Wednesday, December 23, 2020

Menikmati Liburan Seru Di Rumah Dengan FUNSTEM.ID

liburan bersama keluarha

Sharing By Rey - Libur telah tiba, dan semua bergembira menyambutnya.
Bukan hanya anak-anak, mamak-mamak juga ikutan bersorak.

Bagi saya, anak libur itu means, bebas ngomel bangunin si kakak yang selalu sulit disuruh tidur, dan silit juga dibangunin, ckckck.

Si kakak libur, berarti.. saya hanya berjuang bangunin dia sholat subuh, lalu membiarkannya tidur kembali selepas sholat, dari pada liat dia manyun karena ngantuk kan ye.

Dan libur juga berarti, kuota mamak sedikit lebih irit, karena si kakak nggak bakal make nge-zoom sampai berjam-jam lamanya.

Pokoknya asyik deh.
Sampai saya tersadar melihat si kakak yang kayak orang linglung, mungkin karena bosan.
Lalu bersoraknya karena anak libur jadi berhenti, berganti dengan memikirkan gimana caranya agar si kakak nggak hanya bengong seharian menghabiskan liburannya di rumah aja.


Ketika Liburan di Luar Tak Memungkinkan


Sebenarnya, jika memang nggak ada pandemi, liburan kayak gini asyik juga jika bisa mengajak anak-anak explore di luar.   
Mengunjungi musium, atau semacamnya.
Selain si kakak bakalan senang, dia juga bisa belajar sejarah lebih dekat.

Liburan Seru Di Rumah Dengan FUNSTEM.ID
Isi edubox DIY Hand Sanitizer

Tapi sayangnya, setelah beberapa waktu lalu, kami udah mulai sedikit menepis parno untuk keluar rumah dan bahkan sempat ngemal, tiba-tiba akhir-akhir ini kembali dikejutkan oleh berita meningkatnya angka penularan Covid-19.

Terlebih lagi, ketika beberapa minggu kemarin kami keluar dan mampir di sebuah mall, setelah seminggu lebih dari saat ke mall itu, si adik tiba-tiba batuk pilek hingga demam.

Karuan saja saya parno banget.
Si adik memang sempat main jungkir balik di mall tersebut, dan saya jadi parno separnonya.

Alhamdulillah, batpil dan demamnya hanya sekitar 2 harian saja, setelah saya kasih obat batuk yang selalu cocok buat si adik, serta minum vitamin, si adik perlahan membaik dan ceria lagi.
Batuknya pun hilang dengan cepat, Alhamdulillah

Namun karena hal itu, saya jadi kembali parno untuk keluar-keluar lagi, terlebih banyak banget berita tentang penularan yang semakin meluas.

Sehingga mau nggak mau, saya kudu berpikir keras, mencari kegiatan apa yang bisa dikerjakan di rumah, tapi juga seru buat si kakak.

Hingga suatu hari saya mengenal FUNSTEM.ID


Mengenal FUNSTEM.ID


Apa Itu FUNSTEM.ID


Para Moms mungkin belum banyak yang ngeh dengan FUNSTEM.ID dan bertanya, apa sih itu FUNSTEM.ID?

liburan bersama funstem.id
Isi edubox DIY Electrical Circuit

FUNSTEM.ID merupakan singkatan dari 
FUN berarti menyenangkan.
Dan STEM yaitu science, technology, engineering, mathematic.
Dan ID adalah Indonesia.

Jadi FUNSTEM.ID memang diciptakan untuk mengajak anak-anak mengenal STEM, dengan cara yang seru dan menyenangkan.


Latar Belakang Hadirnya Funstem.id


Zaman semakin maju, dan setiap orang tua tidak mau membiarkan anaknya tertinggal dari teman-temannya, karenanya mengajak anak untuk lebih mencintai science, technology, engineering, mathematic, itu penting.

Sayangnya, kadang memang yang namanya hal-hal berbau pelajaran, bikin anak males banget melakukannya.
Anak-anak lebih memilih bermain, karena itu lebih menyenangkan.

Karena itu, Funstem.id hadir memberikan paket edubox yang berisi hal menyenangkan buat anak-anak untuk dipraktikan sambil bermain.
Dan bukan hanya anak-anak yang bergembira, orang tuapun tentu sangat bergembira, mengingat paket edubox dari Funstem.id ini, membuat orang tua, tidak perlu susah payah lagi memikirkan ide permainan STEM, lalu bingung mencari alat dan bahannya.


Manfaat Bermain Bersama dengan Funstem.id


Bermain bersama anak dengan FUNSTEM.ID, tentu saja sangat bermanfaat, khususnya buat saya, karena:

  • Bisa punya ide bermain sambil belajar bersama si kakak maupun si adik. Ye kan, tahu aja kalau si Mamak Rey ini sungguh kurang kreatif dalam mencari ide bermain bersama anak-anak, rasanya baru mau nyari ide aja, udah ngabisin waktu setengah harian deh, belum lagi kalau harus nyari alat dan bahannya, di masa pandemi gini. Duuhhh...
Dengan adanya FUNSTEM.ID ini, kita hanya perlu stalkingin produk-produk edubox-nya, lalu pesan online, dan tadaaa.... kotak edubox yang lengkap udah siap di depan kita
  • Lebih punya manfaat ganda, karena dalam aktivitasnya, bisa dilakukan seolah-olah bermain, sambil belajar science, technology, engineering, mathematic.
  • Membuat anak-anak jadi lebih terpancing berpikir kritis, logis dan analitis, misal melihat satu percobaan dan kemudian takjub bisa terjadi sehingga anak-anak akan bertanya, mengapa itu bisa terjadi. Emang tau jawabannya Rey? kagak sih, tapi tenangggg, ada kok di video tutorialnya, hahaha.
  • Membuat anak-anak jadi punya daya kreatifitas serta imajinasi yang semakin terasah dari kegiatan percobaan-percobaan yang menyenangkan tersebut.
  • Anak jadi lebih dekat dengan orang tua, i told you, sepengalaman saya, mainan termahal apapun yang kita berikan kepada anak, tetap saja keterlibatan orang tuanya menemani mereka bermain adalah yang paling dinanti anak-anak. Dan karena paket edubox ini memang wajib dengan pendampingan orang tua, membuat saya jadi punya alasan kuat untuk ikut bermain dengan anak-anak, sekaligus menambah kedekatan saya dengan anak-anak.


Akhirnya Liburan Seru di Rumah Bersama FUNSTEM.ID

 
Saya berkenalan dengan FUNSTEM.ID ini, karena dikenalin oleh seorang teman blogger bernama Mas Prima yang sekarang lebih banyak menulis di platform Medium.

Setelahnya, nggak butuh waktu lama, mendaratlah 2 kotak lucu edubox berisi hal yang seru buat anak-anak di depan kami, dan si kakak paling excited ingin mencobanya.

Ada 2 paket edubox yang kami mainkan, yaitu:


DIY Hand Sanitizer


Ini adalah percobaan yang paling ditunggu kakak Darrell, karena sesungguhnya dia kepo gimana sih cara bikin hand sanitizer tersebut?

FUNSTEM.ID DIY Hand Sanitizer
Kalau nggak berantem, nggak afdol, hahaha

Pas paket eduboxnya datang, dan saya kemudian unboxing sambil share di IGS @reyneraea, si kakak rasanya udah nggak sabar lagi mau nyobain bebikinan hand sanitizer-nya.

Dalam 1 kotak edubox DIY Hand Sanitizer tersebut, sudah berisi lengkap semua bahan dan peralatannya, seperti: ada alkohol, gel, alat pengocok cairannya lengkap dengan baterainya, gelas beaker buat menampung cairan percobaan, sendok plastik, sarung tangan plastik, pipet plastik untuk menakar cairan alkohol agar lebih pas ukurannya, serta kertas petunjuk percobaannya, di mana di kertas tersebut, ada barcode yang kalau dipindai, akan membawa kita ke sebuah link untuk request video turorial-nya.

Tips Bermain FUNSTEM.ID DIY Hand Sanitizer :
  • Siapkan kotak edubox FUNSTEM.ID DIY Hand sanitizer di atas sebuah meja yang lapang dari benda-benda yang mengganggu.
  • Arahkan anak untuk memakai sarung tangan terlebih dahulu, agar tangannya lebih aman jika nggak sengaja terpercik alkohol.
  • Scan barcode pada kertas petunjuk pembuatannya dengan aplikasi QR Barcode atau semacamnya, nanti akan diarahkan ke sebuah link yang berada di google drive, klik request buat membukanya, dan tidak menunggu lama, admin akan meng-approve dengan mengirimkannya ke alamat email kita.
  • Tonton bersama video tutorialnya dibarengi dengan membaca tulisan cara membuatnya, setelah itu mulai praktikan.
  • Pastikan untuk selalu mengawasi anak-anak, terutama untuk anak usia 3 tahun seperti si adik, untuk lebih amannya, terutama saat menuang alkohol, saya memegang tangan si adik untuk sama-sama menuangkan alkoholnya ke dalam beaker glass.
Tips Bermain FUNSTEM.ID DIY Hand Sanitizer
Si adik ikutan mengisi baterai ke dalam alat pengocok

  • Biarkan anak-anak berkreasi sendiri sesuai tutorialnya, memegang dan menakar semua bahannya, namun tetap harus didampingi.
  • Jika sudah selesai, jangan lupa mengarahkan anak-anak untuk cuci tangan, terlebih yang terkena alkohol, dan tentu saja mengajak anak membereskan semuanya, agar terbiasa lebih mandiri.


DIY Electrical Circuit


Dibandingkan dengan percobaan DIY Hand Sanitizer yang lebih simple dan si kakak bisa mengerjakannya sendiri bersama di adik, DIY electrical circuit ini adalah percobaan yang bikin saya lebih dekat dengan si kakak, karena kami kudu kerja sama.

Menikmati Liburan Seru Di Rumah Dengan FUNSTEM.ID
Udah pada puyeng nonton video tutorial

Sedikit rumit oii (bilang aja kalau kamu lupa teori listrik, Rey!, hahahaha).

Iya, sejujurnya saya udah lupa teori mengenai listrik, yang ada di kepala saya, listrik itu dihantarkan oleh kabel, nggak tahu deh apa fungsi positif dan negatifnya, hahahaha.

Alhasil, baik saya maupun si kakak, begitu serius memelototi video tutorialnya hingga berkali-kali, itupun tetep gagal, bahahaha.
Hanya ada satu lampu yang nyala dong, dan justru itu bikin saya maupun si kakak jadi lebih penasaran ingin mencari tahu apa penyebabnya lampu hanya satu yang nyala.

Si adik gimana?
Udah keburu ngantuk dong, langsung kabur dia mencari mainan bongkar pasangnya, setelah kebagian bantuin olesin lem ke kertas, hahaha.
Tinggal kami berdua deh yang ngerjainnya

Oh ya, di dalam 1 kotak edubox DIY Electrical Circuit tersebut, sudah berisi lengkap semua bahan dan peralatannya, seperti: kertas, 2 baterai kecil, gunting,  conductive tape, isolasi, 4 lampu LED, 2 kertas cara pembuatannya, serta kertas template dari aliran listrik yang dipercobakan.

Sama dengan edubox DIY hand sanitizer, kita juga bisa memindai video tutorialnya dan membawa kita ke sebuah link untuk request video turorial-nya.


Tips Bermain FUNSTEM.ID DIY Electrical Circuit :
  • Ajak anak ikut menonton video tutorialnya, untuk melatih anak juga bisa memberikan ide percobaan tersebut, jangan sampai hanya karena percobaan ini sedikit rumit, membuat kita jadi ingin mengerjakannya sendiri, termasuk menonton tutorialnya sendiri.
Tips Bermain FUNSTEM.ID DIY Electrical Circuit
Lampu mobilnya nyala, tapi cuman 1 doang, hahaha

  • Pancing anak untuk bertanya tentang positif negatif listrik, mengapa harus dipasangin conductive tape, mengapa lampunya bisa menyala, atau juga ketika percobaan gagal, lampunya nggak bisa nyalah sama sekali, yang ternyata saya lupa, kalau baterainya kudu ditempelin kedua permukaannya, baik positif dan negatif. Dengan bertanya, anak-anak akan jadi lebih mengerti tentang cara kerja electrical tersebut.
  • Usahakan anak lebih banyak mengambil bagian dalam percobaan tersebut, jadi meski sedikit rumit buat anak, biarkan mereka mencobanya berulang kali.
  • Karena percobaan ini lebih safe untuk anak usia 3 tahunan, maka jangan lupa untuk menyertakan si adik, misal mengoleskan lem, menggunting conductive tape dan isolasi serta hal lain yang lebih mudah dilakukan anak usia segitu.
  • Jangan lupa mendiskusikan kesimpulan dari percobaan tersebut, agar anak juga mengerti tentang kelistrikan.
Tips Bermain FUNSTEM.ID DIY Electrical Circuit
Ini juga sama, lampunya cuman 1 yang nyala

Selain 2 paket edubox di atas, FUNSTEM.ID juga menjual beberapa edubox percobaan lainnya, seperti:
  • DIY Colourbomb.
  • Elephant toothpaste.
  • Magnetic kit.
  • Dancer Kit
Yang mana kesemua paket edubox tersebut, sangat bermanfaat dan seru jika dimainkan dengan percobaan bareng anak-anak.

So, nggak bakal lagi deh liburan sekolah kali ini bikin anak linglung kebosanan dan orang tua puyeng kegemesan melihat anak mager melulu.
Yang ada, anak malah bermain dan belajar hal-hal baru yang bermanfaat, selama masa liburannya.

So, Moms..
Pengen ikutan main bersama anak-anak tanpa ribet mikirin dan nyiapin ini itu?
Segera kepoin akun instagram @funstem.id
Atau jika memang ingin langsung pesan, bisa melalui akun FUNSTEM.ID di Shopee ya

Demikianlah, semoga bermanfaat.

Sidoarjo, 23 Desember 2020


Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : dokumen pribadi

39 comments :

  1. Unik yaa uni Rey...Jadi penasaran pengen nyoba Funstem.id biar dirumah saja dan nggak kemana2 pas tahun baru nanti.不不不不 Ngirit amat yee.不不不

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain funstem kitnya,banyak pilihan menarik.
      Bisa cek d instagram,tokped,atau shopee (ada gratis ongkir lho di shopee)

      Delete
    2. Main ini aja sama anak KangSat, serius asyik banget, apalagi yang electrical circuit itu, bikin penasaran aja, jadi mengingat pelajaran tentang listrik hahaha

      Delete
  2. Seru nih adanya Funstem.id bisa memberikan paket edubox yang berisi hal menyenangkan buat anak-anak untuk dipraktikan sambil bermain. belajar smbil bermain jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya utie adnu bener bangeeet...anak senang orang tua pun g perlu repot lagi...cek instagram kami ya buat detail produknya @funstem.id

      Delete
    2. Bener Mba, jadinya bisa main ama anak, tapi tetep ada edukasinya :D

      Delete
  3. Seru banget bisa bikin percobaan-percobaan gitu. Jadi liburan berkesan deh meskipun di rumah aja. Happy holiday ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mba, anak-anak juga nggak jadi bosan, mau keluar juga kan bawaannya parno :D

      Delete
  4. Baru tahu nih FUNSTEM.ID. Permainan edukatif yang nggak sekadar seru tapi juga ada unsur pengetahuan dan kreatifitas. Liburan jadi berkesan banget kalau begini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, bisa jadi rekomendasi buat anak-anak yang hanya liburan di rumah, jadi nggak bosen lagi deh :D

      Delete
  5. Wah keren nih FUNSTEM.ID
    Bermain sambil belajar, sehingga anak betah di rumah
    Ortu pun tenang

    ReplyDelete
  6. Seruu.. Anak pasti gak bosen nih. btw FUNSTEM.ID ini bisa untuk anak mulai usia berapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Funstem kit bisa untuk anak 3 - 7 tahun ya...ada bermacam2 kit yaaa...bisa dilihat di ig kami funstem.id

      Delete
    2. Banget Mba, asyik banget buat main bersama anak :)

      Delete
  7. Oh seru juga ya mbak permainan dari funstem.id ini, jadi bisa tahu cara kerja listrik gitu. Selain bermain bisa juga untuk pelajaran nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermain sambil belajar emg yg paling efektif buat anak2...funstem kit selain untuk anak sendiri bisa juga untuk gift atau hampers ulang tahun lho..

      Delete
    2. Iya Mas, pas juga si kakak barusan belajar tentang energi listrik di sekolah :D

      Delete
  8. keren ini cocok buat anak2 ya. kalau aku lagi seneng nih liburan kali ini anak bungsuku cuti kerja panjang dan aku bisa gugulingan di kasur bareng dia, seneng walau gak bisa kemana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya ya Mba, bisa me time sama anak meski di rumah aja :D

      Delete
  9. belajar science, technology, engineering, mathematic gak pernah sepraktis dan seseru ini ya mbaaaa
    soale biasanya emak2 kayak diriku juga MLZ alias malessss banget bo, kalo diminta cari printhilan bahan untuk belajar sambil bermain.
    ada FunStemid semua jadi beressss

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakaka, samaaahh, udahlah mamak Rey ini males, nggak kreatif pula, mager pula keluar cari bahannya, mending beli paketan gini, ada tutorialnya pula, beres dah :D

      Delete
  10. seru banget ini sih, mendorong anak jadi suka sains yaa mba rey, dan cukup mudah juga nih ya ada tutorialnya kan yaa kalo beli satu set ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada doonk mom shinta shyntako...kalo beli kit funstem lengkap alat bahan dan video tutorial sama penjelasan teori yaa...

      Delete
    2. Ada Mba, lengkap baik tulisan maupun video :)

      Delete
  11. Wah keren ini FUNSTEM.ID. Jadi salah satu solusi memecahkan kebosanan anak-anak selama pandemi. Kreatif banget. Kalau anak-anak saya masih seumuran itu, pasti sudah saya belikan. Secara anak-anak saya suka ngoprak-ngaprik mainan edukatif dan cinta membaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermain sambil belajar emg yg paling efektif buat anak2...funstem kit selain untuk anak sendiri bisa juga untuk gift atau hampers ulang tahun lho..

      Delete
  12. Duh kerbang alias keren banget Funstemid ini ya Mbak Rey... mengasah olah pikir anak di bidang STEM atau science, technology, engineering, mathematic. Liburan makin seru dong ya, bikin hand sanitizer sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk moms cobain juga funstem kitnya ...banyak pilihan seru lho di ig kami, shopee atau tokped

      Delete
    2. hihihi banget Mba, si kakak tuh excited banget bikin hand sanitizer :D

      Delete
  13. kakak adek hepi bener tuh :D
    kalau ponakan aku punya beginian, yang jelas bukan hanya mereka yang antusias, aku juga heboh tuh. soalnya waktu aku kecil nggak ada permainan ini, kan penasaran juga pengen mainin gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha betoolll Mba Inun, orang saya aja yang mamak males gini, langsung semangat pas bebikinan gini :D

      Delete
  14. Kok lucuuuuu siiiih Rey .. jadi pengeeeen beliiiii. Si Kaka cocok sih main ini. Kalo adeknya Ntahlaaah, kadang2 dia cepet bosenan :D. Tp mungkin DIY yg bikin colorbomb cocok tuuuh buat dia.

    Coba ah ntr aku mau cek2 juga :D. Sbnrnya aku tertarik ini Krn LBH pgn ada yg dikerjain bareng sih. Aku sendiri ga terlalu kreatif kalo fisuruh mikirin main bersama Ama anak. Sama2 cepet bosen :p. Jd LBH enak kalo ada alatnya gini dan di suruh berfikir bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, si Kakak pas banget tuh, bagus banget buat main sekaligus ada edukasinya, pas banget buat yang liburan di rumah :D

      Delete
  15. Lucuuuu liat ekspresi kakak adik semangat bgd main ini Seruuu yaa Mba Rey, aku jd penasaran juga pengen nyobaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, si Kakak seneng banget, maklum liburan dan dia nggak bisa keluar karena saya larang hahaha, dapat mainan gini langsung semangat :D

      Delete
  16. Bagus sekali untuk anak2, belajar science n technology. Anak jadi kreatif y... pas di masa liburan begini anak gak bosan diam di rumah aja.

    Aku penasaran, n pengen beliin untuk si kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo beliin Mba, asyik banget sih, anak-anak bisa main sambil belajar nih :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top