal panjang pendeknya komentar tetapi keterkaitan komentar dengan konten yang saya maksudkan, oke sukses selalu mbak...

      Delete
    3. hihihi betul banget, makanya sebenarnya kualitas kita sebagai blogger juga dilihat dari komentar kita, kalau yang bagus gan dsb itu qiqiqiqiqi

      Delete
  9. Akhirnya aku menemukan tulisan yang ngebahas ini. Menurutku pribadi komentar di blog itu jadi kaya semangat gitu buat terus nulis dan nulis. Semakin rame komentar jadi semakin ketagihan untuk ngepost lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener kan, dari sisi kita sendiri jadi sebagai penyemangat juga :)

      Delete
  10. Maafkan aku jarang balas langsung di blogku sendiri. Karena aku sedang mencoba mempertahankan imajinasi pembaca.
    Misal dalam Cerpen : Puteri Duyung. Ada pembaca yang bertanya : jadi putru duyung itu ada?
    -
    Jujur saat itu aku senang, dan ingin cepat2 beri jawaban. Tapi aku tidak mau merusak rasa penasaran mereka.
    --
    Sebagai balasannya aku koment di blognya yang comment. Ya.
    ---
    Tapi, lain dari itu aku minta maaf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sebaiknya alasannya di tulis di keterangan komen gitu, dengan begitu pembaca dan yang meninggalkan komentar jadi mengerti :)

      Delete
  11. makasih tipsnya mbak, patut dicoba

    ReplyDelete
  12. Mbak Rey...

    Selalu mantaps tips-tipsnya...
    Setelah saya baca, barangkali banyak berkunjung, meninggalkan jejak dengan berkomentar di blog lain ini yang mujarab.

    Eh tapi, ada juga Mbak blogger yang kita beri komentar di blog nya, boro-boro mau berkomentar di blog kita, komentar kita saja di blognya gak di balas-balas. Ketemu kasus demikian gak Mbak?

    Beri hadian untuk para komentator? Ah saya belum pernah melakukan itu Mbak, tapi saya pernah mendapat beberapa buku dan cenderamata dari teman2 blogger karena saya berkomentar di blognya.

    Sukses dan sehat selalu Mbak bersama keluarga.

    Salam dari Sukabumi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak Kang, sudah sering mampir dan membaca tulisan receh di blog ini :)

      Kalau menurut saya, banyak kok yang nggak balas komentar pembaca, mungkin karena kesibukan masing-masing.

      Yang begitu juga bisa sih, asal artikelnya memang bermanfaat banget, dan setidaknya dia membuka kolom komentar untuk url.
      Kalau tidak, bakalan berkurang nanti orang yang komentar di blog :)

      Delete
  13. terima kasih banyak tulisannya. nggak sengaja nemu di FB Grup. wah mesti blog walking kapan - kapan ini. salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba, makasih sudah mampir dan membaca :)

      Delete
  14. Update blog post secara berkala.
    PR besar yang belum bisa dikerjakan. Karena mesti prioritasnya kalah sama kerjaan yang lain. *nasib pekerja serabutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, maksudnya berkala itu, nggak mesti setiap hari Mba, bisa seminggu sekali, tapiii di hari dan jam yang sama :D

      Delete
    2. Iya nih. Kapan hari aku habis baca postingan blognya Mbak Rosanna tentang ada hari terbaik untuk posting blog supaya ramai komentar atau ramai pageviews.
      Hellow. Kemane aje guweh baru tau soal ginian? Ya ampun, malu. Huhu..

      Delete
    3. hehehe iya Mba, soalnya kalau muncul di list pembaca follower kita kan pas tuh baiknya di waktu yang lagi ramai :)

      Delete
  15. Ooh aku baru tahu mba kalau publish disetting secara berkala itu pengaruh ya hmm hmm
    Aku selama ini nulis tengah malem lalu publishnya ya langsung tengah malem saat itu juga hahaha. Sotoy amat ��
    Panteslah blogku sepi2 aje ��
    Btw, penasaran deh mba Rey bisa nulis tiap hari apa bikin list jadwal tulisankah? Apa spontan aja tiap mau nulis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik dipublish berkala, kalau perlu di jam sibuk, jadi pas ada yang masuk ke blog, pas juga ada update terbaru :)

      Delete
  16. Sekarang udah mulai nerapin one day one post sih, dulu seringkali pake cara blogwalking buat dapet engangement alih-alih bisa dapet komentar positif di blog. Tapi sekarang blogwalking malah pada jail mba, jadi biarin aja lah komentar datang seadanya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sebenarnya blogwalking itu manfaatnya banyak, bisa menaikan DA loh :)

      Delete
  17. Acha sendiri belum kepimiran untuk ngasih hadiah pembaca nih. Tapi iya sih ya, ikut blogwalking beberapa kali beneran bikin komentar jadi rame. Tapi kadang bikin galau kalau komennya asal aja, hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau ikut list BW gitu, nggak semua bisa kasih komentar dengan bener-bener, kebanyakan bahkan hanya baca judul kayaknya :D
      Penyebabnya sih macam-macam, meski lebih banyak karena nggak cukup waktunya :)

      Delete
  18. Wah makasih tips-tipsnya ya Mbak Rey. Semoga saya juga makin rajin nulis deh 🤣

    ReplyDelete
  19. Baru nemu materi ini setelah bertahun-tahun ngeblog sampai ganti-ganti domain, huuhuhu... it really helps me a lot. makasih materinya, Mbah Rey... :D

    ReplyDelete
  20. Ku yg masih pemula bener-bener jatuh love ni mbakkkk!!!! Auto kepoin blognya mbak Rey��

    ReplyDelete
  21. Kak koment di atas paling ga bobot ya? 😀

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)