Saturday, December 19, 2020

Inspirasi Awal Mula Ngeblog

Inspirasi Awal Mula Ngeblog

Sharing By Rey - Inspirasi awal mula saya ngeblog? siapa ya?.
Sepertinya sih nggak ada, hahaha.

Ya karena saya dulunya (eh sekarang juga ding) memang suka kepo bin penasaran aja, jadi saat ke warnet dulunya, saya buka akun di semua platform yang saya ketahui.

Termasuk platform buat menulis alias ngeblog.
That's why, kalau temans iseng googling nama saya, rasanya selalu ada di hampir semua platform yang ada hahaha.

Sejak tahun 2002 ketika awalnya saya kenal internet, bikin email diajarin teman saya dari Makassar, lalu chating di mIRC, semua tanpa diajarin lagi, pokoknya bebekalkan klik sana, klik sini, lama-lama bisa nyambung juga.

Demikian juga ketika gabung di platform ngeblog, sama sekali nggak ada yang suruh atau ikutan siapaaa gitu, pokoknya pengen aja gitu.

Sampai tahun 2006 atau 2007 ya, saya lupa, saya sering nulis di Multiply, sekadar nulis aja sih, nggak jelas nulisnya, kebanyakan ya curhat galau, sok puitis, bahahaha.
Lalu akhirnya saya menikah, punya anak, blog jadi agak lama terlupakan.

Tahun 2014 saya berbisnis Oriflame, karena di facebook udah rebutan banget mau rekrut downline, saya teringat dengan blog saya, dan memulai sering nulis di blog, dengan tujuan ya ngerekrut orang.

Tak lupa saya sematkan landing page buat memancing data calon prospek di widget blog, dan lebih sering menulis di blog.
Di tahun tersebut juga deh atau mungkin sebelumnya, saya lupa.

Saya sering main ke blog teman paksu, dia memang penulis tulen sih, mantan kerja di Deteksi Jawa Pos. Tulisan-tulisannya tuh renyah, nggak heran kalau trafik blognya lumayan keren.
Ketika itu, trafik blog saya baru ratusan, sementara dia puluhan ribu, tiba-tiba saya jadi mupeng punya trafik puluhan ribu gitu, biarpun semata mupeng doang hahaha.

Hal tersebut belum mampu membuat saya rajin ngeblog, mungkin karena cuman mengejar trafik aja kali ya, saya jadi mengerti mengapa banyak teman-teman yang malas-malasan ngeblog, karena memang cuman buat having fun aja sih ya, sama kayak saya dulunya hahaha.

πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–

Tahun 2017 saya hamil dan melahirkan, berhenti total dari kegiatan bisnis Oriflame karena memang nggak sehat buat mental saya buat kerja dikejar segalanya di saat hamil dan hyperemesis, jadinya saya sering buka blog, browsing-browsing iseng.

Ketemu deh blognya Anisast, suka baca-baca beberapa tulisannya, sampai ke blognya Grace Melia, lalu nembus ke blognya Mba Nurul Bukan Bocah Biasa, dan sering ubek-ubek blognya.

Dan juga di blognya Eny, Duduk Paling Depan, dari hasil browsing nyari info hamil tapi perut nggak gede, hahaha.
Jadi, selama tahun 2017 tersebut, saya sering banget ubek-ubek blog mereka-mereka tersebut, dan mulai terpikir, asyik juga ya kalau menuliskan pengalaman diri di blog, besok-besok dibaca lagi, pasti bakalan senyum-senyum sendiri.

Begitulah, tahun 2017 saya jadi mulai sering menuliskan pengalaman diri sesekali di blog, biar kata nggak terlalu rutin, hingga akhirnya sampai ke tahun 2018 saya jadi semakin semangat menulis, mulai melirik lomba-lomba blog, meski semuanya berakhir kecewa, hahaha.

Inspirasi Awal Mula Ngeblog

Sampai suatu waktu, kalau nggak salah akhir Februari atau awal Maret 2018 kali ya, saya mendapatkan DM dari seorang blogger dari Surabaya, dan tebak siapa dia?
Mbak Yuniari Nukti dong, hahahaha.

Mbak Yuni menawarkan saya ikutan event blogger di sebuah resto, off course saya menyambutnya dengan senang hati, ye kaaann, saya belom pernah dong diundang datang ke event, pernahnya ke event Oriflame, tapi bayar, hahaha.

Saat menunggu waktu event tersebut, saya dapat info, kalau ada event lain di Surabaya, dan disuruh menghubungi nomor WA yang tertera, dan tebak itu nomor siapa?

Mbak Nurul Bukan Bocah Biasa dong!
Uwoowwww, kebayang nggak sih, ketika kita sering baca tulisan-tulisan seseorang, lalu suatu saat kita bertemu langsung dengan penulisnya, terasa seperti hal yang luar biasa menurut saya.

Setelah itu, saya pergi ke event blogger yang diundang oleh Mbak Yuni, dan di situ ketemu begitu banyak blogger Surabaya, namun saya nggak akrab sama satupun, selain seorang peserta yang terihat diam, ternyata dia adalah kuter atau pemenang kuis yang berkesempatan datang ke acara tersebut.

Sepulang dari event tersebut, saya terkagum-kagum, gimana enggak?
Saya mulai tahu betapa dunia blogger itu ternyata menyenangkan.
Diundang ke event, disuguhi makanan yang enak-enak, dikasih goodie bag unyu, waktu itu pertama kali dapat goodie bag dan isinya tas dong.

Lalu beberapa hari kemudian, Mbak Yuni minta saya nulis tentang event tersebut, saya udah tulis sih, meski jujur saya kira dulunya itu asal nulis, ternyata ada brief-nya, hahaha.
Setelah saya setor link blogpost, beberapa lama kemudian, Mbak yuni kirimin bukti transfer.

Uwooowwww...
Makin melebar mata saya, betapa enaknya ya dunia blogger, nulis gitu doang dikasih duit dong, biar kata nggak seberapa bagi orang lain, tapi menurut saya itu luar biasa.

πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–

Demikianlah awal mula saya aktif ngeblog, tentunya selain itu juga ada Mbak Dian Restu Agustina yang sering main ke blog saya, dan bikin saya jadi semangat lagi ngeblog, semangat belajar ngeblog sendiri, utak atik blog sendiri, pasang GA sendiri, utak atik Google Console sendiri, atur ini itu sendiri.

Ya semata karena udah tahu, ternyata ngeblog itu, cara asyik mendapatkan duit, karena saya suka banget menulis kan ye, sebelumnya nulis asal di blog, nggak tahu ternyata bisa mendatangkan duit.

Kesimpulannya, kalau ditanya, siapa orang yang menjadi inspirasi awal saya ngeblog? jawabannya kagak ada, hahaha.
Tapi kalau ditanya apa inspirasi saya mulai aktif ngeblog? ya duit wakakakaka.

Dan beberapa orang menjadi semacam jalan pembukanya, dari blog si Annisast, Grace Melia, Bukan Bocah Biasa, Duduk Paling Depan, Mbak Dian Restu serta Mbak Yuni semacam pembuka kunciannya menuju blogger yang cari duit dengan asyik, ya karena disuruh menulis, and i love menulis.

Oh ya, tidak lupa juga ada andil dari blognya teman si paksu, Namanya Dias, tapi sering terkenal dengan nama Diaz Daz, yang mana beberapa waktu seiring saya rajin ngeblog, saya bisa senyum ketika mengunjungi kembali blognya, di mana trafik blog saya udah jauh lebih gede ketimbang blognya, bahahaha *Rey memang receh!

Udah ah..
Atuh mah, tulisan ini sebenarnya udah sering saya singgung di beberapa tulisan saya sebelumnya, dan sebenarnya lagi hari ini mau nulis tentang Gift dari teman-teman blogger.
Tapi kok ya, saya baru ingat, kalau tema challenge minggu ini belom saya tulis dong, hiks.

Terpaksa deh, hari ini nulis tema challenge aja.
So temans, kalau kalian, siapa nih yang menginspirasi awal mula ngeblog?
Share yuk :)

Sidoarjo, 19 Desember 2020


Artikel ini diikut sertakan dalam challenge 'Nulis Blog Bareng Ning Blogger Surabaya' bulan Desember 2020
Dengan tema : Siapa yang menginspirasi dalam ngeblog

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

20 comments :

  1. wah MIRC asl pls
    ya allah taun segitu aku masih SMP mbak
    awal awale main internet sama temen

    kalau blog aku mulai buat pas SMA gegara ada pelajaran TIK yg wajib buat blog
    of course isinya copas dari blog lain
    eh aku juga nulis di multiply pas kuliah
    isinya Kpop semua wkwkw
    sayang ya sekarang multiply udah tutup mbak

    eh penulis deteksi JP? siapa mbak
    aku dulu pembaca setia lo suka banget rubrik yg tiap sabtu ya klo ga salah itu
    apalagi kalau bahas masalah remaja
    bagus banget itu rubrik

    mbak nurul itu blogger idola juga
    pengalamannya juga banyak
    kalau aku yg menginsiprasi tentu Raditya Dika sama mbak Trinity
    dua orang itu jadi penyemangat buat ngeblog meski sekarang raditya dika udah engga ngeblog lagi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh masih imut ternyata nih, hihihi :D

      Wow sejak dulu udah nulis Kpop, kece banget dong.
      Iyaa udah tutup sayangnya, dan beberapa tulisan tidak terselamatkan hahaha

      Kalau saya malah baru ngeh kalau Raditya Dika itu blogger, kirain penulis buku aja, kalau Trinity juga suka sih, tapi mereka-mereka itu saya kenal setelah saya aktif ngeblog :D

      Delete
  2. Oh awalnya karena suka curhat dan cari informasi tentang ibu hamil jadinya kenal dengan para blogger dan tertarik ngeblog serius. Jadinya malah kenal dengan komunitas blogger dan diajak ke berbagai event dan ketemu blogger favorit mbak Rey.

    Karena serius, akhirnya blog mbak Rey terkenal bahkan mendapatkan traffic puluhan ribu perhari, mengalahkan blogger yang dulu mbak Rey kagumi ya.

    Sama mbak, aku juga ngeblog karena ingin dapat duit. πŸ˜‚

    Tapi ngomong-ngomong kenapa ngga ada iklan adsense nya mbak, padahal dengan traffic puluhan ribu perhari bisa gajian tiap bulan di adsense. Dulu tahun 2014 apa 2015 aku pernah baca, blog yang dapat 3.000 perhari bisa gajian adsense tiap bulan, apalagi yang puluhan ribu pasti lebih besar hasilnya.πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha pas kenal Eny tuh ketika cari info perut hamil :D

      Terus dari blognya Annisast kalau ga salah saya googling mengenai tetangga :D

      Wowww, gimana mau adsense Mas, orang baru di acc sekarang tuh, dulu pernah ajukan, asal-asalan sih, ditolak dong ama google :D

      Delete
    2. Lha sama, aku juga beberapa kali ditolak, sampai empat atau lima kali. Baru tahun 2019 diterima.

      Tapi kok aku ngga lihat ada iklannya mbak, apa sengaja diumpetin ya?

      Delete
  3. Kebanyakan orang kalau suka nulis suka ngeblog juga ya, Mbak. Numpang curhat ya. Aku pun pernah ikut event Oriflame dan tiket masuknya bayar. Tapi untungnya aku dapat hadiah pas event Oriflame tersebut. Jadi ya asik aja gitu.

    ReplyDelete
  4. kok sama yah, saya juga awal tahu Internet tahun 2002 juga suka main miRC, friendster haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh saya kalau FS kayaknya setelah tahun 2005an ya :D

      Delete
  5. Inspirasi awal aku membuat blog, nggak ada, Kak 🀣. Bahkan saat kembali membuat blog ini, inspirasiku hanya otakku aja yang ingin berbagi apa yang aku suka lewat sebuah wadah selain IG/Twitter dan kemudian lahirlah blog ini hahaha
    Kalau ditanya inspirasi/motivasi bertahan ngeblog sama hari ini adalah kehadiran para teman-teman di blog dan juga Kak Rey yang selalu rajin posting setiap hari. Hal ini memicu aku juga untuk semakin rajin menulis 🀭
    So, aku harus berterima kasih nih sama Kak Rey πŸ™ˆ. Terima kasih Kakkk! πŸ€— Terus berkarya yaaaa πŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. awww... dirimu memang peri imut nan baik hatiiii :*

      Tapi dirimu setidaknya ingin berbagi, ketimbang saya cuman pengen aja punya blog, hahahaha

      Delete
  6. Aaah aku juga sempat ngeblog di Multiply, Mba Reyy. Isinya curhatan abege alay banget 🀣 tapi yaa paling betah nulis di platform Blogger. Kalau soal inspirasi nulis blog datangnya dari salah satu perempuan idolaku, Alanda Kariza. Tapi inspirasi untuk blogging secara 'serius', justru gara-gara baca beberapa fashion blogger, mulai dari Michelle Koesnadi, Diana Rikasari sampai Sonia Eryka. Padahal niche aku nggak fashion samsek, tapi malah dapet inspirasinya dari mereka πŸ˜‚

    Kalau sekarang ini sih inspirasinya datang dari teman-teman blogger aja. Melihat semangat manteman aku pun juga ikut 'terbakar' 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh kece banget, saya malah baru ngeh para blogger tersebut dari blognya Jane loh :D

      Ayoo kita selalu semangat :D

      Delete
  7. Saya inspirasi ngeblog pada siapa tidak ada...Karena awal ingin ngeblog tahun 2004 cuma iseng2 saja dan pengen tahu apa arti blog dan bagaimana cara membuatnya..😊😊

    Singkat cerita jadi tahu blog dan segala macam bentuknya akhirnya serius ngeblog tahun 2007 cuma tidak lama 2009 blog dihapus senua karena sibuk ngurus yayang tercinta Hooohoooohooo!!..🀣🀣🀣

    Dan aktif lagi ngeblog tahun 2011 itupun di MWB ....Serius ngeblognya tahun 2013 sebenarnya..sampai akhirnya MWB tutup pindah keblogspot yaa cuma untuk ngeblog santai saja dan tidak ada yang dicari....Sampai sekarang.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, kenapa dihapus Kang? :D
      Tapi asyik juga ya, beberapa teman memang kayak gini, ngeblog cuman buat having fun :D

      Delete
  8. Diaz Daz yg pegang socmed dan publisher Pasar Atom tuh Teman Suami kamu tho mbaaaa

    Wahh, aku juga dulu di DetEksi seangkatan ama dese.

    Dunia ini lo lagi lo lagi yak ternyataaa wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ya ampuunn, ternyata kenal juga :D
      Iya Mba, dulu lumayan akrab malah, mereka sesama alumni SMU 3 SBY :D

      Delete
  9. mirc zaman waktu aku SMA, dan awal awal kenal ini hepi bener, bisa punya temen dimana mana, padahal ngobrolnya singkat ga jelas ga penting gitu
    dulu aku bisa dibilang terinspirasi dari diana rikasari untuk hal hal gayanya, gaya fashionnya, kreatipnya. dan bisa buat blog secantik itu.
    mungkin karena aku suka fashion juga, jadi gaya fashion diana yang nyentrik dan nggak biasa itu serta berani dengan warna warna ngejreng membuat aku pengen buat blog yang bisa menginspirasi orang banyak kayak diana ini

    aku suka baca berita Deteksi mbak,, mungkin karena gaya bahasanya mirip kayak gaya penulisan majalah GADIS,, karena aku pecinta majalah Gadis waktu itu
    malah aku bisanya cuman membatin aja, pengen nulis di deteksi sebagai kontributor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh, diriku udah kuliah pas mirc itu :D

      Nah iyaa, Deteksi dulu selalu jadi panutan banget, sekarang masih ada nggak ya? :D

      Delete
  10. Kok kayaknya aku pernh denger ya nama Dias daz... Rasanya pernah baca, tp udh lama.. coba ntr aku cek lagi :D.

    Kalo aku, yg awal2 bikin aku tertarik utk bikin blog, itu Kaka iparku. Walopun dia malah stop tengah jalan :D. Sementara aku msh lanjut. Mungkin Krn pada dasarnya aku suka nulis sih, dan terbiasa nulis buku harian. Makanya blog seperti menjawab hobi aja :D.

    Dan makin semangat nulis, pas ketemu Ama almarhum mas cumilebay. Yg srg semangatin nulis, dan dia juga yg ajarin utk rajin BW ke blog banyak orang. Ah jadi kangen banget Ama mas cum :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dia sekarang punya usaha majalah pasar Atom Surabaya kalau ga salah :D

      Lah itu blognya Cumilebay sayang banget ya, nggak ada keluarganya atau temannya yang balikin domainnya, akhirnya diambil situs judi deh

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top