Friday, July 31, 2020

Optimalkan Nutrisi Anak Untuk Imunitas Melalui Kesehatan Saluran Cerna

Optimalkan Nutrisi Anak Untuk Imunitas Melalui Kesehatan Saluran Cerna

Sharing By Rey - Nutrisi anak itu penting banget untuk imunitas atau daya tahan tubuh anak, dan tahu nggak sih, semua itu bisa bermula dari kesehatan saluran cerna anak.

Menjadi orang tua, memang membuat kita tak bisa berhenti untuk terus belajar dan belajar. Salah satunya demi anak yang tumbuh sehat dan kuat.



Berbagai hal bisa kita lakukan, entah dengan rajin mencari tahu hal-hal baru tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak melalui akun media sosial atau website terpercaya.
Hingga mengikuti banyak seminar online yang membahas hal-hal berkaitan dengan hal tersebut.


Tantangan Menjaga Kesehatan Anak Di Masa Kini  


Seperti yang kita ketahui, dunia hingga saat ini masih terus berperang melawan pandemi yang telah berbulan melanda.

Nutrisi Anak Untuk Imunitas Melalui Kesehatan Saluran Cerna

Hal tersebut membuat saya sebagai ibu, jadi lebih ekstra melindungi dan memperhatikan kesehatan anak-anak
Dan salah satu ikhtiar saya adalah dengan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh anak.

Selain juga tetap menjaga kesehatan dengan memperhatikan protokol yang sudah ditetapkan tentunya.
Secara, parno banget kan ya dengan adanya virus yang terlihat ini.

Karenanya bertahan di rumah saja selama masa pandemi ini, atau mengenalkan pemakaian masker kepada anak-anak saat terpaksa keluar, adalah suatu hal yang penting.

Syukurlah, meski sedikit gemes, saya senang banget karena anak-anak akhirnya tidak diperbolehkan untuk masuk sekolah dulu.

Tak apalah saya kadang pengen ngomel-ngomel, yang penting anak-anak aman di samping saya dari rumah saja.

Berdiam di rumah saja pun, ada banyak hal yang selalu saya perhatikan, salah satunya dengan memastikan kedua anak saya tercukupkan nutrisinya, agar bisa membantu imunitas atau daya tahan tubuhnya bekerja dengan baik melindunginya dari segala macam virus dan bakteri yang menyerang.


Tentang Imunitas Dan Dukungannya Terhadap Tumbuh Kembang Anak


Imunitas atau daya tahan tubuh manusia terbagi atas 2 bagian, yaitu:

Imunitas Dan Dukungannya Terhadap Tumbuh Kembang Anak



  • Imunitas bawaan atau dikenal juga dengan nama sistem imun non-spesifik yang dimiliki oleh tubuh secara alami. Imunitas ini merupakan garis pertahanan pertama dalam mencegah dan melawan infeksi yang masuk ke tubuh secara langsung, seperti dari kulit atau saluran pencernaan. Dan seringnya setiap orang memiliki sistem imun bawaan yang berbeda intensitasnya, tergantung pada keturunan.
  • Imunitas Adaptif yaitu imunitas yang didapat seiring berkembangnya usia, imunitas ini berperan sebagai pertahanan tubuh setelah imunitas bawaan berhasil ditembus oleh penyakit. Seiring berjalannya waktu, sistem imun adaptif akan terus beradaptasi dan mengenali berbagai antigen bakteri atau virus yang berbahaya bagi tubuh.


Meskipun anak terlahir telah memiliki imunitas bawaan, tapi semuanya belum berkembang sempurna.
Dan asupan yang didapatkan setelah lahir seperti ASI, membuat imunitas tersebut berkembang dan menjadi lebih matang.

Imunitas sangatlah penting dalam mendukung tumbuh kembang anak, karenanya menjaga imunitas itu perlu banget, salah satunya dengan memperhatikan asupan nutrisi pada anak.


Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal


Senin, 20 Juli 2020 lalu, saya beruntung bisa mengikuti seminar digital yang diselenggarakan oleh Nutriclub dengan tema 'Nutrisi untuk imunitas, kunci tumbuh kembang optimal"

Nutrisi untuk imunitas, kunci tumbuh kembang optimal

Dalam seminar tersebut, bapak Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia mengatakan peran Nutriclub dalam menjawab tantangan kesehatan yang sedang dihadapi saat ini.

Di mana, imunitas anak perlu didukung agar bisa menangkal berbagai penyakit, salah satunya dengan pemberian nutrisi yang tepat.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia

Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia, melalui Nutriclub berharap, dengan adanya kegiatan diskusi secara digital seperti ini, akan lebih banyak orang tua yang mengetahui pentingnya imunitas, dan cara mendukung imunitas anak melalui nutrisi, agar si Kecil dapat tumbuh kembang dengan optimal. 

Pada seminar tersebut, hadir 2 pembicara yang keren banget, membagikan pengetahuan tentang pentingnya nutrisi melalui kesehatan saluran cerna anak, untuk mendukung imunitas sebagai kunci tumbuh kembang anak.

Yaitu DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) , Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi dan Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD. , Head of Departement of Pediatrics.

DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) , Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi

DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menjelaskan tentang pentingnya mendukung imunitas anak dengan nutrisi yang tepat, dan juga kesehatan saluran cerna anak.

pentingnya mendukung imunitas anak dengan nutrisi yang tepat, dan juga kesehatan saluran cerna anak

 Nutrisi sendiri biasanya terbagi 2, yaitu:

  • Nutrisi makro yang terdapat pada asam amino, camosine, lemak rantai panjang dan karbohidrat.
  • Serta nutrisi mikro yang terdapat pada vitamin dan mineral


Semua nutrisi tersebut berperan dalam pembentukan dan pematangan sel imun manusia.
Selain daripada itu, kesehatan saluran cerna anak juga sangatlah penting, karena sel-sel usus pada anak masih renggang, sehingga mengakibatkan kuman atau alergen mudah masuk melalui sel-sel tersebut.

Mikrobiota pada saluran cerna harus berkembang dengan baik, karena bakteri pada mikrobiota memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen (jahat).

Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobiota dengan jumlah paling banyak terdapat di usus.

Karenanya, menjaga kesehatan saluran cerna anak, salah satunya pada usus, itu penting, karena usus mengandung komposisi yang seimbang dari mikroba usus yang bermanfaat bagi tubuh, karena:

  • Membantu tubuh mencerna beberapa makanan.
  • Menghasilkan beberapa vitamin, seperti B12, asam folat dan K
  • Membantu regulasi metabolisme energi
  • Melawan mikroorganisme patogen
  • Membantu memberi sinyal untuk tumbuh kembang dan fungsi sistem imun.


Kebayang kan, betapa pentingnya kesehatan pencernaan anak tersebut.
Karena kesehatan saluran cerna berawal dari keseimbangan microbiota saluran cerna, sehingga menghasilkan sistem imun yang baik.

Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD

Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD. juga menambahkan tentang fakta dari penelitian dalam, GIANT Study yang menunjukkan bahwa nutrisi prebiotik FOS GOS berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang seimbang.

GIANT Study yang menunjukkan bahwa nutrisi prebiotik FOS GOS berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna

Prebiotik mendukung pertumbuhan bifidobakteria, dan ciri dari mikrobiota usus dengan jumlah bifidobakterial yang optimal adalah:

  • Mengurangi jumlah bakteri patogen.
  • Mengaktivasi sistem imun.
  • Menurunkan PH
  • Sebagai sintesis vitamin.
  • Sebagai enzim pencernaan.


Prebiotik sering dikaitkan dengan peningkatan daya tahan terhadap infeksi saluran cerna, serta turut berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem imun.

Secara garis besar, prebiotik adalah komponen makanan yang dapat digunakan secara selektif oleh mikroorganisme dalam saluran cerna dan menguntungkan kesehatan tubuh.

Dewasa ini, beberapa susu pertumbuhan anak sudah disuplementasi dengan oligosakarida non-human, dimana:

  • Galakto-Oligosakarisa (GOS), dibuat secara enzimatik dari galaktosa.
  • Flukto-Oligosakarisa (FOS), yang umumnya diekstrak sebagai inulin dari tanaman chicori/tanaman lainnya

Keduanya adalah oligokasarida prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan microbiota saluran cerna yang menguntungkan.


Kesimpulan


Dari seminar digital tersebut, saya mendapatkan tambahan pengetahuan, khususnya untuk kesehatan saluran cerna pada anak.

ebiotik seperti FOS dan GOS, akan difermentasikan dalam saluran cerna dan berperan dalam perkembangan mikrobiota yang sehat

Saluran pencernaan adalah organ pendukung sistem imun yang penting, di mana mikrobiota saluran cerna yang sehat akan mendukung perkembangan sistem imun yang kuat. Dengan kondisi ini maka anak dapat aktif bermain dan belajar serta tumbuh kembang secara optimal.

Salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna ialah dengan memberikan asupan nutrisi yang mengandung prebiotik seperti FOS dan GOS. Adapun prebiotic ini akan difermentasikan dalam saluran cerna dan berperan dalam perkembangan mikrobiota yang sehat.

Prof Yvan juga memperkuat hal tersebut dengan pemaparan penelitiannya pada GIANT Study yang menunjukkan bahwa anak diatas satu tahun yang mengonsumsi susu pertumbuhan yang dilengkapi dengan prebiotik FOS GOS ternyata memiliki risiko infeksi yang lebih rendah. 

Nah sekarang kita tahu kan seberapa penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna yang mana ini bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh kita? 
Buat para Mama yang ingin tahu informasi menarik lainnya, yuk kunjungi www.nutriclub.co.id dan follow @nutriclub_id di sosial media ya!

Demikianlah.
Semoga bermanfaat.


Sidoarjo, 31 Juli 2020

Sumber : seminar digital yang diselenggarakan oleh Nutriclub dengan tema 'Nutrisi untuk imunitas, kunci tumbuh kembang optimal"

Gambar : dokumen pribadi dan screenshoot seminar digital

71 comments:

  1. Luar biasa IRT yang satu ini memang,😊😊 Sesibuk-sibuknya ngurus anak masih sempat nulis artikel yang menarik, seperti artikel yang baru terbit ini... Tentang kesehatan anak pula lagi mantep.👍👍

    Yaa memang sebagai orang tua kita wajib memperhatikan nutrisi anak dengan serius terlebih dimasa yang boleh dikatakan masih rawan dengan yang namanya Corona. Meski sudah memasuki new normal.

    Sebagai orang tua yang memiliki anak kecil kita juga harus lebih peka terhadap kerentan penyakit, Ditambah sekarang ini sudah memasuki era musim kemarau, Sehingga membutuhkan perhatian ekstra dalam menjaga kesehatan imun tubuh pada anak2 kita. Karena beda lingkungan dan lokasi tidak jaminan membuat anak kita selalu sehat.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqiqiqiqi, demi segenggam berlian, buat modal di hari tua, agar nggak lagi menyusahkan orang lain, *eh :D

      Bener Kang ustadz, di musim korona ini, sebagai ibu wajib banget makin lebih peduli dengan imunitas anak, salah satunya dengan memperhatikan nutrisinya :D

      Delete
  2. Saluran cerna yang sehat dan kebiasaan makan yang baik tuh beneran bekal utk masa depan anak.

    Ibaratnya kita nabung sehat sejak anak masih kecil biar nanti saat dewasa mereka tdk punya masalah dg saluran pencernaan.

    Masalah entar gedenya mereka jd penggemar berat sambel mah urusan belakangan, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahaa, iya ya, tapi insha Allah kalau pencernaannya bagus, daya tahan tubunya juga bagus, masalah sambal juga nggak terlalu bikin drop badan ya :D

      Delete
  3. kalau udah berhubungan sama anak kudu ekstra. Extra perhatian dan extra hati-hati
    apalagi kalau menyangkut nutrisi si anak
    pengennya semua orangtua memberikan nutrisi yang baik bahkan kelewat baik dengan kualitas yang bagus
    asal jangan kayak saudara aku yang ngasih vitamin kelewatan, malah bisa dibilang overdosis barangkali, bener sehat sampe sekarang, tapi ya overweight jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuhh hahahaha, vitamin juga kalau kebanyakan nggak baik sih, apalagi yang ada gulanya :D

      Delete
  4. Pengen RT-ini ini Mbak ....

    Tak apalah saya kadang pengen ngomel-ngomel, yang penting anak-anak aman di samping saya dari rumah saja.

    Hihi.

    Dan memang ya kita kudu memperhatikan asupan makanan, termasuk susu. Memang bagus nih yang ada prebiotiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi kalau anak di samping kita, meski rempong tapi hati tenang ya Mba :D

      Delete
  5. tentang nutrisi anak ini memang penting banget. meski untuk saat ini belum punya anak membaca ulasan ini jadi semakin menambah persiapan jika kelak punya anak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah bagus tuh, jadi udah punya ilmu banyak sebelum punya anak :D

      Delete
  6. Nah, pengen tahu nih Mbak, FOS GOS ada di makanan sehari-hari ga ya, yang bukan berasal dari susu. Perlu nih mempertahankan imun tubuh agar engga gampang sakit. Haha...aku juga setuju nih, anak-anak di rumah dulu deh sampai benar-benar aman...Trims sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di makanan yang biasanya mengandung fermentasi gitu, kayak tempe :)
      Betul banget Mba, kalau nggak urgent saya milih anak di rumaha aja dulu deh :D

      Delete
  7. Menarik nih tentang 2 jenis Imunitas, ada yg bawaan & adaptif. Kedua hal tersebut harus benar² dijaga tentunya demi kesehatan buah hati kita.

    ReplyDelete
  8. waa pembahasanya menarik banget, walaupun aku belum punya anak bisa dijadikan bekal nih saat aku punya anak kelak hihihi, terima kasih sharing dan infonya yaaa

    ReplyDelete
  9. Urusan saluran pencernaan pada kita terutama anak2 tuh kudu diperhatikan sekali ya. Kadang ada yg over sensitif misal baru makan bumbu kacang udah sakit perut atau kena pedas dikit langsung mules. Sebaiknya sih anak dibawakan bekal maskaan rumah mamanya ya drpd keseringan jajan hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa, terkait juga sama alergi :)
      Berkaitan dengan imunitas anak

      Delete
  10. Sampai sekarang, kami sekeluarga masih mengkonsumsi prebiotik. Memang katanya saluran cerna itu jadi semacam otak kedua manusia. Makanya perlu dijaga banget kesehatan dengan asupan yang baik.

    ReplyDelete
  11. Kalo udah ngomongin soal anak2 tuh, apapun dilakukan.
    Apalagi soal menjaga imunitas anak, mengoptimalkan nutrisi anak hal yang utama banget. Coz, sayang anak sayang anak...

    Iya, salah satunya dengan cara menjaga kesehatan saluran cerna ialah dengan memberikan asupan nutrisi yang mengandung prebiotik seperti FOS dan GOS. Semoga sehat2 selalu anak2 kita semua yaaa...

    ReplyDelete
  12. Saya juga termasuk ibu yang senang saat tahu anak-anak belum boleh sekolah secara offline. Biarlah capek sedikit asal anak-anak sehat semua ya..

    ReplyDelete
  13. Nutriclub emang selalu bikin terobosan ya?
    Mereka tahu kebutuhan anak berbeda di setiap waktunya

    ReplyDelete
  14. Kalau imunitas anak terjaga, anak jadi nggak gampang sakit, emaknya juga jadi tenang dan senang.

    Seneng ya, dimasa pandemi gini tetap bisa menyerap ilmu buat perkembangan anak. Walau dari rumah dan modal kuota internet aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mba, dari rumah pun bisa upgrade ilmu :)

      Delete
  15. noted banget besok kl udah punya anak nih, sepakat mbak kalau saluran pencernaan harus diperhatikan karena kaitannya dengan imun seseorang. aku salah satu orang yang susah banget untuk makan, mungkin karena pola asuh orang tuaku dulu ya. tapi herannya adik2ku doyan makan semua, wkwk. makanya imunku lemah, sering bgt sakit karena malas makan. maunya ngemil mkanan junkfood, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya tuh, junkfood nggak sehat banget sebenarnya buat perncernaan :)

      Delete
  16. penting banget ya ternyata menjaga kesehatan saluran cerna untuk imunitas tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mba, berhubungan dengan penyerapan nutrisi juga dan imun anak :)

      Delete
  17. Kesehatan cerna anak bisa dikatakan terkait dengan kebahagiaannya juga ya, karena dengan sistem pencernaan yang baik maka tumbuh kembangnya juga optimal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kalau makanannya sehat, pencernaan sehat, anak-anak bisa tumbuh bahagia :)

      Delete
  18. Untuk menjaga imunitas anak-anak memang lebih baik di rumah dulu ya Rey. Bagus nih seminar digital yang diadakan Nutriclub tentang kesehatan saluran pencernaan anak. Informasi yang penting untuk Mama atau bunda yang masih memiliki balita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, di rumah pun bisa upgrade ilmu bareng anak-anak :D

      Delete
  19. Saluran cerna itu penting banget ya karena fungsinya untuk menyerap nutrisi makanan. Makanya efeknya jadi kemana-mana termasuk imunitas. Makan makanan yang baik juga ternyata belum cukup, harus ditambah dengan asupan lain seperti probiotik FOS GOS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, FOS dan GOS itu juga penting banget :)

      Delete
  20. Imunitas memang penting ya mba..apalagi utk anak2.. Trims infonya asupan gizi penting utk anak ini..

    ReplyDelete
  21. Nutrisi yg tepat bantu jaga imunitas anak ya mbak..
    Penting bgt diperhartikan, apalagi saat pandemi spt ini

    ReplyDelete
  22. Hi Mba Rey. Salam kenal dari Pontianak yaa, aku Kiky:). Walau belum punya anak, tetep emang penting untuk bersiap-siap. Bahkan bukan hanya anak-anak, semua makhluk hidup rasanya perlu imunitas supaya survive kehidupan yang terkadang sadis hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, wah keren dong, udah save banyak ilmunya dulu :)

      Delete
  23. Buibu kudu paham banget nih, mengenai pentingnya nutrisi untuk buah hati.
    Makasiii sharing-nya yo Mba
    Sarat faedah bangett!

    ReplyDelete
  24. Setuju sih aku mba. Imunitas itu penting bgt buat tumbuh kembang anak optimal. Gizi juga gak kalah pentingnya sih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, kesehatan saluran cerna membuat gizi bisa terserap sempurna :)

      Delete
  25. Narasumbernya kece semuaaaa ya, mbak Rey. Duh senengnyaaa dapet ilmu Padet Nan bergizi. pengin ikut, donk. Makasih ya, mbak Rey, sudah share ilmu kecenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, bahagia banget bisa ikutan digital sharingnya :)

      Delete
  26. Nutrisi yang tepat bagi anak-anak memang sangat diperlukan sehingga tumbuh kembangnya menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  27. Sekarang perlindungan buat keluarga terutama harus ekstra banget ya supaya bisa jaga daya tahan tubuh di masa pandemi. Bener banget nutrisi ini modal utama juga untuk mendukung imun. Wah udah lama gak ketemu Pak Arief nih skr jarang ikut event susu soalnya aku :)

    ReplyDelete
  28. Ilmu penting buat para ibu muda ini. Ini sebabnya pemberian makanan pada bayi ada tahapannya. Kapan eksklusif ASI dan kapan mulai diberi MPASi. Karena kesehatan saluran cerna penting agar tumbuh kembang balita optimal. Noted banget.. Mksh ilmunya

    ReplyDelete
  29. Bisa dibilang kuncinya kesehatan anak emang di pencernaannya ya mbak. Soalnya emang kerasa banget di anakku yg ada alergi kalau salah makan dikit ada ruam dll.
    Susu yang ini berarti mengandung semacam bakteri baik mikrobiota utk kesehatan pencernaan anak ya mbak? Selain itu nutrisinya jg cukup lengkap jg ya

    ReplyDelete
  30. Apapun yang dimakan anak emang lewat pencernaan sih ya. Jadi emang penting banget menjaga kesehatan saluran cerna agar tidak mengganggu sistem imun tubuh anak yang sedang dibangun.

    ReplyDelete
  31. Aku pikir bakteri baik di saluran pencernaan itu bisa dengan mudah tumbuh sendiri.
    Ternyata perlu tambahan asupan juga dari susu yaa...

    ReplyDelete
  32. Kapan ada lagi nih sharing ilmu macam gini mba Rey, pengen juga belajar ilmu untuk jadi orang tua dengan mengoptimalkan nutrisi agar imunitas anak terjaga. Keren ya bisa belajar bareng

    ReplyDelete
  33. Ngomongin saluran cerna pd anak, aku pernah mengalami hal tergoblok kak.
    Di usia 6bulan keponakanku, dia akubkasih escream coklat. Dan dia jd disentri 😭😭😭 pengen nangis rasanya waktu itu. Dan alhamdulillah dia msh dberi kesembuhan, skrg keponakanku udh 2,5tahun

    ReplyDelete
  34. memang nutrisi yang baik akan sanagat membantu kita dan juga ank - anak mendapat imunisasi yang baik

    ReplyDelete
  35. UnknownWednesday, August 05, 2020
    kalau anak selalu sembelit gmna ya kak?
    uda dibawa kemana2 diobati juga tetp aja
    bab selalu keras,sudah makan buah dan sayur juga pepaya hampir tiap hari di maem

    Reply :
    Anak saya yang pertama dulu pernah kayak gini, sampai kudu pakai obat pengencer feses, kasian sih.

    Tapi memang dulu anak saya kuncinya di keseimbangan makanannya, jadi tetap saya 'paksain' makan sayur dan buah, biasanya langsung normal fesesnya dan tiap hari dia lancar BAB.

    Kalau anak kedua sempat saya kasih prebiotik, dan ngaruh banget.

    ReplyDelete
  36. Makasih mbaak rey sharingnyaa, lengkaap bangeet 😁 kesehatan saluran pencernaan memang ngaruh banget ya mbaak sama imunitas tubuh. Kalau lancar pencernaannya insya Allah jadi lebih kebal juga sama kondisi lingkungan, lebih sehat juga karena makanan yg masuk dicerna dengan baik. Maka dari itu perlu sekali makan-makanan berserat dan juga buah"an biar lancar pencernaannyaa. Oiyaa saya sekeluarga rutin mbakk minum jus buah campur sama lidah buayaa untuk terapi radang lambung. Alhamdulillah, udah gak pernah kambuh lagi gastritisnya dan pencernaan juga lancarr 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh jus ini sebenarnya yang bagus banget ya buat pencernaan, bahkan buah aja udah sehat, apalagi dengan jus yang macam-macam gitu :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)