3 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan Untuk Orang Introvert

 kegiatan sosial orang introvert

Menjadi orang introvert itu memang agak repot ya, apalagi kalau dikaitkan dengan kegiatan sosial di bulan ramadan.

Yang namanya kegiatan sosial kan biasanya identik dengan harus bersosialisasi, sementara kata 'sosialisasi' itu merupakan salah satu yang jadi momok menakutkan buat para introvert.

Sebenarnya, meski merasa diri introvert karena nggak nyaman berkumpul dengan banyak orang, apalagi nggak terlalu kenal dekat. Saya tetap bisa berbaur jika memang terpaksa harus berkumpul.

Tapi sejujurnya saya lebih suka sendirian atau bareng anak-anak aja, ketimbang kumpul-kumpul. Maafkeunnnn, namanya juga manusia yang tumbuh dalam dunia perpingitan, hahaha.

Sejak punya anak dan jadi IRT, kegiatan kumpul-kumpul orang baru buat saya lebih banyak dikarenakan beberapa hal. 

Misal, terpaksa harus kumpul sama orang tua murid di sekolah anak-anak. Di mana jika ada kegiatan, dan saya dipaksa ikutan, ya mau nggak mau harus ikut, demi anak senang liat maminya aktif di sekolah.

Atau kumpul dengan teman-teman blogger karena ada event atau hal lainnya, biasanya sih ini masuk dalam kategori 'mencari duit' hehehe.

Meskipun setelahnya kadang harus butuh beberapa hari untuk hibernasi memulihkan energi sosial yang anjlok seketika.

Untuk kegiatan lain yang ide awalnya berasal dari niat diri sendiri, biasanya sulit terlaksana. Udah overthinking duluan deh dengan segala kemungkinan yang terjadi.

Lucky me, sejak pandemi dunia bagi para introvert makin berkembang. Di mana ada ruang pilihan khusus yang bikin para manusia 'malas kumpul' ini untuk bisa ikut serta dalam aktifitas normal lainnya, salah satunya melalui dunia digital.

Dan double lucky me Alhamdulillah, profesi blogger dan konten kreator yang sudah sejak sebelum pandemi saya, benar-benar nge-blend dengan karakter saya, dan diaminkan oleh kemajuan zaman.

Jadi, meskipun menjadi manusia yang introvert, saya masih bisa ikutan berkegiatan sosial di bulan suci ramadan ini, melalu cara berikut:   


1. Bantu mempromosikan usaha UMKM Gratis di Blog atau Medsos

Kegiatan sosial artinya membantu orang lain khususnya yang membutuhkan. Tidak semata dilakukan secara langsung, tapi bisa juga dengan menggunakan profesi yang kita sedang jalankan.

bantu promosi usaha umkm

Misal, kayak saya sebagai blogger ataupun konten kreator di medsos, maka kegiatan sosial saya bisa berbentuk membantu orang mempromosikan usahanya.

Ada begitu banyak pelaku UMKM yang bisa dibantu pemasarannya, sehingga usaha mereka semakin lancar, karena jadi dikenal banyak orang melalui postingan blog atau konten yang diposting di media sosial kita.

Bisa mempromosikan usaha online UMKM, atau sekadar berbagi informasi tentang jualan seseorang yang sepi, mengarahkan massa untuk bisa membeli dagangan tersebut. Insya Allah akan sangat membantu orang-orang tersebut.

Praktis pula caranya, sebagai seseorang yang introvert, kita bisa berkegiatan sosial membantu orang lain, tapi nggak perlu ketemu langsung sama orang lain, seperti kegiatan sosial pada umumnya yang dilakukan secara langsung.

Namun, satu hal yang harus diperhatikan, khususnya jika hendak mempromosikan usaha online orang lain, pastikan itu bukan usaha tipu-tipu ya. Kasian kan orang yang udah membeli jasa atau produk tersebut karena kita, tapi ternyata tipu-tipu.  


2. Sedekah Online

Hal lain yang bisa dilakukan sebagai kegiatan sosial di bulan ramadan bagi mom blogger intorvert kayak saya adalah, dengan bersedekah secara online.

Saat ini, sudah banyak pihak pengelola sedekah atau semacamnya yang bisa menampung dana sedekah umat secara online, untuk disalurkan kepada yang membutuhkan.

Bahkan lewat aplikasi membaca Al-Quran juga bisa, atau aplikasi sejenisnya kayak adzan atau aplikasi Islam lainnya.

Namun, pastikan memilih pengelola sedekah yang terpercaya ya, biar niat kita membantu orang yang membutuhkan itu, sampai ke tujuan.


3. Menggalang Dana untuk yang membutuhkan secara online 

Mengadakan penggalangan dana secara online juga bisa kita lakukan, terutama untuk membantu orang yang benar-benar membutuhkan.

sedekah online

Zaman sekarang sangat marak penggalangan dana seperti ini, yang memang menjadi salah satu cara termudah untuk bisa membantu orang yang benar-benar butuh bantuan secara cepat.

Namun sayangnya, beberapa orang memang menyalah gunakan aksi penggalangan dana ini, sehingga jadi seperti pengemis online.

Karenanya, wajib banget kita mencari tahu secara jelas, apakah yang meminta bantuan itu benar-benar butuh bantuan, dan apakah bantuan itu bisa sampai langsung ke yang bersangkutan.


Demikian 3 kegiatan sosial di bulan ramadan yang bisa dilakukan oleh para introvert, seperti mom blogger introvert si Mamak Rey ini.

Gunakan teknologi untuk hal-hal positif yang bisa menjadikan kita sebagai mahluk yang bermanfaat bagi orang dan sekitar kita. 

Terutama di bulan penuh rahmat ini, menjadi introvert, tidak akan jadi penghalang untuk bisa melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat.


Surabaya, 20 Maret 2024

#BPNRamadan2024

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)