Skincare Rutin untuk Ramadan Bagi Wanita Usia 40 Tahun

skincare rutin untuk ramadan

Skincare rutin untuk ramadan khususnya bagi wanita usia 40 tahun itu penting banget. Jangankan di bulan ramadan ya, ketika di waktu-waktu biasa pun, yang namanya penggunaan skincare rutin itu wajib buat para wanita usia senior tersebut.

Di usia kepala 4 atau kisaran usia 40-an, kulit wajah kita mengalami banyak perubahan, khususnya di masalah elastisitas hingga warna kulit.

Munculnya kerutan di mana-mana, semakin memperparah penampilan kulit wajah, karena itulah butuh skincare lebih intens ketimbang di usia sebelumnya.

Apalagi, jika ditambah dengan kondisi kulit yang kering, kurang terhidrasi, maka kerutan di wajah akan semakin mudah dan banyak bermunculan.

Dengan penggunaan skincare khusus anti aging, maka segala permasalahan kulit tersebut bisa diminimalisir sehingga kulit tetap sehat dan wajah terlihat selalu awet muda.


Beberapa Jenis Skincare Rutin untuk Ramadan Wanita Usia 40 Tahun

Berikut beberapa jenis skincare rutin untuk ramadan yang bisa digunakan wanita usia 40 tahun:

jenis skincare rutin wanita 40 tahun

1. Micellar Water untuk membersihkan wajah dari make up dan kotoran

Di usia 40 tahunan, rutinitas skincare untuk membersihkan wajah itu penting, khususnya untuk mengangkat make up atau kotoran yang menempel pada kulit. Kita bisa menggunakan micellar water yang sesuai dengan jenis kulit.

Micellar water merupakan pembersih wajah yang diformulasikan dengan menangguhkan surfaktan dalam air, di mana surfaktan biasanya bekerja seperti magnet kecil, dan menarik serta menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel di kulit wajah.


2. Cleanser untuk membersihkan wajah

Selain micellar water, cleanser juga merupakan salah satu jenis skincare rutin yang harus rutin digunakan wanita 40 tahunan terlebih di bulan ramadan ini.

Cleanser bermanfaat membersihkan kotoran di wajah serta menyeimbangkan pH kulit. Untuk wanita usia senior sebaiknya memilih cleanser dengan bahan-bahan yang bantu mengeksfoliasi dan mencerahkan kulit. 


3. Eksfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati

Eksfoliasi kulit setidaknya 2-3 kali seminggu menjadi hal wajib bagi wanita 40 tahunan terutama di bulan ramadan.

Dengan rutin eksfoliasi kulit, maka bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati yang jadi penyebab kulit kusam.


4. Eye cream untuk melembabkan kulit di sekitar area mata

 Mata merupakan salah satu bagian yang paling awal menyumbang tampilan wajah menjadi lebih tua. Garis-garis kerutan selalu bermulai dari area mata, karenanya wajib banget tetap menggunakan eye cream selama bulan puasa.

Karena area mata sangat halus dan butuh hidrasi yang lebih ekstra dibanding bagian kulit lainnya. Pertimbangkan pelembab mata yang menggunakan  asam hialuronat, squalene, dan ceramides. Atau bisa juga kandungan bahan retinol yang ringan atau asam glikolat, agar bisa bekerja dengan baik sebagai anti-aging.


5. Serum untuk mengatasi masalah kulit

Serum merupakan jenis skincare wajib bagi wanita usia 40 tahun yang berfungsi untuk mengatasi permasalahan yang ada di kulit wajah.

Kita bisa menggunakan serum yang mengandung retinol dan vitamin C, juga kandungan peptide dan campuran bahan-bahan yang menenangkan. Seperti asam hialuronat, vitamin C dan E, lidah buaya, oatmeal koloid, allantoin, dan ceramide. 

Semua kandungan bahan skincare tersebut, dapat bantu merawat dan mendukung kesehatan kulit.


6. Pelembab wajah untuk melembabkan kulit

Pelembab wajah, baik day atau night cream sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit, khususnya saat berpuasa di bulan ramadan.

Karenanya memakai pelembab wajah siang dan malam itu penting. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit dan gunakan setelah pemakaian serum, agar wajah selalu segar, glowing dan sehat meskipun sedang berpuasa.


7. Sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV

Melindungi kulit dari pengaruh buruh sinar matahari juga penting dilakukan selama bulan ramadan ini. Karenanya jangan skip penggunaan sunscreen setiap pagi, dan reapply sunscreen setiap 4-6 jam sekali.

Pengaruh buruk sinar matahari bisa membuat kulit semakin kusam dan makin banyak muncul flek di wajah.


8. Masker wajah untuk melembabkan kulit

Masker wajah sangat baik dalam menghidrasi kulit, dan ini sangat membantu kulit di bulan puasa yang mana asupan air minum sedikit berkurang.

Selain itu, di usia 40 tahunan, kulit wanita telah kehilangan kelembapan alaminya, dan masker wajah bisa bantu menghidrasi kulit dengan baik.


Tips Memilih Skincare Rutin untuk Ramadan Bagi Wanita Usia 40 Tahun

Satu hal yang penting bagi para wanita usia 40 tahunan adalah, bagaimana memilih skincare yang tepat untuk kebutuhan kulitnya.

skincare penting di bulan ramadan

Karena kulit wanita di usia matang tersebut, tentunya berbeda dengan kebutuhan kulit wanita di bawah usianya.

Dan terlebih di bulan ramadan ini, asupan makanan dan minuman yang berkurang di siang hari, sedikit banyak menambah masalah di kulit salah satunya, jadi kusam dan tidak terhidrasi dengan baik.

Karenanya, berikut tips memilih skincare rutin untuk ramadan bagi wanita usia 40 tahunan, di antara:


1. Pilihlah skincare dengan kandungan bahan yang melembabkan dengan maksimal

Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa salah satu masalah kulit wanita usia 40 tahunan di bulan ramadan ini adalah kurangnya cairan tubuh yang bisa membantu menghidrasi kulit.

Karenanya, pastikan untuk memilih skincare anti aging yang mengandung bahan super melembabkan, seperti : Hyaluronic Acid, Squalane, Ceramide, Glycolic Acid dan lain sebagainya.

Kandungan bahan tersebut berfungsi untuk melembabkan sekaligus menghidrasi kulit dengan baik.  

 

2. Pilihlah skincare dengan kandungan bahan yang meratakan warna kulit

Selain faktor berkurangnya hidrasi kulit, warna kulit yang tidak merata adalah khas masalah kulit wanita usia 40 tahunan.

Karenanya, pastikan memilih skincare yang mengandung bahan untuk meratakan warna kulit, seperti vitamin C, Niacinamide, Alpha Arbutin dan lainnya.


3. Pilihlah skincare dengan kandungan bahan yang memperbaiki tekstur kulit

Kandungan skincare retinol dipercaya ampun untuk membantu memperbaiki tekstur kulit wajah yang tidak mulus. 


4. Pilih skincare yang lolos BPOM sehingga aman dan juga halal

theraskin anti aging series

Dan yang paling penting adalah, pastikan memilih skincare yang halal dan juga aman untuk digunakan. Untuk itu, selalu cek apakah skincare tersebut telah memiliki izin BPOM?

Salah satu rekomendasi skincare yang sudah lolos BPOM, aman dan juga halal adalah Theraskin.


Tentang Theraskin

Theraskin merupakan kosmetik yang dikembangkan sebagai medical skincare guna memenuhi kebutuhan skincare di klinik dokter dan apotek di berbagai penjuru Indonesia. 

theraskin

Semua produknya dikembangkan bersama dengan dokter kulit, sehingga terjamin efektivitasnya. Dan diformulasikan menggunakan teknologi terkini, sehingga tekstur produk nyaman di kulit, mudah meresap dan mampu bekerja secara optimal.

Produk Theraskin sangat beragam, dari skincare maupun body care. Untuk skincare terdapat bermacam-macam jenisnya sesuai dengan kebutuhan kulit konsumen.

Semua produk Theraskin telah teregistrasi BPOM, dan punya sertifikat halal demi kenyamanan pengguna produknya.

Dan yang paling penting adalah, harganya sangat affordable, sehingga semua wanita berkesempatan menjadi cantik tanpa menguras semua isi rekeningnya.

Kita bisa membeli produknya melalui official marketplace maupun reseller resminya.


Kesimpulan dan Penutup

Di bulan ramadan ini, masalah kulit wanita berusia 40 tahunan tentunya semakin bertambah. Salah satunya berkurangnya kelembaban kulit, yang menjadikan kulit wajah jadi lebih kusam serta bertambahnya kerutan yang muncul.

Karenanya penggunaan skincare rutin untuk ramadan juga penting adanya, agar kelembapan kulit tetap terjaga meskipun sedang berpuasa dan kurang asupan air minum.

Pastikan untuk memilih skincare yang mengandung bahan melembabkan, dan yang paling penting adalah memastikan skincare yang dipilih teregistrasi BPOM sehingga aman dan juga halal, seperti Theraskin.


Artikel ini diikut sertakan dalam #BPNRamadan2024 yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Theraskin

#bpnramadan2024


Surabaya, 17 Maret 2024

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.kompas.com/parapuan/read/532788747/menurut-dokter-ini-rutinitas-skincare-malam-bagi-perempuan-usia-40an diakses 16 Maret 2024
  • https://theraskin.co.id/ diakses 16 Maret 2024

Gambar: canva edit by Rey

1 komentar :

  1. Beneeer. Di usia skr aku udah ga cari produk yg hanya memutihkan atau mencerahkan rey. Fokusnya skr anti aging. Dan biasanya anti aging itu lbh melembabkan kulit.

    Semua yg disebut di atas aku msh rutin pakai. Suami kdg sampe heran, krn aku rela secapek apapun tapi ritual skincare ttp aku utamain dulu sebelum tidur.

    Mungkin udh terbiasa juga sih. Yg ada kalo skip, malah ga akan bisa tidur. Dan dijamin itu kulit bruntusan paginya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)