Wednesday, December 16, 2020

Mengenal Jenis Protein Susu A2 Dan Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Anak

Kenali Jenis Protein Susu A2

Sharing By Rey - Jenis  protein susu A2 ternyata, sangat baik untuk tumbuh kembang anak, dan berbeda dengan susu pada umumnya.

Hal itu dijelaskan dengan gamblang, oleh dokter Ariani Dewi Widodo, seorang dokter Anak sekaligus Ahli Gastro Hepatologi, pada bincang-bincang di IG Live @buumiplayscape.

Bincang-bincang tersebut, hanya berdurasi sekitar satu jam, tapi pengetahuan yang saya dapatkan sungguh banyak, dan tentu saja bermanfaat buat anak-anak saya, yang sedang dalam masa pertumbuhan, dan butuh susu sapi sebagai salah satu sumber gizi dan proteinnya.


Pentingnya Kesehatan Pencernaan Di Masa Tumbuh Kembang Anak


Sudah sering saya tulis di blog ini, bagaimana pentingnya masa-masa tumbuh kembang anak, terlebih di masa 1000 hari pertama kehidupan anak, yaitu sejak anak dalam kandungan, sampai berusia 2 tahun.
Juga di masa anak menginjak balita, pentingnya pertumbuhannya seharusnya didukung oleh tercukupinya nutrisi untuk pertumbuhan optimal fisik dan kognitif.

Akan tetapi, yang harus kita cermati adalah, pada periode tumbuh kembang anak tersebut, mereka rentan mengalami gangguan pencernaan. 
Sementara, sistem pencernaan sangat berhubungan dengan penerimaan makanan, serta persiapan nutrisi untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. 

Sistem pencernaan anak yang baik, sangat mendukung tumbuh kembang anak yang sehat, dan gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak, di dalam masa pertumbuhannya, dapat menyebabkan penyerapan nutrisinya tidak optimal.

Hal ini tentunya dapat mengganggu perkembangan anak, serta proses belajarnya. Dan sebagai ibu, saya maupun kita semua tidak mau hal itu terjadi pada anak-anak kita.
 

Peranan Susu A2 Dalam Kesehatan Pencernaan, Guna Pertumbuhan Optimal Anak 


Susu, adalah salah satu produk yang membantu memberikan nutrisi yang cukup pada anak, selama masa tumbuh kembangnya.
Karenanya memberikan susu pada anak, juga termasuk hal yang penting, karena susu yang sering dikonsumsi anak, pada umumnya dianggap minuman padat nutrisi yang mengandung protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, seng, dan vitamin B.

Mengenal Jenis Protein Susu A2

Susu sapi merupakan salah satu sumber kalsium yang paling banyak dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya.
Dan setiap ibu pastinya selalu memilih susu yang terbaik untuk anak-anaknya.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, bahwa walau semua susu terlihat sama, namun sesungguhnya susu memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. 

Ada 2 jenis protein susu, yaitu whey dan casein.
 
Di mana, casein adalah sebuah kelompok protein terbesar dalam susu, yang membentuk sekitar 82% dari total kandungan protein dalam susu. 
Ada beberapa jenis protein casein, salah satunya adalah beta-casein.
Beta-casein sendiri terdiri hingga 45% dari total casein, dan memiliki 2 varian, yaitu A1 dan A2. 

Susu A2 merupakan susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2, dan dari beberapa penelitian menunjukkan, bahwa susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2, adalah susu yang aman untuk sistem pencernaan manusia. 

Selain itu, Beta-casein A2 juga mudah diserap dalam sistem pencernaan anak, yang pastinya dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan ringan pada anak.

Karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih produk susu yang sesuai dengan kebutuhan anak. Misal, hendak mencari susu untuk anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan, maka agar tetap mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, sebaiknya pilihlah susu dengan memperhatikan kandungan tambahan yang terdapat dalam suatu produk.

Misal, dengan memilih susu yang dilengkapi dengan kandungan yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, seperti: DHA, Kolin ataupun Omega 3 & 6, agar dapat mendukung perkembangan otak anak.

Lalu, bagaimana sih cara kita memilih susu yang baik buat pertumbuhan anak? yaitu susu A2?

Mudah kok, susu A2 dapat ditemukan di pasaran, dalam bentuk susu bubuk, UHT ataupun yogurt dengan label A2. 
Ijin penulisan label bahan susu A2 dalam setiap negara itu berbeda, namun biasanya susu A2 ditulis dengan nama beta-casein A2.

Susu A2 ini, bisa dikonsumsi oleh berapapun usia anak, namun ada baiknya untuk selalu mengikuti petunjuk usia dalam kemasan produk susu.

Mengenal Jenis Protein Susu A2

Demikianlah, sungguh 1 jam mengikuti bincang-bincang tentang protein susu A2 dan manfaatnya bersama dokter Ariani Dewi Widodo, merefresh kembali pengetahuan, untuk bisa lebih bijak dan peduli terhadap memilih susu untuk si kecil.

Terlebih, anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan, memastikan semua nutrisi terbaik dapat dicerna oleh tubuhnya, dengan menjaga kesehatan pencernaannya, maka penting banget buat kita untuk memilih susu A2.

Agar pencernaan si kecil sehat, nutrisi terserap sempurna di tubuh, dan tumbuh kembangnya pun jadi lebih optimal.
Btw, jangan lupa follow akun instagram @buumiplayscape ya, buat dapetin info-info bincang bermanfaat seputar parenting.


Sidoarjo, 16 Desember 2020


Sumber : Bincang di IGlive @buumiplayscape
Gambar : dokumen pribadi dan Canva.

53 comments :

  1. Aku prnh baca niiih ttg susu berlabel A2. Katanya memang LBH aman utk pencernaan ga bikin eneg. Krn ada susu di luar ini yg terkadang malah bikin alergi dan ga enak di lambung.

    Anakku kayaknya sempet deh ngalamin yg namanya ga cocok Ama susu. Apalagi 2-2 nya ga ASI juga dulu. Tapi untungnya alergi mereka berenti di umur memasuki 1 THN. Cm utk jaga2 tetep sih susu yg skr aku cari yg LBH aman utk si anak. Jd pengen ngecek apa itu termasuk A2 ato bukan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya kadang jadi diare memang Mba, kadang juga perutnya kuat, memang ya anak di bawah 1 tahun itu macam-macam masalahnya, anak saya yang pertama malah di atas 6 tahun baru bisa lebih kuat terhadap banyak hal :D

      Delete
  2. Aku prnh baca niiih ttg susu berlabel A2. Katanya memang LBH aman utk pencernaan ga bikin eneg. Krn ada susu di luar ini yg terkadang malah bikin alergi dan ga enak di lambung.

    Anakku kayaknya sempet deh ngalamin yg namanya ga cocok Ama susu. Apalagi 2-2 nya ga ASI juga dulu. Tapi untungnya alergi mereka berenti di umur memasuki 1 THN. Cm utk jaga2 tetep sih susu yg skr aku cari yg LBH aman utk si anak. Jd pengen ngecek apa itu termasuk A2 ato bukan :D

    ReplyDelete
  3. Ini bergantung usia anak ya Mba Rey. Batita atau balita di masa golden age bisa jadi masih perlu full casein. Namun, buat anak yang agak gedean, yang udah makan bervariasi, mungkin perlu dihitung lagi proteinnya dari daging, ikan, atau sayurnya, baru kekurangannya disempurnakan dengan susu A2 ini. Better begitu kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mikirnya gitu sih, jadi susu A2 ini sebagai pelengkap nutrisi aja kalau usia anak sudah besar :) karena sudah bisa makan macam2

      Delete
    2. Bener Mba, biasanya ada petunjuknya kok :)

      Delete
  4. Alhamdullilah dapat ilmu
    Berpuluh tahun minum Susu, malah ngoprak ngoprak anak supaya selalu minum Susu, eh baru tau tentang A2
    Senang ya era digital ini mempermudah kita menambah wawasan .Jadi ngga asal makan /minum πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    Terimakasih tambahan ilmunya mbak Rey πŸ™❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, dulu ilmu belum semudah sekarang kita dapatkan ya Mba, bahkan anak pertama saya dulu sering banget alami banyak hal, tapi saya nggak tahu pasti masalahnya, langsung deh dikit-dikit dokter :D

      Delete
  5. Nah, susu yang ga aman dengan pencernaan ini yang kadang sering terjadi pada anak2. Tiap ganti susu suka bermasalah, oh ternyata ada jenis protein susu A2 ini yaa, beta casein, noted banget ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, bahkan orang dewasa juga ngaruh kalau minum susu bukan A2 :D

      Delete
  6. baru tau ada istilah A1 dan A2
    selama ini taunya ya tinggal beli,apalagi waktu kecil dulu bisanya cuman "nerimo" dari ibuk. Dan mungkin karena dari kecil udah sering minum susu, sampe gede sekarang masih suka susu.tapi disesuaikan juga dengan umur

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, kalau udah gede minum susu bayi, rasanya nggak enak ya Mbaa :D

      Delete
  7. Wah pengetahuan baru nih buat aku. Kebetulan anak-anakku memang ga ada yg bermasalah dengan susu. Tapi emaknya cukup sensitif sekali saluran cernanya wkwkwkw kayanya bisa coba nih susu A2 nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sama kayak saya, susu apapun nggak ada yang masalah, tapi kadang-kadang juga perut eror hihihi

      Delete
  8. Bener-bener ilmu baru nih. Ternyata afa istilah A1 dan A2 untuk susu bayi. Pengetahuan yang harus kita ketahui agar bisa memberikan nutrisi yang pas untuk anak. Baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  9. Padat bergizi bangeett nih event online-nya.
    Bener banget mba Rey. Momen tumbuh kembang anak seharusnya didukung oleh tercukupinya nutrisi untuk pertumbuhan optimal fisik dan kognitif.
    Ortu kudu banyaaakkk belajar, kreatif dan sabaarr untuk support tumbuh kembang anak, ye kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mba, apalagi pas tumbuh kembangnya kan ye :D

      Delete
  10. Baca artikel Mbak Rey ini jadi dapat pengetahuan baru soal jenis susu A1 dan A2. Susu A2 merupakan susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2 ya, lebih aman dan sehat untuk pencernaan anak. Noted. Tfs Mba Rey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mba, bikin pencernaan anak jadi lebih baik dalam menyerap nutrisi :)

      Delete
  11. Tadinya mau nanya susu Ah2 itu yang mama eh ternyata pertanyaan di benak saya sudah terjawab di akhir postingan. Jadi susu UHT dan yoghurt ini termasuk susu A2 dan juga bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh typo. Maksud saya *mana. Eh termasuk susu bubuk juga ya. Untuk membedakannya berarti kita tinggal cek saja ada atau tidak label A2 pada kemasannya ya Mbak?

      Delete
    2. Betul Mba, gampang kok ceknya, tinggal liat komposisinya :D

      Delete
  12. ngomongin gizi pada asupan makanan anak itu selalu menarik yaa, karena ada aja pengetahuan baru. penting juga sih buat para ibu untuk belajar, agar bisa memberi asupan terbaik untuk anak2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeett, apalagi buat mamak-mamak yang anaknya sedang dalam masa pertumbuhan :)

      Delete
  13. Aku pernah denger manfaat susu sapi A2, karena memang kualitasnya sangat baik ya.. dan sapi A2 ini memang dirawat dengan baik dari mulai makanannya hingga perawatan lainnya jadi menghasilkan susu sapi yang berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kalau susunya berkualitas, hasil susunya juga bagus :D

      Delete
  14. Wah, terima kasih informasinya. Jadi tahu deh manfaat dari susu sapi A2 ini.

    ReplyDelete
  15. thank you infonya mb rey jadi makin paham deh sekarang kebetulan baru lahiran anak kedua ni saya jadi banyak info baru yang saya dapet

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, selamat ya atas kelahiran anak keduanya, semoga anak dan ibunya sehat selalu :)

      Delete
  16. makasih mba infonya, kukira smua susu itu sama lho,ternyata beda2 ya kandungannya, dan ternyata yang A2 ini bagus ya

    ReplyDelete
  17. Mpo juga gitu kalau minum susu suka mencret. Meski diganti nih sama susu yang ada kandungan A2. Biar deh kalau harga mahal sedikit daripada menderita mules dan diare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener tuh Mpo, bisa jadi karena memang susu biasa tidak seperti susu A2 :)

      Delete
  18. ilmu baru alhamdulillah, jadi bisa mulai merhatiin ingredients khusus yang mengandung A2 ini, makasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mba, jadi kalau beli susu, hal itu penting :D

      Delete
  19. Jadi ingat anakku waktu kecil mbak. Pernah alergi susu sapi sampai melepuh kulit tubuhnya. Akhirnya dokter menyarankan untuk menggantinya susu soya. Memang tidak semua anak cocok dengan semua jenis susu ya. Jadi nambah ilmu tentang susu nih mbak....A2 ini lebih recommended untuk anak ya, terutama kandungan proteinnya yang lengkap dan sangat dibutuhkan dimasa tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allahhh, kasiannya.
      Kalau alergi memang bikin parno ya, apalagi kalau penyebabnya susu

      Delete
  20. Iya memang susu dengan a2 lebih friendly buat pencernaan ga eneg dan ga gampang mules hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, nggak eneg, pun juga nggak bikin sakit perut :D

      Delete
  21. intinya mengkonsumsi jenis protein susu A2 akan lebih aman bagi sistem pencernaan kitaaa ya mba

    ReplyDelete
  22. Aku juga baru tau soal susu A2 belum lama ini, ternyata beda dengan susu biasanya ya, gak bikin mules juga di perut. Pencernaan anak nomor satu deh karena dari situ anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dokter Ariani ini istrinay prof Widodo bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh iya nggak ya? :D

      Susu kaya manfaat kan, tapi kalau bikin masalah pencernaan kan gimana cara penyerapan nutrisi nya :D

      Delete
  23. BAru ngerti nih aku Rey kalau ada susu yang hanya mengandung bagian A2 aja. Kirain semua susu mah sama. Bagus juga nih untuk menjaga kesehatan pencernaan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mba, bedaaa, tergantung sapinya juga :D

      Delete
  24. Iyaa..beberapa kali uda kepoin Susu A2 ini karena banyak yang bilang lebih ramah untuk pencernaan karena asal susunya.
    Memang beberapa kita beli dan memang nyaman banget di perut.
    Tapi harganya beda dari susu biasa euuii...hihii~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mba ada harga buat kesehatan dan kenyamanan ya :D

      Delete
  25. Buat anak-anak malah bagus banget ya susu A2 ini karena mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh mereka. Kalau para ibu banyak yang tahu hal ini, kemungkinan mereka akan mengecek label atau kemasan dan memilih membeli merk susu yang mencantumkan kandungan A2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba, jadi lebih banyak yang tahu kelebihan susu A2 juga :)

      Delete
  26. Banyak banget ya yang perlu dipelajari untuk menjadi seorang ibu termasuk mengenal jenis protein susu ya mba. Baru tahu tentang susu A2 ini, jadi nambah pengetahuan buat aku nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, sebagai ibu kita wajib terus belajar :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top