Featured post

Menganggur Karena Efek Pandemi? Jangan Menyerah, Begini Cara Mendapatkan Pekerjaan

Sharing By Rey - Cara mendapatkan pekerjaan sesungguhnya merupakan hal yang banyak dilakukan orang di zaman sekarang. Karena bu...

Thursday, July 16, 2020

3 Minuman Sehat Homemade Dari Rempah Di Dapur

3 Minuman Sehat Homemade Dari Rempah Di Dapur

Sharing By Rey - Minuman sehat homemade dari rempah dapur sebenarnya sudah booming sejak dulu, akan tetapi di saat pandemi ini, minuman sehat nan segar ini semakin mem-booming.

Bahagianya kita tinggal di Indonesia yang penuh dengan rempah ini, sebenarnya obat-obatan herbal tuh bisa kita dapatkan dengan mudah, hanya dari dapur saja.



Bukan hanya bersifat menyembuhkan, rempah tersebut juga dapat menyehatkan dan meningkatkan stamina maupun daya tahan tubuh.

Karenanya di masa pandemi ini banyak digandrungi masyarakat, sebagai cara alami meningkatkan imun tubuh dalam menangkal virus corona.

Dan saya pribadi termasuk orang yang lebih suka mengkonsumsi obat-obatan herbal demikian, ketimbang minum obat kimia.

Sayangnya, saya terlalu malas buat ngedapur dan bikinin beragam minuman segar nan sehat tersebut.
Alhasil, saya hanya mengkonsumsi saat benar-benar sudah tepar.
Tapi Alhamdulillah, beberapa kali masih ampuh menyembuhkan tanpa bantuan obat kimia.

Dan beberapa minuman sehat homemade dari rempah di dapur yang sering saya bikin dan konsumsi adalah:


Minuman Jahe Madu


Jahe adalah rempah sahabat setia saya.
Jangan khawatir, saya sangat bisa kok membedakan mana jahe dan mana kunyit (ya iya lah, kunyit kan kuning, jahe biasanya putih, hahaha)

3 Minuman Sehat Homemade Dari Rempah Di Dapur

Jahe ini bakalan jadi rempah yang saya butuhkan banget jika saya ataupun anak-anak sedang drop.
Biasanya, saya bakal campurin semua masakan pakai jahe plus biji pala.

Mulai dari sup, lauk, hingga kolak maupun minuman.
Anak-anak paling suka sup jagung dikasih jahe dan biji pala.
Memang sih agak pedas dikit, tapi bikin batpil anak-anak cepat sembuh.

Si kakak sering banget minum susu atau teh jahe kalau lagi batpil.
Sementara saya, lebih memilih yang praktis saja, cukup minuman jahe dan madu setiap 2 kali sehari.

Bahannya pun sangaattt simple, cukup:

  • 1 ruas jari Jahe
  • 1 sdm Madu
  • Air secukupnya (secukupnya itu Indonesia banget yak, hanya orang Indonesia kayaknya yang tahu berapa banyak tuh secukupnya, hahaha)
Cara membuat:
  • Panaskan air di panci hingga mendidih.
  • Kupas dan bersihkan jahe, lalu geprek atau diiris (enakan sih digeprek, lalu kasih sambal *eh gimana? hehehe).
  • Masukan jahe ke dalam air mendidih, masak hingga 5-10 menit, setelah itu angkat dan saring airnya ke dalam gelas.
  • Tunggu sampai airnya jadi hangat, lalu tuangkan madu dan siap untuk di minum.
Kadang, kalau ada lemon, dikasih lemon jadi lebih enak sih, tapi jahe sama madu aja udah enak dan work banget buat menghilangkan capek-capek, terutama pas lagi flu. 


Minuman Jeruk Nipis


Kayaknya minuman ini terkenal banget ya, banyak banget orang yang jadiin sebagai gaya hidupnya setiap hari.
3 Minuman Sehat Homemade Dari Rempah Di Dapur

Saya sendiri jadi ikutan minum jeruk nipis karena dulu teman kantor saya paling rutin minum jeruk nipis setiap bangun tidur.

Manfaatnya beragam, mulai dari menurunkan berat badan, yang menjadi alasan saya rajin minum minuman ini, meningkatkan kesehatan pencernaan, mengelola gula darah, cegah penyakit jatung dan bahkan kanker.

Kalau saya sebenarnya cuman 2 yang bikin saya minum ini, yaitu biar lingkar pinggang bisa mengecil dikit dan tenggorokan bersih, hehehe.

Bahan dan cara pembuatannya pun lebih simple lagi, dengan bahan:
  • 2 buah Jeruk nipis
  • 1 gelas Air hangat
  • Madu (optional)
Cara membuat:
  • Cuci jeruk nipis dan kupas kulit luarnya, (beberapa orang nggak mengupasnya, saya kupas biar nggak pahit).
  • Iris dan peraskan pada gelas, lalu tambahkan air hangat.
  • Minuman jeruk nipis siap di minum deh.
Kadang malah jika tenggorokan saya sedang parah, jeruk nipisnya saya konsumsi tanpa air ataupun madu.
Jangan tanya rasanya gimana? kadang gigi saya ngilu jadinya saking kecutnya hahaha.

Oh ya, btw untuk temans yang punya masalah lambung, sebaiknya berhati-hati dengan konsumsi minuman ini.


Minuman Teh Serai Jahe


Minuman ini sebenarnya saya contek saat saya pernah mampir makan di Tong Dji House di sebuah mall.
Waktu itu si adik masih bayi bala-bala dan si kakak sedang pilek, jadi sebisa mungkin kami pesan minuman hangat agar si kakak nggak bertambah pilek, serta si adik bisa cicip-cicip.
3 Minuman Sehat Homemade Dari Rempah Di Dapur

Pas liat menu minumannya buat pesan teh hangat, mata saya tertuju pada teh yang gambarnya menarik karena ada berbagai rempahnya, selain ada pula teh serai.
Kalau nggak salah namanya teh uwu, yang ternyata isinya tuh berbagai rempah, seperti serai, jahe, laos, kayu manis (kalau nggak salah), pokoknya full rempah deh.

Dan itu enaaakkk banget.
Apalagi diminum pas hujan-hujan.

Setelah itu, saya jadi kangen minuman teh tersebut, dan jadi sering coba bikin, meski rempahnya nggak lengkap, cukup serai dan jahe saja.

Bahan:
  • 1 ruas jahe, kupas, bersihkan dan geprek.
  • 1 batang serai, bersihkan lalu memarkan atau geprek.
  • 1 buah teh bag
  • gula batu atau pakai madu juga oke.
  • Air secukupnya.

Cara membuat:
  • Panaskan air di panci hingga mendidih, lalu masukan jahe dan serai.
  • Biarkan mendidih hingga sekitar 5-10 menit, lalu angkat dan masukan ke gelas.
  • Celupkan teh sambil diaduk hingga merata.
  • Beri gula batu atau madu secukupnya.
Rasanya? lebih enak dari minuman jahe madu sih, soalnya ditambah dengan pekatnya teh dan wanginya serai.

Selain bikin badan jadi lebih fit, minuman teh serai jahe bermanfaat sebagai sumber antioksidan, antimikroba hingga detoksifikasi tubuh.


Itulah 3 resep minuman sehat homemade dari rempah dapur andalan saya. 
Soooooooo simple
Cucok banget buat si mamak pemalas kayak Rey ini hahaha.

Sayangnya di masa pandemi ini jadi jarang ke pasar, jadinya stock rempah segar tuh berkurang, terutama jeruk nipis yang cepat mengeras.

Kalau serai sebenarnya mudah ditanam di depan rumah, meski sekarang udah pada mati dan jadinya kudu beli, huhuhu.

Kalau temans, suka minuman sehat homemade dari rempah dapur nggak? 
Share yuk apa aja minuman andalannya?


Sidoarjo, 16 Juli 2020


Artikel ini diikut sertakan dalam challenge 'Nulis Blog Bareng Ning Blogger Surabaya'
Dengan tema : Minuman sehat buatan sendiri

Sumber :
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.merdeka.com/jateng/5-resep-minuman-segar-dari-rempah-ampuh-tingkatkan-imunitas-kln.html di akses Juli 2020
Gambar : Canva edit by Rey

18 comments:

  1. Aku suka semua wedang homemade mulai dari wedang jahe, wedang jeruk, dan wedang uwuh. Tapi aku lebih sering minum air putih hangat aja sih akhir-akhir ini. Kadang-kadang bikin wedang jahe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau air putih hangat itu udah rutinitas tiap saat say, kebawa kebiasaan sewaktu hamil kedua, saya nggak bisa sama sekali minum air dingin, langsung mual :D

      Delete
  2. Kalo saya sukanya minum jeruk peras mbak sama wedang jahe. Biasanya jeruk peras itu diminum kalo cuaca panas, sedangkan wedang jahe kalo cuaca dingin.

    Jeruk peras biar enak itu cari yang masih muda yang ada rasa asamnya. Lebih enak lagi kalo di campur lemon dikit. Tenang saja, saya bisa bedakan jeruk sama lemon kok.😂

    Kalo wedang jahe paling bahannya jahe sama gula merah. Jahe tinggal dibakar lalu digeprek terus masukin ke air panas. Iris gula merah tipis tipis, tinggal tunggu sampai matang.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayaknya enak tuh Mas, etapi jeruk itu bagus loh, vitamin Cnya banyak, apalagi ditambah lemon, slrup kecutnya bikin ngiler :D

      Delete
  3. Tiap pagi saya minum air jeruk nipis peres, Mba. Karena dulu saya food combining. Setelahnya vakum FC krn hamil tapi kebiasaan minum jeniper tiap pagi tetap saya lakukan sampai sekarang. Kalau nggak minum jeniper kayak ada yang kurang.😁

    Btw, maksudnya mba Rey, wedang uwuh bukan? Yang isinya banyak rempah? Kalau iya, saya juga sukaaaaa buanget. Minum wedang uwuh enak banget karena biasanya udah sepaket ama gula batunya. Tapi kalau wedang uwuh yang celup (kayak teh celup) saya malah kurang suka. Bau rempahnya kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kayaknya di Tong Ji namanya teh uwu, karena mereka kan jualan teh hehehehe.
      Enakan yang aslinya ya, meski buatnya juga butuh effort tinggi persiapannya hahaha

      Delete
  4. minuman jahe plus madu sesekali minum juga terutama kalau lagi ga enak badan, nah kalau pas keluar kota dan kebetulan lagi keluar ke resto, pesen teh yang ada extract jahe nya, aku lupa merk dan namanya apa, pokoknya cukup terkenal di kalangan perhotelan dan cafe-cafe / resto :D
    nah kalau lemon kayaknya nggak, soalnya punya maag, jadi agak mengurangi yang kecut kecut begini
    teh serai jahe nggak pernah bikin sendiri, kayaknya belum pernah aku coba waktu ke tong dji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa, kebayankan jeruk nipis itu masih diperdebatkan sih, cuman di saya malah enak, padahal kadang saya sakit lambung hahaha.

      Delete
  5. pas pulang ke surabaya, mbah saya selalu buat minuman jahe mba. kadang dicampur juga sama jeruk nipis hehe. SDA kita emang kaya sekali

    ReplyDelete
  6. beberapa hari ini saya sering buat teh jahe, tanpa serai, kayaknya bakalan coba nambahin serai deh, hehe.. makasih infonya mbak Rey :D

    ReplyDelete
  7. Saya suka minuman jaheee, mba 😍 jeruk nipis juga sukaaa dan kunyit-kunyitan 😂 ehehehehe. Rata-rata minuman homemade saya suka semua karena segar-segar especially kalau sedang kelelahan dan nggak enak badan 🙈

    Salah satu yang saya rindukan kalau lagi di luar itu selain makanan, tentunya minuman juga. That's why saya sampai bawa Energen jahe, tolak angin, etc setiap pergi ke luar dari Indonesia 😆 entah kenapa jadi lebih tenang 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh kunyit saya nggak bisa bikin sendiri, dan parno juga minumnya takut mulut jadi kuning hahhaahaha

      Delete
  8. Teh serai jahe favoritku kalau lagi flu atau batuk. Enak dan hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh rajin banget, kalau saya lebih sering teh jahe madu, serai kadang-kadang :D

      Delete
  9. Aku apalagi, walo resepnya simple begini, tapi bisa dibilang jaraaaaaaaaaang banget bikin sendiri :p. LBH seringnya sih beli, dan kbtulan banyak yg lwt jual bandrek ato air jahe :D

    Tp aku penasaran Ama teh serai Rey. Kebayang sih ini enak. Aku biasanya ga masalah Ama minuman herbal gini. Padahal yaaa jahe itu aku ga bisa kalo dijadiin makanan. Sebenernya ga masalah kalo digiling haluuuuuus sampe ga ada gerindil2nya. Tapi kalo cuma diiris, trus kegigit pas makan, duuuh ilang napsu makanku :p.

    Tp anehnya giliran dibikin minuman aku suka. Kayak bandrek, sekoteng, wedang ronde yg pada pake jahe, aku doyan banget.

    Kapan2 ah aku mau coba bikin deh. Kebetulan suamiku jg suka jahe begini. Tp sehari2 dia pake jahe yg tinggal di ceburin ke segelas air, ntr larut sendiri. Bikinan usaha rumahan gitu. Enak sih, tp terlalu manis aja kalo buatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya, asal ada bahannya selalu bikin Mba, cuman sekarang jarang ke pasar, jadinya sulit stock bahan.
      Paling enak tuh di rumah mama saya, banyak rempah di sekeliling rumah, tinggal digali aja, lebih segar pula :D

      Itu jahenya bubuk ya? kalau pakai gula memang kurang nampol khasiatnya, mending madu :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Assalamu'alaikum :)

Selamat datang di blog personal Reyne Raea