5 Menu Sahur Praktis dan Sehat yang Disukai Anak-Anak Ala Rey

menu sahur praktis

Menu sahur praktis dan sehat yang disukai anak-anak tentunya merupakan hal yang wajib buat saya. Karena saya butuh segala sesuatu tentang menyiapkan makanan sahur dengan waktu yang terbatas, tapi juga tetap ada nilai gizinya, dan disukai anak-anak.

Dengan kesibukan mamak-mamak single kek saya, adalah sebuah mimpi buruk jika diteror oleh anak-anak sakit akibat nggak mau sahur karena mereka nggak suka makanannya.

Karena itulah, adalah sebuah keharusan dari menyiapkan sahur, di mana harus cepat, makanannya bisa dikategorikan sehat, dan anak juga suka.

Kayaknya ini dambaan semua ibu yak, biar nggak berlama-lama di dapur.


Tips Menyiapkan Menu Sahur Praktis dan Sehat yang Disukai Anak-Anak

Untuk mewujudkan ke-3 goal saya tentang menu sahur, maka perlu beberapa tips untuk itu, di antaranya:


1. Ajak anak-anak merencanakan menu sahur yang praktis

Nggak perlu bikin menu sahur yang terlalu fantastis sih, atau mengajak anak-anak bikin menu ala time schedulling sebuah project, hahaha.

Yang biasa saya lakukan hanyalah menanyakan kepada anak-anak, mereka pengen makan sahur apa selama semingguan?.

Tentunya tidak semua permintaan anak saya turutin ya, biasanya mereka juga akan mengusulkan sambil bertanya kembali ke maminya,

"Mi, kalau ayam goreng tepung, boleh nggak?"

"Mi, kalau ayam goreng kriuk, mami bisa masak nggak?"

Duh, so sweet banget para bocah, tau banget kalau maminya nggak bisa masak, hahaha.

Jika sudah mengetahui menu sahur hingga seminggu, maka lebih mudah bagi saya untuk menyiapkan bahannya di kulkas.


2. Selalu siapkan bahan siap masak di malam hari

Saya sudah lama terbiasa food preparation, jauh sebelum food prep ini booming di medsos. Tapi, beberapa jenis masakan sahur memang tidak bisa diatasi hanya dengan food prep.

Akan lebih baik dan mudah serta cepat, jika kita menyiapkan bahan siap masak ketika malam hari sebelum tidur.

Misal, anak-anak hendak sahur pakai telur dadar, maka sebelum tidur saya akan menyiapkan bahannya, biasanya dicampur sayuran atau wortel. Nah sayuran dan wortelnya tersebut, sudah saya siapkan dan potong-potong sejak malam.

Jadi, ketika bangun sahur, saya bisa dengan cepat memasak makanan, karena yang perlu dilakukan hanyalah tinggal mencampur bahan yang sudah disiapkan, dan tunggu deh sampai masak.


5 Menu Sahur Praktis dan Sehat yang Disukai Anak-Anak

Setidaknya, ada 5 menu sahur praktis yang sebenarnya juga jadi menu andalan kami sehari-harinya, hahaha. Tapi setidaknya anak-anak suka menu ini, praktis pulak bikinnya, dan masih ada nilai gizinya. 

Dan menunya adalah:


1. Telur Dadar

Mungkin bagi teman-teman yang pernah baca tulisan saya tentang makanan favorit keluarga, atau makanan yang paling sering kami konsumsi yaitu telur.

menu sahur telur dadar
Source: kompas 

Salah satu jenis masakannya adalah telur dadar, biasanya dikasih campuran sayur, jadi lebih praktis, saya tidak perlu lagi repot memasak sayur untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin dari sayur untuk anak-anak.

Bisa dicampur dengan potongan kecil wortel atau parutan wortel, bisa juga ditambah buncis atau daun bawang.

Bahan tambahan tersebut, biasanya saya siapkan di malam hari. Jadi, ketika bangun sahur, saya hanya perlu mencampurkan semuanya dengan telur, dikocok, dan digoreng deh.

Praktis banget, nggak perlu lagi repot bikin sayur, karena di dalam telur dadar tersebut udah ada campuran sayurannya yang kaya serat. 

Dan yang paling menyenangkan adalah, anak-anak selalu suka dengan telur dadar buatan maminya, terlebih si Adik yang makan telur tiap haripun, nggak bosan.


2. Telur Mata Sapi

Nah, nggak melulu dimasak dengan cara dijadikan telur dadar, anak-anak juga doyan dengan telur mata sapi atau orang di Surabaya biasa menyebutnya telur ceplok.

Ini membantu banget, terlebih ketika saya telat bangun sahurnya dan ingin memasak lauk yang super cepat, cukup ambil telur dan goreng deh, jadi.

Sayangnya, si Adik cuman mau makan putih telurnya saja, yang kuning seringnya dibuang, maminya yang merupakan mamak-mamak sejati kan sedih, apalagi dengan keadaan sekarang, harga telur melambung tinggi.


3. Ayam Goreng 

Ayam goreng merupakan salah satu menu sahur yang super praktis, karena saya cukup menggorengnya sebentar di minyak panas dan jadi deh.

Tentunya untuk menu ini, saya sudah mempersiapkan sebelumnya, biasanya ketika saya pulang berbelanja bahan makanan di pasar.

Jadi, sudah dipisahkan beberapa jenis menu untuk ayam, ada ayam goreng ungkep, biasanya ayamnya bakalan saya ungkep duluan bersamaan dengan tempe maupun ampela ati ayam (btw ini nggak beli, seringnya dikasih gratis sama bapak penjual ayam langganan saya).

Bumbunya pun praktis, beli di pasar aja, kadang ditambah ketumbar atau merica biar lebih kerasa.

Setelah diungkep sampai airnya menyusut, didinginkan dan ditaruh di sebuah wadah, dan ketika sahur, saya cukup menggoreng ayam tersebut di minyak panas sebentar.

Selain ayam goreng ungkep, anak-anak juga suka ayam goreng pokpok. Itu tuh, ayam goreng yang dibuat dari daging fillet ayam, dikasih bumbu spesial (kalau saya ngasih bumbu apa aja yang ada, hahaha), dimarinasi, dan ketika sahur cukup dibaluri tepung bumbu, lalu digoreng deh.


4. Ayam Teriyaki

Sebenarnya ini bukan the real ayam teriyaki ya. Cuman menyerupai ayam teriyaki. Yaitu daging ayam fillet yang dipotong tipis lalu dimasak dengan beberapa bumbu kayak teriyaki gitu.

menu sahur ayam teriyaki
Source: masakapahariini.com

Namun, biasanya saya cuman semacam numis potongan ayam tersebut di atas tumisan bawang putih dan bawang bombay. Setelahnya saya masukin semua bumbu, ya teriyaki, ya kecap, dengan porsi kira-kira aja, pokoknya jadi dah, hahaha.

Suprisingly, meski bumbunya ngasal, bikinnya cepat dan simple, tapi anak-anak tetap suka loh. Karenanya menu ini sering jadi menu andalan kami ketika sahur.

Masaknya juga praktis, karena biasanya sejak malam saya udah menyiapkan bumbunya. Mulai dari kupas bawang putih lalu digeprek, iris bawang bombay dan lainnya.

Oh ya, dan yang paling penting jangan dilupakan juga, agar memastikan bahan makanan tersebut sudah lama keluar dari kulkas, biar nggak butuh waktu lagi untuk menunggu bahan makanan mencair dari esnya.


5. Ikan goreng

Sebenarnya ini jarang sih saya hidangkan ketika sahur, kadang malah saya ganti dengan ikan sarden dalam kalengan.

Tapi kan, ikan sarden itu kurang sehat terutama jika dimakan sesering mungkin. Jadinya saya ganti dengan ikan benaran.

Namun, kekurangannya, ikan itu bikin ruangan jadi bau amis. Jadi pilihan ikan ini kadang cuman ada selama 2 hari dalam sebulan.

Untuk ikan goreng, sedikit banyak sama dengan ayam goreng, di mana sebelumnya sudah harus dipersiapkan, alias ikannya sudah dibumbuin terlebih dahulu, biar nggak hambar pas udah masak.


Pelengkap sayuran

Menu sahur anak-anak sebisa mungkin saya lengkapi dengan sayuran juga, meskipun kadang anak-anak protes, tapi Alhamdulillah masih mau dimakan meskipun kadang cuman sedikit.

Ini penting untuk melengkapi kebutuhan serat dan vitamin anak-anak selama puasa, termasuk maminya juga sih. Biar maminya tetap fit kan, jadi ibu jangan sampai sakit deh, hehehe. 

Untuk sayuran juga saya siapkan yang praktis kok, seperti sayur bening bayam, tumis kangkung, tumis wortel atau sawi putih.

Dan tentunya, untuk semua bahannya sudah disiapkan sejak malam sebelumnya, sehingga ketika sahur, saya hanya perlu cemplang cemplung semua bahan.

Oh ya, terlebih nih ya, si Mamak Rey ini nggak terbiasa masak yang banyak bumbunya. Masak sayur bening misalnya, bumbunya ya cuman bawang merah 1 biji, garam, air dan bayam, kadang ngasih penyedap rasa juga sih dikit.

Kalau nggak ada temu kunci juga nggak masalah.

Dan Alhamdulillah, anak-anak tetap suka, hahahaha.


Kesimpulan dan Penutup

Menu sahur praktis dan sehat dan disukai anak-anak itu penting, karena sahur merupakan cara kita bisa tetap sehat dan fit selama menjalankan ibadah puasa.

Terlebih untuk anak-anak kan ya, kalau nggak sahur itu, kasian banget deh. Terlebih anak saya yang badannya kurus kering itu, hehehehe.

Tak perlu juga harus menyediakan menu sahur yang luar biasa, yang biasa tapi tetap bergizi juga banyak kok, kayak ke-5 menu sahur andalan kami di atas, yang praktis dan sehat.

Kalau Temans, biasanya punya menu sahur praktis apa nih?. Share yuk!


Surabaya, 14 Maret 2024

#BPNRamadan2024

1 komentar :

  1. Aku biasanya juga sama kok rey. Menu telur, atau yg gampang lainnya.

    Paling suka ikutan resep2 jevoodz di IG, krn selalunya simple. Udh banyak coba menu dia, dan cocok di aku.

    Cuma ikan aku ga doyan sih. Jadi seunur2 ga pernah masak ini🀣. Kalo anak2 mau ikan, mending beli aja 🀭. Emaknya ga bakal bisa mengolah ikan yg enak πŸ˜…

    Menu mie ayam juga simple. Palingan cuma bikin kuahnya dari rebusan ayam diksh bumbu2 dan bawang putih. Ayamnya di suwir. Trus tinggal rebus mie, sawi. Mau dibuat yamin atau ga, sesuai selera. Namanya juga mie ayam simple 😁. Ini juga resepnya aku dpt dr IG.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)