Featured post

Menganggur Karena Efek Pandemi? Jangan Menyerah, Begini Cara Mendapatkan Pekerjaan

Sharing By Rey - Cara mendapatkan pekerjaan sesungguhnya merupakan hal yang banyak dilakukan orang di zaman sekarang. Karena bu...

Saturday, July 25, 2020

Cara Sederhana Mengatasi Penuaan Dini

Cara Sederhana Mengatasi Penuaan Dini

Sharing By Rey - Cara mengatasi penuaan dini itu pastinya amat sangat menarik untuk diketahui banyak orang, khususnya kaum wanita.

Apalagi di zaman sekarang, usia masih muda, tapi sudah muncul keriput atau setidaknya garis-garis halus menghiasi wajah.



Sedih ya.
Bahkan wanita seusia saya saja masih suka sedih melihat kerutan yang makin menyeruak, apalagi para wanita yang masih dalam usia kinyis-kinyis, *eaaa..
Keadaan itulah yang dinamakan sebagai Penuaan Dini.

Penuaan Dini adalah, sebuah kondisi di mana sel-sel kulit menjadi menua sebelum waktunya.
Hal ini sering kali ditandai dengan komentar usil orang,
Perasaan usiamu masih muda, tapi wajahnya udah kelihatan kuyu ya?
Halus sih perkataannya, tapi menusuk ke dalam raga.
Saat mendapat ucapan seperti itu, sudah dipastikan kita bakal merasa insecure banget.
Langsung deh buka online shop, cari skin care anti aging.
Yang mahalnya nggak karuan juga nggak masalah, asalkan bisa terlihat imoet kinyis-kinyis kek remaja lagi *eh.

Sebelum panik dan memborong skin care anti aging sampai nggak karuan, mendingan kita lakukan hal-hal yang bisa mengatasi penuaan dini.
Ada beberapa cara sederhana, yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penuaan dini, di antaranya:


Melindungi kulit dari Sinar UV


Sinar ultraviolet (UV) merupakan salah satu musuh bagi kulit, karena paparan sinar UV, khususnya dalam jangka tertentu, dapat membuat elastisitas kulit berkurang.

Cara Mengatasi Penuaan Dini

Akibatnya kulit menjadi cepat berkeriput.
Terlebih, jika paparan sinar UV tersebut sering mengenai kulit kita.

Oleh karenanya, melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet itu penting banget.
Caranya, bisa dengan menggunakan produk sunscreen yang bisa kita aplikasikan ke wajah dan kulit, sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Bukan hanya dengan penggunaan tabir surya, menggunakan pelindung lain seperti topi atau payung bisa menjadi salah satu solusi untuk menangkal kejamnya sinar UV terhadap kulit.


Jangan Mencoba Berhenti Merokok, Tapi Berhentilah Sekarang Juga


Eaaa.. rokok lagi, hehehe
Udah deh, rokok itu, selain bikin kita cepat kehilangan kesehatan, pun juga bikin kulit kita rusak dan cepat tua.

Salah satunya adalah bagian bibir, yang nggak ngerokok aja ada loh yang bibirnya hitam, ditambah rokok, duuuhh makin ancur tuh bibir.

Padahal, bukan hanya kulit kusam, bibir yang menghitam dan nggak sehat juga menyumbang penuaan dini bagi tampilan kita.
Makanya, jangan lagi berpikir mencoba berhenti merokok, tapi berhentilah saat ini juga.


Hindari Mengonsumsi minuman beralkohol


Saya kadang nggak habis pikir, kenapa ya orang suka minum minuman beralkohol, apalagi yang memabukan banget.

Mengatasi Penuaan Dini
Astagaaaa, kenapa pula pose si Rey banyakan pose pala puyeng? lol

Bapak saya, saking terbiasa di Minahasa, wich is tetangganya non muslim semua, dan kebudayaan minum minuman alkohol itu udah melekat banget, jadi ikutan minum alkohol.

Suatu pagi, saya beberes, ada botol minuman keras di teras yang ternyata masih ada sisanya dikit.
Dan karena kepo, saya colek dikit dan saya cicipin.
Astagaaahhh pahit dan baunya menyengat banget!

Sungguh saya tidak mengerti, apa alasan orang minum minuman gitu.
Padahal, selain jadinya mabuk yang pastinya banyakan nggak enaknya, ketimbang enaknya.
Pun juga amat sangat merusak kesehatan kulit.
Jangankan minuman beralkohol, bahkan minuman soda aja juga merusak kesehatan kulit.

So, kalau memang pengen banget mabuk, mending minum air putih segalon deh, dijamin mabuk aer dan kulit malah lembab dan sehat hahaha.


Memperbaiki Pola Makan


Semahal apapun skin care yang kita pakai, kalau asupan dari dalam tubuh nggak kita perhatikan, ya sama aja boong.
Sayang banget malah skin care-nya itu.

Pola makan buruk dapat memengaruhi kondisi kulit kita, dan seringnya penuaan dini muncul akibat pola makan yang kurang baik.
Salah satunya adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan junkfood, makanan yang mengandung banyak gula, garam, gluten dan semacamnya.

Sebuah penelitian mengatakan, beberapa jenis makanan dapat merusak produksi alami kolagen dalam kulit. Karenanya, jika ingin mengatasi penuaan dini, konsumsi makanan sehat adalah wajib.


Konsumsi makanan kaya Omega 3


Penyuka buah alpukat bakal berbahagia, karena buah alpukat ternyata dipercaya dapat mengatasi penuaan dini.

Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 yang ada di dalamnya.
Fungsi dari omega 3 adalah untuk memperbaiki kinerja sel pada kulit agar bekerja lebih baik.
Dengan begitu, kulit wajahpun akan tetap sehat.


Kurangi Makanan dan Minuman Manis


Makanan maupun minuman manis dapat membuat elastisitas kulit menurun.
Karenanya, sering mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi dapat memicu munculnya garis halus serta kerutan di wajah.

Akibatnya kulit pun terlihat mengendur, dan kita terlihat lebih tua.


Cukupi kebutuhan air putih


Tubuh manusia 80% terdiri atas air.
Bahkan jika tumbuhan kekurangan air, tumbuhan tersebut akan layu dan mengering.
Apalagi dengan tubuh manusia.

Jika asupan air putih yang masuk dalam tubuh kurang.
Maka tubuh akan merasa lemas, serta kulit-kulit akan kusam dan berkerut.
Oleh karenanya, cukupilah kebutuhan air minum putih kita minimal 8 gelas per hari.


Kurangi Mandi dengan Air panas


Mandi dengan air panas memang asyik, tapi menggunakan air yang terlalu panas juga dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Karenanya, pastikan mandi dengan air yang hangat suam-suam kuku saja, dan lebih baik lagi jika menggunakan air dingin.

Mengatasi Penuaan Dini

Karena air panas membuat kelembaban kulit jadi cepat terkikis.


Hindari Menatap Layar Smartphone terlalu lama


Bukan hanya merusak mata dan kulit di sekitar mata yang mengakibatkan kita terlihat lebih tua.
Menatap layar smartphone yang diletakan terlalu ke bawah dalam jangka waktu lama, akan membuat rahan menjadi kendur.

Tahu sendiri kan, nenek-nenek selalu mempunyai rahang yang kendur, nggak mau dong kita masih muda (hah kita Rey? emang kamu usia berapa Rey? lol) tapi rahangnya udah kayak nenek-nenek.


Istirahat yang Cukup


Kalau ini sih kayaknya udah jelas banget ya, apalagi kita lupa istrahat dan kelamaan menatap layar laptop atau smartphone,

Yang ada bukan cuman punya rahang kayak nenek-nenek, tapi juga kulit makin keriput karena lelah dan kurang tidur.


Menjaga Pikiran Tetap Positif


Selain hal-hal sederhana di atas, menjaga pikiran tetap agar tetap berpikir positif juga tidak kalah pentingnya untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Karena, pikiran yang positif akan membuat tubuh menjadi positif juga.
Sebaliknya, jika sering memiliki pikiran negatif, maka tubuh juga akan mengalami hal-hal yang negatif, seperti mudah terserang berbagai macam penyakit, yang pastinya akan merusak kondisi kulit kita dan mengakibatkan penuaan dini.

Demikianlah beberapa cara sederhana, yang memungkinkan banget bisa dilakukan, untuk mengatasi penuaan dini.
Kalau temans, punya cara lain lagi nggak?
Share yuk.


Sidoarjo, 25 Juli 2020

49 comments:

  1. Aku pun tahun ini sedang rajin memakai sunscreen. Dan sedang belajar mengatur pola makan juga agar lebih teratur. Jadi pengen bikin jus alpukat setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo bikin, tapi tanpa gula dan semacamnya sih biar lebih baik manfaatnya :D

      Delete
  2. air putih masih juara sebagai solusi masalah kulit, kalau rajin minum emang beneran ngefek ke kulit, aku minum 8 gelas sehari aja tergantung mood hehehe

    mungkin harga skincare antiaging mahal karena untuk invest jangka panjang barangkali ya. kalau aku yang masih rutin dipake sunscreen dulu, ada beberapa skincare yang wow harganya malah jarang kupake. akhir akhir cuman basic aja untuk perawatan wajah, skincare nya kok ya lagi males make. aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, hal paling muda banget buat dilakukan ya :D
      Kalau saya memang paling sering minum, karena kulit saya kering, khususnya bibir, kalau telat minum bibir jadi sering pecah-pecah gitu :D

      Delete
    2. pengen ah ntar kalau lagi mood gitu, nyoba minum rajin 8 gelas sehari, kira kira mampu nggak ya hehehe, tapi kalau minum minuman kekinian sampe sekian kali sehari malah sanggup

      Delete
    3. hahahaha iya ya, saya kadang kalau mau ngikutin mood, minum kopi-kopian kekinian sebanyak-banyaknya juga bisa :D

      Delete
  3. Postingan ini sepertinya didedikasikan untuk orang-orang yang menolak tua 😁

    Bagi beberapa orang, kebanyakan poin diatas mungkin terlalu ribet dan tidak menyenangkan. Tapi saya juga paham, poin diatas tidak salah juga. Saya pernah membuat satu postingan seperti ini dan tidak ada masalah. Beberapa orang memilih hidup dengan penuh kebebasan. Lepas dari aturan-aturan yang mengikat. Intinya, itu pilhan tiap individu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bisaaahh aja, ketawuan banget yak qiqiqiqiq

      Ini sebenarnya semacam menyemangati diri sendiri, biar nggak nangis doang liat kulit keriput, tapi gaya hidup jauh dari sehat hihihi

      Delete
  4. menjaga pikiran tetap positif itu penting banget
    saya jadi ingat hughes yang kini jadi kurus dan terlihat jauh lebih muda
    beliau selalu menggaungkan pikiran positif dalam menjalani kehidupan
    makanya awet muda ya

    tapi menjaga pola makan dan sitirahat juga penting
    tetap muda dan bahgia ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya, kalau nggak salah Dewi Hughes pakai hypnoterapi ya, jadi dia hipnotis dirinya biar hidup sehat.
      Menarik juga tuh :)

      Aamiin, aamiin, happy itu pasti muda terus ya :D

      Delete
  5. Begadang, main smartphone, kurang minum air putih, suka junk food. Lah, itu saya semua mbk😂
    Gimana donk. Saya tuh suka begadang, main hape hampir tiap waktu dan kalau minum air dibanyakin malah jadinya anyang-anyangan.
    Tapi saya nggak mau juga penuaan dini dunk... Kudu mengurangi begadang deh, karena jujur mata saya pun jadi mata panda karena keseringan begadang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakaka, kalau saya paling susah itu sekarang adalah tiduuurrr, ya ampunnn saya kurang tidur terus tiap hari hiks.

      Delete
  6. Kayaknya saya perlu menambah porsi air putih nih, kadang sehari cuma beberapa teguk saja. 1 tupperware untuk satu hari. Huhuhu..
    .
    Apalagi kalau pas ngeyoutube juga mah.. kadang lupa waktu, kayaknya juga harus dikurangin nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuperware yang ukuran berapa kah?
      Kalau 1 liter lumayan tuh :D
      Waahh suka nonton youtube ya, saya seringnya scroling medoss sih hahaha

      Delete
  7. Selain merokok, juga hindari asap rokok dari sekitar ya kak Rey .

    Ih kadang suka sebel deh sama yang merokok, bahkan di tempat umum juga gak sungkan.
    Gak cuma kita sesak nafas aja ya kak Rey, tapi juga kulit kita ikutan stress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya benerrr, udah menghindari rokok, eh kena asap rokok hahaha

      Delete
  8. Makanya nih aku lagi rajin banget olah raga, jaga makanan banget dan tentunya melakukan perawatan di rumah juga. Tapi sebenarnya kalau untuk urusan skincare aku gak sampai berlayer-layer gitu sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi saya beli berlayer-layer, makenya pas rajin doang hahahaha

      Delete
  9. duh, kalo denger kata penuaan dini tuh rasanya tersindir, wkwk..
    gaya hidup sehat memang selalu jadi cara ampuh buat terlihat awet muda ya mbak Rey.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaaa, sehat jadi kewajiban deh biar awet muda :D

      Delete
  10. Sekarang usiaku sudah menginjak kepala 3, dan jangan ditanya kalau diwajahku ada atau gak nya tanda penuaan dini tersebut ya.

    Apalagi kalau aku tergolong penyuka makanan/minuman yang manis, dan yang aku baca di artikel mba merupakan salah satu penyebab nya.
    Duh,, kayaknya mesti dikurangi dari sekarang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa, minuman manis dan dingin pakai es itu mnggoda selalu :D

      Delete
  11. Aku tuh sbnrnya penasaran Ama rasa alkohol, tp ga pengen coba :D. EMG pahit ya Rey? Walo aku ga alim2 banget, tp yg namanya drugs dan alkohol, aku ga pernah tertarik utk coba. Tp kalo miras itu bau, aku pernah nyium sih. Pas mantan pacar ada yg jemput , trus aku nyium bau yg bener2 ga enak dr badannya. Kalo kata temenku, itu bau alkohol. Dari situ lgs sebeeeeel nyiumnya. Makanya aku juga heran kalo ada yg suka minum2 gituan. Ga kasian juga Ama livernya yaaa...

    Secara umurku udh 38 THN, perawatan anti aging udh ga mungkin ditahan2 lagi :p. Aku rutin ngelakuin dari umurku 27. Udh mulai pake skincare anti aging. Skrpun pola makan lagi aku usahain utk diperbaiki. Biar makin sehat. Plus aku rutin minum suplemen kulit juga utk mencegah penuaan Rey. Walopun aku tau hrgnya memang ga murah, tapi demi kulit ttp kencang LBH lama, dibela2in sih :D.

    Toh sbnrnya ini utk kesenangan diriku sendiri dan nyenengin suami juga :D .makanya ga berasa berat mau ngelakuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhuhu bapak saya mah sering minum alkohol Mba, saking memang di sana tuh miras udah jadi kek budaya.

      Dulu sering banget minum di rumah, pakai Bir B****ng yang paling saya ingat, botolnya ditaruh gitu aja di meja, kan saya kepo, baunya nyengat, kayak apa rasanya, dan astagaaaa pahiittt hahahaha.

      Sebenarnya bahkan soda aja bagi saya kurang suka rasanya, meski manis, lebih suka minuman manis yang kayak kopi atau green tea (sama ajah gulanya jahat), tapi ya gitu, heran saya kenapa orang suka minuman pahit gitu.

      Tapi hikmahnya, gara-gara bapak saya sering minum miras dan merokok, mau pasangan sembunyiin kayak gimana, saya tahu wkwkwkwkw :D

      Nah iya Mbaaa, kalau kulit sehat tuh, ototmatis jiwa juga lebih senang ya, meski ribet, tapi pas megang kulit lembut gitu auto bahagia hahahaha

      Delete
  12. Wah banyak juga pantangannya agar tidak cepat awet tua ya mbak. Kalo skin care aku ngga pernah pakai, ngga kuat modalnya.

    Mungkin tidak merokok bisa, tidak minum alkohol atau narkoba bisa karena memang ngga ada duitnya. memperbaiki pola makan oke, makanan yang kaya omega 3 itu apa saja ya? 🤔

    Nah, yang ngga bisa itu mengurangi pemakaian hape atau smartphone. Soalnya udah kecanduan susah mbak. Sejam sekali lihat hape, pengin tahu berita apa saja yang seru atau lihat blog. Gimana dong.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sebenarnya tanpa skinker mahal juga bisa kok Mas, intinya hidup sehat, menghindari makanan yang nggak sehat, banyakin minum air putih.
      Skin ker itu cuman membantu lebih sehat dan glowing, tapi semahal apapun skinker, kalau gaya hidup masih asal-asalan jadinya percuma :D

      Delete
  13. Aku dong cowok, pake sekin ker, wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha, eh banyak kok zaman now, cowok yang pake skinker, biar lebih bersihan mukanya, kan enak juga diliatnya :D

      Delete
  14. Ternyata sebenarnya menjaga kulit itu gampang ya mbak..
    Berkaitan dgn menjaga pola hidup juga

    ReplyDelete
  15. Tipsnya bagus tapi yaampun, aku melakukan hampir semua ahahaha untung ada skincare :)))

    ReplyDelete
  16. Setuju mbak, mengatasi penuaan dini banyak hal yang harus dilakukan apalagi dari pola makan dan juga menatap hape dan laptop yang terlalu lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba, kerja online nih juga bikin kita berpengaruh dengan kesehatan kulit wajah :D

      Delete
  17. Untung air hangat nggak apa-apa.. Soalnya Daku suka mandi air hangat kak, soalnya nggak kuat mandi air dingin, bisa langsung meler dah hidung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha asal nggak terlalu panas, kalau suam-suam kuku nggak apa sih :D
      Sebenarnya air dingin lebih baik sih, tapi kalau menyangkut kesehatan lainnya, mending airhangat suam-suam kuku gitu :D

      Delete
  18. Aku dulu pede banget dibilang muka childish semasa single hehe akhirnya kusadari kita harus berupaya Mencegah penuaan dini yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya, kesehatan kulit wajib dirawat, bahkan yang wajahnya imut saja bakalan kalah oleh tekstur kulit, kayak Nirina, dulu imut banget, sekarang udah keliatan banget hilang imutnya :)

      Delete
  19. Beberapa waktu yang lalu pernah ikut webinar tips awet muda ala puspa dewi. Salah satu tips yang diberikan agar terlihat awet muda memang rajin pakai tabir surya walaupun di dalam rumah. Karena sinar uv sangat berefek buruk untuk kulit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, sinar UV itu bahkan bisa menembus kaca loh :)

      Delete
  20. Banyak sekali nih PR ku untuk mengatasi penuaan dini. Semoga setelah mengikuti tips mba re, bisa stay young forever

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, menjaga kesehatan kulit biar stay young kulitnya :D

      Delete
  21. aku nih masih suka begadang, padahal itu gak baik dan kantung mata udah kebentuk banget. huhu. harus mulai kurangi begadang nih biar gak kena penuaan dini.

    ReplyDelete
  22. Aku kira omega 3 itu cuma buat nutrisi otak, eh ternyata bagus juga buat kulit ya. Hmm jadi kepikiran buat sering2 makan ikan.
    Kalau untuk menatap layar handphone terlalu lama kayaknya agak susah niih, haha. Secara segala kerjaan ada di HP. Gimana ya caranya, apa perlu semacam protector?

    ReplyDelete
  23. Semua orang pasti menua ya mba, cuma bisa dicegah, ah tapi aku doyan mandi air hangat apalagi kalau mandinya kemalaman, perlu diubah jadi yg suam suam kuku aja nih ceritanya.

    ReplyDelete
  24. Aku iya niih...males banget minum air mineral.
    Padahal dirumahaja mah..harusnya makin banyak minum yaa...

    ReplyDelete
  25. Mengurangi penggunaan gadget jadi PR banget ya kalau ga mau menimbulkan penuaan dini :( soalnya hampir 12 jam sehari tuh pegang hp untuk kerja dan update status :)

    ReplyDelete
  26. masih banyak nih dari list di atas yang belum aku lakukan terutama di urusan makan. soalnya makannya masih sembarangan akibatnya bukan cuma kulit yang kurang sehat tapi juga tambah melar

    ReplyDelete
  27. Penting banget nih tipsnya, tipsnya mudah dilakukan ya mbak sebenernya, tinggal niat yang kuat aja nih dari dalam diri. Biar bisa dipraktikin dari sekarang juga dan gak usah nunggu usia 30an hehe..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Assalamu'alaikum :)

Selamat datang di blog personal Reyne Raea